cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota lubuk linggau,
Sumatera selatan
INDONESIA
Jusikom : Jurnal Sistem Komputer Musirawas
ISSN : 25411896     EISSN : 26148714     DOI : -
Jurnal Sistem Komputer Musirawas : Jusikom is a scientific journal covering computer science competencies specifically in the field of Computer Systems.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue " Vol 3, No 1 (2018): JURNAL SISTEM KOMPUTER MUSIRAWAS (JUSIKOM) JUNI" : 7 Documents clear
PENERAPAN FINITE STATE MACHINE UNTUK PENGENDALIAN ANIMASI PADA VIDEO GAME RPG NUSANTARA LEGACY Mustofa, Mustofa; Sidiq, Sidiq; Rahmawati, Eva
Jurnal Sistem Komputer Musirawas (JUSIKOM) Vol 3, No 1 (2018): JURNAL SISTEM KOMPUTER MUSIRAWAS (JUSIKOM) JUNI
Publisher : STMIK MUSIRAWAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (491.666 KB)

Abstract

Perkembangan dunia yang dinamis mendorong percepatan perkembangan teknologi dan informasi. Dengan dorongan tersebut komputer yang dulunya dibuat hanya untuk membantu pekerjaan manusia sekarang berkembang menjadi sarana hiburan, permainan, komunikasi dan lain sebagainya. Dalam sektor hiburan salah satu industri yang sedang menjadi pusat perhatian adalah industri video game. Begitu banyaknya produk video game asing yang masuk ke dalam negeri ini memberikan tantangan kepada bangsa ini. Tentunya video game asing yang masuk ke negara ini membawa banyak unsur kebudayaan negara lain. Ini semakin membuat kebudayaan nusantara semakin tergeserkan dengan serangan kebudayaan asing melalui berbagai media. Maka dari itu peneliti mencoba untuk menerapkan Finite State Machine dalam merancang sebuah video game RPG (Role-Playing game) yang memperkenalkan kebudayaan. Dalam perancangan video game ini peneliti menggunakan metode GDLC(Game Development Life Cycle) agar penelitian ini berjalan secara sistematis. Dalam suatu perancangan video game tedapat banyak elemen, pada penelitian ini penulis lebih fokus pada pengendalian animasi karakter yang dimainkan pada video game ini. Dari perancangan yang dilakukan, disimpulkan bahwa Finite State Machine dapat digunakan untuk pengendalian animasi yang baik pada video game RPG. Diharapkan video game ini dapat menjadi salah satu media untuk mengenalkan kebudayaan nusantara
SISTEM SMART PARKING MENGGUNAKAN ULTRASONIK SENSOR Kurniawan, Rudi; Zulius, Antoni
Jurnal Sistem Komputer Musirawas (JUSIKOM) Vol 3, No 1 (2018): JURNAL SISTEM KOMPUTER MUSIRAWAS (JUSIKOM) JUNI
Publisher : STMIK MUSIRAWAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (365.481 KB)

Abstract

AbstrakKebutuhan akan halaman parkir Tentunya menjadi fasilitas utama di suatu perkantoran. Ketika sedang banyak pengunjung yang datang, halaman parkir menjadi penuh. Terkadang juga ada halaman parkir yang tampak penuh di depan, tetapi kosong di belakang. Hal ini menjadi suatu permasalahan, karena ketidaktahuan pengunjung, maka banyak pengunjung Kantor Kecamatan yang memarkir kendaraannya di luar halaman parkir Kecamatan. Kejadian seperti ini dapat kita atasi dengan memberikan suatu tanda yang dapat menjadi indikator apakah ada lahan parkir yang kosong atau tidak. Sistem seperti ini dapat dirancang dengan menggunakan suatu kontrol otomatis dengan meletakkan sensor di tempat parkir. Sensor yang digunakan dapat berupa Ultrasonik Sensor. Sensor ini sangat sensitif terhadap pergerakan. Perubahan gerak yang dirasakan oleh sensor dapat mengirimkan sinyal ke modul kontrol arduino untuk segera diproses dan dikirimkan ke lampu indikator LED. Kata kunci— Arduino, Ultrasonic Sensor, Smart Parking
AUTOMATIC WIPER MENGGUNAKAN RAIN SENSOR PADA PT. NUSA SARANA CITRA BAKTI LUBUKLINGGAU Lestari, Novi
Jurnal Sistem Komputer Musirawas (JUSIKOM) Vol 3, No 1 (2018): JURNAL SISTEM KOMPUTER MUSIRAWAS (JUSIKOM) JUNI
Publisher : STMIK MUSIRAWAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (733.242 KB)

