Jurnal Sistem Komputer Musirawas (JUSIKOM)
Published by STMIK MUSIRAWAS
Articles
35
Articles
‚Äč
RANCANG BANGUN MONITORING BENDUNGAN OTOMATIS BERBASIS WEB PADA BENDUNGAN IRIGASI DI DESA G2 DWIJAYA KECAMATAN TUGUMULYO KABUPATEN MUSI RAWAS

Lestari, Novi

Jurnal Sistem Komputer Musirawas (JUSIKOM) Vol 3, No 2 (2018): JURNAL SISTEM KOMPUTERMUSIRAWAS (JUSIKOM) DESEMBER
Publisher : STMIK MUSIRAWAS

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

¬†Tujuan utama dari laporan ini agar dapat mempelajari prinsip kerja sensor ultrasonik, rangkaian Arduino dan motor servo . Fungsi Arduino Pada rangkaian ini dapat mengendalikan Input dan Output berupa motor servo yang akan membuka dan menutup pintu bendungan secara otomatis berbasis Web menggunakan pemprograman arduino. Sistem kerja dari ‚??Rancang Bangun Monitoring Bendungan Otomatis Berbasis Web Pada Bendungan Irigasi di Desa G2 Dwijaya Kecamatan Tugumulyo Kabupaten Musi Rawas‚?Ě adalah untuk pengendalian Bendungan otomatis menggunakan sensor kekeruhan air di olah oleh mikrokotroller arduino uno danketinggian air di ukur dengan sensor ultrasonik kemudian diolah pada mikrokontroller arduino unodan ditampilkan melalui halaman Web.¬†Kata Kunci : Mikrokontrolerarduino uno, membuka dan menutup pintu bendungan berbasis Web ¬†Abstract¬†The main objective of this final project is to learn the working principles of ultrasonic sensors, Arduino circuits and servo motors. The Arduino function in this circuit can control Input and Output in the form of a servo motor that will open and close the dam door automatically based on the Web using Arduino programming. The work system of the "Design of Web-Based Automatic Dam Monitoring in Irrigation Dams in G2 Dwijaya Village, Tugumulyo Subdistrict, Musi Rawas District" is to control automatic dams using a water turbidity sensor by the Arduino Uno microcotroller and measured water level with an ultrasonic sensor then processed on Arduino Uno microcontroller and displayed via a web page.¬†Keywords: Arduino Uno microcontroller, opening and closing the Web-based dam door.

IMPLEMENTASI SERVER VoIP (Voice Over Internet Protocol ) PADA KANTOR KECAMATAN SALING KABUPATEN EMPAT LAWANG

Armanto, Armanto armanto

Jurnal Sistem Komputer Musirawas (JUSIKOM) Vol 3, No 2 (2018): JURNAL SISTEM KOMPUTERMUSIRAWAS (JUSIKOM) DESEMBER
Publisher : STMIK MUSIRAWAS

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Implementation of VoIP Server At Sub-District Office of Saling Regency Empat Lawang has building structure which has many room. In case communicate sometimes takes a fast time. Like a meeting to be made at that moment. For that to be helpful in time and efficient then it can be applied Conference Call at Saling sub-district office. In this study the network used is Local Area Network (LAN), Using server3CX Phone System, while in developing the system used NDLC (Network Development Life Cycle) method. With VoIP Server Implementation In Sub-District  Office of Saling Regency Empat Lawang can make inter-space communication to be  efficient and reduce the cost of usage of mobile phone pulse which is too high. Keywords: VoIP server, 3CX  Phone System, Conference

PENERAPAN ALGORITMA JARINGAN SYARAF TIRUAN UNTUK MEMPREDIKSI HARGA TIKET PESAWAT

Pranata, Reycardo Henglie

Jurnal Sistem Komputer Musirawas (JUSIKOM) Vol 3, No 2 (2018): JURNAL SISTEM KOMPUTERMUSIRAWAS (JUSIKOM) DESEMBER
Publisher : STMIK MUSIRAWAS

