Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen
ISSN : -     EISSN : 26232634
MANEGGIO adalah jurnal yang mempublikasikan artikel-artikel ilmiah hasil riset di bidang manajemen, khususnya: Manajemen keuangan; Manajemen sumber daya manusia; Manajemen pemasaran; Manajemen bisnis dan kewirausahaan; Manajemen teknologi informasi; dan bidang manajemen relevan lainnya.
Articles 10 Documents
Optimalisasi Kinerja: Partisipasi Karyawan Dalam Keterlibatan Karyawan Dan Budaya Organisasi Spiritualitas

Ferinia, Rolyana ( Dosen Fakultas Ekonomi, Universitas Advent Indonesia ) , Prasetio, Arif Partono ( Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Telkom ) , Hutagalung, Stimson ( Dosen Fakultas Filsafat, Universitas Indonesia )

Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen Vol 1, No 1 (2018): Manajemen
Publisher : Program Studi Magister Manajemen Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (81.448 KB) | DOI: 10.30596/maneggio.v1i1.2370

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana partisipasi karyawan melalui keterlibatan karyawan dan budaya organisasi spiritualitas  untuk meningkatkan kinerja.  Desain penelitian ini menggunakan penelitian explanatory causal dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan kuesioner. Respondennya adalah karyawan di Kantor Konferens Jawa Barat  yang berjumlah 102 karyawan. Sampel menggunakan random samping dengan teknik pengukuran menggunakan Slovin maka jumlah sampel sebesar 50 karyawan. Data diolah dengan menggunakan SPSS 23. Hasilnya adalah terdapat  pengaruh yang signifikan antara keterkaitan karyawan terhadap kinerja karyawan dan terdapat pengaruh yang signifikan antara budaya organisasi spiritualitas terhadap kinerja karyawan.

Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening

Siagian, Tomy Sun ( Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Jalan Denai No. 217 Medan ) , Khair, Hazmanan ( Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Jalan Denai No. 217 Medan )

Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen Vol 1, No 1 (2018): Manajemen
Publisher : Program Studi Magister Manajemen Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (109.364 KB) | DOI: 10.30596/maneggio.v1i1.2241

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan dengan kepuasan kerja sebagai variabel intervening. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Penelitian ini juga termasuk penelitian kuantitatif yang bersifat korelasional.  Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pegawai bekerja pada PT. PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Sumatera Utara dengan jumlah 103 orang. Jumlah sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 103 orang dengan menggunakan metode sampel jenuh. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer, yaitu dengan cara penyebaran angket.Skala pengukuran yang digunakan adalah skala likert. Teknik analisis data adalah teknik analisis data kuantitatif dengan menggunakan metode statistik. Metode statistik yang digunakan adalah Partial Least Square (PLS). Gaya kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel  kepuasan kerja, lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kepuasan kerja, gaya kepemimpinan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap variabel kinerja karyawan, lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kinerja karyawan, kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kinerja karyawan, kepuasan kerja tidak dapat memediasi pengaruh variabel gaya kepemimpinan terhadap variabel kinerja karyawan, kepuasan kerja tidak dapat memediasi lingkungan kerja terhadap variabel kinerja karyawan.

Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating

Wahyuni, Sri Fitri ( Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Jl. Kapten Mukhtar Basri No.3 Medan 20221 Sumatera Utara )

Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen Vol 1, No 1 (2018): Manajemen
Publisher : Program Studi Magister Manajemen Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (103.716 KB) | DOI: 10.30596/maneggio.v1i1.2371

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap nilai perusahaan pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Pengaruh profitabilitas sebagai variabel moderating dalam hubungan antara corporate social responsibility dengan nilai perusahaan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan pendekatan nn probability sampling, khususnya metode purposive sampling yaitu teknik sampling dengan metode pengambilan sampel secara tidak acak tetapi berdasarkan atas tujuan dan pertimbangan atau kriteria tertentu. Dari 38 populasi perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia diperoleh 10 perusahaan pertambangan yang memenuhi kriteria di atas sebagai sampel penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa CSR secara parsial tidak mempengaruhi Price to Book Value (PBV). Sementara itu, Return on Asset (ROA) secara parsial berpengaruh tidak signifikan PBV.

