cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota banjarmasin,
Kalimantan selatan
INDONESIA
AL-JAZARI JURNAL ILMIAH TEKNIK MESIN
ISSN : 25024922     EISSN : 26150867     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Jurnal ini membuat Jurnal Ilmiah hasil-hasil penelitian Teknik Mesin, Jurnal ini terbit 2 kali dalam setahun yaitu bulan Mei dan Nopember dan terdaftar di LIPI dengan kode persi cetak p-ISSN 2502-4922 dan persi online e-ISSN 2615-0867.
Arjuna Subject : -
Articles 64 Documents
PERANCANGAN PROTOTIPE GENERATOR AXIAL MAGNET PERMANEN 3 PHASE Suprapto, Muhammad; Herlina, Firda
AL-JAZARI JURNAL ILMIAH TEKNIK MESIN Vol 3, No 1 (2018)
Publisher : AL-JAZARI JURNAL ILMIAH TEKNIK MESIN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (373.859 KB)

Abstract

Generator axial magnet permanen memiliki banyak kelebihan diantaranya bentuk konstruksinya yang mudah dibuat, dan bisa beroprasi pada putaran yang relatif rendah dan tidak memerlukan tegangan mula DC sebagai pembentuk awal magnet.Pada penelitian ini analisis generator dilakukan dengan metode eksperimen dengan melakukan variasi putaran dan celah udara pada genrator, kemudian hasil tegangan pengukuran genrator akan di bandingkan dengan hasil perhitungan tegangan induksi generator. Dimana tegangan tertinggi yang di hasilakan pada pengjian sebesar 45.18 volt pada Celah udara 0.0010 m dan hasil tertinggi pada perhitungan 53.73 volt pada celah udara  0.0010 m. nilai terendah pada pengujian 27.30 volt dan pada perhitungan 32.24 volt pada variasi celah udara 0.0030 m. Penuruan hasil tegangan generator pada saat pengujian depengaruhi oleh akurasi dalam perakitan generator, akurasi alat ukur yang digunakan, kondisi tidak ideal pada generator dan rugi-rugi.
ANALISA DISTRIBUSI TEKANAN DAN ALIRAN DISEKITAR ROTOR SAVONIUS WATER TURBINE Rendi, Rendi
AL-JAZARI JURNAL ILMIAH TEKNIK MESIN Vol 2, No 1 (2017)
Publisher : AL-JAZARI JURNAL ILMIAH TEKNIK MESIN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (876.453 KB)

Abstract

Distribusi tekanan dan aliran pada model Savonius water turbin sangat kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui distribusi tekanan dan pola aliran disekitar rotor turbin. Penelitian ini dilakukan dengan membuat model CAD dengan variasi penambahan deflektor yaitu deflektor tunggal dan deflektor ganda. Simulasi menggunakan software Solid works Flow Simulasi berbasis Finite Elements Analysis (FEA) Method. Kecepatan aliran air ditetapkan 1,5 m/s. Hasil simulasi menunjukan peforma berupa distribusi tekanan dan distribusi kecepatan aliran air lebih tinggi dan terlihat lebih luas dan merata terjadi pada penambahan deflektor ganda dibandingkan dengan tampa deflektor dan penamabah deflektor tunggal. Efektifitas tinggi rendahnya tekanan dan kecepatan aliran yang terjadi memberikan pengaruh terhadap putaran turbin sehingga memberikan dampak signifikan terhadap peforma turbin yang dihasilkan.
ANALISIS TURBIN ANGIN SUMBU VERTIKAL DENGAN 4, 6 DAN 8 SUDU Suprapto, Muhammad
AL-JAZARI JURNAL ILMIAH TEKNIK MESIN Vol 1, No 2 (2016)
Publisher : AL-JAZARI JURNAL ILMIAH TEKNIK MESIN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (332.821 KB)

Abstract

Di era globalisasi sekarang ini perkembangan tekologi semakin pesat baik itu industri besar maupun di industri kecil yang mana manfaatnya sangat terasa bagi kehidupan masyarakat, perkembangan teknologi ini berakibat pada peningkatan kebutuhan listrik yang semakin meningkat. Metode yang digunakan pada penelitian yaitu metode eksperimen, dengan memvariasikan jumlah sudu 4, 6 dan 8 sudu dan kecepatan angin 3.3, 5, 7, dan  pada turbin angin tipe vertikal. Dari hasil eksperimen dan analisis didapat data unjuk kerja turbin angin vertikal dengan daya terendah yaitu 7,63 watt dan putaran rotor 75.1 rpm pada kecepatan angin 3,3 m/s, pada kecepatan angin 3 m/s.
RANCANG BANGUN MESIN PELEPAS LEMAK IKAN PATIN KAPASITAS 15 KG Arifin, Jainal
AL-JAZARI JURNAL ILMIAH TEKNIK MESIN Vol 1, No 1 (2016)
Publisher : AL-JAZARI JURNAL ILMIAH TEKNIK MESIN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (556.005 KB)

