cover
Filter by Year
BASIS (BAHASA DAN SASTRA INGGRIS)
Jurnal ini mempublish hasil penelitian maupun non-penelitian dengan tiga topik berkaitan langsung dengan ilmu Bahasa, diantaranya Tekhnik pembelajaran bahasa dan sastra, Bahasa dan Sastra Inggris. Jurnal ini wadah publish artikel secara online dan cetak bagi Mahasiswa, Guru maupun Dosen. Adapun isi bahasa Jurnal Basis adalah bahasa Indonesia atau Inggris. Ada 3 topik utama dalam isi setiap artikel. Sebagai topik pilihan Jurnal Basis ini adalah Teaching Method, Linguistics and Literature
Articles
39
Articles
STRATEGI PERMINTAAN DALAM BAHASA MINANGKABAU: TINJAUAN DARI PERSPEKTIF JENDER

Suryani, Melly Siska

BASIS (Bahasa dan Sastra Inggris) Vol 3 No 1 (2016): JURNAL BASIS UPB
Publisher : Print: Fakultas Bahasa dan Sastra, Online: LPPM UPB

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

 This study aims at describing request strategies based on gender perspective. The study  was conducted by collecting data, analyzing data dan presenting the result of analysis. The data were obtained by using observation, recording and note taking technique. They were 40 informants involved, 20 male and 20 female. Having collected the data, they were analyzed by using referential method, translational and pragmatic identity method. Futhermore, the result of analysis was presented in formal and informal method. The analysis indicated that  there were eight  forms used : direct utterance, indirect utterance, literal utterance, non literal utterance, direct literal utterance, indirect literal utterance, direct non literal utterance, and indirect non literal utterance

MORFO MORFOSINTAKSIS DAN SEMANTIK

johan, johan

BASIS (Bahasa dan Sastra Inggris) Vol 2 No 1 (2015): JURNAL BASIS UPB
Publisher : Print: Fakultas Bahasa dan Sastra, Online: LPPM UPB

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (360.727 KB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian morfosintaksis dan morfosemantik yang bertujuan untuk: 1) mencari apa bentuk berbeda yang dimiliki oleh kata (morfologi), 2) mencari di mana frase dan kata dan kalimat itu muncul (distribusi), dan apa yang ditentukan dalam frase atau kalimat tersebut (fungsi). Penelitian ini menggunakan metode dan teknik catat dan teknik library research. Penelitian ini menggunakan teknik Sudaryanto. Data dianalisis dengan metode kontribusi dan teknik analisis bagi unsur langsung. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses afiksasi, reduplikasi, komposisi tidak dapat dipisahkan dari kajian morfosintaksis dan morfosemantik dan hal itu juga tidak dapat dipisahkan dari aspek tatabahasa yang berkaitan dengan pembentukan perkataan dan pembinaan ayat. Kedua bidang kajian ini sama-sama berlandaskan pada ilmu morfologi sebagai dasar utama pembahasannya.

johan, johan

BASIS (Bahasa dan Sastra Inggris) Vol 2 No 1 (2015): JURNAL BASIS UPB
Publisher : Print: Fakultas Bahasa dan Sastra, Online: LPPM UPB

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1205.09 KB)

Abstract

Penulisan tesis ini bertujuan untuk menemukan gangguan reseptif mahasiswa dalam menjawab soal-soal listening. Selanjutnya dijelaskan juga bentuk gangguan reseptif mahasiswa dan dideskripsikan perbedaan tuturan antara penutur dengan pendengar berdasarkan uji speech analyzer pada mahasiswa, serta dijelaskan faktor-faktor yang menyebabkan perbedaan pemahaman antara penutur dan pendengar. Data penelitian ini adalah tuturan lisan dan tulisan mahasiswa yang mengalami gangguan reseptif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode simak, pada data gangguan reseptif ini digunakan teknik dasar: teknik sadap, teknik lanjutan yang terdiri dari teknik simak libat cakap (SLC), teknik rekam, teknik catat dan teknik rekam dengan speech analyzer. Untuk analisis data digunakan metode agih dilanjutkan dengan teknik dasar berupa teknik bagi unsur langsung yang dilanjutkan dengan teknik lesap, teknik ganti, dan teknik ulang. Berdasarkan hasil analisis ditemukan beberapa bentuk gangguan reseptif, perbedaan tuturan antara penutur dengan pendengar bardasarkan uji speech analyzer, dan apa penyebab perbedaan pemahaman penutur dengan pendengar dalam mendengar teks lisan. Kemudian dalam memahami makrostruktur seperti gangguan dalam mencari tema pokok suatu cerita dengan persentase berat adalah 95,2% normal adalah 4,8%. Gangguan dalam meringkas 80% (berat) dan 20% (ringan), menangkap pesan implisit 16% (berat), 63% ringan dan 21% normal. Gangguan daya ingat 56,2 (berat), 43,8% normal. Kemudian penulis juga menemukan gangguan pragmatik seperti pragmatik reseptif, gangguan dalam memaknai pesan moral 21% (berat), 37% (ringan), 42% (normal), gangguan dalam penginterpratasian humor suatu cerita, dan gangguan koherensi.

