cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
InComTech: Jurnal Telekomunikasi dan Komputer
ISSN : 20854822     EISSN : 25796089     DOI : -
Program Studi Magister Teknik Elektro UMB menerbitkan Jurnal InComTech sebagai wadah bagi para akademisi, praktisi dan penggiat lainnya dalam bidang telekomunikasi dan computer (Information and Communication Technology/ICT) untuk menerbitkan karya tulisnya. Bidang-bidang yang menjadi bahasan jurnal ini meliputi teknologi, bisnis dan regulasi di bidang ICT, seperti (namun tak terbatas), teknologi IP, Wireless technology, Internet of Things, Microwaves, digital broadcasting, Fiber optik, strategi bisnis ICT, sumber daya manusia ICT, perencanaan bisnis, regulasi NGN, security in ICT, cyberlaw.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue " Vol 8, No 1 (2017)" : 5 Documents clear
Internet of Things Smart Agriculture on ZigBee: A Systematic Review Hidayat, Taufik
InComTech: Jurnal Telekomunikasi dan Komputer Vol 8, No 1 (2017)
Publisher : Department of Electrical Engineering

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/incomtech.v8i1.2146

Abstract

Teknologi WSN kini semakin meningkat diakhir-akhirnya dan banyak diterapkan diberbagai bidang. Salah satu dari penerapan WSN seperti pada Agiculture yang berbasis Internet of things. WSN ini contoh seperti ZigBee, penerapan ZigBee pada Agiculture sangat membantu pada berbagai bidang Agiculture dimulai dari system control irigasi, pemantauan iklim pada Agiculture serta pengendalian system control rantai makan pada system Agiculture. Internet of things ini mendukung system Agiculture untuk memberikan komunikasi pada sensor-sensor yang ada di Aguculture ini. Sistem Agiculture ini diharapkan bisa meningkatkan produktivitas maupun prediksi masalah yang ada di system pertanian. Systematic riview ini memberikan gambaran bahwa teknologi Internet of things di Agiculture sangat berpontensi baik karena dapat meningkat para petani dalam operasional produksi pangan maupun ternak.
Analisis Tekno Ekonomi Biaya Capex dan Opex Implementasi Jaringan Long Term Evolution Area Banten Yuwanto, Totok
InComTech: Jurnal Telekomunikasi dan Komputer Vol 8, No 1 (2017)
Publisher : Department of Electrical Engineering

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/incomtech.v8i1.2142

Abstract

Dengan semakin pesatnya pertumbuhan dan kebutuhan penggunaan data maka diperlukan suatu jaringan telekomunikasi yang mampu memenuhi kebutuhan tersebut yaitu dalam hal kapasitas, kualitas, mobilitas dan kecepatan. Untuk memenuhi kebutuhan  tersebut maka perusahaan operator telekomunikasi  dituntut untuk menggelar  jaringan telekomunikasi  yang mempunyai kapasitas besar, kecepatan tinggi, handal dan mempunyai kualitas yang bisa memenuhi kebutuhan tsb .  Salah satu tehnologi seluler terbaru yang bisa memenuhi kebutuhan tsb adalah tehnologi LTE. Pada penelitian ini dianalisa secara teknologi dan ekonomi terhadap implementasi LTE release 8 pada jaringan operator existing dengan menggunakan skenario join base station. Model analisa yang digunakan berdasarkan prinsip tekno ekonomi dengan menggunakan metoda capacity planning and coverage estimation untuk menentukan perancangan teknologi LTE serta  metoda DCF untuk menganalisa secara ekonomi dan juga mengukur kelayakan biaya yang dikeluarkan untuk implementasi LTE tersebut. Hasil penelitian diperoleh nilai NPV positif  dan IRR sebesar 12.95% , dengan nilai Pay Back Period 3 Tahun 1 Bulan. Berdasarkan hasil tsb dapat disimpulkan bahwa implementasi jaringan berbasis Long Term Evolution  (LTE)  di propinsi Banten layak untuk di implementasikan. 
Antena Microstrip Double Layer Untuk Aplikasi WLAN 802.11ac Firdausi, Ahmad
InComTech: Jurnal Telekomunikasi dan Komputer Vol 8, No 1 (2017)
Publisher : Department of Electrical Engineering

