cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota banda aceh,
Aceh
INDONESIA
Jurnal Metamorfosa
ISSN : 23380306     EISSN : 25026995     DOI : -
Core Subject : Agriculture,
Jurnal Metamorfosa (e-ISSN 2502-6995) merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang bahasa, sastra Indonesia dan daerah. Setiap pengunjung ke situs ini dapat menelusuri abstrak, membaca isi jurnal dan mengunduh file PDF.
Arjuna Subject : -
Articles 96 Documents
ANALISIS MAKNA KATA BERAFIKSASI PADA TEKS CERITA DALAM BUKU AJAR BAHASA INDONESIA Kustina, Rika; Rahmawati, Mulia
Metamorfosa Journal Vol 7, No 1 (2019)
Publisher : STKIP Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (424.056 KB)

Abstract

Kajian penelitian ini mengenai bentuk kata berawalan (afiksasi) dan analisis makna. Penelitian ini dilakukan melihat banyaknya siswa yang sulit memahami atau mengartikan makna yang baik dan benar dan juga karena kurangnya penguasaan kosa kata yang dimiliki. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui beragam bentuk kata berafiks dan maknanya. Sumber data penelitian ini adalah teks cerita dalam buka ajar Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan Kelas IX Kemendikbud Semester 1 Tahun Terbit 2015. Metode penelitian yang digunakan berupa metode deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data berupa kajian dokumen dan teknik analisis data dilakukan dengan 3 tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil pengumpulan data, ditemui beberapa bentuk kata berafiksasi yaitu, prefiks yang memiliki morf {meN-, peN-, Ter-, Ke-, Di-, Se-, Per-, dan Ber-}, bentuk sufiks terbentuk dari morf {-kan, -an, dan –i}, bentuk gabungan terbentuk dari morf {meN-i, meN-kan, peN-an, Per-an, Ke-an, Ke-i, Di-kan, Di-i, Ber-an, Ber-kan, Ter-kan, Ter-i, Memper-kan, Memper-i, Memper-, Diper-, Diper-kan, Keter-an, Sese-, Berke-an}. Selain itu, ada pula berupa bentuk kata berafiksasi tidak baku seperti (ngerokok, ngopi, mikir, nyuruh, nyogok, ngaji, nyuap, nurut, omongin, teriakin, mainin, bukain, diciriin, dibilangin). Makna yang ditimbulkan dalam pembentukan kata berafiksasi yaitu verba aktif, verba pasif, nomina, adverbia, dan adjektiva. Kesimpulan dari penelitian ini adalah semua bentuk kata berafiksasi yang paling banyak ditemukan yaitu bentuk kata prefiks, baik dalam bentuk baku atau yang tidak baku, sedangkan makna kata yang banyak ditemukan pada kata berafiksasi tersebut adalah makna kata verba, baik verba aktif maupun verba pasif. Oleh karena itu, bagi para pembaca skripsi ini diharapkan agar dapat mengembangkan penelitian ini dari segi kajian semantik secara mendalam, bagi pembaca teks cerita dan pengajar hasil penelitian ini dapat digunakan untuk memahami buku Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan Kelas IX, dan bagi peneliti lain agar bisa menjadikan penelitian ini sebagai rujukan untuk melanjutkan penelitian serumpun. Kata Kunci: Bentuk Kata, Makna Kata Berafiksasi, Teks Cerita AbstractThe knowledge of this research is about the form of words beginning with (affixation) and analysis of meaning. This research was conducted to see the number of students who find it difficult to understand or interpret the meaning of good and true and also because of the lack of mastery of vocabulary owned. This research aims to find out various forms of words that are affixed and their meanings. The source of this research data is story text in opening Indonesian textbooks Ministry of Education and Culture Class IX Knowledge Forum 1st year of the year of publish 2015. The research method used is descriptive qualitative method, data collection techniques in the form of document studies and data analysis techniques are done in 3 stages, namely data reduction, presenting data, and drawing conclusions. Based on the results of data collection, it was found that some formations were affixed, that is, prefixes that have morph {meN-, peN-, Ter-, Ke-, Per-, and Ber-}, the shape of the suffix is formed from morph {- kan, -an, and -i}, the combined form is formed from morph {meN-i, meN-kan, peN-an, Per-an, Ke-an, Ke-i, Di-kan, Di-i, Ber-an, Ber-kan, Ter-kan, Ter-i, Memper-kan, Memper-i, Memper-, Diper-, Diper-kan, Keter-an, Sese-, Berke-an} In addition, there are also forms of non-standardized words such as (ngerokok, ngopi, mikir, nyuruh, nyogok, ngaji, nyuap, nurut, omongin, teriakin, mainin, bukain, diciriin, dibilangin). The meanings that arise in the formation of an affixed word are active verbs, passive verbs, nouns, adverbs, and adjectives. The conclusions of this study are that all forms of affixed words are most commonly found, namely the form of prefix words, either in the raw or non-standard form, while the word meanings found in many affixed words are verb word meanings, both active verbs and passive verbs. Therefore, for the readers of this thesis, it is hoped that in developing this research in terms of in-depth semantic studies, the story text readers and instructors of this research can be used to understand Indonesian Language of Class IX book, and for other researchers to make this research is a reference for continuing cognate research. Keywords: Word Form, Affixed Word Meanings, Story Text
KEKERASAN TERHADAP PEREMPUAN DALAM NOVEL ARAFAT NUR Rismawati, Rismawati
Metamorfosa Journal Vol 7, No 1 (2019)
Publisher : STKIP Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (449.719 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuanmendeskripsikan unsur kekerasan yang dialami perempuan dalam bentuk fisik maupun psikis dalam novel-novel Arafat Nur.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik.Metode deskriftif analitik dimaksudkan untuk mendeskripsikan dan menganalisisi secara kritis teks novel Arafat Nur yang mendeskripsikan kekerasan terhadap perempuan di dalamnya.Sumber data penelitian ini adalah novel-novel Arafat Nur. Dalam hal ini dipilih tiga judul novel Arafat Nur sebagai sumber data, yaitu (1)  Percikan Darah di Bunga yang terdiri atas 176 halaman.Novel ini diterbitkan oleh Lini Zikrul Remaja, tahun 2005. (2) Lampuki  terdiri dari 436 halaman. Novel ini diterbitkan oleh Serambi Ilmu, tahun 2011. (3) Bulan Kertasterdiri  dari 224 halaman, novel ini diterbitkan oleh PT Gramedia Pustaka Utama, tahun 2017. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini adalah teknik kepustakaan dan studi dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis kualitatif dengan penganalisis data secara verbal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa  tokoh perempuan di dalam novel Arafat Nur mengalami kekerasan  dalam bentuk fisik maupun psikis yang meliputi, (a) kekersasa fisik meliputi pembunuhan,  pemukulan, penembakan, penganiayaan, dan pemerkosaan; (b) secara psikis meliputi: pemutusan mata rantai ekonomi, menciptakan suasana mencekam, meneror, memasang bom rakitan untuk menakut-nakuti, dan ancaman surat kaleng Kata Kunci: Perempuan, Kekerasan, Fisik, Psikis AbstractThis study aims to describe the elements of violence experienced by women in physical and psychological forms in Arafat Nur's novels. This study uses descriptive analytical methods. The analytical descriptive method is intended to describe and analyze critically the Arafat Nur novel text which describes violence against women in it. The source of the data is taken from Arafat Nur's novels. In this case, three titles of Arafat Nur's novels were chosen as data sources, namely (1) Blood Splash in Flowers consisting of 176 pages. This novel was published by Lini Zikrul Remaja, 2005. (2) Lampuki consists of 436 pages. This novel was published by Serambi Ilmu, in 2011. (3) Paper Month consists of 224 pages, this novel was published by PT Gramedia Pustaka Utama, in 2017. The technique used in collecting the data is library reasearch and documentation studies. The data analysis technique used in this study is a qualitative analysis technique with verbal data analyzers. The results of this study indicate that female figures in Arafat Nur's novels experienced physical and psychological violence which included, (a) physical violence including murder, beatings, shootings, torture, and rape; (b) psychologically includes: breaking the economic chain, creating a tense atmosphere, terrorizing, installing homemade bombs to scare, and threat of anonymous letters Keywords: Women, Violence, Physical, Psychological
