cover
Contact Name
I Made Bhaskara Gautama
Contact Email
bhaskara@stikom-bali.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
eksplora@stikom-bali.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Eksplora Informatika
ISSN : 20891814     EISSN : 24603694     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal Eksplora Informatika adalah jurnal nasional berbahasa Indonesia yang dikelola oleh Bagian Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P2M) STIKOM Bali. Jurnal ini memuat hasil-hasil penelitian dengan topik-topik penelitian yang berasal dalam cakupan rumpun ilmu Teknik Informatika dan Komputer. Jurnal ini diterbitkan 2 kali dalam 1 tahun yakni pada bulan Maret dan September dengan periode penerimaan artikel sepanjang tahun.
Arjuna Subject : -
Articles 153 Documents
Rancang Bangun Pembangkit Runtun PN dan Sandi Walsh Berbasis FPGA Pineng, Martina
Jurnal Eksplora Informatika Vol 2 No 1 (2012): Eksplora Informatika
Publisher : Bagian Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P2M) STIKOM Bali

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam sistem komunikasi spektrum tersebar, runtun PN dan sandi Walsh digunakan sebagai sandi penyebar. Runtun PN dibangkitkan berdasar register geser dengan umpan balik linear. Jumlah tingkat register menentukan panjang runtun. Runtun PN yang digunakan adalah runtun panjang maksimal termodifikasi. Sandi Walsh dibangkitkan berdasar matriks Hadamard. Dimensi matriks Hadamard menentukan jumlah runtun sandi yang dihasilkan dan panjang runtun sandi.Makalah ini berisi perancangan model sistem untuk membangkitkan runtun PN dan sandi Walsh. Rancangan diimplementasikan menggunakan FPGA Xilinx (XC4013-PG223-5). Rancangan terdiri atas tiga jenis, yaitu: pembangkit PN dengan 4-tingkat register dan pembangkit Walsh-8; pembangkit PN dengan 8-tingkat register dan pembangkit Walsh-16; dan pembangkit PN dengan 15-tingkat register dan pembangkit Walsh-64.
PENERAPAN OPTIMASI ALGORITMA C45 DENGAN NAIVE BAYES PADA PEMILIHAN INTERNET SERVICE PROVIDER Susila, Made Darma
Jurnal Eksplora Informatika Vol 7 No 2 (2018): Eksplora Informatika
Publisher : Bagian Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P2M) STIKOM Bali

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Internet Service Provider adalah sebuah badan usaha yang bergerak di bidang jasa pengelola Internet. Sebagai sebuah badan usaha penyedia jasa internet yang bersifat komersil, ISP memiliki penilaian tersendiri dari calon cutomer. Penilaian yang biasanya digunakan sebagai tolak ukur pemilihan ISP oleh calon customer antara lain adalah penilaian service hotline, nilai Customer Interconnect Rate (CIR), Harga , Customer Satisfactions, SLA dan Perangkat Last Mile. Permasalahan yang biasanya muncul pada calon customer adalah penentuan prioritas penilaian pemilihan terhadap beberapa parameter penilaian ISP. Hal yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan teknik klasifikasi untuk memprioritaskan penilaian dalam pemilihan ISP. Pada penelitian yang dilakukan, pemilihan algoritma klasifikasi C45 digunakan sebagai algoritma yang membentuk prioritas penilaian dalam pemilihan ISP dalam bentuk pohon keputusan. Hal ini didasarkan atas keunggulan algoritma C45 yang mampu memangkas struktur hierarki pohon keputusan terhadap parameter yang dimiliki dalam proses klasifikasi sehingga memudahkan dalam implementasi pengambilan keputusan. Untuk menangani adanya pembentukan akar yang memiliki nilai ganda pada perhitungan gain ratio di algoritma C45, pada penelitian yang dilakukan disempurnakan dengan konsep probabilitas yaitu naïve bayes. Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah adanya model pohon keputusan yang dapat digunakan untuk penilaian pemilihan ISP dengan algoritma klasifikasi C45 yang dioptimalkan dengan naïve bayes.
Analisis Pengujian Kualitas Video Pada Integrasi MOODLE Dengan Video Streaming Pada Jaringan Wired Ahmadi, Candra
Jurnal Eksplora Informatika Vol 2 No 1 (2012): Eksplora Informatika
Publisher : Bagian Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P2M) STIKOM Bali

