cover
Filter by Year
DIDAKTIKA TAUHIDI: JURNAL PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Didaktika Tauhidi:Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar is an Indonesian-language scientific periodicals published by the Faculty of Education twice times a year on every April and October with the submission process of manuscript is open throughout the year. All submitted manuscripts will go through the double-blind peer review and editorial review before being granted with acceptance for publication. Designed as a medium of information and scientific knowledge, Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar publishes research articles, in the area of Teaching and learning, Curriculum, Evaluation, Pedagogic of elementary school teacher, Learning innovation, Developmental psychology, Inclusive eductaion, Management of education, Guidance and counseling of elementary school teachers as well as with their development through interdisciplinary and multidisciplinary approach.
Articles
47
Articles
Model Permainan Target untuk Meningkatkan Kemampuan Koordinasi pada Siswa Sekolah Dasar Kelas Atas

Sumarsono, Adi, Syamsudin, Syamsudin, Hermansyah, Agus Kichi, Iswahyuni, Iswahyuni

DIDAKTIKA TAUHIDI: JURNAL PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Vol 5, No 2 (2018): DIDAKTIKA TAUHIDI
Publisher : Universitas Djuanda

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memfasilitasi teori perkembangan dan pertumbuhan anak sesuai dengan umur dan fisiknya. Dasar dari penelitian ini adalah kebutuhan guru pendidikan jasmani untuk mendapatkan sumber referensi dalam meningkatkan unsur biomotor koordinasi siswa Sekolah Dasar kelas atas. Prosedur pengembangan dan penelitian ini mengadaptasi langkah-langkah pengembangan pendidikan yang dikembangkan oleh Dick & Lou Carey. Langkah pengembangan pada penelitian ini terdiri tujuh langkah, yaitu studi pendahuluan, pembuatan draf awal, validasi ahli, uji coba, validasi dan revisi selanjutnya pembuatan produk final. Instrumen dalam pengumpulan data menggunakan observasi dan penyebaran angket. Adapun efektifitas produk dalam penelitian ini menggunakan acuan efektivitas dari penggunaan produk dan kesesuaian model serta tujuan pengembangan. Hasil penelitian pada hasil observasi dari masing-masing permainan mendapatkan rerata skor dalam kategori “baik”. Guru sebagai pengguna produk di rerata “baik” serta menurut siswa sebagai pelaku model masuk dalam kategori “sangat baik”. Produk yang telah dihasilkan disimpan dalam bentuk VCD. Dalam satu paket VCD didalamnya terdapat model permainan serta susunan kegiatan, peralatan serta peraturan permainan yang disesuaikan dengan kebutuhan guru pendidikan jasmani sekolah dasar kelas atas. 

Pengaruh Minat Membaca Cerita Pahlawan Pada Hasil Pengajaran

Gusmayanti, Wina, Fauziah, R Siti Pupu, Muhdiyati, Iyon

DIDAKTIKA TAUHIDI: JURNAL PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Vol 5, No 2 (2018): DIDAKTIKA TAUHIDI
Publisher : Universitas Djuanda

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Hasil pembelajaran yang bagus menjadi indikator yang digunakan supaya kita tahu bagaimana dan sampai titik mana kebisaan seorang peserta didik di pembelajaran yang sudah diberikan oleh guru, untuk itu penting seorang pengajar dalam meningkatkan keinginan membaca siswa khususnya pada pelajaran IPS cerita pahlawan yang terdapat banyak materi bercerita dan cerita di zaman dulu. Model yang diambil  dalam pengkajian ini adalah metode kolerasi fungsional. Populasi yang dipakaikan dalam penelitian ini adalah siswa SDN Pancawati 02 Kelas V A. Yang totalnya tiga puluh siswa (30) Penelitian ini dilaksanakan di SDN Pancawati 02, Kecamatan Caringin, Kampung Lemah Nendeut, Kabupaten Bogor. Data yang digabungkan  dilakukan dengan memakai angket minat membaca cerita pahlawan. kesimpulan dari akhir penelitian ini menunjukan persamaan regresi yaitu Hasil pengujian melalui analisis regresi menunjukkan adanya kesamaan regresi = 22.6%.+ 0.608X dapat dikatakan pengaruh minat membaca cerita pahlawan pada hasil pembelajaran di mata pembelajaran IPS adalah hubungan yang terbanding lurus. Koefisien determinasi yaitu 0,7922 = 0,627. Dan nilai hasil belajar terbesar siswa sebesar 62,7% sedangkan 37,3 hasil pembelajaran murid dipengaruhi dengan faktor lain.

