Jurnal Sistem Informasi Musirawas (JUSIM)
Published by STMIK MUSIRAWAS
Articles
62
Articles
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN OBAT PADA KLINIK IBU MAS DEPOK

Yulia, Eka Rini, Nuris, Nuzuliarini

Jurnal Sistem Informasi Musirawas (JUSIM) Vol 3, No 2 (2018): JURNAL SISTEM INFORMASI MUSIRAWAS (JUSIM) DESEMBER
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STMIK MUSIRAWAS

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Klinik Ibu Mas merupakan sebuah yayasan yang membantu masyarakat sekitarnya untuk bisa sembuh dari sakitnya. Selain itu klinik ibu mas ini juga menjual obat-obatan. Obat ini di jual secara langsung oleh klinik ibu mas kepada masyarakat khususnya yang berada di daerah cimanggis depok. Klinik ibu mas memiliki kendala dalam proses penjualan obat serta kurangnya sarana media transaksi penjualan di klinik ibu mas. Dengan melihat permasalahan yang terdapat di klinik ibu mas, maka pihak klinik ibu mas menginginkan sebuah media pejualan berbasis website yang diharapkan dapat membantu untuk kelancaran proses penjualan obat yangsedang dijalankan. Perlu dilakukan analisis sistem agar dapat menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi dalam sistem yang saat ini sedang berjalan. Metode yang digunakan pada pengembangan perangkat lunak ini menggunakan model waterfall. Alat yang digunakan untuk menggambarkan model sistem adalah berupa Activity Diagram, Use Case Diagram dan ERD, sedangkan bahasa pemprograman yang digunakan untukmembuat program aplikasi ini adalah PHP dan MySql dangan dibantu tool Adobe Dreamweaver CS5 dan Xampp.

ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP PELAYANAN PT. TIKI LUBUKLINGGAU MENGGUNAKAN METODE SERVQUAL

Hakim, Lukman, Sari, Mutiara Rulan

Jurnal Sistem Informasi Musirawas (JUSIM) Vol 3, No 2 (2018): JURNAL SISTEM INFORMASI MUSIRAWAS (JUSIM) DESEMBER
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STMIK MUSIRAWAS

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstrak Kepuasan pelanggan adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang berasal dari perbandingan antara kesannya terhadap kinerja (hasil) suatu produk dengan harapannya[1]. Pelayanan merupakan suatu kegiatan yang memiliki beberapa unsur ketak berwujudan yang berhubungan dengannya, apa yang melibatkan beberapa interksi dengan konsumen atau pelanggan dengan property dalam kepemilikannya, dan tidak menghasilkan transfer kepemilikan[2]. Hal yang harus diperhatikan dalam memberikan pelayanan kepada konsumen adalah mendengarkan suara konsumen sehingga perusahaan harus memperoleh umpan balik (feed back) beberapa tanggapan konsumen tentang sarana dan prasarana yang berhubungan dengan pelayanan yang diberikan kepada konsumen untuk kontrol dan ukuran keberhasilan suatu perusahaan itu sendiri, hal ini juga yang mengharuskan perusahaan untuk menyusun strategi dalam mengatasi pesaingan agar menjadi pilihan utama pelanggan. Kata Kunci : Analisis, Kepuasan Pelanggan, Pelayanan Abstract Satisfaction is a feeling of pleasure or disappointment that comes from the compatibility between the impression of performance (results) a product with his hopes. Service is an activity that has several intangible elements associated with it, what involves several interactions with consumers or customers with property in their ownership, and does not result in ownership transfers. The thing that must be considered in providing services to consumers is listening to the voice of consumers so that the company must obtain feedback some consumer responses regarding facilities and infrastructure related to services provided to consumers for control and measures of success of a company itself, this also requires companies to develop strategies to overcome competition in order to become the primary choice of customers. Keywords : Analysis, Customer Satisfaction, Service

EVALUASI KUALITAS WEBSITE SMA NEGERI 4 LUBUKLINGGAU MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL

Elmayati, Elmayati, Wulandari, Cindi

Jurnal Sistem Informasi Musirawas (JUSIM) Vol 3, No 2 (2018): JURNAL SISTEM INFORMASI MUSIRAWAS (JUSIM) DESEMBER
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STMIK MUSIRAWAS

