PINTER : Jurnal Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer
Bentuk publikasi hasil-hasil riset atau penelitian bidang Metode Pengajaran TIK, Ilmu Komputer, Sistem Informasi, Multi Media, Komputer Jaringan, Rekayasa Perangkat Lunak dan Teknologi Pendidikan.
Articles
20
Articles
Kualitas Jaringan Pada Jaringan Virtual Local Area Network (VLAN) Yang Menerapkan Linux Terminal Server Project (LTSP)

Sugiyanta, Lipur, Raja, Badia

PINTER : Jurnal Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Vol 1 No 2 (2017): Jurnal PINTER
Publisher : PTIK Fakultas Teknik UNJ

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1983.627 KB)

Abstract

Virtual Local Area Network (VLAN) merupakan sebuah teknik dalam jaringan komputer untuk menciptakan beberapa jaringan yang berbeda tetapi masih merupakan sebuah jaringan lokal yang tidak terbatas pada lokasi fisik seperti LAN sedangkan Linux Terminal Server Project (LTSP) merupakan sebuah teknik terminal server yang dapat memperbanyak workstation dengan hanya menggunakan sebuah Linux server. Dalam membangun sebuah jaringan komputer perlu memperhatikan beberapa hal dan salah satunya adalah kualitas jaringan dari jaringan yang dibangun. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jumlah client terhadap kualitas jaringan berdasarkan parameter delay dan packet loss pada jaringan VLAN yang menerapkan LTSP. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian kualitatif dengan memperhatikan standar yang digunakan dalam penelitian yaitu standar International Telecommunication Union Telecommunication (ITU-T). Penerapan penelitian ini menggunakan sistem operasi pada server adalah Ubuntu Desktop 14.04 LTS. Berdasarkan dari hasil penelitian yang ditemukan dapat disimpulkan bahwa benar terbukti bahwa makin banyak client yang dilayani oleh server maka akan menurunkan kualitas jaringan berdasarkan parameter Quality of Service (QoS) yang digunakan yaitu delay dan packet loss.

Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di PAUD SAHABAT

Zaini, Bachren, Saputri, Mushlihah Purwo

PINTER : Jurnal Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Vol 1 No 2 (2017): Jurnal PINTER
Publisher : PTIK Fakultas Teknik UNJ

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1199.951 KB)

Abstract

Pendidikan Anak usia dini adalah tahap kehidupan yang menentukan perkembangan anak untuk selanjutnya. tujuan pembelajaran yaitu tercapainya perubahan perilaku pada siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran. Masalah yang di alami pada saat pembelajaran di PAUD SAHABAT, masih banyak siswa yang belum mengenal huruf, siswa menjadi kesulitan dalam mengeja kata-kata. sehingga anak usia dini tidak dapat mengetahui bentuk huruf, serta mengetahui huruf depan dari sebuah benda, bukan hanya huruf saja, seharusnya anak usia dini juga perlu tahu pengenalan suku kata sampai di rangkai menjadi suatu kata. di PAUD SAHABAT belum adanya pembelajaran berupa benda nyata, karena masih menggunakan metode ceramah hal ini di dapat melalui wawancara guru PAUD SAHABAT, padahal kemampuan mengenal huruf dan mengenal suku kata dalam tahap perkembangan anak usia dini sangat mudah dingat, jika diberi kesempatan untuk beruhubungan langsung dengan benda nyata. Oleh karena itu media sangat di butuhkan sebagai perantara guru ke siswa untuk menyampaikan isi materi tersebut, untuk membantu siswa dapat berfikir secara nyata. Metode pengembangan yang digunakan dalam perancangan media ini menggunakan Research & Development karena mampu mengatasi kebutuhan nyata melalui pengembangan solusi pada suatu masalah dan dapat menghasilkan produk yang memiliki validitas tinggi karena sudah melalui proses uji validasi oleh tim ahli dan uji coba lapangan.

