cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
,
INDONESIA
JIM UPB (Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam)
ISSN : 23373350     EISSN : 25499491     DOI : -
Arjuna Subject : -
Articles 63 Documents
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MAHASISWA TERHADAP PEMILIHAN KARIR SEBAGAI AKUNTAN PUBLIK (STUDI KASUS PADA MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI DI KOTA PADANG) Elfiswandi, Elfiswandi; Melmusi, Zerni; Chanigia, Chlaudia
JIM UPB (Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam) Vol 7 No 1 (2019): JIM UPB Volume 7 No 1 2019
Publisher : Universitas Putera Batam

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (708.598 KB) | DOI: 10.33884/jimupb.v7i1.890

Abstract

The objective of this study was to analyze what the factors can influence students for choosing a career as a public accountant. Respondents of this study were students majoring in the accounting department in Padang, at private universities and state universities (University Putra Indonesia "YTPK" Padang, Bung Hatta University, Andalas University, and University Negeri Padang). The sample in this study amounted to 100 respondents drawn using the formula Slovin. Data collection techniques using questionnaires. Data analysis technique used is multiple linear regression. The results are intrinsic values, perceptions of student, and job market considerations has a influence on tendency of students for choosing a career as a Public Accountant. While gender, parental influence, and knowledge of The Law no. 5 of 2011 on public accountants does not have a significant effect.
ENDORSEMENT: MEDIA PEMASARAN MASA KINI Hardilawati, Wan Laura; Binangkit, Intan Diane; Perdana, Riky
JIM UPB (Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam) Vol 7 No 1 (2019): JIM UPB Volume 7 No 1 2019
Publisher : Universitas Putera Batam

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (738.018 KB) | DOI: 10.33884/jimupb.v7i1.920

Abstract

Persaingan usaha yang sangat ketat saat ini mengharuskan perusahaan harus selalu mencari strategi penjualan baru agar bisa bersaing dengan perusahaan-perusahaan yang lainnya, salah satu aktivitas sebuah perusahaan adalah menjual untuk mendapatkan keuntungan, untuk mencapai tujuan tersebut sebuah perusahaan dituntut agar dapat memperkenalkan serta memasarkan produk yang dijualnya secara cepat tetapi tidak banyak resource yang terbuang. Perkembangan teknologi internet sangat cepat saat ini berdampak hampir kesegala bidang kehidupan manusia, hampir semua aspek kehidupan manusia saat ini dipengaruhi oleh internet tidak terkecuali bidang penjualan. Adanya internet berdampak pada munculnya tren Periklanan digital dimana Para pemilik merek mulai menjadikan media digital sebagai media promosi dan pemasaran yang baru. aktivitas digital marketing yang tren dilakukan saat ini adalah social media endorsement untuk membangun merek. Fenomena strategi pemasaran baru ini menjadi suatu dasar pemikiran peneliti untuk meneliti seberapa efektifnya endorsement pada instagram terhadap pemasaran bidang kuliner dengan menggunakan pendekatan EPIC model.
PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP BRAND EQUITY Kusuma, Balinda Aretha; Satria Putri, Berlian Primadani
JIM UPB (Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam) Vol 7 No 1 (2019): JIM UPB Volume 7 No 1 2019
Publisher : Universitas Putera Batam

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (400.592 KB) | DOI: 10.33884/jimupb.v7i1.904

Abstract

This study aims to determine and analyze the effect of social media marketing on brand equity Jenius. This study uses independent variables is social media marketing and  dependent variable is brand equity. This study uses a quantitative method with a type of quasi-experimental research. In this study the authors determined the sample using probability sampling techniques, with respondents as many as 100 people. The data analysis technique used by the writer is descriptive data analysis, normality test, simple linear regression test, determination coefficient and hypothesis test.Based on the results of hypothesis testing using the t-test, the results show that social media marketing has an influence on Jenius brand equity. This is evidenced by tcount (6,728)> ttable (1,660). Based on the coefficient of determination, it is found that social media marketing has an influence of 31.6% on Jenius brand equity.
PENGARUH SUKU BUNGA SERTIFIKAT BANK INDONESIA DAN NILAI KURS TERHADAP RISIKO SITEMATIK SAHAM PERUSAHAAN SEKTOR KEUANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA Indrawan, Mohamad Gita; Raymond, Raymond
JIM UPB (Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam) Vol 7 No 1 (2019): JIM UPB Volume 7 No 1 2019
Publisher : Universitas Putera Batam

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (546.164 KB) | DOI: 10.33884/jimupb.v7i1.870

