cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota kediri,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Pengabdian pada Masyarakat INDEKS (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Terintegrasi)
Published by Politeknik Kediri
ISSN : 25492799     EISSN : 25810995     DOI : -
Core Subject : Science,
Arjuna Subject : -
Articles 35 Documents
Pengaruh Penerapan Mini Library dan Digital Library Terhadap Minat Baca Siswa Izzah, Abidatul; Alhamri, Rinanza Zulmy
Jurnal Pengabdian pada Masyarakat INDEKS (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Terintegrasi) Vol 3 No 1 (2018): Jurnal Volume 3, No. 1 (2018)
Publisher : Program Studi Teknik Informatika Politeknik Kediri

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (280.557 KB)

Abstract

Yayasan Arrahman is a foundation that is engaged in education by having 4 schools, they are play group, elementary, and junior high school. Because of a less facilities, students and teacher visit the library rarely. So that, this program proposed to build a mini library and a digital library to improve student’s passion in reading. The methods that have been implemented include the preparation, mini library construction, digital library development, digital library management training, librarian assistance, and the also evaluation. The mini libraries construction was carried out by procuring goods and furniture, while the digital library development was carried out with Senayan Library Management ystem (SLIMS) software configuration which is a standardized library information system. Thus, this program has successfully built a mini library and digital library in the SD Plus Arrahman and SMP Plus Arrahman Kediri. The results obtained are increased understanding and skills of librarians in library management services. It is also increase library visitor when break time and after having school.
Pendampingan Pembelajaran Perpajakan bagi Siswa/Siswi SMA/SMK di Kediri (Pendekatan PPh Pasal 21/26) Aalin, Elmi Rakhma; Andari, Atik Tri
Jurnal Pengabdian pada Masyarakat INDEKS (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Terintegrasi) Vol 3 No 1 (2018): Jurnal Volume 3, No. 1 (2018)
Publisher : Program Studi Teknik Informatika Politeknik Kediri

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (141.459 KB)

Abstract

Pajak yang merupakan sumber pendapatan terbesar di negara Indonesia menjadi faktor yang paling berpengaruh dalam perkembangan pembangunan di Indonesia . Dengan adanya fakta tersebut maka kesadaran wajib pajak di Indonesia dalam hal membayar pajak dan melaporkan pajak menjadi hal yang cukup krusial untuk diperhatikan dalam rangka menjaga kelangsungan pembangunan di negara kita. Hingga saat ini, Direktorat Jenderal Pajak masih berusaha untuk menumbuhkan kesadaran pajak sukarela, mengingat pemungutan pajak di Indonesia menggunakan Self Assessment System sehingga memang masalah kesadaran sukarela wajib pajak masih menjadi tugas utama untuk diselesaikan. Tujuan dari Program Pengabdian Masyarakat ini yaitu untuk memberikan kontribusi aktif terkait program inklusi pajak yang diusung oleh Dirjen Pajak dengan melakukan kerjasama dengan Kementrian Pendidikan serta Kemenristekdikti. Inklusi pajak merupakan salah satu program Kementrian Keuangan yang beriringan dengan program Kementrian Pendidikan dalam mewujudkan revolusi karakter bangsa sebagai pondasi utama dan ruh pendidikan. Program pengabdian masyarakat ini menggunakan tiga metode, yaitu: (1) Metode Diskusi Interaktif (2) Metode Pelatihan (3) Metode Pendampingan. Pengabdian masyarakat ini meliputi pendampingan pembelajaran dan praktik dengan pendekatan PPh Pasal 21/26. Sasaran pengabdian masyarakat ini adalah siswa-siswi SMA/SMK di Kediri. Penilaian mengenai keberhasilan kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan berpedoman kepada: (1). Kesesuaian antara materi kegiatan yang disampaikan dengan kuisioner yang dibagikan setelah kegiatan (2). Kehadiran dan partisipasi aktif dari peserta selama kegiatan berlangsung mencerminkan antusiasisme peserta kegiatan (3). Sikap dan tanggapan peserta kegiatan menunjukkan bahwa peserta kegiatan berusaha untuk mempraktikkan materi yang didapat selama kegiatan.
Perancangan dan Pembuatan Sistem Informasi Harga Sembako Pasar Tradisional Kota Kediri Berbasis Android Heriadi, Agustono; Pribadi, Haggi Januar
Jurnal Pengabdian pada Masyarakat INDEKS (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Terintegrasi) Vol 1 No 1 (2016): Jurnal Volume 1, No.1 (2016)
Publisher : Program Studi Teknik Informatika Politeknik Kediri

