cover
Filter by Year
Educatio
Published by Universitas Hamzanwadi
Educatio, ISSN: 1908-3224 (printed) and 2527-9998 (online), is an open access peer reviewed research journal that is published by the Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Hamzanwadi. Educatio is providing a platform for the researchers, academicians, professionals, practitioners and students to impart and share knowledge in the form of high quality empirical and theoretical research papers, case studies, and literature reviews on education science. Educatio welcomes and acknowledges high quality theoretical and empirical original research papers, case studies, review papers, literature reviews, book reviews, conceptual framework, analytical and simulation models, technical notes about education science from researchers, academicians, professionals, practitioners, and students from all over the world.
Articles
138
Articles
​
IMPROVING THE FIFTH GRADE STUDENTS’ VOCABULARY ACHIEVEMENT THROUGH SONG INTEGRATED WITH PICTURE

Laili, Roudlotun Nurul ( Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Banyuwangi ) , NASHIR, MUHAMMAD ( Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Banyuwangi )

Educatio Vol 13, No 2 (2018): Desember
Publisher : Universitas Hamzanwadi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Kosakata sebagai salah satu komponen penting dalam penguasaan bahasa, terutama bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Tanpa memiliki kosakata yang memadai, mustahil bagi siswa untuk dapat berkomunikasi dan menggunakan bahasa dengan baik. Lagu yang terintegrasi dengan gambar diyakini dapat meningkatkan penguasaan kosakata siswa karena lagu dan gambar dapat menarik minat dan perhatian siswa dan mampu mendorong mereka untuk menikmati pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan prestasi kosakata siswa kelas lima melalui lagu terintegrasi dengan gambar di MI UNGGULAN AL ISHLAH Tembokrejo - Muncar - Banyuwangi. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) berkolaborasi dengan guru bahasa Inggris yang dilakukan dalam dua siklus. Data dikumpulkan dari wawancara, observasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan pada tes kosakata dan partisipasi siswa dalam pembelajaran di kelas pada siklus 1 dan 2. Skor rata-rata tes kosakata siswa meningkat dari 69,9 pada siklus 1 menjadi 76,38 pada siklus 2 dan lebih dari 75% siswa terlibat aktif dalam proses belajar mengajar kosakata pada siklus 2. Ini memenuhi kriteria target keberhasilan pembelajaran yang menunjukkan bahwa lagu yang terintegrasi dengan gambar dapat meningkatkan penguasaan kosakata siswa dan membuat siswa lebih antusias di kelas. Kata Kunci: Lagu, Gambar, Penguasaan Kosakata. AbstractVocabulary as one of language components becomes a vital part in mastering language, especially English as a foreign language. Without having sufficient vocabularies, it is impossible for students to be able to communicate and use language well. Song which is integrated with picture is believed to be able to enlarge the students’ vocabulary mastery since both song and picture can acquire students’ curiosity and attention and able to encourage them to enjoy learning. This research was carried out to improve the fifth grade students’ vocabulary achievement through song integrated with picture at MI UNGGULAN AL ISHLAH Tembokrejo – Muncar – Banyuwangi. The research design applied was a classroom action research (CAR) in collaboration with an English teacher which was conducted in two cycles. The data was collected from interview, observation and test. The research result revealed that there is an improvement on the students’ vocabulary test and their active involvement during learning process in cycle 1 and 2. The mean score of vocabulary test increased from 69.9 in cycle 1 to 76.38 in cycle 2 and more than 75% of the students involved actively in the vocabulary teaching learning process in cycle 2. It met the target criteria of success which means that song which is integrated with picture can enlarge students’ vocabulary achievement and make students more enthusiastic in classroom. Key Words: Song, Picture, Vocabulary Achievement.