Abstract

Abstrak Pada umumnya, wiper mobil diaktifkan secara manual oleh pengguna kendaraan di kendali pengemudi. Alangkah bagusnya apabila wiperdapat dikendalikan secara otomatis bila ada tetesan air di jendala kaca mobil, tentu hal ini akan mempermudah pengemudi dalam menjalankan kendaraannya. Didalam penelitian ini, peneliti ingin mengembangkan suatu sistem wiper otomatis pada kendaraan mobil. Wiper ini akan langsung hidup jika ada tetesan air yang mengenai permukaan kaca jendela sesuai dengan debit air yang telah disetting dialat yang peniliti akan buat. Penelitian ini menggunakan rain sensor sebagai bagian inputnya. Sensor ini akan mendeteksi adanya tetesan air hujan kemudian akan mengirimkan sinyal yang akan diolah oleh modul arduino. Kemudian, arduino akan mengirimkan sinyal agar dapat menggerakkan motor servo yang ada di wiper. Kata Kunci : Arduino, Rain Sensor, Wiper Abstract In general, the car wipers are activated manually by the user of the vehicle in the drivers control. It would be better if the wiper can be controlled automatically when there is water droplets in the car window glass, of course this will facilitate the driver in running the vehicle. In this study, researchers wanted to develop an automatic eraser system on a car vehicle. This wiper will live immediately if there is water droplets that affect the surface of the window glass in accordance with the water discharge that has been set on the dialat that will researchers make. This research uses rain sensor as part of its input. This sensor will detect rain drops and then send signals to be processed by the Arduino module. Then, the Arduino will send a signal to drive the servo motor on the glass eraser. Keyword :Arduino, Rain Sensor, Wiper
SELEKSI SEKOLAH DASAR CALON PENERIMA BANTUAN PERPUSTAKAAN MENGGUNAKAN METODE WEIGHTED PRODUCT Muslihudin, Muhamad; Lestari, Desti Tri; Mukodimah, Siti; Hartati, Sri
Jurnal Sistem Komputer Musirawas (JUSIKOM) Vol 3, No 1 (2018): JURNAL SISTEM KOMPUTER MUSIRAWAS (JUSIKOM) JUNI
Publisher : STMIK MUSIRAWAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (582.924 KB)

