cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
JURING (Journal for Research in Mathematics Learning)
ISSN : 26217430     EISSN : 26217422     DOI : -
Core Subject : Education,
Juring: Journal for Research in Mathematics Learning (pISSN 2621-7430 | eISSN 2621-7422) is a peer-reviewed publication with free access. The journal aims to publish original manuscripts on research and review from mathematics learning area. The main objective of the journal is to promote the discussion of issues related to mathematics learning in different levels and contexts. Published every six months, it receives original articles, and review article. Researchers of all countries are invited to submit their work, which will be evaluated by members of the Editorial Board. In the event of a tie, a third reviewer will be invited. Such works must be written in English and Bahasa. All items are preceded by a title and abstract in English. Each abstract should have approximately 150 words. For more details on the submission of papers see the author guidelines The originals should not have been published or submitted simultaneously to another journal.
Arjuna Subject : -
Articles 50 Documents
Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Model Generative Learning untuk Memfasilitasi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Pertama Kampar Siregar, Azhari P; Risnawati, R.; Nurdin, Erdawati
JURING (Journal for Research in Mathematics Learning) Vol 1, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (441.331 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) dalam pembelajaran matematika yang valid dan praktis, efektif, dan dapat memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi Persamaan Linear Dua Variabel. Pengembangan bahan ajar berupa LKS mengikuti model pengembangan ADDIE. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Siak Hulu di Kabupaten Kampar tahun pelajaran 2017/2018. Instrumen pengumpulan data berupa angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan kualitas LKS yang dikembangkan tergolong dalam kategori sangat valid ( ) dan sangat praktis (  untuk kelompok kecil dan  untuk kelompok besar). Sedangkan nilai   sebesar  dan nilai  pada taraf signifikan  sebesar  maka  atau , sehingga  diterima dan  ditolak. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan komunikasi matematis antara siswa kelas eksperimen dan siswa kelas kontrol. Hal tersebut menunjukkan bahwa LKS berbasis berbasis Model Generative Learning ini telah valid, praktis, efektif, dan dapat memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis siswa.
Peran Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Literasi Matematis dan Kemandirian Belajar Hidayat, Rahmat; Roza, Yenita; Murni, Atma
JURING (Journal for Research in Mathematics Learning) Vol 1, No 3 (2018)
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (286.76 KB)

Abstract

This article is based on the low ability of mathematical literacy and learning independence of learners. This article aims to describe the role of the PBL model of mathematical literacy and learning independence. The type of research used in this article is quantitative descriptive research conducted on students of class VIII MTs Darul Wasi'ah Simalinyang through interviews with learners and teachers, observation, and literature review analyzed descriptively.
Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Abdi, Muhammad; Hasanuddin, H.
JURING (Journal for Research in Mathematics Learning) Vol 1, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (186 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh pembelajaran TPS dan motivasi siswa terhadap kemampuaan komunikasi matematis pada siswa SMP Negeri 4 Tambang. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-G dan kelas VIII-E SMP Negeri 4 Tambang dan objek penelitian ini adalah pengeeruh penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa yang ditinjau dari motivasi belajar. Teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu anova dua arah (two way anova). Instrumen yang digunakan adalah tes uraian untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis siswa, dan angket untuk mengukur tingkat motivasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) terdapat perbedaan kemampuan komunikasi antara siswa menggunakan model pembelajaran TPS dengan siswa menggunakan model pembelajaran konvensional (2) terdapat perbedaan motivasi belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol (3) terdapat kontribusi antara motivasi belajar dengan komunikasi metamatis. (4) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi siswa terhadap kemampuan komunikasi komunikasi matematis siswa. dengan demikian secara umum model pembelajaran TPS berpengaruh terhadap komunikasi matematis yang ditinjau dari motivasi belajar siswa SMP Negeri 4 Tambang. 
Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan Pengetahuan Awal Siswa Firmansyah, Amalia; Hasanuddin, H.; Nelson, Zulkifli
JURING (Journal for Research in Mathematics Learning) Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (562.324 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang bertujuan untuk menyelidiki hubungan sebab akibat dengan cara memberikan perlakuan pada salah satu kelas dan membandingkan hasilnya dengan salah satu kelas yang diberikan perlakuan yang berbeda. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 TSPK dan VII-3 MTs Islamic Centre Al-Hidayah Kampar dan objek penelitian ini adalah pengaruh penerapan model pembelajaran CTL terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa yang ditinjau dari pengetahuan awal siswa. Teknis analisis data yang digunakan yaitu anova dua arah. Instrumen yang digunakan adalah tes uraian untuk mengukur pengetahuan awal dan kemampuan komunikasi matematis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran CTL dengan terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, tetapi tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan pengetahuan awal siswa terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa.
Pengembangan Modul Matematika Berbasis Active Learning Untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Andriadi, A.; Fitraini, Depi; Suhandri, S.
JURING (Journal for Research in Mathematics Learning) Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (227.236 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan modul matematika berbasis active learningyang valid dan praktis serta untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa setelah menggunakan modul matematika berbasis active learning. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 16 Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah kelas VII SMP Negeri 16 Pekanbaru dan objek penelitian ini adalah modul matematika berbasis active learning. Jenis data penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan kuantitatif. .Berdasarkan uji validitas,modul matematika berbasis active learningdinyatakan valid dengan persentase tingkat kevalidan 75,15%. Berdasarkan uji praktikalitas, modul matematika berbasis active learning dinyatakan praktis dengan persentase tingkat kepraktisan 71,61%. Dari hasil tersebut, mengidentifikasikan bahwa modul yang dikembangkan valid dan praktis. Berdasarkan tes kemampuan berpikir kreatif matematis siswa setelah menggunakan modul matematika berbasis active learning, kemampuan berpikir kreatif matematis siswa diperoleh persentase tingkat penguasaan yaitu 84,77%yang termasuk pada kategori tinggi.
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama di Kampar Yunita, Seswira; Andriani, Lies; Irma, Ade
JURING (Journal for Research in Mathematics Learning) Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (313.06 KB)