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (996.022 KB)

Abstract

Kota Kediri merupakan kota yang memiliki banyak fasilitas perdagangan seperti pasar modern dan pasar tradisional. Saat ini pasar modern lebih diminati masyarakat karena informasi harga di pasar modern di update dengan cepat sehingga masyarakat sudah tahu harga yang ada di pasar modern. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, perlu dibangun sebuah sistem informasi harga sembako pasar tradisional Kota Kediri berbasis Android yang dapat diakses oleh masyarakat dimanapun dan kapanpun dengan smartphone. Metodologi dalam penelitian ini di tempuh dalam beberapa langkah, yakni pengumpulan data dengan studi literature dan observasi, perencanaan kebutuhan untuk menentukan spesifikasi sistem yang akan dibuat, desain, implementasi, dan pengujian untuk menjadi aplikasi yang sesungguhnya. Sistem ini berfungsi untuk menginformasikan harga-harga sembako pasar tradisional di Kota Kediri secara cepat dan terupdate. Sistem ini memiliki tiga pengguna yaitu admin pusat, admin pasar dan pengguna. Aplikasi ini memiliki fitur pencarian pasar, lokasi pasar, sembako, perbandingan harga sembako, dan harga perbulan. Untuk penelitian selanjutnya sistem informasi ini dapat ditambahkan beberapa fitur diantaranya ekspor harga mingguan dan bulanan pada admin pusat dan perbandingan rata-rata harga sembako di bulan yang sama pada tahun sebelumnya.
Pelatihan Pasar Modal Menggunakan Analisis Fundamental dan Teknikal di Kelurahan Tinalan Kota Kediri Andari, Atik Tri; Setianingsih, Novie Astuti
Jurnal Pengabdian pada Masyarakat INDEKS (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Terintegrasi) Vol 2 No 1 (2017): Jurnal Volume 2, No.1 (2017)
Publisher : Program Studi Teknik Informatika Politeknik Kediri

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (314.491 KB)

Abstract

Inflasi mulai bulan April 2017 mengalami peningkatan menjadi 4,17%, bulan Mei 2017 sebesar 4,33%, dan Juni 2017 sebesar 4,37%. Peningkatan inflasi ini berpengaruh dengan pola pemikiran masyarakat. Dimana, masyarakat akan menyisihkan sebagian pendapatan untuk berinvestasi. Fenomena tersebut merupakan peluang untuk memberikan edukasi kepada masyarakat dalam meningkatkan pengetahuan mengenai investasi di pasar modal, khususnya saham. Tujuannya adalah memberikan pengetahuan lebih dalam mengenai investasi di pasar modal khususnya saham dengan analisis fundamental dan teknikal dan memperkenalkan Galeri Investasi Politeknik Kediri kepada masyarakat. Pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan Experimental Learning yang melibatkan beberapa metode praktis dengan memberikan pengalaman dan latihan langsung kepada khalayak sasaran. Metode ceramah dengan menyampaikan teori dan konsep-konsep substansi penting yang harus dikuasai oleh masyarakat tentang saham di Pasar Modal. Kemudian, penerapannya dengan simulasi trading melalui online trading. Simulasi trading saham berfungsi untuk mengenalkan masyarakat tentang trading saham di pasar modal sebelum trading sesungguhnya
Pelatihan Administrasi Jaringan Komputer Menggunakan Router MikroTik bagi Guru-guru Jurusan TKJ di SMK Queen Al Falah Cinderatama, Toga Aldila; Alhamri, Rinanza Zulmy; Nugroho, Benni Agung
Jurnal Pengabdian pada Masyarakat INDEKS (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Terintegrasi) Vol 2 No 1 (2017): Jurnal Volume 2, No.1 (2017)
Publisher : Program Studi Teknik Informatika Politeknik Kediri

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (413.051 KB)

