cover
Filter by Year
Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi
urnal Analisis Bisnis Ekonomi is a journal published by the Faculty of Economics and Business, Universitas Muhammadiyah Magelang, published twice a year in April and October. The publication of this journal is intended as a medium of information exchange and scientific work between faculty, alumni, students and the public. The article in this journal contains many articles of research both in business and economics.
Articles
237
Articles
‚Äč
ANALISIS TRACER STUDY PROGRAM STUDI S1 AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAGELANG

Purwantini, Anissa Hakim, Yuliani, Nur Laila, Muhdiyanto, Muhdiyanto

Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi Vol 16 No 1 (2018): Volume 16, Nomor 1, April 2018
Publisher : Universitas Muhammadiyah Magelang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (519.6 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi profil pekerjaan lulusan yang meliputi kesesuaian pekerjan dengan bidang studi, masa tunggu lulusan, motivasi bekerja, gaji yang diterima dan lama masa studi mahasiswa. Sampel yang digunakan sebanyak 81 alumni yang diambil dengan metode snowball sampling. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa 85% pekerjaan lulusan telah relevan dengan bidang studi yang ditempuh selama kuliah dengan jenis pekerjaan di sektor jasa. Masa tunggu lulusan relatif singkat yaitu 40% dari jumlah lulusan mendapatkan pekerjaan pertama dalam kurun waktu 2 bulan setelah wisuda. Motivasi bekerja lulusan didominasi oleh faktor gaji dengan gaji pertama yang didapatkan sekitar Rp1.000.000,00-Rp2.000.000,00. Masa studi lulusan sebesar 48% berada pada rentang 5-6 tahun. Hasil tracer study ini digunakan sebagai bahan evaluasi pengembangan kualitas sistem pendidikan khususnya di Prodi Akuntansi FEB UMMagelang sehingga dapat menciptakan lulusan yang berdaya saing di era globalisasi ini.

FAKTOR FUNDAMENTAL TERHADAP HARGA SAHAM PERBANKAN

Ramdhani, Sri Astuti Putri, Aisyah, Maulidyati Aisyah

Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi Vol 16 No 1 (2018): Volume 16, Nomor 1, April 2018
Publisher : Universitas Muhammadiyah Magelang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (815.739 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh faktor-faktor fundamental (return on asset, earning pershare, return on equity, debt to equity ratio dan net profit margin) terhadap harga saham. Populasi pada penelitian ini adalah 43 perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2011-2015. Penelitian inimenggunakan purposive sampling dan mendapatkan sampel sebanyak 19 perusahaan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, yaitu pengambilan data berasal dari dokumen-dokumen perusahaan yang telah dipublikasikan di situs resmi BEI. Analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS 23. Hasil analisis menunjukkan bahwa earning per share berpengaruh positif signifikan terhadap harga saham, debt to equity ratio berpengaruh negatif signifikan terhadap harga saham. Sementara itu, return on asset,return on equity dan net profit margin secara parsial tidak berpengaruh terhadap harga saham. Secara bersama-samareturn on asset, earning per share, return on equity, debt to equity ratio dan net profit margin memiliki pengaruh terhadap harga saham perusahaan perbankan.

KOMPETENSI AUDITOR DAN SHARIAH COMPLIANCE TERHADAP PRAKTIK AUDIT SYARIAH

Farida, Farida, Dewi, Veni Soraya

Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi Vol 16 No 1 (2018): Volume 16, Nomor 1, April 2018
Publisher : Universitas Muhammadiyah Magelang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (667.944 KB)

Abstract

Kepatuhan syariah sebagai unsur utama dalam menciptakan Good Corporate Governance meliputi aspek transparansi, akuntabilitas, responsibilitas, independensi serta kewajaran dan kesetaraan, sehingga tercipta kesinambungan usaha perusahaan dengan memperhatikan seluruh pemangku kepentingan perusahaan. Terciptanya kepatuhan syariah tidak lepas dari kemampuan sumber daya yang dimiliki suatu perusahaan, salah satunya yaitu kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dalam menggerakkan manajemen perusahaan untuk mencapai tujuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kompetensi auditor dan shariah compliance terhadap praktik audit syariah pada LKS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda berdasarkan data yang diperoleh dari jawaban responden atas kuesioner yang disebarkan kepada auditor internal pada Lembaga Keuangan Syariah di Magelang. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kompetensi auditor tidak berpengaruh terhadap praktik audit syariah dan sharia compliance berpengaruh terhadap praktik audit syariah.

PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP GOOD GOVERNMENT GOVERNANCE, SISTEM PENGENDALIAN INTERN PEMERINTAH, DAN KOMPETENSI SDM TERHADAP KINERJA APARATUR PEMERINTAH DAERAH

Sunarmo, Agus Sunarmo, Widianingsih, Rini Widianingsih, Pratiwi, Umi Pratiwi, Hidayat, Taufik Hidayat

Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi Vol 16 No 1 (2018): Volume 16, Nomor 1, April 2018
Publisher : Universitas Muhammadiyah Magelang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (682.718 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) pengaruh penerapan prinsip-prinsip good governmentgovernance terhadap kinerja (manajerial) aparatur pemerintah daerah, (2) pengaruh sistem pengendalian intern pemerintah terhadap kinerja (manajerial) aparatur pemerintah daerah, dan (3) pengaruh kompetensi sumber daya manusia terhadap kinerja (manajerial) aparatur pemerintah daerah. Data tanggapan 70 responden dari 28 sampel SKPD menunjukkan bahwa Penerapan Prinsip-prinsip Good Government Governance berpengaruh secara tidak signifikan terhadap kinerja (manajerial) aparatur pemerintah daerah. Sistem pengendalian intern pemerintah dan kompetensi sumber daya manusia secara signifikan berpengaruh positif terhadap kinerja (manajerial) aparatur pemerintah daerah. Hal tersebut menunjukkan bahwa sistem pengendalian intern pemerintah dan kompetensi sumber daya manusia diperlukan untuk meningkatkan kinerja (manajerial) aparatur pemerintah daerah.

ANALISIS KETAHANAN PANGAN RUMAH TANGGA MISKIN

Wahyuni, Wahyuni, Sukarniati, Lestari

Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi Vol 16 No 1 (2018): Volume 16, Nomor 1, April 2018
Publisher : Universitas Muhammadiyah Magelang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (747.308 KB)

Abstract

Peneltian ini bertujuan untuk menganalisis determinan ketahanan pangan rumah tangga miskin di Desa Kenteng, Ponjong, Gunung Kidul. Faktor yang diamati meliputi status perkawinan (X1), pendapatan (X2), Jenis kelamin kepala rumah tangga (X3), jenis pekerjaan ( X4), Umur kepala keluarga (X5) dan jumlah anggota keluarga (X6). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan alat analisis regresi logistic. Jumlah populasi penelitian ini sebanyak 415 keluarga miskin sedangkan sampelnya sebanyak 81 rumah tangga. Data yang diolah adalah data primer yang diperoleh dari hasil wawancara menggunakan panduan questioner.Hasil penelitian menunjukkan bahwa status perkawinan,pendapatan dan umur kepala keluarga berpengaruh positif terhadap ketahanan pangan sedang jumlah anggota keluarga berpengaruh negative. Variable jenis kelamin dan pekerjaan tidak berpengaruh terhadap ketahanan pangan keluarga miskin di desa Kenteng, Ponjong, Gunung Kidul.

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NILAI PERUSAHAAN

Kholis, Nur Kholis, Sumarmawati, Eka Dewi, Mutmainah, Hestin Mutmainah

Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi Vol 16 No 1 (2018): Volume 16, Nomor 1, April 2018
Publisher : Universitas Muhammadiyah Magelang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (895.41 KB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahuai faktor-faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan yaitu Return On Assets (ROA), Debt to Equity (DER), dan Earning Per Share (EPS) terhadap nilai perusahaan agrikultur. Jenis penelitian data kuantitatif. Data yang digunakan merupakan data skunder. Pengumpulan data dengan teknikdokumentasi dan studi pustaka yang terdapat pada Bursa Efek Indonesia. Obyek penelitian yaitu seluruh perusahaan agrikultur yang terdaftar di BEI, sedangkan sampel yang digunakan 19 perusahaan agrikultur. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan teknik regresi berganda (multiple regression). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa secara parsial Return On Assets (ROA) dan Earning Per Share (EPS) berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan agrikultur, sedangkan Debt to Equity (DER) tidak berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan agrikultur.

