cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota banda aceh,
Aceh
INDONESIA
Jurnal Visipena
ISSN : 20861397     EISSN : 25026860     DOI : -
Core Subject : Education,
Visipena Journal (e-ISSN: 2502-6860 and p-ISSN: 2086-1397) published by Lemlit STKIP Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh two times a year in June and December. The goal of this journal is to facilitate scholars, researchers, and teachers for publishing the original research articles or review articles. The articles basically contain any topics concerning with education. Visipena Journal is available in print and online version. Languange used in this journal is Indonesia or English.
Arjuna Subject : -
Articles 100 Documents
KAJIAN PENGGUNAAN LABORATORIUM VIRTUAL BERBASIS SIMULASI SEBAGAI UPAYA MENGATASI KETIDAK-SEDIAAN LABORATORIUM Mirdayanti, Rina; Murni, Murni
Jurnal Visipena Vol 8, No 2 (2017)
Publisher : Percetakan Prima

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kemampuan menggunakan alat-alat praktikum bagi siswa merupakan suatu keharusan dalam mata pelajaran Fisika Dasar. Pada kenyataannya yang sering terjadi adalah tidak tersediannya laboratorium yang memadai untuk pelaksanaan praktikum, sehingga proses praktikum menjadi terkendala. Untuk mensiasati permasalahan seperti ini dibutuhkan sebuah media seperti perangkat software laboratorium virtual berbasis simulasi yang bisa digunakan dalam praktikum  fisika dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis upaya yang tepat yang dapat dilakukan untuk mengatasi ketidak-sedian  peralatan  laboratorium. Jenis penelitian yang gunakan adalah penelitian dengan pendekatan studi literatur. Hasil yang diharapkan dari literatur ini adalah munculnya pemahaman dalam melaksanakan praktikum fisika dasar dengan laboratorium virtual sebagai sarana untuk mengatasi persoalan ketidak-sedian laboratorium secara nyata. Sehingga laboratorium virtual ini dapat menjadi solusi yang tepat bagi siswa dan guru dalam melaksanakan praktikum. Kata Kunci: Praktikum, Ilmu Sains, Laboratorium Virtual, Pemahaman Konsep AbstractThe ability to use practical tools for students is a must in the basic Physics practical courses. In fact often happens is not adequate for laboratory tersediannya the implementation of practical, so that the process of teaching being constrained. To like the other problems like this needed a media device such as a software-based virtual lab simulations that can be used in the teaching of basic physics. This research aims to analyze the exact effort that can be done to overcome the lack of sedian laboratory equipment. This type of research is research use approach to the study of literature. The expected results of this literature is the emergence of an understanding of basic physics lab course in conducting with virtual laboratory as a means to address the issue of sedian in the real Labs. This virtual lab so that it can be the right solution for students and teachers in carrying out practical work. Keywords: Practical,Science Laboratory, Virtual Laboratotium, Understanding Concepts.
Korelasi Penggunanan Bahasa Inggris di Sekolah Terhadap Kualitas Siswa dalam Berbahasa Inggris Di MTsS Darul Ulum Banda Aceh Dauyah, Ema
Jurnal Visipena Vol 7, No 2 (2016)
Publisher : Percetakan Prima

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian dilakukan di MTsS Darul Ulum Kotamadya Banda Aceh. Tujuan dari penelitian ini adalah secara umum untukmengetahui mengetahui sejauh mana hubungan penggunaan materi/bahan ajar dalam proses belajar mengajar disekolah bilingual terhadap penguasaan B.Inggris di sekolah bilingual,mengetahui sejauh mana hubungan cara guru mengajar disekolah bilingual terhadap penguasaan sekolah bilingual; serta untuk mengetahui korelasi perilaku siswa dan orangtua di rumah terhadap penguasaan B.Inggris di sekolah bilingual. Penelitian ini termasuk penelitian deskrptif korelasional dengan menggunakan metode survey, dengan menggunakan kuesioner dan nilai hasil rapor siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MTsS Darul Ulum Banda Aceh dengan jumlah sebanyak 118 siswadan sampel adalahsiswa kelas VIII-1 dan VIII3 yang berjumlah 62 orang. Teknik pengolahan data menggunakan rank korelasi Spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari sampel 62 orang diperoleh  data bahwa terdapat hubungan antara penggunaan bahasa Inggris dengan kualitas bahasa Inggris siswa, hal ini menunjukkan bahwa dalam meningkatkan kualitas bahasa Inggris dapat di terapkan lebih tinggi terhadap penggunaan bahasanya. Pengguan bahan ajar atau materi yang tepat dan sesuai kebutuhan siswa sangat memegang peranan yang sangat penting sebagai alat untuk mencapaian tujuan pembelajaran. Cara mengajar guru juga sangat berpengaruh terhadap kualitas siswa dalam berbahahasa Inggris. Kata Kunci: Korelasi, kulaitas siswa, B. Inggris 
Stimulasi Kecerdasan Visual Spasial dan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini Melalui Metode Kindergarten Watching Siaga Bencana Gempa Bumi di PAUD Terpadu Permata Hati Banda Aceh Amelia, Lina
Jurnal Visipena Vol 6, No 2 (2015)
Publisher : Percetakan Prima

