cover
Contact Name
Agung Suharyanto
Contact Email
agungsuharyanto@staff.uma.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
agungsuharyanto@staff.uma.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
JURNAL DIVERSITA
Published by Universitas Medan Area
ISSN : 24611263     EISSN : 24611263     DOI : -
Journal Diversita is an open access, interdisciplinary journal for the rapid publication of original articles and reviews that focus on basic research in all areas of Biomarkers. The journal is broad scoped and considers topics from all related subjects of perception, cognition, attention, emotion, intelligence, phenomenology, motivation, brain functioning, psychological resilience, family resilience, natural sciences, medicine, humanities,mental disorders, psychophysics, psychiatry, applied psychology, parapsychology, physiological psychologists, Neuroscience, Molecular neuroscience, Cellular neuroscience, neuronal migration, circadian rhythms, Cognitive neuroscience, Systems neuroscience, Neurology, psychiatry, neurosurgery, psychosurgery, anesthesiology, neuropathology, neuroradiology, ophthalmology, otolaryngology, clinical neurophysiology, addiction medicine.
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2016): JURNAL DIVERSITA JUNI" : 9 Documents clear
PERBEDAAN PERILAKU ASERTIF DITINJAU DARI POLA ASUH ORANG TUA PADA REMAJA YANG MEMILIKI CLIQUE Khalisah, Shilmi; Lubis, Rahmi
JURNAL DIVERSITA Vol 2, No 1 (2016): JURNAL DIVERSITA JUNI
Publisher : Psychology Department Faculty of Psychology Universitas Medan Area

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (408.618 KB) | DOI: 10.31289/diversita.v2i1.499

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan membuktikan perbedaan perilaku asertif ditinjau dari pola asuh orang tua pada remaja yang memiliki clique. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada perbedaan perilaku asertif ditinjau dari pola asuh orang tua, dengan asumsi perilaku asertif lebih tinggi pada remaja dengan pola asuh demokratis daripada pola asuh permissif atau pola asuh otoriter. Subjek penelitian ini adalah remaja usia 15-18 tahun dan memiliki clique sebanyak 60 orang dan merupakan siswa-siswi SMK. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Sampling Kuota dan teknik analisa  data yang digunakan adalah Analisa Varians Satu Jalur (ANOVA). Data dikumpulkan dengan menggunakan skala Pola Asuh dan Skala Perilaku Asertif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan dalam asertivitas remaja ditinjau dari pola asuh orang tua (F= 3.221, p<0,05). Subjek dengan pola asuh demokratis (Mean= 135,13) lebih asertif daripada subjek dengan pola asuh otoriter (Mean= 123,90) maupun pola asuh permisif (mean = Mean= 119,29 SD = 15, 393)..Kata Kunci : Pola Asuh, Demokratis, Otoriter, Permissif, Otoriter, Asertivitas, Remaja, Clique
PEMEROLEHAN FONOLOGI DALAM PERKEMBANGAN BAHASA ANAK Waridah, Waridah
JURNAL DIVERSITA Vol 2, No 1 (2016): JURNAL DIVERSITA JUNI
Publisher : Psychology Department Faculty of Psychology Universitas Medan Area

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (385.464 KB) | DOI: 10.31289/diversita.v2i1.505

Abstract

Pemerolehan fonologi adalah satu bagian dari pemerolehan bahasa yang sering disebut perkembangan atau pertumbuhan bahasa. Bagian yang lain adalah pemerolehan sintaksis dan semantik, ketiga-tiganya dipisahkan hanya untuk memudahkan pengkajian pemerolehan bahasa itu. Jadi bukan karena ketiga komponen bahasa itu diperoleh atau berkembang  (tumbuh) secara terpisah. Pendapat yang sangat berpengaruh di kalangan ahli-ahli pemerolehan bahasa termasuk fonologi yang tradisional (behavioristik) mengatakan perubahan fonetik berlaku karena ketidaksempurnaan peniruan ucapan orang dewasa dan anak-anak. Oleh karena itu menurut teori klasik ini perubahan fonetik tidak terjadi di kalangan orang dewasa. Jakobson telah menerapkan teori ini ke tingkat fonemik, sedangkan Halle mengusulkan bahwa perubahan fonetik mencerminkan penambahan satu proses (rumus) kepada fonologi dan orang dewasa. Kata kunci: fonologi, fonetik, fonemik
PENGARUH DUKUNGAN PSIKOSOSIAL TERHADAP TINGKAT KECEMASAN ANAK USIA SEKOLAH DI DAERAH RAWAN BANJIR DI KELURAHAN BANDAR DURIAN KAB. LABUHANBATU UTARA TAHUN 2015 Anwar, Syahferi
JURNAL DIVERSITA Vol 2, No 1 (2016): JURNAL DIVERSITA JUNI
Publisher : Psychology Department Faculty of Psychology Universitas Medan Area

