Al-'Adl
ISSN : 19794916     EISSN : 26155540
Jurnal Al-'Adl merupakan Jurnal Ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Syariah IAIN Kendari. Al-'Adl secara spesifik mempublikasikan tulisan ilmiah baik naskah ilmiah maupun hasil penelitian yang berorientasi pada masalah hukum Islam dan pranata sosial serta kajian keislaman lainnya.
Articles 10 Documents
Search results for , issue " Vol 7, No 2 (2014): Al-Adl" : 10 Documents clear
PRAKTEK MONOPOLI DAN PERSAINGAN USAHA Malaka, Mashur
Al-Adl Vol 7, No 2 (2014): Al-Adl
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (217.736 KB)

Abstract

AbstrakPasar Monopoli merupakan suatu bentuk pasar dimana hanya terdapat satu produsen yangmenguasai pasar. Dengan kata lain satu penjual menguasai segala jenis penawaran.Seseorang yang menguasai pasar monopoli disebut monopolois. Persaingan usaha dapatmenguntungkan konsumen dalam mendapatkan kualitas layanan yang lebih baik.Perusahaan tidak dapat mengalahkan pesaing hanya karena harga tapi layanan berkualitasjuga merupakan fokus utama dalam mempertahankan pelanggan. Kondisi ideal dalampasar adalah apabila penjual dan pembeli mempunyai informasi yang sama tentang barangyang akan di perjual belikan. Apabila salah satu pihak tidak mempunyai informasi sepertiyang di miliki oleh pihak lain maka salah satu pihak akan merasa di rugikan dan terjadikecurangan atau penipuan. Disaat konsumen mengalami kesulitan dalam menilai mutuproduk-produk yang ditawarkan dalam rangka memenuhi kebutuhan dan keinginannya ,maka harga akan menjadi suatu acuan atau ukuran.Kata kunci: praktek, monopoli, persaingan usaha, pasar, bisnis.
QISAS DALAM AL-QURAN: KAJIAN FIQIH JINAYAH DALAM KASUS PEMBUNUHAN DISENGAJA Bunyamin, Bunyamin
Al-Adl Vol 7, No 2 (2014): Al-Adl
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (341.661 KB)

Abstract

AbstrakArtikel ini mengkaji salah satu muatan al-Qur’an yang berkenaan sanksi pembunuhansengaja. Dalam kajian hukum pidana Islam (fikih jinayah), sanksi pembunuhan sengajatermasuk bagian dari kisas (al-qiṣāṣ), yakni pembalasan hukum yang setimpal terhadapkorban. Eksistensi kisas dalam al-Qur’an bertujuan untuk menciptakan keadilan sosial,sekaligus melindungi hak hidup masyarakat dari kejahatan brutal yang terkadangdilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu, setiapindividu, diharapkan hidup untuk melanjutkan kehidupan jenis manusia secarakeseluruhan.Kata kunci: qisas, fikih, jinayah, pembunuhan, keadilan, sanksi.
PERANAN HUKUM SEBAGAI SOCIAL CONTROL, SOCIAL ENGINEERING DAN SOCIAL WELFARE Diab, Ashadi L.
Al-Adl Vol 7, No 2 (2014): Al-Adl
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (245 KB)

Abstract

ABSTRAKHukum sebagai sosial kontrol, sosial engineering dan soasial welfare Berperan aktif sebagaisesuatu yang dapat menetapkan tingkah laku manusia yang menyimpang terhadap aturanhukum. Sehingga hukum dapat memberikan sanksi atau tindakan terhadap si pelanggar.Dalam proses perubahan masyaraka di manapun senantiasa terjadi, apalagi dalam kondisikemajuan yang menuntut perlunya perubahan-perubahan yang relatif cepat danmemperlancar proses interaksi sosial sehingga terwujudlah masyarakat yang harmonis,aman dan sejahtera (baldatun toyyibatun warabbun ghafur). Hukum bisa berjalan dengan baikdiperlukan adanya sosialisasi terhadap hukum dan harus ditegakkan seadil-adilnya. karenahal tersebut menyebabkan masyarakat seringkali main hakim sendiri dalam menyelesaikankasus-kasus yang dihadapinya sehingg perlu kiranya mengembalikan kepercayaanmasyarakat terhadap pemerintah dan penegakan hukum.Kata kunci: Peranan, Hukum, social control, engineering, welfare
MENGGALI POTENSI JIWA KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA PTAIN DI SUMATERA BARAT Harfandi, Harfandi
Al-Adl Vol 7, No 2 (2014): Al-Adl
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (229.28 KB)