Pengaruh Budaya Organisasi, Kompetensi dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan

Ainanur, Ainanur ( Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Jalan Denai No. 217 Medan ) , Tirtayasa, Satria ( Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Jalan Denai No. 217 Medan )

Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen Vol 1, No 1 (2018): Manajemen
Publisher : Program Studi Magister Manajemen Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (117.378 KB) | DOI: 10.30596/maneggio.v1i1.2234

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Budaya Organisasi, Kompetensi dan Motivasi terhadap Kinerja Karyawan pengolahan PKS Sawit Langkat PT. Perkebunan Nusantara IV. Metode penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksploratif, dimana variabel diukur dengan skala likert. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara (interview), dengan daftar pertanyaan (questionnaire) dan studi dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan di pengolahan PKS Sawit Langkat PT. Perkebunan Nusantara IV yang berjumlah 67 orang. Penarikan sampel dengan metode sampling jenuh atau lebih dikenal dengan istilah sensus. Dalam penelitian ini jumlah populasi relatif sedang yaitu sebanyak 67 orang. Pengolahan data menggunakan perangkat lunak SPSS versi 17, dengan analisis deskriptif dan pengujian hipotesis analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) secara parsial variabel budaya organisasi mempengaruhi kinerja karyawan di pengolahan PKS Sawit Langkat PT. Perkebunan Nusantara IV (2) secara parsial variabel kompetensi mempengaruhi kinerja karyawan di pengolahan PKS Sawit Langkat PT. Perkebunan Nusantara IV; (3) secara parsial variabel motivasi mempengaruhi kinerja karyawan di pengolahan PKS Sawit Langkat PT. Perkebunan Nusantara IV; (4) secara simultan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel budaya organisasi, kompetensi dan motivasi terhadap kinerja karyawaan di pengolahan PKS Sawit Langkat PT. Perkebunan Nusantara IV.

Pengaruh Kepemimpinan, Lingkungan Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja

Hasibuan, Siti Maisarah ( Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Jalan Denai No. 217 Medan )

Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen Vol 1, No 1 (2018): Manajemen
Publisher : Program Studi Magister Manajemen Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (99.015 KB) | DOI: 10.30596/maneggio.v1i1.2243

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan, lingkungan kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja. Metode penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksploratif, dimana variabel diukur dengan skala likert. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara (interview), dengan daftar pertanyaan (questionnaire) dan studi dokumentasi. Jumlah populasi sebanyak 107 orang. Untuk menentukan jumlah sampel digunakan rumus Slovin. Maka jumlah responden dalam penelitian ini 85 responden. Pengolahan data menggunakan perangkat lunak SPSS versi 17, dengan analisis deskriptif dan pengujian hipotesis analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan kepemimpinan terhadap kinerja. Lingkungan Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja. Motivasi kerja pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja. Kepemimpinan, lingkungan kerja dan motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja.

Pengaruh Pelatihan, Kompetensi, Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Pegawai

Elizar, Elizar ( Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Jalan Denai No. 217 Medan ) , Tanjung, Hasrudy ( Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Jalan Denai No. 217 Medan )

Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen Vol 1, No 1 (2018): Manajemen
Publisher : Program Studi Magister Manajemen Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (118.537 KB) | DOI: 10.30596/maneggio.v1i1.2239

