cover
Filter by Year
Tarbiyatuna
Journal Tarbiyatuna contains scientific articles and research results in the field of Islamic education include; Islamic Education Thought, Islamic Education Management, Islamic Education Policy, Issues of Islamic Education, Islamic Education Philosophy, Basic Islamic Education, Islamic Religious Education, and Islamic Education Curriculum. This journal is published twice a year, June and December.
Articles
59
Articles
​
Pengembangan dan Implementasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam di SDN Demangan Yogyakarta

Hidayat, Ahmad Wahyu

Tarbiyatuna Vol 9 No 2 (2018)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Magelang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam (PAI) adalah suatu kegiatan menghasilkan kurikulum PAI atau proses yang mengaitkan satu komponen dengan yang lainnya untuk menghasilkan kurikulum PAI yang lebih baik dan kegiatan penyusunan (desain) pelaksanaan penilaian dan penyempurnaan kurikulum PAI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengembangan dan Implementasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di SDN Demangan Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukan bahwa pengembangan kurikulum PAI dikembangkan dengan menciptakan suasana keberagaman untuk lebih memaksimalkan proses internalisasi nilai-nilai karakter dan agama kepada peserta didik. Beberapa kegiatan diciptakan di luar kurikulum tertulis untuk mendukung keberhasilan pembelajaran PAI seperti: kegiatan TPA. Dalam mengimplementasikan kurikulum PAI di SDN Demangan Yogyakarta, guru PAI tidak sepenuhnya lancar. Hal ini terlihat dari guru masih menggunakan metode konvensional yang digunakan pada mata pelajaran PAI dan guru masih kebingungan dengan kurikulum K 2013 revisi 2016, karna kenyataan kurikulum 2013 terlalu tinggi bahan materinya tidak sesuai dengan kemampuan anak-anak pada umumnya akibatnya banyak siswa kesulitan dalam belajar.  

Epistemologi Kebudayaan Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Islam

Iman, Muis

Tarbiyatuna Vol 9 No 2 (2018)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Magelang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Kebudayaan manusia akan terus berkembang seiring dengan kemajuan zaman begitu pula dengan teori kebudayaan inipun juga sangat mungkin mengalami perkembangan. Dalam penelitian literature ini yang akan diteliti adalah teori kebudayaan dan implikasinya terhadap pendidikan Islam.  Adapun tujuan penelitian ini adalah pengembangan terhadap pendidikan Islam yang lebih berorientasi pada teistik dan lebih memberikan makna dalam terapan kontekstualnya. Secara metodologis peneliti berusaha menemukan dan memperoleh informasi yang relevan terhadap pemecahan permasalahan. Peneliti menggunakan metode penentuan data dari sumber-sumber yang secara sistematis dapat direduksi. Untuk menjaga kredibilitas  dan obyektivitas data maka data riset kepustakaan dipilih yang memadai untuk memecahkan persoalan yang menjadi fokus kajian. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kebudayaan akan terus mempengaruhi dunia pendidikan dan pendidikan akan menciptakan kebudayaan baru. Disinilah peran pendidikan Islam menjadi sangat penting yaitu menciptakan suasana kebudayaan yang demokratis tetapi Islami, mengarahkan kebudayaan baru kepada hal-hal yang bersifat positif  dan mensejahterakan umat manusia.

Menggagas Filsafat Pendidikan Perempuan

Hidayati, Istania Widayati

Tarbiyatuna Vol 9 No 2 (2018)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Magelang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Dahulu perempuan menjadi musuh kebebasan. Seiring pergeseran zaman dan bergantinya ideologi, negara memberi kesempatan dan legitimasi kepada kaum perempuan untuk sepenuhnya bergiat di berbagai sektor. Lahirlah peran ganda, sebuah konsep yang menggambarkan ideologi gender yang dipakai negara, yakni perluasan peran perempuan dari hanya berorientasi rumah tangga dan keluarga (tradisional) ke bidang lain di luar rumah tangga (modern) yang memberi sumbangan besar pada ekonomi keluarga dan negara tanpa harus menanggalkan peran alamiah sebagai istri dan ibu. Sayangnya, kemajuan dan kebebasan yang diberikan kepada perempuan tidak berakibat banyak terhadap perbaikan dan kesejahteraan bangsa. Kasus perkosaan, anak putus sekolah, pembuangan anak dan bunuh diri masih saja mewarnai hari-hari. Bila mengerucut pada problem yang ada, hal ini berawal dari tidak tegasnya pendidikan bagi perempuan. Seruan untuk bersaing dengan pria membuat tanggung jawab hakiki perempuan menjadi bias. Maka sudah selayaknya gagasan tentang Filsafat Pendidikan Perempuan perlu dimunculkan. Filsafat Pendidikan Perempuan diperlukan sebagai asas pendidikan fundamental dalam ‘membentuk’ perempuan. Hal yang perlu di tekankan adalah optimalisasi potensi perempuan, karena setiap orang memiliki filsafat hidup yang dijalankan setiap hari. Filsafat Pendidikan Perempuan yang dimaksud berusaha menggali hakikat perempuan yang sebenarnya dan memposisikan perempuan pada tempat yang seharusnya.

