cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
PINTER : Jurnal Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer
ISSN : 25974475     EISSN : 25974475     DOI : -
Bentuk publikasi hasil-hasil riset atau penelitian bidang Metode Pengajaran TIK, Ilmu Komputer, Sistem Informasi, Multi Media, Komputer Jaringan, Rekayasa Perangkat Lunak dan Teknologi Pendidikan.
Arjuna Subject : -
Articles 20 Documents
Perbandingan Model Kooperatif Learning Tipe Student Team Achievement Division Dengan Model Kooperatif Learning Tipe Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Kelas X Multimedia Di SMK Taruna Bhakti Zaini, Bachren; Swandani, Rizky
PINTER : Jurnal Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Vol 1 No 1 (2017): Jurnal PINTER
Publisher : PTIK Fakultas Teknik UNJ

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1375.735 KB) | DOI: 10.21009/pinter.1.1.2

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan model pembelajaran Student Team  Achivement Division (STAD) dengan model pembelajaran Kooperatif Learning tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Simulasi Digital. Penelitian dilakukan di SMK Taruna Bhakti Depok, dilaksanakan pada bulan April - Mei 2016. Model Student Team Achivement Division (STAD) merupakan model pembelajaran yang menerapkan siswa lebih aktif dan guru hanya sebagai fasilitator. Penelitian ini menggunakan metode quasy eksperimental, diberikan perlakuan terhadap kedua kelas dengan berbeda perlakuan. Masing – Masing kelas terdiri dari 40 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Untuk kelas eksperimen diterapkan di kelas X Multimedia 1 dan untuk kelas kontrol diterapkan di kelas X TKJ 3, untuk mendapatkan data penelitian ini menguji siswa dengan tes awal dan tes akhir untuk mengukur kemampuan kognitif dengan tes pilihan ganda. hasil penelitian yang diterapkan Student Team Achivement Division (STAD) mendapatkan nilai rata-rata 83,98, sedangkan siswa yang diterapkan model Kooperatif Learning tipe Numbered Head Together (NHT) mendapatkan nilai rata-rata 78,55, sehingga dapat disimpulkan hasil belajar simulasi digital antara yang diajarkan menggunakan model Student Team Achivement Division (STAD) lebih tinggi dibandingkan dengan yang diajarkan menggunakan model Kooperatif Learning tipe Numbered Head Together (NHT).      
Perancangan Implementasi E-Learning Berbasis Moodle Dalam Matakuliah Statistika Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Dan Komputer Syaviera Nova, Affni; Sastrawijaya, Yuliatri
PINTER : Jurnal Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Vol 1 No 1 (2017): Jurnal PINTER
Publisher : PTIK Fakultas Teknik UNJ

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (758.835 KB) | DOI: 10.21009/pinter.1.1.3

Abstract

Penelitian dilakukan dengan tujuan merancang implementasi e-learning berbasis Moodle berupa website dalam matakuliah Statistika program studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer. Sistem e-learning ini dirancang untuk diimpelementasikan pada semua matakuliah yang ada pada program studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, sehingga membantu kegiatan perkuliahan. Sebagai pengembangan awal, sistem e- learning ini diuji coba pada matakuliah statistika. Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan (Research and Development) menurut Sugiyono (2010). Subyek penelitian yaitu dosen statistika dan mahasiswa yang telah mengikuti perkuliahan Statistika ditentukan secara purposive sampling. Data yang diambil adalah kelayakan dari segi materi dan media melalui angket, dan tanggapan mahasiswa melalui angket. Tanggapan ahli menunjukkan e-learning berbasis Moodle sangat baaik dari segi media dan bagus dari segi materi. Hasil angket tanggapan siswa pada uji coba skala kecil menunjukkan bahwa mayoritas siswa memberikan tanggapan positif terhadap kegiatan pembelajaran menggunakan media e-learning berbasis Moodle. Produk final e-learning berbasis Moodle berisi modul, video, ppt, chat, kelas virtual dan forum diskusi. Berbagai konten dan fasilitas yang dimiliki e-learning yang dikembangkan membuat pembelajaran Sistem Gerak menjadi lebih menarik. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa e-learning berbasis Moodle sesuai dan layak diterapkan pada matakuliah Statistika.
Klasifikasi Dokumen Karya Akhir Mahasiswa Menggunakan Naïve Bayes Classifier (NBC) Berdasarkan Abstrak Karya Akhir Di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Jakarta Indah Pratiwi, Nur; ., Widodo
PINTER : Jurnal Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Vol 1 No 1 (2017): Jurnal PINTER
Publisher : PTIK Fakultas Teknik UNJ