Analisis Dan Desain Kebutuhan Elemen Multimedia Video Pada Sistem Repositori Multimedia Pembelajaran Perakitan Komputer Di Sekolah Menengah Kejuruan

Ajie, Hamidillah, Tantono, Billy

PINTER : Jurnal Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Vol 1 No 2 (2017): Jurnal PINTER
Publisher : PTIK Fakultas Teknik UNJ

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (630.475 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kriteria kebutuhan elemen video dalam pembuatan media pembelajaran oleh guru multimedia di Sekolah Menengah Kejuruan dan mengembangkannya sebagai konten pada sistem repositori untuk multimedia pembelajaran. Penelitian ini berfungsi memberikan konten pada sistem repositori multimedia pembelajaran dan menjadi referensi bagi guru untuk mendapatkan elemen video untuk media pembelajaran yang bersifat bebas pakai dan non-komersil. Penelitian dilakukan di laboratorium multimedia Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta, SMK Negeri 48 Jakarta, dan SMK Negeri 51 Jakarta pada bulan Maret Juni 2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara untuk melihat kebutuhan elemen video dalam pembuatan media pembelajaran, metode eksperimen laboratorium dalam melakukan analisis kebutuhan sistem repositori dan mengembangkan elemen video untuk multimedia pembelajaran, dan metode survey untuk melihat kesesuaian video. Penelitian awal dilakukan untuk melihat kebutuhan elemen video dalam pembuatan multimedia pembelajaran di sekolah, yang selanjutnya dijadikan sebagai pedoman dalam melakukan analisis kebutuhan sistem repositori multimedia pembelajaran elemen video dan selanjutnya dikembangkan 20 video sebagai konten untuk repositori multimedia pembelajaran elemen video. Selanjutnya dilakukan uji validitas video dengan metode CVR (Content Validity Ratio) kepada 15 orang ahli materi untuk melihat kesesuaian video dengan kompetensi dasar mata pelajaran perakitan komputer di SMK. Kesimpulan dari penelitian ini adalah video yang dikembangkan telah sesuai dengan kriteria kebutuhan guru dan dapat menjadi konten dari sistem repositori untuk multimedia pembelajaran.

Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Penerima Beasiswa Di Fakultas Teknik Univeristas Negeri Jakarta Dengan Model Fuzzy Multiple Attribute Menggunakan Metode SAW

Mangapul, Golden, Adhi, Bambang Prasetya

PINTER : Jurnal Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Vol 1 No 2 (2017): Jurnal PINTER
Publisher : PTIK Fakultas Teknik UNJ

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (995.75 KB)

Abstract

Setiap tahun, Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta mengadakan pembukaan pendaftaran beasiswa BBM dan PPA. Setiap beasiswa mempunyai kriteria-kriteria tertentu untuk menentukan calon penerima beasiswa. Banyaknya kriteria penentu dan banyaknya jumlah pendaftar menimbulkan masalah bagaimana cara menentukan calon penerima beasiswa dengan jumlah kriteria yang banyak pada jumlah pendaftar yang sangat banyak. Untuk membantu proses seleksi beasiswa dibutuhkan sebuah sistem pendukung keputusan. Penelitian ini bertujuan menghasilkan aplikasi sistem pendukung keputusan penentuan calon penerima beasiswa dengan model Fuzzy Multiple Attribute dengan menggunakan metode Simple Additive Weighting berbasis web. Metode yang digunakan pada pembuatan sistem pendukung keputusan ini menggunakan metode pengembangan Waterfall. Pengujian fungsional website diuji oleh 1 orang ahli/pakar (Kasubbag Kemahasiswaan Fakultas Teknik) dengan menginput 20 sample data pendaftar beasiswa BBM dan 20 sample data pendaftar beasiswa PPA pada tahun 2015 dengan 15 mahasiswa kuota penerima beasiswa BBM dan 14 mahasiswa kuota penerima beasiswa PPA. hasil uji fungsional pada data sample yang diinput pada website, didapatkan 15 mahasiswa penerima beasiswa BBM dan 5 mahasiswa tidak diterima menjadi penerima beasiswa BBM dan pada beasiswa PPA didapatkan 14 mahasiswa diterima menjadi penerima beasiswa PPA dan 4 mahasiswa tidak diterima menjadi penerima beasiswa PPA. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa sistem pendukung keputusan dengan metode SAW berfungsi dengan baik dan dapat dimanfaatkan dalam proses penentuan calon penerima beasiswa di Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta.