Upaya Lembaga Pengkajian, Pendalaman, dan Pengamalan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan Dalam Meningkatkan Pengamalan Al-Islam di Universitas Muhammadiyah Purworejo

Herdiana, Iyus

Tarbiyatuna Vol 9 No 2 (2018)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Magelang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Universitas Muhammadiyah Purworejo adalah merupakan perguruan tinggi Islam  di bawah organisasi Muhammadiyah. Salah satu tujuan dari perguruan tinngi ini adalah terwujudnya sivitas akademika yang berperilaku  Islami  sesuai dengan  pemahaman  Muhammadiyah dan menghasilkan lulusan yang cerdas, profesioanal, mandiri, dan kompetitif. Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) Untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh Lembaga Pengkajian Pendalaman dan Pengamalan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (LP3AK) Universitas Muhammadiyah Purworejo dalam peningkatan pengamalan Al Islam ; (2) Untuk mengetahui hasil yang dilakukan oleh Lembaga Pengkajian Pendalaman dan Pengamalan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (LP3AK) Universitas Muhammadiyah Purworejo dalam peningkatan pengamalan Al Islam. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa strategi lembaga pengkajian, pendalaman, dan pengamalan al-Islam dan Kemuhammadiyahan dalam meningkatkan pengamalan al-Islam di Universitas Muhammadiyah Purworejo  dilakukan dengan 3 cara yaitu :  pertama  melaksanakan kompetensi wajib bidang pembinaan al-Islam dan Kemuhammdiyahan baik dibidang teori maupun dibidang praktek, kedua melaksanakan kompetensi tambahan bidang pembinaan al-Islam dan Kemuhammadiyahan yaitu bidang pengembangan yang meliputi pengembangan bahasa Arab, pengembangan pemikiran Islam dan pengembangan al-Qur’an. Ketiga  melaksanakan penilaian pengamalan al-Islam melalui buku kendali laporan pengamalan AIK.  Hasil dari penelitian  terhadap upaya  yang dilakukan LP3AK untuk meningkatkan pengamalan al-Islam di Universitas  Muhammadiyah Purworejo  sudah berjalan dengan baik dengan hasil   yang baik pula, ini bisa dilihat dari terlaksananya 3 (tiga) upaya tersebut diatas dalam laporan pengamalan al-Islam dan Kemuhammadiyahan yang dilaksanakan setiap semesternya.

Internalisasi Life Skills Dalam Pembelajaran: Studi Atas Penguatan Pendidikan Karakter di MIN 1 Kota Madiun

Umamah, Zuhrotun

Tarbiyatuna Vol 9 No 2 (2018)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Magelang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Artikel ini menegaskan pentingnya penguatan pendidikan karakter melalui internalisasi life skills dalam pembelajaran. Pendidikan life skills merupakan pendidikan yang orientasi dasarnya membekali ketrampilan peserta didik yang menyangkut aspek pengetahuan, sikap yang didalamnya termasuk fisik dan mental, serta kecakapan kejuruan yang berkaitan dengan pengembangan akhlak peserta didik sehingga mampu menghadapi tuntutan dan tantangan hidup dalam kehidupan. Berbagai problema yang dialami MI terutama dalam pola pendidikan yang  mengintegrasikan secara proposional pendidikan agama dan umum menuntut peran strategis dalam mendesain pola dan mekanisme pembelajaran yang kontekstual dan berkemajuan. Karena itulah peran penting madrasah adalah mewujudkan sebuah generasi yang mempunyai karakter life skills yang tinggi, yaitu  generasi ulul albab  dalam menyiapkan Indonesia emas 2045.