GOOD CORPORATE GOVERNANCE, RISIKO BISNIS DAN KINERJA KEUANGAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN

Susilo, Anindito, Sulastri, Sulastri, Isnurhadi, Isnurhadi

Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi Vol 16 No 1 (2018): Volume 16, Nomor 1, April 2018
Publisher : Universitas Muhammadiyah Magelang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (624.721 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Good Corporate Governance (GCG), Risiko Bisnis dan Kinerja keuangan terhadap nilai perusahaan. Sampel penelitian ini adalah perusahaan yang termasuk dalam daftar saham index LQ45 pada periode 2014,2015 dan 2016. Penelitian ini menggunakan data sekunder yaitu data laporan tahunan perusahaan dengan jumlah sampel adalah 101 yang melibatkan 34 perusahaan. Teknik analisis pada penelitian ini menggunakan teknik Struktural Equation Modeling (SEM). Hasil perhitungan menunjukkan bahwa GCG tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan dan risiko bisnis memililki pengaruh terhadap kinerja keuangan. Hubungan variabel yang lain menyatakan bahwa GCG tidak berpengaruh terhadap peningkatan nilai perusahaan, kinerja keuangan memiliki dampak positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. GCG tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan menunjukkan bahwa indikator yang digunakan yaitu insentif eksekutif ukuran direksi dan jumlah komisaris independen tidak memberikan sinyal kepada investor untuk menaikan nilai sahamnya.

MODEL PENGEMBANGAN KAMPUNG ORGANIK DALAM PENGELOLAAN SAMPAH PERKOTAAN DAN PENINGKATAN KETAHANAN PANGAN LOKAL DI KOTA MAGELANG

Arifin, Mohamad Zaenal

Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi Vol 16 No 1 (2018): Volume 16, Nomor 1, April 2018
Publisher : Universitas Muhammadiyah Magelang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (956.277 KB)

Abstract

Permasalahan klasik dari suatu wilayah perkotaan adalah persampahan dan ketahanan pangan. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan model kampung organik sebagai solusi atas permasalahan diatas. Penelitian ini dilakukan di Kampung Organik ‚??Legok Makmur‚?Ě Kota Magelang dengan metode observasi dan wawancara untuk mendapatkan data primer, sedangkan data sekunder diperoleh dari berbagai instansi teknis terkait sebagai data pendukung. Kedua jenis data ini kemudian dianalisa secara kualitatif untuk mendeskripsikan hasil penelitian. Capaian dari penelitian ini adalah berupa model pengembangan kampung organik yang ideal yang meliputi konsep dasar, perencanaan dan implementasinya. Dalam hal konsep dasar, kampung organik mencakup 2 (dua) konsep sekaligus, yaitu pengelolaan sampah 3R dan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL). Adapun dalam hal perencanaan kampung organik meliputi 6 (enam) tahapan yaitu : 1) pembentukan paguyuban, (2) identifikasi kebutuhan, (3) penyusunan rencana kegiatan, (4) pelatihan, (5) penyiapan lokasi (6) konsep penataan lingkungan. Sedangkan implementasi kampung organik dapat berbeda-beda dalam hal detail kegiatannya. Peneltian ini penting untuk dilakukan agar hasilnya dapat digunakan sebagai acuan kebijakan dalam pengelolaan sampah kota dan peningkatan ketahanan pangan lokal.

ANALISIS PEMAHAMAN PERMENDESA NO. 4 TAHUN 2015 DAN PEMANFAATAN SISTEM INFORMASI PADA AKUNTABILITAS PENGELOLAAN BUMDES

Pramita, Yulinda Devi

Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi Vol 16 No 1 (2018): Volume 16, Nomor 1, April 2018
Publisher : Universitas Muhammadiyah Magelang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (520.176 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menguji secara empiris pengaruh pemahaman Permendesa No. 4 tahun 2015 dan Pemanfaatan Sistem Informasi pada Akuntabilitas Pengelolaan BUMDes pada BUMDes di Kabupaten Magelang. Tujuan jangka panjang penelitian ini adalah terimplementasikannya pengelolaan BUMDes yang akuntabel sehingga dapat menggerakkan sektor perekonomian desa sehingga dapat mengurangi tingkat kemiskinan dan menambah PADesa. Beberapa target khusus penelitian adalah pengembangan BUMDes, tata kelola BUMDes, pemahaman Permendesa No. 4 tahun 2015, pentingnya pemanfaatan sistem informasi BUMDes. Untuk mencapai tujuan dan target khusus tersebut digunakan metode penelitian kuantitatif. Diharapkan dari metode tersebut dapat menghasilkan hasil penelitian yang dapat digeneralisasikan pada akuntabilitas pengelolaan BUMDes. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengelola BUMDes yang terdapat di Kabupaten Magelang. BUMDes di Kabupaten Magelang termasuk BUMDes dalam kategori sedang berkembang sehingga penting untuk mengetahui pemahaman terkait Permendesa No. 4 tahun 2015 dan pentingnya sistem informasi akuntansi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman pengelola BUMDes terkait Permendesa No. 4 tahun 2015 dan pemanfaatan sistem informasi akuntansi berpengaruh positif signifikan terhadap akuntabilitas pengelolaan BUMDes di Kabupaten Magelang. Luaran penelitian diharapkan dapat berkontribusi pada penelitian selanjutnya terkait pengembangan BUMDes sebagai penggerak ekonomi masyarakat desa.

