cover
Contact Name
Arhanuddin Salim
Contact Email
arhanuddin@iain-manado.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnaliqra@iain-manado.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota manado,
Sulawesi utara
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Islam Iqra'
ISSN : 16935705     EISSN : 28412108     DOI : -
Core Subject : Education,
JURNAL PENDIDIKAN ISLAM IQRA' diterbitkan oleh Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Manado bulan Juni dan Desember setiap tahun. Jurnal ini, berisi kajian seputar Pendidikan Agama Islam, Manajemen Pendidikan Islam, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Pendidikan Guru Raudhatul Atfhal, Pendidikan Bahasa Inggris dan Pendidikan Bahasa Arab.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue " Vol 5, No 1 (2011)" : 5 Documents clear
Kontribusi Komponen Proses Pendidikan dan Mutu Lulusan PTAI Terhadap Kepuasan Masyarakat Abdullah, Abdul Haris; Nento, Shinta
Jurnal Pendidikan Islam Iqra Vol 5, No 1 (2011)
Publisher : IAIN Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (451.209 KB) | DOI: 10.30984/jpii.v5i1.559

Abstract

This study aims to measure the contribution of the education process and the quality of graduates of the PTAI community satisfaction. The method is a survey research, data processing with software SPSS 14 for windows. Results showed there were positive and significant contribution either individually or jointly educational process and quality of graduates of community satisfaction.Keywords: Community Satisfaction, Contribution Process and Quality Graduates
Budaya Belajar Mandiri dan Pendidikan Agama Islam di tingkat Sekolah Menengah Pertama Nurhayati, Nurhayati
Jurnal Pendidikan Islam Iqra Vol 5, No 1 (2011)
Publisher : IAIN Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (182.559 KB) | DOI: 10.30984/jpii.v5i1.564

Abstract

The present paper investigates whether autonomous learning can improve their Islamic knowledge. The favorable characteristics of autonomous learning are used as the basis for (1) arguing against the assumption that Indonesian learners are dependent on their teachers and (2) arguing for its adoptions in improving student. The paper also discusses how to incorporate autonomous learning in competency based curriculum.Key Words: Autonous learning, competency based curriculum
Asal Usul Bahasa Arab Mubarak, Husni
Jurnal Pendidikan Islam Iqra Vol 5, No 1 (2011)
Publisher : IAIN Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (70.973 KB) | DOI: 10.30984/jpii.v5i1.565

Abstract

Bahasa Arab merupakan salah satu cabang dari sekian banyak cabang bahasa Semit yang telah berkembang sejak ribuan tahun. Bahasa Arab muncul sebagai bahasa yang berdiri sendiri, karena salah satu dari pengguna bahasa Semit awal melakukan perpindahan ke daerah-daerah lainnya, lalu membentuk bangsa sekaligus bahasa. Proses evolusi yang terjadi dalam pergolakan bahasa Arab dengan bahasa-bahasa setempat menjadikan bahasa Arab asli menjadi bermacam-macam dialek. Bahasa Arab dapat tumbuh berkembang serta berdiri sendiri, disebabkan oleh beberapa faktor pendukung salah satunya adalah pergaulan dan percampur-bauran antara bangsa-bangsa.Kata Kunci: bahasa, arab, semit, dan evolusi 
Basic Word Order in Tombulu Language Darsita, Darsita
Jurnal Pendidikan Islam Iqra Vol 5, No 1 (2011)
Publisher : IAIN Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (203.527 KB) | DOI: 10.30984/jpii.v5i1.561

Abstract

Artikel ini menganalisis konstruksi tata urutan kata dalam kalimat  bahasa Tombulu, yang dituturkan oleh para penutur jati bahasa Tombulu yang bermukim di Kecamatan Tombulu Kabupaten Minahasa. Kalimat dalam konteks kajian ini dipahami sebagai satuan bahasa yang berisi suatu “pikiran” atau “amanat” yang lengkap. Lengkap, berarti di dalam satuan bahasa atau kalimat itu terdapat beberapa bagian  yaitu: 1) bagian yang  menjadi pokok pembicaraan, yang lazim disebut dengan istilah subjek (S), dan yang biasa menjadi subjek adalah kata benda; 2) bagian yang menjadi “komentar” tentang subjek, yang lazim disebut dengan istiah predikat, dan yang biasa menjadi predikat adalah kata kerja  atau verba (V); 3) bagian yang menjadi pelengkap dari predikat yang lazim disebut objek (O), dan yang biasa menjadi objek adalah kata benda. Kalimat tunggal dalam bahasa Tombulu  dilihat melalui tataran sintaksis yakni ilmu tentang tata bahasa yang menelaah hubungan kata-kata dalam kalimat, dan cara-cara menyusun kata-kata itu untuk membentuk kalimat. Hasil analisis terhadap kalimat tunggal  diketahui bahwa bentuk kalimat itu dalam bahasa Tombulu memiliki tiga tipe urutan kata, yaitu urutan kata yang berupa SVO; SV; VS; dan VSO.Kata Kunci: Bahasa Tombulu, urutan kata, kalimat tunggal, subjek, verba dan objek
Pembelajaran Model Blended Learning Idris, Husni
Jurnal Pendidikan Islam Iqra Vol 5, No 1 (2011)
Publisher : IAIN Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (262.033 KB) | DOI: 10.30984/jpii.v5i1.562

Abstract

A blended approach to a traditional, face to face course might mean that the class meets once per week instead of the usual three-session format. Learning activities that otherwise would have taken place during classroom time can be moved online. In addition, the terms "blended," "hybrid," and "mixed mode" are used interchangeably in current research literature.Keyword: blended, learning, face to face, online and offline.

Page 1 of 1 | Total Record : 5