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

AbstrakMasalah pada penelitian adalah website  ini perlu evaluasi kualitas dalam penyampaian  informasi dan layanan berdasarkan sudut pandang pengguna dengan menggunakan penilaian dari variabel-variabel yang ada pada metode webqual. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data, dengan cara melakukan pengamatan secara langsung pada tempat penelitian (observasi), metode wawancara, menyebar kuesioner kepada responden, metode dokumentasi dan metode perpustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 4 variabel webqual, hanya 2 variabel yang berpengaruh signifikan terhadap kepuasan siswa terhadap website, yaitu variabel ussability dan overall.Dapat disimpulkan bahwa siswa kurang setuju terhadap variabel informasi kualitas dan informasi pelayanan, sehingga variabel servqual yang perlu diperbaiki dalam pengembangan selanjutnya yaitu variabel informasi quality dan informasi pelayanan. Kata kunci?? Evaluasi, kualitas  website, metode webqual AbstractThe problem in this study is that this website needs quality evaluation in delivering information and services based on the users point of view by using an assessment of the variables that exist in the webqual method. This study uses data collection methods, by observing directly the place of research (observation), interview methods, distributing questionnaires to respondents, documentation methods and library methods. The results showed that of the 4 webqual variables, only 2 variables had a significant effect on student satisfaction on the website, namely ussability and overall variables. It could be concluded that students did not agree on the variables of quality information and service information, so that servqual variables needed to be improved in subsequent development namely quality information information and service information.  Keywords?? Evaluation, website quality , webqual method

EVALUASI KUALITAS WEBSITE SMK N 2 PERTANIAN TUGUMULYO MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL

Lingga Wijaya, M.Kom, Harma Oktafia, Yunita, Yunita, Rusdiyanto, Rusdiyanto

Jurnal Sistem Informasi Musirawas (JUSIM) Vol 3, No 2 (2018): JURNAL SISTEM INFORMASI MUSIRAWAS (JUSIM) DESEMBER
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STMIK MUSIRAWAS

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

AbstrakPada Penelitian ini di dapatkan permasalahan yang terjadi disana saat ini adalah Tidak diketahui kualitas dari website SMK Negeri 2 Pertanian Tugumulyo khusunya pada kriteria penilaian pada kegunaan, kualitas informasi, kualitas interaksi layanan dan keseluruhannya. Penelitian ini menggunakan 2 metode pengumpulan data yaitu metode pengumpulan data primer yang terdiri dari Metode kuesioner, mengumpulkan dokumen-dokumen dari tempat penelitian (dokumentasi) dan menggunakan metode pengumpulan sekunder yaitu data yang didapat berupa pengetahuan teoritis yang didapat penulis selama ini, baik dari bahan-bahan kuliah, buku-buku referensi yang relevan, serta dari hasil penjelajahan (browsing) dari internet. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 4 variabel webqual, ada 3 variabel yang berpengaruh signifikan terhadap kualitas website, yaitu variabel usability, information quality dan variabel service interaction quality. Dapat disimpulkan bahwa website kurang berkualitas dalam segi Overall (keseluruhan), sehingga variabel webqual yang perlu diperbaiki dalam pengembangan selanjutnya yaitu variabel Overall. Kata kunci : Evaluasi kualitas website, metode webqual 4.0AbstractThe problem in this study is the unknown quality of the website SMK Negeri 2 Tugumulyo Agriculture, especially in the assessment criteria on the usefulness, quality of information, quality of service interaction and overall . This study uses 2 methods of data collection, namely the primary data collection method consisting of Questionnaire method, collecting documents from the research site (documentation) and using secondary collection methods, namely the data obtained in the form of theoretical knowledge obtained by the author, both from lecture materials, relevant reference books, and from the results of exploration ( browsing ) from the internet . The results showed that of the four variables WebQual, there are three variables that significantly influence the quality of the website, which is variable usability, information quality and service interaction variable quality. Can be concluded that the website lacks quality in terms of Overall (overall) , so that the webqual variable needs to be corrected in the next development that is the Overall variable . Keywords: Website quality evaluation , webqual 4.0 methode

PEMANFAATAN PENGGUNAAN PERPUSTAKAAN DIGITAL DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PENDEKATAN HUMAN COMPUTER INTERACTION

Wardani, Kiky Rizky Nova

Jurnal Sistem Informasi Musirawas (JUSIM) Vol 3, No 2 (2018): JURNAL SISTEM INFORMASI MUSIRAWAS (JUSIM) DESEMBER
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STMIK MUSIRAWAS