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Pelatihan, Kompetensi, Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Pegawai Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Deli Serdang.Metode penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksploratif, dimana variabel diukur dengan skala likert. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara (interview), dengan daftar pertanyaan (questionnaire) dan studi dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh  Pegawai Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Deli Serdang yang berjumlah 33 orang. Penarikan sampel dengan metode sampling jenuh atau lebih dikenal dengan istilah sensus. Dalam penelitian ini jumlah populasi relatif sedang yaitu sebanyak 33 orang. Pengolahan data menggunakan perangkat lunak SPSS versi 17, dengan analisis deskriptif dan pengujian hipotesis analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) secara parsial variabel pelatihan mempengaruhi kinerja . Pegawai Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Deli Serdang; (2) secara parsial variabel kompetensi mempengaruhi kinerja Pegawai Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Deli Serdang.; (3) secara parsial variabel lingkungan kerja mempengaruhi kinerja Pegawai Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Deli Serdang.; (4) secara simultan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel pelatihan, kompetensi dan lingkungan kerja terhadap kinerja Pegawai Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Deli Serdang.

Pengaruh Return On Assets Dan Earning Per Share Terhadap Harga Saham

Siregar, Qahfi Romula ( Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Jl. Kapten Mucthar Basri No. Medan ) , Farisi, Salman ( Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Jl. Kapten Mucthar Basri No. Medan )

Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen Vol 1, No 1 (2018): Manajemen
Publisher : Program Studi Magister Manajemen Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (518.957 KB) | DOI: 10.30596/maneggio.v1i1.2342

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh secara parsial dan simultan antara Return On Asset (ROA), dan Earning Per Share (EPS) sebagai variabel independen terhadap Harga Saham sebagai variabel dependen pada Perusahaan Tekstil dan Garmen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). untuk periode 2012 2016.  Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Perusahaan Tekstil dan Garmen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia sebanyak 12 perusahaan, sedangkan sampel yang memenuhi kriteria dalam penarikan sampel untuk penelitian ini berjumlah 6 Perusahaan Tekstil dan Garmen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda, uji asumsi klasik, uji hipotesis, dan koefisien determinasi (R-Square).  Hasil penelitian menunjukkan bahwa Return On Assets (ROA) secara parsial menunjukkan hasil positif dan tidak signifikan atau tidak berpengaruh pada Harga Saham, Earning Per Share (EPS) secara parsial menunjukkan nilai negatif dan tidak signifikan atau tidak berpengaruh pada Harga Saham dan secara bersamaan Return On Assets (ROA) dan Earning Per Share (EPS) tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Harga Saham pada Perusahaan Tekstil dan Garmen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Pengaruh Pengembangan Karir dan Kompensasi terhadap Komitmen Organisasi Melalui Kepuasan Kerja

Handoko, Dicky Surya ( Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Jalan Denai No. 217 Medan ) , Rambe, Muis Fauzi ( Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Jalan Denai No. 217 Medan )

Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen Vol 1, No 1 (2018): Manajemen
Publisher : Program Studi Magister Manajemen Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (134.306 KB) | DOI: 10.30596/maneggio.v1i1.2238

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kompensasi terhadap komitmen organiasi yang di mediasi kepuasan kerja pada PT. Bank Sumut Cabang Medan Sukaramai. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, dimana variabel diukur dengan skala likert. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara (interview), dengan daftar pertanyaan (questionnaire) dan studi dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Karyawan tetap yang bekerja pada PT. Bank Sumut Cabang Medan Sukaramai maupun unit dibawahnya dengan jumlah 102. Jumlah sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 102 orang, dimana seluruh populasi dijadikan sebagai sampel penelitian dengan menggunakan metode sampel jenuh. Pengolahan data menggunakan perangkat lunak SPSS versi 17, dengan analisis deskriptif dan pengujian hipotesis analisis regresi berganda, regresi variabel intervening dan koefisien determinasi. Pengaruh pengembangan karir terhadap komitmen organisasi berpengaruh secara positif dan signifikan. Pengaruh kompensasi terhadap komitmen organisasi berpengaruh secara positif dan signifikan. Pengaruh kepuasan kerja terhadap komitmen organisasi berpengaruh positif dan signifikan. Pengaruh pengembangan karir terhadap kepuasan kerja berpengaruh positif. Pengaruh kompensasi terhadap kepuasan kerja berpengaruh positif. Pengaruh pengembangan karir terhadap komitmen organisasi yang di intervening oleh kepuasan kerja lebih kecil dari pada pengaruh langsung antara pengembangan karir terhadap komitmen organisasi.Pengaruh kompensasi terhadap komitmen organisasi yang di intervening oleh kepuasan kerja lebih kecil dari pada pengaruh langsung antara kompensasi terhadap komitmen organisasi.

