cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. ciamis,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam
ISSN : 19784767     EISSN : 25494171     DOI : -
Arjuna Subject : -
Articles 14 Documents
Search results for , issue " Vol 6 No 1 (2014): September 2014" : 14 Documents clear
Implementasi Pendidikan Life Skill di Pondok Pesantren Darussalam Blokagung Banyuwangi Abidin, Zainal
Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam Vol 6 No 1 (2014): September 2014
Publisher : IAI Darussalam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (288.875 KB)

Abstract

Di era globalisasi dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), pondok pesantren juga dituntut untuk lebih meningkatkan kualitasnya, baik dibidang keagamaan, intelektual, maupun life skill yang mumpuni, sehingga eksistensi pondok pesantren tetap kokoh. Selain itu, dengan anggapan bahwa tidak semua lulusan pondok pesantren akan menjadi ulama atau kiai, dan memilih lapangan pekerjaan di bidang agama, maka keahlian-keahlian lain seperti pendidikan keahlian dan ketrampilan yang merupakan bagian dari life skill perlu diberikan kepada santri sebelum santri terjun ke tengah-tengah masyarakat sebenarnya. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pendidikan life skill di pondok pesantren Darussalam Blokagung Tegalsari Banyuwangi. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian Kualitatif. dengan analisis induktif. Sedangkan metode pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan data-data yang diperoleh setelah mengadakan penelitian dan menganalisa setiap data-data yang diperoleh peneliti, maka dapat ditemukan bahwa; implementasi komponen pendidikan life skill sudah ada di pondok pesantren Darussalam Blokagung Tegalsari Banyuwangi. Dalam system pendidikan pondok pesantren Darussalam, Pendidikan life skill diimplementasikan dalam porsi tersendiri, dalam artian, tidak tersusun dalam satuan kurikulum pada jenjang pendidikan yang ada di pondok pesantren. Pendidikan life skill diterapkan dalam bentuk kegiatan-kegiatan extra kurikuler dimana tidak semua santri diwajibkan untuk mengikutinya, namun tergantung pada kesadaran dari pribadi santri untuk mengikutinya atau tidak.
Tipologi Kepemimpinan Politik Gus Dur Naim, Abu
Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam Vol 6 No 1 (2014): September 2014
Publisher : IAI Darussalam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (331.367 KB)

Abstract

Gus Dur juga menjadi presiden negara yang sangat unik dan fenomenal, bagaimana tidak, dalam kurun waktu yang tidak lebih dari dua tahun ketika menjabat sebagai presiden, Gus Dur mampu me-reshuflle lebih dari sepuluh menteri yang berada dalam jajaran kabinetnya  tersebut. Tidak hanya itu, beberapa tokoh menteri tersebut justru merupakan tokoh-tokoh besar dari partai yang berpengaruh dalam perpolitikan pada waktu itu. Hal yang menarik untuk diketahui adalah bagaimana pola kepemimpinan politik yang sebenarnya dilakukan oleh Gus Dur, bagaimana bisa seorang Gus Dur yang selama ini dianggap raja kontroversial serta nyleneh, ternyata di mata masyarakat begitu besar pengorbananya, dimanakah letak kebajikan yang telah diberikan oleh Gus Dur, serta bagaimana pula tipe kepemimpinan yang baik itu menurut kacamata masyarakat. Menggunakan pendekatan penelitian kualitatif untuk mendapatkan data yang konfrehensif tentang tipologi kepemimpinan politik Gus Dur dihasilkan kesimpulan penelitian bahwa tipologi kepemimpinan Politik Gus Dur adalah pemimpin kharismatik-transformasional, hal ini berdasarkan beberapa fakta dan data-data politik yang dilakukan Gus Dur lebih mengarah pada pola perilaku kharismatik- transformasional.
Pengembangan Kreativitas Siswa Melalui Belajar Kelompok Hasanah, Siti Nurhidayatul
Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam Vol 6 No 1 (2014): September 2014
Publisher : IAI Darussalam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (369.159 KB)

