Jurnal Mitra Manajemen
ISSN : 26140365     EISSN : 2599087X
Jurnal Mitra Manajemen merupakan media publikasi hasil penelitian, opini atau kajian pustaka tentang manajemen.
Articles
87
Articles
PENGARUH TATA KELOLA PERUSAHAAN DAN STRUKTUR KEPEMILIKAN TERHADAP TINGKAT PENGUNGKAPAN RISIKO KEUANGAN

Setyawan, Budi

Jurnal Mitra Manajemen Vol 3 No 1 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Januari
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Transparansi merupakan suatu kebutuhan yang mutlak dalam dunia bisnis, pelanggaran atas transparansi menjadi skandal yang berdampak pada berkurangnya kepercayaan masyarakat pada entitas bisnis. Pengungkapan risiko merupakan bukti nyata dalam penerapan mekanisme corporate governance yang mendorong terwujudnya good corporate governance. Selain corporate governance, faktor yang mendorong pengungkapan risiko keuangan adalah faktor kepemilikan perusahaan, pada perusahaan yang dimiliki oleh kepemilikan institusional, diharapkan pengungkapan resiko menjadi prioritas. Penelitian ini menggunakan sampel 6 emiten manufaktur sub sektor logam dan sejenisnya yang terdaftar di BEI tahun 2012-2016 yang memenuhi kriteria peneliti. Pengolahan data menggunakan regresi berganda dengan SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan, Dewan Komisaris Independen berpengaruh signifikan terhadap Pengungkapan Risiko, Komite Audit berpengaruh tidak signifikan terhadap Pengungkapan Risiko dan Kepemilikan Institusional berpengaruh tidak signifikan terhadap Pengungkapan Risiko.  Secara bersama-sama, terdapat pengaruh signifikan variabel bebas Dewan Komisaris Independen, Komite Audit dan Kepemilikan Institusional terhadap variabel terikat Pengungkapan Risiko.

ANALISA EFEKTIVITAS IKLAN WEB SERIES DENGAN MENGGUNAKAN EPIC MODEL

Narita, Triani, Suyanto, Ama

Jurnal Mitra Manajemen Vol 3 No 1 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Januari
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Saat ini perkembangan dunia digital yang semakin pesat akan berpengaruh terhadap pemasaran yang juga terus berkembang, dari konsep pemasaran konvensional menuju konsep pemasaran modern yaitu melalui media digital, salah satunya dengan iklan bertemakan web series. Variabel yang ada pada penelitian ini meliputi empat dimensi dari EPIC Model yaitu Empathy, Persuation, Impact, dan Communication. Penelitian dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada 400 responden iklan web series berjudul SORE – Istri dari Masa Depan, Mengakhiri Cinta dalam 3 Episode dan LINE – Nic and Mar. Skor rata-rata yang didapat dari responden atas pernyataan yang mengukur dimensi empathy sebesar 3,9. Untuk dimensi persuation hasil rata-rata yang didapat adalah 3,77. Dimensi impact menghasilkan 4,01. Dan untuk dimensi communication adalah 4,07. Sehingga hasil dari EPIC Rate atau rata-rata secara keseluruhan adalah 3,99 dari skala maksimum di setiap dimensi adalah 5. Berdasarkan hasil penelitian yang ada, menunjukkan bahwa iklan web series di youtube dinilai efektif.

ANALISIS PERSEPSI KUALITAS DAN NILAI DI BANK SYARI’AH DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN MENABUNG (Studi Kasus di Jawa Barat)

