Jurnal Al-Muta`aliyah : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
ISSN : 25022474     EISSN : 26141612
Muta’aliyah merupakan Jurnal Pendidikan Islam (JPI) di rencanakan akan terbit 1 kali setahun dengan fokus kajian Studi Pendididkan Islam secara komprehensif, Jurnal ini di harapkan mampu menjadi ruang kontemplasi dan perenungan pemikiran Pendidikan Islam secara kritis bagi semua kalangan yang memiliki perhartian dan konsen dengan isu-isu Pendidikan Klasik dari masa klasik – modern.
Articles 7 Documents
Search results for , issue " Vol 3 No 1 (2018): Pendidikan Dasar" : 7 Documents clear
Penguatan Pendidikan Karakter Di Madrasah

zarkasi, Taqiudin

AL-Mutaaliyah : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol 3 No 1 (2018): Pendidikan Dasar
Publisher : LP2M STAI Darul Kamal NW Lombok Timur

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (288.004 KB)

Abstract

Seiring dengan perkembagan zaman dan kemauan teknologi bangsa indonesia sudah mampu mengukir prestasi di kancah internasioanl, tidak ketinggalan bidang pendidikan, banyak pelajara Indonesia berhasil menjuari olimpiade sains, Komputer di tingkat dunia. Namun, tidak sedikit pula pelajar yang tidak punya tata krama, suka tawuran, minum minuman keras, senang narkotika, dan hobi kebut-kebutan mengendarai  sepeda motor di jalan raya.  kenyataan ini berbanding terbalik dengan tujuan pendidikan nasioanal dimana pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab, melalui pertauran presiden tahun 2017 no 87 tentang penguatan pendidikan karakter pemerintah lebih memperkuat pelaksanaan pendidikan karakter pada satuan pendidikan, telah teridentifikasi 18 nilai pembentuk karakter bangsa Indonesia yang bersumber dari Agama, Pancasila, Budaya, dan Tujuan Pendidikan Nasional. Sejalan dengan hal tersebut Pondok pesanantren yag mengelola lembaga pendidikan jauh sebelumnya sudah terlebih dahulu menggalakan penguatan pendidikan karakter melalui Tata karma dan akhlak serta peraturan untuk santri.

Nilai pendidikan karakter dalam wasiat renungan masa TGKH. M. Zainuddin Abd. Madjid

Hapizin, Khairul

AL-Mutaaliyah : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol 3 No 1 (2018): Pendidikan Dasar
Publisher : LP2M STAI Darul Kamal NW Lombok Timur

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (606.762 KB)

Abstract

Indonesia mengalami ketidakstabilan dalam berbagai aspek kehidupan, kesenjangan sosial terjadi di mana-mana di bidang pemerintahan terjadi  korupsi, kolusi, nepotisme. Kriminalisasi sosial, seperti pembegalan, pembunuhan, penyalahgunaan barang terlarang. Kemudian yang terjadi kesenjangan di kalangan muda, yaitu pergaulan bebas, westernisasi, perkelahian antar kelompok, aborsi, trek-trekkan, pesta narkoba. Melihat kejadian ketidaksesuaian kehidupan sosial masyarakat diperlukan pembenahan moral dan kekuatan keagamaan religiusitas, dalam hal ini dibutuhkan pendidikan karakter sebagai obat kegaduhan kehidupan masyarakat. Adapun fokus penelitian ini adalah: 1. Apa saja nilai pendidikan karakter dalam wasiat? 2. Bagaimana relevansi nilai pendidikan karakter dalam Wasiat Renungan Masa dengan al-Qur’ān? Penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif dengan kajian pustaka (library research). Sumber data primer bersumber dari buku Wasiat Renungan Masa Pengalaman Baru karya Tuan Guru Kyai Haji Muhammad Zainuddin Abdul Madjid, dan sumber sekunder berasal dari publikasi ilmiah berupa buku-buku, jurnal, artikel, dan hasil penelitian lain yang berkaitan dengan pemikiran Tuan Guru Kyai Haji Muhammad Zainuddin Abdul Madjid. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tahap-tahap dokumentasi dan mengidentifikasi karya-karya Tuan Guru Kyai Haji Muhammad Zainuddin Abdul Madjid dan mengklarifikasi nilai-nilai karakter yang terdapat dalam buku Wasiat Renungan Masa. Untuk teknik analisis data menggunakan historis kebahasaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai pendidikan karakter dalam Wasiat Renungan Masa. Hal ini dapat dilihat dari jumlah nilai karakter sebagai berikut: nilai religius, nilai nasionalis, nilai ikhlas, nilai sabar, nilai pemberani, nilai persatuan, nilai kebaikan, nilai ketaatan, nilai istiqamah, nilai amanah, nilai kejujuran, nilai keadilan, nilai rasa ingin tahu, nilai berbakti, nilai toleransi, nilai tawakkal, nilai saling menasihati, nilai hormat, nilai sosial, nilai disiplin, nilai teladan, dan nilai kerja keras. Peneliti berharap, penelitian ini dapat dijadikan wawasan pemikiran, acuan, dan rujukan tentang nilai pendidikan karakter dan dapat menjadi kontribusi bagi diri sendiri, orang tua, pendidikan dan lembaga pendidikan

Pengembangan petunjuk praktikum MATLAB dan Uji Efektivitasnya pada mahasiswa semester IV jurusan Pendidikan matematika IAIN Mataram

Munir, Muhammad

AL-Mutaaliyah : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol 3 No 1 (2018): Pendidikan Dasar
Publisher : LP2M STAI Darul Kamal NW Lombok Timur

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1254.857 KB)