Evaluasi Kurikulum Al Islam Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab Berbasis Integratif-Holistic di SMA Muhammadiyah 1 Muntilan

Huda, Achmat Nurur

Tarbiyatuna Vol 9 No 2 (2018)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Magelang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan, implementasi dan evaluasi kurikulum Al Islam, Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab di SMA Muhammadiyah 1 Muntilan dalam bentuk evaluasi program yang meliputi evaluasi konteks, evaluasi input, evaluasi proses dan evaluasi produk, dengan model evaluasi program yang dikembangkan oleh Stufflebeam. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi-kualitatif dengan model evaluasi context, input, process and product (CIPP) dari Stuflebeam. Lokasi penelitian dilakukan di  SMA Muhammadiyah 1 Muntilan. Data diperoleh dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian data di analisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data dan mengambil keputusan kemudian diverifikasi. Uji keabsahanan data dalam penelitian ini meliputi uji credibility (valditas internal), transferability (validitas eksternal), dependability (reliabilitas) dan confirmability (objektivitas). Hasil dari penelitian ini adalah: 1. Perencanaan kurikulum Al Islam Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab di SMA Muhammadiyah 1 Muntilan di awali dengan pembentukan Tim Pengembang Kurikulum (TPK), kemudian TPK mengembangkan kurikulum Al Islam Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab yang ditetapkan oleh Majlis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Pusat Muhammadiyah. 2. Implementasi kurikulum Al Islam Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab di SMA Muhammadiyah 1 Muntilan dilaksanakan dalam bentuk sistem paket sebagai mata pelajaran yang berdiri sendiri, terintegrasi dengan mata pelajaran lain dan dalam bentuk ekstrakurikuler dan pembiasaan. 3. Hasil evaluasi kurikulum Al Islam Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab dengan model CIPP menunjukkan, a. Dari aspek context sudah sesuai dengan yang diharapkan. b. Dari aspek input menunjukkan bahwa input sudah baik, hanya catatan dalam jumlah rombongan belajar yang belum mencapai target. c. Dari aspek proses pelaksanaan kurikulum Al Islam Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab di SMA Muhammadiyah 1 Muntilan sudah sesuai arahan Majlis Dikdamen dengan memperhatikan basis kurikulum integratif-holistik yang meliputi kesatuan isi kurikulum, pengembangan potensi siswa, memadukan pengetahuan dan amal, melibatkan berbagai pihak dan mengembangkan budaya sekolah yang berdasar nilai-nilai keislaman  dan, d. Dari aspek produk termasuk kategori baik, meskipun ada perbedaan capaian dari masing-masing mata pelajaran Al Islam Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab.

Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Kelas Terhadap Hasil Belajar IPA di MI Muhammadiyah Kalibanger Kabupaten Temanggung

Purnamawanti, Cahyaning, Suliswiyadi, Suliswiyadi, Nugroho, Irham

Tarbiyatuna Vol 9 No 1 (2018): Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Universitas Muhammadiyah Magelang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (48.057 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru kelas terhadap hasil belajar IPA di MI Muhammadiyah Kalibanger Kabupaten Temanggung. Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MI Muhammadiyah Kalibanger Kabupaten Temanggung yang berjumlah 218 siswa. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI MI Muhammadiyah Kalibanger Kabupaten Temanggung yang berjumlah 34 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket dan dokumentasi yang digunakan untuk mengetahui variabel kompetensi pedagogik guru kelas dan hasil belajar IPA. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis korelasi product moment dengan menggunakan bantuan SPSS for windows versi 20.0. Hasil analisis diskriptif dari penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru kelas dalam kategori baik, mencapai 52,95%. hasil belajar IPA dalam kategori baik, mencapai 55,88%. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji korelasi product moment diperoleh nilai koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,619, berdasarkan rumus df=N-nr=34-2=32 diketahui r tabel pada taraf signifikansi 5% yaitu 0,349 dan r tabel pada taraf signifikan 1% yaitu 0,449, maka rxy sebesar 0,619 tersebut lebih besar apabila dibangdingkan dengan r tabel pada taraf signifikansi 5% maupun pada taraf signifikansi 1%. Dengan demikian Ha yang diajukan diterima, sedangkan Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa ada korelasi positif antara kompetensi pedagogik guru kelas dengan hasil belajar IPA siswa kelas VI MI Muhammadiyah Kalibanger.