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/incomtech.v8i1.2143

Abstract

Sebuah antena mikrostrip yang dikembangkan untuk mendukung komunikasi data pada perangkat komunikasi Wireless Lan 802.11 ac. Antena dirancang agar mampu beroperasi di range frekuensi wlan 802.11ac. Perancangan antena ini dibuat menggunakan teknik yaitu gabungan teknik transformer 1/4λg yang mampu membuat matching impedance yang optimal dan teknik multi tunning stub dengan pencatu berbentuk garpu juga teknik proximity coupled untuk menghasilkan peningkatan bandwith dan teknik slot sempit bentuk tri pada dua  elemen patch yang di array untuk peningkatan karakteristik gain,dengan menggunakan dua lapisan substrat  dari jenis FR4_Epoxy dengan ketebalan 1,6 mm dan konstanta dielektrik 4,4. Dimana lapisan  substrat bagian atas untuk dua patch segi empat dan substrat bagian bawah untuk catu saluran transmisi.Metode penelitian yakni dengan melakukan studi literature perbandingan jurnal terdahulu, kemudian desain perancangan antena mikrostrip awal dilakukan dengan perhitungan menggunakan persamaan-persamaan antena mikrostrip, lalu dilakukan simulasi secara komputasi desain antena mikrostrip dengan menggunakan software Hfss v.13. Dari hasil simulasi diperoleh parameter antara lain seperti: bandwidth dari return loss dibawah -10 dB,gain ≥ 6 dB, VSWR <2 yang beroperasi pada wlan 802.11ac.Antena mikrostrip yang dibuat memiliki kriteria yaitu  VSWR ≤ 2 pada frekuensi kerja  WLAN 802.11ac dengan lebar bandwith sebesar 1,002MHz,gain 7.2 dBi sehingga tercapai target untuk peningkatan bandwith di aplikasi Wlan 802.11ac dan bisa untuk pengaplikasiannya menggunakan di frekuensi center 5.3 GHz,untuk ukurannya relatif lebih kecil yaitu 10mm x 15mm. 
Analisa Perbandingan Tools Ekstaktor Whatsapp Database Crypt12 Menggunakan Metoda Logical Extraction Akbar, Zulkarnaen; Krisnadi, Iwan
InComTech: Jurnal Telekomunikasi dan Komputer Vol 8, No 1 (2017)
Publisher : Department of Electrical Engineering

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/incomtech.v8i1.2144

Abstract

Dengan lebih dari 1000 juta pengguna aktif berdasarkan survey 2017 perkembangan ini semakin meningkat setiap tahunnya. Perlu diketahui bahwa WhatsApp mempunyai suatu tabel database yang tersimpan secara rasahsia didalam sistem sistem Android yang selalu update secara realtime. Database ini selau dicadangkan secara otomatis melalui fitur autobackup yang tersimpan berbeda dengan database utama. Database hasil backup ini mempunyai format file .crypt12. File crypt12 ini tidak dapat diakses secara sembarang karena telah dienkripsi oleh apliksi ini.Beberapa penelitian telah banyak membahas tentang WhatsApp forensics diperangkat android dengan menggunakan beberapa medode salah satunya adalah metode “logical Extraction” .Dalam melakukan uji coba forensics muncul permasalahan ketika akan dilakukan uji forensics pengguna aplikasi telah menghapus percakapan yang telah dilakukan ini bertujuan untuk menghilangkan jajak dari pengguna WhatsApp. Didalam kasus ini sebenarnya kita dapat melihat percakapan yang telah dihapus dengan melihat data crypt12 dari WhatsApp dengan cara mendeskripsikan data base tersebut. Ada beberapa tools untuk mendeskripsikan file crypt12. Pada penelitian ini akan membandingkan tools untuk mendeskripsikan file data base WhatsApp. Hasil penelitian menghasilkan dalam menganalisa uji forensics tidak lah cukup hanya mengandalkan tools yang dibandingkan akan tetapi harus melihat database hasil deskripsi. File crypt12 (database backup) dan file asli dalam system pada dasarnya mempunyai isi yang sama, akan tetapi terjadi perbadaan dikarenakan dalam proses backup tidak lah update karena WhatsApp hanya akan membackup setian 24 jam sekali.
Pengukuran Arus Listrik Untuk Mendeteksi Kesalahan Pada Sistem Otomasi Lampu Penerangan Jalan Nugraha, Gerri Irman
InComTech: Jurnal Telekomunikasi dan Komputer Vol 8, No 1 (2017)
Publisher : Department of Electrical Engineering

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/incomtech.v8i1.2145

Abstract

Otomasi lampu penerangan jalan dengan memanfaatkan mikrokontroller dan sensor LDR pada setiap lampu terlalu boros dalam penggunaan sumber daya. Kemudian digunakan sensor ampere untuk menggantikan fungsi sensor LDR pada sistem otomasi tersebut. 1 buah sensor ampere digunakan untuk menggantikan 4 buah sensor LDR pada model yang dirancang dengan memanfaatkan 4 buah lampu. Beban yang dibaca oleh sensor digunakan untuk mengetahui jika terdapat lampu yang rusak, dan ketika terdapat ketidaksesuaian beban pada sistem, maka dilakukan proses pengecekan untuk mengetahui lampu mana yang rusak. Dari hasil pengujian yang telah dilakukan, beban yang terbaca oleh sensor berbanding lurus dengan jumlah lampu yang menyala. Dari 4 buah lampu yang diuji tersebut, dapat diketahui apakah masing masing lampu dalam kondisi rusak atau tidak.

Page 1 of 1 | Total Record : 5