cover
Filter by Year
InComTech: Jurnal Telekomunikasi dan Komputer
Program Studi Magister Teknik Elektro UMB menerbitkan Jurnal InComTech sebagai wadah bagi para akademisi, praktisi dan penggiat lainnya dalam bidang telekomunikasi dan computer (Information and Communication Technology/ICT) untuk menerbitkan karya tulisnya. Bidang-bidang yang menjadi bahasan jurnal ini meliputi teknologi, bisnis dan regulasi di bidang ICT, seperti (namun tak terbatas), teknologi IP, Wireless technology, Internet of Things, Microwaves, digital broadcasting, Fiber optik, strategi bisnis ICT, sumber daya manusia ICT, perencanaan bisnis, regulasi NGN, security in ICT, cyberlaw.
Articles
96
Articles
Analisis Data Mining Menggunakan Algoritma K-Means Clustering Untuk Menentukan Strategi Marketing

Triyansyah, Deni, Fitrianah, Devi

InComTech: Jurnal Telekomunikasi dan Komputer Vol 8, No 3 (2018)
Publisher : Department of Electrical Engineering

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini mencari strategi marketing yang mampu bersaing dengan kompetitor lain, karena pada era saat ini setiap perusahaan saling belomba dalam menjual produknya dengan ujung tombaknya adalah strategi marketing, masalah yang diangkat pada penelitian ini adalah menumpuknya stok sepatu yang belum terjual dan kurang diperhatikanya reseller yang memiliki potensial dalam penjualan. penelitian ini menggunakan metode K-Means, adalah metode clustering yang membagi data kedalam satu atau lebih kluster, data yang karakteristik sama dikelompokkan satu kluster yang sama dan karakteristik yang berbeda dikelompokkan kedalam kelompok yang lain. K-Means adalah metode yang cocok digunakan dengan satu tipe data dan ditunjang dengan validitas kluster yang menggunakan Davies-Bouldin Index untuk mengetahui seberapa baik proses kinerja pengklusteran. Hasil pengklusteran data untuk mendapatkan informasi reseller yang potensial, dengan menggunakan dua kluster, sedangkan untuk mendapatkan informasi tipe sepatu yang laris adalah dengan menggunakan tiga cluster. Dan pengklusteran ini menghasilkan 1 reseller yang potensial yaitu reseller Hoy, sedangkan proses mencari tipe sepatu yang laris mendaptkan 3 tipe sepatu yang terlaris yaitu Neo Adventage, Cloudfoam Swiftt, dan Bennasi. Hasil dari nilai Davies Bouldin Index yang diperoleh pada clustering pencarian reseller yang potensial adalah 0.271 dan 0.196 pada klustering pencarian tipe sepatu yang laris.

Penerapan Algoritma Klasifikasi C4.5 dalam Rekomendasi Penerimaan Mitra Penjualan Studi Kasus : PT Atria Artha Persada

Arifin, Muhammad Fauzul, Fitrianah, Devi

InComTech: Jurnal Telekomunikasi dan Komputer Vol 8, No 2 (2018)
Publisher : Department of Electrical Engineering

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (721.342 KB)

Abstract

Permasalahan yang sering muncul dalam bisnis pada penjualan dengan sistem pembayaran kredit tempo adalah antara lain seperti kredit macet, order fiktif dan penipuan. Jika tidak menggunakan prosedur yang benar dalam penerimaan mitra penjualan bukan tidak mungkin masalah tersebut akan timbul dalam proses bisnis. Untuk mengembangkan bisnis tentu perlu meningkatkan penjualan dan dibarengi dengan pembayaran yang lancar. Oleh karena itu, pada proses penerimaan mitra perlu dibuatkan prosedur yang baik agar dapat meminimalisir kemungkinan masalah yang ada. Pada prosedur penerimaan mitra penjualan perlu dilakukan proses analisa untuk menentukan calon mitra penjualan tersebut diterima atau ditolak. Dari data mitra yang ada dapat digunakan untuk dilakukan pengolahan data. Salah satu teknik pengolahan data yang dapat digunakan dalam proses tersebut adalah klasifikasi. Klasifikasi adalah teknik pengolahan data yang membagi objek menjadi beberapa kelas sesuai dengan jumlah kelas yang diinginkan. Dan menggunakan Algoritma C4.5 dalam proses pengklasifikasi-annya. Yang dapat menentukan apakah calon mitra dapat diterima sebagai mitra atau tidak. Kemudian, Hasil dari pengklasifikasiannya divalidasi dengan ten-fold cross validation dengan tingkat akurasi 96,26 %, presisi 100% dan recall 71,43%.

