cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
InComTech: Jurnal Telekomunikasi dan Komputer
ISSN : 20854822     EISSN : 25796089     DOI : -
Program Studi Magister Teknik Elektro UMB menerbitkan Jurnal InComTech sebagai wadah bagi para akademisi, praktisi dan penggiat lainnya dalam bidang telekomunikasi dan computer (Information and Communication Technology/ICT) untuk menerbitkan karya tulisnya. Bidang-bidang yang menjadi bahasan jurnal ini meliputi teknologi, bisnis dan regulasi di bidang ICT, seperti (namun tak terbatas), teknologi IP, Wireless technology, Internet of Things, Microwaves, digital broadcasting, Fiber optik, strategi bisnis ICT, sumber daya manusia ICT, perencanaan bisnis, regulasi NGN, security in ICT, cyberlaw.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue " Vol 3, No 2 (2012)" : 5 Documents clear
Analisa Kelayakan Perencanaan Penerapan Teknologi IPTV untuk Meningkatkan Nilai Bisnis Perusahaan Suni, Eugenius Kau; Krisnadi, Iwan
InComTech: Jurnal Telekomunikasi dan Komputer Vol 3, No 2 (2012)
Publisher : Department of Electrical Engineering

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/incomtech.v3i2.1117

Abstract

Teknologi penyiaran dalam sebuah perusahaan telekomunikasi berbasislayanan televisi (TV) terus berkembang dari waktu ke waktu seiringperkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Perubahan inidapat dilihat pada layanan TV analog yang berkembang ke TV digital,kemudian berkembang juga ke arah layanan TV berbasis internetprotocol. Saat ini teknologi Internet Protocol Television (IPTV) jugasudah makin diperkenalkan sebagai salah satu pilihan yang menarik,baik bagi pengguna (user/costumer) dan pelaku industri (businessman).Menarik bagi user antara lain karena teknologi IPTV mampumenyediakan layanan multimedia TV yang lebih interaktif sehingga userdapat berkomunikasi timbal-balik secara real time melalui pesawattelevisi standar setelah terhubung dengan sebuah penyedia content.Pilihan content ini pun dapat dilakukan sesuai kesukaan tanpa bataswaktu. Sementara bagi pengusaha, hal ini dapat menjadi suatu lahanbaru untuk mengembangkan bisnis telekomunikasi guna meningkatkanpendapatan (revenue) dan pertambahan nilai bisnis (business valueadded) pada sebuah perusahaan. Di sejumlah negara maju, teknologiIPTV sudah diterapkan sebagai suatu layanan bisnis telekomunikasiyang dapat memberikan kepuasan bagi user/costumer dan dapatmeningkatkan pendapatan perusahaan. Sementara di Indonesia belumbegitu populer dan berkembang dengan baik. Sebab IPTV berhadapantantangan antara lain ketidakmampuan sumber daya, pengetahuanmasyarakat yang terbatas, layanan internet yang belum maksimal, danpermasalahan lainnya. Penelitian ini untuk membahas analisa kelayakanperencanaan penerapan teknologi IPTV untuk meningkatkan nilai bisnisperusahaan, dengan studi kasus pada PT.First Media Tbk, menggunakanteori pemodelan Porter’s 5 Forces.
Kinerja Butterworth Low-Pass Filter pada Teknik Modulasi Digital ASK Terhadap Paket Data yang dipengaruhi oleh Derau Hidayat, Wisnoe Saputro
InComTech: Jurnal Telekomunikasi dan Komputer Vol 3, No 2 (2012)
Publisher : Department of Electrical Engineering

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/incomtech.v3i2.1118

Abstract

Proses pengiriman data informasi dalam bentuk sinyal digital kedalamsaluran transmisi, dipengaruhi oleh adanya penambahan derau padakanal yang dilaluinya untuk disampaikan ke penerima. Parameter yangdapat digunakan untuk memperbaiki sinyal bandpass yang rusak akibatadanya penambahan derau pada saluran transmisi diantaranya denganfilter sinyal yang berfungsi untuk manapis sinyal yang tidakdikehendaki.Filter sinyal yang akan digunakan dalam penelitian adalah Butterworthlow-pass filter, dimana sinyal bandpass yang telah ditambahkan derauakan ditapis dengan cara meneruskan sinyal berfrekuensi rendah danmeredam sinyal berfrekuensi tinggi.Pengujian simulasi perangkat lunak modulasi digital ASK ini bertujuanuntuk mengumpulkan data hasil ujicoba dan menganalisa kinerjaButterworth Low-Pass Filter dalam filtrasi sinyal bandpass yang telahdipengaruhi oleh derau dalam saluran transmisi AWGN, sertamenghitung jumlah Bit Error Rate (BER) dari data yang diterima.
Pemanfaatan Spektrum Digital Dividend Dengan Pendekatan Model Easement Vintari, Lydia; Alaydrus, Mudrik
InComTech: Jurnal Telekomunikasi dan Komputer Vol 3, No 2 (2012)
Publisher : Department of Electrical Engineering