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR AND SHARE PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA

Pitriana, Pitriana, Lathifah, Zahra Khusnul, Makarim, Helwiyah

DIDAKTIKA TAUHIDI: JURNAL PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Vol 5, No 2 (2018): DIDAKTIKA TAUHIDI
Publisher : Universitas Djuanda

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal yang belum mencapai indikator penelitian minimal 75% dari jumlah siswa yang mencapai KKM mata pelajaran Matematika yang telah ditetapkan oleh sekolah sebesar 65. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dan dilaksanakan secara kolaboratif dan dua siklus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif think pair and share pada mata pelajaran matematika kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Rancabakti Kecamatan Nanggung Kabupaten Bogor. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Rancabakti sebanyak 26 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata hasil belajar mata pelajaran Matematika pada siklus pertama memperoleh nilai rata-rata 66,24 dengan ketuntasan hasil belajar sebesar 61,54%, sedangkan hasil belajar siklus kedua memperoleh nilai rata-rata 76,73 dengan ketuntasan hasil belajar sebesar 80,77%. Begitu pula dengan hasil observasi perilaku siswa menunjukan adanya peningkatan pada aktivitas siswa dengan memperoleh nilai rata-rata pada siklus pertama yaitu 67,46, sedangkan siklus kedua memperoleh nilai rata-rata sebesar 81,29. Penelitian ini berkesimpulan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif think pair and share dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Matematika pada siswa kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Rancabakti Kecamatan Nanggung Kabupaten Bogor. Selain itu model pembelajaran ini dapat meningkatkan keaktifan dan kemampuan berpikir siswa dalam proses pembelajaran.

Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar dan Rasa InginTahu Peserta Didik Kelas V

Prasetyo, Teguh, Nisa, Khoirun

DIDAKTIKA TAUHIDI: JURNAL PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Vol 5, No 2 (2018): DIDAKTIKA TAUHIDI
Publisher : Universitas Djuanda

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Pengkajian ini bertujuan mendeskripsikan hasil pengaruh model Problem Based Learning terhadap output nilai studi dan rasa ingintahu peserta yang dididik pada edukasi IPA kelas V SD Negeri Banjarwaru Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor. Jenis pengkajian kuantitatif dengan desain nonequivalent control group desain. Bahan bahan yang di ambil memakai teknik tes output nilai studi, angket, dan obesrvasi. Post-test output nilai studi experiment kelas dan control kelas nilai t hitung  > t tabel (2,841 > 1,99) dan nilai signifikansinya kurang dari 0,05 (p = 0,010 < 1,998). Output bahan bahan rasa ingintahu peserta yang dididik nilai t hitung > t tabel (2,841 > 1,998) sedangkan nilai signikansinya kurang dari 0,05 (p = 0,000 < 0,05). Hal ini mengindikasikan terdapat kontradiksi output nilai studi yang baik pada peserta yang dididik di experiment kelas yang mendapat pengajaran dengan memakai model Problem Based Learning dibandingkan peserta yang dididik di control kelas pada variabel output studi dan rasa ingintahu pada pengajaran IPA.

PENGGUNAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR DALAM MENINGKATKAN KOSAKATA SISWA DOWN SYNDROME

Rahayu, Siti, Rasmitadila, Rasmitadila, Makarim, Helwiyah

DIDAKTIKA TAUHIDI: JURNAL PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Vol 5, No 2 (2018): DIDAKTIKA TAUHIDI
Publisher : Universitas Djuanda

