JURNAL KAJIAN TEKNIK ELEKTRO
ISSN : 24069655     EISSN : 25026484
JKTE adalah jurnal Open Akses dengan pelibatan mitra bestari. JKTE terbit setiap bulan Maret dan bulan September.
Articles
41
Articles
PERANCANGAN ANTENA MIKROSTRIP PATCH SEGIEMPAT PERIPHERAL SLIT MENGGUNAKAN METODE ARRAY 1x4 UNTUK APLIKASI RADAR MARITIM FREKUENSI 3,2 GHZ

Zulfadli, Muhammad, Surjati, Indra, tjahjadi, gunawan

JURNAL KAJIAN TEKNIK ELEKTRO Vol 3, No 2 (2018): (September-Februari 2019)
Publisher : Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1396.855 KB)

Abstract

Radar maritim adalah stasiun radar bergerak yang dipakai diatas kapal laut sehingga dapat mencakup daerah yang luas  di  wilayah  perairan  Indonesia.  Radar  maritim  digunakan  untuk  mengawasi  perairan  laut  Indonesia. Salah  satu  subsistem  radar  maritim  adalah  antena,  Antena  berfungsi  memancarkan  gelombang elektromagnetik  ke  udara  bebas. Untuk menghasilkan  coverage  area  yang  luas  diperlukan  antena  dengan gain yang tinggi. Berdasarkan kondisi tersebut maka pada penelitian ini akan diusulkan penggunaan metode patch segiempat peripheral slit dengan metode array 1x4. Metode patch segiempat peripheral slits berguna untuk menghasilkan antena yang bekerja pada frekuensi 3,2 GHz. Metode array 1x4 berguna untuk meningkatkan gain antena tanpa merubah fasa dari  sinyal. Hasil simulasi bandwidth yang didapatkan pada empat elemen peripheral slits sebesar 550 MHz (3,001 GHz–3,553 GHz) dengan persentase bandwidth sebesar 17,25%. Hasil simulasi pada frekuensi tengah 3,2 GHz menghasilkan nilai return loss sebesar -59,53 dB dengan VSWR 1,002 dan gain sebesar 12,12 dB.

ANALISA PERBANDINGAN PENGUKURAN MARGIN SINYAL DVB-S2 PADA SATELIT ASIASAT 9

Fayakun, Kun, Afandi, Alfan, Afifah, Fida, Ramza, Harry

JURNAL KAJIAN TEKNIK ELEKTRO Vol 3, No 2 (2018): (September-Februari 2019)
Publisher : Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1458.904 KB)

Abstract

Program siaran televisi via satelit yang biasa disebut DTH (Direct To Home) atau  DBS (Direct Broadcast Satellite) merupakan  sarana informasi media masa yang yang berisi program, hiburan, berita, pendidikan, pembelajaran, promosi dan dakwah. Terlebih lagi Indonesia yang mempunyai luas cakupan negara yang luas dan negara kepulauan. Sehingga siaran televise melalui satelit dirasakan penting dan sebagai pemersatu rakyat yang tinggal di daerah kepulauan. Penggunaan Frekuensi Ku – Band pada DBS sudah banyak diterapkan di berbagai negara di dunia untuk siaran televisi dengan menggunakan modulasi digital yang diterapkan pada sistem DVB – S2. Salah satu modulasi digital yang digunakan pada DVB – S2 adalah 8PSK ¾. Dan salah satu yang terpenting dalam sistem komunikasi satelit terutama dalam DVB – S2  adalah nilai Link Margin.  Dimana Link Margin adalah perbedaan nilai dari kondisi sinyal maximal dengan kondisi sinyal minimal yang masih dapat di terima di receiver. Link Margin dapat diketahui berdasarkan perhitungan dan pengukuran. Perhitungan berdasarkan Link Budget Satelit sedangkan metode pengukuran Link Margin dilakukan dengan 2 metode yaitu dengan melakukan merubah nilai EIRP Satelit dan dengan melakukan penyimpangan antenna receiver dari titik maximal (peak pointing antenna). Dari hasil pengukuran dengan metode merubah nilai EIRP didapat link margin 11,7 dB, 11,4 dB, 11,6 dB dan dari hasil pengukuran penyimpangan antenna dari titik maximal didapat nilai link margin 11,6 dB, 11,5 dB, 11,8 dB, walaupun dengan metode yang berbeda akan tetapi didapatkan nilai akhir link margin mendekati sama dan tidak berbeda jauh, sehingga pencarian nilai link margin dari pengukuran dapat dilakukan dengan kedua metoda tersebut.

