cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota ternate,
Maluku utara
INDONESIA
DINTEK
ISSN : 19793855     EISSN : 25988891     DOI : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue " Vol 10 No 1 (2017): DINTEK Vol. 10 No.1, Maret 2017" : 10 Documents clear
STUDI SUPERELEVASI DAN CROSS SLOPEDALAM PENENTUAN JALAN ANGKUT PADA DIMENSI ALAT ANGKUT TERBESAR Djunaidi, Muhammad; Djainal, Herry
DINTEK Vol 10 No 1 (2017): DINTEK Vol. 10 No.1, Maret 2017
Publisher : Fakultas Teknik UMMU

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian menentukan ukuran geometri jalan angkut yang seharusnya dengan mengacu pada dimensi alat angkut terbesar yang digunakan, meliputi lebar jalan, kemiringan jalan, jari-jari tikungan, superelevasi dan cross slope. Metode penelitian adalah deskripsi analitik dengan cara melakukan survey lapangan pada  jalan angkut kuari batugamping  menuju Crusher.  Hasil penelitian angka super elevasi sebesar 0,04 m/m maka kecepatan rencana saat melewati tikungan harus disesuaikan. Untuk lebar jalan angkut satu jalur pada tikungan sebesar 6 meter dan untuk dua jalur 14 meter serta  angka superelevasi yang diterapkan sebesar 0,04 m/m, maka beda tinggi yang harus dibuat antara sisi dalam dan sisi luar tikungan adalah 0,23 m untuk satu jalur dan 0,56 m untuk dua jalur. Berdasarkan hasil perhitungan untuk jalan angkut satu jalur dengan lebar 5 meter beda tinggi yang harus dibuat antara bagian tengah dari jalan dengan bagian tepi jalan adalah    10 cm, sedangkan untuk dua jalur dengan lebar 9 meter beda tinggi yang harus dibuat antara bagian tengah dari jalan dengan bagian tepi jalan adalah 18 cm .
PENGHITUNG JUMLAH SEL DARAH MERAH MENGGUNAKAN JARINGAN SARAF TIRUAN DENGAN METODE BACKPROPAGATION Suratin, Muhammad Dzikrullah
DINTEK Vol 10 No 1 (2017): DINTEK Vol. 10 No.1, Maret 2017
Publisher : Fakultas Teknik UMMU

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (303.185 KB)

Abstract

Tujuan penelitian pembuatan Program yang memiliki kemampuan untuk mengenali citra sel darah merah danS menghitung jumlahnya.  Ketelitian dan konsentrasi dokter sangat menentukan hasil analisis.  Di lain pihak analisis preparat darah tepi tidak menghasilkan bukti citra sehingga tidak dapat dianalisis oleh banyak dokter. Analisis citra merupakan salah satu metode dalam pengolahan citra digital. Proses pengenalan citra / training pada aplikasi ini menggunakan jaringan saraf tiruan dengan metode backpropagation. Proses prapengolahan citra digital dimulai dari akuisisi data citra, konversi citra dengan metode laplacian, Training citra sel darah merah, hingga citra siap untuk dianalisis.  Analisis citra yang dilakukan dalam hal ini adalah pencacahan jumlah sel darah merah.
KETERDAPATAN AIR TANAH DI KELURAHAN SANGAJI UTARA KECAMATAN TERNATE UTARA Arif, Abdul Kadir D
DINTEK Vol 10 No 1 (2017): DINTEK Vol. 10 No.1, Maret 2017
Publisher : Fakultas Teknik UMMU

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (484.115 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah dapat menentukan zona keterdapatan  air tanah dan kemungkinan terdapatnya penyusupan air payau-asin di beberapa daerah di wilayah studi berdasarkan tingkat kajian yang dilakukan, serta dapat memberikan rekomendasi terhadap penentuan  titik-titik lokasi yang dianggap prospek untuk dilakukan pemboran eksplorasi . Wilayah telitian,tersusun atas Endapan muda Gn.Gamalama  berupa endapan  laharik, endapan piroklastik, sedimen vulkanik berupa batupasir, batulempung dan material rombakan lainnya.  . Terdapat nilai resistivitas batuan yang tinggi (diatas 950 Ωm ) untuk semua lintasan, diinterpretasikan sebagai lapisan tanah yang keras terkompaksi bagus dan berasosiasi dengan bongkahan dari  breksi, andesit atau basalt disekitarnya. Pengukuran dan analisa sistem rekahan batuan serta uji tingkat kesarangan batuan, guna menentukan kemampuan  resapan air dan penentuan titik bor yang tepat, Pada wilayah yang terintrusi dan memiliki nilai rekahan (Fracture Density)yang baik, dapat digunakan metode pemboran horizontal, untuk capaian efisensi dan efektifitas pemboran. 
SISTEM MANAJEMEN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) DI PT PERTAMINA (PERSERO) TERMINAL BBM KOTA TERNATE Jolo, Aliyusra
DINTEK Vol 10 No 1 (2017): DINTEK Vol. 10 No.1, Maret 2017
Publisher : Fakultas Teknik UMMU

