cover
Contact Name
Intan Kemala Sari
Contact Email
intankemalasari00@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
lemlit@stkipgetsempena.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota banda aceh,
Aceh
INDONESIA
Jurnal Buah Hati
ISSN : 2355102x     EISSN : 25026836     DOI : -
Core Subject : Education,
Buah Hati Journal (e-ISSN 2502-6836) is a periodical scientific publication dedicated to lecturers, students and educational observers to disseminate relevant studies, thinks and research results in early childhood education.Any visitor to this site can browse abstracts, read journal contents and download PDF files.
Arjuna Subject : -
Articles 58 Documents
PERAN ORANG TUA DALAM PENYEDIAAN MAINAN UNTUK ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK PUTRO IJO ACEH BESAR Hayati, Fitriah; Lindawati, Lindawati
Jurnal Buah Hati Vol 2, No 1 (2015)
Publisher : Percetakan Prima

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (160.551 KB)

Abstract

Peran orangtua dalam penyediaan mainan bagi anak menentukan perkembangannya dan mendukung proses berpikirnya. Namun kenyataannya di TK Putro Ijo Aceh Besar banyak orangtua yang masih rendah tingkat kepeduliannya terhadap permainan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan upaya orang tua di Taman Kanak-kanak (TK) Putro Ijo Aceh Besar menyediakan permainan yang sesuai dengan perkembangan anak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan jumlah sampel sebanyak  25 orang. Instrument pengumpulan data berupa wawancara dan angket. Analisis data dilakukan melalui statistik sederhana yaitu persentase dengan rumus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya orang tua di Taman Kanak-kanak (TK) Putro Ijo Aceh Besar dalam menyediakan permainan bagi anak dengan perkembangan anak memperhatikan aspek manfaat, murah, tidak berbahaya dan menyenangkan. Orangtua lebih cenderung membeli mainan bagi anak tidak dengan kehendak anak namun melalui kehendak orangtua. Untuk itu agar anak balita bisa tumbuh dan berkembang dengan baik, maka perlu kesadaran dan pengetahuan ibu tentang pentingnya mainan bagi anak dan memperhatikan aspek manfaat atau alat permainan yang bersifat edukatif (APE).  Kata Kunci: Peran Orangtua, Penyediaan Mainan, Anak Usia 4-5 tahun
PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK MELALUI KEGIATAN BERMAIN PASIR PADA ANAK KELOMPOK BERMAIN DI PAUD AR-RAHMAH SAMAHANI ACEH BESAR Oktariana, Riza; Nufus, Hayatun
Jurnal Buah Hati Vol 3, No 2 (2016)
Publisher : Percetakan Prima

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (375.874 KB)

Abstract

Anak-anak belum mampu aktif bermain, mereka cenderung berlari-lari dan jarang berkomunikasi dengan anak yang lain, mudah merasa bosan saat melakukan sesuatu, anak juga cenderung diam/tidak banyak pertanyaan yang diajukan pada saat bermain, dan rasa keingintahuan terhadap suatu hal sangat kurang. Untuk  menumbuhkan kreativitas anak, maka seorang guru harus lebih banyak memberikan kesempatan kepada anak untuk mengambil peran aktif dan kreatif dalam suasana belajar yang menyenangkan, menghargai setiap gagasan dan ide anak walaupun terkadang sedikit aneh, memberikan kesempatan sebanyak mungkin kepada anak untuk berkreasi dan berimajinasi. Jenis dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini berjumlah 10 anak  dengan rincian  5 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini observasi siswa, catatan lapangan dan dokumentasi. Siklus I rata-rata persentase anak belum muncul 27,1%, mulai muncul 61,4%, berkembang sangat baik dan berkembang sesuai harapan 11,4%. Siklus II rata-rata persentase anak yaitu mulai muncul 11,4%, berkembang sangat baik dan berkembang sesuai harapan 88,5%.Kata Kunci : Kreativitas, Bermain Pasir 
PERAN BIBLIOTERAPI DALAM MENGATASI PERMASALAHAN SISWA Labudasari, Erna
Jurnal Buah Hati Vol 5, No 1 (2018)
Publisher : Percetakan Prima

