cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta pusat,
Dki jakarta
INDONESIA
IKRAITH-TEKNOLOGI
ISSN : 25804308     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Arjuna Subject : -
Articles 57 Documents
E-commerce Toko Buynoworcrylater Ningtias, Shinta Ayu; Rusli, Muhammad
IKRA-ITH TEKNOLOGI : Jurnal Sains & Teknologi Vol 2 No 2 (2018): IKRA-ITH TEKNOLOGI Vol 2 No 2 Bulan July 2018
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Persada Indonesia YAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (273.7 KB)

Abstract

ABSTRAKTujuan dilakukan penelitian ini adalah membangun sebuah website untuk mempermudahsistem penjualan dan pemesanan produk pada toko Buynoworcrylater. Buynoworcrylater adalahsebuah toko yang menjual pakaian khusus wanita remaja hingga dewasa. Sistem penjualan danpemesanan barang dilakukan belum menggunakan fasilitas e-commerce yaitu masih melaluitelepon. Masalah yang dihadapi adalah dalam hal pencatatan data pembeli, sering terjadinyakehilangan data yang mengakibatkan keterlambatan pengiriman. Sistem yang dirancang penelitimenggunakan metode RAD (Rapid Application Development). Hasil penelitian dan pengujianyaitu membangun sebuah website untuk mempermudah sistem penjualan dan pemesanan produkpada toko Buynoworcrylater. Website yang dibuat oleh peneliti dapat diterima dandiimplementasikan pada toko Buynoworcrylater dengan baik. Website ini secara fungsionalmengeluarkan hasil sesuai dengan hasil yang diharapkan sehingga dapat bermanfaat dandigunakan selanjutnya oleh pihak toko Buynoworcrylater. Konsumen juga dapat melakukanpencarian informasi mengenai produk yang dijual di toko Buynoworcrylater dengan mudah.
AQUARIAL TOURISM SEBAGAI KONSEP PENGEMBANGAN PANTAI BONDO DI JEPARA Hestiningsih, Hindun; Putra, Ridwansyah Trisnanda; Thoifur, Dimas Muhammad; Ramadanti, Pitria; Hutapea, Bethesda Angela; Syahadat, Ray March; Putra, Priambudi Trie
IKRA-ITH TEKNOLOGI : Jurnal Sains & Teknologi Vol 2 No 2 (2018): IKRA-ITH TEKNOLOGI Vol 2 No 2 Bulan July 2018
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Persada Indonesia YAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (466.839 KB)

Abstract

ABSTRAKIndonesia memiliki potensi lanskap yang melimpah dalam mengembangkan kepariwisataan, baik dikawasan darat maupun laut. Peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat, pelestarian budaya lokal, sertapenyadartahuan akan pentingnya menjaga keberlanjutan lingkungan merupakan tujuan utamapengembangan kepariwisataan. Salah satu kawasan yang memiliki potensi tersebut terdapat di kawasanPantai Bondo, Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah. Kawasan Pantai Bondo memiliki tipe pantai yangdiapit oleh permukiman nelayan, persawahan, sungai, serta kawasan mangrove. Masyarakat setempatbelum terlalu merasakan manfaat ekonomi maupun lingkungan dari keberadaan pantai tersebut meskipunpantai tersebut telah dikelola. Tujuan dari penelitian ini adalah merencanakan ulang lanskap Pantai Bondoagar tercipta integrasi lanskap wisata yang memadukan darat dan laut. Metode yang digunakan adalahobservasi, wawancara, dan studi literatur. Data selanjutnya diolah menggunakan standar analisis lingkunganakuatik, terestrial, potensi objek dan daya tarik wisata serta ekologi. Hasil penelitian ini berupa (1)penentuan konsep ruang yang dibagi menjadi lima tipe lanskap, (2) perlunya pengembangan atraksi wisata,serta (3) konsep paket wisata.
KEBERLANJUTAN EKOLOGIS: PROSES PEMBANGUNAN KAWASAN HUNIAN SEBAGAI SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDGS) (Studi kasus proses pembangunan kawasan hunian pada kota mandiri) Sujatini, Siti
IKRA-ITH TEKNOLOGI : Jurnal Sains & Teknologi Vol 2 No 2 (2018): IKRA-ITH TEKNOLOGI Vol 2 No 2 Bulan July 2018
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Persada Indonesia YAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (466.303 KB)