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penguasaan kosakata merupakan salah satu syarat utama yang menentukan keberhasilan individu untuk terampil berbahasa semakin kaya kosakata individu semakin besar kemungkinan individu untuk terampil berbahasa termasuk siswa down syndrome yang masih memiliki kosa kata yang sedikit. Penelitian studi kasus ini bertujuan untuk meningkatkan kosakata siswa down syndrome kelas IV melalui metode kartu kata bergambar. Subyek penelitian adalah siswa down syndrome yang berjumlah satu orang kelas IV SLB-C Dharma Wanita Kota Bogor. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh setelah menggunakan media kartu kata bergambar pada awal pertemuan sampai akhir pertemuan terdapat peningkatan kosakata. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa melalui pembelajaran dengan menggunakan media kartu kata bergambar dapat meingkatkan kosakata siswa down syndrome.Kata kunci: Kosakata, media kartu kata bergambar, siswa down syndrome THE USE OF PICTURE WORD CARD MEDIA TO IMPROVE VOCABULARY OF DOWN SYNDROME STUDENT AbstractMastery of vocabulary is one of the main requirements that determine the success of individuals to skilled speak the more rich the vocabulary of the individual the greater the likelihood of individuals to skill in the language including students down syndrome who still have a little vocabulary. This case study research aims to increase the vocabulary of grade IV down syndrome students through the method of pictorial word cards. The subjects of the study were down syndrome student, which amounted to one person of grade IV SLB-C Dharma Wanita Kota Bogor. Data were collected through observation, interview and documentation. The results obtained after using the pictorial word card at the beginning of the meeting until the end of the meeting there is an increase in vocabulary. The conclusion from this research that through learning by using word card of pictorial can increase vocabulary of down syndrome students.

PENERAPAN METODE SUGESTOPEDIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Anggraeni, Sri Wulan, Alpian, Yayan

DIDAKTIKA TAUHIDI: JURNAL PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Vol 5, No 2 (2018): DIDAKTIKA TAUHIDI
Publisher : Universitas Djuanda

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis puisi siswa SDN Muktiwari 02 melalui penerapan metode sugestopedia. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan sebanyak tiga siklus yang setiap siklusnya melalui proses pengkajian berdaur, yang terdiri dari empat tahap, yaitu merencanakan, melakukan tindakan, mengamati, dan melakukan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran menulis puisi dengan menerapkan metode sugestopedia dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa. Terbukti dengan aktivitas dan hasil belajar menulis puisi siswa pada kondisi awal pra siklus dengan nilai rata-rata 51,88. Setelah dilakukan tindakan dengan menerapkan metode sugestopedia mengalami peningkatan yaitu pada siklus I dengan nilai rata-rata 62,5,siklus II dengan nilai rata-rata 68,95, dan pada siklus III nilai rata-rata 75,2. Oleh karena itu, pembelajaran dengan menerapkan metode sugestopedia dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi. Implikasi penelitian ini ditunjukan kepada pendidik, peneliti, dan lembaga atau intansi yang terkait khususnya pihak sekolah agar  dapat lebih peka terhadap  kebutuhan siswa dan meningkatkan kreativitas pendidik dalam proses pembelajaran terutama pembelajaran bahasa Indonesia khusunya pembelajaran menulis puisi

ENGLISH LEARNING BASED ON MULTIPLE INTELLIGENCE IN TYPE OF LINGUISTIC INTELLIGENCE

Pradana, Agrissto Bintang Aji

DIDAKTIKA TAUHIDI: JURNAL PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Vol 5, No 1 (2018): DIDAKTIKA TAUHIDI
Publisher : Universitas Djuanda

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (540.008 KB)

Abstract

This study aims to describe the application of English language learning based on Multiple Intelligence Theory on the type of linguistic intelligence and student responses in following the learning of English. This research is a descriptive research, conducted in Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Special Program Kartasura. Respondents in this study were principals, English language teachers, and 34 students. Data were collected through interview (semi-structured interview), observation, and questionnaire. Data were analyzed by step (1) data reduction; (2) data display; (3) verification. The results revealed that the students as a whole showed a positive response to the learning activities. As many as 88.2% of students have motivation to participate in learning activities, 82% interested in the material, and 79% like English subjects. In conclusion that students showed high intensity of physical motion almost resembles the characteristics of students with kinesthetic and naturalistic types and apply different concepts.

