cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
JURNAL MANAJEMEN INDUSTRI DAN LOGISTIK
Published by Politeknik APP Jakarta
ISSN : 1411142X     EISSN : 25985795     DOI : -
Jurnal Manajemen Industri dan Logistik (Industrial and Logistic Management Journal) JMIL, invites academician/researchers/contributors to submit research papers, technical papers, conceptual papers, and case study reports in the scope of Logistics Management, Industrial Marketing, and International Trade in Bahasa Indonesia or English written. Published twice a year in MAY and NOVEMBER:
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue " Vol 2, No 2 (2018): November 2018 (in press)" : 5 Documents clear
PENERAPAN PROSES DAN TEKNIK PERAMALAN – STUDI KASUS DI MANUFAKTUR TRANSFORMER Oey (Bina Nusantara University), Elia; Ayrine (Bina Nusantara University), Gabriella Karolina; Dwi Yanitra (Bina Nusantara University), Purnomo Rizky
JURNAL MANAJEMEN INDUSTRI DAN LOGISTIK Vol 2, No 2 (2018): November 2018 (in press)
Publisher : Politeknik APP Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30988/jmil.v2i1.81

Abstract

Peramalan permintaan sangat penting untuk proses bisnis dan keuntungan organisasi. Peramalan permintaan produk yang baik memerlukan keahlian dan kehandalan dari staff perencana. Riset ini adalah studi kasus di sebuah perusahaan manufaktur transformer di Indonesia, yang hendak menerapkan proses peramalan permintaan dan model peramalan yang cocok untuk produknya. Studi ini dapat memperlihatkan langkah langkah sistimatis yang diperlukan dalam meramalkan permintaan dari keempat produk yang ditelti. Untuk masing masing produk, 6 model peramalan dievaluasi dan model terbaik dipilih dengan cara mengoptimasi parameter peramalan yang memberikan kesalahan terkecil. Model peramalan yang dipilih adalah model yang sederhana tetapi cukup lengkap dilihat dari parameter tren maupun pengaruh musim yang mungkin terjadi dalam peramalan permintaan. Studi ini memberikan dasar bagi perusahaan untuk melakukan dan memonitor proses peramalan yang berkesinambungan untuk proses bisnis mereka.
FAKTOR EKSTERNAL DALAM PENENTUAN STRATEGI DASAR PROGRAM PENDIDIKAN BIDANG REKAYASA LOGISTIK DAN RANTAI SUPLAI Aurachman (Universitas TELKOM), Rio
JURNAL MANAJEMEN INDUSTRI DAN LOGISTIK Vol 2, No 2 (2018): November 2018 (in press)
Publisher : Politeknik APP Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30988/jmil.v2i2.125

Abstract

Dalam perencanaan strategi pendidikan di bidang logistik dan SCM (Supply Chain Management) dapat menggunakan pendekatan Evaluasi faktor eksternal. Penelitian ini mengusulkan pendekatan sumber media massa dan berita terkini sebagai landasan menentukan faktor eksternal agar rumusan yang didapatkan bersifat terbaru dan lebih kontekstual. Faktor eksternal tersebut lalu dianalisis untuk diambil rumusan strategi yang cocok untuk pendidikan Rekayasa Logistik. Strategi mengerucut ke dalam beberapa hal utama; meskipun belum saatnya mengarah secara penuh ke Industri 4.0, sebaiknya kurikulum pendidikan mencakup keilmuan yang selaras dan menunjang keilmuan tersebut, Softskill yang perlu ada dalam Pendidikan Rekayasa Logistik dan supply chain adalah kemampuan berbahasa inggris dan kemampuan mencari data,  Objek kajian dari Pendidikan Rekayasa Logistik perlu mempertimbangkan beberapa bidang yang sedang meningkat kini yaitu logistik dan SCM kelautan, e commerce, dan zona internasional., lulusan perlu dibekali dengan kemampuan melakukan efisiensi proses bisnis dan digitalisasi proses bisnis.
MULTIPLIER EFEK PENINGKATAN INVESTASI SEKTOR INDUSTRI PENGOLAHAN DI KAWASAN INDUSTRI TERHADAP KINERJA SEKTOR PENGANGKUTAN/LOGISTIK Winardi (Kementerian Perindustrian), Winardi; Kustanto (Kementerian Perindustrian), Heru
JURNAL MANAJEMEN INDUSTRI DAN LOGISTIK Vol 2, No 2 (2018): November 2018 (in press)
Publisher : Politeknik APP Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30988/jmil.v2i2.131