Aplikasi Markov Chain Untuk Memprediksi Tekanan Darah

Kurniawan, Fery Andika

InComTech: Jurnal Telekomunikasi dan Komputer Vol 8, No 2 (2018)
Publisher : Department of Electrical Engineering

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1087.292 KB)

Abstract

Tekanan darah merupakan salah satu parameter kesehatan yang penting dalam hidup manusia. Suatu kondisi akan ditemui suatu penyakit karena tekanan darah yang tidak normal yaitu tekanan darah dibawah normal atau yang biasa disebut darah rendah dan tekanan darah diatas normal atau darah tinggi. Konsentrasi pembahasan penyakit terjadi pada penyakit darah tinggi. Banyak kasus terutama darah tinggi dapat menyebabkan penyakit komplikasi yang parah bahkan dapat membawa kematian pada penderita. Tekanan darah sangat dipengaruhi oleh pola hidup manusia dari mulai pola makan, pola kerja dan istirahat sehingga akan terjadi variasi tekanan darah. Untuk itu sangat penting untuk menjaga agar tekanan darah selalu pada kondisi normal dengan selalu memonitor tekanan darah dan memperhatikan pola hidup dan kebiasaan yang mengarah pada usaha menjaga tekanan darah yang normal. Dalam penelitian ini diusulkan suatu konsep sistem informasi prediksi tekanan darah berdasarkan kondisi tekanan darah seseorang pada saat sekarang untuk memprediksi kemungkinan perubahan apakah tetap normal atau berubah tidak normal. Prediksi tekanan darah dilakukan dengan memanfaatkan perhitungan rantai Markov (Markov Chain) Sedangkan untuk mengklasifikasikan tingkat hijau (aman), kuning (perhatian)  dan merah (bahaya) digunakan pemilihan dengan melihat tingkat probabilitas terbesar berdasarkan hasil probabilitas yang dihasilkan dari perhitungan rantai Markov. Pada sistem dilakukan pencatatan aktifitas pola hidup atau kebiasaan yang dilakukan selama masa pantau pengambilan data (state). Sehingga sistem akan memberikan informasi bahwa aktifitas yang telah dilakukan dan yang dicatat tersebut diprediksi akan mengakibatkan tekanan darah akan tetap pada kondisi normal, perhatian atau bahaya Informasi yang didapatkan pada sistem ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk mengontrol tekanan darah dengan pola hidup yang sehat.

Implementasi Sistem Monitoring Suhu Pada Produk Makanan di Mesin Sterilisasi Menggunakan Fuzzy Logic Berbasis Internet of Things

Riady, Sasmitoh Rahmad, Maulana, Donny, Suwarno, Agus, Nugroho, Agung

InComTech: Jurnal Telekomunikasi dan Komputer Vol 8, No 2 (2018)
Publisher : Department of Electrical Engineering

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1201.596 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan teknologi internet of things dan metode logika fuzzy terhadap monitoring suhu pada proses sterilisasi agar data suhu update secara real time dan bisa di akses dari manapun oleh management atau customer dan memberikan keputusan yang akurat dari hasil proses sterilisasi menggunakan metode logika fuzzy. Pada study kasus yang dihadapi terdapatlah beberapa masalah diantaranya adalah record data masih dilakukan secara manual oleh pihak operator machine dan hasil perhitungan dari team quality control untuk mencari nilai  masih terdapat ambiguitas atau ketidakjelasan. Maka peneliti mengusulkan diterapkannya teknologi internet of things sebagai monitoring suhu pada proses sterilisasi beserta alat ukur suhu menggunakan Raspberry Pi3 serta sensor DS18B20 dan mengolah nilai  dan isi mesin sterilisasi kedalam himpunan fuzzy. Sistem yang di bangun dengan metode prototyping ini dapat menampilkan data suhu dan hasil dari proses sterilisasi pada produk makanan secara update dan dapat menentukan status sterilisasi dengan kedua variabel tersebut.