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (690.815 KB) | DOI: 10.31289/diversita.v2i1.506

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dukungan psikososial terhadap tingkat kecemasan anak usia sekolah di daerah rawan banjir di Kelurahan Bandar Durian Kabupaten Labuhanbatu Utara Tahun 2015.             Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis eksperimen quasi dengan rancangan One Group Pre Tes-Post Test. Sampel penelitian adalah anak  usia sekolah di daerah rawan banjir di kelurahan Bandar Durian Kabupaten Labuhanbatu Utara Tahun 2015 sebanyak 35 orang anak, dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar kuesioner yang diolah melalui proses editing, coding ,tabulating, scoring. Analisa data dilakukan dengan uji T  berpasangan. Hasil Penelitian didapatkan pemberian dukungan psikososial terhadap tingkat kecemasan menurun dengan nilai P value sebesar (0.000) dengan nilai hasil ≤ 0,05., hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh tingkat kecemasan sebelum dan sesudah pemberian dukungan psikososial. Kesimpulan penelitian ini adalah ada pengaruh dukungan psikososial terhadap tingkat kecemasan anak usia sekolah di daerah rawan banjir di Kelurhan Baandar Durian Kabupaten Labuhanbatu Utara Tahun 2015. Disarankan kepada peneliti selanjutnya agar lebih mengembangkan teknik dukungan psikososial pada tingkat kecemasan anak.Kata Kunci: dukungan sosial, kecemasan, anak usia sekolah dasar, daerah rawan banjir
SELF DETERMINATION PADA RELAWAN PEMBERDAYAAN PEMUDA Rhadiatullah, Siti Habibah; Sinulingga, Rahma Fauzia
JURNAL DIVERSITA Vol 2, No 1 (2016): JURNAL DIVERSITA JUNI
Publisher : Psychology Department Faculty of Psychology Universitas Medan Area

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1028.702 KB) | DOI: 10.31289/diversita.v2i1.501

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberi gambaran self determination pada relawan pemberdayaan pemuda secara umum dan spesifik berdasarkan setiap aspek self determination. Penelitian ini menggunakan metode kombinasi kuantitatif deskriptif dengan data kualitatif yang memberi gambaran faktor self determination dan faktor yang mendorong menjadi relawan. Subjek penelitian ini berjumlah 350 orang yang tersebar di seluruh Indonesia. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala hasil adaptasi The Basic Need Satisfaction at Work Scale oleh Deci dan Ryan (2000) yang disusun berdasarkan aspek-aspek self determination dan pertanyaan terbuka yang disusun berdasarkan faktor self determination (Alkaf, 2015) dan faktor yang mendorong untuk menjadi relawan (Yusuf, 2013). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) relawan pemberdayaan pemuda yang menjadi responden penelitian sebagian besar memiliki self determination yang tergolong tinggi (2) setiap aspek self determination, yaitu autonomy, competence, dan relatedness dominan berada pada kategori tinggi dan relatif seimbang (3) berdasarkan hasil analisa tematik mengenai proses awal memutuskan untuk menjadi relawan pemberdayaan pemuda, sebagian besar subjek penelitian dengan self determination tergolong tinggi menjawab didasari rasa kemanusiaan sedangkan subjek dengan self determination tergolong rendah adalah karena teman (4) berdasarkan hasil analisa tematik mengenai hal yang paling mempengaruhi memilih menjadi relawan pemberdayaan pemuda, sebagian besar subjek penelitian dengan self determination tergolong tinggi menjawab didasari rasa kemanusiaan sedangkan  subjek dengan self determination tergolong rendah adalah karena minat (5) terdapat persamaan pada subjek penelitian dengan self determination tergolong tinggi dan rendah berdasarkan hasil analisa tematik mengenai pihak yang mendukung menjadi relawan pemberdayaan pemuda yaitu keluarga dan temanKata Kunci : Self determination, relawan pemberdayaan pemuda, The Basic Need Satisfaction at Work Scale, autonomy, competence, relatedness
HUBUNGAN ANTARA KOMPENSASI DENGAN LOYALITAS KERJA KARYAWAN DI PT. PERKEBUNAN NUSANTARA II KEBUN SEI MUSAM Sesilia, Ayudia Poppy; Azis, Azhar; Syafrizaldi, Syafrizaldi
JURNAL DIVERSITA Vol 2, No 1 (2016): JURNAL DIVERSITA JUNI
Publisher : Psychology Department Faculty of Psychology Universitas Medan Area