Abstract

ABSTRAKKota akan selalu berkembang seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan masyarakat,oleh karena itu untuk menampung berbagai macam kegiatan sesuai kebutuhan diperlukan adanyakonversi lahan dari area terbuka menjadi terbangun. Dalam proses pembangunan hunian barusering hanya mempertimbangkan aspek sosial dan ekonomi tanpa memikirkan kepentinganekologis sehingga terjadi ketidak seimbangan lingkungan. Hidrologi merupakan bagian pentingdari aspek ekologi, perubahan area terbuka menjadi terbangun akibat dari peningkatan jumlahpenduduk dengan segala kebutuhannya akan berpengaruh terhadap kebutuhan dan ketersediaan air.Air merupakan kebutuhan penting dan selalu menjadi permasalahan seiring dengan peningkatanpenduduk pada suatu hunian. Pembangunan berkelanjutan/ Sustainable Development Goals(SDGs) yang menjadi tujuan PBB merupakan tindak lanjut dari MDGs, salah satu tujuan dari 17kriteria SDGs adalah masalah air. Tujuan dari penelitian ini adalah mengevaluasi sejauh manaproses pembangunan kawasan hunian baru melihat hidrologi sebagai bagian dari aspek ekologimerupakan hal yang penting. Metodologi yang dipakai adalah expost de facto yaitu berdasarkandata dan fakta yang terjadi adanya konversi lahan dan peningkatan jumlah penduduk, dianalisisdengan pendekatan deskriptif, pendekatan penelitian kuantitaf (overlay peta) dan kualitatif(wawancara dengan masyarakat, penentu kebijakan). Sebagai studi kasus diambil salah satu prosespembangunan hunian baru sebagai bagian dari kota mandiri yang sedang berkembang sebagaipenyangga DKI Jakarta. Kesimpulan bahwa aspek hidrologi belum terpikirkan pada pembangunansuatu hunian baru, khususnya kebutuhan air bersih dan penyelesaian air larian, apalagi untukmenuju kearah implementasi SDGs. Untuk itu perlu segera implementasi kebijakan terkait denganpengaruh air larian dan kebutuhan air bersih.
STREETSCAPE BEAUTIFICATION, PENGGUNAAN PATUNG PADA LANSKAP JALAN DI PROVINSI BALI Wardiningsih, Sitti; Putra, Priambudi Trie; Syahadat, Ray March; Nurisjah, Siti
IKRA-ITH TEKNOLOGI : Jurnal Sains & Teknologi Vol 2 No 2 (2018): IKRA-ITH TEKNOLOGI Vol 2 No 2 Bulan July 2018
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Persada Indonesia YAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (472.755 KB)

Abstract

ABSTRAKLanskap jalan terdiri dari dua komponen utama yaitu elemen hardscape dan softscape. Salah satuelemen hardscape yang dapat digunakan dalam lanskap jalan adalah patung. Penempatan patung yang tepatdalam penataan lanskap jalan akan dapat memberikan karakter jalan. Patung juga bisa menjadi mercu tandayang menjadi identitas jalan sehingga memberi kesan bagi pengguna jalan. Salah satu daerah di Indonesiayang memiliki lanskap jalan dengan penggunaan patung di dalamnya adalah Provinsi Bali. Sebagai simbolpariwisata Indonesia, Bali memiliki suplai wisata berupa keindahan alam dan atraksi seni budaya. Patungyang digunakan dalam lanskap jalan di Bali mewakili perwujudan ekspresi seni dan budaya serta agamaHindu yang merupakan kepercayaan utama di Provinsi Bali. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisispenggunaan patung pada lanskap jalan di Provinsi Bali. Metode yang digunakan berupa metode studi kasusdan analisis nilai penting. Penelitian ini mengambil lokasi di Kota Denpasar, Kabupaten Badung, danKabupaten Gianyar. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa nilai signifikan dari patung-patung yangada pada lanskap jalan di lokasi penelitian adalah budaya, sains, dan agama.
PENENTUAN KRITERIA PERBAIKAN PRODUKTIVITAS PADA SUATU DEPARTEMEN KERJA DENGAN MENGGUNAKAN METODE OBJECTIVE MATRIX (OMAX) Pramestari, Diah
IKRA-ITH TEKNOLOGI : Jurnal Sains & Teknologi Vol 2 No 2 (2018): IKRA-ITH TEKNOLOGI Vol 2 No 2 Bulan July 2018
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Persada Indonesia YAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (201.427 KB)

