cover
Filter by Year

Analysis
Journal Educative : Journal of Educational Studies
Published by IAIN Bukittinggi
Journal Educative is a scientific journal in the field of educational study published by the State Institute of Islamic Studies (IAIN) Bukittinggi, which is a transformation of the analysis journal published by STAIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi. Journal of analysis has been published periodically since 2007 and is a journal in the study of education. In each of its publications, the Educative Journal presents various academic articles in educational studies that not only from textual traditions in education, but also are mixed from field studies. The themes are also varies; educational management, educational sociology, educational technology, curriculum and learning, educational psychology, educational anthropology and Islamic education.
Articles
31
Articles
‚Äč
Pandangan Islam Terhadap Manusia : Terminologi Manusia dan Konsep Fitrah serta Implikasinya dengan Pendidikan

Alfurqan, Alfurqan ( Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang ) , Harmonedi, Harmonedi ( Fak.Tarbiyah UIN Imam Bonjol Padang )

Journal Educative : Journal of Educational Studies Vol 2, No 2 (2017): Juli - Desember 2017
Publisher : State Islamic Instute of Bukittinggi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstrak memuat uraian singkat mengenai masalah dan tujuan penelitian, metode yang digunakan dan hasil penelitian. Tekanan penulisan abstrak terutama pada hasil dan analisis penelitian. Abstrak ditulis dalam dua bahasa; bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, hanya saja abstrak bahasa Inggris disajikan terlebih dahulu dengan format miring atau Italic. Jumlah kata berkisar antara 150-200 kata. Pengetikan abstrak dilakukan dengan spasi 1 atau tunggal front 10 jenis huruf Garamond dengan margin yang lebih sempit dari margin kanan dan kiri teks utama. Kata kunci perlu dicantumkan untuk menggambarkan ranah masalah yang diteliti dan istilah-istilah pokok yang mendasari pelaksanaan penelitian. Kata-kata kunci dapat berupa kata tunggal atau gabungan kata. Jumlah kata-kata kunci 3-5 kata. Kata-kata kunci ini diperlukan untuk komputerisasi. pencarian judul penelitian dan abstraknya dipermudah dengan kata-kata kunci tersebut. Kata Kunci: konsep, fitrah, manusia, pendidikan

Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Melalui Model Pembelajaran Problem Posing SD Inpres 6/75 Biru Kab. Bone Sulawesi Selatan

Muin, Awaluddin ( Fakultas Ilmu Pendidikan, UNM )

Journal Educative : Journal of Educational Studies Vol 2, No 2 (2017): Juli - Desember 2017
Publisher : State Islamic Instute of Bukittinggi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Masalah dalam penelitian adalah rendahnya hasil belajar Matematika siswa kelas IV SD Inpres 6/75 Biru Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. Rumusan masalah penelitian adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran Problem Posing dalam meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas IV SD Inpres 6/75 Biru? Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Problem Posing dalam meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas IV SD Inpres 6/75 Biru. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang berdaur ulang yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus yang diteliti adalah penerapan model pembelajaran Problem Posing dan hasil belajar Matematika. Setting penelitian yaitu kelas IV SD Inpres 6/75 Biru sedangkan subjek penelitiannya adalah guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 21 siswa yang terdiri dari 10 laki-laki dan 11 perempuan. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik dokumentasi, observasi, dan tes. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu reduksi data, beberan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan yang berarti, baik pada aktivits guru maupun siswa serta hasil belajar dalam proses pembelajaran matematika. Kesimpulan penelitian bahwa dengan penerapan model pembelajaran Problem Posing dapat meningkatkan proses dan hasil belajar Matematika siswa kelas IV SD Inpres 6/75 Biru Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone

Implementasi Pendekatan Scientific pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar

Andriati, Irna ( Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan - IAIN Bukittinggi ) , Sesmiarni, Zulfani ( Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan - IAIN Bukittinggi ) , Armanida, Armanida ( Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan - IAIN Bukittinggi )

