cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
InComTech: Jurnal Telekomunikasi dan Komputer
ISSN : 20854822     EISSN : 25796089     DOI : -
Program Studi Magister Teknik Elektro UMB menerbitkan Jurnal InComTech sebagai wadah bagi para akademisi, praktisi dan penggiat lainnya dalam bidang telekomunikasi dan computer (Information and Communication Technology/ICT) untuk menerbitkan karya tulisnya. Bidang-bidang yang menjadi bahasan jurnal ini meliputi teknologi, bisnis dan regulasi di bidang ICT, seperti (namun tak terbatas), teknologi IP, Wireless technology, Internet of Things, Microwaves, digital broadcasting, Fiber optik, strategi bisnis ICT, sumber daya manusia ICT, perencanaan bisnis, regulasi NGN, security in ICT, cyberlaw.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue " Vol 1, No 2 (2010)" : 5 Documents clear
Penggelaran Teknologi HSPA+ di Indonesia Hidayat, Rahmad
InComTech: Jurnal Telekomunikasi dan Komputer Vol 1, No 2 (2010)
Publisher : Department of Electrical Engineering

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/incomtech.v1i2.1098

Abstract

Akses data kecepatan lebih tinggi melalui jalur nirkabel memungkinkan dilayani oleh teknologi High Speed Packet Access Evolved (HSPA+). HSPA+ mampu meningkatkan kemampuan broadband mobile dengan kecepatan data sampai 42 Mbps dengan latensi dan delay yang rendah . Kemampuan ini diperoleh dariadanya penambahan teknologi HOM (High Order Modulation), 2x2 MIMO(Multiple Input Multiple Output) dan DTX / DRX (Discontinuous Transmissionand Reception) pada platform WCDMA. HSPA+ merupakan evolusi HSPAyang memungkinkan peningkatan upgrade dengan biaya relatif lebih rendah.Tulisan ini akan mendeskripsikan spesifikasi teknologi HSPA+ dan peluangnyayang cukup besar untuk digelar bagi peningkatan infrastruktur Information andCommunication Technology (ICT) di Indonesia.
Pengaruh Perilaku Konsumen Mobile Internet Terhadap Keputusan Pembelian Paket Layanan Data Unlimited Internet CDMA di DKI Jakarta Noviyarto, Handy
InComTech: Jurnal Telekomunikasi dan Komputer Vol 1, No 2 (2010)
Publisher : Department of Electrical Engineering

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/incomtech.v1i2.1099

Abstract

Teknologi GSM dan CDMA menjadi pilihan bagi pasar potensial bagipenyedia jasa operator jaringan telekomunikasi di Indonesia. Terustumbuhnya pasar internet membuat operator telekomunikasi giatberlomba memasarkan paket-paket jasa layanan data internet. Operatoroperatortelekomunikasi GSM ataupun CDMA seperti tak mau kalahmenawarkan paket-paket internet tersebut. Paket Mobile internet yanglagi menjadi trend dan menjadi komiditi produk andalan dari beberapaoperator Telekomunikasi untuk menawarkan dan mendapatkanpelanggan internet sebanyak mungkin adalah dengan menawarkan paketlayanan data “Unlimited Internet”. Keputusan pembelian konsumensangat dipengaruhi oleh perilaku pembelian dari konsumen tersebut.Adapun perilaku pembelian konsumen dapat diukur dari empat faktoryaitu faktor budaya(X1), sosial(X2), pribadi(X3) dan psikologi(X4).Oleh karena itu, penelitian ini melakukan analisa dari keempat faktortersebut, agar dapat diketahui apakah semua faktor tersebut berpengaruh,bagaimana hubungan dan seberapa besar pengaruhnya,serta faktor apayang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Penelitiandibatasi hanya pengguna dari operator telekomunikasi CDMA yangmenyediakan jasa layanan paket data Unlimited Internet, denganmenggunakan metode penelitian bersifat deskriptif dan kuantatif. Teknikpengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner . Teknikanalisa data menggunakan uji validitas dan reliabilitas, regresi berganda, uji F dan uji t dengan bantuan software SPSS 16.0.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahwa variabel faktorPsikologi(X4) dengan t hitung sebesar 3,608 memiliki pengaruh palingbesar/dominan/signifikan dalam keputusan pembelian paket layanandata unlimited internet CDMA di DKI Jakarta (dapat dibuktikan).
Cognitive Radio: Sistim Radio Cerdas Alaydrus, Mudrik
InComTech: Jurnal Telekomunikasi dan Komputer Vol 1, No 2 (2010)
Publisher : Department of Electrical Engineering