Abstract

Di era globalisasi sekarang ini perkembangan teknologi semakin pesat baik itu industri besar maupun di industri kecil yang mana manfaatnya sangat terasa bagi kehidupan masyarakat, perkembangan teknologi ini berakibat kepada keterbatasan Kebutuhan akan Permintaan ikan patin sangat tinggi, pada umumnya sebagian orang tidak suka dengan lemak ikan patin karna mengandung kolestrol yang tinggi, dilakukan penelitian dan percobaan yang bertujuan untuk masalah tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan mesin pelepas lemak ikan patin untuk konsumsi masyarakat yang tidak suka dengan lemak ikan patin, dan kemudian dilakukan perhitungan untuk menganalisa komponen yang akan dibuat sesuai dengan yang diinginkan. Dari hasil pengujian dan analisa data didapat antara lain putaran Rpm : 72,00, 71,07, 71,01, 70,08, 70,00. 69,07. 68,08. 68,01. 67,08. 67,00. Sedangkan Hasil analisa torsi yang didapat : 248,68. 251,93. 252,14. 255,49. 259,22. 259,41. 262,99. 263,27. 266,92. 267,23. Rancang bangun mesin pelepas lemak ikan patin memiliki panjang 130 Cm, lebar 60 Cm serta tinggi 80 Cm dan berat mesin secara keseluruhan 55 Kg. Pada rol (tabung) memiliki kapasitas daya tampung sebesar 15Kg daging ikan murni. Sedangkan untuk penggerak mesin menggunakn motor listrik 1 fase. Dengan daya ½ Hp yang memerlukan tenaga listrik sebesar 220 Volt, sehingga mesin pelepas lemak ikan patin tersebut dapat digunakan dengan kapasitas listik pengusaha ibu rumah tangga.
ANALISA PENGARUH PERUBAHAN SUDUT PENGAPIAN DISTRIBUTOR TOYOTA KIJANG 4K TERHADAP UNJUK KERJA MESIN Firman, Muhammad; Irfansyah, Muhammad; Prasetyo, Risko Agung
AL-JAZARI JURNAL ILMIAH TEKNIK MESIN Vol 2, No 2 (2017)
Publisher : AL-JAZARI JURNAL ILMIAH TEKNIK MESIN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (664.224 KB)

Abstract

Motor vehicles are a means of transport for which the engine from the beginning, both for two-wheel vehicles, as well as for four-wheeled vehicles. The automotive fuel is a machine that is used as a transport mover soon. The automotive fuel is an engine type conversion that converts the chemical energy of the fuel into mechanical energy through the combustion process in the combustion chamber.This research was conducted using the method or approach theoretically and experimentally. The vehicles to be used in this research is the engine of the Toyota Kijang 4K using premium fuel stations, test equipment used in this study is a dynamometer with changes 5° ignition angle, 8°, 10°, 12°, 15° with the variation of the rotation of the motor 1000, 1500, 2000, 3000 rpm. Regarding the position to carry out research at the Center for Professional Training (BLK) Banjarbaru in JL.IR PM Noor 1.5 Km River Ulin Banjarbaru South Kalimantan.Based on the results of the study of variations of the performance of the engine ignition distributor concluded that: the effective torque of 108,85381 Nm, which is contained in the ignition angle 12° with the motor rotation of 3000 rpm, the effective power contained in the corner Ignition of rotation of 3000 rpm 12° reach 34,18021 (Kw) and efektir pressure contained in the ignition angle 12° at 3000 rpm round reached 6387,235(kg/cm²). The increase in torque due to rotation higher up to reach the maximum price, this is because the amount of fuel in the combustion chamber and the greater the influence of the right letikan sparks from the spark plug so that the energy generated through process burn largest.Keywords: ignition angle, torque, Brake Horse Power (BHP), Brake Mean Pressure (BMEP)
ANALISA PENGGUNAAN SOLAR CELL PADA PJU DI PULAU LAUT TENGAH KABUPATEN KOTABARU KALIMANTAN SELATAN Karim, Saiful; Alimuddin, Alimuddin
AL-JAZARI JURNAL ILMIAH TEKNIK MESIN Vol 2, No 1 (2017)
Publisher : AL-JAZARI JURNAL ILMIAH TEKNIK MESIN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (536.054 KB)