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Pesawat terbang merupakan mode transportasi yang digunakan untuk bepergian dari suatu tempat ke tempat lain yang memiliki jarak yang jauh. Banyaknya permintaan penggunaan pesawat terbang, maka menjadi banyaknya maskapai penerbangan dan membuat adanya variasi harga tiket pesawat. Untuk itu penelitian ini akan memprediksi harga tiket pesawat termurah dengan menggunakan algoritma Jaringan Saraf Tiruan. Dalam penelitian ini menggunakan penerbangan dari Jakarta-Denpasar pada tanggal 3 November 2018 sebagai data uji. Data diambil dari aplikasi web Google Flights dari tanggal 29 Agustus 2018 sampai tanggal 29 Oktober 2018. Untuk pembelajaran dari hidden layer jaringan saraf tiruan menggunakan algoritma backpropagation. Penelitian ini dilakukan dengan pemrograman MATLAB R2017a dan dilakukan pengujian terhadap 9 arsitektur jaringan yaitu 1-3-1, 1-4-1, 1-5-1, 1-6-1, 1-8-1, 1-10-1, 1-12-1, 1-15-1,dan 1-20-1 yang tiap arsitektur jaringan dilakukan percobaan 30 kali dan diambil nilai kesalahan yang paling kecil dengan perhitungan Mean Squared Error (MSE). Kemudian didapatkan arsitektur dengan nilai kesalahan yang paling kecil yaitu arsitektur jaringan 1-15-1 dengan nilai kesalahan 0.000138561. Arsitektur jaringan tersebut kemudian digunakan untuk melakukan prediksi terhadap harga tiket pesawat sampai 1 hari sebelum keberangkatan yaitu tanggal 2 November 2018.

Perancangan Sistem Weather Station menggunakan Mikrokontroler ATMega 328P berbasis Website dan Android sebagai Media Monitoring Cuaca

Arifin, M. AGUS Syamsul

Jurnal Sistem Komputer Musirawas (JUSIKOM) Vol 3, No 2 (2018): JURNAL SISTEM KOMPUTERMUSIRAWAS (JUSIKOM) DESEMBER
Publisher : STMIK MUSIRAWAS

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Kondisi perubahan atau pergeseran waktu Musim Hujan dan Musim Kemarau menyebabkan masalah, dimana Para petani kesulitan dalam menentukan waktu menanam, para nelayan kesulitan menentukan kondisi lautan dan ikan sehingga dengan penelitian ini pada akhirnya dapat di gunakan untuk menyimpan, melihat dan menyediakan data ‚?? data mentah untuk diolah agar dapat menentukan karakteristik musim yang berubah ini. Dengan mengunakan Weather Station data kondisi cuaca dapat disimpan ke dalam database yang mempermudah peneliti dan para ahli untuk melihat kumpulan data kondisi cuaca dari bulan ke bulan maupun dari tahun ke tahun. Dengan menggunakan Web dan Interface Android Masyarakat pun dapat melihat kondisi curah hujan, arah mata angin mau pun kecepatan angin secara Real Time.Pemantauan Cuaca berbasis Website dan Android sebagai media monitoring cuaca dapat mempermudah dalam menganalisis kondisi cuaca yang sedang terjadi. Data disimpan ke dalam database dan dapat di buka kapan saja untuk melihat karakteristik kondisi cuaca di suatu daerah seperti Kecepatan Angin, Arah Mata Angin, Suhu, Kelembaban dan Curah Hujan. Sistem ini dapat digunakan oleh para ahli cuaca maupun masyarakat awam yang ingin melihat kondisi Kecepatan Angin, Arah Mata Angin, Suhu, Kelembaban dan Curah Hujan. Karena dengan menggunakan Website dan Android membuat system monitoring menjadi lebih Fleksibel. Penggunaan database juga dapat menyimpan kondisi cuaca sehingga peneliti dapat melihat perubahan kondisi Kecepatan Angin, Arah Mata Angin, Suhu, Kelembaban dan Curah Hujan yang nantinya data tersebut dapat digunakan untuk menentukan karakteristik cuaca di suatu daerah. Penggunaan Solar Cell sebagai sumber energi Listrik Weather Station ini membuat system ini tidak tergantung dari sumber energy Listrik PLN yang sewaktu ‚?? waktu mengalami gangguan.