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (617.725 KB) | DOI: 10.21009/pinter.1.1.5

Abstract

Dokumen karya akhir di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Jakarta setiap tahunnya bertambah, pengklasifikasian dokumen menjadi hal yang sangat penting untuk mengorganisasikan dokumen sehingga dapat memudahkan pencarian. Pengembangan Sistem klasifikasi dokumen bertujuan untuk mengembangkan sebuah sistem yang dapat mengklasifikasikan dokumen karya akhir mahasiswa berdasarkan abstrak karya akhir menggunakan algoritma Naïve Bayes Classifier (NBC). Sehingga, dapat memudahkan pengklasifikasian dokumen karya akhir  di Jurusan Teknik Elektro. Dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan menggunakan 100 dokumen abstrak, 90 dokumen sebagai data train dan 10 dokumen sebagai data test. Data diambil dari skripsi mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Jakarta dari 14 Maret 2014 sampai dengan 27 Maret 2014. Setelah melakukan proses pengembangan perangkat lunak, dihasilkan sebuah sistem klasifikasi yang bernama Sistem Klasifikasi Dokumen Skripsi. Sistem di implementasi menggunakan PHP dan MySQL, dan diuji menggunakan K-Fold Cross Validation (10 Fold). Berdasarkan pada hasil uji Sistem didapatkan hasil tingkat akurasi sebesar 81%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa Sistem Klasifikasi Dokumen Abstrak Karya Akhir Menggunakan Algoritma Naïve Bayes di Jurusan Teknik Elektro telah berhasil dikembangkan.
Perancangan Dan Pengembangan Aplikasi Sistem Informasi Monitoring Perkuliahan Dan Kehadiran Mahasiswa Berbasis Web Irmayani Rahmat, Rima; Wibowo Yunanto, Prasetyo
PINTER : Jurnal Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Vol 1 No 1 (2017): Jurnal PINTER
Publisher : PTIK Fakultas Teknik UNJ

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1123.063 KB) | DOI: 10.21009/pinter.1.1.6

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat aplikasi berbasis web yang dapat memonitoring perkuliahan, penilaian mahasiswa secara rinci, dan kehadiran mahasiswa, sehingga dapat membantu bagian administrasi akademik, ketua program studi dan dosen dalam mengatasi masalah kehadiran dan penilaian mahasiswa yang sering kesulitan mendata sebagian mahasiswa yang hadir pada matakuliah yang sedang diampu dan informasi lainnya, karena kebanyakan informasi yang kurang lengkap, input penilaian dan kehadiran yang masih manual dan sulit diakses melalui web. Penelitian dilakukan di Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta sejak bulan Maret 2015 hingga Juni 2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development atau R&D) dengan model pengembangan perangkat lunak prototype. Secara keseluruhan terdapat 3 tahap dalam proses penelitian dan pengembangan ini yaitu penelitian awal, pengembangan produk dan pengujian serta revisi produk. Penelitian awal dilakukan guna untuk mengidentifikasi permasalahan dan mencari solusi dalam pemecahan masalah tersebut. Proses pengembangan produk meliputi tahap analisis, perancangan, implementasi dan pengujian fungsional. Hasil uji coba menunjukkan bahwa setelah melalui tahapan-tahapan, aplikasi berbasis web dapat diimplementasi pada sistem informasi dan cocok untuk menghasilkan aplikasi web yang dapat melakukan penginputan kehadiran dan penilaian mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta berdasarkan matakuliah yang diampu oleh dosen. Bentuk akhir dari prototype adalah sebuah sistem monitoring perkuliahan berbasis web yang dapat dipergunakan oleh bagian administrasi akademik, ketua program studi, dosen dan penanggung jawab kelas dalam penilaian dan evaluasi terhadap mahasiswa.
Monitoring Lalu Lintas Jaringan Demilitarized Zone Universitas Negeri Jakarta Menggunakan Sensor Packet Sniffer Pada PRTG Network Monitor Duskarnaen, M. Ficky; Rie Pratama, Aditya
PINTER : Jurnal Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Vol 1 No 1 (2017): Jurnal PINTER
Publisher : PTIK Fakultas Teknik UNJ