ANALISIS LEVEL KOGNITIF TERHADAP DAYA BEDA BUTIR SOAL UJIAN KOMPREHENSIF PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA STKIP BINA BANGSA GETSEMPENA Harfiandi, Harfiandi; Nasution, Wahidah
Metamorfosa Journal Vol 7, No 1 (2019)
Publisher : STKIP Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (657.494 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini mendeskripsikan analisis level kognitif terhadap daya beda butir soal ujian komprehensif pendidikan bahasa dan sastra Indonesia STKIP Bina Bangsa Getsempena. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptive research. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis level kognitif dan daya beda butir soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis butir soal ujian komprehensif pendidikan bahasa dan sastra Indonesia STKIP Bina Bangsa Getsempena tahun ajaran 2018 ̶ 2019. Hasil interpretasi level kognitif terhadap daya beda terdapat kategori jelek, cukup, baik, dan baik sekali. Level ingatan berkategori jelek terdapat pada nomor soal 3, 16, cukup baik terdapat pada nomor soal 1, baik tidak ada, dan baik sekali terdapat pada nomor soal 2. Level pemahaman berkategori jelek terdapat pada nomor soal 13, 21, 27, 28, 29, cukup terdapat pada nomor soal 8, 14, 20, 22, baik terdapat pada nomor soal 6, 15, dan baik sekali tidak ada. Level aplikasi berkategori jelek terdapat pada nomor soal 4,5,10, 24, cukup terdapat pada nomor soal 12, 17, 19, 23, baik tidak ada, dan baik sekali tidak ada. Level analisis berkategori jelek terdapat pada nomor soal 11, 30, cukup terdapat pada nomor soal 18, baik tidak ada, dan baik sekali tidak ada. Level sintesis berkategori jelek terdapat pada nomor soal 7, cukup terdapat pada nomor soal 9, baik tidak ada, dan baik sekali tidak ada. Level evaluasi berkategori jelek terdapat pada nomor soal 25, 26, cukup tidak ada, baik tidak ada, dan baik sekali tidak ada. Kata Kunci: Analisis Level Kongitif, Butir Soal, Daya Beda AbstractThis study aims to describe the analysis of cognitive levels on the discrimination indeks of the comprehensive examination questions in Indonesia language education STKIP Bina Bangsa Getsempena. The research method was using descriptive research. Data collection was done by documentation technique. Data analysis technique was carried out by analyzing cognitive levels and discrimination indek of items. The results showed that the analysis of the comprehensive examination questions in Indonesia language education of STKIP Bina Bangsa Getsempena from 2018 to 2019 year. The results of the interpretation of cognitive levels to discrimination indeks were poor, satisfactory, good, and excellent. The knowledge level was found with the category of poor item 3, 16, satisfactory item 1, good item was absent, and excellent item 2. The comprehention level was found with the category of poor item 13, 21, 27, 28, 29, satisfactory item 8, 14, 20, 22, good item 6, 15, and excellent item was absent. The application level was found with the category of poor item 4, 5, 10,  24, satisfactory item 12, 17, 19, 23, both good and excellent items were absent. The analysis level was found with the category of poor item 11, 30, satisfactory item 18, both good and excellent items were absent. The synthesis level was found with the category of poor item 7, satisfactory item 9, both good and excellent items were absent. The evaluation level was found with the category of poor item 25, 26, satisfactory, good, dan excellent items were absent.Keywords: Analysis On Cognitive Level, Question Items, Discrimination Indek
ETNOLINGUISTIK PENAMAAN PERALATAN RUMAH TANGGA TRADISIONAL PADA BAHASA DAYAK BELANGIN KALIMANTAN BARAT Ramaniyar, Eti
Metamorfosa Journal Vol 7, No 1 (2019)
