cover
Filter by Year
ANTIVIRUS: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika
Articles
25
Articles
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MENENTUKAN DOSIS OBAT PADA ANAK MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING (Studi Kasus Di Klinik Dokter Umum Karanggayam - Srengat)

Mawaddah, Udkhiati, Fauzi, Muchtar

ANTIVIRUS: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika Vol 12, No 1 (2018): Mei 2018
Publisher : universitas islam balitar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (516.41 KB)

Abstract

Pembahasan utama dalam skripsi ini adalah perancangan dan pembuatan sistempendukung keputusan dengan metode forward chaining. Penelitian dalam skripsi inimenggunakan subjek penyakit anak dan dosis obat anak karena penentuan jenis penyakit dan dosis obat pada anak yang dilakukan sebelumnya masih ditentukan oleh dokter sendiri.Metode yang digunakan dalam pembuatan sistem pendukung keputusan ini adalah forward chaining untuk menentukan jenis penyakit pada pasien, di mana sistem digerakkan oleh fakta-fakta yang ada. Fakta tersebut diperoleh dari kondisi fisik pasien, atau disebut dengan gejala. Dalam pembuatan sistem pendukung keputusan ini diperlukan penggalian data yang bersumber pada pakar, dalam hal ini adalah dokter. Proses pengujian sistem pendukung keputusan ini menggunakan angket. Berdasarkan hasil kuisioner, sistem pendukung keputusan ini memiliki prosentase kemudahan program untuk digunakan oleh pengguna adalah sebesar 48,8%. Selain itu kesesuaian program ini juga mendapatkan prosentase yang besar juga.

SISTEM PAKAR PENENTUAN MOTIF DAN WARNA BATIK BERDASARKAN CIRI FISIK DENGAN METODE FORWARD CHAINING

Dhenabayu, Riska, Sari, Hesty Puspita, Yunita Sari, Silviana Valyanda

ANTIVIRUS: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika Vol 12, No 1 (2018): Mei 2018
Publisher : universitas islam balitar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (681.597 KB)

Abstract

Membatik merupakan teknik menghias kain tradisional Indonesia dengan menggunakan lilin untuk membuat pola dan desain. Penggunaan batik antara satu individu dengan individu lainnya memang berbeda, bergantung dari ciri fisik dan karakter pemakai agar terlihat bagus, elegan, dan jragem (berwibawa). Kesesuaian pengguna batik ini merupakan hal yang penting mengingat kebutuhan masyarakat terhadap penampilan yang nyaman, pantas, dan menarik. Ingatan manusia dan ahli yang memahami batik sangatlah terbatas, maka diperlukan sebuah sistem untuk menjaga salah satu warisan budaya ini agar bisa bertahan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan menerapkan basis pengetahuan dan sistem pakar yang dapat dengan cepat mencocokan batik yang sesuai dengan ciri fisik pengguna khususnya batik Blitar. Sistem ini akan menarik kesimpulan dari beberapa jenis masukan yang masuk ke sistem berdasarkan warna kulit, ukuran pakaian, usia, dan jenis kelamin. Program ini menggunakan PHP sebagai bahasa pemrograman dan MySQL sebagai basis data sistem.

METODE FORWARD CHAINING PADA SISTEM PAKAR DALAM MENDIAGNOSIS PENYAKIT KULIT

Santi, Indyah Hartami, Septiawan, Ardita Irvan

ANTIVIRUS: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika Vol 12, No 1 (2018): Mei 2018
Publisher : universitas islam balitar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (442.833 KB)

Abstract

Kesehatan merupakan hal yang berharga bagi manusia karena siapa saja dapat mengalami gangguan kesehatan. Orang dewasa juga rentan terhadap berbagai macam penyakit. Penyakit kulit sering menyerang orang dewasa. Kulit merupakan organ terluar dan merupakan organ perlindungan pertama pada manusia sehingga jika terjadi sesuatu pada manusia maka organ yang lebih dahulu terkena adalah kulit. Ketersediaan seorang pakar masih terbatas dibandingkan dengan penderita yang mengalamai gangguan kulit. Sistem ini dirancang untuk dapat menirukan keahlian seorang pakar dalam menjawab pertanyaan dan menyelesaikan suatu permasalahan, khususnya di bidang kesehatan. Pemanfaatan teknologi dalam bidang kesehatan sangatlah perlu terutama dalam membantu tugas seorang pakar kulit. Penelitian sistem pakar ini bertujuan untuk mendiagnosis penyakit kulit dengan menggunakan metode fordward chaining berbasis web yang disertai dengan cara pencegahan dan pengobatannya.