johan, johan

BASIS (Bahasa dan Sastra Inggris) Vol 3 No 1 (2016): JURNAL BASIS UPB
Publisher : Print: Fakultas Bahasa dan Sastra, Online: LPPM UPB

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1357.086 KB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian neuropragmatik yang bertujuan untuk mencari gangguan afektif/emosional pada Ahok dan juga mencari hubungan kesantunan dengan neuropragmatik. Metode yang penulis gunakan adalah metode agih dengan memakai teknik dasar dan teknik lanjutan. Metode dan teknik ini diambil dari buku Sudaryanto (1993). Dalam penelitian ini peneliti menemukan gangguan afeksional/ emosional dimana terjadi inkonsisten dalam penggunaan kata-kata seperti kata-kata pronomina, kesantunan dan menempatkan kata atau menempatkan kata-kata yang tepat dalam berbicara maupun berpidato.

Arianto, Tomi

BASIS (Bahasa dan Sastra Inggris) Vol 4 No 1 (2017): JURNAL BASIS UPB
Publisher : Print: Fakultas Bahasa dan Sastra, Online: LPPM UPB

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

My Sister’s Keeper by Jodi Picoult is a novel which explores the phenomenon of American modern society in facing the death. The problem issue was the advancing attitude of American modern society toward the position of death as a threat which is also being denied, consequently labeled as Forbidden Death. Picoult explored the issue of Accute Promieleokosit Leucemia (APL) patient followed by the designed baby. There is a production of discourse and the utilization of the power behind the forbidden death discourse. This research uses the genealogical approach and discursive formations to find mechanisms of power in the novel. The result of the study depicted that the Forbidden Death on the novel was considered as the formation of discursive practice. Then there is also the utilization of power behind the discourse of death. Lastly, power requires a complex strategy and mechanism to legitimize the power of them through; bio-power, normalization, resistance and negotiations.

evvyanto, winda

BASIS (Bahasa dan Sastra Inggris) Vol 5 No 1 (2018): JURNAL BASIS UPB
Publisher : Print: Fakultas Bahasa dan Sastra, Online: LPPM UPB

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (142.287 KB)

Abstract

Media ada di mana-mana; media sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari kita. Pada saat ini Orang-orang lebih mudah mendapatkan informasi dan pencerahan berkat layanan media. Walaupun ada Keluhan tentang efek negatifnya telah didengar dan bahkan mereka yang mengkritik media untuk dampak negatifnya tidak dapat mengabaikan fakta bahwa media dapat digunakan sebagai alat yang efektif untuk mendidik, menginformasikan dan menghibur. Untuk berbagai alasan, Audio visual Media, terutama video pasti diakui sebagai salah satu alat paling efektif dalam pendidikan. Tujuan Untuk mengetahui pengaruh keterampilan berbicara  siswa kelas VIII di SMPN 21 kota Batam, SMPN 11 kota Batam, dan SMPN 35 kota Batam dalam pembelajaran bahasa  Inggris sebelum  menggunakan metode  Media Audio Visual. Dan Untuk mengetahui pengaruh keterampilan berbicara  siswa kelas VIII di SMPN 21 kota Batam, SMPN 11 kota Batam, dan SMPN 35 kota Batam dalam pembelajaran bahasa  Inggris sesudah  menggunakan metode  Media Audio Visual. Dari hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan penulis, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut : Setelah dilakukan pengembangan dengan diketahui bahwa siswa SMPN 21 kota Batam, SMPN 11 kota Batam, dan SMPN 35 kota Batam lebih mudah untuk memahami materi atau informasi yang disampaikan oleh guru, apabila dibandingkan dengan penggunaan sebelumnya. Artinya tujuan pembelajaran dapat tercapai secara lebih efektif untuk materi bahasa inggris pada siswa SMPN 21 kota Batam, SMPN 11 kota Batam, dan SMPN 35 kota Batam  Setelah adanya pengembangan pembelajaran Bahasa Inggris untuk siswa SMPN 21 kota Batam, SMPN 11 kota Batam, dan SMPN 35 kota Batam terbukti lebih efektif apabila dibandingkan sebelum adanya pengembangan    

