cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota tangerang selatan,
Banten
INDONESIA
Jurnal Organisasi Dan Manajemen
Published by Universitas Terbuka
ISSN : 20859686     EISSN : 24429155     DOI : -
Merupakan media informasi dan komunikasi para praktisi, peneliti, dan akademisi yang berkecimpung dan menaruh minat serta perhatian pada pengembangan organisasi dan manajemen. Diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Universitas Terbuka.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue " Vol 14 No 2 (2018)" : 8 Documents clear
EVALUASI KINERJA SAHAM BERTANGGUNGJAWAB SOSIAL (STUDI PADA SAHAM-SAHAM YANG MASUK PERHITUNGAN INDEKS SRI-KEHATI) Lakaba, Angriana; Robiyanto, Robiyanto
Jurnal Organisasi dan Manajemen Vol 14 No 2 (2018)
Publisher : LPPM Universitas Terbuka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33830/jom.v14i2.631

Abstract

Severals studies on the performance of stocks, especially those that examine the constituent of social responsibility in the Indonesia Stock Exchange, in general still focus on the performance assessment of the SRI-Kehati index, have not specifically reviewed the performance of the constituent stocks of the SRI-Kehati index. Therefore, this study specifically examines constituent stocks of the SRI-Kehati index. The study period used is 2009 to 2017. The sample in this study are 13 stocks that consistently enter into the calculation of SRI-Kehati Index during the study period. The stock performance assessment will be performedusing Sharpe Index, Jensen Alpha, Treynor Ratio, Sortino Ratio, Information Ratio. Overall, the consistent stocks listed in the SRI-Kehati Index may not necessarily indicate good stock performance. From 13 stocks, some have negative results which can be classified as non-performing stock. Berbagai penelitianterkait kinerja saham-saham bertanggungjawab sosial di Bursa Efek Indonesia secara umum masih berfokus pada penilaian kinerja indeks SRI-Kehati, namun belum secara khusus mengkaji kinerja saham-saham pembentuk indeks SRI-Kehati. Oleh sebab itu penelitian ini scara khusus mengkaji saham-saham pembentuk indeks SRI-Kehati. Periode penelitian yang digunakan adalah periode tahun 2009 hingga tahun 2017. Sampel dalam penelitian ini adalah 13 saham yang secara konsisten masuk ke dalam perhitungan Indeks SRI-Kehati selama periode penelitian. Penilaian kinerja saham akan dilakukan dengan menggunakan Indeks Sharpe, Jensen Alpha, Rasio Treynor, Rasio Sortino, Information Ratio. Secara keseluruhan, saham-saham yang konsisten terdaftar dalam Indeks SRI-Kehati belum semua menunjukkan kinerja saham yang baik. Dari 13 saham yang diteliti masih ada beberapa saham dengan hasil negatif yang berarti masih mempunyai kinerja saham yang buruk.  
ANALYSIS OF FACTORS AFFECTING PEOPLE'S BEHAVIOR IN USING ELECTRONIC PAYMENT INSTRUMENTS Sudibyo, Sri Darmadi; Maarif, Mohammad Syamsul; Sukmawati, Anggraini; Affandi, M Joko
Jurnal Organisasi dan Manajemen Vol 14 No 2 (2018)
Publisher : LPPM Universitas Terbuka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku masyarakat menggunakan alat pembayaran elektronik (APE). Pengertian APE dalam penelitian ini dibatasi pada kartu debet dan kredit. Penggunaan APE di Indonesia saat ini masih menghadapi permasalahan yang kompleks. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan memberikan kuesioner kepada responden. Survei dilakukan kepada masyarakat di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) dengan total responden 400 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Kriteria yang dipergunakan dalam memilih sampel penelitian adalah responden yang berusia antara 17-56 tahun mengingat usia ini adalah usia kerja produktif dan merupakan nasabah aktif pemilik akun di bank selaku pemegang kartu debet atau kartu kredit. Untuk menjawab tujuan penelitian tersebut, digunakan Structural Equation Modelling (SEM). Menurut teori perilaku yang direncanakan (the planned behavior theory), behavior dipengaruhi oleh intention, sedangkan intention dipengaruhi oleh attitude, subjektif norm, dan perceived behavioral control. Hasil analisis SEM menunjukkan bahwa behavior masyarakat dalam menggunakan APE dipengaruhi secara dominan oleh intention, sementara intention tersebut dipengaruhi oleh perceived behavioral control. The objective  of this study is to analyze the factors that influence people's behavior in using Electronic Payment Instruments (APE). In this study, the definition of APE is limited to debit and credit card. The use of APE in Indonesia is still facing complex problems. The data used in this study is primary data by giving questionnaires to respondents. The survey was conducted on communities in Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang and Bekasi (Jabodetabek) with a total of 400 respondents. The criteria used to select the research sample are respondents aged between 17-56 years, this age is the productive age of work and  an active customer who owns the account at the Bank as the holder of a debit card or credit card.To answer that objective, Structural Equation Modeling (SEM) is used in this study. Following the theory of Planned Behavior, the behavior is influenced by intention, whereas intention is influenced by attitude, subjective norm, and perceived behavioral control. The result of SEM analysis shows that people's behavior in using APE is influenced by the intention, meanwhile intention is influenced by perceived behavioral control.