Abstract

Produk yang dihasil berupa petunjuk praktikum MATLAB, yang berisi tentang materi-materi perkuliahan dengan menggunakan bahasa matlab. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektif atau tidaknya petunjuk praktikum pada mahasiswa semester IV jurusan pendidikan matematika IAIN mataram. Hasil analisis menunjukan bahwa, petunjuk praktikum MATLAB yang telah dikembangkan berdasarkan validitas oleh kedua pakar ahli baik dari validasi isi dan kontruksi dianyatakan valid. Sedang berdasarkan hasil dari responden yang dinyatakan mencapai ketuntasan sebanyak 124 mahasiswa atau setara dengan 80,5 % dan tidak tuntas 30 mahasiswa atau setara dengan 19,5%. Hasil uji hipotesis z bahwa petunjuk praktikum -1.557. Karena nilai uji z berada diantara -1,96 dan 1,96. Sehingga dapat disimpulkan petunjuk praktikum efektive pada mahasiswa semester IV jurusan pendidikan matematika IAIN Mataram.

Relationship Between Emotional Intelligence and Learning

Saharudin, Saharudin

AL-Mutaaliyah : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol 3 No 1 (2018): Pendidikan Dasar
Publisher : LP2M STAI Darul Kamal NW Lombok Timur

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (315.375 KB)

Abstract

   This study is a correlational research that aims to find the relationship between emotional intelligence and learning motivation with English writing skills description paragraph. This study used survey method with correlation with the number of 105 students in MTs and equal Classes VII District of East Praya, Central Lombok, West Nusa Tenggara province and selected randomly. Instrument in the form of questionnaires and tests validated through testing expertise and the calculation of Pearson Product Moment and reliability testing done using Cronbach Alpha. Verification of the hypothesis is done by regression analysis and found the regression model, and the correlation coefficient between emotional intelligence, learning motivation with English writing skills description paragraph. The results showed that the relationship between emotional intelligence with English writing skills description paragraph is .341 (α .05). The relationship between learning motivation and English writing skills description paragraph is .153 (α, .05). Found a correlation coefficient of emotional intelligence and learning motivation with English writing skills description paragraph is .580 (α, .05). Based on these results it can be concluded that English writing skills description paragraph can be influenced by emotional intelligence and students learning motivation.

Pembelajaran Kontekstual (Cotextual Teaching and Learning) dan Pemahaman Konsep Siswa

Afriani, Andri

AL-Mutaaliyah : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol 3 No 1 (2018): Pendidikan Dasar
Publisher : LP2M STAI Darul Kamal NW Lombok Timur

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (226.707 KB)

Abstract

Pembelajaran kontekstual adalah konsep belajar yang membantu guru mengkaitkan antara materi yang diajarkanya dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam proses mengajar, hal terpenting adalah pencapaian pada tujuan yaitu agar siswa mampu memahami sesuatu berdasarkan pengalaman belajarnya. pemahaman adalah suatu cara yang sistematis dalam mengartikan, menafsirkan, menerjemahkan atau menyatakan sesuatu dengan caranya sendiri setelah sesuatu itu diketahui dan diingat. Dengan menghubungkan antara apa yang peserta didik (siswa) pelajari dan bagaimana pengetahuan itu akan digunakan untuk memahami konsep-konsep akademis (seperti konsep-konsep matematika, fisika, atau biologi), tentunya sangat berguna bagi kehidupan mereka di masa datang atau saat mereka bermasyarakat ataupun saat di tempat kerja kelak yaitu dengan menggunakan pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Dengan demikian, hasil pembelajaran diharapkan lebih bermakna bagi siswa.

Menggairahkan Pendidikan Anti Minder bagi Anak

Rahim, Zaitur

AL-Mutaaliyah : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol 3 No 1 (2018): Pendidikan Dasar
Publisher : LP2M STAI Darul Kamal NW Lombok Timur

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (388.838 KB)

Abstract

Masa anak-anak merupakan masa paling elastis untuk memberinya dengan segudang pembelajaran. Namun, padamasa ana-anak sangat rentan dengan persoalan psikologi. Pembelajaran yang akan diberikan kepada seorang anak hendaknya bisa mempertimbangkan maslahat dan mafsadarnya. Pendidikan optimis bagi seorang anak menjadi pebelajaran hidup yang sangat krusial. Sebab, akan menjadi bekal bagi seorang anak untuk menata dan mnggapai mimpi kehidupannya.

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Ekosistem di SMA Negeri 2 Maumere

S, Mansur

AL-Mutaaliyah : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol 3 No 1 (2018): Pendidikan Dasar
Publisher : LP2M STAI Darul Kamal NW Lombok Timur

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (636.759 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 2 Maumere melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan materi ekosistem. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus tindakan yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA I SMA Negeri 2 Maumere dengan jumlah siswa 36 orang. Metode pengumpulan data meliputi motivasi belajar siswa dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD dan data hasil tes yang dilaksanakan setiap akhir siklus. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan motivasi belajar siswa mengalami peningkatan dengan pemberian kusioner pada siklus I dengan jumlah 36 orang siswa yang mempunyai sikap atau minat dengan kategori cukup 10 orang, baik 8 orang,  sangat baik 2 orang dan kurang 16 orang, sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan dengan jumlah siswa yang mempunyai sikap atau minat dengan kategori, cukup 5 orang, kurang 2 orang, baik 25 orang, sangat baik 4 orang. Hasil belajar menunjukkan adanya peningkatan presentase siswa yang tuntas belajar secara klasikal meningkat dari siklus I 69,44% meningkat sebesar 100% pada siklus II. Peningkatan nilai motivasi belajar siswa pada setiap siklus menunjukan bahwa pembelajaran model kooperati tipe STAD dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X IPA I SMA Negeri 2 Maumere.

Page 1 of 1 | Total Record : 7