Abstract

Creativity constitutes someone ability to bear something new, well as idea and also relative reality opus in contrast to what does preexist. Each studying activity always aims, therefore aim actually that wants at reaches from creativity result study it change who tanpak will pass through behaviour or step-up on achievement that at gets, but exists supporting Factor in proteges learned creativity, namely motivates (thruster), and its resistor factor is no ambition and studying yen on self protege. And to develop protege creativity exists one of learning form that corresponds to philosophy of approaching kontruktivis is kooperatifs learning. kooperatifs learning encourages student to get active ala interaction and positive deep agglomerate. available three membelajarkans deep strategies students with agglomerate system, amongst those;  Pair-Share  (Coupled strategy then shared). Both of;  Jigsaw  (student does two functions). Third;  Split-class discussion (constituting learning strategy by divides class as two to do discussions). And learning with agglomerate system can take in protege plots, formulate, work, and finding and evaluates selftaught result in one group of this studying experience, protege will get to develop self for creative.
Analisis Pengukuran Kinerja Organisasi Nirlaba Yayasan Darul Aitam Darussalam Banyuwangi Mahmudah, Mahmudah; Khaudli, Muhammad Imam
Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam Vol 6 No 1 (2014): September 2014
Publisher : IAI Darussalam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (404.893 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk: 1) mendeskripsikan kinerja organisasi Yayasan Darul Aitam unit panti asuhan Darul Aitam Darussalam; 2) Untuk Mendeskripsikan pengukuran kinerja organisasi di Yayasan Darul Aitam unit Panti Asuhan Darul Aitam Darussalam Blokagung Hasil Penelitian ini adalah 1) Aspek Belajar dan bertumbuh dilihat dari aspek kepuasan karyawan, retensi karyawan, dan kemampuan sistem informasi, pembobotan untuk aspek belajar dan bertumbuh adalah 20%, maka aspek belajar dan bertumbuh tercapai 55,5%  Jadi rata-rata karyawan memilih jawaban pada skala likert 3 artinya karyawan sudah cukup “puas” selama bekerja di Yayasan Darul Aitam; 2) Aspek Usaha Internal mencakup beberapa bidang usaha Yayasan Darul Aitam sebagai usaha nirlaba yaitu selama berdiri mulai Tahun 1990 sampai sekarang telah memiliki Balai pendidikan umum dari PAUD, TK, SMP, MA, dan SMK disamping Pesantren dan Panti penampungan anak yatim dan piatu, memiliki balai pendidikan agama  dengan berkembangnya Pesantren Darussalam Asalafiy, Madrasah Diniyah Mukhtar Syafa’at, Kelompok kesenian hadrah “Almurtasyidin”, Pelatihan ketrampilan, pidato, jurnalistik, pramuka, dibaiyah dan lain-lain, pertumbuhan karyawan memenuhi target 100%, pertumbuhan anak asuh memenuhi target 82,01%;3) Aspek Pengguna layanan menyatakan bahwa Anak asuh merasakan kepuasan terhadap layanan yang diberikan oleh Yayasan Darul Aitam dengan target terpenuhi sebesar 84,58% ; 4) Aspek Keuangan di Yayasan Darul Aitam mengingat yayasan tersebut adalah organisasi nirlaba yang tidak berorientasikan profit melainkan lebih kepelayanan publik memperlihatkan bahwa dalam sirkulasi keuangan di Yayasan Darul aitam yang bersumber pendanaan dari Donator, Darmais, Pemerintah, Panitia Zakat, dan Pemasukan Cabang Usaha Yayasan 100% diaplikasikan untuk operasional makan (kebutuhan sehari-hari anak asuh) dan operasional pendidikan.
Implementasi Pendidikan Karakter dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Darussalam Blokagung Banyuwangi AlRosid, Moh. Harun
Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam Vol 6 No 1 (2014): September 2014
Publisher : IAI Darussalam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (428.642 KB)

