cover
Filter by Year

Analysis
Jurnal Sistem Komputer Musirawas (JUSIKOM)
Published by STMIK MUSIRAWAS
Articles
28
Articles
PENERAPAN FINITE STATE MACHINE UNTUK PENGENDALIAN ANIMASI PADA VIDEO GAME RPG NUSANTARA LEGACY

Mustofa, Mustofa, Sidiq, Sidiq, Rahmawati, Eva

Jurnal Sistem Komputer Musirawas (JUSIKOM) Vol 3, No 1 (2018): JURNAL SISTEM KOMPUTER MUSIRAWAS (JUSIKOM) JUNI
Publisher : STMIK MUSIRAWAS

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (491.666 KB)

Abstract

Perkembangan dunia yang dinamis mendorong percepatan perkembangan teknologi dan informasi. Dengan dorongan tersebut komputer yang dulunya dibuat hanya untuk membantu pekerjaan manusia sekarang berkembang menjadi sarana hiburan, permainan, komunikasi dan lain sebagainya. Dalam sektor hiburan salah satu industri yang sedang menjadi pusat perhatian adalah industri video game. Begitu banyaknya produk video game asing yang masuk ke dalam negeri ini memberikan tantangan kepada bangsa ini. Tentunya video game asing yang masuk ke negara ini membawa banyak unsur kebudayaan negara lain. Ini semakin membuat kebudayaan nusantara semakin tergeserkan dengan serangan kebudayaan asing melalui berbagai media. Maka dari itu peneliti mencoba untuk menerapkan Finite State Machine dalam merancang sebuah video game RPG (Role-Playing game) yang memperkenalkan kebudayaan. Dalam perancangan video game ini peneliti menggunakan metode GDLC(Game Development Life Cycle) agar penelitian ini berjalan secara sistematis. Dalam suatu perancangan video game tedapat banyak elemen, pada penelitian ini penulis lebih fokus pada pengendalian animasi karakter yang dimainkan pada video game ini. Dari perancangan yang dilakukan, disimpulkan bahwa Finite State Machine dapat digunakan untuk pengendalian animasi yang baik pada video game RPG. Diharapkan video game ini dapat menjadi salah satu media untuk mengenalkan kebudayaan nusantara

SISTEM SMART PARKING MENGGUNAKAN ULTRASONIK SENSOR

Kurniawan, Rudi, Zulius, Antoni

Jurnal Sistem Komputer Musirawas (JUSIKOM) Vol 3, No 1 (2018): JURNAL SISTEM KOMPUTER MUSIRAWAS (JUSIKOM) JUNI
Publisher : STMIK MUSIRAWAS

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (365.481 KB)

Abstract

AbstrakKebutuhan akan halaman parkir Tentunya menjadi fasilitas utama di suatu perkantoran. Ketika sedang banyak pengunjung yang datang, halaman parkir menjadi penuh. Terkadang juga ada halaman parkir yang tampak penuh di depan, tetapi kosong di belakang. Hal ini menjadi suatu permasalahan, karena ketidaktahuan pengunjung, maka banyak pengunjung Kantor Kecamatan yang memarkir kendaraannya di luar halaman parkir Kecamatan. Kejadian seperti ini dapat kita atasi dengan memberikan suatu tanda yang dapat menjadi indikator apakah ada lahan parkir yang kosong atau tidak. Sistem seperti ini dapat dirancang dengan menggunakan suatu kontrol otomatis dengan meletakkan sensor di tempat parkir. Sensor yang digunakan dapat berupa Ultrasonik Sensor. Sensor ini sangat sensitif terhadap pergerakan. Perubahan gerak yang dirasakan oleh sensor dapat mengirimkan sinyal ke modul kontrol arduino untuk segera diproses dan dikirimkan ke lampu indikator LED. Kata kunci— Arduino, Ultrasonic Sensor, Smart Parking

AUTOMATIC WIPER MENGGUNAKAN RAIN SENSOR PADA PT. NUSA SARANA CITRA BAKTI LUBUKLINGGAU

Lestari, Novi

Jurnal Sistem Komputer Musirawas (JUSIKOM) Vol 3, No 1 (2018): JURNAL SISTEM KOMPUTER MUSIRAWAS (JUSIKOM) JUNI
Publisher : STMIK MUSIRAWAS

