cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota tasikmalaya,
Jawa barat
INDONESIA
JURNAL MANAJEMEN INFORMATIKA (JUMIKA)
ISSN : 23557494     EISSN : 25416316     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal Manajemen Informatika (JUMIKA) merupakan Jurnal ilmiah sebagai bentuk pengabdian dalam hal bidang Informatika dan bidang terkait lainnya. Jurnal Manajemen Informatika (JUMIKA) diterbitkan oleh Jurusan Manajemen Informatika STMIK DCI. Redaksi mengundang para proposional dari dunia usaha, pendidikan dan peneliti untuk menulis mengenai perkembangan ilmu dibidang yang berkaitan dengan Manajemen Informatika.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue " Vol 4, No 1 (2017): JUMIKA" : 7 Documents clear
MONITORING DATA USAHA MIKRO KECIL MENENGAH DI BABAKAN NANGKA SINGAPARNA KABUPATEN TASIKMALAYA Lestari, Sri; Sarmidi, Sarmidi; Nurrahman, Heman
JURNAL MANAJEMEN INFORMATIKA (JUMIKA) Vol 4, No 1 (2017): JUMIKA
Publisher : LPPM STMIK DCI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali berbagai informasi yang berkaitan dengan Monitoring Usaha Mikro Kecil Menengah dalam rangka merumuskan solusi untuk pengembangannya. Monitoring UMKM ini dianggap mampu mengembangkan Sumber Daya Manusia dengan berbekal pada ilmu pengetahuan, kreatifitas, inovasi serta mampu mengembangkan lapangan pekerjaan. Namun, UMKM di Babakan Nangka Singaparna Kabupaten Tasikmalaya masih belum mampu memberikan predikat khusus bagi kabupaten ini. Data sekunder diperoleh dari berbagai data publikasi seperti Dinas Koperasi dan UMKM, Disperindag, serta Badan Pusat Statistik (BPS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa UMKM di Kabupaten belum dapat dijadikan sebagai penopang utama perekonomian di Kabupaten Tasikmalaya. Usaha Mikro Kecil Menengah di Babakan Nangka memiliki kemampuan yang terbatas serta mengalami permasalahan dalam pengembangan usahanya. Hal ini menyebabkan UMKM di Babakan Nangka belum mampu memberikan ciri khas tersendiri bagi Kabupaten Tasikmalaya. Permasalahan yang dihadapi monitoring UMKM antara lain permodalan, bahan baku dan faktor produksi, tenaga kerja, biaya transaksi, pemasaran, dan HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual). UMKM berbasis ekonomi kreatif memerlukan kerja sama dari berbagai pihak untuk mencapai kemajuan di dunia usaha. Tidak hanya pemerintah dan pelaku UMKM itu sendiri, tetapi juga masyarakat perlu turut serta mengembangkannya.Kata Kunci: Monitoring, Usaha Mikro Kecil menengah, Babakan Nangka.
SISTEM INFORMASI AKUMULASI UPAH KERJA DRIVER ANDALAS KAWALI CIAMIS Sumaryana, Yusuf; Haryanto, Dadang; Nurrohman, Riyan
JURNAL MANAJEMEN INFORMATIKA (JUMIKA) Vol 4, No 1 (2017): JUMIKA
Publisher : LPPM STMIK DCI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam perkembangan ilmu dan teknologi dewasa ini, telah banyak media baru yang dapat membantu penyampaian informasi yang tepat, cepat dan dapat diandalkan. Seperti perkembangan teknologi tentang ilmu komputer. Sistem informasi erat dengan kompurterisasi, karena komputer merupakan salah satu alat pendukung (komponen) utama. Sistem Komputerisasi ini akan sangat diperlukan oleh manajemen organisasi.          PA. Andalas adalah salah satu perusahaaan yang bergerak di bidang Angkutan Umum, dimana dalam proses sistem yang digunakan merupakan sistem secara manual dan laporan-laporan yang hasilkan hanya disimpan dalam bentuk dokumen sebagai arsip. Sementara data-data tersebut sangatlah penting bagi perusahaan tersebut.            Setelah mengadakan penganalisaan dan penelitian dilapangan, ternyata untuk mencatat data pendapatan disini masih menggunakan tulisan tangan. Maka dari itu penulis mencoba memberikan suatu solusi dengan membuat sebuah program dimana komputer sebagai alat medianya.Kata Kunci: Perusahan Angkutan, Angkutan Umum, Pencatatan Pendapatan
