cover
Contact Name
Oman Somantri
Contact Email
Oman Somantri
Phone
-
Journal Mail Official
journalcontact@kopertipindonesia.or.id
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
KOPERTIP: Jurnal Ilmiah Manajemen Informatika dan Komputer
ISSN : 2549211X     EISSN : 25499351     DOI : -
Core Subject : Science,
KOPERTIP: Scientific Journal of Informatics Management and Computer is a periodical scientific journal that published 3 (three) times per year. This journal are giving chance to all academia and researchers to publish their works in field of information system, computer science, informatics, and computer engineering. Our journal aims to promote the distribution of efficient and innovative scientific work.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue " Vol 2 No 1 (2018): KOPERTIP: Jurnal Ilmiah Manajemen Informatika dan Komputer" : 6 Documents clear
Pembuatan Video Dokumentasi HUT Bank XYZ ke 63 sebagai Karya yang dilombakan dalam Rangka Perayaan HUT RI ke 71 Robihah, Hidati
KOPERTIP: Jurnal Ilmiah Manajemen Informatika dan Komputer Vol 2 No 1 (2018): KOPERTIP: Jurnal Ilmiah Manajemen Informatika dan Komputer
Publisher : Puslitbang Kopertip Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32485/kopertip.v2i1.19

Abstract

didokumentasikan.  Media dokumentasi suatu kegiatan berfungsi sebagai media komunikasi untuk disajikan kepada orang lain. Perkembangan teknologi membawa pengaruh dalam hal pendokumentasian suatu acara atau kegiatan.  Dengan video, media dokumentasi dapat dibuat menjadi lebih menarik. Adobe Premier merupakan salah satu software untuk mengedit video yang digunakan untuk mendokumentasikan perayaan HUT Bank XYZ. Metode Luther / pengembangan multimedia dijadikan tahapan yang dilakukan untuk membuat video dokumentasi. Video dokumentasi HUT Bank XYZ kemudian dilombakan dalam rangka perayaan HUT RI ke 71 tahun. Kata kunci : Multimedia, Video Dokumentasi, Adobe Premier Pro, Bank XYZ, Metode Luther  
Analisis Perbandingan Manajemen Bandwidth Jaringan Wifi Autentikasi User Password Metode Hierarchical Token Bucket (HTB) dengan Per Connection Queue (PCQ): Studi Kasus STMIK Bani Saleh Subekti, Zaenal Mutaqin
KOPERTIP: Jurnal Ilmiah Manajemen Informatika dan Komputer Vol 2 No 1 (2018): KOPERTIP: Jurnal Ilmiah Manajemen Informatika dan Komputer
Publisher : Puslitbang Kopertip Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32485/kopertip.v2i1.34

Abstract

Kebutuhan penggunaan internet dari tahun ke tahun semakin meningkat, Untuk memfasilitasi penggunaan internet pada STMIK Bani Saleh khsususnya untuk mahasiswa dan karyawan maupun dosen maka di rancang bangun jaringan wifi autentikasi user dan password sehingga setiap user dapat terhubung satu device. Ketika pengguna sedang mengakses internet melalui wifi dan melakukan download file, pengguna yang lain tidak bisa masuk atau mengalami akses yang lambat, disebabkan karena keterbatasan bandwidth. Dan dibutuhkan biaya yang mahal untuk menambah kapasitas bandwidth. Manajemen bandwidth dapat digunakan untuk membagi kapasitas bandwidth internet pada pengguna jaringan wifi. Beberapa metode dapat digunakan untuk manajemen bandwidth seperti HTB dan PCQ. Dengan membandingkan metode hierarchical token bucket (HTB) dan metode per connection queue (PCQ) dapat dipilih manajemen bandwidth yang sesuai dengan kebutuhan pengguna untuk jarigaan wifi di STMIK Bani Saleh.
Sistem Informasi Simpan Pinjam Tunjangan Hari Tua Berbasis SMS Gateway di SMK TI Pembangunan Cimahi Rismayana, Aris Haris; Apriyanti, Sumi
KOPERTIP: Jurnal Ilmiah Manajemen Informatika dan Komputer Vol 2 No 1 (2018): KOPERTIP: Jurnal Ilmiah Manajemen Informatika dan Komputer
Publisher : Puslitbang Kopertip Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32485/kopertip.v2i1.29