Abstract

Jaringan komputer merupakan salah satu topik yang penting di bidang Teknologi Informasi. Bisa dikatakan infrastruktur internet yang ada saat ini tidak akan dapat terwujud jika tidak ada jaringan kompoter sebagai backbone-nya. Di bidang pengajaran khususnya di tingkat pendidikan menengah kejuruan, jaringan komputer ini termasuk salah satu jurusan yang banyak diminati oleh siswa. Untuk mempelajari topik infrastruktur jaringan komputer secara menyeluruh biasanya dapat diwujudkan melalui penggunaan peralatan jaringan komputer, dalam hal ini router yang digunakan untuk membentuk sebuah infrastruktur jaringan komputer. MikroTik sebagai salah satu produk router yang ada di pasaran telah banyak digunakan untuk mengimplementasikan sebuah sistem jaringan. Dengan harga lebih terjangkau dibandingkan dengan produk-produk router yang ada sebelumnya dan kemampuan yang cukup handal membuat MikroTik ini banyak digunakan di kalangan praktisi jaringan komputer, termasuk salah satunya digunakan di jurusan Teknik Komputer dan Jaringan SMK Queen Al-Falah Desa Ploso Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri. Dengan diselenggarakannya pelatihan administrasi jaringan komputer menggunakan router MikroTik ini, diharapkan para guru pengampu mata pelajaran Teknologi Informasi dapat meningkatkan pemahamannya di bidang jaringan komputer dan dapat ditularkan ke siswa-siswa yang diajar. Pelaksanaan pelatihan ini meliputi materi administrasi dasar penggunaan MikroTik, routing, wireless, firewall, tunneling, quality of service, dan web proxy menggunakan perangkat router MikroTik.
Pelatihan Wireless Network Infrastructure bagi Pegawai PDE Pemkot Kediri Untuk Meningkatkan Kemampuan Konfigurasi Dan Penanganan Troubleshooting Jaringan Wireless Pemkot Kediri Nugroho, Benni Agung; Alhamri, Rinanza Zulmy
Jurnal Pengabdian pada Masyarakat INDEKS (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Terintegrasi) Vol 1 No 2 (2016): Jurnal Volume 1, No.2 (2016)
Publisher : Program Studi Teknik Informatika Politeknik Kediri

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (341.864 KB)

Abstract

Konfigurasi yang kurang tepat, cuaca buruk, serta human-error dalam pemanfaatan peralatan mengakibatkan sering terjadinya gangguan terhadap jaringan wireless di dalam jaringan komputer intranet Kota Kediri. Padahal jaringan wireless sebagai koneksi point to point dan juga point to multipoint antar jaringan backbone dengan jaringan lokal di setiap jajaran SKPD sangat krusial keberadaannya. Sebagai penanggung jawab langsung, PDE Kota Kediri dituntut untuk mampu dalam mengelola infrastruktur jaringan intranet termasuk penanganan suatu gangguan yang terjadi. Dengan diselenggarakannya pelatihan wireless network infrastructure diharapkan pegawai PDE mempunyai peningkatan pemahaman dalam mengelola maupun menangani jaringan wireless di dalam jaringan intranet Kota Kediri, peningkatan kemampuan konfigurasi jaringan wireless dengan baik, serta kemampuan menangani troubleshooting pada jaringan wireless secara tepat. Pelatihan wireless network infrastructure bagi pegawai PDE Pemerintah Kota Kediri dilaksanakan dalam empat tahapan meliputi tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap monitoring, serta tahap pembuatan laporan. Metode pelatihan yang digunakan meliputi metode ceramah, metode tanya-jawab, serta metode simulasi. Pelaksanaan pelatihan dihadiri oleh seluruh peserta. Adanya sambutan positif dari peserta membuat jalannya pelatihan berjalan dengan lancar sehingga penyampaian materi bisa berjalan dengan baik. Untuk meningkatkan kinerja jaringan wireless, peserta memperoleh pembekalan materi penggunaan protokol Nstreme dan NV2 di dalam jaringan wireless, penggunaan metode full duplex menggunakan protokol Nstreme Dual Slave, serta penerapan routing RIP dalam menghubungkan seluruh router pada jaringan. Peserta juga dibekali penanganan troubleshooting dalam penggunaan frekuensi melalui wireless tool meliputi scanner, frequency usage, dan wireless sniffer serta penggunaan tools untuk pointing antena secara tepat menggunakan alignment.
Instalasi Jaringan Metropolitan Area Network di 46 Kelurahan Kota Kediri Nugroho, Benni Agung; Cinderatama, Toga Aldila; Alhamri, Rinanza Zulmy
Jurnal Pengabdian pada Masyarakat INDEKS (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Terintegrasi) Vol 2 No 2 (2018): Jurnal Volume 2, No.2 (2018)
Publisher : Program Studi Teknik Informatika Politeknik Kediri