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (232.116 KB)

Abstract

Perkembangan siswa terkadang terganggu oleh berbagai faktor. Gangguan tersebut dapat dipengaruhi oleh lingkungan baik fisik, psikis maupun sosial. Permasalahan yang bervariasi membuat penanganan juga tidak sama antara satu anak dengan anak yang lain sehingga guru perlu memahami alternatif pemecahan masalah. Salah satu alternatif pemecahan masalah yang dapat diaplikasikan di kelas adalah melalui biblioterapi. Biblioterapi dapat mengatasi permasalahan yang di alami siswa. Biblioterapi dapat didefinisikan sebagai kegiatan membaca secara terbimbing dengan tujuan untuk membantu memecahkan permasalahan seseorang yang membutuhkan terapi. Biblioterapi dapat digunakan untuk membantu seseorang untuk menjawab pertanyaan tentang permasalahan yang di alami dengan berdasarkan literatur. Biblioterapi merupakan metode yang tepat bagi pendidik untuk mengatasi siswa dengan permasalahan sosial, emosional, pendidikan, dan akademik. Penggunaan biblioterapi di kelas memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengatasi permasalahan di sekolah. Penerapan biblioterapi dilakukan dengan cara membandingkan permasalahan dan cara memecahkan masalah tersebut yang terdapat di buku lalu guru dapat memilih bahkan mengembangkan pemecahan masalah yang terbaik versi mereka. Kata Kunci: biblioterapi, literatur, sekolah, siswa AbstractThe development of students is sometimes distracted by some factors. Its distraction can be influenced by their environment physically, psychically, and socially. The various problems make the different solutions for each students so teachers need to understand an alternative problem solving. One of problem solving which can be applied in the classroom is through Bibliotherapy.  It can solve the student problems. It can be defined as a guided reading activity which its purpose to assist someone to answer a question about the problems they have based on literacy. Bibliotheraphy is an appropriate method for teachers to solve the students who have social, emotion, education, and academic problems. Applying bibliotheraphy in the classroom give students opportunities to solve their problems at school. The applying can be done by comparing problems and problem solving on the book then the teachers can choose even develop their best version problem solving. Keywords: bibliotherapy, literature, school, students
PENINGKATAN DISIPLIN MELALUI PEMBIASAAN TOILET TRAINING PADA ANAK PLAY GROUP DI RA MUTIARA BUNDA BANDA ACEH Teiri Nurtiani, Ayi; Arigayanti, Neni
Jurnal Buah Hati Vol 1, No 2 (2014)
Publisher : Percetakan Prima

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (234.157 KB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Peningkatan disiplin melalui pembiasaan toilet training pada anak Play Group di RA Mutiara Bunda Banda Aceh” dengan rumusan masalah sebagaimana berikut: Bagaimana meningkatkan disiplin melalui pembiasaan toilet training pada anak play group di RA Mutiara Bunda Banda Aceh? Subjek penelitian adalah anak Play Group RA Mutiara Bunda yang berjumlah 20 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi anak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari tiga kali pertemuan yang dilakukan di semester genap (tahun akademik 2013-2014), selanjutnya data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan melalui pembiasaan toilet training dapat meningkatkan kedisplinan anak Play Group di RA Mutiara Bunda, terbukti pada data berikut ini: observasi awal BM 80%, MM 17.5%, BSH 2.5% dan BSB masih 0%. Kemudian pada siklus I yaitu BM 27.5%, MM 41.25%, BSH 31,25%, dan BSB masih 0%. Selanjutnya, pada siklus II yaitu MM 1.25%, BSH 27.5%, dan BSB 64.5%. sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian observasi awal BSH 2.5% dan BSB 0% (total 2.5%); siklus I BSH 31,25%, dan BSB 0% (total 31,25%); siklus II  BSH 27.5%, dan BSB 64.5% (total 92%). Jadi, penelitian ini dapat dianggap berhasil karena terjadi peningkatan dan mencapai kriteria keberhasilan yang diharapkan pada anak Play Group di RA Mutiara Bunda Banda Aceh. Kata kunci :Disiplin, Pembiasaan Toilet Training
UPAYA GURU DALAM MEMBIMBING PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI (Suatu Penelitian di Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Ar-Rahmah Kota Banda Aceh) Salmiati, Salmiati; Nurbaity, Nurbaity; Mulia Sari, Desy
Jurnal Buah Hati Vol 3, No 1 (2016)
Publisher : Percetakan Prima