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (474.446 KB) | DOI: 10.21009/pinter.1.1.7

Abstract

Universitas Negeri Jakarta mendapat pemberitahuan bahwa server yang berada pada jaringan UNJ melakukan serangan ke server milik NETpilot GmbH pada layanan postfix. Sementara itu jaringan tempat server tersebut berada belum terdapat sistem yang dapat memantau lalu lintas jaringan yang terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan monitoring lalu lintas jaringan pada jaringan Demilitarized Zone Universitas Negeri Jakarta. Penelitian yang dilakukan di Laboratorium Komputer Jurusan Teknik Elektro dan Pustikom (Pusat Teknologi Informasi dan Komputer) Universitas Negeri Jakarta pada bulan April sampai dengan Juni 2014 menggunakan metode eksperimen. Dari hasil monitoring tersebut diketahui terdapat server dengan alamat IP 192.168.XXX.XXX menghasilkan lalu lintas data yang sangat besar, beberapa koneksi yang berasal dari server dengan alamat IP 192.168.XXX.XXX memiliki destination port 10026 yang merupakan port default dari salah satu layanan yang diberikan oleh aplikasi postfix. Sehingga  kesimpulannya, monitoring lalu lintas jaringan menggunakan sensor Packet Sniffer pada PRTG Network monitor telah dapat menghasilkan laporan lalu lintas data yang terjadi pada jaringan DMZ UNJ setiap hari dan hasil monitoring tersebut dapat digunakan untuk membantu menyelesaikan masalah yang terjadi pada jaringan.
Analisis Perbandingan Antara Colocation Server Dengan Amazon Web Services (Cloud) Untuk Usabilitas Portal Swa.co.id Di PT. Swa Media Bisnis) Sugiyanta, Lipur; Nurahma, Witri Adinda
PINTER : Jurnal Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Vol 1 No 1 (2017): Jurnal PINTER
Publisher : PTIK Fakultas Teknik UNJ

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (904.591 KB) | DOI: 10.21009/pinter.1.1.8

Abstract

Untuk mendukung usabilitas web portal nya, SWA Media Online menggunakan layanan web hosting Colocation Server dari Wowrack. Layanan Colocation Server dari Wowrack ini memiliki lokasi server fisik atau pusat data di Surabaya, Indonesia. Seiring berjalannya waktu, penggunaan Colocation Server dirasa semakin menghambat perkembangan perusahaan, terbukti dengan melambatnya akses ke web portal swa.co.id. Untuk itu, pada bulan Mei - Juni 2015 SWA Media Online memutuskan berpaling dari Colocation Server ke teknologi cloud terbaru. Pada akhir bulan Juni 2015, SWA Media Online resmi bermigrasi dari colocation ke Amazon Web Services. Dimana server fisik nya berada di Singapura (untuk pelanggan ASEAN). Untuk fitur yang digunakan, hampir sama seperti saat menggunakan colocation yaitu yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Namun, pada Amazon Web Services memberikan service atau fitur tambahan berupa adanya load balancer, auto scaling, dan bucket atau media penyimpanan. Metodologi yang peneliti terapkan dalam penelitian ini adalah metodologi analisis secara kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan hasil bahwa fitur tambahan yang diberikan Amazon Web Services mampu meningkatkan usabilitas portal dalam segi kemudahan dalam kecepatan akses portal. Kecepatan akses web portal meningkat lebih baik dibandingkan saat menggunakan Colocation Server.
Analisis Redaman Pada Jaringan FTTH (Fiber To The Home) Dengan Teknologi GPON (Gigabit Passive Optical Network) Di PT MNC Kabel Mediacom Abral, Minal; Djaohar, Mochamad
PINTER : Jurnal Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Vol 1 No 1 (2017): Jurnal PINTER
Publisher : PTIK Fakultas Teknik UNJ

