cover
Filter by Year

Analysis
Jurnal Sistem Informasi Musirawas (JUSIM)
Published by STMIK MUSIRAWAS
Articles
27
Articles
PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN TOKOH DAN PENINGGALAN SEJARAH WALISONGO PADA SDS AULIA

Rahmayu, Mulia, Serli, Rosi Kusuma

Jurnal Sistem Informasi Musirawas (JUSIM) Vol 3, No 1 (2018): JURNAL SISTEM INFORMASI MUSIRAWAS (JUSIM) JUNI
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STMIK MUSIRAWAS

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (461.613 KB)

Abstract

Belajar Sejarah merupakan salah satu mata pelajaran yang ada pada kurikulum pendidikan di Indonesia. Salah satu tujuan pembelajaran sejarah yaitu untuk meningkatkan kesadaran diri generasi-generasi muda bangsa agar memiliki rasa bangga dan cinta terhadap tanah air. SDS Aulia merupakan salah satu sekolah dasar swasta yang ada di Jakarta. Dalam proses belajar mengajar pada SDS Aulia, selama ini guru menyampaikan materi sejarah dengan ceramah dan siswa menyimak buku pelajaran. Hal tersebut membuat siswa kurang tertarik dalam belajar serta kurang memahami pelajaran yang disampaikan. Untuk mengatasi masalah tersebut maka dirancang sebuah media pembelajaran berbentuk animasi yang dikemas secara menarik. Proses dalam merancang media pembelajaran ini menggunakan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Dengan adanya animasi interaktif sebagai media pembelajaran, diharapkan dapat mempermudah guru dalam menyampaikan materi pembelajaran terutama sejarah serta mempermudah siswa-siswi dalam memahami pelajaran dan meningkatkan motivasi siswa-siswi dalam belajar.

PENERAPAN METODE SDLC WATERFALL DALAM SISTEM INFORMASI INVENTORI BARANG BERBASIS DESKTOP

Nugraha, Wahyu, Syarif, Muhamad, Dharmawan, Weiskhy Steven

Jurnal Sistem Informasi Musirawas (JUSIM) Vol 3, No 1 (2018): JURNAL SISTEM INFORMASI MUSIRAWAS (JUSIM) JUNI
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STMIK MUSIRAWAS

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (466.68 KB)

Abstract

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan pada perusahaan De Lapisa Cakes diperoleh bahwa suatu sistem yang diterapkan belum menggunakan teknologi komputerisasi dalam proses kegitannya sehari. Berdasarkan penelitian tersebut penulis mencoba membuat sebuah rancangan aplikasi guna menunjang aktivitas kegiatan perusahaan dengan menggunakan bahasa pemrograman VB.NET. Untuk metode pengembangan software dilakukan dengan menggunakan metode SDLC Waterfall.  Dengan penggunaan aplikasi ini diharapkan dapat mempermudah dan mempercapat pengaksesan data barang, serta mempermudah pembuatan laporan barang masuk dan keluar dan menghasil kan laporan yang jauh lebih baik. Selain itu dapat membantu mengontrol kapasitas gudang penyimpanan stok. Hasil pengamatan dari penelitian yang telah dilakukan pada perusahaan De Lapisa Cakes, diketahui bahwa sistem pencatatan persediaan barang belum terkomputerisasi. Media kertas merupakan alat yang digunakan untuk mencatat setiap transaksi pada perusahaan tersebut. Akibatnya laporan yang dihasilkan sering terjadi kesalahan karena hilang dan rusaknya bukti transaksi. Berdasarkan permasalahan yang terjadi dibutuhkannya sebuah rancangan system yang terkomputer agar dapat mengurangi humans error pada proses pembuatan laporan maupun proses pencatatan transaksi. Peneliti mengembangkan sebuah rancangan perangkat lunak yang dapat mengatasi permasalahan yang terjadi pada perusahaan De Lapisa Cakes. Rancangan yang dibuat menggunakan bahasa pemrogramman Visual Studio 2010 dan menerapkan metode SDLC Waterfall sebagai metode pengembangan perangkat lunak. Perangkat lunak ini diharapkan dapat mempermudah proses pencatatan transaksi, mengurangi kemungkinan terjadinya humans error, menghasilkan laporan yang lebih baik dengan waktu yang singkat, dan mempermudah management dalam mengambil keputusan dengan adanya laporan-laporan pendukung.

ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI SMP NEGERI 38 OKU

akmibaturaja, wisnu murti

Jurnal Sistem Informasi Musirawas (JUSIM) Vol 3, No 1 (2018): JURNAL SISTEM INFORMASI MUSIRAWAS (JUSIM) JUNI
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STMIK MUSIRAWAS

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (628.475 KB)

Abstract

Perkembangan dalam dunia teknologi khususnya internet banyak sekali diminati masyarakat. Salah satunya World Wide Web ( WWW ) atau yang dikenal dengan website merupakan salah satu fasilitas di Internet yang meluas dan merupakan salah satu media informasi dan sekaligus sebagai sarana promosi. semakin pesatnya perkembangan dunia IT semakin banyak perusahaan/instansi pendidikan yang mulai melirik internet sebagai salah satu media informasi yang digunakan untuk menyampaikan informasi oleh berbagai pihak termasuk instansi pendidikan dalam memberikan informasi tentang mutu pendidikan di sekolah. Dalam perkembangan sebuah sistem informasi jarak jauh yang memberikan hak akses khusus bagi anggotanya ini  mulai digunakan sebagai sarana untuk menghubungkan antar pengguna internet dalam sebuah sistem pengolahan database. website SMP Negeri 38 OKU dibuat menggunakan PHP dan MYSQL serta aplikasi-aplikasi pendukung lainnya seperti adobe photoshop.  website SMP Negeri 38 OKU berisi tentang beberapa halaman yang saling berhubungan yaitu halaman sejarah, struktur organisasi, fasilitas, data guru dan prestasi, sehingga masyarakat lebih mudah untuk mengetahui Informasi SMP Negeri 38 OKU. Kata Kunci— Internet, Website, Informasi

Penerapan OFM pada Sistem Informasi Penjualan Keripik Khas Palembang Menggunakan Paper Prototipe

wardani, kiky rizky nova

Jurnal Sistem Informasi Musirawas (JUSIM) Vol 3, No 1 (2018): JURNAL SISTEM INFORMASI MUSIRAWAS (JUSIM) JUNI
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STMIK MUSIRAWAS

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (418.737 KB)

Abstract

Rumah Keripik Wongkito adalah sebuah Unit Kerja Masyarakat yang bergerak pada bidang makanan, usaha ini memberdayakan masyarakat sekitar khususnya ibu-ibu rumah tangga untuk dapat memiliki keahlian selain bekerja di rumah tangga nya sendiri. Rumah Keripik Wongkito (RKW) memproduksi berbagai jenis keripik yang diproduksi sendiri dengan menggunakan cara manual. Sebagai UKM yang bergerak pada bidang makanan tentunya UKM ini berusaha untuk meningkatkan pelayanan pada pelanggan, agar keripik nya dapat dikenal diseluruh Indonesia sebagai makanan khas kota Palembang yang terjamin kualitasnya, Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sIstem informasi penjualan yang bias memenuhi permintaan barang yang dibutuhkan oleh pelanggan. Sistem ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi RKW dalam memberikan informasi mengenai persedian barang dalam memenuhi permintaan pelanggan, dan tentunya system ini dapat membantu UKM dalam mempromosikan barang dagangannya, dengan menerapkan Order Fulfillment Management pada system ini, yang tentunya akan sangat membantu dalam hal mengelola permintaan pelanggan pada RKW.

IMPLEMENTASI METODE PIECES PADA ANALISIS WEBSITE KANTOR PENANAMAN MODAL KOTA LUBUKLINGGAU

Wijaya, Harma Oktafia Lingga

Jurnal Sistem Informasi Musirawas (JUSIM) Vol 3, No 1 (2018): JURNAL SISTEM INFORMASI MUSIRAWAS (JUSIM) JUNI
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STMIK MUSIRAWAS

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (476.581 KB)

Abstract

AbstrakDi Era Informasi pada saat ini website memiliki fungsi yang sangat besar bagi individu maupun masyarakat luas ,sebagai media penyebarluasan informasi bagi  masyarakat itu sendiri dengan terpenuhi kebutuhan informasi masyarakat diharapkan terpenuhinya dan tercapainya informasi yang mudah dan cepat sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini,untuk memberikan pelayan yang baik kepada masyarakat Kantor penanaman modal juga berusaha memberikan informasi yang cepat kepada masyarakat dengan menggunakan website kantor.  Begitu juga dengan kantor penanaman modal kota Lubuklinggau.Kantor Penanaman Modal Kota Lubuklinggau pada saat ini sudah mempunyai website sendiri yaitu http://www.kpm.lubuklinggaukota.go.id. Dimana website ini menyediakan informasi mengenai Kantor Penanaman Modal Kota Lubuklinggau seperti berita, visi dan misi, profil dan informasi lainnya. Akan tetapi sejak website pertama dibuat, website ini belum pernah dilakukan suatu analisis mengenai keadaan website tersebut. Sehingga terdapat masalah yang muncul dalam mengakses website tersebut, seperti membutuhkan waktu yang lama membuka halaman website, navigasi menu yang kompleks dan informasi yang kurang up to date. Dengan menganalisa website tersebut maka dapat diperoleh suatu informasi yang berguna bagi pemilik website guna memperbaiki dan mengembangkan website mereka.Website Kantor Penanaman Modal ini akan dianalisis dengan menggunakan metode PIECES dari segi Performance, Information, Economic, Control, Efeciensy, dan Service. Dari segi Performance akan mengukur seberapa lama performa dari website Kantor Penanaman Modal Kota Lubuklinggau. Segi Information akan menganalisis informasi apa saja yang diberikan oleh website Kantor Penanaman Modal Kota Lubuklinggau kepada masyarakat. Segi Economics akan menganalisis dari segi ekonomi yaitu biaya. Control akan menganalisa dari segi keamanan website. Segi Efficiency akan menganalisis seberapa efisienkah website Kantor Penanaman Modal Kota Lubuklinggau dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat. Segi Service Layanan akan menganalisis layanan apa saja yang disediakan website Kantor Penanaman Modal Kota Lubuklinggau.Kata Kunci : Metode PIECES, Analisis, Website