Abstract

Secara geografis kabupaten Kotabaru terletak antara 2º 18 44,57" – 5º 0 35,24" Lintang Selatan dan 115º 29 38,36" - 117º 31 29,17" Bujur Timur, Dengan Luas Wilayah 9.422,46 Km2 (lebih dari ¼ Kalsel) dan terdiri dari 1 pulau besar dan 110 kecil serta Panjang pantai 825 Km dan jumlah penduduk yang ada di kabupaten kotabaru adalah sebesar 308.730 jiwa yang terdiri 160.720 laki-laki dan 148.010 perempuan, dengan 18 etnis yang tersebar di 21 Kecamatan, 198 Desa dan 4 Kelurahan. Untuk meningkatkan pembangunan transportasi, baik darat, laut maupun udara, Kabupaten Kotabaru dapat ditempuh dengan melalui jalan darat yang meliputi panjang sekitar 1.000 (seribu) Kilometer, terdiri dari sepanjang 148 (seratus Empat puluh delapan) Kilometer jalan Negara, 134 (seratus tiga puluh empat) Kilometer jalan Propinsi, dan 792 (tujuh ratus sembilan puluh dua) Kilometer jalan KabupatenPembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) pada dasarnya adalah pencatu daya (alat yang menyediakan daya), dan dapat dirancang untuk mencatu kebutuhan listrik yang kecil sampai dengan besar, baik secara mandiri, maupun dengan hybrid (dikombinasikan dengan sumber energi lain) baik dengan metode Desentralisasi (satu rumah satu pembangkit) maupun dengan metode Sentralisasi (listrik didistribusikan dengan jaringan kabel)Besarnya biaya yang harus dikeluarkan oleh Pemda Kotabaru setiap bulanya untuk membayar tagihan listrik dalam penggunaan PJU Listrik PLN di Pulau Laut Tengah adalah Rp 1.675.989. Namun kenyataanya penggunaan PJU listrik PLN tersebut sudah tidak berfungsi atau tidak menyala, tagihan yang ada ini merupakan tagihan minimum yang harus dibayar oleh Pemerintah Daerah. Adapun besarnya investasi untuk pemasangan jaringan baru PJU listrik PLN dengan daya yang tersambung 3500 VA dengan jumlah lampu 33 titik adalah 54.550.000/33 unit = 16.530.300 per unit.Jadi besarnya biaya tagihan per titik PJU listrik PLN dalam 1 bulan adalah = Rp 21.902, dalam 1 tahun adalah Rp 21.902 x 12 bulan = Rp 262.824 untuk 1 unit PJU listrik PLN menggunakan lampu LHE 45 Watt.
PENGARUH VARIASI TEMPERATUR INTERPASS TERHADAP STRUKTUR MIKRO DAN FRAKTOGRAFI HAZ HASIL PENGELASAN GMAW METODE TEMPER BEAD WELDING PADA BAJA KARBON SEDANG Amin, Ahmadil
AL-JAZARI JURNAL ILMIAH TEKNIK MESIN Vol 1, No 2 (2016)
Publisher : AL-JAZARI JURNAL ILMIAH TEKNIK MESIN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (260.266 KB)

Abstract

Kekuatan dan ketangguhan sambungan las berkaitan erat dengan struktur mikro yang terbentuk setelah proses pengelasan, yaitu ketika proses pendinginan berlangsung. Temperatur interpass sering kali tidak diperhatikan dalam proses pengelasan di lapangan. Temperatur Interpass pada Temper Bead Welding dapat mempengaruhi laju pendinginan dan struktur mikro yang terbentuk pada daerah las. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi temperatur interpass terhadap struktur mikro dan fraktografi HAZ hasil pengelasan GMAW  metode Temper Bead Welding pada  baja karbon sedang, dengan variasi temperatur interpass 75OC, 100 OC, 125OC, dan 150OC. Elektroda yang digunakan  E70S-6 diameter 0,8 mm. Sebagai gas pelindung selama pengelasan digunakan 100% gas CO2. Analisis data dilakukan melalui analisis struktur mikro (metalografi) dan analisis  fraktografi. Peningkatan temperatur interpass sampai dengan 150 OC memperlihatkan terjadinya peningkatan struktur bainit. Peningkatan temperatur interpass juga memberikan bentuk cleavage yang semakin lebar
ANALISA UJI KEKERASAN BAJA VCN 150 PADA POROS BALING-BALING PISAU MESIN CRUSHER Herlina,, Firda; Firman,, Muhammad; Najib, Muhammad
AL-JAZARI JURNAL ILMIAH TEKNIK MESIN Vol 1, No 1 (2016)
Publisher : AL-JAZARI JURNAL ILMIAH TEKNIK MESIN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (445.306 KB)