Publisher : STKIP Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (515.996 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini mendeskripsikan mendeskripsikan penamaan peralatan rumah tangga tradisional pada Bahasa Dayak Belangin menggunakan kajian etnolinguistik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian berupa peralatan rumah tangga tradisional pada Bahasa Dayak Belangin dengan data dan sumber data berupa tuturan yang mengandung makna peralatan rumah tangga. Pengumpulan data menggunakan metode simak atau penyimakan, yaitu teknik simak bebas libat cakap. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan penamaan peralatan rumah tangga tradisional pada Bahasa Dayak Belangin banyak jenisnya, yaitu peralatan rumah tangga tradisional yang terbuat dari anyaman, dari kayu, besi, tembaga, batu, benang, tanah liat, bambu dan tempurung kelapa. Kata kunci: Etnolinguistik, Peralatan Rumah Tangga Tradisional, Bahasa Dayak Belangin AbstractThis research discusses the naming of traditional household appliances in Dayak Belangin  Language using ethnolinguistic studies. This research is a qualitative descriptive study. The object of the research is traditional household appliances in the Dayak Belangin  Language with data and data sources in the form of utterances containing the meaning of household appliances. Data collection uses the listening or listening method, which is a skillful listening technique. The data analysis technique used in this study is an interactive model data analysis technique. The results showed that the names of traditional household appliances in Dayak Belangin Language were of many types, namely traditional household appliances made of woven, wood, iron, stone, copper, yarn knitting, clay, bamboo.  Keywords: Ethnolinguistics, Traditional Household Appliances, Dayak Belangin Language
UPAYA PELESTARIAN KEBUDAYAAN LOKAL KALIMANTAN BARAT OLEH PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA IKIP PGRI PONTIANAK Hartati, Mesterianti; Wulansari, Fitri
Metamorfosa Journal Vol 7, No 1 (2019)
Publisher : STKIP Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (384.118 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menjelaskan upaya pelestarian kebudayaan lokal Kalimantan Barat oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia IKIP PGRI Pontianak. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penitian yang digunakan adalah berupa hasil wawancara yang berkaitan dengan upaya pelestarian kebudayaan lokal, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga upaya pelestarian kebudayaan lokal Kalimantan Barat oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia IKIP PGRI Pontianak, yaitu (1) Upaya pelestarian kebudayaan lokal melalui pendidikan; (2) Upaya pelestarian kebudayaan lokal melalui penelitian; dan (3) Upaya pelestarian kebudayaan lokal melalui pengabdian kepada masyarakat.Kata Kunci: Pelestarian, Kebudayaan Lokal AbstractThe purpose of this study is to describe and explain the efforts to preserve the local culture of West Kalimantan by the Indonesian Language and Literature Education Study Program IKIP PGRI Pontianak. This research is a qualitative descriptive study. The research subjects used were in the form of interviews related to the preservation of local culture, as well as documentation. The results showed that there were three efforts to preserve the local culture of West Kalimantan by the Indonesian Language and Literature Education Study Program IKIP PGRI Pontianak, namely (1) Efforts to preserve local culture through education; (2) Efforts to preserve local culture through research; and (3) Efforts to preserve local culture through community service. Keywords: Preservation, Local Culture
PENERAPAN METODE QUANTUM READING DAN COOPERATIVE SCRIPT (QRCS) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA SKIMMING DALAM MEMBANDINGKAN ISI DUA TEKS PADA SISWA KELAS V SDN 02 CIPANAS KECAMATAN CISARUA KABUPATEN BANDUNG BARAT Ariani, Rima Dwi; Fahrurozi, Fahrurozi; Sarkadi, Sarkadi
Metamorfosa Journal Vol 7, No 1 (2019)
