cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Teknovasi : Jurnal Teknik dan Inovasi
Published by Politeknik LP3I Medan
ISSN : 2355701X     EISSN : 25408389     DOI : -
Jurnal Teknovasi terbit pertama pada bulan April 2014 ,yang dikelola oleh LPPM Politeknik LP3I Medan. Jurnal ini berisi tentang penelitian dibidang Teknik Komputer ,Teknik Industri, Teknik Mesin dan Teknik Elektronika. Jurnal ini terbit 2 (dua) kali setahun yaitu bulan April dan Oktober. Artikel yang ada didalam Jurnal ini telah ditinjau dan direvisi. Penulis artikel bertanggung jawab atas isi yang di publikasi. Redaksi mengundang para Akademisi ,Peneliti ,Praktisi ,dan Profesional untuk menyumbangkan tulisan dibidang Teknik berupa hasil riset atau kajian pustaka yang belum pernah diterbitkan.
Arjuna Subject : -
Articles 87 Documents
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN KELAYAKAN PESERTA LELANG TENDER PEMERINTAH MENERAPKAN PROMETHEE II Mesran, Mesran; Suginam, Suginam; Hildayani, Suci
Jurnal Teknovasi : Jurnal Teknik dan Inovasi Vol 6, No 1 (2019): Teknovasi April 2019
Publisher : LPPM Politeknik LP3I Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (505.61 KB)

Abstract

A tender auction is a series of processes from bidding made by the contractor to the decision of the contractor selected as the winner of the tender. The selected contractor will carry out the work in the field in accordance with the rules and procedures issued by the government. The submission process to be a more selective list of bidders makes the government use a decision support system that can provide effective information to the selected tender participants so that the decisions that the government produces are better and more objective. The application of the Promethee II method in supporting the feasibility decision of tender participants is very optimal because each alternative will be compared with each other so that the results obtained from the comparison are the best.
MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN PENYAKIT HIV/AIDS Kesuma, Lila; Aditya, Aditya; Putra, Sayid Aidhil
Jurnal Teknovasi : Jurnal Teknik dan Inovasi Vol 1, No 1 (2014): Teknovasi April 2014
Publisher : LPPM Politeknik LP3I Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1137.144 KB)

Abstract

Pembuatan Media Pembelajaran Pengenalan penyakit HIV/AIDS adalah sebuah aplikasi yang dapat digunakan untuk memberi informasi kepada para pengguna yang ingin mengetahui atau mempelajari bagaimana proses dalam pembelajaran pengenalan penyakit HIV/AIDS. Media pembelajaran ini membahas bagian-bagian dalam pengertian-pengertian seperti, pengertian HIV, pengertian AIDS, metode-metode penularan, gejala-gejala dan simulasi cara bekerjanya virus tersebut didalam tubuh. Pada media pembelajaran ini juga dilengkapi dengan latihan soal pilihan berganda yang terdiri dari 12 (dua belas) buah pertanyaan mengenai seluruh materi penyakit HIV/AIDS telah dijelaskan dalam materi sebelumnya. Hal ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat kejelasan dalam memahami materi yang telah disampaikan. Media ini dirancang dengan menggunakan perangkat lunak Adobe Flash CS3 Propesional dan di dukung oleh beberapa perangkat lunak pendukungnya seperti Adobe Photoshop CS3, dan Microsoft Word. Perangkat ini merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk membuat presentasi yang lebih dinamis, karena didukung oleh animasi dan back sound, dengan begitu presentasi yang dirancang akan lebih menarik
PERBAIKAN METODE KERJA PADA BAGIAN PRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN MAN AND MACHINE CHART Maryana, Maryana; Meutia, Sri
Jurnal Teknovasi : Jurnal Teknik dan Inovasi Vol 2, No 2 (2015): Teknovasi Oktober 2015
Publisher : LPPM Politeknik LP3I Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (959.957 KB)