Zahra, Ghina Atikah

Jurnal Mitra Manajemen Vol 3 No 1 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Januari
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Industri perbankan merupakan salah satu industri pokok yang harus ada dan dibutuhkan oleh banyak lapisan masyarakat. Penelitian ini mengenai pengaruh persepsi masyarakat terhadap keputusan menabung pada perbankan syariah di Jawa Barat. Objek penelitian adalah masyarakat yang menabung pada Bank Syariah di Jawa Barat dan yang menjadi sampel adalah sebanyak 385 responden. Penelitian ini menggunakan model analisis SEM LISREL. Saat dilakukan pengujian hipotesis penelitian melalui model struktural, menghasilkan Persepsi Kualitas (X1) dan Persepsi Nilai (X2) memberi pengaruh sebesar 62,3% terhadap Keputusan menabung (Y). Berdasarkan koefisien jalur, variabel yang berpengaruh dominan dalam menjelaskan Keputusan Menabung (Y) secara berurutan adalah Persepsi nilai (X2) sebesar 0,515 (39,7%), kemudian  Persepsi Kualitas (X1) sebesar 0,305 (22,5%). Maka hal ini menunjukkan bahwa persepsi kualitas berpengaruh signifikan terhadap keputusan menabung di Bank Syariah, dan persepsi nilai pun berpengaruh signifikan terhadap keputusan menabung di Bank Syariah.

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN REKOMENDASI PENENTU BERAS MISKIN MENGGUNAKAN METODE SAW DAN TOPSIS (Studi Kasus: Desa Semagar Girimarto Wonogiri)

Sari, Heny Novita, Fatmawati, Azizah

Jurnal Mitra Manajemen Vol 3 No 1 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Januari
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Beras Miskin merupakan bantuan pemerintah kepada masyarakat miskin untuk mengurangi beban ekonomis. Tujuan pengembangan perangkat lunak untuk mempermudah pemilihan bantuan agar tepat sasaran. Metode penelitian meliputi studi pustaka, observasi, wawancara, perancangan sistem dan perancangan aplikasi. Mempermudah pekerjaan dan menghindari kesalahan dalam perhitungan digunakan metode Simple Additive Weighting (SAW) dan Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) untuk melakukan perangkingan terhadap kriteria dan alternatif yang ditentukan. Alternatif terbaik merupakan masyarakat yang layak mendapatkan bantuan. Pengujian analisis sistem dengan metode SAW memperoleh nilai tertinggi 0,900 dan metode TOPSIS memperoleh nilai tertinggi 0,877 dengan nama yang sama SURIPNO, Pengujian black box menyatakan sistem dapat bekerja sesuai dengan fungsinya. Pengujian kuisioner tingkat kepuasan responden mencapai 86,67% sesuai harapan perancangan. Hasil penelitan berupa sebuah sistem pendukung keputusan rekomendasi penentu beras miskin menggunakan metode SAW dan TOPSIS dapat mempermudah staf untuk mendata masyarakat sesuai kriteria lebih cepat, efisien dan efektif sesuai yang diharapkan.

ANALISIS PERBEDAAN TINGKAT LITERASI KEUANGAN DAN PERILAKU KEUANGAN MAHASISWA DI UNIVERSITAS TELKOM

Supriadi, Siti Aliah, Krisnawati, Astrie

Jurnal Mitra Manajemen Vol 3 No 1 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Januari
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat literasi keuangan dan perilaku keuangan mahasiswa di Universitas Telkom serta perbedaannya antara mahasiswa yang berasal dari program studi berbasis ekonomi dan non ekonomi. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa aktif di Universitas Telkom tahun 2018 yang berjumlah 28.740 mahasiswa. Sampel penelitian ini berjumlah 400 diambil dengan teknik probability sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Uji validitas dan reabilitas digunakan pada variabel literasi keuangan dan perilaku keuangan. Analisis data menggunakan Analisis Statistik Deskriptif dan Uji Mann Whitney. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan tingkat literasi keuangan mahasiswa yang berasal dari program studi berbasis ekonomi dan non ekonomi, dengan rata-rata lebih tinggi mahasiswa berbasis ekonomi. Serta tidak adanya perbedaan tingkat perilaku keuangan mahasiswa yang berasal dari program studi berbasis ekonomi dan non ekonomi.