PENGARUH IMPLEMENTASI PERANGKAT PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS POTENSI LOKAL TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF PESERTA DIDIK

Hasanah, uswatun ( Universitas Negeri Mataram ) , ., Mahrus ( Universitas Negeri Mataram ) , Hadiprayitno, Gito ( Universitas Negeri Mataram )

Educatio Vol 13, No 2 (2018): Desember
Publisher : Universitas Hamzanwadi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  pengaruh implementasi perangkat  pembelajaran biologi berbasis potensi lokal terhadap kemampuan kognitif peserta didik di SMAN 1 Lembar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan menggunakan desain penelitian Nonequivalent control group desain. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik Purposive, sehingga dipilih dua kelas sebagai sampel dengan pertimbangan dilihat dari nilai ulangan harian pada materi sebelumnya. Kelas yang terpilih yakni kelas X Mipa 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X Mipa 1 sebagai kelas kontrol dengan masing-masing jumlah peserta didik 34 orang. Uji hipotesis menggunakan uji t polled varians dengan taraf signifikansi 5 % untuk data pre-test dan post-test kemudian dilanjutkan dengan uji peningkatan N-Gain.  Hasil penelitian menunjukkan rata-rata  peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen sebesar 0,8 (kategori tinggi) dan rata-rata peningkatan hasil belajar pada kelas kontrol sebesar 0,6 (kategori sedang). Kesimpulan penelitian ini adalah implementasi perangkat pembelajaran biologi berbasis potensi lokal berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan kognitif peserta didik di SMAN 1 Lembar. Kata kunci: perangkat pembelajaran, potensi lokal, kemampuan kognitif, peserta didik  

MUSYAWARAH SEBUAH PROSES DELIBERASI DALAM LAYANAN KONSELING

Mufrihah, Arina ( Program Studi Bimbingan dan Konseling STKIP PGRI Sumenep ) , Aulia, Fitri ( Universitas Hamzanwadi Lotim, NTB )

Educatio Vol 13, No 2 (2018): Desember
Publisher : Universitas Hamzanwadi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Konsep musyawarah setidaknya dapat diinterpretasikan dari surah asy-Syuraa ayat 38 dan surah Al ‘Imran ayat 159. Musyawarah yang digambarkan dalam kedua surah itu memang di luar konteks pendidikan, bahkan di luar pembahasan layanan konseling. Namun, penafsiran musyawarah dari kedua surah itu masih relevan untuk digunakan dari waktu ke waktu, dalam berbagai konteks, dan dalam macam-macam bentuk hubungan yang ada di sekitar kita, termasuk dalam layanan konseling yang merupakan “the helping relathionship” dan “the helping profession”. Berdasarkan tafsir kedua surah itu, diperoleh pemahaman bahwa musyawarah dapat digunakan sebagai bentuk problem solving dalam layanan konseling. Bahwasanya orang yang bermusyawarah hendaknya menjalin komunikasi yang baik, bertutur lembut, tidak keras hati, bersedia saling memaafkan, mau membuka pikiran, dan meminta maghfirah serta ampunan dari Allah. Dan orang yang melakukan musyawarah hendaknya memiliki sifat dan sikap seperti lebah: disiplin, bekerja sama, menghasilkan solusi terbaik, tidak merusak tempat yang didatanginya, dan bekerja sesuai tugas dan posisinya.Kata kunci: : Musyawarah, deliberasi, layanan konseling

IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK: MODEL PERANGKAT PEMBELAJARAN DAN PENILAIAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN CTL BERBASIS BUDAYA ISLAM

Hamdi, Syukrul ( Universitas Hamzanwadi ) , Ermawati, Seni ( Hamzanwadi University )