ANALISIS JENIS MATERIAL DINDING BATU BATA PADA BANGUNAN TERHADAP DAYA PANCAR SINYAL WIFI

Santoso, Kukuh Aris, khana, Rajes

JURNAL KAJIAN TEKNIK ELEKTRO Vol 3, No 2 (2018): (September-Februari 2019)
Publisher : Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1658.401 KB)

Abstract

Sinyal WiFi merupakan salah satu komunikasi data yang saat ini sangat penting dalam dunia modern ini agar dapat berselancar dengan baik di dunia maya untuk mengakses informasi atau berkirim gambar, video maupun text. Layanan internet yang melalui sinyal WiFi menjadi sangat di butuhkan karena kemampuan Wi-Fi  802.11 b/g/n yang mampu memberikan Bandwith antara 54Mbps - 600Mbps. Wifi Router atau access Point sebagai sumber sinyal WiFi ini mempunyai daya pancar yang berbeda sesuai dengan material dinding yang di lewatinya. Bangunan dinding yang banyak digunakan adalah batu bata. Penelitian untuk menguji daya pancar sinyal WiFi dengan simulasi ruangan yang tersusun mengunakan batu bata menggunakan software network planning yaitu Netapps Pro. Hasil yang akan di peroleh adalah nilai Received Signal Strength Indicator (RSSI) dalam nilai satuan dBm.

IOT BERBASIS SISTEM SMART HOME MENGGUNAKAN NODEMCU V3

Aluh, Muhammad, Lidyawati, Lita

JURNAL KAJIAN TEKNIK ELEKTRO Vol 3, No 2 (2018): (September-Februari 2019)
Publisher : Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1537.684 KB)

Abstract

Smart Home is a combination of technology and service in the home environment such as activating electronic equipment that is inside the house with the aim of improving efficiency and comfort. In Smart Home, some home electronic devices or equipment that can be controlled via a smartphone. This research aims to design and make smart home based IoT systems. research methodology using control system development methodology. In its implementation using the NodeMCU V3 module as a link to the internet via wifi, the relay module will be connected to an electronic device and the blynk application via a smartphone that will control all of that. Research results, in access can be activated and turned off via smartphone. The test results, connecting NodeMCU V3 to the internet can be known by looking at the serial monitor in the software used, then the electronic device can be activated and turned off via a smartphone.

RANCANG BANGUN KIT PRAKTIKUM PLC SCHNEIDER M221 di LABORATORIUM OTOMASI

Rahman, Arizal, Haryanto, Nasrun

JURNAL KAJIAN TEKNIK ELEKTRO Vol 3, No 2 (2018): (September-Februari 2019)
Publisher : Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1687.883 KB)

Abstract

Perancangan kit praktikum PLC (TIPE schneider M221) yang dilakukan di Laboratorim Otomasi Industri Itenas merupakan kegiatan pembelajaran mahasiswa agar dapat merealisasikan hasil secara pembelajaran secara teori dengan praktikum. Programmable Logic Controller (PLC) sebagai salah satu peralatan kendali telah banyak digunakan di industry. Penggunaan PLC mempunyai banyak keuntungan salah satunya pengaplikasian gerbang logika (NOR, NAND, X-OR, X-NOR) Rangkaian flipflop, Kontrol motor star (bintang) delta (segitiga) dan Perhitungan tempat parkir. Seperti pengaplikasian gerbang logika untuk gerbang NOR, NAND, X-OR, X-NOR hasil yang didapat  telah sesuai berdasarkan tabel kebenaran. Dan untuk pengaplikasian rangkaian flopflop, Kontrol motor star (bintang) delta (segitiga) dan Perhitungan tempat parkir  hasil yang didapat telah sesuai berdasarkan prinsip kerjanya

RANCANG BANGUN SISTEM JEMURAN OTOMATIS BERBASIS ARDUINO UNO

Yuwono, Yosef Cafasso, Alam, Syah

JURNAL KAJIAN TEKNIK ELEKTRO Vol 3, No 2 (2018): (September-Februari 2019)
Publisher : Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2083.242 KB)