PENGARUH PEMBIAYAAN MUDHARABAH, MUSYARAKAH, MURABAHAH, DAN IJARAH TERHADAP PROFITABILITAS 4 BANK UMUM SYARIAH PERIODE 2013-2016 Putra, Purnama
Jurnal Organisasi dan Manajemen Vol 14 No 2 (2018)
Publisher : LPPM Universitas Terbuka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research employ quantitative descriptive method aimed at testing the effects of Mudharabah, Musyarakah, Murabahah, and Ijarah Financings simultaneously and partially  on the profitability of Sharia Banks in 2013-2016. This research uses secondary data taken from financial reports of Sharia Banks (Bank Umum Syariah/BUS) registered at the Bank of Indonesia. The data is analyzed using multiple linear regression. Four sharia banks were used as samples in this study which provide financial reports per three months. They are chosen using purposive sampling method. From the research result, it can be inferred that mudharabah financing does not have significant effect, musyarakah financing has significant negative effect, while murabahah and ijarah financings have significant positive effect by partially on profitability. Whereas simultaneously have positive significant to profitability. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembiayaan mudharabah, musyarakah, murabahah, dan ijarah terhadap Profitabilitas Bank Umum Syariah yang terdaftar di Bank Indonesia Periode 2013-2016. Data yang digunakan adalah laporan keuangan Bank Umum Syariah (BUS) yang terdaftar di Bank Indonesia. Data  dianalisis menggunakan regresi linear berganda. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 4 Bank Umum Syariah, yang menyediakan laporan keuangan per triwulan. Sampel diambil menggunakan teknik pengambilan purposive sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan secara parsial bahwa pembiayaan mudharabah tidak berpengaruh, pembiayaan musyarakah berpengaruh negatif signifikan, pembiayaan murabahah berpengaruh positif signifikan, pembiayaan ijarah berpengaruh positif signifikan terhadap profitabilitas ROE. Sedangkan secara simultan pembiayaan mudharabah, musyarakah, murabahah dan ijarah berpengaruh positif signifikan terhadap profitabilitas.
STRATEGI MANAJEMEN SDM, ORIENTASI PASAR, DAN KINERJA UKM Inayati, Titik
Jurnal Organisasi dan Manajemen Vol 14 No 2 (2018)
Publisher : LPPM Universitas Terbuka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to analyze Strategic Human Resource Management (SHRM) and Market orientation towards Business Performance with Innovation as an intervening variable for SMEs. This study uses primary and secondary data with descriptive quantitative methods. Analysis using the Anova test. The study population was all leather shoe SMEs in Mojokerto with a sample size of 34 SME shoe products in Mojokerto, East Java Province. Techniques for selecting samples with certain criteria. The results showed that SHRM and Market Orientation had a significant positive effect on business performance with innovation as an intervening variable. Intervening innovation variables are not the only mediating SHRM relationships and Market Orientation on business performance, there are other mediating variables. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Strategic Human Resource Managemen (SHRM) dan orientasi Pasar terhadap Kinerja usaha dengan Inovasi sebagai variabel intervening pada UKM. Penelitian menggunakan data primer dan sekunder dengan metode kuantitatif diskriptif. Analisis menggunakan uji Anova. Populasi penelitian seluruh UKM  sepatu kulitdi Mojokerto dengan ukuran sampel 34 UKM produk sepatu di Mojokerto, Provinsi Jawa Timur. Teknik memilih sampel dengan kriteria tertentu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SHRM dan Orientasi Pasar memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kinerja usaha dengan inovasi sebagai variabel intervening. Variabel intervening inovasi bukan satu-satunya pemediasi hubungan SHRM dan Orientasi Pasar terhadap kinerja usaha, terdapat faktor variabel pemediasi lainnya.