Faktor-Faktor yang Memengaruhi Mahasiswa Akuntansi dalam Pemilihan Karir sebagai Akuntan Publik

Dewayani, Mega Arista, Chasanah, Chuswatun

Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi Vol 15 No 2 (2017): Volume 15, Nomor 2, Oktober 2017
Publisher : Universitas Muhammadiyah Magelang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (319.836 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji gender, penghargaan fi nansial, pelatihan profesional,pengakuan profesional, lingkungan kerja, nilai-nilai sosial, pertimbangan pasar kerja dan personalitasterhadap minat maahsiswa akuntansi dalam pemilihan karir sebagai akuntan publik. Melalui metodeteknik quota sampiling yaitu sejumlah 100 mahasiswa akuntansi Universitas Muhammadiyah Magelangyang mengisi kuesioner penelitian. Penelitian ini menggunakan pengolahan dta SPSS 21, dengan mengujiregresi, pengujian hipotesis menggunakan uji t, uji F dan uji R square dimana disimpulkan H2, H3, H5,dan H7 diterima , sedangkan H1,H4, H6 dan H8 tidak diterima. Hasil uji F adalah bahwa penelitian initelah fi t yang menunjukkan nilai lebih dari F tabel yaitu 2,04 . Hasil pengujian menunjukkan bahwavariabel independen mampu menjelaskan variabel dependen sebesar 63,5% sedangkan sisanya 36,5 %dijelaskan oleh vaiabel lain di luar model penelitian ini.

Issues
All Issue Vol 16 No 1 (2018): Volume 16, Nomor 1, April 2018 Vol 15 No 2 (2017): Volume 15, Nomor 2, Oktober 2017 Vol 15 No 1 (2017): Volume 15, Nomor 1, April 2017 Vol 14 No 2 (2016): Volume 14, Nomor 2, Oktober 2016 Vol 14 No 1 (2016): Volume 14, Nomor 1, April 2016 Vol 13 No 2 (2015): Volume 13, Nomor 2, Oktober 2015 Vol 13 No 1 (2015): Volume 13, Nomor 1, April 2015 Vol 12 No 2 (2014): Volume 12, Nomor 2, Oktober 2014 Vol 12 No 1 (2014): Volume 12, Nomor 1, April 2014 Vol 11 No 2 (2013): Volume 11, Nomor 2, Oktober 2013 Vol 11 No 1 (2013): Volume 11, Nomor 1, April 2013 Vol 10 No 2 (2012): Volume 10, Nomor 2, Oktober 2012 Vol 10 No 1 (2012): Volume 10, Nomor 1, April 2012 Vol 9 No 2 (2011): Volume 9, Nomor 2, Oktober 2011 Vol 9 No 1 (2011): Volume 9, Nomor 1, April 2011 Vol 8 No 2 (2010): Volume 8, Nomor 2, Oktober 2010 Vol 8 No 1 (2010): Volume 8, Nomor 1, April 2010 Vol 7 No 2 (2009): Volume 7, Nomor 2, Oktober 2009 Vol 7 No 1 (2009): Volume 7, Nomor 1, April 2009 Vol 6 No 2 (2008): Volume 6, Nomor 2, Oktober 2008 Vol 6 No 1 (2008): Volume 6, Nomor 1, April 2008 Vol 5 No 2 (2007): Volume 5, Nomor 2, Oktober 2007 Vol 5 No 1 (2007): Volume 5, Nomor 1, April 2007 Vol 4 No 2 (2006): Volume 4, Nomor 2, Oktober 2006 Vol 4 No 1 (2006): Volume 4, Nomor 1, April 2006 Vol 3 No 2 (2005): Volume 3, Nomor 2, Oktober 2005 Vol 3 No 1 (2005): Volume 3, Nomor 1, April 2005 Vol 2 No 2 (2004): Volume 2, Nomor 2, Oktober 2004 Vol 2 No 1 (2004): Volume 2, Nomor 1, April 2004 Vol 1 No 1 (2003): Volume 1, Nomor 1, Oktober 2003