Abstract

ABSTRAKPersaingan dalam dunia industri merupakan hal yang tidak bisa dihindarkan. Semakinbanyaknya industri yang memproduksi produksi sejenis menyebabkan pilihan konsumen punsemakin beragam. Konsumen dapat memilih produk sesuai dengan kebutuhan merekadengan kualitas yang terbaik. Oleh karena itu perusahan dituntut untuk menghasilkan produkdengan kualitas terbaik sesuai dengan kebutuhan pasar atau konsumen. Produktivitas unitkerja yang baik akan mendukung produktivitas perusahaan secara menyeluruh sehinggaperusahaan mampu memenuhi kebutuhan dan meningkatkan kepuasan konsumen.PT.X merupakan perusahaan manufaktur yang memproduksi alat-alat elektronik. Penurunanproduksi terjadi pada salah satu produk Home theater tipe BD pada 6 periode (bulan)selama satu tahun. Penurunan produksi menyebabkan target produksi tidak tercapaisehingga kebutuhan konsumen di periode-periode tertentu tidak terpenuhi. Selainpermasalah tersebut, terjadi peningkatan jumlah produk yang cacat sehingga membutuhkanproses rework dan permasalahan pada proses pengiriman barang. Dengan terjadinyabeberapa permasalahan tersebut maka perusahaan perlu mengetahui produktivitas kerjaperusahaan terutama pada unit kerja yang bermasalah. Pengukuran produktivitas dilakukanuntuk mengetahui keberhasilan perusahaan dalam pemanfaatan sumber daya yang ada untukmenghasilkan output yang diharapkan perusahaan. Perusahaan perlu juga mengetahuikriteria yang berpengaruh dalam produktivitas.Dari hasil penelitian dihasilkan beberapa potential object yang kemudian terpilih menjadilima kriteria-kriteria yang berpengaruh pada produktivitas perusahaan, yaitu :mengoptimalkan kapasitas produksi, minimasi produk cacat, mengoptimalkan rencanaproduksi, minimasi ketidakhadiran karyawan dan mengoptimalkan kerja karyawan. Indeksproduktivitas perusahaan pada periode pengukuran Juli 2016 sampai Maret 2017 adalah140%; 114.45%;
PENILAIAN KUALITAS ESTETIKA LANSKAP KOTA BOGOR DENGAN MENGGUNAKAN SCENIC BEAUTY ESTIMATION (SBE) Dewi, Euis Puspita; Sarilestari, Wulan
IKRA-ITH TEKNOLOGI : Jurnal Sains & Teknologi Vol 2 No 2 (2018): IKRA-ITH TEKNOLOGI Vol 2 No 2 Bulan July 2018
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Persada Indonesia YAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (685.128 KB)