PERANCANGAN SISTEM MONITORING PERKEMBANGAN BALITA MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER ATMEGA328P TERINTEGRASI DENGAN DATABASE MYSQL DI POSYANDU PIAN RAYA KABUPATEN MUSIRAWAS

Kurniawan, Rudi, Sunardi, Lukman

Jurnal Sistem Komputer Musirawas (JUSIKOM) Vol 3, No 2 (2018): JURNAL SISTEM KOMPUTERMUSIRAWAS (JUSIKOM) DESEMBER
Publisher : STMIK MUSIRAWAS

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Toddler development stage is an important thing to always follow-up. A child is not the same as a miniature adult. Small children are still experiencing a process of growth and development. These two processes are important for the childs future in terms of physical and brain development. Delays or abnormalities at the stage of toddler development can have a negative impact on the toddler. This is the reason why knowing the stage of toddler development becomes a very important thing. Monitoring toddler development can be more practical by utilizing a combination of technology between microcontroller control and database usage as a result of monitoring. Monitoring conducted on toddlers can include monitoring the development of body weight, monitoring body temperature, and monitoring the toddlers heart rate. This microcontroller can process data generated by load cell, temperature sensor and heartbeat sensors to be processed and displayed in real time using the web with a MySQL database. Users who have logged in can access data on the development of body weight, body temperature, and heart rate of toddlers with good and organized records wherever and whenever. So that toddler development can be known easily. Designing a monitoring system for toddler development using a microcontroller that is integrated with the MySQL database at the Posyandu Pian Raya Kabupatem Musi Rawas can be a good solution so that toddler development data can be controlled and accessed anytime.

PENGGUNAAN INTERNET OF THINGS DALAM PEMASARAN PRODUK PERTANIAN

Apriyani, Helina, Sismadi, Sismadi, Sefrika, Sefrika

Jurnal Sistem Komputer Musirawas (JUSIKOM) Vol 3, No 2 (2018): JURNAL SISTEM KOMPUTERMUSIRAWAS (JUSIKOM) DESEMBER
Publisher : STMIK MUSIRAWAS

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

AbstrakInternet of things (IoT) adalah sebuah konsep yang menghubungkan komputer dan perangkat elektronik melalui internet dan dapat dikendalikan dari jarak jauh. Konsep terpenting dalam Internet of things (Iot) adalah modul sistem informasi, koneksi internet dan penyimpanan datanya dalam cloud computing. Konsep ini memiliki manfaat besar dalam perkembangan usaha dan kelangsungan bisnis perusahaan dimana hampir semua bidang menggunakan IoT untuk dapat bersaing di pasaran. Indonesia merupakan sebuah negara yang dianugerahi kekayaan alam yang melimpah ruah. Salah satu komoditi unggulan adalah produk pertanian. Penelitian ini bertujuan untuk membantu para petani dalam memasarkan produknya melalui e-commerce dengan menggunakan konsep Internet of things IoT. Metode penelitian dengan menggunakan metode incremental. ¬†Incremental digunakan untuk mendesai produk, kemudian¬† diimplementasikan, dan diuji secara bertahap (setiap modul akan ditambahkan bertahap) hingga produk selesai. Hasil penelitian ini digunakan untuk membantu petani di Kabupaten Bogor untuk mendistribusikan penjualannya secara luas, meningkatkan revenue dan memutus rantai panjang proses penjualan.¬†Kata kunci‚?? sistem penjualan, incremental, Internet of Things (IoT), produk pertanian, Kabupaten Bogor¬†Abstract¬†Internet of things (IoT) is a concept that connects computers and electronic devices via the internet and can be controlled remotely. The main concept in Internet of things (IoT) is information systems, internet connections and data storage in cloud computing. This concept has great benefits in the efforts and efforts used to use IoT to be able to compete in the market. Indonesia is a country that is blessed with abundant natural resources. One of the leading commodities is agricultural products. This study aims to help farmers market their products through e-commerce using the IoT Internet of things concept. Research method using incremental method. Incremental to design the product, then implemented, and gradually delay (each module will be added gradually) until the product is finished. The results of this study are to help farmers in Bogor Regency to distribute sales widely, increase revenue and break the sales process.¬†Keywords‚??sales system, incremental, Internet of Things (IoT), agricultural products, Kabupaten Bogor

APLIKASI ANDROID LUKISAN WAYANG KAMASAN MENGGUNAKAN QR CODE SEBAGAI MEDIA PROMOSI INTERAKTIF ( STUDI KASUS: STARTUP WAY‚??K)

Astawa, Gede Wira, Raditya Putra, I Gusti Lanang Agung, Juliharta, I Gede Putu Krisna