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (178.124 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan unuk mengetahui sistem penerapan program Keselamatan dan Kesehatan Kerja di PT. Pertamina (persero) TBBM Ternate Kecamatan Ternate Selatan. metode Kerja Praktek Deskriptif dengan analisis menggunakan metode Kerja Praktek Kualitatif. Hasil Penelitian menunjukan bahwa PT. Pertamina TBBM Ternate dapat dikategorikan baik dalam pelaksanaan Proram Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Hal tersebut dapat diketahui dari hasil Regulasi Ketentuan Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Dalam pelaksanaannya Regulasi Ketentuan Keselamatan dan Kesehatan Kerja harus dipatuhi dan dilaksanakan oleh setiap karyawan TBBM Ternate untuk mewujudkan lingkungan semakin baik.  
ANALISA PERHITUNGAN BIAYA PENGUPASAN OVERBURDEN PADA ALAT BULLDOZER DI PT. ALAM RAYA ABADI KABUPATEN HALMAHERA TIMUR Suryadi, Sugria; ., Rusmansyah; Djainal, Herry
DINTEK Vol 10 No 1 (2017): DINTEK Vol. 10 No.1, Maret 2017
Publisher : Fakultas Teknik UMMU

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (187.306 KB)

Abstract

PT. Alam Raya Abadi adalah salah satu perusahaan swasta yang bergerak dibidang pertambangan yang operasi penambangannya berlokasi di Desa Batu Raja Kecamatan Wasile Kabupaten Halmahera Timur Provinsi Maluku Utara. Metode  penambangan dilakukan dengan sistim tambang terbuka (Surface Mining) yaitu dengan cara memotong punggung bukit (Open Cut Mining) dengan membuat jenjang (Bench) sehingga terbentuk front-front yang sesuai dengan kebutuhan penambangan. Dalam pelaksanaan pengupasan tanah penutup di gunakan alat mekanis yaitu bulldozer D85E.SS. Dalam menganalisa peralatan berat alat mekanis, juga dalam mengukur kemampuan alat, maka sangatlah penting memperhitungkan biaya yang dikeluarkan untuk mempekerjakan suatu alat mekanis. Jenis penelitian kuantitatif dengan jumlah pengambilan sampel (Cycle Time) sebanyak 30 data sampel. Dari hasil perhitungan didapatkan : Sedangkan kemampuan produksi alat bulldozer D85E.SS adalah 462,3 ton/hari  dengan waktu kerja efektif 8,25 jam per hari. Jadi total biaya pengupasan overburden adalah Rp. 319.903.776. 
SISTEM INFORMASI DATA PAJAK KENDARAAN RODA DUA PADA KANTOR SAMSAT KOTA TERNATE Umagapi, Darman
DINTEK Vol 10 No 1 (2017): DINTEK Vol. 10 No.1, Maret 2017
Publisher : Fakultas Teknik UMMU

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (242.38 KB)

Abstract

Pajak merupakan hak proregtif pemerintah ,iuran wajib yang dipungut oleh pemerintah kepada masyarakat. Perkembangan teknologi mendorong manusia untuk mengatasi berbagai masalah yang timbul disekitar kita. Penelitian ini bertujuan untuk mempercepat proses pengolahan data dan penyajian sistem informasi yang lebih akurat untuk mempermudah pekerjaan dan efisiensi waktu. Kantor Samsat Ternate merupakan suatu instansi pemerintah yang melayani masyarakat dalam bidang pembayaran Pajak Kendaraan Roda Dua. Aplikasi pengolahan data Pajak Kendaraan Roda Dua yang digunakan pada Kantor Samsat Kota Ternate dengan menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic. Hasil dari perancangan sistem informasi ini dapat mempermudah pemakai dalam mengambil suatu keputusan.
KLASIFIKASI SUMBERDAYA ENDAPAN NIKEL LATERIT DAERAH PULAU OBI, HALMAHERA SELATAN DENGAN PENDEKATAN RELATIVE KRIGING STANDARD DEVIATION (RKSD) Conoras, Wawan A.K
DINTEK Vol 10 No 1 (2017): DINTEK Vol. 10 No.1, Maret 2017
Publisher : Fakultas Teknik UMMU