Abstract

Mesin crusher ini sangat bergantung pada poros mata pisau baling-baling dan disinilah letak masalahnya, poros yang sering mengalami korosi dan bengkok menyebabkan mesin bekerja tidak maksimal sebagaimana mestinya dikarenakan poros harus menahan beban yang sangat besar dan dari berbagai benda subjek yang dimasukkan.Baja VCN 150adalah bahan yang digunakan dalam poros ini. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode statistik anova dan korelasi, dimana metode ini untuk mencari hubungan pada media pendingin yang digunakan dan untuk mencari hubungan antar sampel-sampel yang diuji. Setelah melakukan penelitian dan hasil data awal yang didapat 97HB,84HB,91HB,81HB dan 93HB. Bahwa terdapat pengaruh media pendingin terhadap kekerasan material baja VCN 150 pada temperatur 7000C tetapi tidak disignifikan.Sampel-sampel yang diteliti ternyata satu sama lain mempunyai pengaruh hubungan. Sampel X2 dengan X3 adalah menunjukkan hasil yang paling besar pengaruh hubungannya (yang paling signifikan diantara sampel-sampel lainnya).
ANALISA PERUBAHAN SUHU DAN ZAT PADA SISTEM AIR CONDITIONER (AC) HD 785 BERDASARKAN ILMU TERMODINAMIKA ., Humaidi; Syahrillah, Gusti Rusydi Furqon
AL-JAZARI JURNAL ILMIAH TEKNIK MESIN Vol 2, No 2 (2017)
Publisher : AL-JAZARI JURNAL ILMIAH TEKNIK MESIN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (909.782 KB)

Abstract

Air conditioner (AC) HD 785 adalah mesin pendingin yang menggunakan sistem kompresi uap sehingga terjadi perubahan panas dan tekanan, dalam sistem ini menggunakan bahan pendingin (refrigerant) yang bersirkulasi menyerap panas dan melepas panas, serta terjadi perubahan dari tekanan rendah ke tekanan tinggi. Sirkulasi tersebut berulang secara terus-menerus dan jumlah refrigerant yang digunakan tetap dan hanya bentuk dari refrigerant saja yang berubah.Subjek penelitian ini adalah HD 785 yang merupakan alat berat pertambangan. Sedangkan untuk objek penelitian ini terdapat pada system pendingin air conditioner (AC) pada kabin operator yang mempunyai karakteristik yang unik, vibration, shock-loading, operator changes, panas dari engine serta kondisi-kondisi lainnya yang mempengaruhi desingn dan masalah pada sistem air conditioner (AC).Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi putaran kompresor maka COP akan menurun, meningkatnya putaran kompresor menyebabkan temperature dan tekanan refrigerant yang keluar kompresor akan semakin meningkat, sehingga kerja kompresi yang dilakukan juga semakin besar. Hal ini berkebalikan dengan temperatur dan tekanan refrigerant yang masuk ke evaporator. Temperature dan tekanan refrigerant yang masuk evaporator akan semakain rendah dengan meningkat putaran kompresor, hal ini menyebabkan efek refrigrasi yang dihasilkan semakin rendah, sehingga akan menurunkan nilai COP.Kata Kunci           : Pengkondisian udara, refrigrant, evaporator
RANCANG BANGUN PEMANFAATAN PANEL SURYA SEBAGAI CHARGER HANDPHONE DI TEMPAT UMUM Haryadi, Sugeng; Syahrillah, Gusti Rusydi Furqon
AL-JAZARI JURNAL ILMIAH TEKNIK MESIN Vol 2, No 1 (2017)
Publisher : AL-JAZARI JURNAL ILMIAH TEKNIK MESIN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (594.995 KB)

Abstract

Baterai (Battery) dan solar cell adalah 2 buah alat yang mampu menkonversi sinar matahari menjadi sebuah energi listrik searah. Kekuatan daya simpan energi dari baterai dapat rubah menjadi arus AC atau DC. Dengan hanya menggunakan piranti sederhana. Sebuah payung pantai yang diberi lapisan elemen fotovoltaik bisa di jadikan sebagai pusat charger Handphone sekaligus tempat untuk bersantai.Payung yang menjadi sumber energi Listrik DC di design mengikuti produk yang telah ada di pasaran. Kemudian bagian atas dan di modifikasi sesuai dengan kebutuhan rangkaian energi listrik.Dengan hasil rata rata sekitar 21,41 watt perjam, maka dalam 1 hari atau 10 jam solar cell mendapat paparan cahaya matahari, sistem akan menghasilkan daya sekitar 214 watt perharinya, dan dapat mengisi baterai yang ada pada sistem dalam waktu kurang lebih 6 jam 12 menit.