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Model Stimulasi Kecerdasan Visual Spasial Dan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini Melalui Metode Kindergarten Watching Siaga Bencana Gempa Bumi Di Paud Terpadu Permata Hati Banda Aceh Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (a) Pelaksanaan metode Kindergarten watching  Siaga Bencana Gempa Bumi dapat diterapkan oleh pendidik anak usia dini di Paud Terpadu Permata Hati Banda Aceh, (b) Metode Kindergarten watching Siaga Bencana Gempa Bumi mampu memberikan pengaruh terhadap kecerdasan Visual Spasial dan kinestetik anak di Paud Terpadu Permata Hati Banda Aceh. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan ( Research and development/ R & D) 4-D ( define, design, develop dan disseminate). Penelitian ini diadakan di Paud Terpadu Permata Hati Banda Aceh dengan populasi dan sampel penelitiannya adalah TK B sejumlah 28 orang anak. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 bulan  lebih yaitu dimulai dengan survey awal ke sekolah dan diskusi instrument dengan guru dan uji coba instrument  di bulan maret 2015, penelitiannya di bulan mei  sampai dengan September 2015. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar test informal untuk anak, lembar observasi kemampuan visual spasial anak, lembar observasi guru dan lembar kesan guru.teknik analisis datanya adalah dengan menggunakan rumus statistic sampel tunggal. Berdasarkan dari hasil perhitungan dari uji statistik Anova diperoleh nilai R square = 0,620, dan 0,622, yang berarti keterampilan berpengaruh terhadap kecerdasan visual spasial sebesar 62,2% dan keterampilan berpengaruh terhadap kecerdasan kinestetik sebesar 62%. Keterlaksanaaan penelitiannnya, awalnya pendidik terlihat agak canggung dengan metode yang akan dilaksananakan, setelah dilakukan pengarahan teknis pelaksanaanya dan pengenalan intrumen yang akan di pakai, untuk tahap pertama masih ada kendala dalam urutan kegiatan sehingga peneliti sering terlibat langsung bersama pendidik . Pelaksanaan tahap 2 , pendidik sudah mulai mandiri untuk melaksanakan kegiatan. Dapat disimpulkan pengaruh Stimulasi Kecerdasan Visual Spasial Dan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini Melalui Metode Kindergarten Watching Siaga Bencana Gempa Bumi Di Paud Terpadu Permata Hati Banda Aceh masih tergolong kecil, karena ini pertama kali ujicoba. Kata kunci: Stimulasi Kecerdasan Visual Spasial, Kecerdasan Kinestetik, Metode Kindergarten Watching
EVALUASI KINERJA GURU DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI YAYASAN AL KENANIYAH JAKARTA TIMUR Ning Zahroh, Mas
Jurnal Visipena Vol 8, No 2 (2017)
Publisher : Percetakan Prima