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (733.242 KB)

Abstract

Abstrak Pada umumnya, wiper mobil diaktifkan secara manual oleh pengguna kendaraan di kendali pengemudi. Alangkah bagusnya apabila wiperdapat dikendalikan secara otomatis bila ada tetesan air di jendala kaca mobil, tentu hal ini akan mempermudah pengemudi dalam menjalankan kendaraannya. Didalam penelitian ini, peneliti ingin mengembangkan suatu sistem wiper otomatis pada kendaraan mobil. Wiper ini akan langsung hidup jika ada tetesan air yang mengenai permukaan kaca jendela sesuai dengan debit air yang telah disetting dialat yang peniliti akan buat. Penelitian ini menggunakan rain sensor sebagai bagian inputnya. Sensor ini akan mendeteksi adanya tetesan air hujan kemudian akan mengirimkan sinyal yang akan diolah oleh modul arduino. Kemudian, arduino akan mengirimkan sinyal agar dapat menggerakkan motor servo yang ada di wiper. Kata Kunci : Arduino, Rain Sensor, Wiper Abstract In general, the car wipers are activated manually by the user of the vehicle in the drivers control. It would be better if the wiper can be controlled automatically when there is water droplets in the car window glass, of course this will facilitate the driver in running the vehicle. In this study, researchers wanted to develop an automatic eraser system on a car vehicle. This wiper will live immediately if there is water droplets that affect the surface of the window glass in accordance with the water discharge that has been set on the dialat that will researchers make. This research uses rain sensor as part of its input. This sensor will detect rain drops and then send signals to be processed by the Arduino module. Then, the Arduino will send a signal to drive the servo motor on the glass eraser. Keyword :Arduino, Rain Sensor, Wiper

SELEKSI SEKOLAH DASAR CALON PENERIMA BANTUAN PERPUSTAKAAN MENGGUNAKAN METODE WEIGHTED PRODUCT

Muslihudin, Muhamad, Lestari, Desti Tri, Mukodimah, Siti, Hartati, Sri

Jurnal Sistem Komputer Musirawas (JUSIKOM) Vol 3, No 1 (2018): JURNAL SISTEM KOMPUTER MUSIRAWAS (JUSIKOM) JUNI
Publisher : STMIK MUSIRAWAS

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (582.924 KB)

Abstract

AbstrakPerpustakaan merupakan salah satu akses untuk mencari informasi,  terutama perpustakaan sekolah yang sangat penting bagi guru dan siswa untuk mencari sumber informasi dari bahan pustaka yang tersedia di perpustakaan sekolah. Produk utama perpustakaan adalah informasi. Perpustakaan sangatlah dibutuhkan bagi setiap sekolah dasar supaya dapat membantu penyelesaian masalah bagi siswa/i maupun dewan guru. Metode Weighted Product dapat membantu pengambilan keputusan dalam perangkingan sekolah dasar calon penerima bantuan perpustakaan. Penelitian dilakukan dengan cara mencari bobot setiap atribut, kemudian dilakukan proses perangkingan sekolah dasar yang akan menerima bantuan perpustakaan. Dalam penentuan perangkingan sekolah dasar calon penerima perpustakaan diperlukan kriteria-kriteria, yaitu : Jumlah Buku, Jumlah Judul Buku, Kondisi Buku, Frekwensi Layanan, Daya Minat Baca Siswa/i, Koleksi Perpustakaan. Hasil yang dicapai sistem pengambilan keputusan menghasilkan 7 alternatif rekomendasi sekolah dasar yang disarankan, dengan 3 nilai alternatif tertinggi yaitu: SDN 1 Sendang Agung, SDN 5 Sendang Mulyo, SDN 1 Sendang Mulyo. Kata Kunci : Perpustakaan, SPK, Sekolah Dasar, Weighted Product, Bantuan AbstractThe library is one of access to seek information, especially the school library which is very important for teachers and students to find the source of information from library materials available in the school library. The main product of the library is information. Libraries are urgently needed for every elementary school anywhere to help solve problems for students and teachers. The Weighted Product method can help decision making in primary school rankings of potential beneficiaries of library assistance. Research is done by finding the weight of each attribute, then done the primary school ranking process that will receive library assistance. In determining the ranking of primary school candidates the required criteria, that is: Number of Books, Number of Book Titles, Book Condition, Frequency of Service, Interest Reading of Students, Library Collection. The results of the decision making system resulted in 7 alternative recommended of primary school, with 3 highest alternative values that is: SDN 1 Sendang Agung, SDN 5 Sendang Mulyo, SDN 1 Sendang Mulyo. Keywords : Library, Decision Making System, Primary School, Weighted Product Method.