SISTEM INFORMASI LAYANAN KESEHATAN DENGAN MENGGUNAKAN CODEIGNITER PADA PUSKESMAS BULULAWANG

Yuniar, Eka, Muslim, Mochamad Hasanudin

ANTIVIRUS: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika Vol 12, No 1 (2018): Mei 2018
Publisher : universitas islam balitar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (386.583 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat Sistem Informasi Layanan Kesehatan pada Puskesmas Bululawang dengan menggunakan Codeigneter. Hal ini dikarenakan pada Puskesmas Bululawang belum memiliki sistem yang terintegrasi dalam hal pelayanan administrasi kepada pasien dan pengolahan laporan kepada Dinas yang kurang efektif dan efisien. Pembuatan sistem informasi layanan kesehatan ini dengan menggunakan codeigneter dengan berorientasi dengan objek, sedangkan metode penelitian dengan menggunakan metode prototype. Adapun data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data pasien dan data rekam medis pada Puskesmas Bululawang. Adapun pengujian sistem menggunakan metode blacbox dengan menguji fungsionalitas sistem, sedangkan variabel pengujian lain dengan menggunakan pengukuran waktu proses untuk menilai pengukuran metode kerja sistem. Penelitian ini menghasilkan proses pelayanan kesehatan pada Puskesmas lebih cepat sampai dengan 87,5%  untuk proses pendaftaran pasien, 99,7 % untuk proses pencarian data rekam medis, dan 97,02 % untuk proses pembuatan Laporan Medis.

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM MENENTUKAN JUMLAH PRODUKSI SERAGAM MENGGUNAKAN METODE FUZZY TSUKAMOTO

Kusuma, Abdi Pandu, Puspitasari, Wahyu Dwi, Gustiyoto, Tio

ANTIVIRUS: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika Vol 12, No 1 (2018): Mei 2018
Publisher : universitas islam balitar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (503.053 KB)

Abstract

Penentuan jumlah produksi merupakan salah satu proses pengambilan keputusan perusahaan yang cukup penting. Salah satu kesulitan penentuan jumlah produksi terjadi manakala berhadapan dengan ketidakpastian. Sistem Pendukung Keputusan (SPK) ini dikembangkan bertujuan untuk membantu menentukan jumlah produksi seragam berdasarkan data persediaan dan jumlah permintaan. Penelitian ini menggunakan metode fuzzy Tsukamoto yang menghasilkan suatu model dari suatu sistem yang mampu memberikan rekomendasi jumlah produksi yang diterapkan dalam suatu sistem pendukung keputusan. Metode fuzzy Tsukamoto dalam menentukan jumlah produksi berdasarkan 3 variabel yaitu jumlah permintaan, jumlah persediaan, dan jumlah produksi. Setiap variabel terdiri dari dua himpunan yang di kombinasikan hingga diperoleh empat aturan fuzzy, yang selanjutnya digunakan dalam tahap inferensi. Pada tahap inferensi, dicari nilai keanggotaan anteseden (α) dan nilai perkiraan jumlah produksi (z) dari setiap aturan. Jumlah barang yang akan diproduksi (Z) dicari dengan metode defuzzifikasi rata-rata terpusat. Pengujian akan dilakukan secara obyektif dimana SPK diuji secara langsung ke lapangan dan mengisi kuesioner mengenai kepuasan dengan kandungan point syarat user friendly dan dibagikan kepada karyawan dengan mengambil sample sebanyak 10 orang. Dengan adanya pengujian ini dapat di ketahui bahwa fitur yang telah disediakan mudah dipelajari dan mudah dipahami.

PERANCANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DENGAN MENERAPKAN METODE PROFILE MATCHING SEBAGAI ALTERNATIF PENENTUAN DOSEN FAVORIT PILIHAN MAHASISWA

Sanjaya, Himawan Eka, Kusuma, Abdi Pandu, Febrinita, Filda

ANTIVIRUS: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika Vol 11, No 2 (2017): November 2017
Publisher : universitas islam balitar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2209.332 KB)

Abstract

Tenaga pendidik atau kependidikan pada perguruan tinggi yang khusus diangkat dengan tugas utama mengajar adalah Dosen (PP. No.60 /1999). Dosen merupakan salah satu faktor penentu dalam keberhasilan proses pendidikan. Menurut UU No.14 Pasal 14 /2005, dosen wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani, dan memenuhi kualifikasi lain yang dipersyaratkan satuan pendidikan tinggi tempat bertugas, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Dengan demikian, dosen diharapkan mampu melaksanakan kinerjanya dengan baik dan tepat. Kinerja dosen pada suatu universitas dapat diketahui salah satunya melalui penilaian angket dosen favorit oleh mahasiswa.Penilaian angket ini dapat dikemas dalam suatu aplikasi Sistem Pendukung Keputusan sebab SPK memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah dengan kondisi semi terstruktur dan tak terstruktur.Pada penelitian ini, SPK dirancang dengan menggunakan metode Profile Matching. Pada aplikasi SPK ini, penilaian dosen favorit didasarkan pada tiga aspek utama sebagai acuan dalam pengambilan keputusan. Aspek yang digunakan, yaitu aspek interaksi, perilaku, dan pembelajaran. Dari aplikasi SPK yang telah dirancang, dilakukan pengujian degan menggunakan metode BlackBox. Hasil pengujian Blackbox menunjukkan bahwa aplikasi dapat berjalan 96,29% sesuai dengan yang diharapkan. Sedangkan untuk uji kelayakan pada ahli pemograman diperoleh nilai 3,08 (Cukup) dan untuk uji kelayakan penguji praktisi diperoleh nilai 3,7 (Baik). Perhitungan perankingan dari penguji praktisi, didapatkan dosen favorit pilihannya adalah M. Nasichin Al Muiz dengan nilai ranking 5,652.

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DENGAN MENERAPKAN METODE ELECTRE DALAM MENENTUKAN PRIORITAS CALON DEBITUR

Rahmad, Cahya, Wibowo, Dimas Wahyu, Saputra, Pramana Yoga

ANTIVIRUS: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika Vol 11, No 2 (2017): November 2017
Publisher : universitas islam balitar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1686.059 KB)

Abstract

Pinjaman dana tunai adalah fasilitas yang disediakan oleh PT. NSC Finance untuk konsumen melakukan pinjaman dengan jaminan BPKB Motor. Proses pengolahan pinjaman dana tunai di proses bagian marketing, survei, dan administrasi. Data yang dikelola adalah berkas pengajuan, surat perjanjian pinjaman dana tunai, motor diasuransikan, hasil survei, jumlah pinjaman, angsuran pinjaman dan pembayaran angsuran. Laporan yang diproses dalam pinjaman dana tunai adalah laporan berkas pengajuan, laporan angsuran konsumen, isi perjanjian pembayaran dan laporan motor yang digunakan. Proses input data dilakukan oleh admin atau Credit Marketing Suvervisor (CMS). Jika salah satu syarat tidak terpenuhi maka secara otomatis sistem akan menolak pengajuan pinjaman dana, sehingga dapat mengganggu pemasukan perusahaan. Oleh sebab itu, diperlukan sistem pendukung keputusan yang dapat membantu perusahaan dalam mengambil keputusan. Dengan menggunakan Sistem Pendukung Keputusan menggunakan ELECTRE diharapkan dapat mempermudahkan perusahaan dalam menentukan prioritas pinjaman dana kepada nasabah.