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30864/eksplora.v2i1.16

Abstract

Berbagai macam pendekatan, metode dan solusi teknologi telah diterapkan dan dikembangkan dengan tujuan untuk membangun suatu sistem e-learning (electronic learning) yang canggih, andal dan user-friendly. Learning Management System (LMS) dikembangkan untuk mempermudah pengelolaan e-learning masa kini. yang dapat mengelola, menelusuri, dan melaporkan interaksi antara siswa dan konten yang dipelajarinya dan juga antara siswa dan pengajar atauinstruktur. Secara khusus, LMS mampu menangani registrasi siswa, menelusuri kemajuan belajar siswa, menyimpan hasil ujian, memberitahukan kelulusan siswa terhadap materi tertentu dan membantu instruktur untuk mengukur kemampuan siswanya. Melakukan pengukuran terhadap unjuk kerja jaringan dari hasil implementasi sistem dan kemudian dilakukan analisanya. Pengukuran dilakukan pada jaringan jaringan kabel (wired). Dengan mengukur nilai kualitas layanan video yang dihasilkan, yaitu MSE, PSNR dan MSAD dengan tool bantu MSU Video Quality Measure, melalui sampel video yang sudah te-record. Sehingga dapat diketahui kualitas dari jaringan yang dipergunakan yang selanjutnyaakan digunakan sebagai referensi perencanaan electronic learning untuk mendukung kualitas video berdasarkan Quality of Service.
Simulasi Produsen – Konsumen Untuk Menyelesaikan Problem Mutual Exclusion Pada Market Ummi, Khairul; Andayani, Zulfrida
Jurnal Eksplora Informatika Vol 3 No 2 (2014): Eksplora Informatika
Publisher : Bagian Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P2M) STIKOM Bali

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kasus producer-consumer digunakan sebagai ilustrasi pembahasan sinkronisasi. Kasus producer-consumer berisi masalah mutual-exclusion dan sinkronisasi. Kasus ini sering juga disebut sebagai bounded-buffer problem  (masalah buffer dengan jumlah terbatas). Agar mencapai tujuan secara benar, proses-proses harus mensinkronkan kegiatan-kegiatannya untuk menghindari kondisi deadlock (malapetaka). Proses-proses yang berinteraksi memerlukan sinkronisasi agar terkendali dengan baik. Deadlock terjadi ketika proses-proses mengakses sumber daya secara eksklusif. Semua deadlock yang terjadi melibatkan persaingan untuk memperoleh sumber daya eksklusif oleh dua proses atau lebih. Gagasan dasar penghindaran deadlock adalah hanya memberi akses ke permintaan sumber daya yang tidak mungkin menimbulkan deadlock. Strategi ini biasanya diimplementasikan dengan pengalokasi sumber daya memeriksa dampak-dampak pemberian akses ke suatu permintaan. Agar dapat mengevaluasi safe-nya system individu, penghindaran deadlock mengharuskan semua proses menyatakan jumlah kebutuhan sumber daya maksimum sebelum eksekusi. Begitu eksekusi dimulai, tiap proses meminta sumber daya saat diperlukan sampai batas maksimum. Proses-proses yang menyatakan kebutuhan sumber daya melebihi kapasitas total system tidak dapat dieksekusi.shared-memory merupakan solusi ke masalah bounded-buffer yang mengijinkan paling banyak n-1 materi dalam buffer pada waktu yang sama. Suatu solusi, jika semua N buffer digunakan tidaklah sederhana.Pada producer-consumer, dimulai dari 0 dan masing-masing waktu tambahan dari suatu item baru diberikan kepada buffer.  
Pembuatan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Mandarin Tingkat Dasar Kosasi, Sandy
Jurnal Eksplora Informatika Vol 4 No 1 (2014): Eksplora Informatika
Publisher : Bagian Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P2M) STIKOM Bali

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Bahasa Mandarin memiliki ciri khas dalam pelafalan, intonasi nada, dan goresan tulisan yang bervariasi. Para siswa membutuhkan sebuah aplikasi multimedia pembelajaran melalui perpaduan video, audio, teks, gambar dan animasi untuk memperoleh kemudahan dalam mempelajarinya. Penelitian ini menekankan pembahasan mengenai penguasaan pinyin dalam penulisan dan pelafalan yang benar berdasarkan kategori-kategori dan soal-soal latihan dalam bentuk permainan (game). Pembuatan aplikasi pembelajaran menggunakan metode prototipe. Aplikasi ini membantu para siswa yang ingin mempelajari bahasa Mandarin tingkat dasar secara mandiri, maupun individu yang belum pernah belajar bahasa Mandarin. Memiliki panduan dalam menulis huruf dan konten audionya, mampu menampilkan sekaligus huruf Han singkat (jiantizi) dan huruf Han lengkap (fantizi) sehingga dapat mempelajari perbedaan kedua jenis huruf tersebut dalam waktu yang bersamaan. Aplikasi ini juga memiliki fasilitas kamus Indonesia Mandarin. Analisis hasil dari aplikasi pembelajaran bahasa Mandarin memperlihatkan bahwa dalam melakukan penelusuran untuk setiap kosa kata dan kategori scene sudah dapat memenuhi kebutuhan pengguna.  
EVALUASI INFRASTRUKTUR VOIP PADA NETWORK JARINGAN SOHO Hostiadi, Dandy Pramana
Jurnal Eksplora Informatika Vol 7 No 2 (2018): Eksplora Informatika
Publisher : Bagian Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P2M) STIKOM Bali