Jurnal Sistem Komputer Musirawas (JUSIKOM) Vol 3, No 2 (2018): JURNAL SISTEM KOMPUTERMUSIRAWAS (JUSIKOM) DESEMBER
Publisher : STMIK MUSIRAWAS

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

AbstrakLukisan Wayang Kamasan merupakan salah satu kerajinan yang merupakan warisan budaya Bali. Salah satu startup yaitu Way‚??K menginovasikan Lukisan Wayang Kamasan menjadi produk modern seperti lukisan jam dinding, lukisan lampu LED, dan souvenir berupa plakat. Namun hal tersebut belum cukup untuk meningkatkan daya jual dari seni lukis wayang kamasan karena berdasarkan hasil wawancara terhadap owner startup Way‚??K wisatawan kurang tertarik membeli karena wisatawan tidak mengetahui dari makna dan cerita yang terdapat dalam lukisan tersebut, selain itu promosi dan penjualan masih dilakukan secara konvensional mengingat perkembangan zaman memasuki era digital.¬† Maka dari itu penulis membuat suatu aplikasi seni lukis Wayang Kamasan berbasis Android yang dapat menampilkan cerita lukisan melalui kode QR yang dipindai pada lukisan serta terdapat fitur informasi dan pembelian produk secara online melalui aplikasi. Pada pembuatan aplikasi menggunakan metode pendekatan software waterfall dan menggunakan pemodelan Use Case serta Class Diagram dalam perancangan aplikasi. Aplikasi dibangun menggunakan framework React Native dan framework Laravel dan diuji menggunakan metode blackbox testing dan aplikasi telah berhasil dirancang bangun dan berhasil di uji coba dengan hasil sesuai dengan yang diharapkan. Untuk mengetahui tingkat kemudahan penggunaan sistem dilakukan dengan metode Usability testing dan didapatkan hasil sangat baik.¬†Kata Kunci : Lukisan Wayang Kamasan, Aplikasi Android, Kode QR¬†AbstractKamasan puppet painting is one of the handicrafts that is a Balinese cultural heritage. One of the startups, WayK, innovates the Kamasan puppet painting into modern products such as wall clock paintings, LED light paintings, and souvenirs in the form of placards. However, this is not enough to increase the selling power of Kamasan puppet painting because based on the results of interviews with startup owners of WayK tourists are less interested in buying because tourists do not know the meaning and stories contained in the painting, besides promotion and sales are still done conventional considering the development of the era entering the digital era. Therefore, the author makes an Android-based Kamasan puppet painting application that can display painting stories through scanned QR codes on paintings and there are information features and product purchases online through the application. In making the application using the waterfall software approach method and using Use Case modeling and Class Diagram in application design. The application was built using the React Native framework and Laravel framework and tested using the blackbox testing method and the application was successfully designed to wake up and successfully tested with the results as expected. To determine the level of ease of use of the system carried out by the Usability testing method and obtained very good results.¬†Keywords : Kamasan Puppet Painting, Android Application, QR Code

PENERAPAN FINITE STATE MACHINE UNTUK PENGENDALIAN ANIMASI PADA VIDEO GAME RPG NUSANTARA LEGACY

Mustofa, Mustofa, Sidiq, Sidiq, Rahmawati, Eva

Jurnal Sistem Komputer Musirawas (JUSIKOM) Vol 3, No 1 (2018): JURNAL SISTEM KOMPUTER MUSIRAWAS (JUSIKOM) JUNI
Publisher : STMIK MUSIRAWAS

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (491.666 KB)

Abstract

Perkembangan dunia yang dinamis mendorong percepatan perkembangan teknologi dan informasi. Dengan dorongan tersebut komputer yang dulunya dibuat hanya untuk membantu pekerjaan manusia sekarang berkembang menjadi sarana hiburan, permainan, komunikasi dan lain sebagainya. Dalam sektor hiburan salah satu industri yang sedang menjadi pusat perhatian adalah industri video game. Begitu banyaknya produk video game asing yang masuk ke dalam negeri ini memberikan tantangan kepada bangsa ini. Tentunya video game asing yang masuk ke negara ini membawa banyak unsur kebudayaan negara lain. Ini semakin membuat kebudayaan nusantara semakin tergeserkan dengan serangan kebudayaan asing melalui berbagai media. Maka dari itu peneliti mencoba untuk menerapkan Finite State Machine dalam merancang sebuah video game RPG (Role-Playing game) yang memperkenalkan kebudayaan. Dalam perancangan video game ini peneliti menggunakan metode GDLC(Game Development Life Cycle) agar penelitian ini berjalan secara sistematis. Dalam suatu perancangan video game tedapat banyak elemen, pada penelitian ini penulis lebih fokus pada pengendalian animasi karakter yang dimainkan pada video game ini. Dari perancangan yang dilakukan, disimpulkan bahwa Finite State Machine dapat digunakan untuk pengendalian animasi yang baik pada video game RPG. Diharapkan video game ini dapat menjadi salah satu media untuk mengenalkan kebudayaan nusantara