Educatio Vol 13, No 2 (2018): Desember
Publisher : Universitas Hamzanwadi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan penilaian autentik dalam pembelajaran matematika di kelas dengan mengembangkan perangkat pembelajaran dan penilaian matematika dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) berbasis budaya Islam yang memenuhi syarat valid, praktis, dan efektif. Prosedur penelitian mengadopsi model Pengembangan 4-D yaitu tahap Pendefinisian, Perencanaan, Pengembangan, dan penyebaran. Instrument yang digunakan untuk membantu proses penelitian ini terdiri dari (1) lembar validasi perangkat, (2) angket kepraktisan dari guru, (3) angket respon peserta didik, (4) Instrumen motivasi dan hasil belajar siswa. Kualitas kevalidan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid berdasarkan skor rata-rata silabus mencapai 4.18, RPP 4.18, buku ajar 4.28, dan instrumen memenuhi indeks valid berdasarkan formula aikens. Kualitas kepraktisan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria praktis berdasarkan penilaian kepraktisan dari guru yaitu rata-rata skor mencapai 4,75, dan penilaian angket respon peserta didik mencapai jumlah skor total 493. Berdasarkan hasil uji manova dapat disimpulkan penggunaan perangkat pembelajaran dan penilaian matematika dengan pendekatan CTL berbasis budaya Islam efektif ditinjau dari hasil belajar dan motivasi siswa.Kata kunci: Bahan Ajar, Matematika, CTL berbasis budaya Islam, Hasil Belajar, dan Motivasi  Belajar. 

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR EKONOMI TERHADAP TEORI PERMINTAAN DAN PENAWARAN

rizkiwati, baiq yuliana ( Universitas Hamzanwadi ) , Jailani, Huzain ( universitas hamzanwadi )

Educatio Vol 13, No 2 (2018): Desember
Publisher : Universitas Hamzanwadi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah: 1) menghasilkan bahan ajar ekonomi berbasis komik yang akan tetap bertahan dan digunakan untuk tahun-tahun berikutnya pada siswa kelas X SMA Nw Pancor 2) mengetahui kelayakan bahan ajar ekonomi berbasis komik yang dikembangkan menurut penilaian ahli desain visual, ahli materi, dan ahli bahan ajar, 3) mengetahui tanggapan validator ahli dan siswa terhadap bahan ajar ekonomi berbasis komik yang telah dikembangkan, dan 4) mengetahui efektifitas bahan ajar ekonomi berbasis komik yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model Borg and Gall yang telah dimodifikasi menjadi delapan langkah pengembangan. Langkah-langkah pengembangan meliputi: 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) revisi desain, 6) uji coba produk, 7) revisi produk, dan 8) produk akhir. Pengumpulan data dilakukan dengan angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar ekonomi berbasis komik ini sangat layak digunakan, terbukti dengan skor penilaian ahli materi sebesar 81,81% (layak), ahli desain sebesar 81,33% (layak), dan uji coba lapangan sebesar 79,57% (layak). Produk yang dikembangkan diujicobakan pada 25 siswa kelas X ekonomi SMA Nw Pancor untuk mengetahui keefektifannya melalui desain penelitian one group pre-post. Analisis yang digunakan adalah uji Paired Sample T-Test melalui SPSS 19 yang menunjukkan sig.(2-tail) sebesar 0,00 (kurang dari 0,05) sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan posttest. Dengan demikian bahan ajar ekonomi berbasis komik terbukti efektif. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada guru khususnya, untuk memanfaatkan bahan ajar ekonomi berbasis komik dalam proses pembelajaran dan membantu siswa ketika mengalami kesulitan, serta adanya penelitian lebih lanjut mengenai keefektifan bahan ajar ekonomi berbasis komik menggunakan desain eksperimen dengan kelompok kontrol.