Abstract

Pada era teknologi informasi dan komunikasi saat ini kebutuhan akan informasi sangat cepat, tepat dan akurat sangat diperlukan keberadaannya. Dengan semakin meningkatnya kebutuhan, maka dalam hal penyajian dan penanganannya perlu ditingkatkan sehingga mampu berperan dalam pengambilan keputusan. Dalam hal ini di SMK TI Pembangunan Cimahi , dalam pengolahan data simpan pinjam Tunjangan Hari Tua dilakukan masih secara manual dengan menggunakan pembukuan dan semi manual menggunakan Microsoft Excel, sehingga terdapat beberapa kendala yang terjadi dalam pengolahan data dan menghasilkan informasi yang efisien dan efektif misalnya anggota yang akan melakukan simpanan ataupun pinjaman membutuhkan waktu yang cukup lama dikarenakan pelayananan anggota khususnya di bidang simpan pinjam tidak secepat komputerisasi. Sistem Informasi Simpan Pinjam pada Tunjangan Hari  Tua Berbasis SMS ini dirancang dengan menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic.Net dan mempunyai fungsi untuk memberikan informasi data simpan pinjam bagi para anggota dengan lebih mudah, efektif dan efisien dengan fitur tambahan yaitu dengan adanya SMS yang akan bisa memberikan informasi jumlah simpanan dan sisa angsuran.
APLIKASI KAMUS ISTILAH PSIKOLOGI BERBASIS ANDROID Nurhasanah, Komala; Adi, Ridi Satrio
KOPERTIP: Jurnal Ilmiah Manajemen Informatika dan Komputer Vol 2 No 1 (2018): KOPERTIP: Jurnal Ilmiah Manajemen Informatika dan Komputer
Publisher : Puslitbang Kopertip Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32485/kopertip.v2i1.35

Abstract

Psikologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang gejala manusia yang berkaitan dengan hubungan antara manusia dan lingkungannya. Dalam proses pembelajaran sehari-hari, para mahasiswa psikologi diwajibkan mempunyai sebuah kamus istilah psikologi yang berguna untuk menunjang proses pembelajaran. Kamus memiliki peranan penting dalam membantu pembelajaran mahasiswa, akan tetapi kamus halaman yang sangat banyak, tebal dan memiliki bobot yang tidak ringan serta hanya didominasi oleh teks dengan warna yang sederhana sehingga membuat para mahasiswa malas membawanya dan tidak tertarik untuk sering membacanya. Selain itu kamus ini dinilai tidak efisien dalam proses pencarian data yang dibutuhkan karena diharuskan mencari dan membuka setiap halamn kamus sampai data yang diperlukan ditemukan. Maka dari itu penulis ingin membuat kamus tersebut menjadi sebuah media yang baru dalam smartphone yang berbasis Android. Tujuan dan penelitian ini adalah menghasilkan sebuah aplikasi kamus istilah psikologi yang dapat membantu para mahasiswa psikologi menjadi lebih mudah dan lebih efisien untuk mencari data yang diperlukan sehingga tidak perlu lagi membuka setiap lembaran halaman dari kamus tersebut. Dalam pembuatan aplikasi ini penulis menggunakan Android developer tool untuk membangun aplikasi dan SQLite sebagai database nya. Aplikasi ini hanya menampilkan kamus istilah psikologi, singkatan yang biasa dipakai dalam psikologi, konsepsi simbolik utama Hull, dan simbol penghitungan Rorschach yang umum dan beberapa tools tambahan serta dilengkapi dengan fitur pencarian dan Favorite sehingga lebih mempermudah para mahasiswa psikologi untuk menggunakannya.
Pembuatan 3D Model Denah Panggung Menggunakan Teknik Subdivison Modeling Wiratirta, Ariswan Chandra
KOPERTIP: Jurnal Ilmiah Manajemen Informatika dan Komputer Vol 2 No 1 (2018): KOPERTIP: Jurnal Ilmiah Manajemen Informatika dan Komputer
Publisher : Puslitbang Kopertip Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32485/kopertip.v2i1.13