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (250.283 KB)

Abstract

Penelitian yang berjudul “Upaya Guru dalam Membimbing Perkembangan Kognitif Anak usia Dini (Suatu penelitian di Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Ar-Rahmah Kota Banda Aceh)” bertujuan untuk mengetahui perkembangan kognitif anak-anak di usia dini di TKIT Ar Rahmah. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang mengupas dan menguraikan suatu masalah berdasarkan data yang ada. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru dan siswa kelas B1 di TKIT Ar Rahmah, Banda Aceh. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan anak usia dini di TKIT Ar Rahmah sudah mulai berkembang, terlihat pada anak ketika melakukan interaksi dengan guru dan teman-temannya, sebagian anak sudah tidak lagi berpusat pada dirinya sendiri. Dalam memahami sudut pandang orang lain, anak cenderung mempertahankan sudut pandangnya sendiri, tidak dapat membedakan antara sudut pandang dirinya dengan sudut pandang orang lain, dan tidak peduli pada sudut pandang orang lain. Anak juga cenderung fokus pada satu aspek kesulitan dalam memahami proses, tidak melihat sesuatu hal secara keseluruhan, melainkan hanya fokus pada satu aspek saja. Sedangkan Upaya yang dilakukan guru dalam membimbing kognitif anak usia dini memberikan kesempatan berinteraksi sosial, memahami bahwa anak-anak tidak berpikir secara logis, tidak melakukan pendisplinan yang menyakiti fisik dan mental. Upaya-upaya ini sudah sangat baik dilakukan oleh guru di TKIT Ar Rahmah dan dapat dijadikan pedoman bagi sekolah lain. Kata Kunci: Upaya Guru, Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini
ANALISIS KEMAMPUAN BAHASA ANAK PAUD DI KOTA BANDA ACEH DALAM KEGIATAN MAKAN Mutiawati, Yenni
Jurnal Buah Hati Vol 4, No 2 (2017)
Publisher : Percetakan Prima

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (352.988 KB)

Abstract

Bahasa berarti sistem lambang bunyi yang arbitrer, yang digunakan oleh semua orang atau anggota masyarakat untuk bekerjasama, berinteraksi, dan mengidentifikasi diri dalam bentuk percakapan yang baik, tingkah laku yang baik, sopan santun yang baik. Demikian halnya dalam dunia anak, bahasa berperan penting sebagai alat komunikasi dalam kehidupan anak. Tanpa kemampuan ini sulit bagi anak dalam berinteraksi. Kemampuan bahasa pada anak dapat dikembangkan melalui kegiatan makan. Stimulasi kegiatan berbahasa yang dilakukan pada kegiatan makan. kegiatan makan yang dibangun dengan kesenangan akan menghadirkan kenyamanan dan rasa senang pada anak sehingga anak antusias untuk belajar membangun pemahaman mereka sendiri tentang makan dan makanan mereka. Penelitian ini dilakukan di PAUD Cahaya Meunara kota Banda Aceh. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pola pengembangan kegiatan makan untuk menstimulasi kemampuan bahasa anak usia dini di PAUD Kota Banda Aceh serta cara memonitor dan mengevaluasi kegiatan makan untuk menstimulasi kemampuan bahasa pada anak usia dini. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan observasi dan wawancara serta angket yang diawali dengan memberikan sosialisasi dan pelatihan yang hasilnya dapat dijadikan sebagai bahan ajar atau modul sebagai rujukan bagi guru-guru PAUD dalam pelaksanaan pembelajaran termasuk dalam program kegiatan makan yang berkualitas dan bermakna bagi perkembangan anak. Kata Kunci : Bahasa, Kegiatan Makan, Anak Usia Dini Abstract Language means the system sound arbitrer coat of arms, used by all the people or community members to collaborate, interact, and identify themselves in the form of a good conversation, good behavior, good manners. This is the case in the world of children, language plays an important role as an instrument of communication in childrens lives. Without this capability it is difficult for children in interact. Language ability in children can be developed through the activity of eating. Stimulation of language activities conducted on feeding. activities built with pleasure will bring comfort and delight in a child so the children are enthusiastic to learn to build their own thoughts about food and their food. This research was conducted in the light of the OLD Meunara city of Banda Aceh. As for the purpose of this research is to know the pattern of the development of the activities of the fed to stimulate language skills, early childhood in the OLD city of Banda Aceh as well as how to monitor and evaluate the activities of the fed to stimulate language skills in children an early age. This research was conducted by doing observation and interviews as well as the now beginning with providing socialization and training results can be used as learning materials or modules as a reference for OLD teachers in the implementation of the learning activities included in the program packed with quality and meaningful for the development of the child. Keywords: Language, Feeding, Early Childhood
PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK MELALUI PERMAINAN BALOK DI KELAS A PAUD AL-HIDAYAH ACEH BESAR Kemal, Isthifa; Yuanita, Sari
Jurnal Buah Hati Vol 1, No 1 (2014)
Publisher : Percetakan Prima