RANCANG BANGUN KOMPUTER HEMAT ENERGI MENGGUNAKAN RASPBIAN BERBASIS RASPBERRY PI PADA STMIK MUSI RAWAS LUBUKLINGGAU

Arifin, M. AGUS Syamsul

Jurnal Sistem Komputer Musirawas (JUSIKOM) Vol 3, No 1 (2018): JURNAL SISTEM KOMPUTER MUSIRAWAS (JUSIKOM) JUNI
Publisher : STMIK MUSIRAWAS

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (386.408 KB)

Abstract

AbstrakRaspberry merupakan sebuah komputer mini yang memiliki kinerja serupa dengan komputer kebanyakan tetapi mengkonsumsi daya yang relatif kecil yaitu dengan tegangan 5v dan arus minimal 1A  dan arus ideal sebesar 2A sehingga daya yang di butuhkan untuk mengoperasikan komputer ini hanya sebesar 5 watt untuk daya minimal dan untuk kinerja yang ideal hanya membutuhkan daya sebesar 10 watt. Raspbian merupakan sebuah sistem operasi yang di khususkan bekerja pada perangkat komputer yang menggunakan prosessor berarsitektur arm sehingga dalam penelitian ini peneliti akan menggunakan raspberry yang di kombinasikan dengan raspbian untuk mendapatkan sebuah sistem komputer yang membutuhkan daya listrik minimal untuk kinerja yang maksimal.            Pada kampus STMIK Musi Rawas Lubuklinggau masih menggunakan komputer desktop yang membutuhkan daya listrik yang besar untuk menjalankan sistem sehingga membuat penggunaan energi listrik menjadi besar. Kata Kunci : Raspberry Pi, Raspbian, Komputer AbstractRaspberry is a mini computer that has similar performance to most computers but consumes relatively small power with a voltage of 5v and a minimum current of 1A and ideal current of 2A so that the power required to operate this computer is only 5 watts for minimal power and for performance the ideal requires only 10 watts of power. Raspbian is an operating system that specializes in working on computer devices that use processor arm architecture so that in this study researchers will use raspberries in combination with raspbian to get a computer system that requires minimal electrical power for maximum performance. On the campus STMIK Musi Rawas Lubuklinggau still use desktop computers that require large electrical power to run the system so as to make the use of electrical energy becomes great.  Keyword : Rasperry Pi, Raspbian, Computer

PERBANDINGAN BUBBLE SORT, SHELL SORT DAN KOMBINASI BUBBLE SORT DENGAN SHELL SORT

Rachmat, Nur

Jurnal Sistem Komputer Musirawas (JUSIKOM) Vol 3, No 1 (2018): JURNAL SISTEM KOMPUTER MUSIRAWAS (JUSIKOM) JUNI
Publisher : STMIK MUSIRAWAS

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (238.545 KB)

Abstract

AbstrakData terurut diperlukan untuk pengolahan data. Penggunaan algoritma pengurutan yang tepat dapat mempercepat waktu pengurutan. Shell Sort dan Bubble Sort dapat dikombinasikan untuk mendapatkan algoritma dengan dengan waktu yang lebih baik. Kombinasi dilakukan dengan cara menggunakan dua algoritma secara bergantian. Shell Sort digunakan pada tahap awal kemudian dilanjutkan dengan dengan Bubble Sort. Algoritma pengurutan yang memiliki waktu yang lebih baik dapat dikelompokan berdasarkan jumlah elemen data. Bubble Sort lebih cepat dibandingkan Shell Sort untuk jumlah elemen acak sampai dengan 20. Sedangkan untuk elemen acak 30 sampai dengan 9000, Shell Sort lebih cepat dibandingkan Bubble Sort dan Shell-Bubble Sort untuk semua jumlah elemen acak. Kemudian algoritma Shell-Bubble Sort lebih cepat dibandingankan algoritma Bubble Sort pada jumlah elemen acak 500 sampai dengan 9000. Kata kunci— Bubble Sort, Kombinasi, Shell Sort 