Abstract

Nilai-nilai pendidikan karakter  perlu ditumbuhkembangkan peserta didik yang pada akhirnya akan menjadi cerminan hidup bangsa Indonesia. Oleh karena itu, sekolah memiliki peranan yang besar dalam pengembangan pendidikan karakter karena peran sekolah sebagai pusat pembudayaan melalui pendekatan pengembangan budaya sekolah (school culture). Studi dalam penelitian ini mengenai Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Darussalam Blokagung Banyuwangi. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah tentang perencanaan guru dan implementasi pendidikan karakter pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Artinya penelitian ini berusaha mengungkapkan secara obyektif dan sistematis fakta-fakta atau peristiwa yang terkait dengan munculnya gejala-gejala dari yang menjadi pusat perhatian penelitian. Penelitian ini berusaha untuk mengembangkan pengetahuan yang lebih mendalam atau pencarian makna-makna dibalik munculnya gejala yang terkait dengan subyek penelitian
Kontribusi Sistem Informasi Manajemen (SIM) dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pendidikan pada STAI Darussalam Banyuwangi Budiywono, Eko
Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam Vol 6 No 1 (2014): September 2014
Publisher : IAI Darussalam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (287.413 KB)

Abstract

Sistem informasi manajemen merupakan sarana yang tepat yang dapat mengantarkan organisasi informasi mengkoordinasikan segenap aspek kebutuhan pelanggan, sebagai pihak yang menerima layanan pendidikan. Lembaga pendidikan memanfaatkan sistem informasi manajemen sebagai penunjang layanan pendidikan. Dengan adanya sistem informasi manajemen, informasi yang ada tersusun dengan baik, sehingga sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Akibatnya organisasi informasi pada sebuah lembaga dapat bekerja dengan baik, karena didukung oleh akurasi yang diterima pelanggan. Artinya sistem informasi manajemen mempunyai peran signifikan, karena dapat membantu menyajikan data yang akurat, cepat dan fleksibel. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui peranan SIM dalam meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan. 2) Untuk mengetahui strategi BAAK dalamrangka meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan. Penelitian ini menggunakan jenis deskriptif kualitatif. Penentuan informan dilakukan dengan menggunakan teknik “snow-ball”(bola salju). Sedangkan  pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis datanya menggunakan analisis domain dan taksonomi untuk mengungkapkan strategi-strategi yang diterapkan oleh BAAK STAI Darussalam Banyuwangi untuk meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan di pesantren.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sistem Informasi Manajemen (SIM), dalam hal ini lebih banyak dijalankan oleh BAAK, yang dikelola dengan baik dengan memaksimalkan fungsi-fungsi manajemen dapat meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan, khususnya di STAI Darussalam Banyuwangi.
Penerapan Model Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Lingkaran Kelas VIII di MTs. Al-Amiriyyah Blokagung Tahun Ajaran 2013/2014 Susanti, Nawal Ika; Fauzi, Miftachul
Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam Vol 6 No 1 (2014): September 2014
Publisher : IAI Darussalam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (445.581 KB)

Abstract

Model pembelajaran adalah suatu pola atau langkah-langkah pembelajaran tertentu yang diterapkan agar tujuan atau kompetensi dari hasil belajar yang diharapkan akan cepat tercapai dengan lebih efektif dan efisien. Model Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) merupakan model pembelajaran yang membantu guru mengaitkan antara materi yang di ajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimiliki dengan penerapan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui model Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) di kelas VIII D MTs. AL Amiriyyah Blokagung materi Lingkaran. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, yaitu dari setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan dan pada pertemuan terakhir digunakan untuk evaluasi. Instrumen pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, tes dan dokumentasi. Pelaksanan dari siklus I ke siklus II mengalami kenaikan. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 73,14 dan persentase nilai ketuntasan hasil belajarnya adalah 77,14%, sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II adalah 79,14 dan persentase ketuntasan hasil belajarnya 88,58%. Keaktifan siswa pada siklus I pertemuan pertama mencapai 70,83% dan pertemuan kedua mencapai 75,00%, sedangkan pada siklus II pertemuan pertama adalah 77,08% dan pertemuan kedua adalah 81,25%.
Dampak Remitan Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Daerah Asal Annas, Muhamad
Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam Vol 6 No 1 (2014): September 2014
Publisher : IAI Darussalam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (257.876 KB)

