MEDIAN
ISSN : 19797540     EISSN : 26144298
Median (Jurnal Ilmu Eksakta) adalah jurnal yang diterbitkan LPPM Univ. Muhammadiyah Sorong dan Fakultas Pertanian dengan frekuensi terbitan tiga kali dalam satu tahun, yakni februari, Juni dan Oktober. Ruang lingkup jurnal ini antara lain Agroteknologi, Perikanan, dan ilmu eksakta lainnya.
Articles
21
Articles
Pengaruh Penambahan Probiotik Dengan Dosis Berbeda Pada Pakan Terhadap Pertumbuhan Dan Rasio Konversi Pakan (Fcr) Ikan Nila (Oreochromis Niloticus)

Fahrizal, Ahmad, Nasir, M

MEDIAN Vol 9, No 1 (2017): Jurnal Median
Publisher : MEDIAN

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (801.223 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui pengaruh penambahan atau aplikasi probiotik menggunakan dosis berbeda pada pakan terhadap pertumbuhan ikan nila.Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode eksperimen/percobaan dengan analisa data yang digunakan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Wadah yang digunakan adalah ember dengan volume 100 liter, 13 buah. Penelitian ini terdiri dari 1 kontrol dan 3 perlakuan dengan ulangan setiap perlakuan sebanyak 4 kali. Ikan uji pada setiap wadah diisi sebanyak 10 ekor. Penggunaan dosis probiotik pada perlakuan I yaitu dosis 5ml, perlakuan II :10 ml, serta perlakuan III yaitu 15 ml.Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai konversi pakan atau Food Convertion Ratio (FCR) yang diperoleh pada perlakuan I, II, dan III secara berturut-turut adalah 1.82, 1.75, dan 1.73. Nilai konversi pakan/FCR terbaik yaitu perlakuan III dengan dosis 15ml diperoleh nilai FCR 1.73. Hal ini bermakna setiap pemberian pakan sebanyak 1,73 kg, akan menghasilkan 1 kg ikan nila. Sedangkan nilai Survival Rate (SR)yang diperoleh ayitu sebesar 100% atau ikan nila yang dipelihara pada penelitian ini, tidak mengalami kematian.Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan penambahan probiotik menggunakan dosis berbeda pada pakan ikan nila, tidak berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan bobot dan panjang ikan nila dengan menggunakan analisis sidik ragam (anova). Pemberian probiotik lebih memberikan pengaruh terhadap FCR ikan nila. 

Analisa Sistem Pengendalian Bahan Bakar Minyak High Speed Diesel Di Pltd Klademak Sorong, Papua Barat

Masniar, Masniar, Laos, Joni Efendi B.

MEDIAN Vol 9, No 1 (2017): Jurnal Median
Publisher : MEDIAN

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (703.26 KB)

Abstract

PLTD Klademak Sorong merupakan salah satu bagian dari sistem interkoneksi pembangkit energi listrik yang ada  di kota Sorong dan sekitarnya. Kekurangan persediaan BBM HSD sangat dihindari, karena akan menimbulkan biaya kegagalan proses yang cukup besar. Namun selama tahun 2011 sampai dengan 2015 kekurangan persediaan bahan baku masih saja terjadi, hal ini menunjukkan bahwa sistem pengendalian persediaan yang dilakukan oleh perusahaan belum optimal. Penelitian ini ingin mengetahui pengendalian persediaan yang optimal menurut metode Material Resource Planning, kemudian hasilnya dibandingkan dengan metode perusahaan dari segi total biaya persediaan yang terjadi. Selain itu penelitian ini juga akan melakukan peramalan permintaan BBM HSD untuk tahun 2017 dan dari data peramalan permintaan tersebut dicari jumlah pembelian yang dapat mengoptimalkan biaya langsung penyimpanan dan biaya kebalikannya yaitu biaya pemesanan BBM HSD.

