cover
Contact Name
Arhanuddin Salim
Contact Email
arhanuddin@iain-manado.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnaliqra@iain-manado.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota manado,
Sulawesi utara
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Islam Iqra'
ISSN : 16935705     EISSN : 28412108     DOI : -
Core Subject : Education,
JURNAL PENDIDIKAN ISLAM IQRA' diterbitkan oleh Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Manado bulan Juni dan Desember setiap tahun. Jurnal ini, berisi kajian seputar Pendidikan Agama Islam, Manajemen Pendidikan Islam, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Pendidikan Guru Raudhatul Atfhal, Pendidikan Bahasa Inggris dan Pendidikan Bahasa Arab.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue " Vol 6, No 1 (2012)" : 7 Documents clear
Dasar-Dasar dan Ruang Lingkup Pendidikan Islam di Indonesia Baba, Mastang Ambo
Jurnal Pendidikan Islam Iqra Vol 6, No 1 (2012)
Publisher : IAIN Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (396.723 KB) | DOI: 10.30984/jpii.v6i1.616

Abstract

Wacana pendidikan dalam Islam tetap actual dan menarik untuk diperbincangkan. Kenyataanya, dunia pendidikan adalah dunia yang tidak pernah sepi dengan kritikan dan debat akademik, bahkan masalah pendidikan tidak pernah selesai sepanjangsejarah kehidupan manusia. Hal ini dikarenakan salah satu keunikan manusia jika dibandingkan dengan kehidupan makhluk lain, tidak pernah sepi dari nilai-nilai luhur yang dicita-citakan.Islam sebagai agama yang menempatkan pendidikan dalam posisi yang sangat penting. Hal ini pula diakui oleh Malik Fajar, bahwa hubungan Islam dan pendidikan bagaikan dua keeping mata sisi uang, artinya Islam dan pendidikan mempunyai hubungan filosofis yang sangat mendasar, baik secara ontologism, epistemologis, maupun aksiologis.Kata kunci: wacana, pendidikan islam, indonesiaWacana pendidikan dalam Islam tetap actual dan menarik untuk diperbincangkan. Kenyataanya, dunia pendidikan adalah dunia yang tidak pernah sepi dengan kritikan dan debat akademik, bahkan masalah pendidikan tidak pernah selesai sepanjangsejarah kehidupan manusia.[1] Hal ini dikearenakan salah satu keunikan manusia jika dibandingkan dengan kehidupan makhluk lain, tidak pernah sepi dari nilai-nilai luhur yang dicita-citakan.Islam sebagai agama yang menempatkan pendidikan dalam posisi yang sangat penting. Hal ini pula diakui oleh Malik Fajar, bahwa hubungan Islam dan pendidikan bagaikan dua keeping mata sisi uang, artinya Islam dan pendidikan mempunyai hubungan filosofis yang sangat mendasar, baik secara ontologism, epistemologis, maupun aksiologis[1]  Mastuhu, memperdayakan sistem ajaran Islam (Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999), h. 29
Pemikiran Pendidikan Fazlur Rahman Mustafa, Mustafa
Jurnal Pendidikan Islam Iqra Vol 6, No 1 (2012)
Publisher : IAIN Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (373.713 KB) | DOI: 10.30984/jpii.v6i1.617

Abstract

Kelahiran seorang tokoh seperti Fazlur Rahman merupakan produk sejarah dari hasil  integrasi pendidikan, kebudayaan dan sosial masyarakt yang mengitarinya. Dimulai dari keluarga yang disiplin dalam mendidik telah melahirkan generasi yang jujur dan pemberani. Sejak uur 10 tahun Fazlur Rahman telah hafal Al-qur’an dengan baik. Dan ia juga mampu berbahasa arab klasik , Persia, ingris, prancis, dan jerman disamping bahsa Latin dan Yunani. Sebagai pemikir islam yang terkemuka dan kredibe, dengan keberanian intelektual yang mencengangkan , bukan saja ia takut kepada kontroversi, bahkan ia melihat konttoversi adlah bagian dari pada kontroversi kreatifitas intelektual yang tak mungkin dihindari. Karya-karya yang dianggap saripati pengetahuannya dibidang kalam, Al-qur’an, tasauf, fikih, filsafat, wawasan kesejarahan dan pendidikan Islam, yang sejalan dengan matakuliah yang diberikan di beberapa perguuran tinggi di Amerika dan Eropa dan ia juga telah melakukan banyak kajian terhadap pemikiran Ibnu sina, Al-Gazali, Ibnu Taimiyah, Syaikh Waliyullah, Muhammad Ikbal. Khususnya pemikiran Rahman dalam pendidikan merupakan konstribusinya terutama terhadap modernisasi pendidikan islam, ayng di latarbelakangi oleh pengamatannya terhadap pemikiran pendidikan islam di era modern terutama di Timur Tengah, dimana tujuan pendidikan tidak searah dengan tujuan positif, rendahnya kuaitas anak didik dengan munculnya pribadi yang terpecah yang belum memiliki komitmen spiritual dan intelektual yang mendalam terhadap islam, dikotomi sistem pendidikan, sulitnya menemukan pendidik yang berkualitas dan profesional yang memilik pikiran ayng kreatif dan terpadu dan minimnya saran pendidikan seperti buku-buku yang tersedia di perpustakaan merupakan sorotan pemikiran Fazlir Rahman.Kata kunci: Fazlur Rahman-Pemikiran-Pendidikan  
Pengaruh Teknik Pembelajaran terhadap Keterampilan Bahasa Arab Muzakkir, Abdul Kahar
Jurnal Pendidikan Islam Iqra Vol 6, No 1 (2012)
Publisher : IAIN Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (493.718 KB) | DOI: 10.30984/jpii.v6i1.613