Abstract

AbstrakPotensi interprenership mahasiswa perguruan tinggi negeri di Sumatera Baratmenunjukkan bahwa potensi tersebut mencapai kategori menengah bahkan cenderungnaik. Sebagian karakter enterprenership yang kuat (berdasarkan persepsi mahasiswa)merupakan karakter kerja keras, penampilan baik, keimanan, kemampuan mengambilkeputusan, kemauan meningkatkan pengetahuan, ambisi maju, komunikatif, berkomitmenkerja, bertanggung jawab, ketertarikan terhadap enterprenership, kesempatan meraih citacitamasa depan, semangat, motivasi menjadi unggul, memiliki orientasi masa depan, danmau belajar dari kegagalan. Namun sebagian karakter yang tidak kuat adalah kemampuanbekerja sama dalam tim, mau cepat menerima hasil, kreatif, leluasa, kemampuanmemimpin, dan toleransi.Kata kunci: potensi, entrepreneurship, mahasiswa, PTAIN, Sumatera Barat
RIBA DAN BUNGA BANK DALAM ISLAM (Analisis Hukum dan Dampaknya Terhadap Perekonomian Umat) Kalsum, Ummi
Al-Adl Vol 7, No 2 (2014): Al-Adl
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (197.651 KB)

Abstract

AbstrakArtikel ini menjelaskan tentang permasalahan riba dari segi hukum dan penafsirannyaserta bunga bank dari tinjauan hukum Islam serta menganalisis dampaknya terhadapperekonomian, baik yang dikemukan oleh para pakar hukum Islam, mufassirin dan paraekonom muslim. Ada perbedaan pendapat di antara fuqaha dalam memandang hukumbunga bank dan analisa para pakar terhadap dampaknya yang ditimbulkannya dalamperekonomian umat baik secara mikro maupun makro. Pertama, pendapat jumhur ulamaberpendapat bahwa bunga bank tidak boleh (haram) sementara, kedua, sebagian ulamadiantaranya Abdullah Yusuf Ali dan Muhammad Asad berpendapat bahwa bunga yangdiharamkan adalah riba yang berlipat ganda (tidak wajar), sementara bunga yang tidakberlipat ganda boleh, termasuk dalam kategori ini bunga bank yang dipraktekkan padasaat ini. Perbedaan pendapat ini dilatarbelakangi adanya perbedaan penafsiran mufassirinterhadap ayat-ayat tentang riba. Pengharaman riba (usurios) dalam Islam berdasarkanpertimbangan-pertimbangan moral dan kemanusiaan sebab esensi pelarangan riba adalahpenghapusan segala bentuk praktik ekonomi yang menimbulkan kezaliman danketidakadilan. Dan dampak bunga terhadap perekomian akan menyebabkanterhambatnya pertumbuhan ekonomi. Metode penulisan artikel ini berdasarkan kajianpustaka dengan melakukan review secara mendalam terhadap buku-buku, tafsir dantulisan-tulisan tentang bunga bank, riba dan yang berkaitan dengannya. Tujuanpenulisan ini adalah untuk mengetahui tafsiran riba dan pendapat-pendapat ulamadalam memandang hukum bunga bank serta untuk menganalisis dampak negatif yangditimbulkan sistem bunga terhadap perekonomian.
PERIKATAN (ILTIZAM) DALAM HUKUM BARAT DAN ISLAM Rohmah, Umi
Al-Adl Vol 7, No 2 (2014): Al-Adl
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (188.35 KB)

Abstract

AbstrakKajian hukum bisnis atau ekonomi Islam memiliki tantangan dalam pengembangan hukumperikatan (iltizam) karena berbagai lembaga ekonomi dan keuangan Islam berkembangdengan pesat baik di Indonesia dan negara-negara berkembang maupun di negara-negaramaju di Barat. Kajian-kajian terkait perikatan perlu kajian perbandingan, termasuk diantaranya antara hukum perikatan Islam dan Barat. Selain itu, kajian hukum perikatanIslam perlu formalisasi dalam kerangka hukum perikatan nasional dan internasional.Kata kunci: iltizam, perjanjian, hukum barat, hukum Islam.
PENGEMBANGAN HUKUM PERWAKAFAN DI INDONESIA Asni, Asni
Al-Adl Vol 7, No 2 (2014): Al-Adl
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (242.542 KB)

Abstract

AbstrakKajian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya posisi wakaf sebagai institusi hukum Islamyang cukup prospektif untuk menyelesaikan masalah-masalah sosial masyarakat muslim diIndonesia. Kajian ini menyorot upaya-upaya pembaruan hukum wakaf di Indonesiasebagai respon terhadap perkembangan zaman. Upaya-upaya tersebut meliputi pengaturanyang bersifat administratif berupa pencatatan dan sertifikasi tanah wakaf maupunpengembangan objek wakaf berupa wakaf uang dan surat-surat berharga lainnya sertapengembangan dalam pengelolaan asset wakaf. Pengembangan-pengembangan tersebutsecara metodologis didasarkan pada asas kemanfaatan, dalam rangka mewujudkankemaslahatan sebagai tujuan pokok hukum Islam.Kata Kunci: Institusi Wakaf, Pengembangan Hukum, Kemaslahatan.
HUKUM ACARA PENGUJIAN UNDANG-UNDANG DI MAHKAMAH KONSTITUSI Sakkirang, Sriwaty
Al-Adl Vol 7, No 2 (2014): Al-Adl
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (198.739 KB)