Publisher : STKIP Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (468.48 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperbaiki praktik pembelajaran dalam menggunakan metode QRCS (Quantum Reading dan Cooperative Script) untuk memperbaiki kemampuan keterampilan membaca siswa dalam membandingkan isi dua teks dengan membaca sekilas. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan  Mc. Taggart. Penelitian diawali dari perencanaan (planning), tindakan (action) ,pengamatan (observing), refleksi (reflecting) serta perbaikan (revised plan) dan diselesaikan dalam 2 siklus. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 02 Cipanas yang terletak di Desa Padaasih Kecamatan Cisarua Kabupaten Bandung Barat, dengan jumlah siswa 25 orang. Jenis instrumen yang digunakan yaitu instrumen observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian ini dapat dilihat dari perbandingan hasil tes keterampilan membaca pada prasiklussiswa yang memperoleh nilai di atas KKM hanya20%,kemudian meningkat pada siklus II menjadi 64%, dan kembali meningkat pada siklus III menjadi 84%. Hal tersebut sudah dinyatakan berhasil karena telah mencapai target yang diharapkan yaitu siswa yang tuntas dalam kelas sebanyak 80%. Hasil aktivitas siswa pada siklus I memperoleh persentase 56,4% dengan kategori cukup, kemudian mengalami peningkatan pada siklus II dengan memperoleh persentase 70%  yang berkategori baik. Adapun hasil Kinerja guru juga mengalami peningkatan pada siklus I dan Siklus II. Pada siklus I kinerja guru memperoleh persentase sebesar 53,3% (Cukup) dan meningkat pada siklus II menjadi 80% (Baik). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode QRCS (Quantum Reading dan Cooperative Script)dapatmeningkatkan keterampilan membaca siswa dalam membandingkan isi dua teks dengan membaca sekilas Kata Kunci: Keterampilan Membaca, QRCS, Skimming. AbstractThe purpose of this study was to improve the practice of internal learning using the QRCS (Quantum Reading and Cooperative Script) method to improve the ability of students reading skills in comparing the contents of two texts by reading at a glance. This research method uses classroom action research methods with the Kemmis and Mc models. Taggart. The research begins with planning, action, observing, reflecting and revising and is completed in 2 cycles. This research was conducted at SDN 02 Cipanas located in Desa Padaasih, Cisarua District, West Bandung Regency, with 25 students. The types of instruments used are observation, interviews, documentation, and tests. The results of this study can be seen from the comparison of the results of reading skills tests on students who obtained scores above KKM only 20%, then increased in cycle II to 64%, and again increased in cycle III to 84%. It has been declared successful because it has achieved the expected target of students who completed in the class as much as 80%. The results of student activity in the first cycle obtained a percentage of 56.4% with enough categories, then increased in the second cycle by obtaining a 70% percentage which was in the good category. The results of teacher performance also increased in the first cycle and second cycle. In the first cycle of teacher performance obtained a percentage of 53.3% (Enough) and increased in cycle II to 80% (Good). Thus it can be concluded that the QRCS method (Quantum Reading and Cooperative Script) can improve students reading skills in comparing the contents of two texts by reading at a glance. Keywords: Reading Skill, QRCS, Skimming
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DIKELAS XI- KC R DI SMK NEGERI 3 BANDA ACEH Acek, M. Jamil
Metamorfosa Journal Vol 7, No 1 (2019)
