cover
Contact Name
Arhanuddin Salim
Contact Email
arhanuddin@iain-manado.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnaliqra@iain-manado.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota manado,
Sulawesi utara
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Islam Iqra'
ISSN : 16935705     EISSN : 28412108     DOI : -
Core Subject : Education,
JURNAL PENDIDIKAN ISLAM IQRA' diterbitkan oleh Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Manado bulan Juni dan Desember setiap tahun. Jurnal ini, berisi kajian seputar Pendidikan Agama Islam, Manajemen Pendidikan Islam, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Pendidikan Guru Raudhatul Atfhal, Pendidikan Bahasa Inggris dan Pendidikan Bahasa Arab.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue " Vol 2, No 2 (2008)" : 5 Documents clear
Membangun Kecerdasan Emosional Dalam Prespektif Pendidikan Islam Talibo, Ishak
Jurnal Pendidikan Islam Iqra Vol 2, No 2 (2008)
Publisher : IAIN Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30984/jpii.v2i2.542

Abstract

Oleh : Ishak W. TaliboAbstrakKecerdasan emosional merupakan konsep yang sangat penting dibahas dan perlu diterapkan dalam system pendidikan Islam. Oleh karena itu, perumusan konsep dan strategi penerapannya mesti dilakukan dalam system pendidikan Islam guna menumbuhkan kecerdasan emosional anak didik.Proses pertumbuhan kecerdasan emosional menurut pendidikan Islam adaah ditandai dengan adanya pendidikan akhlak. Pendidikan islam disamping berupaya membina kecerdasan intelektual, juga membina kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual. Pendidikan Islam membina dan membersihkan hati terlebih dahulu dari penyakit penyakit hati dan mengisi dengan akhlak yang terpuji, seperti ikhlas, jujur, kasih saying, tolong menolong, bersahabat, silaturahmi dan lain-lain. Ajaran akhlak yang demikian inilah yang menjadi titik berat dalam proses pendidikan islam.Kata Kunci : Kecerdasan Emosional, pendidikan, islam.
Analisis Butir Soal dengan Teori Tes Klasik: Sebuah Pengantar Lababa, Junaidi
Jurnal Pendidikan Islam Iqra Vol 2, No 2 (2008)
Publisher : IAIN Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30984/jpii.v2i2.538

Abstract

Tes merupakan salah satu cara paling mudah dan murah yang bisa dilakukan untuk memotret kemajuan belajar siswa dalam ranah kognitif Oleh karena itu, keberadaan perangkat tes yang berkualitas merupakan suatu keniscayaan sehingga kemampuan kognitifsiswa dapat diungkapkan.Kualitas sebuah perangkat tes dapat dilihat dengan melakukan analisis kualitatif dan kuantitatif Analisis kualitattf merupakan analisis yang dilakukan sebelum tes diberikan kepada peserta tes dengan melihat kesesuaiannya dengan aspek materi, konstruksi dan bahasa, sedangkan analisis kuantitatif dapat dilakukan dengan teknik teori tes klasik dan teori respon butir.Tulisan ini bertujuan untuk memberikan pengantar tentang analisis butir soal berdasarkan teori tes klasik Teori tes klasik sendiri merupakan teknik analisis butir yang paling tua. Meskipun memiliki beberapa kelemahan dibandingkan teori respon butir, teori tes klasik tetap merupakan salah satu teknik analisis butir yang paling mudah dilakukan.Kata kunci: Teori tes klasik, daya beda, btingkat kesukaran, efektifitas distraktor. 
ILUSTRASI TENTANG REENGINEERING HUMAN RESOURCES (Kajian Buku: Lyle Spencer, Reengineering Human Resourcess) Al-Bugis, Zubaidah
Jurnal Pendidikan Islam Iqra Vol 2, No 2 (2008)
Publisher : IAIN Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (289.55 KB) | DOI: 10.30984/jpii.v2i2.539