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KETEPATAN PENYALURAN BOS TINGKAT SDN DI KABUPATEN BANJAR

Yamin, Moh ( Universitas Lambung Mangkurat )

Educatio Vol 13, No 1 (2018): Vol 13, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Hamzanwadi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (305.537 KB)

Abstract

Abstrak   Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat ketepatan sasaran penerima BOS bagi penyelenggaraan pendidikan dasar bermutu tingkat SDN di Kabupaten Banjar. Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan kuesioner sebagai alat pengumpul data untuk melihat kesesuaian penerimaan, mekanisme penyaluran, dan realisasi penggunaan program BOS dengan petunjuk teknis BOS. Sampelnya adalah kepala sekolah, guru, komite sekolah, dan orang tua peserta didik pada setiap kecamatan dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerimaan dan realisasi pemanfaatan program BOS di kabupaten Banjar sesuai dengan petunjuk teknis BOS dengan beberapa catatan penting dimana masih ada komite sekolah yang kurang memahami petunjuk teknis BOS; ada sebagian tim pengelola masih kesulitan mengelola program BOS karena kurang memahami petunjuk teknis BOS yang kerap berubah dan kurang menguasai IT, besaran BOS kurang mencukupi kebutuhan operasional sekolah, dana BOS untuk membayar guru honor; dan masih ada komponen sekolah yang merasa masih menerima sumbangan komite/orang tua peserta didik. Kata kunci: BOS, pelaksanaan, dan pendidikan dasar AbstractThis study aims to describe the factors that influences the accuracy of school operational fund towards the implementation of elementary education in Banjar regency. This research is descriptive and qualitative in which the questionnaire is the data collecting tool to find out the availability of acceptance, distribution mechanism, and realization of school operational fund program using prepared technical guidance. The samples are principals, teachers, school committees, and learners parents in each district by purposive sampling technique. The results show that the acceptance and realization of school operational program in Banjar regency is in accordance with school operational fund technical guidance with some important notes where there are still school committees being lack of understanding of school operational fund technical guidelines; there are some management teams who are still having difficulty to manage the school operational fund program due to lack of understanding of technical guidances of operational school fund that often change and less master ICT, school operational fund amount insufficient for school operational requirement and for paying teacher honorarium; and there are still school components who feel receiving the donations of committees or parents learners. Keywords: school operational fund, implementation, and elementary school

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM PENINGKATAN KREATIVITAS BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V MI NW KELAYU JORONG

Siregar, Muhammad Deni ( Universitas Hamzanwadi ) , Yunitasari, Dukha ( Universitas Hamzanwadi )

Educatio Vol 13, No 1 (2018): Vol 13, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Hamzanwadi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (253.959 KB)

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan krativitas belajar siswa karena pembelajaran inkuri sangat tepat dalam memberikan bantuan berupa motivasi belajar bagi siswa. Metode yang dipakaai dalam pengambilan data adalah observasi dan penyebaran angket tentang kreativitas belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan antara kelas eksperimen dan kontrol. Analisis data dilakukan dengan deskripsi data dan uji hipotesis penelitian melalui uji tes. Setelah melakukan proses strategi inkuiri serta mengadakan analisis data, maka ditemukan beberapa hal di antaranya: 1. Nilai Thitung > Ttabel, hal ini menunjukkan bahwa adanya hubungan yang sangat positif antara penerapan strategi inkuiri terhadap peningkatan kreativitas belajar siswa MI NW Kelayu Jorong; 2. Berdasarkan hasil observasi, siswa sangat aktif dalam belajar, dimana mereka tak malu-malu mengajukan pertanyaan dan memberikan respons pada sesama teman tentang proses belajar IPS; 3. Inkuiri terasa menyenangkan dan tidak membuat kaku siswa dalam proses belajar; dan 4. Para guru di MI NW Kelayu Jorong sangat merespons penerapan inkuiri dalam semua bidang studi yang diajarkan. Kata kunci:  strategi inkuiri, kreativitas, belajar IPS.