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

AbstrakPemanfaatan penggunaan perpustakaan digital (perpudig) untuk dapat mengetahui seberapa besar perpustakaan digital (perpudig) dapat membantu pengunjung untuk dapat menikmati fasilitas perpustakaan. Salah satu contoh yang menikmati penggunaan perpustakaan digital (perpudig) pada perpustakaan ini adalah siswa siswi sekolah menengah pertama. Mereka membutuhkan sarana yang dapat diakses dengan cepat untuk menemukan referensi yang dibutuhkan. Pemanfaatan dijelaskan dengan menggunakan parameter usabilitas dan aksebilitas dan menggunakan pendekatan Interaksi Komputer dan manusia. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif maka hasil rekap nilai Usability menunjukkan keseluruhan atribut memiliki nilai penerimaan usability dengan rata-rata diatas 3, sehingga dapat dikatakan bahwa perpustakaan digital (perpudig) telah memiliki aspek usability, yaitu learnability, efficiency, memorability, errors dan satisfaction. Dan perpustakaan digital (perpudig) ini sudah dapat digunakan oleh seluruh siswa dan staf perpustakaan sekolah menengah ini dikarenakan perpustakaan digital (perpudig) sangat mudah dipelajari dan mudah dipahami atau dimengerti oleh penggunanya. Banyak faktor yang menjadi kendala dalam pemanfaatan perpustakaan digital (perpudig) seperti masalah jaringan internet, koleksi digital yang dimiliki belum lengkap, kelelahan mata pengguna, kurang sosialiasi dan kekurangantahuan pengelola perpustakaan apabila terjadi kesalahan atau masalah ketingga pengunjung mengakses informasi di perpustakaan digital (perpudig). Data yang diperoleh dari penggunaan metode penelitian kuantitatit yaitu kusioner dan observasi. Hasil penelitian di dapatkan bahwa pada aspek usability dan dan aksebilitas bahwa sepenuhnya akan sangat membatu pengguna aplikasi ini terhadap penggunaan aplikasi digital tersebutKata kunci?? Human-Computer-Interaction, Elektronik-Perpustakaan, Usabitlity Abstract  Utilizing the use of digital libraries (perpudig) to be able to find out how big a digital library (perpudig) can help visitors to be able to enjoy library facilities. One example that enjoys the use of digital libraries (perpudig) in this library is junior high school students. They need facilities that can be accessed quickly to find needed references. Utilization is explained by using parameters of usability and accessibility and using the Computer and human Interaction approaches. The results of this study can be concluded that by using quantitative research methods, the results of Usability value recapses show that all attributes have usability acceptance values with an average above 3, so it can be said that digital libraries (perpudig) have usability aspects, namely learnability, efficiency, memorability , errors and satisfaction. And this digital library (perpudig) can already be used by all middle school library students and staff because the digital library (perpudig) is very easy to learn and easy to understand or understand by its users. Many factors become obstacles in the utilization of digital libraries (perpudig) such as internet network problems, digital collections that are owned incomplete, user eye fatigue, lack of socialization and ignorance of library managers when errors or problems occur until visitors access information in digital libraries (perpudig). Data obtained from the use of quantitative research methods are questionnaire and observation. The results of the research are that the usability and accessibility aspects will fully help the users of this application to use the digital applicationKeywords?? Human-Computer-Interaction, Elektronik-Perpustakaan, Usabitlity

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KEWIRAUSAHAAN PEDESAAN BERBASIS WEB MULTIMEDIA

Puspita, Desi, Aminah, Siti

Jurnal Sistem Informasi Musirawas (JUSIM) Vol 3, No 2 (2018): JURNAL SISTEM INFORMASI MUSIRAWAS (JUSIM) DESEMBER
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STMIK MUSIRAWAS