Survei Model Performansi Sistem File sharing BitTorrent pada Jaringan Peer-to-Peer

Wardoyo, Irwan

InComTech: Jurnal Telekomunikasi dan Komputer Vol 8, No 2 (2018)
Publisher : Department of Electrical Engineering

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1159.201 KB)

Abstract

Sampai saat ini BitTorrent merupakan aplikasi file sharing peer-to-peer yang paling popular, dengan trafik saat ini sebesar 3,35% dari trafik internet di dunia. Selain menarik banyak pengguna, BitTorrent menarik perhatian para peneliti untuk meneliti cara kerja dan kinerja performansi pada BitTorrent. Makalah ini menampilkan survei terhadap beberapa model yang digunakan untuk mengukur performansi dari sistem file sharing BitTorrent pada fase yang berbeda dengan mempertimbangkan keadaan nyata menggunakan model deterministik, model markov chain dan model antrean jaringan.  

Perancangan Sistem Monitoring Dan Pengujian Kehandalan Menggunakan Kualifikasi Cronbach’s Alpha

Wibowo, Dwi Permadi Satrio

InComTech: Jurnal Telekomunikasi dan Komputer Vol 8, No 2 (2018)
Publisher : Department of Electrical Engineering

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Pengawasan pada setiap komponen perlu dilakukan untuk menjaga kelancaran jaringan distribusi listrik. Untuk membantu pengawasan komponen maka dibuatlah sebuah sistem monitoring pada komponen. Parameter penting yang perlu dimonitor adalah arus, tegangan, dan suhu. Hasilnya data yang telah didapatkan oleh sensor dapat ditampilkan dan disimpan. Data yang disimpan berupa file comma-separated values (CSV) sehingga dapat dibuka di Microsoft Office. Data kegagalan sistem monitoring untuk menyimpan file comma-separated values (CSV) yang dicatat tiap jam/hari selama 19 hari sesuai dengan proses Poisson Homogen. Berdasarkan hasil analisis catatan data kegagalan yang ada, sistem monitoring yang dirancang telah memenuhi kehandalan 98,62% (Excellent) berdasarkan kualifikasi Cronbach’s Alpha.

Pengukuran Arus Listrik Untuk Mendeteksi Kesalahan Pada Sistem Otomasi Lampu Penerangan Jalan

Nugraha, Gerri Irman

InComTech: Jurnal Telekomunikasi dan Komputer Vol 8, No 1 (2017)
Publisher : Department of Electrical Engineering

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1237.305 KB)

Abstract

Otomasi lampu penerangan jalan dengan memanfaatkan mikrokontroller dan sensor LDR pada setiap lampu terlalu boros dalam penggunaan sumber daya. Kemudian digunakan sensor ampere untuk menggantikan fungsi sensor LDR pada sistem otomasi tersebut. 1 buah sensor ampere digunakan untuk menggantikan 4 buah sensor LDR pada model yang dirancang dengan memanfaatkan 4 buah lampu. Beban yang dibaca oleh sensor digunakan untuk mengetahui jika terdapat lampu yang rusak, dan ketika terdapat ketidaksesuaian beban pada sistem, maka dilakukan proses pengecekan untuk mengetahui lampu mana yang rusak. Dari hasil pengujian yang telah dilakukan, beban yang terbaca oleh sensor berbanding lurus dengan jumlah lampu yang menyala. Dari 4 buah lampu yang diuji tersebut, dapat diketahui apakah masing masing lampu dalam kondisi rusak atau tidak.

Internet of Things Smart Agriculture on ZigBee: A Systematic Review

Hidayat, Taufik

InComTech: Jurnal Telekomunikasi dan Komputer Vol 8, No 1 (2017)
Publisher : Department of Electrical Engineering

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1130.351 KB)

Abstract

Teknologi WSN kini semakin meningkat diakhir-akhirnya dan banyak diterapkan diberbagai bidang. Salah satu dari penerapan WSN seperti pada Agiculture yang berbasis Internet of things. WSN ini contoh seperti ZigBee, penerapan ZigBee pada Agiculture sangat membantu pada berbagai bidang Agiculture dimulai dari system control irigasi, pemantauan iklim pada Agiculture serta pengendalian system control rantai makan pada system Agiculture. Internet of things ini mendukung system Agiculture untuk memberikan komunikasi pada sensor-sensor yang ada di Aguculture ini. Sistem Agiculture ini diharapkan bisa meningkatkan produktivitas maupun prediksi masalah yang ada di system pertanian. Systematic riview ini memberikan gambaran bahwa teknologi Internet of things di Agiculture sangat berpontensi baik karena dapat meningkat para petani dalam operasional produksi pangan maupun ternak.