Abstract

Metode kerja merupakan teknik tata cara kerja untuk memperbaiki sistem kerja bagi perusahaan khususnya perusahaan manufaktur. Berbagai metode kerja diperoleh dari penelitian secara primer terhadap operator langsung yang terpilih dengan kriteria tertentu di pabrik. PT Ima Montaz sejahtera yang merupakan salah satu perusahaan air minum dalam kemasan yang berlokasi di Lhokseumawe dimana perusahaan dalam berproduksi selalu berusaha untuk memenuhi permintaan konsumen, dengan daerah pemasaran yang terbilang sudah besar yaitu Lhokseumawe dan sekitarnya hingga ke beberapa daerah tetangga yaitu banda aceh maupun hingga medan, perusahaan memiliki kendala yang cukup berat yaitu tidak terpenuhinya permintaan konsumen akan produk dari perusahaan tersebut, dimana perusahaan hanya mampu berproduksi secara efektif sebanyak 420 kardus dengan jam kerja efektif 6 jam 42 menit (6,7 jam). Untuk produk unggulan aqua cup 220 ml, sehingga konsumen pun beralih untuk membeli produk dari perusahaan lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbaikan dapat dilakukan dengan melakukan perbaikan metode kerja dengan menggunakan man and machine chart dimana jumlah total produksi total mengalami peningkatan yaitu menjadi 215,16 unit/hari, perbaikan juga dapat dilakukan dengan memperbaiki waktu kerja efektif dari 402 menit menjadi 435 menit per hari sehingga peningkatan total produksi menjadi 230,55 unit/hari.Selain itu perbaikan juga dapat dilakukan dengan memperbaiki tata cara kerja pekerja sehingga dapat meminimasi waktu kerja pada setiap proses operasi. Yang terakhir yang dapat dilakukan adalah dengan memperbaiki SOP (standard operating procedure) di perusahaan yang selama ini belum ada.
KLASIFIKASI DATA DENGAN QUANTUM PERCEPTRON Gultom, Lipantri Mashur
Jurnal Teknovasi : Jurnal Teknik dan Inovasi Vol 4, No 1 (2017): Teknovasi April 2017
Publisher : LPPM Politeknik LP3I Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (615.977 KB)

Abstract

Klasifikasi data memiliki beberapa algoritma pengklasifikasian, salah satu algoritma yang ada menggunakan konsep pembelajaran dengan pengawasan. Algoritma pembelajaran ini membimbing input menjadi beberapa kemungkinan output dengan menggunakan konsep jaringan syaraf tiruan multilayer perceptron. Model multilayer perceptron feedforward yang digunakan memiliki perbedaan dengan algoritma perceptron biasa atau klasik. Algoritma ini menggunakan pendekatan komputasi kuantum dalam proses pembelajarannya. Nilai input, hidden dan output neuron yang biasanya menggunakan biner digantikan dengan qubit (quantum bit), Sedangkan penentuan nilai bobot dan arsitektur jaringan disesuaikan dengan nilai qubit yang ada. Dalam menentukan tingkat keberhasilan klasifikasi data ini maka digunakan bechmark dataset dimana dataset dibagi menjadi dua bagian yaitu dataset pembelajaran dan pengujian. Dari hasil pembelajaran dapat dilihat bahwa algoritma quantum perceptron dapat melakukan pembelajaran dengan cepat dan algoritma ini juga dapat mengklasifiasikan data dengan baik.
PEMODELAN KONTROL BALANCING ROBOT MENGGUNAKAN LOGIKA FUZZY DENGAN KALMAN FILTER Amin, Muhammad; Tulus, Tulus; Ramli, Marwan
Jurnal Teknovasi : Jurnal Teknik dan Inovasi Vol 3, No 1 (2016): Teknovasi April 2016
Publisher : LPPM Politeknik LP3I Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (289.39 KB)

Abstract

Balancing robot merupakan suatu mobile robot yang memiliki dua roda yang ada di sisi kanan dan sisi kirinya yang tidak seimbang apabila robot tersebut berjalan. Keunggulan dari Balancing robot adalah dapat menyeimbangkan diri sendiri. Pengendalian kestabilan balancing robot sangat penting dilakukan agar performansi Balancing robot dapat dicapai dengan optimal. Beberapa penelitian untuk kesetabilan balancing robot yang sudah dilakukan dengan beberapa metode yakni dengan metode control Proposional, Integral, Derivatif (PID) dan metode kontrol yang lain. Permasalah umum yang terjadi pada balancing robot adalah tentang kestabilan balancing robot tersebut. Kestabilan pada balancing robot dapat terganggu karena hanya terdapat dua motor yang digunakan pada sisi kiri dan kanan yang disebabkan oleh berbagai faktor diantaranya adanya beban, tekanan udara yang berbeda yang meneyebabkan terjadinya kemiringan-kemiringan pada sumbu x dan y. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut dibutuhkan kontrol kestabilan dalam menentukan kecepatan motor penggerak balancing robot tersebut. Penelitian ini bertujuan mendapatkan konfigurasi kontrol kestabilan yang optimal pada balancing robot setelah diterapkan metode fuzzy logic dan kalman filter. Hasil penelitian ini menyatakan metode fuzzy logic dan kalman filter belum dapat memberikan tingkat akurasi yang baik dalam menentukan kestabilan balancing robot yang dinilai dari input sensor, kemiringan sumbu x dan kemiringan sumbu y sehingga hasil yang dicapai dapat memberikan kontrol pertambahan kecepatan keduat motor tersebut.
DESAIN HELMET SEPEDA HALF FACE DENGAN CAD piliyang, muhammad yani
Jurnal Teknovasi : Jurnal Teknik dan Inovasi Vol 4, No 2 (2017): Teknovasi Oktober 2017
Publisher : LPPM Politeknik LP3I Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (453.277 KB)