PENGARUH MOTIVASI DAN KOMPENSASI TERHADAP PRESTASI KERJA GURU SMA ST. CAROLUS

Berdi, Bonefasius

Jurnal Mitra Manajemen Vol 3 No 1 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Januari
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh motivasi dan kompensasi terhadap Prestasi Kerja. Jenis penelitian ini adalah Explanatory Research yaitu penelitian penjelasan artinya bahwa penelitian ini berusaha menjelaskan hubungan  antar variabel dan menguji kebenaranya. Sampel dalam penelitian ini adalah guru di SMA ST Carolus. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang berikan kepada responden. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan SPSS. Hasil analisis data menunjukkan bahwa motivasi berpengaruh signifikan terhadap prestasi kerja guru SMA ST. Carolus. Hal ini ditunjukkan oleh nilai t hitung untuk motivasi yang memiliki tingkat signifikansi kurang dari 0,05. Demikian pula kompensasi juga berpengaruh signifikan terhadap prestasi kerja guru.  Hal ini ditunjukkan oleh nilai t hitung untuk kompensasi yang memiliki tingkat signifikansi kurang dari 0,05. Motivasi dan kompensasi memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi kerja guru. Tingkat keberpengaruhan motivasi dan kompensasi terhadap prestasi kerja ditunjukkan oleh koefisien determinasi.

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI BRAND EXPERIENCE TEHADAP BRAND LOYALTY PADA IPHONE INDONESIA

Latifah, Nur

Jurnal Mitra Manajemen Vol 3 No 1 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Januari
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Alat  komunikasi  canggih  atau  yang  terkenal  dengan smartphone,  saat  ini sudah  menjadi  kebutuhan  bagi  sebagian  besar  orang. Dengan banyaknya perusahaan smartphone yang ada di Indonesia menyebabkan konsumen lebih sadar akan merek yang ada dan mengenalinya sesuai dengan kebutuhan. Salah satu smartphone flagship yang dikenal konsumen adalah iPhone. Penelitian ini menggunakan SEM-PLS untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi hubungan antara brand experience (sensory experience, intellectual experience, behavioral experience) terhadap brand loyalty (behavioral loyalty, attitudinal loyalty). Hasil penelitian menyatakan bahwa seluruh dimensi brand experience berpengaruh positif signifikan terhadap brand love dan brand trust . Brand love dan brand trust berpengaruh positif signifikan terhadap seluruh dimensi brand loyalty. Brand love memediasi secara signifikan hubungan antara seluruh dimensi brand experience dengan seluruh dimensi brand loyalty kecuali dimensi brand experience (intellectual experience) dengan brand loyalty (attitudinal loyalty). Brand identification tidak memoderasi secara positif signifikan hubungan antara seluruh dimensi brand experience dengan brand love dan brand trust. Brand identification tidak memoderasi secara positif signifikan hubungan antara brand love dan seluruh dimensi brand loyalty. Brand identification memoderasi secara positif signifikan hubungan antara brand trust dan behavioral loyalty. Brand identification tidak memoderasi secara positif signifikan hubungan antara brand trust dan attitudinal loyalty.

PENGARUH THE PUBLIC GOOD DAN KNOWLEDGE SELF-EFFICACY TERHADAP NIAT KONSUMEN MELAKUKAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) (Studi pada Pengguna Kaskus di Indonesia)