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini secara teoritis dari hasil pembahasan penelitian ini di harapkan memberikan kontribusi ilmiah bagi perkembangan keilmuan, Memberikan masukan kepada sekolah tersebut dan sekolah lain dalam hal Kinerja Guru dalam meningkatkan mutu pendidikan, Bahan evaluasi bagi Yayasan Pondok Al Kenaniyah untuk memberikan pelayanan mutu pendidikan yang lebih baik, Bagi Peneliti diharapkan menjadi sumbangsih dan menambah pustaka bagi kajian pendidikan selanjutnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang cara pengumpulan data nya menggunakan wawancara, observasi juga daftar checklist. Tempat penelitian di Yayasan Al Kenaniyah Jakarta Timur untuk meneliti kinerja guru dalam peningkatan mutu pendidikan dengan subjek berjumlah 60 orang.  Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan yaitu : kinerja guru menyangkut dalam perencanaan pembelajaran, kinerja guru dalam pelaksanaan pembelajaran, kinerja guru dalam penilaian hasil belajar, juga disiplin guru dalam melaksanakan tugas nya mempunyai kinerja baik. Sehingga mutu pendidikan yang ada di bernilai baik. Kata Kunci : Evaluasi, Kinerja Guru, Peningkatan Mutu.  AbstractTheoretically the results of the discussion of this research is expected to provide scientific contributions to the development of science, to provide some suggestions to the school and other schools in terms of teacher performance in improving the quality of education, to be the evaluation for Yayasan Pondok Al Kenaniyah to provide better service in the quality of their education. This study is also expected to be the contribution for the researcher in the field of education. This study uses a qualitative method of data collection. The data is achieved by conducting interviews, observation and checklist. The data is obtained to analyze the performance of teachers in improving the quality of education with the subject of 60 people in Yayasan Al Kenaniyah, East Jakarta to investigate. Based on the data obtained can be summarized as follows: regarding to the performance of teachers in the learning plan, the performance of teachers in the implementation of learning, the performance of teachers in the assessment of learning outcomes, also discipline of the teachers in performing their duties to get good performance. Thus, the quality of education will be better in the future. Keywords : Evaluation,  Teacher Performance,  Quality Improvement.
Penerapan Model Quantum Learning dengan Menggunakan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Suhu dan Pengukuran di Kelas VII SMP Negeri 1 Kuta Baro Sari, Kartika
Jurnal Visipena Vol 7, No 2 (2016)
Publisher : Percetakan Prima

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembelajaran quantum learning adalah suatu kegiatan pembelajaran dengan suasana yang menyenangkan karena guru mengubah segala sesuatu yang ada disekelilingnya sehingga siswa bergairah belajar. permasalahan dalam penelitian ini adalah :1.Bagaimana peningkatan hasil belajar fisika siswa pada konsep suhu dan pengukuran di Kelas VII SMP Negeri 1 kuta Baro dengan menerapkan model Quantum learning menggunakan alat peraga. 2.Bagaimana aktifitas guru dan siswa pada proses belajar mengajar dengan menerapkan model Quantum Learning menggunakan alat peraga pada materi Suhu dan Pengukuran di Kelas VII SMP Negeri 1 Kuta Baro.3.Bagaimana keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan model Quantum learning menggunakan alat peraga pada materi Suhu dan Pengukuran di Kelas VII SMP Negeri 1 Kuta Baro.4.Bagaimana respon siswa terhadap penerapan model Quantum Learning dengan menggunakan alat peraga pada materi Suhu dan Pengukuran di Kelas VII SMP Negeri 1 Kuta Baro. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Kuta Baro yang berlokasi di Jalan Blang Bintang lama KM. 11,5 Kuta Baro Aceh Besar, mulai tanggal 15 September  2012 sampai dengan 29 September 2012. Untuk penelitian ini yang dijadikan subjek adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kuta Baro Tahun Ajaran 2012/2013 dengan jumlah siswa 26 orang. Selanjutnya, objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar Fisika kelas VII1  pada pokok bahasan suhu dan pengukuran dengan menerapkan model Quantum Learning menggunakan alat peraga di SMP Negeri 1 Kuta Baro. Sesuai dengan metode penelitian yang digunakan dalam penelitian, yaitu penelitian tindakan kelas, maka pelaksanaan kegiatan belajar mengajar untuk setiap kali pertemuan adalah mengikuti siklus rancangan tindakan kelas, yaitu rencana, tindakan, observasi dan refleksi seperti pada siklus. Hasil tes belajar dengan menerapkan model Quantum Learning menggunakan alat peraga telah terjadi peningkatan nilai ketuntasan individual dan ketuntasan klasikal dari siklus pertama, siklus kedua dan siklus ketiga. pada siklus pertama, ketuntasan individual 88,47% dan ketuntasan klasikal 60%. Pada siklus kedua, ketuntasan individual 92,30% dan ketuntasan klasikal 80%. Pada siklus ketiga, ketuntasan individual 96,15 dan ketuntasan klasikal 90%.Kata Kunci : Model quantum learning, alat peraga, hasil belajar, suhu dan pengukuran. 
Pengaruh Skema Peserta Didik dan Membaca Ekstensif Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Tri Astuti, Natalia
Jurnal Visipena Vol 8, No 1 (2017)
Publisher : Percetakan Prima