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (253.782 KB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Peningkatan Kreativitas Anak Melalui Permainan Balok di Paud Al-Hidayah Banda Aceh”. Tujuan penelitian ini, yaitu untuk mengetahui aktivitas anak dengan permainan balok dan apakah dengan permainan balok dapat meningkatkan kreativitas anak di PAUD Al-Hidayah Banda Aceh. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian PTK. Subjek penelitian ini adalah seluruh anak di PAUD Al-Hidayah sebanyak 15 anak yang terdiri dari 5 laki-laki dan 10 perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan  rata-rata aktivitas anak pada siklus I menunjukkan anak di kelas A PAUD Al-Hidayah Aceh Besar memperoleh kategori kurang dengan nilai 56 – 70 dan kategori cukup dengan nilai 71 – 85. Pada siklus II menunjukkan anak di kelas A PAUD Al-Hidayah Aceh Besar memperoleh kategori baik dengan nilai 86 – 100 dan kategori cukup dengan nilai 71 – 85. Dapat disimpulkan dengan permainan balok dapat meningkatkan kreativitas anak di kelas A PAUD Al-Hidayah Aceh Besar. Kata Kunci : Kreativitas Anak, Permainan Balok
EFEKTIVITAS PERMAINAN TRADISIONAL ACEH DALAM MENINGKATKAN PERILAKU PROSOSIAL REMAJA Zuliani, Hetti; Nurbaity, Nurbaity; Amalia, Melly
Jurnal Buah Hati Vol 2, No 2 (2015)
Publisher : Percetakan Prima

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (217.166 KB)

Abstract

Remaja merupakan generasi penerus bangsa yang memiliki nilai-nilai akhlak yang baik dalam kehidupan sehari-hari. Dewasa ini banyak terjadi tawuran di kalangan remaja kita yang berakibat pada luka fisik dan psikis bagi pelakunya. Perilaku demikian dapat merusak tatanan kehidupan yang seharusnya dijalani seorang remaja. Melihat fenomena tersebut jelas kiranya bahwa remaja indonesia saat ini perlu mendapat pembinaan mentalnya terutama perilaku prososialnya. Perilaku prososial dapat menciptakan kehidupan yang tenang, nyaman dan aman dalam masyarakat, perilaku yang ditunjukan seperti menolong, bekerjasama, berderma, dan perilaku positif lainnya. Remaja yang identik dengan perubahan sangat mudah untuk dipengaruhi oleh hal-hal baru dilingkungannya, oleh karena itu sangat penting sekali apabila kehidupan mereka dibina dan dibentuk sejak dini. Membiasakan diri mereka untuk mau saling berbagi, menolong dan lainnya bisa dilakukan dengan cara yang menyenangkan seperti permainan-permainan. Mengingat remaja mudah bosan dalam melakukan sebuah aktivitas maka melalui permainan remaja dapat belajar nilai-nilai positif dalam berinteraksi dengan teman-temannya dalam kelompok. Situasi yang terbentuk dalam permainan dapat membantu terbentuk nya pembiasaan perilaku-perilaku yang positif pada remaja, sehingga akan terikut juga dalam kehidupan sehari-harinya. Berdasarkan hasil penelitian permainan tradisional yang diberikan dapat meningkatkan perilaku prososial pada remaja bila dilakukan secara rutin. Hal ini terlihat dari perilaku yang ditunjukkan sebelum dan sesudah perlakuan yang  dianalisis dengan uji t. Perlakuan ini diberikan kepada remaja SMP ishafuddin Banda Aceh, sebanyak 20 orang siswa.Kata Kunci : Permainan Tradisional Aceh, dan Perilaku Prososial
KENDALA DAN UPAYA GURU SERTA ORANG TUA DI ACEH DALAM MEMPERKENALKAN PENDIDIKAN SEKS UNTUK ANAK USIA DINI Kasmini, Lili; Novita, Rita
Jurnal Buah Hati Vol 4, No 1 (2017)
Publisher : Percetakan Prima