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/incomtech.v1i2.1100

Abstract

Tuntutan komunikasi nirkabel yang handal dan kapasitas sistim yangtinggi tidak terlepas dari ketersediaan resource berupa spectrumfrekuensi yang cukup. Pemanfaatan spectrum secara efisien yangsemaksimal mungkin dengan interferensi yang bisa ditoleransi adalahtujuan penting sistim radio kognitif. Ada tiga langkah penting dalamradio kognitif, observasi kondisi lapangan, mengambil keputusanmelalui suatu proses optimasi dan men-setting parameter pemancar. Halkunci dalam sistim radio kognitif adalah managemen spectrum yangdinamis, suatu interval frekuensi yang bebas digunakan oleh pengguna,di kala pengguna utamanya (primary user) sedang tidak menggunakan.Penggunaannya tidak terikat pada suatu teknologi tertentu.
Menentukan Optimasi Routing dengan Pengaturan Route Advertisement pada Jaringan Mobile IPV6 Surendro, Krisnha Prasetyo
InComTech: Jurnal Telekomunikasi dan Komputer Vol 1, No 2 (2010)
Publisher : Department of Electrical Engineering

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/incomtech.v1i2.1096

Abstract

Tuntutan jaman yang serba modern terkait dengan teknologi adalah usermampu mendapatkan akses dimanapun dan kapanpun secara real timeatau terus menerus. Pada penelitian ini ingin memodelkan jaringanWLAN pada akses point yang berbeda-beda menggunakan Mobile IPv6,agar didapatkan proses handover dengan throughput yang tinggi dandelay yang serendah-rendahnya. Diharapkan ketika user berpindah darisatu AP ke AP yang lain, komunikasi data tidak akan terputus, user tetapdapat membuka website, membuka email, bahkan tetap dapatmelanjutkan download atau upload walaupun terjadi perpindahan antarAP. Hal tersebut dimungkinkan dengan menggunakan mobile IP. Untukpenelitian kali ini penulis memilih menggunakan mobile Ipv6 yangmempunyai banyak kelebihan dibandingkan dengan mobile Ipv4,beberapa diantaranya adalah proses route optimation dan auto addressconfiguration. Metode penelitian yang digunakan terdiri dari metodeanalisa dan perancangan. Metode analisa dilakukan dengan caramenganalisa hasil simulasi router advertisement, juga menganalisathroughput, route optimasi, active access point, dan handover. Metodeperancangan dilakukan dengan membuat jaringan Mobile IPv6 denganmenggunakan software OPNET Modeler. Dengan menggunakanparameter dari mobile IP maka didapatkan hasil bahwa simulasi dapatberjalan sesuai rencana, dimana user dapat handover dari AP satu ke APlain, user dapat juga melakukan route optimation, bahkan denganmemodifikasi network modeling mampu didapatkan delay yang lebihkecil. Untuk mendapatkan hasil simulasi yang lebih baik, maka kitahendaknya mempelajari OPNET dengan lebih detil terkait denganparameter-parameter didalamnya.
Perencanaan Strategi Penerapan Teknologi DVB-T di LPP TVRI Jamroni, Jamroni
InComTech: Jurnal Telekomunikasi dan Komputer Vol 1, No 2 (2010)
Publisher : Department of Electrical Engineering

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/incomtech.v1i2.1097

Abstract

Dengan ditetapkannya Peraturan Menteri Komunikasi dan InformasiNo.07/P/M. KOMINFO/3/2007, yang ditandatangani MenkominfoSofyan Djalil, pada 21 Maret 2007, tentang Standar Penyiaran DigitalTeresterial untuk Televisi Tidak Bergerak di Indonesia, disebutkanbahwa Pemerintah menetapkan DVB-T sebagai standar penyiaran TVdigital untuk pengguna tidak bergerak di Indonesia. Teknologi TVdigital ini dipilih karena memiliki banyak kelebihan dibandingkandengan TV analog. Teknologi ini punya ketahanan terhadap efekinterferensi, derau dan fading, serta kemudahannya untuk dilakukanproses perbaikan (recovery) terhadap sinyal yang rusak akibat prosespengiriman/transmisi sinyal. Perbaikan akan dilakukan di bagianpenerima dengan suatu kode koreksi error (error correction code)tertentu. Teknologi ini juga mampu memultipleks beberapa programsekaligus, di mana enam program siaran dapat ”dimasukkan” ke dalamsatu kanal TV berlebar pita 8 MHz, dengan kualitas jauh lebih baik.Berdasarkan hal tersebut diatas, maka TVRI sebagai TV publikmemerlukan suatu perencanaan strategi yang tepat karena hal ini bisamenjadi peluang sekaligus tantangan baik yang bersifat teknologis,ekonomis, maupun psikologis. Dengan menganalisa data yang adadengan analisa matrik internal dan eksternal, SWOT dan matrik grandstrategy maka posisi LPP TVRI berada pada kuadran II yakni posisi WO(weakness – opportunity) aggressive maintenance, maka diperlukanstrategi-strategi sebagai berikut: membeli peralatan transmisi dan studioberteknologi digital secara bertahap, meningkatkan kualitas SDM gunamendukung pelaksanaan penyiaran TV digital dan memperbaikiperalatan transmisi yang rusak (analog) sehingga masyarakat yg kurangmampu masih dapat menangkap siaran TVRI dengan baik.

Page 1 of 1 | Total Record : 5