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (769.59 KB) | DOI: 10.21009/pinter.1.1.9

Abstract

Fiber optic merupakan teknologi yang menyediakan kapasitas bandwith besar dengan kecepatan tinggi, tidak dipengaruhi interferensi gelombang elektromagnetik, Sejalan dengan berkembang secara pesatnya penggunaan serat optik sebagai medium penghantar, ada kemungkinan terjadinya hilang informasi akibat kerugian dari pemanjangan kabel fiber optic ataupun penyambungan kabel fiber optic, kerugian tersebut yaitu redaman. Dalam penerapan metode link power budget, perhitungan redaman dilakukan dengan data yang diperoleh berdasarkan standarisasi dan pengukuran menggunakan perangkat optical power meter. Hasil analisa perhitungan, sistem mampu dalam keadaan normal menggunakan layanan gigabit passive optical network dapat diterima oleh perangkat akhir jaringan fiber to the home pada pelanggan perusahaan PT MNC Kabel Mediacom yang berada di Kelurahan Jati RW 02 Pulo Gadung Jakarta Timur.
Kualitas Jaringan Pada Jaringan Virtual Local Area Network (VLAN) Yang Menerapkan Linux Terminal Server Project (LTSP) Sugiyanta, Lipur; Raja, Badia
PINTER : Jurnal Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Vol 1 No 2 (2017): Jurnal PINTER
Publisher : PTIK Fakultas Teknik UNJ

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1983.627 KB) | DOI: 10.21009/pinter.1.2.1

Abstract

Virtual Local Area Network (VLAN) merupakan sebuah teknik dalam jaringan komputer untuk menciptakan beberapa jaringan yang berbeda tetapi masih merupakan sebuah jaringan lokal yang tidak terbatas pada lokasi fisik seperti LAN sedangkan Linux Terminal Server Project (LTSP) merupakan sebuah teknik terminal server yang dapat memperbanyak workstation dengan hanya menggunakan sebuah Linux server. Dalam membangun sebuah jaringan komputer perlu memperhatikan beberapa hal dan salah satunya adalah kualitas jaringan dari jaringan yang dibangun. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jumlah client terhadap kualitas jaringan berdasarkan parameter delay dan packet loss pada jaringan VLAN yang menerapkan LTSP. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian kualitatif dengan memperhatikan standar yang digunakan dalam penelitian yaitu standar International Telecommunication Union – Telecommunication (ITU-T). Penerapan penelitian ini menggunakan sistem operasi pada server adalah Ubuntu Desktop 14.04 LTS. Berdasarkan dari hasil penelitian yang ditemukan dapat disimpulkan bahwa benar terbukti bahwa makin banyak client yang dilayani oleh server maka akan menurunkan kualitas jaringan berdasarkan parameter Quality of Service (QoS) yang digunakan yaitu delay dan packet loss.
Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di PAUD SAHABAT Zaini, Bachren; Saputri, Mushlihah Purwo
PINTER : Jurnal Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Vol 1 No 2 (2017): Jurnal PINTER
Publisher : PTIK Fakultas Teknik UNJ