Abstract

Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi saat ini,dapat kita manfaatkan untuk melindungi jemuran kita dari hujan atau cuaca yang tidak bersahabat. Dengan menggunakan Arduino Uno sebagai pusat kendali,kita dapat merancang sebuah prototipe untuk sistem jemuran otomatis. Kita tidak perlu khawatir tentang pakaian yang berada di jemuran karena sudah dilindungi dengan sistem jemuran otomatis dimana atap jemuran akan otomatis menutup dikala cuaca dalam keadaan mendung ataupun saat hujan turun. Pada hasil perancangan yang telah dibuat terdapat 4 kondisi.Pada kondisi 1,saat sensor cahaya mendeteksi kondisi terang(Lumen=914),sedangkan sensor hujan mendeteksi kondisi cerah,maka atap jemuran akan membuka dalam waktu +/- 3 detik.Pada kondisi 2,sensor cahaya mendeteksi kondisi terang(Lumen=914),sedangkan sensor hujan mendeteksi kondisi hujan,maka atap jemuran akan menutup dalam waktu +/- 3 detik.Pada kondisi 3,sensor cahaya mendeteksi kondisi gelap(Lumen=891),sedangkan sensor hujan mendeteksi kondisi cerah,maka atap jemuran akan menutup dalam waktu +/-3 detik.Pada kondisi 4,sensor cahaya mendeteksi kondisi gelap(Lumen=891),sedangkan sensor hujan mendeteksi kondisi hujan,maka atap jemuran akan menutup dalam waktu +/- 3 detik.Untuk sensor kelembaban menunjukan indikator 75% menunjukkan pakaian basah,sedangkan saat pakaian sudah kering indikator kelembaban akan turun minimal menjadi 53% dalam waktu 90 menit,maka saklar akan otomatis off.

RANCANG BANGUN ALAT SINKRON UNTUK MENGGABUNGKAN DUA GENERATOR TIGA FASA

Rahman, Banu Dwi, Rofii, Ahmad

JURNAL KAJIAN TEKNIK ELEKTRO Vol 3, No 2 (2018): (September-Februari 2019)
Publisher : Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2422.854 KB)

Abstract

Dalam perkembangan teknologi saat ini kebutuhan akan daya listrik semakin besar, dimana saat ini Indonesia sebagai negara berkembang sedang melakukan pembangunan secara besar-besaran. Seperti pembangunan gedung baru, pembangunan pabrik baru, dan pembangunan infrastruktur yang lainnya,begitu juga banyaknya kebutuhan masyarakat akan penambahan daya listrik. Terlebih lagi akan diterapkan smart grid system di Indonesia, sehingga PLN bukan hanya distributor tunggal untuk menyediakan daya listrik di Indonesia, dengan menggunakan alat sinkronisasi generator dapat mendistribusikan jaringan listrik pandai yang mampu menyokong kegiatan atau aksi-aksi dari semua pengguna. Alat sinkron generator yang dirancang pada penelitian ini berupa trainer alat sinkron generator untuk aplikasi penggabungan dua buah sumber jaringan listrik dengan beberapa prokteksi. Hasil dari pengujian alat sinkron generator dalam penelitian ini mampu menggabung dua buah sumber jaringan listrik tanpa salah satu dari generator terbebani secara signifikan, dan mampu menggabungkan dua buah generator dengan frekuensi yang sama, tegangan yang sama dan sudut fasa yang sama (sudut fasa dua buah generator berhimpit) dengan demikian telah dapat tercapai sehingga dapat digunakan untuk aplikasi penggabungan dua buah generator dan juga trainer di laboratorium.

AUDIT ENERGI UNTUK PENGGUNAAN DAYA LISTRIK PADA GEDUNG PERKANTORAN PT. ASTRA OTOPARTS TBK JAKARTA

Asrar, Leni Devera, Suwito, Suwito, Zulkifli, Zulkifli

JURNAL KAJIAN TEKNIK ELEKTRO Vol 3, No 2 (2018): (September-Februari 2019)
Publisher : Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1578.195 KB)