Abstract

Perkembangan desain komunikasi visual tiga dimensi saat ini berkembang pesat di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan munculnya beberapa serial animasi tiga dimensi di televisi swasta. Tidak hanya digunakan dalam industri animasi, desain komunikasi visual tiga dimensi juga di gunakan dalam hal lain, seperti industri otomotif, industri game, pembuatan model sebuah bangunan, tata kota, ataupun pembuatan denah. Maka dari itu dalam penelitian ini dibuatlah 3D model dengan teknik subdivision modeling untuk denah panggung agar lokasi-lokasi yang terletak pada denah lebih mudah dimengerti oleh pengunjung, mulai dari desain panggung, lighting, hingga jalur-masuk penonton. Perangkat lunak untuk produksi desain denah panggung  3D karakter menggunakan perangkat lunak Maxon Cinema 4D, di mana perangkat lunak tersebut mempunyai alur kerja sendiri dalam mengolah produksi, khususnya mempersiapkan aset animasi 3D. Dalam pembuatan denah 3D ini metodologi yang digunakan adalah metodologi Luther. Diharapkan dengan dibuatnya denah ini dapat dijadikan sebagai sarana menambah wawasan generasi saat ini tentang kegunaan model 3D dalam berbagai bidang.Denah; 3D; Subdivision; modeling; luther
Penerapan Location Based Service dan QR-Code Dalam Pemetaan Lokasi Berbasis Android Ramdan, Dadan Saepul; Priawan, Agi
KOPERTIP: Jurnal Ilmiah Manajemen Informatika dan Komputer Vol 2 No 1 (2018): KOPERTIP: Jurnal Ilmiah Manajemen Informatika dan Komputer
Publisher : Puslitbang Kopertip Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32485/kopertip.v2i1.31

Abstract

Salah satu hal yang paling penting dalam pelaksanan sebuah acara atau kegiatan adalah lokasi. Oleh karena itu, pencantuman alamat atau lokasi dalam sebuah kegiatan atau acara merupakan hal yang wajib dan harus dilakukan dengan tepat dan akurat, sehingga para tamu undangan atau para peserta dapat mencapai lokasi dengan efektif dan efisien.Ada beberapa cara yang dilakukan untuk melakukan pencantuman sebuah lokasi, beberapa diantaranya adalah dengan menggunakan text dan gambar denah lokasi yang ditulis dan digambar pada kartu undangan, poster dan media promosi lainya. Penggunakan text dan gambar denah lokasi memiliki beberapa keterbatasan, diantaranya adalah penggambaran denah lokasi yang tidak akurat karena keterbatan lebar denah lokasi yang bisa digambar dan tidak bisa memberikan navigasi atau rute menuju lokasi tersebut, sehingga dapat menyebabkan kesasar. Beberapa masalah tersebut dapat diselesaikan dengan pendekatan aplikasi digital berbasis Android. Saat ini Android menjadi OS mobile yang populer dan banyak digunakan oleh kebanyakan masyarakat. Android juga sudah mendukung Location Based Service (LBS) dan Global Positioning System (GPS), yang bisa digunakan untuk melakukan pemetaan lokasi, membuat navigasi dan rute untuk mencapai sebuah lokasi. Untuk menyederhanakan pencantuman alamat lokasi pada media promosi, dapat menggunakan QR-Code yang dapat discan atau dibaca oleh sebuah aplikasi digital. User hanya perlu men-scan QR-Code yang tercantum dalam media promosi, kemudian aplikasi akan menerjemahkan QR-Code tersebut menjadi sebuah peta lokasi dan membuka navigasi untuk memandu user mencapai lokasi tersebut.

Page 1 of 1 | Total Record : 6