PENGARUH SIKAP, NORMA SUBJEKTIF DAN PERSEPSI KONTROL PERILAKU TERHADAP INTENSI PERILAKU PENYALAHGUNAAN NARKOBA PADA MAHASISWA POLITEKNIK NEGERI BALI Mantra Suarjana, Anak Agung Gde
Jurnal Organisasi dan Manajemen Vol 14 No 2 (2018)
Publisher : LPPM Universitas Terbuka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The  purpose of this research is to analyze the influence of attitude, subjective norm and  perception of behavioral control toward intention of drug abuse behavior either partially or  simultaneously. Analyzing the magnitude of the influence and contribution of attitudes, subjective norms and perceptions of behavioral control toward intention of drug abuse behavior on students of the Department of Commerce in Bali State Polytechnic. The  sample was taken as many as 120 students, with cluster random sampling technique. Data  analysis technique is multiple regression technique. The result of data analysis shows that  attitude, subjective norm and perception of behavioral control either partially or simultaneously have a positive and significant influence toward intention of drug abuse behavior on students of the Department of Commerce in Bali State Polytechnic. The  influence of attitude, subjective norm and perception of behavioral control  simultaneously  to the intention of drug abuse behavior is 0,98 including very strong category, and  contribution amount is 96%. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh sikap, norma subjektif dan  persepsi kontrol perilaku terhadap intensi perilaku penyalahgunaan narkoba baik secara  parsial maupun secara simultan. Menganalisis besarnya pengaruh serta kontribusi  sikap, norma subjektif dan persepsi kontrol perilaku terhadap intensi perilaku penyalahgunaan  narkoba pada mahasiswa Jurusan Tata Niaga Politeknik Negeri Bali. Sampel diambil  sebanyak 120 mahasiswa, dengan teknik cluster random sampling. Teknik analisis  data  adalah teknik regresi berganda. Hasil analisis data menunjukkan bahwa sikap, norma  subjektif dan persepsi kontrol perilaku secara parsial maupun secara simultan berpengaruh  positif dan signifikan terhadap intensi perilaku penyalahgunaan narkoba pada mahasiswa  Jurusan Tata Niaga Politeknik Negeri Bali. Pengaruh sikap, norma subjektif dan persepsi kontrol perilaku secara simultan terhadap intensi perilaku penyalahgunaan narkoba adalah  sebesar 0,98 termasuk kategori sangat kuat, dan besarnya kontribusi adalah sebesar 96%.
MANAJEMEN KUALITAS PELAYANAN TRANSPORTASI LAUT DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN PADA JASA BONGKAR MUAT Mulatsih, Retno; Wahyudi, Edi; Sumantri, Andar Sri
Jurnal Organisasi dan Manajemen Vol 14 No 2 (2018)
Publisher : LPPM Universitas Terbuka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research is intended to explore the factors that influence customer satisfaction from loading and unloading services at PT. Pelindo III (Persero) Tanjung Emas Branch Semarang, Indonesia. This study has analyzed the factors of speed of stevedoring services, loading/unloading facilities/equipment, and empathy and its effect on customer satisfaction The respondents of this study were 80 customer companies consisting of Shipping Company, Shipload Expedition (EMKL) / PPJK, Freight Forwarding, and Loading and Unloading Company (PBM) operating in the Central Java and surrounding areas. The findings of the study with multiple linear regression analysis and hypothesis test, showed that there was a positive and significant influence on the variable loading and unloading service on customer satisfaction, loading/unloading facilities/equipment factors of satisfaction customers, as well as employee care (emphaty) on customer satisfaction. Penelitian ini dimaksudkan untuk menggali faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan jasa bongkar muat pada PT. Pelindo III (Persero) Cabang Tanjung Emas Semarang, Indonesia. Penelitian ini menganalisis faktor kecepatan pelayanan bongkar muat, fasilitas/peralatan bongkar muat, dan empati serta pengaruhnya terhadap kepuasan pelanggan. Responden penelitian ini sebanyak 80 perusahaan pelanggan yang terdiri dari Perusahaan Pelayaran (Shipping Company), Ekspedisi Muatan Kapal Laut (EMKL)/PPJK, Freight Forwarding. Teknik sampling yang digunakan yaitu teknik random sampling, dalam melakukan analisis data dengan regresi linier berganda. Temuan penelitian dengan analisis regresi linear berganda dengan uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel kecepatan pelayanan bongkar muat terhadap kepuasan pelanggan, faktorfasilitas/peralatan bongkar muat terhadap kepuasan pelanggan, sertakepedulian petugas (emphaty) terhadap kepuasan pelanggan.