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

AbstrakTujuan penelitian ini adalah untuk membangun Sistem Informasi Manajemen Kewirausahaan Pedesaan berbasis web multimedia yang menyediakan layanan publik untuk  belajar berwirausaha. Dimana warga desa yang kebanyakan  awam  dalam  penggunaan  IT  (Teknologi  Informasi)  serta  kemampuan  terbatas dalam  memahami  istilah-istilah  IT  dan  keilmuan  lainnya  yang  terkesan  rumit  untuk dimengerti padahal minat masyarakat perdesaan untuk belajar kewirausahaan cukup besar, dan juga masyarakat selama ini untuk mendapatkan informasi kewirausahaan belum optimal karena kemudahan dan kelengkapan dalam  penggunaan  teknologi  informasi  khususnya  dalam  pembelajaran wirausaha masih sangat kurang. Metode  pengembangan  sistem  yang  digunakan  yakni  Rapid  Aplication Development (RAD) dengan tahapan antara lain : requirements planning, RAD design workshop, dan implementation. Manfaat dari sistem ini dapat memberikan manfaat kemandirian desa karena kemampuan wirausaha  desa semakin meningkat dan desa memiliki kemampuan daya saing. Hasil dari penelitian adalah berupa Sistem Informasi Manajemen Kewirausahaan Pedesaan berbasis web multimedia. Kata Kunci:  Pedesaan, Website, Kewirausahaan, Multimedia.  AbstractThe purpose of this study is to establish a multimedia web-based Rural Entrepreneurship Management Information System that provides public services for learning entrepreneurship. Where villagers are mostly lay people in the use of IT (Information Technology) as well as limited ability to understand other IT and scientific terms that seem complicated to understand even though the interest of rural people to study entrepreneurship is quite large, and also the community to get entrepreneurial information yet optimal because the ease and completeness in the use of information technology, especially in entrepreneurial learning is still very lacking. The system development method used is Rapid Application Development (RAD) with stages including: requirements planning, RAD design workshop, and implementation. The benefits of this system can provide the benefits of village independence because the capacity of village entrepreneurs is increasing and the village has competitiveness. The results of the study are in the form of a multimedia web-based Rural Entrepreneurship Management Information System. Keywords: Rural, Website, Entrepreneurship, Multimedia

PENERAPAN METODE PROTOTYPE DALAM PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGHITUNGAN VOLUME DAN COST PENJUALAN MINUMAN BERBASIS WEBSITE

Nugraha, Wahyu, Syarif, Muhamad

Jurnal Sistem Informasi Musirawas (JUSIM) Vol 3, No 2 (2018): JURNAL SISTEM INFORMASI MUSIRAWAS (JUSIM) DESEMBER
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STMIK MUSIRAWAS

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Perusahaan merupakan tempat dimana proses transaksi bisnis berlangsung. Pengolahan data-data yang berhubungan dengan proses bisnis terkadang mengalami kendala seperti yang terjadi pada Hotel Mercure Pontianak. Kendala yang terjadi diantaranya saat penghitungan stok barang setiap akhir bulan. Hal ini terjadi karena rekap penjumlahan barang yang terjual perharinya dihitung secara manual menggunakan buku besar sehingga menyebabkan pengurangan stok yang terpakai tidak sesuai dengan resep minuman yang telah ditetapkan. Akibatnya setiap akhir bulan data stok minuman yang tercatat tidak sesuai dengan stok yang tersisa. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang aplikasi untuk penghitungan volume dan cost penjualan minuman agar karyawan yang bertugas di food and beverage department pada bar hotel lebih mudah dalam manajemen stok barang yang tersedia maupun yang terpakai. Selain itu aplikasi ini dapat mengetahui standar recipe yang telah ditetapkan. Aplikasi ini dirancang menggunakan bahasa PHP dan menggunakan database MySQL. Adapun metode pengembangan sistem yang digunakan adalah metode prototype. Diharapkan dengan adanya sistem informasi penghitungan volume dan cost penjualan minuman ini dapat mempermudah proses transaksi bisnis yang terjadi khususnya dalam manajemen stok barang yang ada di food and beverage department Hotel Mercure Pontianak.

PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN TOKOH DAN PENINGGALAN SEJARAH WALISONGO PADA SDS AULIA

Rahmayu, Mulia, Serli, Rosi Kusuma

Jurnal Sistem Informasi Musirawas (JUSIM) Vol 3, No 1 (2018): JURNAL SISTEM INFORMASI MUSIRAWAS (JUSIM) JUNI
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STMIK MUSIRAWAS

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (461.613 KB)

Abstract

Belajar Sejarah merupakan salah satu mata pelajaran yang ada pada kurikulum pendidikan di Indonesia. Salah satu tujuan pembelajaran sejarah yaitu untuk meningkatkan kesadaran diri generasi-generasi muda bangsa agar memiliki rasa bangga dan cinta terhadap tanah air. SDS Aulia merupakan salah satu sekolah dasar swasta yang ada di Jakarta. Dalam proses belajar mengajar pada SDS Aulia, selama ini guru menyampaikan materi sejarah dengan ceramah dan siswa menyimak buku pelajaran. Hal tersebut membuat siswa kurang tertarik dalam belajar serta kurang memahami pelajaran yang disampaikan. Untuk mengatasi masalah tersebut maka dirancang sebuah media pembelajaran berbentuk animasi yang dikemas secara menarik. Proses dalam merancang media pembelajaran ini menggunakan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Dengan adanya animasi interaktif sebagai media pembelajaran, diharapkan dapat mempermudah guru dalam menyampaikan materi pembelajaran terutama sejarah serta mempermudah siswa-siswi dalam memahami pelajaran dan meningkatkan motivasi siswa-siswi dalam belajar.