Publisher : STKIP Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (701.426 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif dan aktivitas belajar siswa pada materi isi, sistematika, dan kebahasaan suatu proposal berkaitan dengan bidang pekerjaan dengan penerapan model pembelajaran cooperatif scriptdikelas XI-KC R SMK Negeri 3 Banda Aceh pada Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI-KC R SMK Negeri 3 Banda Aceh, yang berjumlah 31 orang siswa. Lokasi penelitian ini dilaksanakan dikelas XI-KC R SMK Negeri 3 Banda Aceh.Waktu penelitian ini dilakukan pada Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019, pada tanggal 01 s/d 17 November 2018. Instrumen yang digunakan dalam  penelitian ini  adalah perangkat soal tesdan lembar observasiaktivitas siswa. Prosedur penelitian tindakan kelas ini terdiri dari tiga siklus, setiap siklus terdiri atasempat komponen yaituperencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik yang digunakan untuk mengumpul data dalam penelitian ini adalah tes dan observasi (pengamatan). Teknik pengolahan datamenggunakan statistik deskriptif persentase. Hasil penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran cooperatif script dapat meningkatkan hasil belajar kognitif dan aktivitas belajar siswa pada materi isi, sistematika, dan kebahasaan suatu proposal berkaitan dengan bidang pekerjaan di kelas XI-KC R SMK Negeri 3 Banda Aceh pada Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019. Kata Kunci:   Model Pembelajaran Cooperative Script,Hasil Belajar, Aktivitas Belajar Siswa AbstractThe purpose of this study was to determine the increase in cognitive learning outcomes and student learning activities in the content, systematics, and language material of a proposal related to the field of work by applying cooperative script learning model in class XI-KC R SMK Negeri 3 Banda Aceh in the Odd Semester of Academic Year 2018/2019. This study uses a class action research method. The subjects of this study were students of class XI-KC R of SMK Negeri 3 Banda Aceh, which numbered 31 students. The location of this study was conducted in class XI-KC R of SMK Negeri 3 Banda Aceh. The time of this study was carried out in the Odd Semester Academic Year 2018/2019, on 01 to 17 November 2018. The instruments used in this study were test questions and student activity observation sheets. The procedure for classroom action research consists of three cycles, each cycle consisting of four components, namely planning, action, observation, and reflection. The technique used to collect data in this study is tests and observations. Data processing techniques use percentage descriptive statistics. The results of this study are the application of cooperative learning script models can improve cognitive learning outcomes and student learning activities in the content, systematics, and language material of a proposal related to the field of work in class XI-KC R SMK Negeri 3 Banda Aceh in the Odd Semester Academic Year 2018 / 2019. Keywords: Cooperative Script Learning Model, Learning Outcomes, Student Learning Activities
RETORIKA DAKWAH ISLAMIYAH TEUNGKU ABDUL WAHED TUALANG CUT DALAM ACARA MAULID NABI MUHAMMAD SAW TAHUN 2016 Erfinawati, Erfinawati
Metamorfosa Journal Vol 7, No 1 (2019)
Publisher : STKIP Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (417.626 KB)

Abstract

Retorika Dakwah dapat dimaknai sebagai pidato atau ceramah yang berisikan pesan dakwah, yakni ajakan ke jalan Tuhan (Sabili Rabbi). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sikap persuasif pada ceramah Teungku Abdul Wahed Tualang Cut dalam acara maulid Nabi Muhammad saw Tahun 2016 dan mengetahui bentuk retorika dakwah pada ceramah Teungku Abdul Wahed Tualang Cut dalam acara maulid Nabi Muhammad saw Tahun 2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis. Data penelitian diperoleh melalui pengamatan mendalam pada  ceramah Teungku Wahed Tualang Cut dalam ceramah Maulid Nabi Tahun 2016 baik secara langsung maupun tidak langsung. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode menyimak. Dalam hal ini yang disimak adalah penggunaan bahasa secara lisan yang bersumber dari ceramah Teungku Wahed Tualang Cut dalam ceramah Maulid Nabi Tahun 2016. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu metode yang menggambarkan suatu keadaan, hal-hal atau peristiwa. Sistematis langkah-langkah analisis data tersebut adalah mengumpulkan data yang telah diperoleh, diklasifikasikan, mengalisis kandungan retorika kemudian diklasifikasikan sesuai dengan permasalahan yang diteliti, melakukan kesalihan data dengan model Triangulasi. Hasil penelitian ini adalah Teungku Abdul Wahed Tualang Cut dalam berdakwah menggunakan bahasa yang berkualitas, mudah dipahami dan mudah diterima oleh jamaah. Jika melihat bagaimana pelaksanaan dakwahnya dapat dipahami pula bahasa yang digunakan beliau yaitu Bahasa Aceh yang dicampuri dengan Bahasa  Indonesia dan logat Aceh yang khas. Setiap beliau ceramah, ada saja yang mengabadikanya dalam bentuk video. Video-video itu lalu tersebar luas. Simpulan penelitian ini adalah Penerapan retorika dakwah Teungku Wahed Tualang Cut adalah monologika karena pemakaian gaya retorika seperti ini jamaah dapat lebih paham dan apa yang disampaikan lebih dapat menyerap pesan dakwahnya. Oleh sebab itu, retorika dengan dakwah saling berhubungan dan tidak dapat dipisahkan dan penerapan retorika dalam dakwah itu akan menghasilkan berhasil atau tidaknya dakwah tersebut. amaah dapat lebih paham dan apa yang disampaikan lebih dapat menyerap pesan dakwahnya Kata Kunci: Retorika  Dakwah Islamiyah, Teungku Wahed Tualang Cut, Maulid Nabi Muhammad saw Tahun 2016 AbstractDa'wah rhetoric can be interpreted as a speech or lecture containing the message of da'wah, namely the invitation to the way of God (Sabili Rabbi). The purpose of this study was to find out the persuasive attitude in the lecture of Teungku Abdul Wahed Tualang Cut in the event of the Prophet Muhammad's birthday in 2016 and find out the form of da'wah rhetoric in the lecture of Teungku Abdul Wahed Tualang Cut in the event of the Prophet Muhammad SAW 2016. The method used in this study is a descriptive analysis method. The research data was obtained through in-depth observation in the lecture Teungku Wahed Tualang Cut in the Maulid Nabi 2016 lecture both directly and indirectly. Data collection method in this study uses listening method. In this case the listened to is the use of spoken language sourced from the lecture Teungku Wahed Tualang Cut in the lecture of the Prophet's Anniversary in 2016. Data analysis techniques in this study were carried out using descriptive qualitative methods, namely methods that describe a situation, things or events . Systematic steps in data analysis are collecting data that has been obtained, classified, rhetoric content analysis and then classified according to the problems studied, making data transfer with the Triangulation model. The results of this study were Teungku Abdul Wahed Tualang Cut in preaching using quality language, easy to understand and easily accepted by worshipers. If you see how the implementation of the da'wah can be understood also the language he uses is Acehnese which is interfered with Indonesian and the typical Acehnese accent. Every time he lectures, there are those who perpetuate it in the form of videos. The videos were then spread widely. The conclusions of this study are the application of the rhetoric of da'wah Teungku Wahed Tualang Cut is monological because the use of rhetorical styles such as these pilgrims can better understand and what is conveyed is more able to absorb the message of propagation. Therefore, the rhetoric with da'wah is interconnected and cannot be separated and the application of rhetoric in the da'wah will result in the success or failure of the mission. Keywords: Islamic Da'wah Rhetoric, Teungku Abdul Wahed Tualang Cut in the Prophet Muhammad SAW Anniversary Event 2016
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE (IOC) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA Rodiah, Aisatul; Marini, Arita; Sudrajat, Ajat
Metamorfosa Journal Vol 7, No 1 (2019)
Publisher : STKIP Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (486.262 KB)

Abstract