Journal Educative : Journal of Educational Studies Vol 2, No 2 (2017): Juli - Desember 2017
Publisher : State Islamic Instute of Bukittinggi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Kurikulum 2013 menuntut pembelajaran dilaksanakan dengan pendekatan scientific, yaitu pendekatan yang dilakukan seperti orang melakukan penelitian ilmiah. Mengingat kurikulum 2013 ini sudah ditetapkan dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 65 pada tahun 2013, namun masih banyak sekolah yang belum melaksanakannya secara utuh. Oleh sebab itu, penulis ingin mengetahui bagaimana pelaksanaan kurikulum dengan pendekatan scientificdalam pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 07 Bukittinggi. Pemilihan SDN 07 sebagai lokasi penelitian karena sekolah tersebut termasuk sekolah yang berprestasi dan mendapat Akreditasi A di Bukittinggi. Di samping itu guru yang mengajar Pendidikan Agama Islam di sekolah tersebut sudah mempunyai pengalaman mengajar dan banyak mendapat pelatihan tentang pelaksanaan kurikulum 2013. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 5 tahap yang dilakukan dalam pembelajaran dengan pendekatan scientific, yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar dan mengkomunikasikan. Meskipun guru sudah mengusahakan keaktifan siswa dalam perolehan materi pelajaran, namun perubahan yang diperoleh belum signifikan. Penyebabnya antara lain karena keterbatasan guru dalam menyiapkan fasilitas yang dibutuhkan dalam pembelajaran. Di samping itu juga karena kebanyakan peserta didik belum memiliki kemandirian dalam belajar.. Kata Kunci: Kurikulum 2013, pendekatan, Scientific

Reaktualisasi Pendidikan Humanis dalam Konteks Keindonesiaan Menghadapi Tantangan Global

Ilmi, Darul ( Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, IAIN Bukittinggi )

Journal Educative : Journal of Educational Studies Vol 2, No 2 (2017): Juli - Desember 2017
Publisher : State Islamic Instute of Bukittinggi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Pendidikan nasional yang berdasarkan falsafah Pancasila mensinergikan antara nilai kemanusiaan yang tidak terpisah dari nilai ketuhanan, makna manusia seutuhnya adalah terbangunya kedua nilai tersebut dalam diri manusia sehingga menjadi manusia sejati dalam konteks keindonesiaan, namun dilain pihak manusia Indonesia dihadapkan kepada tantangan global yang terkadang menjatuhkan manusia pada kemiskinan spiritual dan nilai kemanusiaan, manusia jatuh dari makhluk spiritual ke dunia material, agama terkadang dipahami sebagai aspek ibadah dan tidak dibawa pada aspek kehidupan, manusia terjebak dalam perselingkuhan baru yang destruktif seperti hilangnya persahabatan sejati, memudarnya tradisi silaturrahim. Reaktualisasi pendidikan humanis itu adalah sebuah kenisyaan untuk membangun karakter anak bangsa untuk menghadapi tantangan global antara lain (a) nilai-nilai ketuhanan (the belief in one god), (b) nilai-nilai kemanusiaan (humanity), (c) kelembutan dan kasih sayang,(d) toleransi, kedamaian ( be loving ), (e) demokrasi, kebebasan dan kemandirian ( democracy, freedom and autonomy ), (f) hubungan kemanusiaan ( human relationship). Implikasi dari nilai ini dalam pendidikan akan mewujudkan output yang cerdas inteketual, emosional, social, spiritual dan memiliki skill inilah manusia yang mampu menghadapi tantangan global.

Pengembangan dan Efektifitas Penggunaan Computer Based Testing pada Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran pada Program Studi Teknologi Pendidikan

Syafril, Syafril ( Teknologi Pendidikan FIP - Universitas Negeri Padang ) , Novrianti, Novrianti ( Teknologi Pendidikan FIP - Universitas Negeri Padang )