THE EFFECT OF SCIENTIFIC APPROACH COMBINES LEARNING GUIDED DISCOVERY TO CURIOSITY OF STUDENTS

Prasetyo, Teguh, Fitri, Ananda Marliana

DIDAKTIKA TAUHIDI: JURNAL PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Vol 5, No 1 (2018): DIDAKTIKA TAUHIDI
Publisher : Universitas Djuanda

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (700.319 KB)

Abstract

This research article is the result of a scientific approach that combines guided discovery models to describe the increase of curiosity and student learning outcomes in science subjects. The research approach uses quantitative research with Nonequivalent control group design. The subjects of the study were fifth grade of 76 students of SDN Cibedug, Bogor 2016/2017. The data collection instruments used consisted of observation techniques, scale questionnaires, and test of learning outcomes. The result data showed curiosity and learning result of significance value less than 0.05. Analysis of learning result data obtained t-count value of 3.389 and t-critical at 5% significance level is 0.1992. Thus, t-count> t-table (3.389> 0.1992) which means there is an influence from the scientific approach combining the guided discovery model to the learning outcomes. The average posttest increase of experimental class curiosity was 52.00 while control class was 46.2. The research conclusion of a scientific approach combining the guided discovery model in the field of IPA lesson studies has an influence on learning outcomes and improves the curiosity of elementary school students.

GALLERY WALK’S AND PICTURE AND PICTURE TOWARD THE MATH’S RESULT STUDY

Mawardini, Annisa, Prasetyo, Teguh, Widyaningsih, Hadida

DIDAKTIKA TAUHIDI: JURNAL PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Vol 5, No 1 (2018): DIDAKTIKA TAUHIDI
Publisher : Universitas Djuanda

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (583.117 KB)

Abstract

This research based on the fact that how low Math’s result study is. That is why the researcher applied Gallery Walk and Picture and Picture method. The aim of this study is to figure out the influence of Gallery Walk’s method implementation and Picture and Picture toward the Math’s result study. The method used was quasi experiment with the static group pretest-postest design. The population in this research was all the student of fifth grader in Pasirgaok 02 elementary school. This research used nonprobability sampling as the technique of sampling which consisted of the saturated sample from two classes experiment. This research used observation, test and questionnaire as the technique of collecting data. According to the analysis result, the average score of posttest class of experiment 1 was 69,5 and the experiment two was 74,8. The result of One Sample T-test was sig 0.00, thus, it was rejected since 0.00 < 0.05 which means the method of Gallery Walk influenced toward the result study of the student. There was a difference in both method through independent T test, sig (2-tailed) 0,05 which rejected to emphasize the difference. So that, there was an influence of Gallery Walk’s method implementation and Picture and Picture toward the Math’s result studyof the fifth graders of Pasirgaok 02 elementary school.Keywords : Gallery Walk and Picture and Picture method, Math’s result study

THE RELATIONSHIP BETWEEN THE TEACHER PERSONALITY COMPETENCIES AND THE ATTITUDE OF THE LEARNER

Wandini, Intan, Abdurahkman, Omon

DIDAKTIKA TAUHIDI: JURNAL PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Vol 5, No 1 (2018): DIDAKTIKA TAUHIDI
Publisher : Universitas Djuanda

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (282.823 KB)

Abstract

The attitude of learners can be influenced by a teacher as an educator, because teachers can direct and guide learners to be able to control his attitude in the control. Which is meant personality competence is full of changes that have a personality that wise, steady, authoritative, adult, and noble character. This study aims to determine whether there is a relationship between teacher personality competence with the attitude of learners. The type of research used is quantitative research. This study is a functional relationship that aims to determine the relationship of independent variables with the dependent variable, Data collected using questionnaires and interviews. The result of research obtained data of filling of questionnaire from 30 teacher and 70 student use t test obtained tcount = 4.625 > ttable = 1.988 so the relationship between the teacher personality competence and the attitude of the learners is significant. Regression equation of from Y =  68.873 + 0.132X. this study received an effective contribution R2 = 0.028 which indicates the existence 2.8% the attitude variabel of the student is influenced by teacher personality competence, 97.2 % are influenced by other factors that were not analyzed in the research, and result of correlation analysis between teacher personality competence with attitude of student obtained value equal to 0.409 showing moderate relationship between teacher personality competence with attitude of student at SDN Leuwiliang 01 and SDN Leuwiliang 04.