PEMANFAATAN KESENIAN SAKECO ETNIS SAMAWA SEBAGAI MATERI PEMBELAJARAN SASTRA DI SMP

Sukiman, Sukiman ( Universitas Billfath Lamongan, Indonesia )

Educatio Vol 13, No 1 (2018): Vol 13, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Hamzanwadi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (134.452 KB)

Abstract

Abstrak Penulisan artikel ini bertujuan untuk memaparkan pemanfaatan sakeco etnis Samawa sebagai sumber materi pembelajaran sastra di SMP. Sakeco dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar sastra khususnya di SMP. Kearifan lokal sebagai kekayaan nusantara dapat digunakan untuk sumber belajar di sekolah. Pemanfaatan sumber belajar yang dekat dengan siswa akan membantu guru mencapai tujuan pembelajaran. Salah satu bentuk kearifan lokal masyarakat Sumbawa adalah sakeco. Sakeco merupakan bentuk penyampaian puisi lawas yang paling banyak digemari oleh masyarakat Sumbawa. Kata Kunci; sakeco, pembelajaran, sastra AbstractWriting this article aims to describe the use of Samawa sakeco ethnic as a source of literary learning materials in junior high. Sakeco can be used as a source of literature learning especially in SMP. Local wisdom as a wealth of archipelago can be used for learning resources in schools. The use of learning resources close to the students will help teachers achieve learning objectives. One form of local wisdom in Sumbawa is sakeco. Sakeco is a form of submission of old poetry most popular by the people of Sumbawa. Keywords; sakeco, learning, literature

MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING DENGAN STRATEGI PENGAJUAN PERTANYAAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES PEMBELAJARAN PKn

Kariadi, Dodik ( STKIP Singkawang ) , Suprapto, Wasis ( STKIP Singkawang )

Educatio Vol 13, No 1 (2018): Vol 13, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Hamzanwadi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (141.135 KB)

Abstract

AbstrakBerdasarkan penelitian yang dilakukan maka dapat diperoleh pembelajaran aktif (active learning) dengan strategi pengajuan pertanyaan sebagai model pembelajaran yang paling tepat untuk digunakan pada mata pelajaran PKn di sekolah. Tujuan dari model ini tentu agar siswa menjadi insan yang mampu berpendapat dan berpikir kritis. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan penelitian deskriptif-kritis dengan lebih menekankan pada kekuatan analisis sumber-sumber dan data-data yang ada dengan mengandalkan teori-teori dan konsep-konsep yang ada untuk diinterpretasikan berdasarkan tulisan-tulisan yang mengarah kepada pembahasan. Hasil penelitian menunjukkan adanya kepercayaan diri pada siswa, guru lebih terbuka terhadap siswa, dan adanya kompetisi sehat antar-siswa di kelas, semakin meningkatnya antusiasme dan keseriusan siswa, mengurangi kesenjangan pengetahuan antar-siswa, semangat belajar siswa di luar sekolah semakin bertambah, semakin menyadarkan siswa untuk menyukai seluruh mata pelajaran, munculnya ide-ide kreatif baik dari siswa maupun guru dalam rangka memajukan kualitas pendidikan di sekolah masing-masing, dan meningkatkan sinergisitas dan kekompakan antar-siswa maupun antar-guru. Dengan demikian, untuk mewujudkan pembelajaran yang inovatif dapat digunakan karena â??model pembelajaran aktif (active learning) dengan strategi pengajuan pertanyaanâ?ť sehingga proses pembelajarannya tidak hanya berpusat pada guru, tetapi siswa juga harus terlibat aktif dalam proses pembelajaran sehingga pembelajaran akan menjadi lebih bermakna. Kata kunci: Pembelajaran aktif, pengajuan pertanyaan, kualitas proses. AbstractBased on the research done, in the acquisition of active learning with the strategy of asking questions as the most appropriate learning model to be used on the Civic subjects in school. The purpose of this model is for students to be able to think and think critically. In this study, the author uses descriptive-critical research with more emphasis on the power of analysis of existing sources and data by relying on existing theories and concepts to be interpreted based on the writings that lead to the discussion. The results showed that students confidence, teachers are more open to students, The existence of healthy competition among students in the classroom, Increasing the enthusiasm and seriousness of students, Reducing the knowledge gap between students, The students learning spirit outside school is increasing, like the whole subjects, The emergence of creative ideas from both students and teachers in order to advance the quality of education in each school, and Increase synergy and cohesiveness between students and inter-teachers. Thus, to realize innovative learning, it can be used because "active learning model with questioning strategy" so that the learning process is not only centered on the teacher, but also the students must be actively involved in the learning process so that learning will become more meaningful. Keywords: Active learning, question submission, process quality.