Abstract

AbstrakTulisan ini mengkaji bahwa dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun2003 tentang Mahkamah Konstitusi adalah sebagai salah satu pelaku kekuasaan kehakimanyang mempunyai peranan penting` dalam usaha menegakkan konstitusi dan prinsipNegara hukum sesuai dengan tugas dan wewenangnya sebagaimana ditentukan dalamUndang-undang dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945. Hukum Acara PengujianUndang-Undang di Mahkamah Konstitusi yang wajib memeriksa, mengadili, dan memutusdengan seadil-adilnya terhadap pendapat Dewan Perwakilan Rakyat tersebut paling lamasembilan puluh hari setelah permintaan Dewan Perwakilan Rakyat itu diterima olehMahkamah KonstitusiKata kunci: Hukum Acara, Pengujian Undang-Undang di Mahkamah Konstitusi.
POTRET PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA Rozalinda, Rozalinda
Al-Adl Vol 7, No 2 (2014): Al-Adl
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (299.747 KB)

Abstract

AbstrakTahun 2012, aset perbankan syariah tumbuh sekitar 37%. Namun, berbagai persoalan masihmenjadi kendala perkembangan ekonomi Islam dan lembaga keuangan Islam di Indonesia.Bank Indonesia dalam membuat regulasi tidak memperhatikan karakteristik khas banksyariah. Manajemen bank syariah masih menggunakan pola-pola manajemen bankkonvensional. Penentuan margin, fee, dan nisbah masih menggunakan tingkat suku bunga.Bank syariah yang mempunyai tugas menjalankan pembangunan ekonomi berdasarkansyariah, pengembangan kesejahteraan masyarakat belum mencerminkan upayapengembangan kesejahteraan masyarakat. Bank syariah masih belum berani bermain padapembiayaan untuk investasi sektor riil, terbukti dengan pembiayaan murabahah yangmerupakan pembiayaan konsumtif masih mendominasi pembiayaan di bank syariah. Disamping itu sumber daya insani yang secara praksis berkecimpung di lembaga keuangansyariah belum sepenuhnya memiliki kapasitas yang ideal. Kebanyakan baru merupakansumber daya manusia pada lembaga keuangan konvensional yang kemudian dipolesdengan label syariah.Metode yang dipergunakandalam studi ini adalah content analisys. Yang menjadi sumberdata dalam penelitian ini adalah Laporan Perkembangan Perbankan Syariah BankIndonesia dan statistik perbankan syariah Indonesia.Berdasarkan analisis isi terhadap Laporan Perkembangan Perbankan Syariah dapatdisimpulkan bahwa dalam rangka mendukung pengembangan perbankan syariah, BankIndonesia perlu melakukan kebijakan yang difokuskan pada pembiayaan perbankansyariah yang lebih mengarah kepada sektor ekonomi produktif. Kemudian, pengembanganproduk yang lebih memenuhi kebutuhan masyarakat dan sektor produktif. Untukmengatasi masalah SDM di perbankan syariah ada beberapa langkah yang dapatdilakukan, yaitu Pertama, mendorong perguruan tinggi untuk mengembangkan ProgramStudi Ekonomi Islam secara lebih luas. Kedua, memperbanyak riset, studi, dan penelitiantentang ekonomi Islam, baik yang berskala mikro maupun makro. Ketiga, mendorongpenulisan kajian dan karya ilmiah melalui penerbitan buku dan jurnal, proseding seminar,lokakarya dan kajian. Keempat, mewajibkan program magang maupun on the job trainingkepada para mahasiswa di industri keuangan syariah. Kelima, sosialisasi dan edukasiekonomi syariah sejak dini mulai tingkat SD, SMP, dan SMA.Keywords: perbankan syariah, lembaga keuangan syariah, market share, grand strategi
STUDI KRITIS TERHADAP PANDANGAN MAHASISWI STAIN KENDARI TENTANG KEWAJIBAN BERJILBAB DALAM TINJAUAN MAQASID AS-SYARI’AH IPandang, IPandang
Al-Adl Vol 7, No 2 (2014): Al-Adl
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (197.638 KB)

Abstract

AbstrakJilbab menurut syariat Islam wajib dipakai oleh muslimah untuk menutup aurat. Saat ini,jilbab merupakan sebuah trend dengan berbagai modelnya. Oleh karena itu, persoalan inimembutuhkan pencerahan secara akademik tentang standar jilbab yang sesuai dengansyari’at Islam, sehingga muslimah menyadari pentingnya mengenakan busana yang dapatmenutupi auratnya.Pada dasarnya, maqasid al-syari’ah mewajibkan muslimah menutup aurat dengan memakaijilbab adalah merupakan salah satu jalan untuk menghindarkannya dari fitnah, zina danuntuk menyelamatkannya dalam pergaulan terutama dengan lawan jenis agar dia selalumemelihara kesucian dirinya sebagai muslimah yang senantiasa berpegang teguh padaajaran Islam.Kata kunci: jilbab, aurat, maqasid al-syari’ah

Page 1 of 1 | Total Record : 10