Abstract

AbstrakPerpustakaan merupakan salah satu akses untuk mencari informasi,  terutama perpustakaan sekolah yang sangat penting bagi guru dan siswa untuk mencari sumber informasi dari bahan pustaka yang tersedia di perpustakaan sekolah. Produk utama perpustakaan adalah informasi. Perpustakaan sangatlah dibutuhkan bagi setiap sekolah dasar supaya dapat membantu penyelesaian masalah bagi siswa/i maupun dewan guru. Metode Weighted Product dapat membantu pengambilan keputusan dalam perangkingan sekolah dasar calon penerima bantuan perpustakaan. Penelitian dilakukan dengan cara mencari bobot setiap atribut, kemudian dilakukan proses perangkingan sekolah dasar yang akan menerima bantuan perpustakaan. Dalam penentuan perangkingan sekolah dasar calon penerima perpustakaan diperlukan kriteria-kriteria, yaitu : Jumlah Buku, Jumlah Judul Buku, Kondisi Buku, Frekwensi Layanan, Daya Minat Baca Siswa/i, Koleksi Perpustakaan. Hasil yang dicapai sistem pengambilan keputusan menghasilkan 7 alternatif rekomendasi sekolah dasar yang disarankan, dengan 3 nilai alternatif tertinggi yaitu: SDN 1 Sendang Agung, SDN 5 Sendang Mulyo, SDN 1 Sendang Mulyo. Kata Kunci : Perpustakaan, SPK, Sekolah Dasar, Weighted Product, Bantuan AbstractThe library is one of access to seek information, especially the school library which is very important for teachers and students to find the source of information from library materials available in the school library. The main product of the library is information. Libraries are urgently needed for every elementary school anywhere to help solve problems for students and teachers. The Weighted Product method can help decision making in primary school rankings of potential beneficiaries of library assistance. Research is done by finding the weight of each attribute, then done the primary school ranking process that will receive library assistance. In determining the ranking of primary school candidates the required criteria, that is: Number of Books, Number of Book Titles, Book Condition, Frequency of Service, Interest Reading of Students, Library Collection. The results of the decision making system resulted in 7 alternative recommended of primary school, with 3 highest alternative values that is: SDN 1 Sendang Agung, SDN 5 Sendang Mulyo, SDN 1 Sendang Mulyo. Keywords : Library, Decision Making System, Primary School, Weighted Product Method.
RANCANG BANGUN KOMPUTER HEMAT ENERGI MENGGUNAKAN RASPBIAN BERBASIS RASPBERRY PI PADA STMIK MUSI RAWAS LUBUKLINGGAU Arifin, M. AGUS Syamsul
Jurnal Sistem Komputer Musirawas (JUSIKOM) Vol 3, No 1 (2018): JURNAL SISTEM KOMPUTER MUSIRAWAS (JUSIKOM) JUNI
Publisher : STMIK MUSIRAWAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (384.965 KB)

Abstract

AbstrakRaspberry merupakan sebuah komputer mini yang memiliki kinerja serupa dengan komputer kebanyakan tetapi mengkonsumsi daya yang relatif kecil yaitu dengan tegangan 5v dan arus minimal 1A  dan arus ideal sebesar 2A sehingga daya yang di butuhkan untuk mengoperasikan komputer ini hanya sebesar 5 watt untuk daya minimal dan untuk kinerja yang ideal hanya membutuhkan daya sebesar 10 watt. Raspbian merupakan sebuah sistem operasi yang di khususkan bekerja pada perangkat komputer yang menggunakan prosessor berarsitektur arm sehingga dalam penelitian ini peneliti akan menggunakan raspberry yang di kombinasikan dengan raspbian untuk mendapatkan sebuah sistem komputer yang membutuhkan daya listrik minimal untuk kinerja yang maksimal.            Pada kampus STMIK Musi Rawas Lubuklinggau masih menggunakan komputer desktop yang membutuhkan daya listrik yang besar untuk menjalankan sistem sehingga membuat penggunaan energi listrik menjadi besar. Kata Kunci : Raspberry Pi, Raspbian, Komputer AbstractRaspberry is a mini computer that has similar performance to most computers but consumes relatively small power with a voltage of 5v and a minimum current of 1A and ideal current of 2A so that the power required to operate this computer is only 5 watts for minimal power and for performance the ideal requires only 10 watts of power. Raspbian is an operating system that specializes in working on computer devices that use processor arm architecture so that in this study researchers will use raspberries in combination with raspbian to get a computer system that requires minimal electrical power for maximum performance. On the campus STMIK Musi Rawas Lubuklinggau still use desktop computers that require large electrical power to run the system so as to make the use of electrical energy becomes great.  Keyword : Rasperry Pi, Raspbian, Computer
PERBANDINGAN BUBBLE SORT, SHELL SORT DAN KOMBINASI BUBBLE SORT DENGAN SHELL SORT Rachmat, Nur
Jurnal Sistem Komputer Musirawas (JUSIKOM) Vol 3, No 1 (2018): JURNAL SISTEM KOMPUTER MUSIRAWAS (JUSIKOM) JUNI
Publisher : STMIK MUSIRAWAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (238.545 KB)