TELAAH WACANA TEKSTUAL PADA BUKU TEKS BAHASA INDONESIA KELAS VII SMP

Arvianto, Faizal ( Universitas Timor )

Educatio Vol 13, No 1 (2018): Vol 13, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Hamzanwadi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (198.908 KB)

Abstract

AbstrakTelaah wacana melihat bahasa dalam teks dan konteks secara bersama-sama dalam suatu komunikasi. Telaah wacana tidak hanya melihat susunan struktur kalimat melainkan juga melihat makna sebagai unsur pentingnya. Oleh karenanya, penafsiran makna tidak hanya dilakukan pada pernyataan dalam teks, tetapi juga dilakukan analisis dari makna yang tersembunyi. Struktur lahir dalam wacana disebut dengan aspek gramatikal, sedangkan struktur batin wacana disebut dengan aspek leksikal. Secara rinci, aspek gramatikal wacana meliputi: pengacuan, penyulihan, pelesapan, dan perangkaian. Aspek leksikal wacana meliputi: pengulangan, sinonim, kolokasi, hiponim, antonim, dan ekuivalensi. Teks yang menjadi bahan telaah adalah teks cerita pendek dan teks narasi yang ada pada â??Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas VII SMP Kurikulum 2013â?ť. Berdasarkan hasil telaah, terdapat dua bagian dari aspek gramatikal yang sangat mendominasi yaitu pengacuan dan konjungsi. Secara leksikal, penelitian ini menemukan beberapa peranti leksikal yaitu repetisi, sinonim, antonim, kolokasi. Peranti yang paling mendominasi kemunculannya adalah repetisi. Terdapat dua jenis repetisi yang dominan, yaitu repetisi epizeuksis dan anafora. Setelah dua jenis repetisi tersebut, repetisi yang sering muncul adalah repetisi nomina. Selain repetisi, kemunculan aspek leksikal yang kedua adalah kolokasi. Antonim dan sinonim menempati peringkat ketiga frekuensi kemunculannya setelah kolokasi. Masing-masing peranti kohesi wacana ini membentuk satu kesatuan wacana yang utuh dan koheren. Kata kunci: telaah, wacana, buku teks AbstractDiscourse analysis gives attention to the language in the text and context together in a communication. Discourse analysis does not only look at the structure of sentences but also meaning as an important element. Therefore, the interpretation of meaning is not only done in the statement in the text, but also the analysis of the hidden meaning. The surface structure in discourse is called grammatical aspect, while the internal structure is called the lexical aspect. In detail, the grammatical aspects of discourse include: reference, recovery, percolation, and sequence, while the lexical aspects of discourse include: repetition, synonyms, collocation, hyponym, antonyms, and equivalence. The text that became the subject of the analysis was short stories and narrative text in the â??Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas VII SMP Kurikulum 2013â?ť. Based on the results of the study, there are two parts of the grammatical aspects that are dominant, namely the reference and the conjunction. Lexically, this research found some lexical devices, they are repetition, synonym, antonym and collocation. The dominant device in emergence is repetition. There are two dominant repetitions, namely epizeuksis and anaphora repetition. After those two types of repetitions, the repetition appears frequently is noun repetition. Besides, the emergence of the second lexical aspect is collocation. Antonym and synonyms are in the third rank in the frequency of emergence after collocation. Each of these discourse cohesion devices forms a unified of whole and coherent discourse. Keywords: analysis, discourse, textbook