Analisis, Perancangan, Dan Implementasi Jaringan Wireless Point To Point Antara Kampus A Dan Kampus B Universitas Negeri Jakarta

Duskarnaen, M. Ficky, Nurfalah, Febri

PINTER : Jurnal Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Vol 1 No 2 (2017): Jurnal PINTER
Publisher : PTIK Fakultas Teknik UNJ

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (962.214 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah membangun jaringan wireless point to point antara Kampus A dan Kampus B Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode research and development yang meliputi kegiatan analisis, perancangan, dan implementasi. Jalur komunikasi untuk menghubungkan Kampus A dan Kampus B Universitas Negeri Jakarta menggunakan jalur kabel Telkom, jalur tersebut digunakan sebagai backbone utama. Karena belum adanya penerapan fault tolerance pada jalur tersebut maka jaringan wireless point to point perlu dipersiapkan sebagai alternatif apabila terjadi kegagalan. Analisis kondisi lokasi pemasangan wireless yaitu ketinggian Gedung Sertifikasi 42 m dan Gedung Rusun Mahasiswa 17 m, dua lokasi berjarak 911 m dengan besar free space loss 99,24 dB 99,49 dB, line of sight terbebas dari penghalang, dan radius fresnel zone 4,27 m 4,33 m (BTS Telkom) dan 5,24 m 5,32 m (Gedung Rabbani) dalam kondisi tidak terhalang. Perencanaan desain jaringan dalam mode bridge station bridge, menggunakan perangkat keras Mikrotik Metal 2SHPn 30 dBm, Antena Grid 24 dBi, kabel pigtail LMR-400, dan tower triangle. Jaringan wireless point to point berhasil diimplementasikan dengan hasil pengujian yaitu terdapat banyak interferensi dari wireless access point lain, sambungan berhasil dilakukan dengan 0% packet loss, kekuatan sinyal -64,75 dBm, SNR 41,25 dB, CCQ 86,14%, dan throughput 11,15 Mbps.

Pembuatan Bank Soal Dan Analisis Butir Soal Mata Kuliah Kriptografi Untuk Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Dan Komputer Universitas Negeri Jakarta

Latuconsina, Nela Mahliana, Yunanto, Prasetyo Wibowo

PINTER : Jurnal Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Vol 1 No 2 (2017): Jurnal PINTER
Publisher : PTIK Fakultas Teknik UNJ

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1876.236 KB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah tingkat kecurangan mahasiswa yang tinggi pada saat ujian mata kuliah kriptografi. Hal ini dapat di atasi dengan penggunaan tes esai. Akan tetapi, tes esai memiliki banyak kelemahan dalam hal pengkoreksian. Oleh karena itu, solusi yang tepat untuk mengatasi masalah di atas adalah pemberian paket soal yang berbeda-beda kepada mahasiswa. Butir soal dikumpulkan dan dijadikan sebuah bank soal mata kuliah kriptografi. Penelitian ini bertujuan untuk membuat bank soal mata kuliah kriptografi untuk mahasiswa program studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini berfungsi sebagai bahan ujian mata kuliah kriptografi di Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Universitas Negeri Jakarta. Selain itu, bank soal dapat digunakan sebagai bank soal ujian online. Penelitian dilakukan dengan menggunakan sampel yaitu mahasiswa PTIK UNJ yang sedang mengambil mata kuliah kriptografi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif berupa analisis data dengan menggunakan perhitungan statistika. Metode kuantitatif yang digunakan pada penelitian ini adalah metode korelasi. Tahap awal yang dilakukan pada penelitian ini adalah membuat indikator mata kuliah kriptografi. Berdasarkan indikator yang telah dibuat, penyusunan soal mata kuliah kriptografi dilakukan. Selanjutnya dilakukan uji taraf kesukaran, daya beda, efektivitas pengecoh, dan validitas butir soal. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bank soal mata kuliah kriptografi yang dibuat telah dilakukan analisis butir soal berupa taraf kesukaran, daya beda, efektivitas pengecoh, dan validitas butir soal.