Sardani, Rizaldi

BASIS (Bahasa dan Sastra Inggris) Vol 5 No 1 (2018): JURNAL BASIS UPB
Publisher : Print: Fakultas Bahasa dan Sastra, Online: LPPM UPB

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (226.791 KB)

Abstract

Figurative languages are often found in everyday life, one of which is in the industry news. This study aims to know and understand the purpose of the use of figurative language style used in the news industry in the mass media. This research is a descriptive qualitative research by applying observation method and record technique. The results showed that 25 pieces of industry news data contained 15 pieces of metaphors, 8 pieces of personification, 1 piece hyperbola and 1 piece synecdoche. In general, it can be concluded that metaphor is the most commonly used in industry news.

Ridianto, Ridianto

BASIS (Bahasa dan Sastra Inggris) Vol 5 No 1 (2018): JURNAL BASIS UPB
Publisher : Print: Fakultas Bahasa dan Sastra, Online: LPPM UPB

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (440.056 KB)

Abstract

Gaya bahasa merupakan variasi dari bahasa yang di gunakan penutur berdasarkan situasi. Ada lima tipe gaya bahasa yaitu frozen, formal, consultative, casual dan intimate. Di dalam dunia pembelajaran, khususnya di perguruan tinggi, gaya bahasa yang di gunakan oleh seorang dosen merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan mahasiswa. Namun faktor penentu keberhasilan seorang mahasiswa dalam belajar tidak hanya dapat dilihat dari gaya bahasa seorang dosen tetapi juga dari persepsi para mahasiswa. Karena hal ini lah penulis tertarik untuk menganalisa persepsi para mahasiswa terhadap gaya bahasa yang di gunakan oleh seorang dosen di dalam kelas di STKIP Abdi Pendidikan Payakumbuh. Penelitian ini adalah  penelitian descriptif dengan  menggunakan  metode qualitatif yang mana populasi nya adalah mahasiswa tahun keempat jurusan pendidikan bahasa Inggris STKIP Abdi Pendidikan Payakumbuh tahun ajaran 2015/2016. Partisipan dipilih dengan menggunakan purposive sampling, sedangkan instrument dalam penelitian ini adalah questionnaire. Hasil penelitian ini secara umum adalah mahasiswa mempunyai persepsi yang cukup bagus (832,4) terhadap gaya bahasa yang di gunakan dosen di dalam kelas dengan skor tertinggi di gaya konsultatif yaitu 1274 dan skor terendah di gaya intim yaitu 369.    

husna, lailatul

BASIS (Bahasa dan Sastra Inggris) Vol 5 No 1 (2018): JURNAL BASIS UPB
Publisher : Print: Fakultas Bahasa dan Sastra, Online: LPPM UPB

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (356.915 KB)

Abstract

Writing skills is one of four skills that a student learns in language. Writing is a language skill with the last sequence studied by the learner. Writing in pairs is a strategy which is applied in writing. The aims of writing in pairs in learning are students and their partners can work together to get unite ideas owned by each student. This study was conducted to see how the use of writing in pairs strategy in learning writing that viewed from students perception whose results can be used as a reference for improvement in learning writing skills. The data were taken from the Essay Writing class in the English Language Education Study Program of FKIP Bung Hatta University by giving questionnaires to the students after they have studied three times of writing learning experience with writing in pairs strategy or pair work. The results showed that students were happy with the paired work strategy in writing activities. Working in pairs, learners find that it is easier to come up with an idea so that the boring writing activity is turning into a more fun activity.

Hulu, Fasaaro

BASIS (Bahasa dan Sastra Inggris) Vol 5 No 1 (2018): JURNAL BASIS UPB
Publisher : Print: Fakultas Bahasa dan Sastra, Online: LPPM UPB

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (392.67 KB)

Abstract

The purpose of this research is to identify the students’ hands shake and voice trambles in conducting presentation.  The method used is qualitative describtive method. In data collection, researcher applied the closed quesionnaire through fifty students in three classes and to analyse the data by comparing and  categorisation according to each its parts. And result displays in the form of text, table and chart. The result of this present research were found by the fifty students which were involved in the presentation. The first result were 33 students who got hands shake an there were 17 students who did not got hands shake in conducting presentation. the second, there were 34 students who got voice trembles and 16 students who did not got voice trembles in doing the class presentation. The most dominant faced by students in doing presentation is the voice trembles and the more dominant is the hands shake as found 16 students.