SISTEM PERAMALAN PENJUALAN PRODUK USAHA KECIL MENENGAH BERDASARKAN POLA DATA RIWAYAT PENJUALAN

Kusuma, Abdi Pandu, Santi, Indyah Hartami, Setiawan, Dennys

ANTIVIRUS: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika Vol 11, No 2 (2017): November 2017
Publisher : universitas islam balitar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (657.723 KB)

Abstract

Peramalan merupakan bagian dari sistem informasi manajemen yang dapat membantu pemilik perusahaan dalam pengambilan keputusan. Peramalan dapatberfungsi untuk memperkirakan penjualan dan penggunaan produk sehingga produk-produk itu dapat dibuat dalam kuantitas yang tepat. Proses peramalan memerlukan suatu metode yang tepat bergantung dari pola data yang ada dan informasi yang akan diramalkan serta tujuan yang hendak dicapai. Penelitian ini membahas tentang penerapan metode peramalan yang tepat pada suatu perusahaan sesuai dengan pola data yang ada. Metode peramalan yang digunakan adalah metode Trend Projection dan Double Exponential Smoothing. Metode peramalan Trend Projection lebih akurat apabila pola data yang ada pada perusahaan adalah pola data horizontal, sedangkan metode peramalan Double Exponential Smoothing akan lebih akurat apabila pola data yang ada pada perusahaan adalah pola data musiman.Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data penjualan produk UD Omah Jenang Kelapa Sari dari bulan Januari tahun 2013 sampai dengan bulan Juli tahun 2017. Berdasarkan hasil analisis dan pengujian sistem, sistem ini dapat membantu pemilik perusahaan dalam meramalkan penjualan produk pada periode bulan berikutnya sehingga dapat digunakan sebagai pendukung keputusan dalam merencanakan produksi setiap bulannya.

PENERAPAN METODE FORWARD CHAINING PADA PERANCANGAN SISTEM PAKAR DIAGNOSIS AWAL DEMAM BERDARAH

Lestanti, Sri, Kirom, Sabitul, Kustiari, Dini

ANTIVIRUS: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika Vol 11, No 2 (2017): November 2017
Publisher : universitas islam balitar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (411.21 KB)

Abstract

Demam berdarah merupakan penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes aegypti betina yang terinfeksi oleh arboviruses, dan bersifat menular berbahaya. Dalam penyelesaiannya membutuhkan suatu alat yang dikenal sebagai sistem pakar. Sistem pakar ini yang akan membantu user mendiagnosis suatu penyakit serta memberikan pengetahuan yang dibutuhkan terkait penyakit demam berdarah. Aplikasi ini dibangun untuk diagnosis awal demam berdarah dengan menggunakan penerapan Metode Forward Chaining. Hasil dari pengujian menunjukkan aplikasi ini dapat digunakan secara efektif untuk mendiagnosis penyakit demam berdarah.

SISTEM CERDAS PENENTUAN REKOMENDASI PEMILIHAN JALUR ANGKOT KOTA MALANG

Nurhasan, Usman, Amalia, Eka Larasati, Astuti, Elly Setyo

ANTIVIRUS: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika Vol 11, No 2 (2017): November 2017
Publisher : universitas islam balitar

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1710.124 KB)

Abstract

Penelitian ini mendiskusikan penerapan Struktur Diskrit, khususnya Graf, untuk menentukan jalur tercepat bagi transportasi umum Angkutan Kota (angkot). Jalur tercepat adalah jalur dengan jeda keterlambatan (latency) terkecil diantara dua node. Ada berbagai cara untuk menemukan jalur tercepat, namun tujuannya tetap sama yaitu untuk menemukan waktu perjalanan yang terpendek. Penelitian ini menerepkan metode A* untuk mencari jalur tercepat. Metode ini digunakan karena sederhana dan dapat mengakomodasi perhitungan dengan satu variabel, seperti jarak. Aplikasi yang dihasilkan dalam penelitian ini akan sangat berguna bagi pengguna transportasi umum.