Perancangan Sistem Admistrasi Perumahan Pada PT GUNUNG BERLIAN NUSANTARA Prabumulih

setiawan, iwan

Jurnal Sistem Informasi Musirawas (JUSIM) Vol 3, No 1 (2018): JURNAL SISTEM INFORMASI MUSIRAWAS (JUSIM) JUNI
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STMIK MUSIRAWAS

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (533.153 KB)

Abstract

AbstrakPT. Gunung Berlian Nusantara merupakan pengembang perumahan yang bergerak dibidang properti yaitu penjualan rumah subsidi. Sistem penjualannya dilakukan secara kredit melalui Bank atau kredit pada developer. Pembayaran kredit developer langsung pada kantor pemasaran. Data penjualan dan pembayaran rumah diolah oleh bagian administrasi yang masih menggunakan Microsoft Office Excel dan buku administrasi. Sehingga perlu dibangun sebuah rancangan sistem administrasi perumahan untuk pengolahan data yang berbasis pemograman PHP dan basis data MySQL dengan alat bantu perancangan menggunakan UML (Unified Modelling Language). Adapun metode pengembangan sistem yang digunakan adalah metode Prototype. Dengan adanya sistem administrasi perumahan berbasis pemograman aplikasi ini dapat memberikan kemudahan dan mendukung kegiatan administrasi perusahaan. Kata kunci— Perumahan, PHP, MySQL, UML, Metode Prototype.  AbstractPT. Gunung Berlian Nusantara is a housing developer engaged in the sale of subsidized houses. The sales system is done on credit through the Bank or credit to the developer. Direct developer loan payments at the marketing office. Data sales and home payments are processed by administrators who still use Microsoft Office Excel and administrative books. It is necessary to build the design of residential administration system for data processing based on PHP programming and MySQL database with design tool using UML (Unified Modeling Language). System development method used is Prototype method. With a residential administration system based on this application program can provide ease and support corporate administration activities Keywords— Housing, PHP, MySQL, UML, Prototype Method.

SPK: ANALISA REKOMENDASI BANK KONVENSIONAL DENGAN PROMETHEE SEBAGAI SOLUSI CERDAS UNTUK MENABUNG

Novika, Tri, Widiastari, Afrialita, Miralda, Viya, Windarto, Agus Perdana

Jurnal Sistem Informasi Musirawas (JUSIM) Vol 3, No 1 (2018): JURNAL SISTEM INFORMASI MUSIRAWAS (JUSIM) JUNI
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STMIK MUSIRAWAS

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (378.476 KB)

Abstract

Many banks in Indonesia, both government and private offer different advantages to customers, so there are still many common people who are hesitant in deciding where to save. The reasearch proposes a decision support system to recommend conventional banks as a savvy solution for saving. The promethee method generates decisions by comparing alternatives based on different preference functions and weights of each criterion in which the decision result is determined from the promethee II (net flow) rating. The criteria used as the valuation for conventional bank are savings interest rate (C1), number of ATM machine (C2), initial deposit of saving (C3), monthly administration fee (C4) and bank service (C5). This developed system resulted Bank Mandiri as recommendation of conventional bank as smart solution to save with net value 0,725. With this system can help prospective customers in determining the ideal saving place to prepare for future needs.