Abstract

Energi listrik sangat strategis mendukung produktivitas perkembangan ekonomi mengingat energi listrik sangat mendukung fasilitas industri dan bisnis modern. Penggunaan energi listrik untuk gedung sangatlah penting untuk beban listrik berat seperti lampu penerangan, AC, komputer, printer dan lainnya. Tulisan ini membahas perhitungan audit energi penggunaan daya listrik di gedung perkantoran PT. Astra Otoparts Tbk Jakarta berdasarkan pemakaian, jenis penerangan serta pemakaian listrik pada beban puncak dan luar beban puncak. Metodologi yang digunakan dengan asumsi pola pemakaian beban AC maupun lampu rata-rata pemakaian 8 jam sehari dan peran serta SDM dalam penghematan energi listrik yaitu dengan mematikan AC dan lampu penerangan setelah digunakan. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa konsumsi energi listrik pada tahun 2015, 2016 dan 2017 berturut turut 1.068.444 kWh, 991.752 kWh dan 995.280 kWh. Penggunaan listrik mengalami peningkatan pada tahun 2017, karena sejak bulan Juli hingga Desember 2017 banyak kegiatan renovasi. Jika dilakukan penggantian lampu LED dan AC R-410A, biaya listrik per tahun sebesar Rp. 1.103.691.173,- sehingga menghemat 15,18% dari total biaya listrik menggunakan lampu konvensional dan AC R-22 Rp. 1.301.237.256.-. Nilai Intensitas Konsumsi Energi (IKE) pada tahun 2015, 2016 dan 2017 berturut turut 79,60 kWh/m2, 85,76 kWh/m2 dan 79,88 kWh/m2, namun karena nilai IKE masih kurang dari 95 kWh/m2 sebagai batas standar, maka PT. Astra Otoparts Tbk Jakarta masih tergolong sangat efisien.

PENERAPAN IPTV PADA JARINGAN SERAT OPTIK FTTH

Hartanto, Sri

JURNAL KAJIAN TEKNIK ELEKTRO Vol 3, No 2 (2018): (September-Februari 2019)
Publisher : Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1698.346 KB)

Abstract

Sistem penyiaran televisi merupakan salah satu jenis teknologi telekomunikasi satu arah yang mentransmisikan informasi audio video dengan gelombang radio sebagai media transmisi. Dengan menggunakan gelombang radio, kualitas penerimaan audio video menjadi kurang bagus karena tergantung pada kondisi antena yang dipengaruhi oleh adanya gangguan Electromagnetic Interference (EMI). Untuk meningkatkan kualitas sinyal audio video pada sistem penyiaran televisi, maka sistem penyiaran televisi dapat memanfaatkan jaringan kabel serat optik. Untuk mentransmisikan sinyal audio video secara digital ke dalam jaringan serat optik, perlu memperhatikan protokol komunikasi. Dalam penerapannya pada jaringan telekomunikasi berbasis packet switching, protokol OSI Layer diadaptasi menjadi protokol TCP/IP. Salah satu aplikasi dalam protokol TCP/IP adalah Internet Protocol Television (IPTV). IPTV merupakan protokol aplikasi TCP/IP yang awalnya diperuntukkan untuk aplikasi multimedia, khususnya audio video streaming. Dalam perkembangannya, IPTV kemudian dimanfaatkan untuk mentransmisikan data audio video yang disiarkan oleh stasiun penyiaran televisi. Untuk menganalisa bagaimana penggunaan jaringan serat optik dalam mentransmisikan sinyal audio video dari stasiun televisi ke pelanggan perumahan, maka tulisan ini menganalisa secara khusus penerapan IPTV pada jaringan serat optik FTTH.

RANCANG BANGUN SISTEM MONITORING RUMAH BERBASIS ARDUINO WEBSERVER DAN SERIAL KAMERA VC0706

Pramudita, Indra, Hutapea, Herwin

JURNAL KAJIAN TEKNIK ELEKTRO Vol 3, No 2 (2018): (September-Februari 2019)
Publisher : Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2427.007 KB)

Abstract

Dengan keadaan yang saat ini rawan pencurian di daerah perumahan terpencil yang membuat penindak hukum berjalan sangat lama karena minimnya barang bukti atau pun tetangga yang masih jauh. Dengan adanya perkembangan teknologi yang makin pesat hal ini dapat di minimalisir dengan pemilik rumah memiliki akses penuh untuk mengawasi rumahnya sendiri meski sedang tidak dirumah. Dengan menggunakan Arduino Mega 2560 sebagai pusat server sistem monitoring Arduino tidak perlu menggunakan chip programmer dan Arduino Mega 2560 sendiri sudah mempunyai Port Universsal Serial Bus (USB) yang mempermudah pengguna  untuk menghubungkan ke sebuah perangkat komputer serta bahasa pemrograman Arduino sendiri yang tak begitu sulit karena menggunakan bahasa C++ yang mudah dipahami untuk pemula. Sesuai judul yang dibuat yaitu sistem monitoring rumah berbasis web Server dan serial kamera VC0706 dengan dilengkapi Arduino Mega 2560 maka pemilik rumah sudah mempunyai akses penuh dalam memonitoring rumahnya 24 jam melalui sebuah Web Server dari sebuah perangkat seluler yang sudah didukung dengan format Hypertext Markup Language (HTML).