Abstract

ABSTRAKStudi ini bertujuan untuk melakukan sebuah evaluasi terhadap kualitas estetika lanskap KotaBogor melalui Scenic Beauty Estimation (SBE) sebagai metode pendugaan kualitas estetikamelalui perbandingan. Kota Bogor merupakan kota yang memiliki berbagai jenis lanskap yang mewakilibeberapa tipe, yaitu hutan kota, taman kota, permukiman dari yang kumuh sampai dengan yang elit,Kawasan pendidikan, perkantoran dan perdagangan. Masing-masing bentukan lanskap tersebut memilikiciri dan karakter yang menentukan tingkat kualitas estetetikanya. Sebuah pendugaan terhadap kualitasesttetika Kota Bogor melalui SBE menjadi penting sebelum dilakukannya berbagai upaya pengembangan,penataan atau revitalisasi kota tersebut. Hasilnya adalah pendugaan kualitas estetika tertinggi adalah padalanskap-lanskap yang mengandung elemen-elemen alami. Kebun Raya Bogor (KRB) yang memilikiberbagai vegetasi dari mulai pohon-pohon yang sangat besar, semak dan rumput menggambarkankealamiahan dan kesejukan di tengah Kota Bogor. Taman Kencana yang merupakan taman yang cukupaktif sebagai ruang publik kota juga dinilai memiliki kualitas estetika yang tinggi, karena pada Kawasan inibanyak berisi berbagai vegetasi. Sedangkan lanskap yang diduga dengan kualitas estetika yang palingrendah adalah permukiman kumuh di Babakan Pendey tanpa vegetasi dan mewakili permukiman yangkotor dan semrawut. Lanskap lain yang juga dianggap rendah adalah pasar yang juga minim vegetasi dandalam kondisi yang kotor. Hal tersebut berarti bahwa kawasan-kawasan yang dinilai memiliki kualitasestetika yang tinggi oleh masyarakat harus dipertahankan dan bahkan ditingkatkan kealamiahannya,sedangkan kawasan yang memiliki kualitas yang rendah harus segera direvitalisasi. Pada intinya vegetasimerupakan salah satu elemen fisik tapak yang penting dalam disain dan pengelolaan lingkungan yangmampu membentuk ruang, memperindah pemandangan, dan mempengaruhi arah pergerakan pada ruangkota.
ANALISIS RENCANA KEBUTUHAN GEOMETRIK DAN PERKERASAN FASILITAS SISI UDARA TERHADAP PENGOPERASIAN PESAWAT TERKRITIS DI BANDAR UDARA KUFAR MALUKU Arief, Aprilya Ramadhani; Suryani, Fitri
IKRAITH-TEKNOLOGI Vol 2 No 1 (2018): IKRAITH-TEKNOLOGI Vol 2 Nomor `1 Bulan Maret 2018
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Persada Indonesia YAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (643.153 KB)

Abstract

Bandar udara Kufar terletak di Provinsi Maluku tepatnya di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT). Seram BagianTimur sendiri terkenal dengan hasil Sumber Daya Mineral dan Sumber Daya Alam yang berlimpah, hal ini juga yg membuatkabupaten ini memiliki prospek berkembang yang lebih tinggi dibandingkan kabupaten lainnya. Untuk menunjangperkembangan tersebut pemerintah daerah setempat bertujuan meningkatkan pembangunan disegala bidang salah satunyabidang transportasi udara. Pembangunan ini bertujuan agar dapat mendorong pengembangan pembangunan, pemerintahandan pelayanan sosial di SBT.Penelitian ini bertujuan menganalisis kondisi eksisting serta kebutuhan geometrik sisi udara terhadap pesawat ATR 72-600 Bandar Udara Kufar Maluku, mengingat peningkatan volume pergerakan pesawat, proyeksi penumpang dan baranghingga 2036, serta menganalisis kebutuhan runway, taxiway dan apron untuk pesawat rencana ATR 72-600 dan MTOWmaksimum.Sesuai dengan hasil forecasting proyeksi penumpang, barang dan pergerakan pesawat yang ada, setelah dianalisakondisi eksisting Bandar Udara Kufar dengan panjang runway eksisting 1200 m maka tidak akan dapat malayani pesawatATR 72-600 dengan MTOW maksimum. Sehingga perlunya dilakukan pengembangan sisi udara Bandara Kufar.
PENERAPAN VALUE ENGINEERING PADA PROYEK BANGUNAN GEDUNG BERDESAIN GREEN BUILDING DENGAN MEMBANDINGKAN PENGGUNAAN JENIS LAMPU Handayani, Sari; Suryani, Fitri
IKRAITH-TEKNOLOGI Vol 2 No 1 (2018): IKRAITH-TEKNOLOGI Vol 2 Nomor `1 Bulan Maret 2018
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Persada Indonesia YAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (386.666 KB)