ABDIMAS LPPM STMIK DCI Hidayat, H. Akik; Wildan, Asep; Apriliyanti, Sopiah
JURNAL MANAJEMEN INFORMATIKA (JUMIKA) Vol 4, No 1 (2017): JUMIKA
Publisher : LPPM STMIK DCI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pemanfaatan sistem informasi penyelenggaraan kegiatan akademik dan pengelolaan sumber daya pendidikan diaplikasikan secara integral mulai dari unit terkecil pelaksana kegiatan akademik di tingkat intitusi sampai keprogram studi. Pemanfaatan ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin dalam mendukung kegiatan yang utama dalam suatu perguruan tinggi yaitu Tri Dharma perguruan tinggi (Pengajaran, Peneliti dan pengabdian kepada Masyarakat). Sesuai dengan visi LPPM STMIK DCI yaitu meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat serta kerjasama demi mewujidkan kekuatan daya saing dan menciptakan peluang kesejahteraan yang berkelanjutan bagi STMIK DCI secara professional. Dengan adanya sistem informasi penelitian dan pengabdian masyarakat ini penulis mengharapkan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat yang di kelola oleh LPPM STMIK DCI mampu menjadi alat yang baik dalam mendukung dan memudahkan pekerjaan staff LPPM utuk mengolah data dan informasi, juga dapat menyajikan laporan dan informasi yang berguna dan bermanfaat bagi dosen, mahasiswa dan masyarakat pada umum. Sistem Informasi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat ini dibuat oleh penulis mengguanakan bahasa pemograman PHP dan database MySQL. Jika meningkatnya kegiatan yang dilakukan LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat), pemanfaatan sistem informasi menjadi kebutuhan primer dalam kegiatan sehari-hari, sehingga sumber daya manusia LPPM harus selalu meningkatkan potensinya.Kata kunci : Sistem Informasi, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, MySQL dan PHP
SISTEM INFORMASI TRANSAKSI OLI BEKAS DI TOKO H.MAMAT Nugraha, Agus Ramdhani; Jakaria, Deni Ahmad; Fauziah, Sakinatun Nisa
JURNAL MANAJEMEN INFORMATIKA (JUMIKA) Vol 4, No 1 (2017): JUMIKA
Publisher : LPPM STMIK DCI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sistem yang berjalan di Toko H. Mamat Kawalu masih menggunakan sistem manual dalam melakukan pencatatan-pencatatan. Dengan keadaan demikian, sulit untuk petugas yang ada di Toko H. Mamat dalam menganalisa dan menentukan strategi apa yang dapat dilakukan. Maka dari itu peneliti mencoba membuat sistem yang ada di Toko H. Mamat Kawalu menjadi terkomputerisasi dengan cara membuat Sistem Informasi Pengolahan Data Penjualan Dan Pembelian untuk membuat sebuah laporan data Penjualan dan Pembelian Oli Bekas yang nantinya dapat memudahkan Petugas dalam menjual dan membeli oli bekas. Teknologi yang digunakan dalam pembuatan Laporan Studi Kasus ini menggunakan Delphi sebagai Bahasa Pemograman,dan Microsoft Access sebagai database. Dengan adanya Sistem Informasi Pengolahan Data Penjualan dan Pembelian Oli Bekas memudahkan untuk melakukan pencarian data yang lebih rapih, aman serta terkontrol.Kata Kunci: Sistem Informasi, Pengolahan Data, Penjualan Dan Pembelian
SISTEM PENJAMINAN MUTU INTERNAL (SPMI) (DI AKADEMIK KEBIDANAN RESPATI SUMEDANG) Hendrawan, Andi; Yulianeu, Aneu
JURNAL MANAJEMEN INFORMATIKA (JUMIKA) Vol 4, No 1 (2017): JUMIKA