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (488.955 KB) | DOI: 10.31289/diversita.v2i1.502

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kompensasi dengan loyalitas kerja karyawan di PT. Perkebunan Nusantara II kebun Sei Musam.Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan jumlah responden sebanyak 78 orang karyawan PT. Perkebunan Nusantara II kebun Sei Musam. Hasil penelitian ini menunjukkan = 0,427 dengan tingkat signifikansi 0,000, yang berarti p < 0,050, artinya bahwa variabel kompensasi berpengaruh signifikan secara simultan terhadap loyalitas kerja karyawan. R square sebesar 0.182, yang artinya 18,2% variabel loyalitas kerja dipengaruhi oleh kompensasi dan sisanya sebesar 81,8% dipengaruhi oleh variabel lain. Hasil lain nya adalahloyalitas kerja karyawan tergolong rendah dilihat dari mean hipotetik 105 > mean empirik 80,27 dan kompensasi yang diberikan perusahaan juga tergolong kecil, dilihat dari mean hipotetik 95 > mean empirik 78,79. Kata kunci : Kompensasi, Loyalitas Kerja
PERBEDAAN KEMANDIRIAN REMAJA PUTRI YANG MENGGUNAKAN DAN TIDAK MENGGUNAKAN PEMBANTU RUMAH TANGGA Khuzaimah, Ummu
JURNAL DIVERSITA Vol 2, No 1 (2016): JURNAL DIVERSITA JUNI
Publisher : Psychology Department Faculty of Psychology Universitas Medan Area

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (345.081 KB) | DOI: 10.31289/diversita.v2i1.503

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan kemandirian remaja putri yang menggunakan dan tidak menggunakan pembantu rumah tangga. Penelitian ini akan memperjelas perbedaan dari kedua sampel tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, subjek penelitian adalah mahasiswa di Fakultas Psikologi Universitas Medan Area usia 18-21 tahun, jenis kelamin perempuan, tinggal dengan orang tua (tidak kos), menggunakan jasa pembantu rumah tangga sejak usia dini dan sebagian lagi subjek tidak pernah menggunakan jasa pembantu rumah tangga. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 70 orang mahasiswa, sebanyak 35 orang sampel yang menggunakan pembantu rumah tangga sejak usia dini dan 35 orang sampel yang tidak menggunakan pembantu rumah tangga sejak usia dini. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini, menggunakan skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan kemandirian remaja putri yang menggunakan dan tidak menggunakan pembantu rumah tangga, dengan nilai Analisis Varians 1 Jalur F = 21,234 dengan p = 0,000 < 0,050. Dengan kemandirian remaja putri yang menggunakan pembantu rumah tangga lebih rendah daripada kemandirian remaja putri yang tidak menggunakan pembantu rumah tangga. Kata kunci : Kemandirian, Remaja Putri, Pembantu Rumah Tangga
Hubungan Antara Tingkat Kecemasan Berkomunikasi Dengan Kemampuan Beradaptasi Mahasiswa Asing di Universitas Negeri Medantahunakademik 2013/2014 Munir, Abdul
JURNAL DIVERSITA Vol 2, No 1 (2016): JURNAL DIVERSITA JUNI
Publisher : Psychology Department Faculty of Psychology Universitas Medan Area

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (772.362 KB) | DOI: 10.31289/diversita.v2i1.504