Abstract

Sektor industri pengolahan merupakan sektor ekonomi yang memberikan kontribusi terbesar terhadap perekonomian nasional sehingga kinerja industri pengolahan sangat mempengaruhi kinerja ekonomi secara menyeluruh. Investasi sektor industri saat ini diwajibkan berlokasi di dalam kawasan industri dalam rangka meningkatkan efisiensi, menataan ruang, pengelolaan lingkungan dan mengoptimalkan multiplier efek terhadap sektor-sektor ekonomi laininya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis multiplier efek peningkatan investasi sektor industri pengolahan di kawasan industri terhadap kinerja sektor pengangkutan/logistik. Model analisis menggunakan Model Social Accounting Matrix (SAM) yaitu analisis multiplier efek. Hasil analisis menunjukkan bahwa peningkatan investasi sektor industri pengolahan yang berlokasi di kawasan industri memberikan multiplier efek terhadap peningkatan kinerja sektor pengangkutan/logistik berupa peningkatan pendapatan sektor pengangkutan/logistik.
ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN KONSUMEN DUNKIN DONUTS GADING SERPONG Gandhy (Universitas Surya), Abel
JURNAL MANAJEMEN INDUSTRI DAN LOGISTIK Vol 2, No 2 (2018): November 2018 (in press)
Publisher : Politeknik APP Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30988/jmil.v2i2.123

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan dan tingkat kepuasan konsumen gerai Dunkin Donuts cabang Gading Serpong. Kualitas pelayananterdiri dari tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy. Waktu dan tempat penelitian dilakukan pada Dunkin Donuts Gading Serpong dari April-Juli 2017. Responden yang dijadikan sampel penelitian berjumlah 100 orang. Data dianalsis dengan metode Index Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI). Pelayanan yang diberikan oleh gerai dunkin donuts Gading Serpong secara keseluruhan dikategorikan baik, karena dapat memenuhi harapan dari konsumennya. Nilai Customer Satisfaction Index yang diperoleh adalah 86.76%. Hal ini menggambarkan pelanggan Dunkin Donuts di Gading Serpongmerasa sangat puas dengan kinerja kualitas pelayanan yang diberikan oleh gerai Dunkin Donuts Gading Serpong. Perbaikan pelayanan yang perlu dilakukan adalah kecepatan karyawan dalam menangani keluhan pelanggan, meningkatkan kebersihan fasilitas toilet, dan meningkatkan keramahan karyawan ketika sedang melayani konsumen.  
PEMILIHAN SUPPLIER TERBAIK PENYEDIA BARANG CONSUMABLE MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (Studi kasus di Departemen Pengadaan Barang PT. PUSRI) Pratiwi (Universitas Tridinanti), Irnanda; MZ (Universitas Tridinanti), Hermanto; Aprilyanti (Universitas Tridinanti), Selvia
JURNAL MANAJEMEN INDUSTRI DAN LOGISTIK Vol 2, No 2 (2018): November 2018 (in press)
Publisher : Politeknik APP Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30988/jmil.v2i2.120

Abstract

Pemilihan supplier adalah salah satu hal yang sangat penting dalam aktifitas pengadaan barang atau jasa bagi perusahaan. Salah satu metode  yang dapat digunakan dalam pemilihan supplier adalah Analitycal Hierarchy Process (AHP). Penelitian ini dilakukan di Departemen Pengadaan Barang PT. PUSRI. Penelitian ini fokus kepada supplier penyedia barang consumable karena pengadaan barang ini paling sering dilakukan. Sampel dari penelitian ini adalah karyawan di lingkungan Departemen pengadaan barang yang menghandle pembelian barang consumable. Dari Hasil Penelitian tingkat kepentingan kriteria menghasilkan bobot sebagai berikut: Prioritas I Harga (0,42), Prioritas II Kualitas (0,33), Prioritas III Respon (0,11)  serta Prioritas IV pengiriman dan costumer care (0,07). Bobot keseluruhan (Global Priority) supplier terbaik adalah PT. Kokai Indo Abadi (0,47). Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa PT. Kokai Indo Abadi adalah perusahaan yang paling konsisten dalam pengadaan barang consumable sehingga dapat diikutkan dalam tender selanjutnya.

Page 1 of 1 | Total Record : 5