Pengaruh Harga Dan Pendapatan Konsumen Terhadap Permintaan Rumah Tipe 36

Situmorang, Maria Kristina ( Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Quality Jl Ringroad- Ngumban Surbakti No.18 Medan )

Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen Vol 1, No 1 (2018): Manajemen
Publisher : Program Studi Magister Manajemen Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (79.977 KB) | DOI: 10.30596/maneggio.v1i1.2340

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh harga dan pendapatan konsumen terhadap permintaan rumah tipe 36 pada PT. Aresco Dharma Medan.  Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, dimana variabel diukur dengan skala likert. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara (interview), dengan daftar pertanyaan (questionnaire) dan studi dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalahkonsumen yang membeli rumah tipe 36 pada PT. Aresco Dharma Medan berjumlah 58 orang. Jumlah sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 37 orang, dimana sampel penelitian dengan menggunakan rumus Slovin. Pengolahan data menggunakan perangkat lunak SPSS, dengan analisis deskriptif dan pengujian hipotesis analisis regresi berganda, dan koefisien determinasi. Pengaruh harga terhadap permintaan rumah tipe 36 berpengaruh secara positif dan signifikan. Pengaruh pendapatan konsumen terhadap permintaan rumah tipe 36 berpengaruh secara positif dan signifikan. Pengaruh  harga dan permintaan konsumen secara bersama sama (simultan) berpengaruh positif dan signifikan terhadap permintaan rumah tipe 36

Pengaruh Return On Asset dan Current Ratio Terhadap Dividen Payout Ratio Dengan Firm Size Sebagai Variabel Moderating

Arseto, Dedy Dwi ( Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Jalan Denai No. 217 Medan ) , Jufrizen, Jufrizen ( Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Jalan Denai No. 217 Medan )

Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen Vol 1, No 1 (2018): Manajemen
Publisher : Program Studi Magister Manajemen Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (161.197 KB) | DOI: 10.30596/maneggio.v1i1.2237

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Return On Asset dan Current Ratio Terhadap Dividen Payout Ratio dengan Firm Size Sebagai Variabel Moderating Pada Perusahaan Konstruksi dan Bangunann Penelitian ini menggunakan jenis penelitian asosiatif yang bertujuan untuk menganalisis hubungan antara satu variabel dengan variabel lainnya atau menjelaskan pengaruh variabel bebas terhadap terikat. Untuk pengujian hipotesis dilakukan dengan uji regresi berganda dan uji regresi moderasi. Uji regresi berganda bertujuan secara dasar sama dengan korelasi sederhana atau berganda, yakni ingin mengetahui apakah ada pengaruh antara dua variabel dan apakah varibel moderate mampu memoderasi hubungan antara dua variabel. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel penelitian dipilih berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditentukan, dari kriteria yang telah ditentukan diperoleh 6 perusahaan yang memenuhi kriteria.Dari hasil penelitian ini terbukti bahwa terdapat pengaruh Return On Asset dan Current Ratio terhadap Dividen Payout Ratio baik secara parsial maupun secara simultan. Dari dua varibel bebas yang digunakan terdapat pengaruh positif dan negative dimana Return On Asset berpengaruh negative terhadap Dividen Payout Ratio pada perusahaan kostruksi dan bangungan Indonesia, dan Current Ratio berpengaruh positif terhadap Dividen Payout Ratio pada perusahaan kostruksi dan bangunan Indonesia, kemudian dari hasil penelitian ini terbukti bahwa Firm Size mampu memoderasi hubungan Return On Asset terhadap Dividen Payout Ratio dan Current Ratio terhadap Dividen Payout Ratio pada perusahaan kostruksi dan bangunan Indonesia

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2018 2018