Penelitian inibertujuan untuk mengumpulkan Data Yang Berkaitan Dengan Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Blok I Kecamatan Cilegon Kota Cilegon Banten Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inside Outside. Penelitian Ini Menggunakan Metode Classroom Research Atau Penelitian Tindakan Kelas Dengan Model penelitian tindakan  Kemmis dan Mc. Taggart. Tahapan dari model ini terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Sumber data dalam pelaksanaan penelitian tindakan ini adalah siswa kelas IV pada Sekolah Dasar Negeri Blok I Kecamatan Cilegon Kota Cilegon Banten sebagai obyek penelitian yang berjumlah 25 siswa, terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi, soal tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat dilihat  dari peningkatan Hasil Belajar Siswa pada tahap prasiklus, siklus I, dan siklus II. Pada tahap prasiklushasil hasil belajar siswa yang memperoleh nilai di atas KKM dengan persentase 33,33%, siklus I meningkat menjadi 56%, dan siklus II kembali meningkat menjadi 84%. Dengan demikian maka akhir siklus II ini penelitian ini dihentikan dan dikatakan berhasil karena persentase ketercapaian yang didapat lebih dari 80%. Kata Kunci: Model, Inside Outside, Hasil Belajar Siswa AbstractThis study aims to collect data related to efforts to improve student learning outcomes Class V Blok I State Elementary School Blok I Cilegon District Cilegon City Banten Through Application of Inside Outside Learning Model. This Research Uses Classroom Research Methods or Classroom Action Research with a research model of Kemmis and Mc. Taggart. The stages of this model consist of 4 stages: planning, implementation, observation and reflection stages. Sources of data in the implementation of this action research is a fourth grader at Blok I State Elementary School Block Cilegon District Cilegon Banten as a research object of 25 students, consisting of 14 male students and 11 female students. Data collection techniques used are observation sheets, test questions, field notes, and documentation. The results of this study can be seen from the increase in Student Learning Outcomes in the pre-cycle, cycle I, and cycle II stages. At the prasiklushasil stage of student learning outcomes that scored above the KKM with a percentage of 33.33%, cycle I increased to 56%, and cycle II again increased to 84%. Thus, at the end of the second cycle this research was stopped and said to be successful because the percentage of achievement obtained was more than 80%. Keywords: Model, Inside Outside, Student Learning Outcomes
NILAI-NILAI RELIGI DALAM NAZAM ACEH Kasmi, Hendra
Metamorfosa Journal Vol 7, No 1 (2019)
Publisher : STKIP Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (283.891 KB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Nilai-Nilai Religi dalam Nazam Aceh. Masalah yang ingin di telaah  adalah tentang gambaran nilai-nilai religi terutama yang berhubungan dengan nilai-nilai keislaman. Penelitian ini bertujuan  mendeskripsikan tentang nilai-nilai religi pada nazam  terutama yang berhubungan dengan nilai-nilai keislaman. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif analitis dengan pendekatan struktural. Sumber data penelitian ini adalah naskah nazam Aceh. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nazam Aceh sebagai karya sastra lama dan bagian dari kearifan lokal Aceh kental dengan budaya Islam. Aspek yang menonjol yang dipaparkan dalam nazam Aceh adalah tentang kematian, sejarah kebuadayaan Islam, adab anak terhadap orang tua. Kata Kunci: Nazam Aceh, Religi AbstractThis research is entitled The Religious Values in Aceh Nazam. This study tried to describe about the religious values, especially those which are related to Islamic values. This study, therefore, aims to illustrate the religious values in Nazam, especially those related to Islamic values. The method used is descriptive analytical method with a structural approach. The data source of this research is the Aceh nazam. Data were analyzed using qualitative analysis techniques. The results of this study indicate that the Acehnese nazam is an old literary work and part of Aceh's local wisdom influenced by Islamic culture. The prominent aspect presented in Aceh's nazam is about death, the history of Islamic culture, adab children towards parents.Keywords: Aceh Nazam, Religion

Page 1 of 10 | Total Record : 96