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (801.671 KB)

Abstract

Pemerintah Kota Kediri memiliki program untuk melakukan instalasi aplikasi pelayanan publik di setiap kantor kelurahan yang berjumlah 46 kelurahan. Aplikasi tersebut berjalan secara client-server dimana client  merupakan komputer yang ada di setiap kantor kelurahan sedangkan server ada di Diskominfo Kota Kediri. Agar aplikasi bisa berjalan maka diperlukan integrasi jaringan yang mampu menangani luas area 46 kelurahan menyebar di Kota Kediri. Metropolitan Area Network (MAN) merupakan konsep jaringan komputer yang mampu menangani luas area gegorafis setingkat kota dengan jarak koneksi mencapai 10 km. Pada program ini diterapkan instalasi jaringan MAN yang efektif, murah, dan aman agar aplikasi client-server bisa bekerja dengan baik. Dari sisi efektivitas jaringan MAN yang digunakan memanfaatkan infrastruktur jaringan fiber optic dimana media transmisi fiber optic paling unggul dibanding media transmisi lain. Dari sisi murahnya biaya, instalasi jaringan MAN memanfaatkan infrastruktur jaringan fiber optic milik pihak ketiga yaitu Telkom Indihome dimana jaringannya sudah dibangun dengan baik. Sedangakan dari sisi keamanan diterapkan koneksi VPN agar koneksi bisa berjalan privat meskipun melewati jalur internet. Program ini dikerjakan dengan 4 tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan, monitoring, serta pembuatan laporan. Saat tahap pelaksanaan, langkah instalasi jaringan MAN dilakukan 5 langkah kerja meliputi media transmisi, konfigurasi jaringan, konfigurasi VPN, instalasi aplikasi, dan terakhir pengujian aplikasi. Hasil dari program pengabdian masyarakat ini adalah telah berhasilnya instalasi MAN pada seluruh kantor kelurahan Kota Kediri yang berjumlah 46 sehingga koneksi client-server pada aplikasi bisa berjalan dengan baik.
Pembuatan Aplkikasi Mobile Reservasi Homestay Berbasis Android di Kota Wisata Batu Efendi, Fery Sofian; Dianta, Ashafidz Fauzan
Jurnal Pengabdian pada Masyarakat INDEKS (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Terintegrasi) Vol 1 No 1 (2016): Jurnal Volume 1, No.1 (2016)
Publisher : Program Studi Teknik Informatika Politeknik Kediri

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1527.546 KB)

Abstract

Saat tamu ingin menginap di Homestay Daerah Kota Wisata Batu, tamu akan mencari homestay yang kosong dan harganya sesuai keinginan. Tamu terkadang mengalami kesulitan untuk menemukan homestay yang masih kosong terutama saat hari-hari libur. Dengan adanya kolaborasi teknologi smartphone android dengan layanan internet, memungkinkan sistem untuk mengirim data melalui jaringan internet dan ditampilkan di ponsel android tamu, sehingga dapat mempermudah tamu mencari informasi tentang homestay dan melakukan reservasi homestay. Penelitian ini menghasilkan Aplikasi Mobile Reservasi Homestay Berbasis Android di Kota Wisata Batu. Kontribusi utama dari peneltian ini adalah keberhasilan mengembangkan aplikasi yang memungkinkan melakukan reservasi secara online dan dapat melihat informasi homestay lebih detail. Aplikasi ini dibuat menggunakan kombinasi Android, PHP dan JSON dengan menggunakan koneksi internet. Aplikasi mobile yang dibangun ini dapat menampilkan beberapa informasi, seperti foto, peta, dan keterangan lainnya. Aplikasi ini dapat mengirim foto bukti pembayaran dan upload foto tamu. Sehingga dapat memudahkan proses reservasi homestay .
Basic English untuk Pengajar di Pondok Pesantren Darun Nafi Km 34 Samboja-Kutai Kartanegara Damayanti, Lilik; Gafur, Abdul; Milaningrum, Elisabeth; Achmad, Karmila; Opu, Nur Vita
Jurnal Pengabdian pada Masyarakat INDEKS (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Terintegrasi) Vol 2 No 2 (2018): Jurnal Volume 2, No.2 (2018)
Publisher : Program Studi Teknik Informatika Politeknik Kediri