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

VOIP merupakan bentuk perkembangan komunikasi yang digunakan oleh beberapa perusahaan. Keuntungan mengimplementasikan VOIP mampu memberikan proses komunikasi yang lebih efisien. Untuk mengukur kualitas VOIP yang sudah terimplementasi, dibutuhkan proses evaluasi infrastruktur untuk menilai seberapa stabil komunikasi yang didapatkan pada VOIP. Pada penelitian yang dilakukan, pengukuran atau evaluasi dilakukan terhadap penggunaan bandwidth, Jitter dan MOS(Mean Opinion Score). Pengujian dilakukan pada tipe jaringan SOHO yang megimplementasikan VOIP sebagai proses komunikasi dalam operasional perusahaan. Untuk mengamati pengukuran secara real time menggunakan Voip Log Viewer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan VOIP yang diimplementasikan memerlukan bandwidth sekitar 10 – 20 Kbps pada komunikasi 2 komunikator, tipe komunikasi dari Smartphone ke PSTN memiliki nilai jitter tertinggi dan nilai MOS 4:4 untuk mendapatkan kualitas komunikasi terbaik
Pemodelan Aturan Dalam Memprediksi Prestasi Akademik Mahasiswa Politeknik Poliprofesi Medan Dengan Kernel K-Means Clustering A. Karim, A. Karim
Jurnal Eksplora Informatika Vol 3 No 2 (2014): Eksplora Informatika
Publisher : Bagian Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P2M) STIKOM Bali

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Jurnal ini mengusulkan sebuah model aturan dalam memprediksi prestasi akademik mahasiswa di Jurusan Teknik Informatika Politeknik Poliprofesi Medan. Hingga saat ini memprediksi prestasi akademik mahasiswa masih menjadi perdebataan yang hangat di institusi-institusi pendidikan tinggi. Faktor-faktor yang berpengaruh secara dominan terhadap prestasi akademik mahasiswa masih belum dapat ditentukan secara pasti. Saat ini manajemen Politeknik Poliprofesi Medan masih menggunakan cara manual dalam memprediksi   prestasi   akademik   mahasiswa.   Sehingga   sangat   mungkin   terjadi kesalahan dalam memprediksi prestasi akademik. Hal ini akan berpengaruh terhadap hasil keputusan yang akan diambil oleh pihak manajemen Politeknik Poliprofesi Medan. Untuk itu sangat penting dibuat sebuah model aturan untuk memprediksi prestasi akademik mahasiswa yang dapat digunakan pihak manajemen sebagai sistem pendukung dalam pengambilan keputusan. Data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari database akademik mahasiswa jurusan Teknik Informatika Politeknik Poliprofesi Medan tahun ajaran 2011-2012. Dalam penelitian ini algoritma Kernel K-Means Clustering telah digunakan untuk mendapatkan suatu model aturan prediksi prestasi akademik mahasiswa di jurusan Teknik Informatika Politeknik Poliprofesi Medan. Model aturan yang diperoleh menunjukkan bahwa predikat dengan pujian dapat diperoleh jika nilai rata- rata teori, nilai rata-rata praktek dan kehadiran semakin tinggi.  
Sistem Alokasi Beasiswa Bidikmisi Pada Perguruan Tinggi Di Lingkungan Kopertis Menggunakan Metode Analytic Network Process Daifiria, Daifiria
Jurnal Eksplora Informatika Vol 5 No 2 (2016): Eksplora Informatika
Publisher : Bagian Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P2M) STIKOM Bali