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (507.506 KB)

Abstract

Klasifikasi sumberdaya mineral ialah suatu hal yang sangat penting dalam bidang eksplorasi  terutama dalam  penaksiran  cadangan. Penelitian ini dilakukan pada endapan Nikel laterit Pulau Obi dengan pemodelan geometri endapan bijih nikel laterit dan kemudian dilakukan klasifikasi sumberdaya yang mengacu pada standar klasifikasi sumberdaya mineral dari SNI 4726:2011 dengan pendekatan RKSD berdasarkan data estimasi Ordinary Kriging. Hasil Klasfikasi Sumberdaya, jumlah Total sumberdaya tonase dan kadar rata-rata yaitu sumberdaya measured (Terukur) 414.016 ton Ni 1.69% Fe 23.34%, indicated (Terunjuk) 1.318.375 ton Ni 1.23 Fe 36.16 dan jumlah sumberdaya Inferred (Tereka) 98.672 ton Ni 1.01% Fe 44.73%.
Permintaan Bahan Bakar Minyak Dengan Menggunakan Time Series Di wilayah Distribusi Bacan Umar, Ruslan M
DINTEK Vol 10 No 1 (2017): DINTEK Vol. 10 No.1, Maret 2017
Publisher : Fakultas Teknik UMMU

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (352.498 KB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk  menduga secara tepat dan penapsiran secara detail dari kebutuhan bahan Bakar premium dan Solar tahun 2015 sampai 2025 di  Pulau Bacan K abupaten di P rovinsi Maluku utara.  Penelitian ini Menggunakan Metode Peramalan adalah Metode Seri Waktu, Untuk Peramalan Masa Depan, Subsidi Penggunaan Subsidi BBM Dan Jenis Solar Dari Tahun 2016-2025 yaitu: Jenis Bahan Bakar Subsidi Bersubsidi Bahan Bakar Yakni: 734.659.022.0 KL dan Penggunaan Subsidi Bahan Bakar Minyak Jenis Solar Yaitu: 528.955.621.6 KL. Dalam Peramalan Pada Tahun Depan (Seri Waktu) Dengan Pola Pemuatan Pemuatan Pola, Prakiraan Motor yang sering digunakan untuk Periode Mendatang adalah Smoothing Smoothing Smoothing Single Untuk Mendapatkan Nilai Peramalan Harga Bahan Bakar Mnyak Tipe Premium Dan Solar Dari Tahun 2000 Sampai 2025.
RANCANGAN POLA DAN ARAH PENGUPASAN LAPISAN TANAH PADA PENAMBANGAN NIKEL LATERITE DI PULAU GE Djainal, Herry
DINTEK Vol 10 No 1 (2017): DINTEK Vol. 10 No.1, Maret 2017
Publisher : Fakultas Teknik UMMU

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (661.505 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyusun suatu rancangan teknis penambangan yang teratur dan efektif, Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah model observasi lapangan yang didasari pada pendekatan secara langsung dan tidak langsung yang bertujuan untuk memperbandingkan kenyataan di lapangan dengan teori yang ada, serta mencoba untuk membuat suatu pendekatan teoritis  Metode penambangan yang digunakan adalah metode open pit dengan cara pengupasan lapisan tanah penutup back filling. Jumlah cadangan bijih nikel yang ada di blok X  bukit raya adalah      634.122,38 ton dan volume tanah penutup yang harus di pindahkan sebesar 191.749,50 m3
PENDETEKSIAN PLAGIASI DENGAN SISTEM PENGUKURAN SIMILARITAS PADA DOKUMEN KARYA ILMIAH MENGGUNAKAN STRING MATCHING ALGORITMA RABIN-KARP Noh, Junaidi
DINTEK Vol 10 No 1 (2017): DINTEK Vol. 10 No.1, Maret 2017
Publisher : Fakultas Teknik UMMU

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (478.273 KB)

Abstract

Paper ini mendiskusikan  tentang deteksi plagiasi dengan menggunakan metode string matching algoritma rabin-karp. Metode diimplementasikan dalam aplikasi berbasis web untuk mendeteksi plagiasi dengan cara menguji teks (huruf) yang ada pada dokumen abstraksi dari karya skripsi ataupun jurnal mahasiswa. Output yang dihasilkan berupa prosentasi tingkat kemiripan dan tag info tentang status dokumen. Dari hasil uji coba yang dilakukan, menunjukkan bahwa metode algoritma rabin-karp mampu mendeteksi kalimat yang sama pada judul, abstraksi dan kata kunci serta antara file terbanding dengan file yang ada di dalam repositori. 

Page 1 of 1 | Total Record : 10