RANCANG BANGUN DASHBOARD SISTEM INFORMASI SEBARAN DATA PENDUDUK BERBASIS WEB MOBILE (STUDI KASUS DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KOTA LUBUKLINGGAU)

Elmayati, Elmayati

Jurnal Sistem Informasi Musirawas (JUSIM) Vol 2, No 2 (2017): JURNAL SISTEM INFORMASI MUSIRAWAS (JUSIM) DESEMBER
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STMIK MUSIRAWAS

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (833.266 KB)

Abstract

Dashboard merupakan media yang dapat digunakan untuk penyajian dan visualisasi data. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil mempunyai tugas melaksanakan urusan pemerintahan daerah berdasarkan asas otonomi dan tugas pembantuan di bidang kependudukan dan pencatatan sipil serta tugas lain yang diberikan Walikota sesuai dengan lingkup tugas dan fungsinya. Informasi pemetaan sebaran data penduduk pada Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kota Lubuklinggau belum diberikan secara online. sehingga masyarakat sulit mendapatkan informasi kependudukan kota Lubuklinggau. Rancang Bangun Dashboard Sistem Informasi Sebaran Data Penduduk Berbasis Web Mobile (Studi Kasus Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kota Lubuklinggau) dapat menjadikan informasi pemetaan sebaran data penduduk pada Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kota Lubuklinggau dapat dilakukan secara online dan perubahan data penduduk dapat dilakukan secara cepat. Kata kunci : Dashboard, MySQL, Penduduk, PHP AbstractDashboard is a media that can be used for data presentation and visualization. The Department of Population and Civil Registration has the duty to carry out regional government affairs based on the principle of autonomy and duty of assistance in the field of population and civil registration as well as other tasks assigned by the Mayor in accordance with the scope of duties and functions. Information mapping the distribution of population data on the Department of Population and Civil Records Lubuklinggau City has not been given online. So that people find it difficult to get population information of Lubuklinggau city. Design of Dashboard Information System of Data Distribution of Mobile Web Based Population (Case Study of Population and Civil Registration of Lubuklinggau City) can make information of mapping of population data on Population and Civil Registration Office of Lubuklinggau City can be done online and change of population data can be done quickly. Keywords: Dashboard, MySQL, Population, PHP

Perancangan Aplikasi Promosi Songket Palembang Berbasis Android

Wijaya, Novan

Jurnal Sistem Informasi Musirawas (JUSIM) Vol 2, No 2 (2017): JURNAL SISTEM INFORMASI MUSIRAWAS (JUSIM) DESEMBER
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STMIK MUSIRAWAS

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (536.658 KB)

Abstract

Abstrak - Songket adalah kain tenun yang dibuat dengan teknik menambah benang pakan sebagai hiasan dengan menyisipkan benang perak, emas atau benang warna diatas benang lungsin. Asal mula kain songket palembang bermula dari perdangan zaman dahulu di antara Tiongkok dan India. Orang Tionghoa menyediakan benang sutera sedangkan orang india menyumbang benang emas dan perak. Kain songket palembang sendiri ditenun pada alat tenun bingkai Melayu. Dalam hal memperkenalkan kain songket Palembang ke dunia nasional dan internasional diperlukan sebuah media untuk membantu promosi songket palembang berbasis android. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan sebuah dokumen perancangan yang baik untuk membangun sebuah media promosi songket Palembang berbasis android. Pendekatan rekayasa perangkat lunak yang digunakan dalam perancangan adalah perancangan terstruktur dan tools yang digunakan berupa Data Flow Diagram dan Entity Relationship Diagram

Sistem Informasi Penjualan Bahan Bangunan (Studi Kasus :PT.Sinar Musi Jaya Palembang)

tujni, b41bul

Jurnal Sistem Informasi Musirawas (JUSIM) Vol 2, No 2 (2017): JURNAL SISTEM INFORMASI MUSIRAWAS (JUSIM) DESEMBER
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STMIK MUSIRAWAS

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (774.958 KB)

Abstract

Abstract. The transaction of sale and purchase of goods is a system that provides information service of transaction data of sale and purchase of goods and stock of building material goods. This information system is important for the company. Company PT.Sinar Musi Jaya Palembang is where the object of writing sales transactions materials materials, information systems sales and purchases of goods on the company has not been well managed so often errors in the calculation of the amount of materials of stone coral and broken stone, in making reports such as reports broken stone, transaction report of purchase and sale, brownstone data processing report, customer processing report and supplier data report. The purpose of this study is to provide convenience for companies and employees in data processing sales transactions and purchase transactions, processing of broken stone materials, customer data processing and data processing suppliers, and simplify the report generation. This information system is built in order to provide convenience in data processing sales and purchases of materials both from sales to customers and purchases against suppliers and processing sales and purchase reports to be more precise and accurate. The conclusion in this paper to build information system sales and inventory of broken stone material is made by using the VB.NET programming language combined with Sql Server as database. Keywords: Sales Transaction, Purchase, Stock amount of goods, Information system, Vb.Net, Sql Server