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat kece­masan ber­komunikasi dengan kemampuan beradaptasi mahasiswa asing Universitas Negeri Medan (UNIMED)tahunakademik 2013/2014.Sub­jek penelitian ini adalah 13 mahasiswa asing yang ber­asaldaribeberapanegara(Malaysia, Thailand, Korea Selatan, China dan Morocco) yang sedangbelajar di UNIMEDpadatahunakademik 2013/2014.Alatpeng­umpul data yang digunakanadalahangket yang sebelumnyadiujivalidi­tasdanreliabi­li­tasnya.Teknikanalisis data yang digunakanadalahkoefisien kolerasi Tata Jenjang. Hasil uji reliabilitas kecemasan komunikasi0,920 dan uji reliabilitas kemampuan beradaptas 0,975.Angket kecemasan komunikasi, dari 40 butirada 26 butir yang valid dan kemampuan beradaptas,dari40 butirada24 butir yang valid.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubunngan negatif yang signifikan antara tingkat kecemasan komunikasi dengan kemampuan beradaptasi mahasiswa asing. Hasil analisis data membuktikankoefisien kolerasi Tata Jenjangsebesar0,497. Dengandemikian, dapatdi­simpulkan bahwa hipotesis yang menyatakantingkat kecemasan berko­muni­kasi berhu­bungan dengan kemampuan beradaptasi mahasiswa asing di Universitas Negeri Medantahunakademi 2013/2014 dapatditerima. Kata Kunci: kecemasan berkomunikasi, kemampuan beradaptasi, mahasiswa asing
PENGARUH KONSELING REALITA DALAM MENGEMBANGKAN PENYESUAIAN DIRI PADA MAHASISWA ASING DI FIP UNIMED Tusilawati, Tusilawati; Nur?aini, Nur?aini
JURNAL DIVERSITA Vol 2, No 1 (2016): JURNAL DIVERSITA JUNI
Publisher : Psychology Department Faculty of Psychology Universitas Medan Area

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (767.86 KB) | DOI: 10.31289/diversita.v2i1.498

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengembangan penyesuaian diri mahasiswa Malaysia dalam berinteraksi dengan teman sekelas di jurusan Psikologi Pendidikaan dan Bimbingan FIP Unimed sebelum dan sesudah diberi layanan konseling realita. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan (action research). Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Asing di FIP Unimed dengan jumlah 3 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan wawancara. Instrumen diberikan pada ertemuan pertama sebelum  tindakan dan setelah tindakan pada pertemuan kedua, ketiga dan keempat. Teknik analisis data pada penelitian ini dalam bentuk teks naratif yang menjelaskan perkembangan yang terjadi pada konseli berdasarkan hasil angket dan wawancara dengan konseli.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh pemberian layanan konseling realita terhadap penyesuaian diri mahasiswa Asing di FIP Unimed. Dari ketiga konseli yang awalnya memiliki penyesuaian diri yang rendah setelah mendapatkan tindakan konseling realita menjadi memiliki penyesuaian diri tinggi. Maka hipotesis yang menyatakan bahwa pemberian konseling realita mempengaruhi  pengembangan penyesuaian diri mahasiswa Malaysia di FIP Unimed, khususnya dalam berinteraksi dengan teman sekelas di jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan dapat diterima. Kata Kunci : Konseling Realita, Penyesuaian Diri
Teknik Sosiodrama untuk Mengurangi Konformitas yang Berlebihan pada Siswa (Penelitian Pra-Eksperimen terhadap Siswa Kelas IX Sekolah Menengah Pertama) Ginting, Rafael Lisinus
JURNAL DIVERSITA Vol 2, No 1 (2016): JURNAL DIVERSITA JUNI
Publisher : Psychology Department Faculty of Psychology Universitas Medan Area

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (489.95 KB) | DOI: 10.31289/diversita.v2i1.500

Abstract

Konformitas yang berlebihan dapat membuat siswa kehilangan identitas dirinya, ketergantungan kepada orang lain, kurangnya rasa percaya diri, kurangnya perasaan yakin akan kemampuan diri, dll. Pada penelitian ini, menguji teknik sosiodrama untuk mengurangi konformitas yang berlebihan pada siswa dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, metode pra-eksperimen dengan one group pre-test dan post-test design. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui instrumen yang berupa inventory mengenai tingkat konformitas yang dialami oleh siswa.Sampel diperoleh dengan  purposive sampling pada 28 siswa yang dibagi menjadi 4 kelompok kemudian diberikan intervensi dengan teknik sosiodrama.Tema  dalam sosiodrama dirancang berdasarkan tema yang disesuiakan dengan indikator dari perilaku konformitas, yaitu : penyesuaian diri yang berlebihan, perhatian terhadap kelompok yang berlebihan, kepercayaan terhadap kelompok, persamaan pendapat dengan kelompok yang pada kategori sangat tinggi dan tinggi saja. Setelah diintervensi dengan teknik sosiodrama, siswa menunjukkan perubahan perilaku konformitas yang berlebihan dari pre-test dan post-test sebesar 2,26 menjadi 1,92 dengan tingkat signifikansi 5%. Dari hasil penelitian ini dapat diidentifikasi bahwa teknik sosiodrama dapat mengurangi perilaku konformitas yang berlebihan. Kata kunci: Konformitas, Sosiodrama

Page 1 of 1 | Total Record : 9