Abstract

Di-era Pemanasan Global sekarang ini kesadaran akan kelestarian bumi sangatlah penting. Bangunan-bangunan yangmemiliki peran besar dalam emisi karbondioksida merupakan salah satu pekerjaan dunia untuk menyelesaikanmasalah tersebut. Revolusi Green Building di Indonesia didorong oleh pengetahuan bahwa dunia harus meresponperkembangan dari bahaya Global Warming. Di Indonesia sendiri peraturan tentang bangunan yang ramah lingkungansudah tertuang dalam UU RI No. 28 tahun 2002 tentang Bangunan Gedung yang berhubungan dengan greenship. Namun,di Indonesia masih saja muncul anggapan bahwa bangunan dengan konsep Green Building memerlukan biayayang mahal. Pada penelitian ini di lakukan strudi Value Engineering pada Rumah Susun Mahasiswa oleh KementrianPekerjaan Umum (PU) yang sudah mengadopsi konsep dari Green Building. Analisah Value engineering ini akan dilakukanuntuk mendapatkan biaya seefisien mungkin (Cost Saving). Value Engineering ini akan dilakukan pada sistem penghematanEnergi dimana fokus penelitian pada pemilihan jenis lampu LED yang lebih hemat daya untuk menggantikan jenis lampuFluorescent Lamp Type (TL).
MANAJEMEN RISIKO KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA PELAKSANAAN KONTRUKSI OIL DAN GAS DENGAN METODE HAZARD IDENTIFICATION Sari, Devi Fitria; Suryani, Fitri
IKRAITH-TEKNOLOGI Vol 2 No 1 (2018): IKRAITH-TEKNOLOGI Vol 2 Nomor `1 Bulan Maret 2018
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Persada Indonesia YAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (515.296 KB)

Abstract

Pada dunia konstruksi hal yang satu ini tidak dapat bisa kita pungkiri bahwa pada pekerjaan konstruksimerupakan suatu pekerjaan yang dapat menimbulkan bahaya dan risiko cukup tinggi, dimana sangat rentanterhadap kecelakaan kerja. Risiko merupakan hal yang tidak bisa lepas dari kehidupan manusia sehari-hari, risikotidak mungkin dapat dihilangkan, namun dapat diminimalisasi dengan adanya proses manajemen risiko, dalammanajemen risiko Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) pada kontruksi ini menggunakan Metode HazardIdentification, dengan alasan metode yang dilakukan berdasarkan analisis bahaya dan operasional di lapangan.Hasil akhir dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pekerjaan yang berisiko menimbulkan bahaya padaProyek Oil dan Gas Suban Compression, kemudian menilai tingkat risiko secara umum dan menentukanpengendalian risiko yang tepat pada proyek tersebut berdasarkan hasil kuisioner dan wawancara terhadappengawas ataupun tenaga ahli pada proyek tersebut.
SISTEM TRANSPORTASI LOGISTIK KAWASAN INDUSTRI DI JABODETABEK Arianes, Dianne Putri; Suryani, Fitri
IKRAITH-TEKNOLOGI Vol 2 No 1 (2018): IKRAITH-TEKNOLOGI Vol 2 Nomor `1 Bulan Maret 2018
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Persada Indonesia YAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (212.741 KB)

Abstract

Di setiap rutinitas profesionalitas pekerjaan pengiriman barang, maka suatu keterlambatan menjadi suatu halyang harus dihindari karena manyangkut ketepatan waktu yang disukai konsumen atau pengguna barang. Untukmemperlancar pelaksanaan logistik dengan efektif dan efisien dibutuhkan suatu sistem angkutan multimoda.Indonesia sebagai negara kepulauan dengan sekitar 17 ribu Pulau, merupakan negara yang harus dapatmengoptimalkan pergerakan barang yang tidak hanya bertumpu pada satu moda saja. Untuk mendorong angkutanmultimoda perlu didukung dengan prasarana yang tepat, dengan melihat kondisi nyata di lapangan dan melaluiGeographic Information System akan didapatkan Rute – rute yang efisien untuk transportasi logistik. Kawasanindustri yang akan di tinjau yaitu Kawasan Berikat Nusantara ( Cilincing ) dan Marunda Center.