Hafizah, Nurul, Ariyanti, Maya

Jurnal Mitra Manajemen Vol 3 No 1 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Januari
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Kemajuan jaringan internet WWW mampu memberikan pilihan informasi mengenai suatu produk, memungkinkan adanya sebuah komunikasi word-of-mouth yang tidak hanya menjadi sebuah bentuk komunikasi person-to-person namun juga memberikan kesempatan untuk merambat secara mendunia melalui media online yang biasa dikenal dengan Electronic Word of Mouth (e-WOM). Komunikasi e-WOM dapat dilakukan melalui online opinion platforms atau discussion forums, salah satunya adalah Kaskus. Dalam tulisan ini, penulis fokus pada faktor-faktor yang mempengaruhi niat konsumen melakukan e-WOM di Kaskus. Penulis mengidentifikasi motif utama dari niat eWOM konsumen yaitu Egoisme (reputasi dan timbal balik), Collectivism (rasa memiliki), Altruism (kenikmatan membantu), Prinsiplism (prinsip moral) dan Knowledge Self-Efficacy. Penulis menguji model penelitian dengan sampel 100 pengguna/member Kaskus di Indonesia. Dalam penelitian ini analisis data menggunakan pendekatan Partial Least Square (PLS) dengan menggunakan software Smart PLS 3 for windows. Hasil dari penelitian ini menunjukkan 27.9% varians dengan kenikmatan membantu, rasa memiliki dan reputasi berhubungan positif dengan niat konsumen melakukan e-WOM.

PERAN MODAL SOSIAL SEBAGAI MEDIATOR LITERASI KEUANGAN DAN INKLUSI KEUANGAN DI KOTA PADANG

Safira, Nabila, Dewi, Andrieta Shintia

Jurnal Mitra Manajemen Vol 3 No 1 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Januari
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Tingkat literasi keuangan di Kota Padang terbilang  rendah, sedangkan angka inklusi keuangan di Kota Padang cukup tinggi, hal ini menandakan bahwa  masyarakat yang menggunakan produk lembaga jasa keuangan sudah banyak, tetapi belum semuanya paham dengan produk yang mereka ambil, mereka belum memiliki cukup pengetahuan mengenai apa yang mereka gunakan. Oleh karena itu Otoritas Jasa Keuangan (OJK) perlu melakukan perluasan edukasi dan sosialisasi guna meningkatkan angka literasi keuangan di Kota Padang. Dengan adanya modal sosial diharapkan akan menjadi mediator dalam peningkatan literasi dan inklusi keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran modal sosial sebagai mediator hubungan antara literasi keuangan dan inklusi keuangan. Selain itu, penelitian ini juga meneliti efek tidak langsung dari literasi keuangan pada inklusi keuangan. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh penduduk Kota Padang yang berjumlah 5.382.077 jiwa pada tahun 2018. Pengambilan sampel dari penelitian ini menggunakan teknik non-probability sampling dengan jumlah sampel sebanyak 400 sampel. Penelitian ini mengadopsi dan menggunakan Sobel dan Kenny & Baron tes untuk menguji pengaruh mediasi modal sosial dalam hubungan antara literasi keuangan dan inklusi keuangan. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa terbukti modal sosial secara partial mampu memediasi hubungan antara literasi keuangan dan inklusi keuangan di Kota Padang.

ANALISIS KINERJA DAN KESEHATAN KEUANGAN PERUSAHAAN PADA INDUSTRI FARMASI DENGAN METODE DU PONT SYSTEM DAN MODEL ALTMAN Z-SCORE

Mulatsih, Dyah Ajeng, Yunita, Irni

Jurnal Mitra Manajemen Vol 3 No 1 (2019): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Januari
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja dan kesehatan keuangan perusahaan pada industri farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2012-2016. Adapun metode yang digunakan adalah metode Du Pont System dan model Altman Z-Score. Data penelitian merupakan data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan perusahaan yang dipublikasikan oleh BEI. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : PT. Merck Tbk memiliki rata-rata ROI, NPM, TATO dan Z-Score tertinggi dibanding perusahaan lain. Sedangkan perusahaan lainnya yaitu PT. Darya Varia Laboratoria Tbk, PT. Pyridam Farma Tbk dan PT. Tempo Scan Pacific Tbk memiliki nilai rata-rata ROI, NPM dan TATO yang cukup baik. Ditinjau dari model Altman Z-Score keenam perusahaan yang diteliti memiliki rata-rata kategori sehat, walaupun PT. Indofarma (Persero) Tbk dan PT. Merck Sharp Dohme Pharma Tbk sempat berada pada kategori abu-abu pada tahun tertentu.