cover
Contact Name
Arhanuddin Salim
Contact Email
arhanuddin@iain-manado.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnaliqra@iain-manado.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota manado,
Sulawesi utara
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Islam Iqra'
ISSN : 16935705     EISSN : 28412108     DOI : -
Core Subject : Education,
JURNAL PENDIDIKAN ISLAM IQRA' diterbitkan oleh Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Manado bulan Juni dan Desember setiap tahun. Jurnal ini, berisi kajian seputar Pendidikan Agama Islam, Manajemen Pendidikan Islam, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Pendidikan Guru Raudhatul Atfhal, Pendidikan Bahasa Inggris dan Pendidikan Bahasa Arab.
Arjuna Subject : -
Articles 4 Documents
Search results for , issue " Vol 11, No 2 (2017)" : 4 Documents clear
Menakar Akar-Akar Multikulturalisme Pendidikan di Indonesia Lundeto, Adri
Jurnal Pendidikan Islam Iqra Vol 11, No 2 (2017)
Publisher : IAIN Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (410.828 KB) | DOI: 10.30984/jpii.v11i2.584

Abstract

Multikulturalisme merupakan suatu paham atau situasi-kondisi masyarakat yang tersusun dari banyak kebudayaan. Multikulturalisme sering merupakan perasaan nyaman yang dibentuk oleh pengetahuan. Pengetahuan dibangun oleh keterampilan yang mendukung suatu proses komunikasi yang efektif dengan setiap orang dari sikap kebudayaan yang ditemui dalam setiap situasi yang melibatkan sekelompok orang yang berbeda latar belakang kebudayaannya.Multikulturalisme pendidikan di Indonesia muncul sebagai sebuah disiplin ilmu pada dekade 1960-an dan 1970-an, pendidikan berbasis multikulturalisme atau Multicultural Based Education, selanjutnya disingkat (MBE), telah didefinisikan dalam banyak cara dan dari berbagai perspektif. Dalam terminologi ilmu-ilmu pendidikan dikenal dengan peristilahan yang hampir sama dengan MBE, yakni pendidikan multikultural (Multicultural Education) seperti yang dipakai dalam konteks kehidupan multikultural negara-negara Barat.Kata Kunci: Multikulturalisme, pendidikan , pendidikan multikultural
Gerakan Sarikat Islam di Bolaang Mongondow Abad ke-20: Melacak Jaringan Politik dan Pendidikan Rusli, Almunawar Bin
Jurnal Pendidikan Islam Iqra Vol 11, No 2 (2017)
Publisher : IAIN Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (494.691 KB) | DOI: 10.30984/jpii.v11i2.580

Abstract

Tulisan ini ingin mengkaji  tentang gerakan sarikat Islam di Bolaang Mongondow  abad ke- 20 yang dilakukan HOS Cokroaminoto yang berfokus pada dua pertanyaan mendasar yaitu  bagaimana proses terciptanya jaringan politik dan jaringan pendidikan dalam kurun sejarah. Temuan penting dalam kajian ini adalah (1) Jaringan politik terbentuk karena adanya  kesadaran perubahan, kesadaran kolektif, kesadaran sejarah, kesadaran fakta sosial, dan kesadaran objektif (2) Jaringan pendidikan   terbentuk  karena adanya  krisis identitas keislaman, adanya kesamaan visi-misi perjuangan politik Islam dalam melawan kebijakan pemerintah kolonial, dan  adanya aktivisme kekeluargaan lintas etnis. Sebagai kesimpulan,  umat beragama yang ada di Bolaang Mongondow adalah mayoritas Muslim yang terbentuk atas fase diplomatik, struktural, organisasional dan kultural.Kata Kunci : Gerakan, Sarikat Islam, Bolaang Mongondow
Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan Islam (Tinjauan Konsep Mutu Edward Deming dan Joseph Juran) Umar, Mardan; Ismail, Feiby
Jurnal Pendidikan Islam Iqra Vol 11, No 2 (2017)
Publisher : IAIN Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (324.738 KB) | DOI: 10.30984/jpii.v11i2.581

Abstract

Peningkatan mutu pendidikan menjadi prioritas utama di semua lembaga pendidikan. Demikian pula di lembaga pendidikan Islam yang sementara berproses menjadi lembaga pendidikan yang memiliki kualitas setara dengan lembaga pendidikan lain bahkan menjadi lembaga pendidikan yang berkualitas tinggi. Untuk mencapai hal tersebut, maka upaya terus dilakukan oleh lembaga pendidikan Islam. Salah satu upayanya adalah dengan menerapkan berbagai teori dan konsep manajemen mutu agar kualitas pendidikan dapat terjaga dan diakui sebagai lembaga pendidikan yang menjalankan proses dengan baik dan menghasilkan output yang baik. Ada beberapa konsep peningkatan mutu/kualitas yang dikemukakan para ahli seperti Edward Deming dan Joseph Juran yang berkaitan dengan  perencanaan mutu, pengendalian dan peningkatan mutu. Kajian ini akan membahas tentang beberapa konsep mutu dan relevansinya pada lembaga pendidikan Islam dalam menjawab tantangan pendidikan global.Kata Kunci: mutu, lembaga pendidikan, Edward Deming dan Joseph Juran
Sistem Pengelolaan Kelas di Indonesia dalam Kurikulum 2013 Kryati, Lies
Jurnal Pendidikan Islam Iqra Vol 11, No 2 (2017)
Publisher : IAIN Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (287.105 KB) | DOI: 10.30984/jpii.v11i2.583

Abstract

Sistem pengelolaan kelas di Indonesia merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan dengan baik sesuai dengan kebijakan kurikulum 2013. Sehingga, proses belajar mengajar dapat berlangsung secara efektif dan efisien. Perbedaan tingkat kecerdasan, mental termasuk biologis peserta didik merupakan alasan mendasar.Kajian ini menunjukkan bahwa tujuan utama pengelolaan kelas adalah memberdayakan nalar, mental juga gerak peserta didik melalui pendekatan kekuasaan, ancaman, kebebasan, resep, pengajaran, perubahan tingkah laku, suasana emosi dan hubungan sosial, proses kelompok serta elektis atau pluralistik. Pendekatan ini mengikuti beberapa prinsip sekaligus keterampilan : hangat dan antusias, tantangan, bervariasi, keluwesan, pendekatan pada hal-hal yang positif, penanaman disiplin diri,sikap tanggap, membagi  perhatian dan pemusatan perhatian kelompok. Kesimpulan dari kajian ini yaitu pengelolaan kelas berfokus kepada kegiatan pengaturan  untuk kepentingan pengajaran. Pengelolaan kelas  menyediakan fasilitas bagi berbagai kegiatan belajar peserta didik dalam lingkungan sosial, emosional, dan intelektual. Kata Kunci : Sistem, Pengelolaan Kelas, Indonesia,  Kurikulum 2013, 

Page 1 of 1 | Total Record : 4