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (160.041 KB)

Abstract

Kegiatan PKM yang berjudul Basic English untuk pengajar di Pondok Pesantren Darun Nafi Km.34 Samboja-Kutai Kartanegara ini adalah program Pelatihan yang diberikan kepada tenaga pendidik di pondok pesantren ini berkonsep pembelajaran bilingual dimana practice makes perfect dimulai dari hal yang paling sederhana yakni pemberian salam, memberikan bahasa pengantar , instruksi kepada siswa beserta responnya. Selain itu, pada pelatihan ini menekankan pada English acquisition dimana pengajaran Bahasa Inggris yang mampu menarik minat siswa karena mereka dapat mengalami pemerolehan bahasa kedua pada konteks yang lebih natural sehingga interfensi bahasa pada proses pemerolehan bahasa kedua dapat berkurang seiring lengkapnya proses pemerolehan. Tanpa disadari anak akan belajar bahasa Inggris dengan menyenangkan (fun) sehingga mereka dapat menggunakan bahasa tersebut dalam kehidupan sehari –hari. Dari program ini ditargetkan dapat terbentuknya pola pikir masyarakat akan pentingnya skill yang mereka miliki saat ini sebagai bekal untuk mengahadapi persaingan global, dan terbentuknya kelompok keahlian berbahasa Inggris yang memiliki kemampuan dasar berbahasa Inggris sehingga bisa mengajarkannya kepada siswa-siswi yang berada di Ponpes tersebut. Dengan kegiatan ini, kami juga berharap agar Ponpes Darun Nafi bisa menjadi pusat pelatihan bahasa Inggris yang bisa memfasilitasi minat dan kemampuan siswa siswi prasekolah sampai menengah dalam hal penguasaan bahasa Inggris.
Undian PBB Elektronik Bulan Panutan 2017 dalam Rangka Intensifikasi Pajak Daerah di Kota Kediri Heriadi, Agustono; Pradana, Andika Kurnia Adi
Jurnal Pengabdian pada Masyarakat INDEKS (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Terintegrasi) Vol 2 No 1 (2017): Jurnal Volume 2, No.1 (2017)
Publisher : Program Studi Teknik Informatika Politeknik Kediri

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (717.166 KB)

Abstract

Bulan Panutan Pajak 2017 merupakan salah satu bentuk intensifikasi pajak daerah di Kota Kediri. Kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi terhadap masyarakat yang membayar pajak di awal tahun (sebelum bulan Maret) sehingga pembayaran pajak dapat tepat waktu atau tidak menunggu batas waktu pembayaran. Selama ini kegiatan pengundian menggunakan Surat Tanda Terima Setoran (STTS) bukti pembayaran pajak. Hal ini menimbulkan kendala yaitu kurang efektifnya pengumpulan berkas dan kurang maksimalnya pembagian hadiah. Pembuatan aplikasi undian PBB Elektronik untuk Bulan Panutan 2017 ini menggunakan metode waterfall untuk proses analisa hingga tahap uji coba. Tahapan yang dilakukan pada metode penelitian disini adalah analisa, desain, pengkodean, dan uji coba. Tahapan pemeliharaan tidak dilaksanakan pada kegiatan pengabdian masyarakat ini. Hasil dari pengabdian masyarakat ini adalah pembuatan aplikasi undian PBB Elektronik untuk Bulan Panutan 2017 dalam rangka mendukung intensifikasi Pajak Daerah Kota Kediri dan pelatihan penggunaan aplikasi ini. Dengan adanya aplikasi ini, masyarakat dipermudah dalam proses proses pengundian dan mempermudah dinas terkait dalam hal ini Badan Pendapatan, Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kota Kediri untuk melakukan perekapan dan pengundian.

Page 1 of 4 | Total Record : 35