Journal Educative : Journal of Educational Studies Vol 2, No 2 (2017): Juli - Desember 2017
Publisher : State Islamic Instute of Bukittinggi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Pelaksanaan evaluasi terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi yaitu alat pengukur, evaluator, peserta didik dan situasi yang akhirnya dapat berimbas kepada hasil belajar. Evaluator tidak hanya mendasarkan penilaian secara langsung dari hasil perkuliahan, tapi juga harus memperhatikan faktor-faktor pelaksanaannya. Penelitian bertujuan untuk menghasilkan produk Computer Based Testing (CBT) yang sesuai dengan kriteria kelayakan media dan materi pada mata kuliah Evaluasi Pembelajaran melalui validasi beberapa ahli dan uji coba produk. Model penelitian pengembangan ini adalah model prosedural dengan subjek penelitian terdiri dari validator ahli media dan validator ahli materi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah format penilaian dengan kriteria yang meliputi aspek isi materi berupa Tes Pilihan Ganda dan aspek media, kemudian angket yang digunakan dalam pelaksanaan uji coba untuk melihat kemudahan bagi subjek coba menggunakan produk CBT. CBT dikembangkan dengan 2 tipe yaitu dengan software dan online yang dilaksanakan secara serentak dengan 2 laboratorium komputer yang berbeda. Hasil pengembangan dikategorikan produk CBT mata kuliah evaluasi pembelajaran layak untuk digunakan, sedangkan untuk hasil ujicoba efektifitas penggunaan menghasilkan kesimpulan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan dalam penggunaan tes dengan sistem manual dengan CBT baik secara online maupun software. Namun fungsi utama dari CBT tetap pada kemudahan bagi evaluator untuk melakukan verivikasi dan scoring yang dapat dilakukan dengan segera.. Kata Kunci: evaluasi, computer based testing, evaluator.

Persepsi Guru Terhadap Pelaksanaan Fungsi Manajerial Kepala Sekolah SMP Dr. H. Abdullah Ahmad PGAI padang

Iswandi, Iswandi ( STAI YAPTIP Pasaman Barat )

Journal Educative : Journal of Educational Studies Vol 2, No 2 (2017): Juli - Desember 2017
Publisher : State Islamic Instute of Bukittinggi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang persepsi guru terhadap penerapan fungsi manajerial oleh Kepala Sekolah di SMP Dr. H. Abdullah Ahmad PGAI Padang. Populasinya terdiri dari 203 orang guru PNS namun yang menjadi sampel 67 orang guru PNS yang ditentukan dengan teknik proporsional random sampling berstratified dengan rumus cochran. Instrument penelitian adalah angket menggunakan skala likert yang telah diuji validitas dan reabilitasnya. Data dianalisa menggunakan mean score. Hasil penelitian berupa persepsi guru terhadap pelaksanaan fungsi manajerial SMP di Kota Padang cukup baik yaitu 3.37. Kata Kunci: fungsi manajerial oleh Kepala Sekolah.

Gagasan dan Pemikiran Serta Praksis Pendidikan Islam di Indonesia (Studi Pemikiran dan Praksis Pendidikan Islam Menurut Azyumardi Azra)

Iswantir, Iswantir ( Fakultas Tarbiyah dan Pendidikan - IAIN Bukittingi )

Journal Educative : Journal of Educational Studies Vol 2, No 2 (2017): Juli - Desember 2017
Publisher : State Islamic Instute of Bukittinggi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Menurut Azyumardi aAzra, ada dua hal permasalahan yang mendasar dalam pendidikan Islam. Pertama, berkenaan dengan situasi riil sistem pemikiran dan pendidikan Islam. Kedua, berkenaan dengan upaya rekonstruksi ilmu sebagai alternatif apa yang dilakukan di dalam merekonstruksi sistem pendidikan Islam. Azra merumuskan pendidikan adalah suatu proses di mana suatu bangsa mempersiapkan generasi mudanya untuk menjalankan kehidupan dan untuk memenuhi tujuan hidup secara efektif dan efisien. Ia menegaskan, bahwa pendidikan lebih daripada sekadar pengajaran. Pendidikan adalah suatu proses di mana suatu bangsa atau negara membina dan mengembangkan kesadaran diri di antara individu-individu.Gagasan modernisasi pendidikan Islam pada perguruan tinggi Islam tidak hanya menjadi wacana, melainkan harus menjadi kenyataan dan dipraktekkan oleh Azyumardi Azra. Praktik tersebut telah terlihat dalam berbagai upaya pembaruan yang dilakukannya pada UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.Gagasan pembaruan pendidikan Islam yang dikemukakan Azra juga mencakup pembaruan pendidikan madrasah, pesantren dan surau. Kata Kunci: Pendidikan Islam,Gagasan