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh skema dan pemberian tugas membaca ekstensif terhadap hasil belajar bahasa Inggris peserta didik di SMA PGRI Jakarta Selatan. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen semu, dengan populasi seluruh SMA PGRI di Jakarta Selatan, dan Sample dua SMA PGRI di Jakarta selatan. Penelitian ini menggunakan beberapa instrument dan tahapan. Berdasarkan hasil pengujian yang dibantu dengan SPSS 15.0. pada taraf signifikansi 0,05 maka diperoleh semua data berdistribusi normal dan homogen. Dan diperoleh hasil terdapat pengaruh yang signifikan antara skema dengan hasil belajar bahasa Inggris, Pengaruh yang cukup signifikan antara pemberian tugas membaca ekstensif dengan tidak membaca ektensif terhadap hasil belajar bahasa Inggris, dan terdapat sinergi atau pengaruh yang sangat signifikan secara bersama-sama antara skema dan membaca ekstensif terhadap hasil belajar bahasa Inggris peserta didik.Kata Kunci: Skema, Membaca Ekstensif, Hasil Belajar
HUBUNGAN ANTARA KEAKTIFAN BELAJAR SISWA TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATISSISWA SMK Firdawati, Intan; Hidayat, Wahyu
Jurnal Visipena Vol 9, No 1 (2018)
Publisher : Percetakan Prima

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk melihat hubungan antara keaktifan belajarterhadap kemampuan komunikasi siswa SMK. Penelitian kuantitatif dan analisis datakorelasional ini mengambil populasi seluruh siswa SMK Negeri 1 Cipanas - Cianjur. Adapunsampel yang digunakan adalah sampel tak acak, yaitu 21 orang siswa kelas XI TKJ 2 di SMKNegeri 1 Cipanas - Cianjur. Alat yang digunakan untuk pengumpulan data berupa soalkemampuan komunikasi matematis dan angket keaktifan belajar siswa. Teknik analisis datayang digunakan adalah uji korelasi dengan kriteria data tersebut berdistribusi normal dan linier.Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa adanya hubungan antara keaktifanbelajar siswa terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Besar pengaruh kontribusiyang diberikan keaktifan belajar siswa terhadap komunikasi matematis sebesar 70,02%.Kata Kunci : Keaktifan Belajar, Kemampuan Komunikasi MatematisAbstractThe main purpose of this study is to see the relationship between the learning activities on thecommunication skills of vocational students. Quantitative research and correlational dataanalysis takes the population of all students of SMK Negeri 1 Cipanas - Cianjur. The samplesused were non-random samples, ie 21 students of class XI TKJ 2 in SMK Negeri 1 Cipanas -Cianjur. The tool used for data collection is a matter of mathematical communication abilityand questionnaire of student learning activeness. Data analysis technique used is correlationtest with data criteria are normal and linear distributed. Based on the results of research, itcan be concluded that the relationship between students learning activities to studentsmathematical communication skills. The influence of the contribution given by studentslearning activity toward mathematical communication is 70,02%.Keywords : Activity Learning, Mathematical Communication Skill
PENINGKATAN SELF EFFICACY BELAJAR MAHASISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH Yudha, Chrisnaji Banindra
Jurnal Visipena Vol 9, No 1 (2018)
Publisher : Percetakan Prima