Abstract

Penggunaan teknologi berarti telah dimulai dari awal penggabungan antara Reengineering sumber daya manusia dengan teknologi, sebagai inti dari pemanfaatan teknologi, sebagai inti dari pemanfaatan teknologi dalam cara berpikir yang berdampak dalam pelaksanaan kegiatan yang kita kerjakan akan lebih cepat, tepat, akurat, efisien dengan jangkauan hubungan kescmua aspek kebutuhan Manusia.
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARA.N BERBANTUAN KOMPUTER MATA KULIAH TEKNOLOGI PENDIDIKAN Idris, Husni
Jurnal Pendidikan Islam Iqra Vol 2, No 2 (2008)
Publisher : IAIN Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30984/jpii.v2i2.544

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan tahapan-tahapan dalam mengemhangkan multimedia pembelajaran yang eféktif untuk pembelajaran mata kuliah Teknologi Pendidikan. Multimedià yang dikembangkan memiliki karakferistik sebagai berikut: bersifat interakif, dan mencakup herbagai komponen media yaitu teks, gambar, animasi, suara, dan video, ditinjau dari aspek pembelajaran, materi, dan media, dan jumlah persentase siswa yang mencapai ketuntasan belajar setelah menggunakan multimedia pembelajaran ini.Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development). Pengembangan multimedia ini dilakukan melalui lima tahapan, yaitu analisis, desain, produksi, uji coba, dan distrihusi. Tahap analisis nleliputi analisis tujuan pembuatan dan bentuk pemhllatan produk. Tahap desain meliputi pembuatan prototipe. sloryhoard, dan bahan-hahan yang diperlukan. Tahap produksi meliputi pemasukan semua bahan-hahan yang ada, sinkronisasi dan menguji coba jalannya progranl. Tahap uji coba terdiri atas uji kelayakan terbatas oleh ahli materi dan ahli media, dan uji lapangan yang meliputi: preliminary field testing, main field testing, dan operational field testing. Tahap distribusi yaitu menyebarluaskan produk yang sudah direvisi ke pengguna. Data dikumplllkan menggunakan lembar observasi, kuesioner dan tes, dan dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil uji coba digttnakan untuk memperbaiki multimedia berbasis komputer hasil pengembangan.Kata kunci: Multimedia, pembelajaran berbantuan komputer, teknologi pendidikan
Kemampuan Memori Khatib dalam Mengingat Materi Khotbah Arsyad, Rizal
Jurnal Pendidikan Islam Iqra Vol 2, No 2 (2008)
Publisher : IAIN Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (345.808 KB) | DOI: 10.30984/jpii.v2i2.540

Abstract

Tugas intelektual lain yang dialami semua orang dalam menghadapi dunia adalah mengingat berbagai hal. Kita mengalami susahnya berusaha menghafal untuk ujian dan mengalami kesulitan Saat berusaha mengingatingat daftar tanggal atau nama atau berbagai informasi dan aktavitas lainnya. bila memungkinkan kita akan menggunakan alat hantu seperti daftar belanjaan, kalender, ringkasan catatan kecil yang memuat katakata kunci, untuk membantu kita mengingat hal-hal yang kita tahu berdasarkan pengalaman yang biasanya kita lupakan.Seorang khotib pun dalam menyampaikan khotbah tentu tidak lepas dari kesusahan menghafal dan kesulitan dalam mencamkan kesan. Mencamkan dapat terlaksana secara tidak sengaja apabila kesan yang didapat tidak dengan disertai perhatian. Sedangkan, mencamkan dengan sengaja dilaksanakan dengan penuh perhatian, aktif dan bertujuan.Menyimpan adalah apa yang telah dipelqiari atau apa yang telah dimasukkan dapat ditimbulkan kembali apa bila dibutuhkan. Memproduksi adalah suatu keaktifan jiwa untuk membangun kembali kesan-kesan yang telah diterimanya.Kata Kunci: Mencamkan, menyinpan, memproduksi, materi khotib  

Page 1 of 1 | Total Record : 5