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Beasiswa Bidikmisi adalah program bantuan biaya pendidikan yang diberikan Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikjen Dikti) Kementerian Nasional mulai tahun 2010. Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah-I Sumatera Utara merupakan lembaga yang ditunjuk pemerintah untuk mendistribusikan beasiswa Bidikmisi kepada mahasiswa kurang mampu baik di Perguruan Tinggi Negeri maupun swasta yang berada di kopertis wilayah 1. Dengan banyaknya PTS yang berada di lingkungan Kopertis Wilayah I Sumatera Utara, maka sulit untuk menentukan PTS mana yang berhak untuk menyalurkan beasiswa Bidikmisi. Selain itu, proses penyeleksian untuk menentukan alokasi jumlah  penerima beasiswa Bidikmisi pada masing-masing PTS yang dilakukan secara manual juga belum memberikan hasil yang efisien dan kurang sistematis dan cenderung dapat menimbulkan rasa ketidakadilan dan kecurigaan terhadap Kopertis Wilayah-I Sumatera Utara. Oleh karena itu, penulis membuat sebuah studi yang dapat digunakan untuk mempermudah penetapan ranking sebuah Perguruan Tinggi yang akan menerima kuota beasiswa ini dalam jumlah banyak, sedang ataupun sedikit dengan menggunakan sejumlah kriteria. Kriteria yang digunakan dalam penelitan ini adalah 3 kriteria, 9 sub kriteria dan 5 alternatif. Penilaian dilakukan dengan membagikan kuesioner kepada sejumlah responden. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode ANP dan Software Super Decision. Diharapkan dengan penggunaan metode ini, alokasi Perguruan Tinggi penerima beasiswa Bidikmisi di Lingkungan Kopertis wilayah 1 akan tepat sasaran dan proses penyaluran beasiswa menjadi lebih cepat, akurat dan optimal.  
Implementasi RESTful Web Service untuk Sistem Penghitungan Suara Secara Cepat pada Pilkada Rofiq, Fakhriyan Nur; Susanto, Ajib
Jurnal Eksplora Informatika Vol 6 No 2 (2017): Eksplora Informatika
Publisher : Bagian Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P2M) STIKOM Bali

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Salah satu bentuk demokrasi yang ada di Indonesia adalah pemilihan kepala daerah, atau biasa disebut pilkada, yang dilakukan untuk menentukan kepala daerah dan wakil kepala daerah yang baru.Dalam menghitung hasil perolehan suara, KPUD sebagai penyelenggara mengikuti tahapan-tahapan yang harus dilakukan sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan oleh undang-undang yang berlaku di Indonesia, metode ini dinamakan perhitungan riil.Hasil perolehan suara dari metode inilah yang digunakan oleh penyelenggara pemilihan umum untuk menentukan hasil pilkada.Metode perhitungan riil membutuhkan waktu pengumpulan data yang lama.Dengan memanfaatkan teknologi yang ada saat ini, proses pengumpulan data hasil perolehan suara bisa dilakukan dengan lebih cepat. Penerapan teknologi RESTful webservice pada pengembangan sistem Real-Quick Count rekapitulasi pilkada diharapkan bisa membantu pihak penyelenggara pemilihan dalam proses pengumpulan data hasil pilkada, serta bisa memenuhi kebutuhan masyarakat dalam mendapatkan informasi terkini mengenai perkembangan proses pemilihan kepala daerah yang sedang berlangsung. Sistem ini menggunakan perangkat berbasis android sebagai sarana untuk mengirimkan data hasil perolehan suara langsung ke server penyimpanan data. Dengan menerapkan enkripsi data perolehan suara dan beberapa tahap validasi, informasi hasil perolehan suara yang didapatkan melalui proses ini diharapkan bisa lebih akurat dan bisa dipertanggungjawabkan.  
Sistem Informasi Geografis Lokasi Tempat Ibadah Di Denpasar Berbasis Mobile Edwar, Edwar; Budiarto, Hary; Fitriansyah, Ahmad
Jurnal Eksplora Informatika Vol 2 No 2 (2013): Eksplora Informatika
Publisher : Bagian Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P2M) STIKOM Bali

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sistem  Informasi  Geografi  adalah  suatu  sistem  informasi  yang  digunakan  untuk  memasukkan,  menyimpan, memanggil kembali, mengolah, menganalisa dan menghasilkan data bereferensi geografis atau geospatial, untuk mendukung pengambilan keputusan dalam suatu perencanaan. Dengan  menggunakan  SIG  maka  diharapkan  akan  lebih  mudah  bagi  para  pengambil  keputusan  untuk mengetahui  lokasi  tempat  ibadah  beserta  informasi  yang  tersedia  yang  ada  di  Kotamadya  Denpasar.  Karena dengan  adanya  SIG,  maka  akan  digambarkan  pula  letak  atau  lokasi  dari  tempat  ibadah  pada  kondisi  yang sesungguhnya dalam bentuk peta Denpasar. Pada  Thesis  ini,  akan  dibuat  suatu  Sistem  Informasi  Geografis  (SIG)  berbasis  Mobile Android  dengan menggunakan Zachman Framework untuk  informasi tempat peribadatan yang ada di Kotamadya Denpasar, yaitu: Masjid, Gereja, Pura, Vihara dan Kelenteng. Disini nantinya akan didapatkan suatu analisa-analisa dan visualisasi dalam bentuk Mobile Android yang dapat digunakan sebagai referensi untuk para pengambil keputusan terutama dalam pencarian lokasi peribadatan di Kotamadya Denpasar.  

Page 1 of 16 | Total Record : 153