Abstract

Studi ini bertujuan mengetahui pengaruh pemanfaatan remitan buruh migran pada pertumbuhan ekonomi daerah asal dan dukungannya bagi pengembangan wilayah sehingga dapat ditempuh suatu langkah produktif yang positif dalam pemanfaatan remitan selanjutnya. Metode Penelitian yang digunakan dalam studi ini adalah metode survei dengan anlisis deskriptif kuantitatif sebagai berikut: 1. Analisis Hubungan Besaran Remitan dengan Pertumbuhan Ekonomi Wilayah; 2. Analisis Sebaran dan Besaran Remitan Buruh Migran; 3. Analisis Pengembangan Wilayah di Kabupaten Banyuwangi. Metode Penelitian ini menggunakan Research question, studi ini dibatasi dengan mengambil kasus studi di Kecamatan Muncar, Kecamatan Cluring, Kecamatan dan Purwoharjo. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Korelasi antara remitan dengan pertumbuhan ekonomi yang ditunjukan dengan peningkatan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) sangat erat dan signifikan. Pemanfaatan remitan berdampak pada pertumbuhan ekonomi, peningkatan pendapatan buruh keluarga buruh migran, kesadaran memperbaiki tingkat pendidikan, penyerapan tenaga kerja baru, kesadaran akses informasi dan komunikasi. Dan transformasi/perubahan sosial (misalnya : gaya hidup dan gengsi)
Penerapan Metode Muhadasah dalam Pembelajaran Bahasa Arab Guna Peningkatan Keberhasilan Siswa Kelas XI MA. Hidayatul Mubtadiin Tasikmadu Lowokwaru Malang Kholiq, Ilham Nur
Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam Vol 6 No 1 (2014): September 2014
Publisher : IAI Darussalam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (290.707 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan ingin mengetahui kemampuan siswa Kelas XI MA. Hidayatul Mubtadiin Tasikmadu Lowokwaru Malang dalam pembelajaran bahasa Arab, khususnya dalam kemahiran berbicara. Penerapan Metode muhadasah dalam Mata Pelajaran Bahasa Arab Guna Meningkatkan Ketrampilan Kalam Siswa Kelas XI MA. Hidayatul Mubtadiin merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan Perencanaan Tindakan, Implementasi Tindakan, Observasi dan Interpretasi, Analisis ,Refleksi, Siklus Penelitian dan Penyusunan Instrumen. Sedangkan  data penelitian diambil dari Pengamatan Partisipasi, Observasi Aktifitas Kelas dan Metode Wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode muhadasahdalam pembelajaran bahasa arab, mempunyai efektifitas yang cukup besar. Karena selain membiasakan murid untuk mendengarkan cara berbicara bahasa Arab, juga mampu mendapatkan kosakata yang baru. Selain itu juga metode muhadasah mampu memberikan motivasi belajar dan mempelajari unsur unsur bahasa Arab.
Penguatan Kesehatan Reproduksi di Komunitas Muslim Kabupaten Banyuwangi Dwiandriani, Zulfi Zumala; Nasrullah, M. Alaika
Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam Vol 6 No 1 (2014): September 2014
Publisher : IAI Darussalam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (327.954 KB)

Abstract

Fenomena kesehatan reproduksi dan seksualitas di pesantren sangat beragam, mulai dari mitos terkait organ reproduksi (antara lain, jika melihat organ reproduksi akan menimbulkan kerusakan pada mata), kebersihan umum seperti kamar mandi dan kebersihan diri yang rentan terkena IMS, hingga fenomena Mairil di pesantren. Rumusan masalah berdasarkan latar belakang di atas adalah “bagaimana penguatan kesehatan reproduksi di komunitas muslim Kabupaten Banyuwangi?”. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara interview dan focus group discussion (FGD). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguatan kesehatan reproduksi di komunitas muslim kabupaten Banyuwangi dapat di identifikasi melalui Pemahaman tentang Kesehatan Reproduksi dan Seksualitas, Persoalan Kesehatan Reproduksi dan Seksualitas Remaja, Pendidikan Kesehatan Reproduksi dan Seksualitas (PKRS) di Pesantren, Kebijakan dan Strategi Penguatan Kesehatan Reproduksi dan Seksualitas Remaja, dan Prospek Pendidikan Kesehatan Reproduksi dan Seksualitas (PKRS) Remaja

Page 1 of 2 | Total Record : 14