Pengembangan Multimedia Interaktif Mengunakan Adobe Captivate 7.0 pada Mata Kuliah Dasar-Dasar Komputer

Hendri, Nofri ( Teknologi Pendidikan FIP - Universitas Negeri Padang ) , Novrianti, Novrianti ( Teknologi Pendidikan FIP - Universitas Negeri Padang )

Journal Educative : Journal of Educational Studies Vol 2, No 2 (2017): Juli - Desember 2017
Publisher : State Islamic Instute of Bukittinggi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Prosedur penelitian ini mengacu pada pengembangan model prosedural Borg & Gall yang disederhanakan sesuai dengan kebutuhan penelitian. Mulai dari Identifikasi Kebutuhan, Tujuan Formulasi, Pengembangan Konten, Validasi, dan kemudian melakukan produk Revisi sesuai saran dan komentar ahli materi dan pakar media, tahap terakhir uji coba produk dilakukan terhadap 20 siswa. Analisis menunjukkan bahwa media pembelajaran Multimedia Interaktif berada dalam kategori sangat baik. Untuk aspek material termasuk dalam kategori unggulan (4.64). Untuk aspek presentasi media termasuk dalam kategori unggulan (4.58). Selanjutnya, hasil uji keterbatasan praktis penggunaan media berada pada kategori sangat baik (4.4). Kata kunci: Multimedia Interaktif; Adobe Captivate 7.0, Dasar-dasar Teknologi Pembelajaran.

Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah terhadap Keberhasilan Pelaksanaan MBS pada Pesantren-Pesantren di Kabupaten Agam

Junaidi, Junaidi

Journal Educative : Journal of Educational Studies Vol 2, No 1 (2017): Januari - Juni 2017
Publisher : State Islamic Instute of Bukittinggi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Keberhasilan pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah tidak terlepas dari kepemimpinan Kepala sekolah yang berkualitas. Salah satu model kepemimpinan Kepala sekolah yang sesuai dengan program MBS adalah gaya kepemimpinan transformasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap keberhasilan pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah pada pesantren di Kabupaten Agam. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap keberhasilan pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah pada pesantren di Kabupaten Agam? Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru pesantren Kabupaten Agam berjumlah 896 orang. Sampel dipilih dengan teknik Area sampling dan Simple random sampling, sebanyak 413 orang guru. Data dikumpulkan melalui angket model skala Likert dengan validitas dan reliabilitasnya sudah diuji. Analisis data menggunakan teknik korelasi dan regresi dengan bantuan program SPSS versi 15. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Kepemimpinan transformasional kepala madrasah berpengaruh terhadap pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah pada pesantren di Kabupaten Agam.

Hubungan Pemanfaatan Internet dalam Pembelajaran dengan Hasil Belajar Siswa

Yunarti, Yelmi ( Dosen Universitas Baturaja )

Journal Educative : Journal of Educational Studies Vol 2, No 1 (2017): Januari - Juni 2017
Publisher : State Islamic Instute of Bukittinggi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

The purpose of this study was to determine a significant positive relationship between internet utilization and student learning outcomes in SMA Negeri 1 OKU. This research is quantitative research using correlation method. The sample in this research is 216 students. Data collection in this research is using questionnaire. Data analysis using Pearson Product Moment formula. Based on the results of research elements of internet utilization in learning in SMA Negeri 1 OKU get good value is in terms of internet as a medium. While the weakest is the use of e-learning for learning. The result of the value of the correlation coefficient is 0.769. The correlation coefficient of 0.569 is included in the strong category. This shows a strong relationship of variable X (the use of Internet in Learning) with variable Y (learning outcomes) in students of SMA Negeri 1 OKU.