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (475.927 KB)

Abstract

Pendidikan seks yang Islami sangat penting diberikan sejak anak berusia dini; demi memberikan pengertian mengenai bagian tubuh, identitas seksual, fungsi-fungsi alat seksual dan bimbingan bernuansa islami dalam menjaga dan memelihara organ intim. Jadi, selain mengenal dan memahami seksualitas, anak juga mendapat nilai-nilai moral dalam menjaganya. Hal ini dapat diberikan di lembaga-lembaga pendidikan anak usia dini, mengingat anak sebagai mahkluk lemah yang rentan mengalami pelecehan seksual yang dilakukan orang-orang dewasa di sekitarnya. Diharapkan anak sebagai investasi masa depan bangsa mampu menjaga diri dan terjaga dari perbuatan-perbuatan yang tak menyenangkan agar pertumbuhan dan perkembangannya menjadi optimal. Melihat keadaan yang sangat miris ini,  maka tim peneliti tertarik dan berkeinginan untuk mengembangkan sebuah desain pembelajaran mengenai pendidikan seks yang bernuansa islami untuk anak usia dini. Penelitian ini mencoba membahas mengenai hasil surver dan wawancara yang telah dilakukan tim peneliti terhadap 100 orang responden di daerah Aceh khususnya untuk wilayah Banda Aceh dan Aceh Besar mengenai kendala dan upaya guru serta orang tua dalam mengajarkan dan memperkenalkan pendidikan seks untuk anak usia dini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 90% responden setuju dalam memperkenalkan dan mengajarkan pendidikan untuk AUD namun mereka terkendala khusunya dalam cara dan strategi yang akan dilakukan.Kata Kunci: Pendidikan Seks, dan Anak Usia Dini
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI MEDIA SEMPOA DI TK AL-IKHLAS LAMLHOM KECAMATAN LHOKNGA ACEH BESAR Safriani, Safriani; Teiri Nurtiani, Ayi
Jurnal Buah Hati Vol 2, No 1 (2015)
Publisher : Percetakan Prima

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (123.45 KB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya kemampuan berhitung anak yang dipengaruhi oleh kurangnya penggunaan media dalam pembelajaran. Dari latar belakang masalah tersebut maka timbullah rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: “Apakah media sempoa dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun di TK Al-Ikhlas Lamlhom kecamatan Lhoknga Aceh Besar?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berhitung melalui media sempoa pada anak usia 5-6 tahun di Tk Al-Ikhlas Lamlhom Aceh Besar pada tahun pelajaran 2013/2014. Subjek dalam penelitian ini anak kelompok B1 yang berjumlah 20 anak yang terdiri dari 11 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Metode penelitian ini menggunakan tindakan kelas (Classroom action research), dilaksanakan dalam dua siklus dimana masing-masing siklus melalui perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan lembar observasi anak. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan berhitung dengan menggunakan media sempoa pada setiap siklusnya. Pada siklus I 7% anak berkembang sangat baik (BSB), 49% anak berkembang sesuai harapan (BSH), dan 44% anak mulai berkembang (MB). Pada siklus II lebih meningkat lagi yaitu 65% anak berkembang sangat baik dan 35% anak berkembang sesuai harapan. Kata Kunci : Kemampuan, Berhitung Anak, Media Sempoa