PERANCANGAN APLIKASI DISPOSISI SURAT MASUK DAN PEMBUATAN SURAT KELUAR DI STMIK MUSIRAWAS LUBUKLINGGAU BERBASIS WEB MOBILE

Irawan, Davit

Jurnal Sistem Komputer Musirawas (JUSIKOM) Vol 3, No 1 (2018): JURNAL SISTEM KOMPUTER MUSIRAWAS (JUSIKOM) JUNI
Publisher : STMIK MUSIRAWAS

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (579.9 KB)

Abstract

AbstrakPada saat ini perkembangan dari teknologi komunikasi berkembang begitu pesat, saat ini telah banyak bermunculannya alat telekomunikasi atau perhubungan yang canggih, diantaranya yaitu telepon, seluler, televisi, radio, telegram, facsimile dan lain sebagainya. Dengan pentingnya keberadaan dari surat suatuinstansi atau perusahaan perluuntuk dapat melakukan pengolahan dengan baik dari surat yang mereka miliki, akan tetapi saat ini suatu instansi atau perusaan telah melakukan berbagai kesalahan dalam proses pengelolaansuratatau data-data penting yang ada.Pada STMIK Musirawas Lubuklinggau yang merupakansalahsatuperguruantinggi di kotaLubuklinggau, mengalami permasalahan dalam pengolahan surat keluar dan surat masuk beserta dengan disposisi surat, dimana proses system pencatatan sura tmasuk dan surat keluar masih menggunakan proses manual akibatnya sulit menemukan kembali arsip yang diperlukan untuk proses pelaksanaan kegiatan, sehingga terjadi dan terdapat duplikasi arsip serta menumpuknya data yang memenuhi ruangan akademik STMIK Musirawas Lubuklinggau Dalam penelitian ini,akan dibangun Perancangan dan Implementasi Perancangan Aplikasi Disposisi Surat Masuk Dan Pembuatan Surat Keluar Di Stmik Musirawas Lubuklinggau Berbasis Web Mobile, aplikas iini membatu Permasalahn STMIK Musirawas dalam melakukan pengolahan data surat masuk dan surat keluar, Rancangan Aplikasi ini dibangun berbasis Web Mobile dan aplikasi dibangun dengan metode pengembangan sistem Waterfall, serta MySQL sebagai database aplikasi. Berdasarkan blackbox testing dan hasil evaluasi terhadap responden pengguna aplikasi, maka didapatkan bahwa Aplikasi Disposisi Surat Masuk Dan Pembuatan Surat Keluari maupun sistem yang telah dibuat dapat digunakan untukk melakukan pengolahan data surat masuk dan surat keluar dengan lebih efektif. Kata kunci:Web Mobile,Waterfall, dan blackboxtesting

Rancang Bangun Kontrol Pintu Air Otomatis Berdasarkan Level Ketinggian Air Menggunakan Arduino Dan Sensor HC-SR04 Pada Dinas PU dan Penataan Ruang Kota Lubuklinggau

Zulius, Antoni

Jurnal Sistem Komputer Musirawas (JUSIKOM) Vol 2, No 2 (2017): JURNAL SISTEM KOMPUTER MUSIRAWAS (JUSIKOM) DESEMBER
Publisher : STMIK MUSIRAWAS

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (314.846 KB)

Abstract

Abstrak Pintu air merupakan bangunan penunjang pada suatu bendungan irigasi dan bendungan pengendali banjir. Pintu air sudah ada sejak jaman dahulu, dimana jaman dahulu pintu air sangaatlah sederhana. Dengan terjadinya revolusi industri pada waktu itu maka merupakan awal perkembangan pintu air pada khususnya dan pada teknologi pada umumnya. Hal ini terlihat dari berbagai macam pintu air yang digunakan dari pintu air dengan sistem manual sampai dengan pintu air dengan sistem full otomatis. Buka tutup pintu air otomatis merupakan bangunan berserta instalasinya yang berfungsi membuka, mengatur dan menutup aliran air yang masuk ke bendungan atau waduk, berdasarkan level ketinggian air pada hulu bendungan. Kata kunci— Arduino, Sensor Ultrasonik, otomatis Abstract The water gate is a supporting structure on an irrigation dam and a flood control dam. The door of water has existed since antiquity, where ancient water gate Sangaatlah simple. With the industrial revolution at that time it was the beginning of the development of water gates in particular and in technology in general. This can be seen from the various sluices used from the water gate with the manual system up to the gate with full automatic system. Open the automatic floodgates are buildings and installations that work open, adjust and close the flow of water into the dam or reservoir, based on the level of water level upstream of the dam. Keywords— Arduino, Ultrasonic Sensor, Automatic