Abstract

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi risiko sistematik seperti Inflasi, Nilai Tukar, Suku Bunga hal ini dikarenakan Perubahan-perubahan yang terjadi pada faktor ini dapat mengakibatkan perubahan-perubahan di pasar modal, yaitu meningkat atau menurunnya harga saham. Volatilitas dari harga-harga saham di pasar modal dapat berpotensi untuk meningkatkan atau menurunkan risiko sistematis.  Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji mengenai pengaruh suku bunga, dan nilai kurs, terhadap indeks harga saham sektor keuangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan regresi linier berganda. Berdasarkan latar belakang, landasan teori, analisa data dan hasil pengujian hipotesis, maka dapat diambil kesimpulan Suku bunga SBI berpengaruh positif tetapi dan tidak signifikan terhadap harga saham dan Nilai kurs berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap profitabilitas
ANALISIS PREDIKSI KEBANGKRUTAN DAN TINGKAT AKURASI MODEL SPRINGATE, ZMIJEWSKI, DAN GROVER Sari, Mauli Permata; Yunita, Irni
JIM UPB (Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam) Vol 7 No 1 (2019): JIM UPB Volume 7 No 1 2019
Publisher : Universitas Putera Batam

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (537.719 KB) | DOI: 10.33884/jimupb.v7i1.907

Abstract

Industri logam mengalami pelemahan karena meningkatnya harga industri logam yang diakibatkan dari meningkatnya harga gas, sehingga menyebabkan biaya meningkat yang berpengaruh pada penurunan laba. Bahkan Bank Dunia memprediksi harga gas akan terus mengalami kenaiakan dari 2017 hingga 2030. Tujuan dari penelitian ini untuk mengerahui potensi kebangkrutan pada perusahaan sub sektor logam dan mineral lainnya yang terdaftar di BEI tahun 2012-2016 dengan menggunakan model Springate, Zmijewski, dan Grover. Serta untuk mengetahui tingkat akurasi dari ketiga model tersebut dalam memprediksi kebangkrutan. Populasi pada penelitian ini sebanyak 10 perusahaan. Dengan menggunakan teknik purposive sampling, diperoleh 8 perusahaan yang menjadi objek penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah 2 perusahaan diprediksi sehat dan 6 perusahaan diprediksi bangkrut menurut model Springate. Model Zmijewksi dan Grover memprediksi 8 perusahaan tidak berpotensi bangkrut. Zmijewski dan Grover merupakan model yang paling akurat dalam memprediksi kebangkrutan perusahaan sub sektor logam dan mineral lainnya, karena memiliki tingkat akurasi 100%. Sedangkan Springate memiliki tingkat akurasi 75%.
ANALISIS FAKTOR PENENTU PELAKU USAHA MENJUAL MELALUI SITUS JUAL BELI ONLINE BUKALAPAK Arif, Nina Fapari; Nur, Asrul
JIM UPB (Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam) Vol 7 No 1 (2019): JIM UPB Volume 7 No 1 2019
Publisher : Universitas Putera Batam

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (558.335 KB) | DOI: 10.33884/jimupb.v7i1.919

Abstract

The development of the internet continues to increase, with the increasing number of internet users making businessmen easier in selling their products through online, where the businessmen  as the of e-commerce businessmen wants an online market place that is easy to use and can be trusted in transacting and selling through online, thus the e-commerce businessmen continues to increase supported by a lot of online trading sites that have already exist in Indonesia. Bukalapak is one of the choices for businessmen to sell and  has already had a large number of sellers, that is because of the factors from the characteristics of Bukalapak itself that make the businessmen decide to sell in Bukalapak. This research aims to know the easy factor and trust factor as the determining of businessmen to sell through Bukalapak online sale site. The method used is survey technique with descriptive quantitative approach, where the data obtained from the distribution of online questionnaires by a hundred sellers in Bukalapak as respondents  selected. Data analysis use tabulated data presented in the form of percentage graph then it is analyzed descriptively. The result of research show that most of the businessmen selling in Bukalapak agree that the easy factor and trust factor are determining businessmen sell through Bukalapak online sale site. Keywords: The ease of, Confidence, Businessmen, Bukalapak
SEBERAPA BESAR KUALITAS PRODUK MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA BEAT (SENSUS PADA KOMUNITAS HONDA BEAT PURWAKARTA) Batu, Reminta Lumban; Afifah, Fitri Nur; Baihaqi, Hanifah; Pramesti, Indri
JIM UPB (Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam) Vol 7 No 1 (2019): JIM UPB Volume 7 No 1 2019
Publisher : Universitas Putera Batam

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (901.379 KB) | DOI: 10.33884/jimupb.v7i1.942

Abstract

ABSTRAK Honda merupakan salah satu perusahan yang mengeluarkan banyak produk kendaraan, salah satunya ialah Honda Beat. Penelitian ini membahas seberapa besar pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian motor matic Honda beat pada Komunitas Honda Beat di Purwakarta. Alasan penulis mangangkat judul ini sebagai bahan penelitian ialah dikarenakan fenomena pengguna motor Honda beat yang terus berada pada urutan nomor satu penjualan motor Honda. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Tujuan penelitian ini dilakukan ialah untuk mengetahui gambaran dan mengukur seberapa besar pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian motor Honda Beat.    
PERANAN KULIAH KERJA NYATA SEBAGAI BAGIAN DARI PENGEMBANGAN KOMPETENSI MAHASISWA Syardiansah, Syardiansah
JIM UPB (Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam) Vol 7 No 1 (2019): JIM UPB Volume 7 No 1 2019
Publisher : Universitas Putera Batam