Abstract

Kecelakaan yang terjadi pada pengendara sepeda yang mengakibatkan cedera pada bagian kepala dapat diminimalkan dengan menggunakan helmet sepeda sebagai alat pelindung diri (APD). Paper ini membahas desain helmet sepeda yang ergonomis bahan komposit polymeric foam diperkuat serat tandan kosong kelapa sawit (TKKS) yang merupakan limbah pabrik kelapa sawit (PKS). Metode desain helmet sepeda dilakukan dengan membuat model 2D dengan AutoCAD dan 3D dengan Solidworks. Hasilnya adalah model helmet sepeda dengan spesifikasi ukuran kepala orang dewasa yaitu lingkar kepala 540-580 mm, bentuk mendekati elips, panjang 265 mm, lebar 165 mm dan tinggi 160 mm, jumlah ventilasi 6 di atas, 2 di depan dan 6 di belakang dengan jenis half face dengan model tomcat.
PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU DENGAN MENGGUNAKAN METODE EOQ PADA UD. ADI MABEL Sulaiman, Fahmi; Nanda, Nanda
Jurnal Teknovasi : Jurnal Teknik dan Inovasi Vol 2, No 1 (2015): Teknovasi April 2015
Publisher : LPPM Politeknik LP3I Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (375.793 KB)

Abstract

Pengendalian persediaan merupakan salah satu yang sangat penting bagi sebuah perusahaan, karena tanpa pengendalian persediaan yang tepat perusahaan akan mengalami masalah seperti memenuhi kebutuhan konsumen baik dalam bentuk barang maupun jasa yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut . Selama ini UD. Adi Mabel melakukan perencanan persediaan bahan baku hanya menggunakan perkiraan, tanpa adanya perencanaan yang tepat, sehingga masalah yang selalu dihadapi oleh perusahaan tersebut adalah biaya yang dikeluarkan baik untuk membeli bahan baku maupun biaya penyimpanan masih sangat tinggi. Jenis data dalam penelitian ini menggunakan data kualitatif yaitu data yang tidak berupa angka, seperti informasi tentang sejarah berdirinya perusahaan dan data kuantitatif yaitu data yang berupa angka–angka, meliputi seperti data jumlah kebutuhan bahan baku pada tahun 2014, data biaya pemesanan pada tahun 2014 dan data biaya penyimpanan pada tahun 2014. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada UD. Adi Mabel dengan menggunakan metode EOQ jumlah pembelian bahan baku yang paling ekonomis adalah 24 Ton dengan frekuensi pemesanan sebanyak 4 kali pemesanan dalam satu tahun. Total biaya persediaan yang optimal adalah sebesar Rp. 1.272.852, Persediaan pengaman (Safety Stock) sebanyak 2.19 Ton Kayu dan titik pemesanan kembali (Re Order Point) sebanyak 4.48 Ton Kayu.
PELATIHAN PENGGUNAAN MULTIMEDIA BAGI PENDIDIK DAN ANAK PANTI ASUHAN MAMIYAI AL ITTIHADIYAH Sembiring, Zakaria; Sinuraya, Junus; Sari, Marliana; Tarigan, Makmur
Jurnal Teknovasi : Jurnal Teknik dan Inovasi Vol 3, No 2 (2016): Teknovasi Oktober 2016
Publisher : LPPM Politeknik LP3I Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (301.848 KB)