Abstract

Disetiap aktivitas manusia, bahasa merupakan hal fundamental dalam proses interaksi sosial baik dalam rangka penyampaian ide, gagasan, dan pengungkapan perasaan. Maksud dan tujuan seseorang akan tercapai jia penyampaian bahasa di pahami oleh kedua belah pihak dengan baik dan benar. Oleh karena itu penguasaan bahasa (baik lisan, tulisan, dan isyarat) merupakan hal yang tidak dapat dihindari termasuk bahasa arab sebagai bahasa internasional, membuka cakrawala dunia dan komunikasi masyarakat global.Bahasa Arab mempunyai peranan penting dalam penyampaian ilmu pengetahuan dan teknologi, sebagai bahasa pengantar dalam arus informasi global, yang memiliki fungsi sebagai bahasa ekonomi dan perdagangan, dan sebagai bahasa asing utama lingkungan pondok pesantren maupun madrasah di Indonesia. Bahasa Arab digunakan dalam banyak kepentinggan, antara lain dalam dunia komunikasi dan dunia kerja, dan pengunaan ini banyak dibahas pada perguruan tinggi.Kata Kunci: Bahasa Arab, pembelajaran, keterampilan
Implementasi Model dan Metode Mengajar dalam Pendidikan Islam Nurhayati, Nurhayati
Jurnal Pendidikan Islam Iqra Vol 6, No 1 (2012)
Publisher : IAIN Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (614.146 KB) | DOI: 10.30984/jpii.v6i1.618

Abstract

Model dan metode pengajaran memilki arti penting, karena dengannya menjadi wahana keberhasilan tujuan pendidikan. Penerapan model dan metode mengajar yang tidak tepat, berakibat pada kegagalan pendidikan. Model dan metode pengajaran initelah lama dipraktekkan Rasulullah SAW, ketika beliau berda di Makkah dan Madinah, model dan metode pengajaran inilah yang kemudian menjadi cikal bakal munculnya model dan metode pengajaran masa kini. Karena itulah, uraian tentang model dan metode mengajar sangat menarik untuk dikaji secara cermat dan mendalam.Kata kunci: model, metode, pendidikan Islam
Arabanisani Mubarak, Husni
Jurnal Pendidikan Islam Iqra Vol 6, No 1 (2012)
Publisher : IAIN Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (397.431 KB) | DOI: 10.30984/jpii.v6i1.614

Abstract

Seperti dengan bahasa Eropa yang lain, banyak kata-kata inggris diserap dari bahasa Arab, selalunya melalui bahasa Eropa lainnya, terutama dari Spanyol dan Italia, diantaranya kosakata harian seperti “aula” (sukkar), kapas (qutn) atau “majalah” (makhzen). Kata-kata lain yang sangat terkenal misalnya “aljabar”, “alcohol” dan “zenith”. Pengaruh Arab telah menjadi paling mendalam dimana pada Negara yang dikuasai oleh Islam atau kuasa Islam. Arab adalah sumber kosa kata utama untuk bahasa yang berbagai seperti bahasa Berber, Kurdi, Persia, Swahili, Urdu, Hindi, Turki, Melayu dan Indonesia, baik juga seperti bahasa lain di Negara di mana bahasa ini adalah dituturkan. Contohnya perkataan Arab untuk buku / kita:b/ digunakan dalam semua bahasa yang disenaraikan, selain dari Melayu dan Indonesia (spesifiknya termaksud “buku agama”Kata Kunci: Arab, bahasa, agama
Analisis Kompetensi Profesional dan Kinerja Dosen Nento, Shinta
Jurnal Pendidikan Islam Iqra Vol 6, No 1 (2012)
Publisher : IAIN Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (324.105 KB) | DOI: 10.30984/jpii.v6i1.619

Abstract

Performance of lecture in educational institutions is an interesting factor to study, because: First, the lecture is a determinant of the success of the learning process, without qualified lecturer, it is impossible to produce quality student. Second, teachers provide examples of attitudes, behavior and personality.Keywords: lecture, student, educational
Pendidikan Islam dengan Nilai-Nilai dan Budaya (Pewarisan Nilai-Nilai dan Budaya) Talibo, Ishak
Jurnal Ilmiah Iqra' Vol 6, No 1 (2012)
Publisher : IAIN Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (338.591 KB) | DOI: 10.30984/jii.v6i1.615

Abstract

Pendidikan merupakan faktor penting dan menentukan dalam kehidupan suatu bangsa dan berbudaya.Kemajuan suatu bangsa sangat tergantung pada tingakat pendidikan yang di perolehnya.Sistem pendidikan Nasional dilaksanakan untuk meningkatkan kehidupan yang bermutu baik dalam arti moral spiritual maupun mutu dalam arti intelektual professional.Pendidikan Islam merupakan bagian integral dalam sistem pendidikan Nasional memiliki konstribusi yang besar dalam penanam nilai-nilai dan budaya serta perilaku keberagaman pada setiap diri seseorang.Penanaman  nilai-nilai dan budaya pada seseorang atau sekelompok orang melalui pendidikan Islam akan terbentuklah sikap dan perilaku rujukan dan keyakinan dalam menentukan suatu pilihan bagi seseorang, yang tercermin dalam pola pikir, tingka laku, dan serta sikap. Seperti kejujuran, keadilan, kebenaran dijadikan sebagai pegangan dalam hidupnya.Kata Kunci: Pendidikan Islam, Nilai, Budaya

Page 1 of 1 | Total Record : 7