Publisher : LPPM STMIK DCI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perguruan tinggi memiliki posisi yang sangat strategis dalam rangka menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas. Hal ini sejalan dengan tujuan pendidikan tinggi yakni menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan/atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan/atau memperkaya khasanah ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian. Setiap perguruan tinggi diharapkan bersikap responsif terhadap kebutuhan stakeholders dan mampu membudayakan penjaminan mutu internal dan meningkatkan mutu secara berkelanjutan, sehingga stakeholders memperoleh kepuasan sebagaimana dicirikan oleh institusi perguruan tinggi yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penjaminan mutu internal yang dilakukan oleh perguruan tinggi untuk meningkatkan mutu berkelanjutan melalui model satu siklus SPM-PT yang meliputi (1) penetapan standar, (2) pelaksanaan, (3) monitoring, (4) evaluasi diri, (5) audit mutu internal, (6) rumusan koreksi, dan (7) peningkatan mutu.Kata kunci : Sistem, Mutu, Penjaminan Mutu Internal
Aplikasi Administrasi Blanko Kartu Tanda Penduduk Di Dinas Sosoal Kependudukan Dan Tenaga Kerja Kabupaten Tasikmalaya jumika, penulis
JURNAL MANAJEMEN INFORMATIKA (JUMIKA) Vol 4, No 1 (2017): JUMIKA
Publisher : LPPM STMIK DCI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sejalan berkembangnya perusahaan,Informasi mengenai data pengeluaran barang tenu  sangat  diperlukan.untuk memperoleh  informasi  yang  dibutuhan  perusahaan,maka diperlukan  suatu  kecakapan  mengelola  data-data  barang  menjadi  suatu  laporan. Pada masa  sekarang  ini  banyak  sarana  yang  diciptakan  untuk  memebanatu  menyampaikan informasi  yang  cepat  dan  tepat.diantaranyaq  teknologi  computer.selain itu diperlukan juga suatu informasi untuk membantu perusahaan dalam mengelola laporan pengeluaran barang.Menyadari  pentingnya  hal  tersebut,penulis  melakukan  penelitian  akan  sistem informasi pengeluaran barang di Dinas Sosial Kependudukan dan tenaga kerja kabupaten Tasikmalaya.penulis melakukan  analisis  dan  perancangan    system  informasi mengenai pengolahan  data  pengeluaran  barang  berupa  Kartu  Tanda  Penduduk(KTP).  Adapun bahasa  pemograman  yang  digunakan  dalam  membantu  masalah  ini  adalah  bahasa pemograman Borland Delphi Enterpise Versi 6.0 semoga hasil  laporan dapat bermanfaat untuk semua pihak. Kata kunci: Administrasi, KTP, Aplikasi
IMPLEMENTASI PENJUALAN KERUPUK SUKAJAYA PURBARATU KOTA TASIKMALAYA Sukmaindrayana, Andri; Noer, Zeni Muhamad; Setiawan, Dede
JURNAL MANAJEMEN INFORMATIKA (JUMIKA) Vol 4, No 1 (2017): JUMIKA
Publisher : LPPM STMIK DCI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam perkembangan ilmu dan teknologi dewasa ini, telah banyak media baru yang dapat membantu penyampaian informasi yang tepat, cepat dan dapat diandalkan. Seperti perkembangan teknologi tentang ilmu komputer satu tujuan diantaranya yaitu untuk memberikan kemudahan bagi petugas penjualan tersebut dalam mengelola sebuah sistem informasi.Pabrik kerupuk sukajaya adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang penjualan makanan, dimana dalam proses penjualannya, sistem yang digunakan merupakan sistem secara manual dan laporan-laporan yang hasilkan hanya disimpan dalam bentuk dokumen sebagai arsip. Sementara data-data tersebut sangatlah penting bagi perusahaan. Setelah mengadakan penganalisaan dan penelitian dilapangan, ternyata untuk mencatat data penjualan kerupuk disini masih menggunakan tulisan tangan. Maka dari itu penulis mencoba memberikan suatu solusi dengan membuat sebuah program dimana komputer sebagai alat medianya. Setelah laporan ini selesai, maka penulis berharap dengan adanya sistem informasi yang penulis solusikan akan membantu kinerja dar pihak pengelola Pabrik Kerupuk Sukajaya Kota Tasikmalaya.Kata Kunci: Pengolahan Data, kerupuk, Pabrik Sukajaya

Page 1 of 1 | Total Record : 7