Perancangan dan Implementasi Data Center Menggunakan File Transfer Protocol (FTP

Kurniawan, Budi

Jurnal Sistem Komputer Musirawas (JUSIKOM) Vol 2, No 2 (2017): JURNAL SISTEM KOMPUTER MUSIRAWAS (JUSIKOM) DESEMBER
Publisher : STMIK MUSIRAWAS

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (389.262 KB)

Abstract

Abstrak Perancangan dan Implementasi Data Center Menggunakan File Transfer Protocol (FTP), Penggunaan sistem autentikasi pada storage device akan membantu proses validasi pengguna. Keuntungan yang lain adalah pengguna memiliki privacy dan terpisah dari pengguna lain dalam memanfaatkan storage-nya. Untuk melaksanakan komunikasi tersebut, tentulah ada suatu aturan yang diterapkan, hal ini dinamakan protocol. Protocol yang digunakan adalah FTP (File Transfer Protocol). Berdasarkan hal tersebut maka perlu dibangun sebuah network storage center menggunakan File Transfer Protocol (FTP) sebagai protocol internet yang berjalan pada sistem komputer yang berjalan pada suatu jaringan komputer. Untuk keamanan data digunakan otentifikasi user sehingga dapat membantu user dalam penyimpanan data secara aman tanpa khawatir datanya akan diketahui orang yang tidak berhak.. Kata kunci—3-5 FTP, MikroTik, network storage. Abstract “Design and Implementation of Data Center Using the File Transfer Protocol (FTP), The use of an authentication system on a storage device will assist the user validation process. Another advantage is that users have privacy and separate from other users in the use of its storage.. To carry out such communication, there must be a rule applied, its called protocol. The protocol used is FTP (File Transfer Protocol). Based on this it is necessary to build a network storage centers using File Transfer Protocol (FTP) as an internet protocol that runs on a computer system that runs on a computer network. Data used for user authentication security that can help the user in storing data securely without worrying about their data will be known to an unauthorized person. Keywords—3-5 FTP, MikroTik, network storage

SCOREBOARD MENGGUNAKAN ARDUINO PADA LAPANGAN KING FUTSAL LUBUKLINGGAU

Daulay, Nelly Khairani

Jurnal Sistem Komputer Musirawas (JUSIKOM) Vol 2, No 2 (2017): JURNAL SISTEM KOMPUTER MUSIRAWAS (JUSIKOM) DESEMBER
Publisher : STMIK MUSIRAWAS

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (399.942 KB)

Abstract

Perkembangan teknologi elektronika pada zaman sekarang ini berkembang begitu cepat. Salah satu contoh perkembangan teknologi eletronika saat ini adalah Arduino. Arduino merupakan sebuah pengendelai mikro single-bord yang dirancang untuk membantu pengguna elektonik dalam bidangnya. Dikarenakan dapat dikombinasikan dengan komponen-konponen hardware yang bertujuan untuk membuat purwarupa peralatan elektonik yang interaktif. Pada penelitian kali ini Arduino digunakan pada permainan futasal. Permainan futsal merupakan modifikasi dari permainan sepakbola. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penghitungan skor pada permainan futsal. Penggunaan sistem penskoran menggunakan sevent segment sehingga dapat digunakan pada kondisi indoor ataupun outdoor. Scoreboard digunakan untuk mempermudah juri atau wasit menentukan score pertandingan pada beberapa cabang olahraga. Karena diketahui setiap cabang olahraga mempunyai peraturan yang berbeda prihal mengenai sistem penskoran dan waktu nya. Hasil dari penelitian ini adalah menghasilkan suatu score board pada permainan futsal. Kata kunci : Arduino, Sevent segment, Scoreboard