Perancangan Aplikasi Basis Data Guna Perawatan Mesin Di Laboratorium Produksi Teknik Mesin Universitas Negeri Jakarta

Wirawan, Sigit Pandu, Premono, Agung

PINTER : Jurnal Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Vol 1 No 2 (2017): Jurnal PINTER
Publisher : PTIK Fakultas Teknik UNJ

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1322.078 KB)

Abstract

Laboratorium dikenal sebagai tempat dimana proses belajar mengajar dilakukan secara praktek menggunakan alat selain proses belajar teori di dalam kelas. Selain itu, kegiatan seperti pendataan alat dan peminjaman alat juga menjadi beberapa pekerjaan tambahan yang harus dilakukan oleh petugas laboratorium. Pekerjaan yang banyak, tentunya tidak dapat dilakukan seorang diri dan dengan cara yang manual seperti menggunakan catatan dalam buku. Penggunaan sistem aplikasi komputer dirasa dapat menjadi solusi dalam menangani berbagai macam pekerjaan yang ada agar dapat berjalan dengan lebih efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk membantu pekerjaan dari petugas laboratorium teknik mesin dan beralih dari sistem manual menjadi sistem yang terkomputerisasi. Dari analisis yang dilakukan, penggunaan aplikasi memang dibutuhkan di dalam laboratorium produksi teknik mesin, demi mengurangi resiko daripada penggunaan buku manual. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan dibuatnya sistem aplikasi komputer ini dapat menjadi jawaban atas permasalahan yang terjadi di dalam laboratorium teknik mesin UNJ dalam melakukan perawatan mesin.

Peningkatan Hasil Belajar Perakitan Komputer SMK Dinamika Pembangunan 1 Jakarta Kelas X Teknik Komputer Jaringan Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw

Darmawan, Shandy, Sastrawijaya, Yuliatri

PINTER : Jurnal Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Vol 1 No 2 (2017): Jurnal PINTER
Publisher : PTIK Fakultas Teknik UNJ

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (859.143 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar perakitan komputer di SMK Dinamika Pembangunan 1 Jakarta dengan sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas XTKJ3 Teknik Komputer Jaringan SMK Dinamika Pembangunan 1 Jakarta pada semester genap tahun ajaran 2014 2015. Peneltian ini dilaksanakan sebanyak 3 siklus, setiap siklus terdiri dari 2x pertemuan (tatap muka) setiap pertemuan memiliki target pencapaian nilai. Peningkatkan motivasi, hasil belajar dan aktivitas siswa dilakukan dengan menggunakan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada setiap siklusnya. Hasil penelitian dapat dilihat dari tes afektif dan tes formatif, Pada Siklus I terdapat 2 peserta didik dengan kriteria belum tampak, 25 peserta didik dengan kriteria mulai tampak, 7 peserta didik dengan kriteria sering tampak, dan 1 peserta didik dengan kriteria selalu tampak. Kemudian pada penilaian formatif dengan pencapaian target skor 75 siklus I terdapat 4 peserta didik dengan nilai < 75 dan 29 peserta didik dengan nilai >75 dengan nilai rata-rata kelas yaitu 77,73. Pada Siklus II terdapat 0 peserta didik dengan kriteria belum tampak, 20 peserta didik dengan kriteria mulai tampak, 12 peserta didik dengan kriteria sering tampak, dan 3 peserta didik dengan kriteria selalu tampak. Kemudian pada penilaian formatif siklus II dengan pencapaian target skor 77 terdapat 1 peserta didik dengan nilai < 75 dan 34 peserta didik dengan nilai >75 dengan nilai rata-rata kelas yaitu 80,66. Pada Siklus III terdapat 0 peserta didik dengan kriteria belum tampak, 8 peserta didik dengan kriteria mulai tampak, 18 peserta didik dengan kriteria sering tampak, dan 7 peserta didik dengan kriteria selalu tampak. Kemudian pada penilaian formatif siklus III dengan pencapaian target skor 78 semua peserta didik memenuhi target nilai >78, dengan nilai rata-rata kelas yaitu 86,52. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berhasil meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik