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1199.951 KB) | DOI: 10.21009/pinter.1.2.2

Abstract

Pendidikan Anak usia dini adalah tahap kehidupan yang menentukan perkembangan anak untuk selanjutnya. tujuan pembelajaran yaitu tercapainya perubahan perilaku pada siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran. Masalah yang di alami pada saat pembelajaran di PAUD SAHABAT, masih banyak siswa yang belum mengenal huruf, siswa menjadi kesulitan dalam mengeja kata-kata. sehingga anak usia dini tidak dapat mengetahui bentuk huruf, serta mengetahui huruf depan dari sebuah benda, bukan hanya huruf saja, seharusnya anak usia dini juga perlu tahu pengenalan suku kata sampai di rangkai menjadi suatu kata. di PAUD SAHABAT belum adanya pembelajaran berupa benda nyata, karena masih menggunakan metode ceramah hal ini di dapat melalui wawancara guru PAUD SAHABAT, padahal kemampuan mengenal huruf dan mengenal suku kata dalam tahap perkembangan anak usia dini sangat mudah dingat, jika diberi kesempatan untuk beruhubungan langsung dengan benda nyata. Oleh karena itu media sangat di butuhkan sebagai perantara guru ke siswa untuk menyampaikan isi materi tersebut, untuk membantu siswa dapat berfikir secara nyata. Metode pengembangan yang digunakan dalam perancangan media ini menggunakan Research & Development karena mampu mengatasi kebutuhan nyata melalui pengembangan solusi pada suatu masalah dan dapat menghasilkan produk yang memiliki validitas tinggi karena sudah melalui proses uji validasi oleh tim ahli dan uji coba lapangan.
Analisis Dan Desain Kebutuhan Elemen Multimedia Video Pada Sistem Repositori Multimedia Pembelajaran Perakitan Komputer Di Sekolah Menengah Kejuruan Ajie, Hamidillah; Tantono, Billy
PINTER : Jurnal Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Vol 1 No 2 (2017): Jurnal PINTER
Publisher : PTIK Fakultas Teknik UNJ

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (630.475 KB) | DOI: 10.21009/pinter.1.2.4

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kriteria kebutuhan elemen video dalam pembuatan media pembelajaran oleh guru multimedia di Sekolah Menengah Kejuruan dan mengembangkannya sebagai konten pada sistem repositori untuk multimedia pembelajaran. Penelitian ini berfungsi memberikan konten pada sistem repositori multimedia pembelajaran dan menjadi referensi bagi guru untuk mendapatkan elemen video untuk media pembelajaran yang bersifat bebas pakai dan non-komersil. Penelitian dilakukan di laboratorium multimedia Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta, SMK Negeri 48 Jakarta, dan SMK Negeri 51 Jakarta pada bulan Maret – Juni 2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara untuk melihat kebutuhan elemen video dalam pembuatan media pembelajaran, metode eksperimen laboratorium dalam melakukan analisis kebutuhan sistem repositori dan mengembangkan elemen video untuk multimedia pembelajaran, dan metode survey untuk melihat kesesuaian video. Penelitian awal dilakukan untuk melihat kebutuhan elemen video dalam pembuatan multimedia pembelajaran di sekolah, yang selanjutnya dijadikan sebagai pedoman dalam melakukan analisis kebutuhan sistem repositori multimedia pembelajaran elemen video dan selanjutnya dikembangkan 20 video sebagai konten untuk repositori multimedia pembelajaran elemen video. Selanjutnya dilakukan uji validitas video dengan metode CVR (Content Validity Ratio) kepada 15 orang ahli materi untuk melihat kesesuaian video dengan kompetensi dasar mata pelajaran perakitan komputer di SMK. Kesimpulan dari penelitian ini adalah video yang dikembangkan telah sesuai dengan kriteria kebutuhan guru dan dapat menjadi konten dari sistem repositori untuk multimedia pembelajaran.

Page 1 of 2 | Total Record : 20