Resepsi Estetik Pada Lukisan Kaligrafi Sakban Yadi

Akbar Pahala, Agam

Tarbiyatuna Vol 9 No 1 (2018): Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Universitas Muhammadiyah Magelang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (735.988 KB)

Abstract

Al-Qurâ??an hadir untuk merespon setiap kondisi dan situasi berbagai masalah, salah satunya adalah respon terhadap aspek keindahan, reaksi ini muncul baik dari aspek tulisan, aspek bacaan, maupun aspek bunyi. Berbagai macam ragam respon yang muncul berdasarkan pemahaman dan keahlian yang dimiliki setiap manusia baik dengan cara melihat atau mendengar. Bagi Sakban Yadi makna merupakan bagian yang terpenting dari suatu proses pembacaan guna melahirkan suatu interaksi dan tafsiran diantara manusia dan Al-Qurâ??an itu sendiri. Tanpa adanya pembaca dan penafsir dari Al-Qurâ??an itu sendiri teks tidak akan mampu berbicara mengenai dirinya sendiri. Penelitian ini dimaksudkan guna menjelaskan bagaimana proses interaksi antara Sakban Yadi dengan Al-Qurâ??an itu sendiri di dalam membangun makna dan kemudian memvisualisasikan kedalam bentuk karya seni lukis kaligrafi. Peneliti berasumsi bahwa karya kaligrafi Sakban Yadi memiliki relevansi antara prespektif Sakban Yadi sebagai seorang muslim yang sekaligus sebagai seorang seniman yang melibatkan pada proses pemahamannya terhadap isi kandungan Al-Qurâ??an. Peneliti disini ingin mendiskripsikan bagaimana pola dan proses berfikir Sakban Yadi dalam membaca teks Al-Qurâ??an dan kemudian mengaktualisasikannya kedalam bentuk karya seni lukis kaligrafi Al-Qurâ??an.

Manajemen Pengembangan MGMP Bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

Chabib, Abdul

Tarbiyatuna Vol 9 No 1 (2018): Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Universitas Muhammadiyah Magelang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (409.681 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini  yaitu untuk mendapatkan gambaran secara umum tentang manajemen pengembangan MGMP bahasa Arab MTs Propinsi DIY terkait dengan pengembangan organisasi, kegiatan dan program, sumber daya manusia, sarana prasarana, pembiayaan, pengelolaan, serta pemantauan dan evaluasi. Kemudian apa saja yang menjadi problematika dalam pengembangan MGMP, serta langkah-langkah apa yang telah dilakukan oleh para pengurus MGMP bahasa Arab MTs Propinsi DIY. Teori yang digunakan dalam pisau analis tersebut yaitu; teori manajemen SDM, teori pengembangan SDM, pengembangan Organisasi,pemecahan masalah, dan pedoman standar MGMP bahasa Arab MTs. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus, dan mengambil subjek penelitian di MGMP Propinsi DIY. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, observasi dan wawancara. Adapun analisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan, menyajikan, mereduksi, dan menarik kesimpulan dari pengembangan MGMP bahasa Arab MTs Propinsi DIY . Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa :MGMP bahasa Arab MTs Propinsi DIY sudah memiliki struktur organisasi yang mandiri, sehingga berdampak pada pengembangan program dan kegiatan, SDM, pembiayaan, pengelolaan dan pemantauan serta evaluasi., dengan harapan MGMP bisa menaungi semua kebutuhan guru bahasa Arab, sehingga peran seorang guru bisa dirasakan dan bisa mempengarui pembelajaran pendidikan bahasa Arab yang ada dilingkungan sekolah nya masing-masing di semua MTs dilingkungan KemenagPropinsi DIY

Pembentukan Karakter Melalui Pembudayaan Agama

Fajar Isbakhi, Ari

Tarbiyatuna Vol 9 No 1 (2018): Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Universitas Muhammadiyah Magelang

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (150.323 KB)

Abstract

Kemajuan suatu bangsa sangat tergantung kepada karakter seseorang, hal itu perlu diperhatikan secara komprehensif baik oleh keluarga,guru maupun masyarakat yang tinggal disuatu tempat. Maka dari itu penulis memaparkan pembudayaan agama dalam pembentukan karakter siswa yang bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk pembudayaan agama dan sekaligus mengetahui faktor pendukung serta penghambat dalam menerapkan pembudayaan agama di sekolah. Karena pembudayaan atau pembiasaan agama sangat  penting pengaruhnya dalam pembentukan karakter siswa, salah satunya siswa menjadi lebih disiplin dalam segala kegiatan,terutama dalam hal Ibadah, disiplin ilmu dan lain sebagainya. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian field research yang bersifat kualitatif. Hasil dari penelitian ini mampu memotivasi para guru dalam memberikan perhatian kepada siswa untuk lebih mengenal akan Tuhannya dan sekaligus membiasakan siswa untuk berprilaku sesuai dengan ajaran Agama.