SISTEM SMART PARKING MENGGUNAKAN ULTRASONIK SENSOR

Kurniawan, Rudi, Zulius, Antoni

Jurnal Sistem Komputer Musirawas (JUSIKOM) Vol 3, No 1 (2018): JURNAL SISTEM KOMPUTER MUSIRAWAS (JUSIKOM) JUNI
Publisher : STMIK MUSIRAWAS

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (365.481 KB)

Abstract

AbstrakKebutuhan akan halaman parkir Tentunya menjadi fasilitas utama di suatu perkantoran. Ketika sedang banyak pengunjung yang datang, halaman parkir menjadi penuh. Terkadang juga ada halaman parkir yang tampak penuh di depan, tetapi kosong di belakang. Hal ini menjadi suatu permasalahan, karena ketidaktahuan pengunjung, maka banyak pengunjung Kantor Kecamatan yang memarkir kendaraannya di luar halaman parkir Kecamatan. Kejadian seperti ini dapat kita atasi dengan memberikan suatu tanda yang dapat menjadi indikator apakah ada lahan parkir yang kosong atau tidak. Sistem seperti ini dapat dirancang dengan menggunakan suatu kontrol otomatis dengan meletakkan sensor di tempat parkir. Sensor yang digunakan dapat berupa Ultrasonik Sensor. Sensor ini sangat sensitif terhadap pergerakan. Perubahan gerak yang dirasakan oleh sensor dapat mengirimkan sinyal ke modul kontrol arduino untuk segera diproses dan dikirimkan ke lampu indikator LED.¬†Kata kunci‚?? Arduino, Ultrasonic Sensor, Smart Parking

AUTOMATIC WIPER MENGGUNAKAN RAIN SENSOR PADA PT. NUSA SARANA CITRA BAKTI LUBUKLINGGAU

Lestari, Novi

Jurnal Sistem Komputer Musirawas (JUSIKOM) Vol 3, No 1 (2018): JURNAL SISTEM KOMPUTER MUSIRAWAS (JUSIKOM) JUNI
Publisher : STMIK MUSIRAWAS

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (733.242 KB)

Abstract

Abstrak Pada umumnya, wiper mobil diaktifkan secara manual oleh pengguna kendaraan di kendali pengemudi. Alangkah bagusnya apabila wiperdapat dikendalikan secara otomatis bila ada tetesan air di jendala kaca mobil, tentu hal ini akan mempermudah pengemudi dalam menjalankan kendaraannya. Didalam penelitian ini, peneliti ingin mengembangkan suatu sistem wiper otomatis pada kendaraan mobil. Wiper ini akan langsung hidup jika ada tetesan air yang mengenai permukaan kaca jendela sesuai dengan debit air yang telah disetting dialat yang peniliti akan buat. Penelitian ini menggunakan rain sensor sebagai bagian inputnya. Sensor ini akan mendeteksi adanya tetesan air hujan kemudian akan mengirimkan sinyal yang akan diolah oleh modul arduino. Kemudian, arduino akan mengirimkan sinyal agar dapat menggerakkan motor servo yang ada di wiper. Kata Kunci : Arduino, Rain Sensor, Wiper Abstract In general, the car wipers are activated manually by the user of the vehicle in the drivers control. It would be better if the wiper can be controlled automatically when there is water droplets in the car window glass, of course this will facilitate the driver in running the vehicle. In this study, researchers wanted to develop an automatic eraser system on a car vehicle. This wiper will live immediately if there is water droplets that affect the surface of the window glass in accordance with the water discharge that has been set on the dialat that will researchers make. This research uses rain sensor as part of its input. This sensor will detect rain drops and then send signals to be processed by the Arduino module. Then, the Arduino will send a signal to drive the servo motor on the glass eraser. Keyword :Arduino, Rain Sensor, Wiper