Abstract

AbstrakData terurut diperlukan untuk pengolahan data. Penggunaan algoritma pengurutan yang tepat dapat mempercepat waktu pengurutan. Shell Sort dan Bubble Sort dapat dikombinasikan untuk mendapatkan algoritma dengan dengan waktu yang lebih baik. Kombinasi dilakukan dengan cara menggunakan dua algoritma secara bergantian. Shell Sort digunakan pada tahap awal kemudian dilanjutkan dengan dengan Bubble Sort. Algoritma pengurutan yang memiliki waktu yang lebih baik dapat dikelompokan berdasarkan jumlah elemen data. Bubble Sort lebih cepat dibandingkan Shell Sort untuk jumlah elemen acak sampai dengan 20. Sedangkan untuk elemen acak 30 sampai dengan 9000, Shell Sort lebih cepat dibandingkan Bubble Sort dan Shell-Bubble Sort untuk semua jumlah elemen acak. Kemudian algoritma Shell-Bubble Sort lebih cepat dibandingankan algoritma Bubble Sort pada jumlah elemen acak 500 sampai dengan 9000. Kata kunci— Bubble Sort, Kombinasi, Shell Sort 
PERANCANGAN APLIKASI DISPOSISI SURAT MASUK DAN PEMBUATAN SURAT KELUAR DI STMIK MUSIRAWAS LUBUKLINGGAU BERBASIS WEB MOBILE Irawan, Davit
Jurnal Sistem Komputer Musirawas (JUSIKOM) Vol 3, No 1 (2018): JURNAL SISTEM KOMPUTER MUSIRAWAS (JUSIKOM) JUNI
Publisher : STMIK MUSIRAWAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (579.9 KB)

Abstract

AbstrakPada saat ini perkembangan dari teknologi komunikasi berkembang begitu pesat, saat ini telah banyak bermunculannya alat telekomunikasi atau perhubungan yang canggih, diantaranya yaitu telepon, seluler, televisi, radio, telegram, facsimile dan lain sebagainya. Dengan pentingnya keberadaan dari surat suatuinstansi atau perusahaan perluuntuk dapat melakukan pengolahan dengan baik dari surat yang mereka miliki, akan tetapi saat ini suatu instansi atau perusaan telah melakukan berbagai kesalahan dalam proses pengelolaansuratatau data-data penting yang ada.Pada STMIK Musirawas Lubuklinggau yang merupakansalahsatuperguruantinggi di kotaLubuklinggau, mengalami permasalahan dalam pengolahan surat keluar dan surat masuk beserta dengan disposisi surat, dimana proses system pencatatan sura tmasuk dan surat keluar masih menggunakan proses manual akibatnya sulit menemukan kembali arsip yang diperlukan untuk proses pelaksanaan kegiatan, sehingga terjadi dan terdapat duplikasi arsip serta menumpuknya data yang memenuhi ruangan akademik STMIK Musirawas Lubuklinggau Dalam penelitian ini,akan dibangun Perancangan dan Implementasi Perancangan Aplikasi Disposisi Surat Masuk Dan Pembuatan Surat Keluar Di Stmik Musirawas Lubuklinggau Berbasis Web Mobile, aplikas iini membatu Permasalahn STMIK Musirawas dalam melakukan pengolahan data surat masuk dan surat keluar, Rancangan Aplikasi ini dibangun berbasis Web Mobile dan aplikasi dibangun dengan metode pengembangan sistem Waterfall, serta MySQL sebagai database aplikasi. Berdasarkan blackbox testing dan hasil evaluasi terhadap responden pengguna aplikasi, maka didapatkan bahwa Aplikasi Disposisi Surat Masuk Dan Pembuatan Surat Keluari maupun sistem yang telah dibuat dapat digunakan untukk melakukan pengolahan data surat masuk dan surat keluar dengan lebih efektif. Kata kunci:Web Mobile,Waterfall, dan blackboxtesting

Page 1 of 1 | Total Record : 7