Implementasi Algoritma K-Means Clustering Untuk Mengetahui Bidang Skripsi Mahasiswa Multimedia Pendidikan Teknik Informatika Dan Komputer Universitas Negeri Jakarta

Widodo, Widodo, Wahyuni, Dina

PINTER : Jurnal Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Vol 1 No 2 (2017): Jurnal PINTER
Publisher : PTIK Fakultas Teknik UNJ

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1001.644 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bidang skripsi mahasiswa peminatan multimedia PTIK UNJ angkatan 2010 yang dapat digunakan sebagai saran bagi mahasiswa yang belum mengajukan skripsi. Sedangkan bagi mahasiswa yang telah mengajukan skripsi dapat dijadikan sebagai perbandingan antara hasil program bantu dengan bidang skripsi yang diteliti. Penelitian dilakukan dengan menggunakan implementasi dari algoritma K-Means clustering, yaitu setiap data dikelompokkan berdasarkan jarak minimum terdekat dengan centroid. Data yang diolah merupakan rata-rata nilai mata kuliah Proyek Video Digital, Desain Grafis, dan Animasi Komputer untuk cluster 1 yaitu bidang video dan animasi. Untuk cluster 2 yaitu bidang aplikasi pengembangan perangkat lunak menggunakan rata-rata nilai mata kuliah Algoritma dan Pemrograman, Struktur Data, serta Pemrograman Web. Proses perhitungan menggunakan software MATLAB. Input data nilai berjumlah 53 mahasiswa dengan lima kali uji centroid. Hasil saran bidang skripsi untuk 19 mahasiswa yang belum mengajukan skripsi adalah 2 mahasiswa di bidang video dan animasi dan 17 mahasiswa di bidang aplikasi pengembangan perangkat lunak. Untuk 34 mahasiswa yang telah mengajukan skripsi, dilakukan perbandingan hasil bidang skripsi dengan menggunakan sign test. Berdasarkan hasil uji diketahui X2hitung < X2 tabel yaitu terima H0 dengan kesimpulan tidak terdapat perbedaan antara bidang skripsi hasil perhitungan program bantu algoritma K-Means dengan bidang skripsi yang telah diajukan mahasiswa.

Penerapan Sistem Penilaian Berbasis Penalti Untuk Membentuk Karakter Jujur, Mandiri, Dan Tanggung Jawab Siswa SMA Di Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Kamaruddin, Erdawaty

PINTER : Jurnal Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Vol 1 No 2 (2017): Jurnal PINTER
Publisher : PTIK Fakultas Teknik UNJ

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan memaparkan peristiwa aktual, tidak menjelaskan hubungan namun dapat digunakan sebagai landasan untuk penelitian eksplanatif (korelasional). Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan bukti empirik tentang penerapan sistem penilaian berbasis penalti dalam membentuk karakter jujur, mandiri, dan tanggung jawab siswa SMA di Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Instrumen penelitian berupa tes obyektif pilihan ganda Matematika kelas XI IPA. Butir tes disusun dengan memperhatikan tahap perkembangan kognitif siswa agar dapat mengukur kemampuan siswa yang sesungguhnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya 1,714 % siswa memperoleh sekor tidak wajar dan 98,286 % memperoleh sekor wajar, bahkan 42 % di antaranya medapatkan sekor sangat wajar. Sekor dinyatakan wajar bila sekor yang diperoleh sesuai dengan kemampuan siswa yang sesungguhnya. Sekor yang wajar dapat merefleksikan potensi siswa yang sesungguhnya, dan mengindikasikan bahwa dalam memperoleh sekor tersebut siswa mengerjakan seluruh butir soal dengan jujur, mandiri, dan penuh tanggung jawab. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan sistem penilaian berbasis penalti dapat membentuk karakter jujur, mandiri, dan tanggung jawab siswa SMA di Daerah Khusus Ibukota Jakarta.