PENGENDALIAN SETIAP REKENING TERHADAP EFEKTIVITAS ARUS KAS PT. ABC Sembiring, Indriana
Jurnal Organisasi dan Manajemen Vol 14 No 2 (2018)
Publisher : LPPM Universitas Terbuka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study research aims to analysis how the accounts receivable control to effectivity of cash flow PT. ABC. The analysis performed is: analyzing the management of receivables system in the control and manage of the accounts receivable of the company. Data obtained from the company in the Financial report data form of period July 2013-June 2014. The analysis in this study has used the descriptive analysis, trend analysis, cash conversion cycle analysis, and Financial ratio analysis. The results of this research study indicate that PT. ABC implements a management, processing to manage and control receivables system based on SOP (Standard Operating Procedures), but in the actual implementation there are having some things that are not in accordance with SOP. The factors involve the amount of receivables PT. ABC such as credit sales percentage, sales terms, customer type, and collection of the billing invoice. The account receivable takes more than 30 days (n>30),it means that the amount of receivables owned is not enough to be converted into cash, impact to pay account payables to suppliers. The credit policy would like to apply, expected to provide optimal benefits and able to accelerate the collectible receivables so that it can be converted into cash immediately, to be used as working capital and pay the account payables PT. ABC. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengendalian piutang dagang terhadap efektifitas arus kas. Data diperoleh dari perusahaan berupa data laporan keuangan periode Juli 2013–Juni 2014. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, trend, cash conversion cycle, dan analisis rasio keuangan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa PT. ABC memberlakukan sistem proses manajemen pengelolaan dan pengendalian piutang berdasarkan POS (Prosedur Operasi Standar), namun dalam pelaksanaannya masih terdapat beberapa hal yang tidak sesuai dengan POS. Faktor-faktor yang memengaruhi besarnya jumlah piutang PT. ABC yakni persentase penjualan kredit, ketentuan penjualan, tipe pelanggan, dan usaha penagihan. Piutang tertagih membutuhkan waktu lebih dari 30 hari artinya bahwa jumlah piutang yang dimiliki belum cukup untuk dikonversi menjadi kas, sehingga hal ini juga berdampak kepada pelunasan hutang-hutang PT. ABC kepada supplier. Kebijakan kredit yang diterapkan diharapkan mampu memberikan keuntungan yang optimal dan mampu mempercepat piutang tertagih sehingga bisa segera dikonversi menjadi kas untuk digunakan sebagai modal kerja dan membayar hutang dagang PT. ABC.
MODEL ARISAN MODAL USAHA DALAM MENDUKUNG KEBERLANJUTAN PENGUSAHA KECIL DI PASAR UNIT II KABUPATEN TULANG BAWANG LAMPUNG Amarul, Amarul; Hatta, Achmad
Jurnal Organisasi dan Manajemen Vol 14 No 2 (2018)
Publisher : LPPM Universitas Terbuka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to analyze the business capital arisan model for small and medium entrepreneurs and the rate of development of small and medium enterprises in Pasar Unit II Kabupaten Tulang Bawang Lampung. The approach used in this study is to use a comparative approach, Ie research methodologies that attempt to quantify the data, and usually apply certain statistical analyzes. The process of collecting data by using questionnaires as a means of collecting data. Then tested the specific hypothesis to know either the relationship or influence significance. By comparative analysis or comparison, it is obtained the result of different test of business continuity before and after follow the arisan. This shows that arisan activities are very helpful as additional capital in the sustainability of their business. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model Arisan Modal Usaha bagi pengusaha kecil menegah dan laju perkembangan usaha kecil menengah di Pasar Unit II  Kabupaten Tulang Bawang Lampung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan komparatif, yaitu metodologi riset yang berupaya untuk mengkuantifikasi data, dan biasanya menerapkan analisis statistik tertentu. Proses pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul datanya.  Kemudian dilakukan Pengujian hipotesis secara spesifik untuk mengetahui baik hubungan atau pengaruh signifikansinya. Dengan analisis komperatf atau perbandingan maka diperoleh hasil analisis uji beda keberlanjutan usaha sebelum dan sesudah mengikuti arisan terdapat perbedaan yang signifikan keberlanjutan usaha sebelum dan setelah mengikuti arisan. Ini menunjukkan bahwa kegiatan arisan sangat membantu sebagai tambahan modal dalam keberlanjutan usahanya.

Page 1 of 1 | Total Record : 8