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan self efficacy belajar mahasiswa pada mata kuliah pendidikan matematika SD 2 menggunakan pembelajaran berbasis masalah pada mahasiswa PGSD kelas 7D semester ganjil tahun akademik 2017/2018. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) secara kolaboratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan self efficacy belajar mahasiswa. Peningkatan self efficacy ditunjukan dengan Skor angket self efficacy belajar mahasiswa dari sebelum diberikan tindakan. Pada aspek level 40,10% kategori rendah dan meningkat sampai akhir siklus sebesar 89,25% dengan kategori tinggi. Aspek Strenght sebesar 7,45% pada sebelum tindakan dan meningkat sampai dengan akhir siklus 86,45 serta Aspek Generality yaitu dari 47,20% dengan kualifikasi rendah meningkat menjadi 85,03% pada akhir siklus. Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Masalah, Pendidikan Matematika SD 2,  Self Efficacy AbstractThis study aims to improve students self efficacy in mathematics education elementary school 2 using problem-based learning on PGSD students in 7D grade odd semester of academic year 2017/2018. This research is a collaborative classroom action research. The results showed that the problem-based learning model can improve students self efficacy learning. Increased self-efficacy is indicated by self-study questionnaire score students learn from before given action. On the aspect of level 40,10% low category and increase until end of cycle equal to 89,25% with high category. Strenght aspect of 7.45% on pre-action and increased up to the end of cycle 86.45 and Aspects of Generality ie from 47.20% with low qualifications increased to 85.03% at the end of the cycle. Keywords: Problem Based Learning, Mathematics Elemnetary Education 2, Self Efficacy
Manajemen Pelaksanaan Pembelajaran ICT di SD Negeri 46 Kota Banda Aceh Fitri, Hazal
Jurnal Visipena Vol 7, No 2 (2016)
Publisher : Percetakan Prima

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran sebagai usaha mengelola pembelajaran yang efektif dan efisien. Kegiatan belajar mengajar menjadi semakin mudah karena peran ICT. Pemanfaatan ICT dalam pembelajaran sebagai media pembelajaran untuk memudahkan penyampaian informasi atau bahan ajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) penyusunan perencanaan pembelajaran, 2) pelaksanaan pembelajaran, 3) evaluasi manajen pelaksanaan pembelajaran ICT di SD Negeri 46 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Subjek  penelitian adalah guru, kepala sekolah, pengawas, dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Perencanaan pembelajaran yang disusun oleh guru dalam pemanfaatan ICT yaitu berdasarkan KTSP dengan berpedoman pada BSNP. Perangkat pembelajaran dalam pemanfaatan ICT hanya disusun oleh guru kelas IV, V dan VI bidang studi matematika, IPA, IPS dan TIK. Perangkat tersebut diserahkan kepada kepala sekolah pada setiap awal semester untuk ditandatangani. Perangkat yang disusun meliputi minggu efektif, prota, prosem, silabus dan RPP. 2) Pembelajaran tidak semua dilaksanakan berdasarkan perencanaan yang telah disusun. Hal ini disebabkan keterbatasan media dan waktu pelaksanaan yang tidak sesuai. Kegiatan pembelajaran belum sepenuhnya dilaksanakan secara sistematis melalui proses eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi. Pada kegiatan pendahuluan guru melakukan absensi, apersepsi, memotivasi siswa dan memberitahukan tujuan pembelajaran. Pada kegiatan inti, guru menerapkan metode tanya jawab, demonstrasi, pembelajaran  langsung,  praktek dan penugasan. Pada akhir pembelajaran guru memberitahukan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya, memberikan tugas, menegaskan kembali materi yang telah diajarkan dan guru bersama siswa mengambil kesimpulan. 3) Evaluasi yang dilakukan oleh guru lebih sering menilai keaktifan siswa, cara kerjanya dan hasil yang dikerjakannya. Evaluasi sering diambil nilai praktek, karena setiap pembelajaran selalu dilakukan di lab dan selalu ada tugas yang harus dipraktekkan.  Kata Kunci: Manajemen Pelaksanaan Pembelajaran ICT.
Pengaruh Media Pembelajaran Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Dribbling Passing Dalam Permainan Sepakbola Pada Siswa SMA Negeri 1 Semarang Adri AR, Sahabul
Jurnal Visipena Vol 6, No 2 (2015)
Publisher : Percetakan Prima

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of this study is to determine: 1) the difference of the effect in using the learning media Audio visual on the result learning on football. 2) The difference of the effects between high motivation and low motivation on the result learning on football. 3). The interaction between learning media and students’ motivation on the learning result of football. This study uses experiment method with a factorial design 2x2. Population of the research was 530 students second, and  samples used in this study around 44 students by using purposive sampling, consist 22 students  has high motivation and 22 students has low motivation. The results showed. 1) There were the differences between the use visual media with the proof that f – test (4.915)>f table (4.085). 2). the difference between the effect of high motivation and low motivation on learning result in football with the proof F-test (141.360)> from F table (4.085) and 3). there was an interaction between learning media and motivation on learning result on football with the proof F test (6,433) > F table (4.085). Key words: Learning Media,Learning Motivation. Football

Page 1 of 10 | Total Record : 100