Komposisi Jenis Dan Zonasi Mangrove Di Kampung Gisim Kabupaten Sorong

Nanlohy, Lona Helty, Maruapey, Azis, Malaum, Yolanda

MEDIAN Vol 9, No 1 (2017): Jurnal Median
Publisher : MEDIAN

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (598.761 KB)

Abstract

Komposisi jenis merupakan formasi  jenis yang berada pada suatu tempat. Penyebaran vegetasi mangrove membentuk bentuk  khas yaitu membentuk  zonasi sejajar garis pantai. Terdapat zonasi  mangrove tertentu dari mulai arah pantai ke darat. Hal yang menarik adalah bahwa jenis-jenis mangrove yang menempati zona-zona tersebut tidak selalu sama untuk setiap daerah yang diteliti. Hal ini menunjukan adanya banyak faktor yang mengendalikan zonasi vegetasi mangrove.Metode penelitian  yang digunakan adalah penelitian  survey, dengan teknik  sampling sistematik menggunakan metode kombinasi antara metoda jalur dan metoda garis berpetak.Komposisi jenis mengrove di Kampung Gisim Kabupaten Sorong terdiri dari mangrove mayor (mangrove sejati)  sebanyak 5 jenis yaitu Rhizophora mucronata, Bruguiera gymnorrhiza,  Bruguiera sexangula,   Ceriops Tagal  dan  Nypa fruticans dan Mangrove  minor  yaitu jenis Xylocarpus granatum. Zonasi pada lokasi penelitian secara umum dibagi menjadi 3 zona, yaitu : zona proximal, zona midle, dan zona distal.  Zona proximal merupakan zona yang berbatasan langsung dengan laut dan merupakan zona dari jenis Rhizophora mucronata  Zona midle adalah zona pertengahan yang terletak diantara darat dan laut, jenis yang berada zona yaitu  jenis  Bruguiera sexangula  Bruguiera gymnorrhiza. Ceriops Tagal dan Xylocarpus granatum dan Zona distal adalah zona yang berada dibelakang zona middle  yaitu jenis  Nypa fruticans.

Kajian Sistem Budidaya Tanaman Sawi (Brassica juncea L ) Di Petani Kelurahan Malawele Distrik Aimas Kabupaten Sorong

Sangadji, Zulkarnain

MEDIAN Vol 9, No 1 (2017): Jurnal Median
Publisher : MEDIAN

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (492.153 KB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui teknik-teknik budidaya tanaman sawi (Brassica juncea L)  yang dilakukan petani di di Kelurahan Malawele Distrik Aimas Kabupaten Sorong. P Petani budidaya tanaman sawi di Distrik Aimas masih melakukan kegiatan budidaya tanaman sawi yang belum sesuai standar yang ada seperti pada kegiatan pemupukan yang dilakukan dengan sistem tabur, tidak digunakan jarak tenam tertentu karena benih menggunakan sistem sebar pada areal lahan sehingga kepadatan tanaman tinggi dan ketergantungan pada pemberian pupuk anorganik. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif maupun kualitatif.

Persepsi Masyarakat Terhadap Hutan Kota Di Kawasan Bandara Deo Kota Sorong (Studi Kasus di Kelurahan Malaingkedi dan Kelurahan Remu Selatan)

Gafur, Muzna AA, Nanlohy, Lona Helty, Naa, Flora Veronika

MEDIAN Vol 9, No 1 (2017): Jurnal Median
Publisher : MEDIAN

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (349.01 KB)

Abstract

Persepsi sangat mempengaruhi perilaku seseorang terhadap lingkungannya. Seseorang yang mempunyai persepsi yang benar mengenai konservasi kemungkinan besar orang tersebut berperilaku positif terhadap upaya-upaya pelestarian lingkungan. Dengan demikian persepsi dapat mempengaruhi orang dalam menentukan sikap dan tindakannya sehingga orang akan ikut berperan aktif dan berpartisipasi di dalam proses pembangunan. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode survei melalui wawancara secara langsung dan pengisian kuisioner. Metode survei merupakan tipe pendekatan dalam penelitian, yang ditujukan pada sejumlah individu atau kelompok. Persepsi masyarakat Kelurahan Malaingkedi dan Kelurahan Remu Selatan terhadap aspek hutan kota menunjukan bahwa masyarakat sudah sangat memahami keberadaan dan manfaat hutan kota bagi kehidupan masyarakat sekitar hutan kota. 