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/incomtech.v3i2.1119

Abstract

Digital dividend merupakan sebuah dampak yang ditinggalkan akibatproses perpindahan sistem penyiaran televisi analog ke sistem penyiarantelevisi digital. Di banyak Negara sudah banyak penelitian mengenaipenggunaan spectrum digital dividend pada masing-masing Negara.Pada penelitian ini membahas tentang penggunaan spectrum digitaldividend untuk mendukung kesejahteraan rakyat Indonesia. Jikadigabungkan penggunaan aplikasi yang dijalankan para pemegangspectrum secara exlusive dan secondary market, tentunya dapatmemaksimalkan spectrum yang ada. Dengan tetap menjaga dua pakempenggunaan spectrum secara beriringan sejalan adalah konsep easementyang digunakan dalam penelitian ini. Setelah dengan pembahasanmengenai penelitian lain mengenai digital dividend serta easement,kemudian kami menganalisa faktor QoS, Utility dan biaya spectrumakses dalam pengaruhnya memberikan variasi kesejahteraan socialdengan menggunakan teori social welfare. Dari hasil yang didapat,peneilitian ini dapat membuktikan faktor yang dirasakan oleh parapengguna seperti QoS dan Utility punya pengaruh penting dibandingkanbiaya akses spectrum frekuensi yang ditanggung oleh pihak serviceprovider.
Analisa Layanan Keamanan, Performansi Pensinyalan dan Kualitas Panggilan Interkoneksi SIP International Direct Dialing Menggunakan Softswitch Class 4 dan Session Border Controller Gentayu, Purwo Panggalih; Alaydrus, Mudrik
InComTech: Jurnal Telekomunikasi dan Komputer Vol 3, No 2 (2012)
Publisher : Department of Electrical Engineering

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/incomtech.v3i2.1120

Abstract

Dalam aplikasi SIP-Based VoIP, dua end point / User Agent (UA)dapat berkomunikasi secara peer to peer / peering menggunakan SIP,begitu juga interkoneksi antar SIP server sehingga implementasi SIPBasedVoIP tidak hanya dapat diterapkan untuk jaringan akses, namunjuga interkoneksi antar operator melalui jaringan IP. Penelitian inimencoba memberikan analisa interkoneksi antar operator untukInternational Direct Dialing (IDD) yang diterapkan di internasionalswitching center PT. Indosat, Tbk. menggunakan protokol SIP yangmencakup mekanisme layanan keamanan (security service), performansipensinyalan SIP dan kualitas panggilan. Layanan keamanan mencegahterjadinya kemungkinan serangan DOS dari jaringan luar. Performansipensinyalan setelah adanya layanan keamanan menunjukan performayang sangat baik SEER 99.6% untuk incoming dan 98.94% untukoutgoing, SER sebesar 22.68 % untuk incoming dan 47.11% untukoutgoing. Kinerja kualitas panggilan dengan perspektif penilaianpengguna (end user), menggunakan parameter MOS didapatkan nilai 4.4dan R-Factor diantara 93-93.2 setiap jam.
Optimasi Parameter Transmisi OFDM pada DVB-T untuk Penerimaan Tetap dan Bergerak Arfianto, Teguh
InComTech: Jurnal Telekomunikasi dan Komputer Vol 3, No 2 (2012)
Publisher : Department of Electrical Engineering

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/incomtech.v3i2.1116

Abstract

Standar Televisi digital yang digunakan di PT. M2V merupakan standarTV digital untuk siaran terrestrial yang dikembangkan di Eropa. SistemDVB-T memiliki ketahanan tinggi terhadap berbagai gangguan akibatkondisi kanal yang buruk dengan adanya derau, lintasan jamak, danvariasi daya terima karena fading karena dipadu dengan dua lapis teknikpengodean untuk koreksi sinyal. Dengan menggunakan sistem ini, dalamsetiap frekuensi carier 8 Mhz diisi dengan 8 channel program siaran.DVB-T juga dapat diimplementasikan dalam mode SFN (SingleFrequency Network) di mana suatu operator dapat memasang beberapapemancar dengan frekuensi yang sama tersebar pada suatu area dengantujuan untuk memperluas dan memperbaiki kualitas cakupan tanpa perlumenambah frekuensi. Pada Teknologi DVB-T yang digunakan di M2Vmenggunakan parameter-parameter yang memang berbeda denganTeknologi televisi digital yang dipakai Nexmedia di frekuensi VHFmaupun TVRI di frekuensi UHF. Di M2V telah mengaplikasikan DVBTpada penerimaan bergerak (mobile), dan rencana pengembanganuntuk mengaplikasikan DVB-T pada rumah (fixed), sehingga diperlukanadanya perubahan sistem transmisi. Dalam penelitian ini penulis akanmelakukan analisis parameter transmisi dengan harapan diperolehparameter transmisi yang cocok untuk penerimaan di rumah (fixed) danpenerimaan bergerak (mobile), sehingga dapat membantu rencanapengembangan di M2V.

Page 1 of 1 | Total Record : 5