PENERAPAN METODE SDLC WATERFALL DALAM SISTEM INFORMASI INVENTORI BARANG BERBASIS DESKTOP

Nugraha, Wahyu, Syarif, Muhamad, Dharmawan, Weiskhy Steven

Jurnal Sistem Informasi Musirawas (JUSIM) Vol 3, No 1 (2018): JURNAL SISTEM INFORMASI MUSIRAWAS (JUSIM) JUNI
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STMIK MUSIRAWAS

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (466.68 KB)

Abstract

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan pada perusahaan De Lapisa Cakes diperoleh bahwa suatu sistem yang diterapkan belum menggunakan teknologi komputerisasi dalam proses kegitannya sehari. Berdasarkan penelitian tersebut penulis mencoba membuat sebuah rancangan aplikasi guna menunjang aktivitas kegiatan perusahaan dengan menggunakan bahasa pemrograman VB.NET. Untuk metode pengembangan software dilakukan dengan menggunakan metode SDLC Waterfall.  Dengan penggunaan aplikasi ini diharapkan dapat mempermudah dan mempercapat pengaksesan data barang, serta mempermudah pembuatan laporan barang masuk dan keluar dan menghasil kan laporan yang jauh lebih baik. Selain itu dapat membantu mengontrol kapasitas gudang penyimpanan stok. Hasil pengamatan dari penelitian yang telah dilakukan pada perusahaan De Lapisa Cakes, diketahui bahwa sistem pencatatan persediaan barang belum terkomputerisasi. Media kertas merupakan alat yang digunakan untuk mencatat setiap transaksi pada perusahaan tersebut. Akibatnya laporan yang dihasilkan sering terjadi kesalahan karena hilang dan rusaknya bukti transaksi. Berdasarkan permasalahan yang terjadi dibutuhkannya sebuah rancangan system yang terkomputer agar dapat mengurangi humans error pada proses pembuatan laporan maupun proses pencatatan transaksi. Peneliti mengembangkan sebuah rancangan perangkat lunak yang dapat mengatasi permasalahan yang terjadi pada perusahaan De Lapisa Cakes. Rancangan yang dibuat menggunakan bahasa pemrogramman Visual Studio 2010 dan menerapkan metode SDLC Waterfall sebagai metode pengembangan perangkat lunak. Perangkat lunak ini diharapkan dapat mempermudah proses pencatatan transaksi, mengurangi kemungkinan terjadinya humans error, menghasilkan laporan yang lebih baik dengan waktu yang singkat, dan mempermudah management dalam mengambil keputusan dengan adanya laporan-laporan pendukung.

ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI SMP NEGERI 38 OKU

akmibaturaja, wisnu murti

Jurnal Sistem Informasi Musirawas (JUSIM) Vol 3, No 1 (2018): JURNAL SISTEM INFORMASI MUSIRAWAS (JUSIM) JUNI
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STMIK MUSIRAWAS

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (628.475 KB)

Abstract

Perkembangan dalam dunia teknologi khususnya internet banyak sekali diminati masyarakat. Salah satunya World Wide Web ( WWW ) atau yang dikenal dengan website merupakan salah satu fasilitas di Internet yang meluas dan merupakan salah satu media informasi dan sekaligus sebagai sarana promosi. semakin pesatnya perkembangan dunia IT semakin banyak perusahaan/instansi pendidikan yang mulai melirik internet sebagai salah satu media informasi yang digunakan untuk menyampaikan informasi oleh berbagai pihak termasuk instansi pendidikan dalam memberikan informasi tentang mutu pendidikan di sekolah. Dalam perkembangan sebuah sistem informasi jarak jauh yang memberikan hak akses khusus bagi anggotanya ini  mulai digunakan sebagai sarana untuk menghubungkan antar pengguna internet dalam sebuah sistem pengolahan database. website SMP Negeri 38 OKU dibuat menggunakan PHP dan MYSQL serta aplikasi-aplikasi pendukung lainnya seperti adobe photoshop.  website SMP Negeri 38 OKU berisi tentang beberapa halaman yang saling berhubungan yaitu halaman sejarah, struktur organisasi, fasilitas, data guru dan prestasi, sehingga masyarakat lebih mudah untuk mengetahui Informasi SMP Negeri 38 OKU. Kata Kunci?? Internet, Website, Informasi