Analisis Pendapatan Usahatani Dusung Di Desa Hutumuri Kota Ambon

Wattimena, Lanny

MEDIAN Vol 9, No 1 (2017): Jurnal Median
Publisher : MEDIAN

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (639.415 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Desa Hutumuri Kota Ambon. Penentuan daerah penelitian dilakukan secara purposive, sampel diambil sebanyak 45 petani.Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui besarnya biaya dan pendapatan yang diperoleh petani dari usahatani dusung, mengetahui tingkat kemiskinan petani yang mengusahakan usahatani dusung dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi usahatani dusung. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan analisis pendapatan usahatani, tingkat kemiskinan menurut Sayogyo, berdasarkan konsep Bank Dunia dan menurut Upah Minimum Provinsi Maluku serta analisis regresi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa usahatani dusung di Desa Hutumuri Kota Ambon masih produktif sebagai sumber pendapatan karena memberikan kontribusi yang tinggi bagi petani dibandingkan dengan UMP yang ditetapkan Pemerintah Provinsi Maluku. Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap pendapatan petani dari usahatani dusung adalah luas lahan, umur, penyusutan peralatan, jumlah tanggungan keluarga, lamanya berusahatani dusung, pendidikan dan dummy. Pendapatan usahatani dusung berada di atas tingkat kemiskinan disebabkan pendapatan petani dari usahatani dusung per tahun disetarakan dengan kilogram beras di atas 480 kg berdasarkan kriteria Sayogyo, bahkan di atas tingkat kemiskinan menurut Bank Dunia dan di atas Upah Minimum Provinsi Maluku. Ini menunjukkan bahwa petani dusung sejahtera karena pendapatan usahatani dusung masih memberikan peranan penting dalam peningkatan kesejahteraan rumah tangga petani di daerah penelitian. 

Inventarisasi Dan Pemanfaatan Nipah (Nypa fruticans ( Thunb.) Wurmb) Oleh Masyarakat Pada Hutan Mangrove Kampung Mariat Pantai Distrik Aimas Kabupaten Sorong

Febriadi, Ihsan, Saeni, Fajrianto

MEDIAN Vol 10, No 3 (2018): MEDIAN
Publisher : MEDIAN

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi dan pemanfaatan nipah (Nypa Fruticans) oleh masyarakat  di Kampung Mariat Distrik Aimas  Kabupaten Sorong. Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat yang berlangsung pada Tahun 2018. Metode yang digunakan untuk inventarisasi tegakan nipah yang akan dilakukan di lapangan dengan menggunakan metode petak sampling, dengan teknik jalur berpetak. Sedangkan untuk menjelaskan pemanfaatan nipah oleh masyarakat dilakukan pengumpulan data menggunakan wawancara dengan kuesioner.  Penarikan sampel masyarakat dilakukan dengan metode purposive sampling. Penentuan responden dibagi menjadi dua, yaitu responden umum dan responden kunci. Penentuan responden umum dilakukan dengan metode sensus terhadap seluruh atau sebagian besar masyarakat  Kampung Mariat Pantai. Berdasarkan hasil inventarisasi yang dilakukan pada 3 titik pengamatan didapat 124 pohon nipah dengan nilai kerapatan 86,11 ind/ha. Dengan nilai kerapatan tersebut dapat dikatakan bahwa potensi tegakan pohon nipah di Kampung Mariat Pantai sangat kurang. Sedangakan terkait tentang pemanfaatan nipah dari 60 responden, baik daun (atap,sapu lidi, kertas rokok dan anyaman), batang daun (garam), batang nira (minuman tradisional) dan buah (kolang-kaling), dimana menurut masyarakat, pemanfaatan nipah lebih banyak diluar kawasan Kampung Mariat Pantai.

Analisa Proksimat Pellet Berbahan Limbah Ikan PPI Klaligi Kota Sorong

Fahrizal, Ahmad, Ratna, Ratna

MEDIAN Vol 10, No 3 (2018): MEDIAN
Publisher : MEDIAN

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

ABSTRACTKegiatan pelelangan ikan di TPI Jembatan Puri berlangsung setiap hari demikian juga dengan limbah hasil pelelangan ikan sebagai hasil sampingan terbuang ke daerah sekitar PPI Klaligi, Kota Sorong. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kadar proksimat pellet ikan berbahan limbah ikan yang bersumber dari limbah PPI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen meliputi pembuatan pellet berbahan limbah ikan dari PPI. Hasil penelitian menunjukkan kadar proksimat pellet berbahan limbah ikan yang menggunakan sampel ikan tuna dan limbahnya, ikan cakalang dan limbahnya, ikan teri dan limbah kepala ikan teri serta penggunaan ikan sarden yang bernilai ekonomi rendah diperoleh kadar air yaitu 1,54%, kadar abu 7,71%, kadar protein 25,73%, kadar lemak 4,75%, dan kadar karbohidrat yaitu 60,28%. Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji proksimat tepung berbahan limbah ikan berdasarkan jenis ikan tuna, ikan cakalang, ikan teri dan ikan sarden layak untuk digunakan sebagai bahan pembuatan pellet ikan.