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (518.079 KB) | DOI: 10.33884/jimupb.v7i1.915

Abstract

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan wahana penerapan serta pengembangan ilmu dan teknologi, yang dilaksanakan di luar kampus dalam waktu, mekanisme kerja, dan persyaratan tertentu.  KKN dilaksanakan oleh Perguruan Tinggi merupakan upaya meningkatkan isi dan bobot pendidikan bagi mahasiswa dan untuk mendapatkan nilai tambah yang lebih besar pada pendidikan tinggi. Dengan pelaksanaan KKN ini diharapkan dapat mengembangkan kompetensi sosial dan kompetensi kepribadian mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan Kuliah Kerja Nyata sebagai bagian dari pengembangan kompetensi mahasiswa. Populasi dan sampel dalam penelitian ini mahasiswa peserta KKN dan masyarakat dilokasi pelaksanaan KKN mahasiswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode wawancara ini bertujuan untuk menggali informasi mengenai kompetensi sosial mahasiswa dan kompetensi kepribadian mahasiswa yang dirasakan oleh masyarakat selama KKN berlangsung. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa peranan KKN sebagai bagian dari pengembangan kompetensi mahasiswa khususnya kompetensi sosial dan kompetensi kepribadian sangat jelas didapati dilokasi penelitian.
ANALISIS IMPLEMENTASI ELECTRONIC GOVERNMENT TERHADAP PELAYANAN KTP ELEKTRONIK PADA SUKU DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL JAKARTA BARAT DI TAHUN 2018 Sumarmin, Agus Marsono
JIM UPB (Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam) Vol 7 No 1 (2019): JIM UPB Volume 7 No 1 2019
Publisher : Universitas Putera Batam

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (895.729 KB) | DOI: 10.33884/jimupb.v7i1.883

Abstract

ABSTRACT The implementation of electronic identity cards have been applied since 2011. However, there are still many complaints from citizens where are showed up through social media and other conventional medias. This study aims to elaborate problems on the electronic identity cards services by public officials in the City of West Jakarta. This study finds that hardware and software problems are the main problems on this case which are not solve by the authority of the Population and Civil Registration Agency in West Jakarta. However, it can be resolved with the above authority in provincial and national levels. Another problems arise that the front offices of authority are not orderly able to control and make the queue line setting comfort for costumers; there is not sufficient information about procedural and mechanism for having electronic identity cards services in that office. Another relevant problems that have been resolved by Provincial Government of Jakarta are lacking of human resources such as civil officers in each agency. The City provides individual outsourcing and contract based employers with educational requirement minimum from graduated high school and certified on computer training. Therefore, the Agency provides a qualified of human resources and implements of electronic identity card services for 56 villages in West Jakarta with good and smooth activities. However, the quality of services is still not well-performed.
ANALISIS PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP ECONOMIC VALUE ADDED (EVA) DAN MARKET VALUE ADDED (MVA) Abdurachman, Aditia; Gustyana, Tieka Trikartika
JIM UPB (Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam) Vol 7 No 1 (2019): JIM UPB Volume 7 No 1 2019
Publisher : Universitas Putera Batam

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (717.091 KB) | DOI: 10.33884/jimupb.v7i1.948

Abstract

Banyak dari perusahaan yang membuat program Corporate Social Responsibility (CSR) hanya untuk kepentingan marketing. Apalagi pelaksanaan program CSR oleh industri rokok yang tidak dapat menanggulangi efek yang terjadi akibat bisnis yang mereka lakukan. Bukannya melakukan usaha untuk mencegah hal tersebut, perusahaan industri rokok justru menghabiskan berapa puluh miliar setiap tahunnya untuk berbagai iklan dan sponsor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari program CSR yang diukur dengan CSR Disclosure Index (CSRDI) Global Reporting Initiative G4 (GRI-G4) terhadap nilai perusahaan yang diukur menggunakan Economic Value Added (EVA) dan Market Value Added (MVA).Objek penelitian ini adalah perusahaan industri rokok yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2012-2016 yang dipilih secara purposive sampling dengan kriteria setiap perusahaan konsisten dalam menerbitkan laporan tahunan hasil audit periode 2012-2016. Pengolahan dan analisis data menggunakan regresi data panel. Hasil dari penelitian ini adalah CSR memiliki pengaruh negatif tidak signifikan terhadap EVA dan CSR memiliki pengaruh negatif tidak signifikan terhadap MVA.