Abstract

Yayasan Amal dan Sosial Panti Asuhan Mamiyai Al Ittihadiyah merupakan sebuah yayasan dibawah Dinas Sosial Sumatera Utara yang didirikan pada tanggal 19 Mei 1943 dengan akte notaris No. 62 Tgl. 24-08-1983 & No. 61 Tgl. 21-04-1988 yang pendanaannya berasal dari subsidi dinas sosial, yayasan dharmais, pkps bbm dan masyarakat setempat dan sedang memberikan santunan kepada 103 orang santri berupa santunan sekolah SD, SMP/MTs dan SMA/ Madr. Aliyah yang terletak di lingkungan Yayasan Amal dan Sosial Panti Asuhan Mamiyai Al Ittihadiyah ini. Sistem pembelajaran yang ada saat ini masih mengikuti metode lama yaitu peserta didik dan pendidik hanya berinteraksi atau tatap muka di ruang kelas dan seadanya, hal ini dilakukan dikarenakan keterbatasan dana yang diterima dari Yayasan Amal dan Sosial Panti Asuhan Mamiyai Al Ittihadiyah sehingga keterbatasan dana yang diterima ini mengakibatkan seluruh anak didik Yayasan Amal dan Sosial Panti Asuhan Mamiyai Al Ittihadiyah tidak pernah mengenal pendidikan Teknologi Informasi khususnya Multimedia dan Internet. Keterampilan yang telah diberikan Yayasan Amal dan Sosial Panti Asuhan Mamiyai Al Ittihadiyah kepada anak panti asuhan untuk pembekalan diri mereka adalah keterampilan pembuatan kaligrafi. Akan tetapi Keterampilan Kaligrafi belum dipromosikan secara optimal, karena kurangnya pengetahuan para pendidik dan anak asuhan tentang Teknologi Informasi Multimedia dan Internet. Melihat dari permasalah diatas maka kami dari Tim Pengabdian Masyarakat berkeinginan untuk melakukan Pelatihan Penggunaan Multimedia dan Internet Bagi Pendidik dan Anak Panti Asuhan Mamiyai Al Ittihadiyah berupa pembuatan peresentasi mengajar yang kreatif dan inofatif untuk para pendidik agar minat belajar anak asuh semakin meningkat, membuat, menggunakan dan mengelola suatu animasi, mengedit gambar dan photo serta mengajarkan tentang membuat web, blog sebagai upaya tempat sarana penjualan keterampilan kaligrafi yang telah mereka dapatkan dari Yayasan Amal dan Sosial Panti Asuhan Mamiyai Al Ittihadiyah.
GAME EDUKASI SUSUN KATA BERBASIS J2ME Saleh, Rahmat; Zulfandi, Zulfandi
Jurnal Teknovasi : Jurnal Teknik dan Inovasi Vol 1, No 1 (2014): Teknovasi April 2014
Publisher : LPPM Politeknik LP3I Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (618.276 KB)

Abstract

Perkembangan teknologi sekarang ini sudah berkembang dengan pesat seperti hal nya handphone. Pada handphone sekarang ini, hampir semua vendor handphone telah menyertakan dan mendukung fasilitas java pada produknya. Dengan adanya fasilitas java ini sangat memudahkan bagi para pengguna untuk menambahkan aplikasi-aplikasi berbasis Java 2 Micro Edition (J2ME), diantaranya adalah aplikasi game yang merupakan aplikasi yang terus berkembang dan merupakan yang paling banyak diminati pengguna handphone, meskipun game terus berkembang tetapi pada kenyataannya banyak game yang sifatnya kurang mendidik pada anak-anak, sehingga mereka terus dipengaruhi oleh game yang tidak sesuai dengan tingkatan mereka, hingga mereka lupa untuk belajar. Maka dari itu pada karya ilmiah ini penulis membuat suatu aplikasi game edukasi susun kata berbasis J2ME, dengan tujuan memberikan pelatihan dan mendidik anak-anak untuk terus belajar dan mengembangkan pola berfikir mereka, sehingga mereka dapat bermain sekaligus belajar menyusun kata, sehingga memberikan nilai positif bagi anak-anak.
ANALISIS ENERGI DAN EKSERGI PENGERINGAN PISANG MEMANFAATKAN PANAS DARI KONDENSOR AC (AIR CONDITIONER) Hermawan, Indra; Mulia, Mulia
Jurnal Teknovasi : Jurnal Teknik dan Inovasi Vol 2, No 2 (2015): Teknovasi Oktober 2015
Publisher : LPPM Politeknik LP3I Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (676.426 KB)

Abstract

AC (Air Conditioner) yang lebih dikenal dengan pendingin ruangan banyak digunakan baik pada rumah tangga maupun perkantoran. Selama ini AC hanya dimanfaatkan udara dinginnya saja sedangkan panas yang keluar melalui kondensor lebih banyak dibuang ke lingkungan. Panas dari kondensor AC dapat dimanfaatkan untuk pengeringan bahan pangan atau hasil pertanian. Tujuan dari penelitian ini secara umum memanfaatkan panas dari kondensor AC untuk pengeringan pisang, sedangkan tujuan khususnya adalah untuk mengetahui model termodinamik pengeringan pisang serta melakukan kajian energi dan eksergi pada proses pengeringan ini. Dari hasil penelitian yang dilakukan diperoleh COP dari sistem adalah sebesar 5,25, laju pengeringan (drying rate) sebesar 3,74 gr/menit, energi pengeringan rata-rata adalah 0,68 kW dengan efisiensi energinya adalah 24,83% dan eksergi pengeringan rata-rata adalah sebesar 0,009 kW dengan efisiensi eksergi pengeringan adalah 20,56%.