Karateristik Demografi, Sosial Dan Ekonomi Terhadap Alih Fungsi Lahan Petani Di Distrik Aimas Kabupaten Sorong

Sangadji, Zulkarnain, Mardliyah, Uswatul

MEDIAN Vol 10, No 3 (2018): MEDIAN
Publisher : MEDIAN

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Kabupaten sorong merupakan salah satu kabupaten yang berada di provinsi Papua Barat yang dijadikan sebagai  salah satu daerah  pengembangan pertanian.  Perilaku dan pola hidup mayarakat petani  telah merubah penggunaan lahan pertanian ke non pertanian di beberapa wilayah di kabupaten sorong seperti pada Distrik Aimas.  Distrik Aimas sebagai bagian dari  Kabupaten Sorong mengalami peningkatan pembangunan yang begitu pesat sehingga berakibat pada  pergeseran penggunaan lahan dari pertanian ke non pertanian. Penurunan produksi hasil pertanian akibat berkurangnya lahan akan menjadi permasalahan di masa yang akan datang.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karateristik demografi, sosial dan ekonomi  terhadap alih fungsi lahan pertanian di Distrik Aimas. Metode yang digunakan adalah  Metode penelitian sensus digunakan untuk mengumpulkan informasi dan data secara keseluruhan dari populasi tanpa diambil sampel. Metode ini dipilih karena jumlah penduduk yang masuk dalam kategori responden adalah yang mengalihkan lahannya pertaniannya ke non pertanian  dikarenakan telah pindah, meninggal dunia, serta penduduk yang tidak melapor kepada kepala kelurahan atau ketua kelompok tani ketika mengalihfungsikan lahan pertaniannyaBerdasarkan hasil penelitian diketahui Karateristik demografi, sosial dan ekonomi kelurga petani , dimana 66,67 % petani tergolongan dalam kelompok keluarga sedang  dengan sebaran usia kepala keluarga tergolong masih produktif  sebesar 33,33 % sedangkan   tingkat pendidikan kepala kelurga didominasi  oleh lulusan Sekolah Menegah Pertama (SMP) sebesar 50, 00 %.  Minimnya pengetahuan dan keterampilan petani berdampak kepada aspek  ekonomi keluarga petani.Kata Kunci : Demografi, sosial, ekonomi, alih fungsi lahan

Hasil Dan Pertumbuhan Tanaman Selada (Lactuca sativa L.) Dalam Sistem Akuaponik Ikan Nila, Ikan Lele Dan Ikan Pelangi

Wijaya, Ranti, Fajeriana M, Nurul

MEDIAN Vol 10, No 3 (2018): MEDIAN
Publisher : MEDIAN

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

ABSTRAKSelada (Lactuca sativa) merupakan salah satu tanaman yang memiliki banyak manfaat dan memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi. Oleh karena itu budidaya selada memiliki potensi besar untuk dikembangkan. Akan tetapi, kondisi lahan pertanian di Indonesia yang terbatas, mengharuskan memilih alternatif sistem budidaya yang efisien sehingga mampu tetap menjaga hasil dan pertumbuhan tanaman selada. Sistem akuaponik merupakan sistem yang cukup menjanjikan. Selain mendapatkan hasil dari tanaman selada juga dapat memanfaatkan secara langsung limbah ikan yang dibudidayakan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan ikan nila, ikan lele dan ikan pelangi dalam sistem akuaponik terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman selada. Hasil dari penelitian diharapkan bisa berkontribusi dalam pengembangan teknik budidaya tanaman selada.Sistem akuaponik yang digunakan dalam penelitian ini adalah akuaponik ikan nila (A1), akuaponik ikan lele (A2), akuaponik ikan pelangi (A3) dan kontrol (A0). Pelaksanaan penelitian dilakukan di Kebun Hidroponik Aimas Unit 1, Kabupaten Sorong, pada bulan Juni sampai dengan Agustus 2018.Terdapat pengaruh perlakuan sistem akuaponik Ikan Nila, Ikan Lele dan Ikan Pelangi terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman selada pada umur 35 hari setelah tanam. Perlakuan akuaponik Ikan Hias memiliki nilai tertinggi dan berpengaruh nyata pada karakter jumlah daun tanaman selada pada semua perlakuan kecuali perlakuan akuaponik Ikan Nila. Sedangkan perlakuan akuaponik Ikan Lele memiliki nilai terbaik pada pengamatan nisbah pupus akar.