Analisis Tekno Ekonomi Biaya Capex dan Opex Implementasi Jaringan Long Term Evolution Area Banten

Yuwanto, Totok

InComTech: Jurnal Telekomunikasi dan Komputer Vol 8, No 1 (2017)
Publisher : Department of Electrical Engineering

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2385.792 KB)

Abstract

Dengan semakin pesatnya pertumbuhan dan kebutuhan penggunaan data maka diperlukan suatu jaringan telekomunikasi yang mampu memenuhi kebutuhan tersebut yaitu dalam hal kapasitas, kualitas, mobilitas dan kecepatan. Untuk memenuhi kebutuhan  tersebut maka perusahaan operator telekomunikasi  dituntut untuk menggelar  jaringan telekomunikasi  yang mempunyai kapasitas besar, kecepatan tinggi, handal dan mempunyai kualitas yang bisa memenuhi kebutuhan tsb .  Salah satu tehnologi seluler terbaru yang bisa memenuhi kebutuhan tsb adalah tehnologi LTE. Pada penelitian ini dianalisa secara teknologi dan ekonomi terhadap implementasi LTE release 8 pada jaringan operator existing dengan menggunakan skenario join base station. Model analisa yang digunakan berdasarkan prinsip tekno ekonomi dengan menggunakan metoda capacity planning and coverage estimation untuk menentukan perancangan teknologi LTE serta  metoda DCF untuk menganalisa secara ekonomi dan juga mengukur kelayakan biaya yang dikeluarkan untuk implementasi LTE tersebut. Hasil penelitian diperoleh nilai NPV positif  dan IRR sebesar 12.95% , dengan nilai Pay Back Period 3 Tahun 1 Bulan. Berdasarkan hasil tsb dapat disimpulkan bahwa implementasi jaringan berbasis Long Term Evolution  (LTE)  di propinsi Banten layak untuk di implementasikan. 

Antena Microstrip Double Layer Untuk Aplikasi WLAN 802.11ac

Firdausi, Ahmad

InComTech: Jurnal Telekomunikasi dan Komputer Vol 8, No 1 (2017)
Publisher : Department of Electrical Engineering

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1196.978 KB)

Abstract

Sebuah antena mikrostrip yang dikembangkan untuk mendukung komunikasi data pada perangkat komunikasi Wireless Lan 802.11 ac. Antena dirancang agar mampu beroperasi di range frekuensi wlan 802.11ac. Perancangan antena ini dibuat menggunakan teknik yaitu gabungan teknik transformer 1/4λg yang mampu membuat matching impedance yang optimal dan teknik multi tunning stub dengan pencatu berbentuk garpu juga teknik proximity coupled untuk menghasilkan peningkatan bandwith dan teknik slot sempit bentuk tri pada dua  elemen patch yang di array untuk peningkatan karakteristik gain,dengan menggunakan dua lapisan substrat  dari jenis FR4_Epoxy dengan ketebalan 1,6 mm dan konstanta dielektrik 4,4. Dimana lapisan  substrat bagian atas untuk dua patch segi empat dan substrat bagian bawah untuk catu saluran transmisi.Metode penelitian yakni dengan melakukan studi literature perbandingan jurnal terdahulu, kemudian desain perancangan antena mikrostrip awal dilakukan dengan perhitungan menggunakan persamaan-persamaan antena mikrostrip, lalu dilakukan simulasi secara komputasi desain antena mikrostrip dengan menggunakan software Hfss v.13. Dari hasil simulasi diperoleh parameter antara lain seperti: bandwidth dari return loss dibawah -10 dB,gain ≥ 6 dB, VSWR <2 yang beroperasi pada wlan 802.11ac.Antena mikrostrip yang dibuat memiliki kriteria yaitu  VSWR ≤ 2 pada frekuensi kerja  WLAN 802.11ac dengan lebar bandwith sebesar 1,002MHz,gain 7.2 dBi sehingga tercapai target untuk peningkatan bandwith di aplikasi Wlan 802.11ac dan bisa untuk pengaplikasiannya menggunakan di frekuensi center 5.3 GHz,untuk ukurannya relatif lebih kecil yaitu 10mm x 15mm.