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada permasalahan rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Untuk mengatasi permaslahan tersebut, dilakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian Two Group Posttest Only Design dan menggunakan teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP di Kampar. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII 3 SMP IT Al-Ihsan Boarding School sebagai kelas eksperimen yang diberikan pembelajaran model group investigation (GI), dan VIII 2 sebagai kelas kontrol yang diberikan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah angket motivasi belajar siswa dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t dan anova dua arah (two way anova). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dengan siswa yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional. (2) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dan motivasi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Hasil penelitian tersebut  memberikan kesimpulan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe group investigation memberikan pengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Akan tetapi jika ditinjau dari motivasi belajar, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation tidak memberikan pengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Aktif Modeling The Way terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa SMK Taruna Pekanbaru Rahmayanti, Kiky Rizki; Hasanuddin, H.; Nelson, Zulkifli
JURING (Journal for Research in Mathematics Learning) Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (298.337 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran aktif Modeling The Wayterhadap kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari kemampuan awal siswa SMK Taruna Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XISMK Taruna Pekanbaru tahun ajaran 2016/2017. Sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling, terpilih kelas X TAV sebagai kelas eksperimen kelas X TKR2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 29 dan 30 siswa setiap masing-masing kelas. Teknik analisis data menggunakan uji-t dan anova dua arah (two factorial design). Instrumen yang digunakan adalah tes uraian untuk mengukur kemampuan awal dan kemampuan komunikasi matematis siswa. Hasil penelitian menunujukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran aktif Modeling The Wayterhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara kelas kontrol dan eksperimen. Hasil nya di peroleh bahwa  pada taraf signifikan 5% diperoleh . Tidak terdapat perbedaan kemampuan awal siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol yang hasil nya di peroleh  pada taraf signifikan 5% yakni . Adapun besar kontribusi kemampuan awal terhadap kemampuan komunikasi adalah  dan sisanya di tentukan oleh faktor lain. Tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.Dengan demikian secara umum pembelajaran aktifModeling The Wayberpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari kemampuan awal siswa SMK Taruna Pekanbaru.
Analisis Kesalahan Siswa SMP Berdasarkan Newman dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Berpikir Kritis Matematis pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Darmawan, Iwan; Kharismawati, Anis; Hendriana, Heris; Purwasih, Ratni
JURING (Journal for Research in Mathematics Learning) Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (407.843 KB)

Abstract

This study used a qualitative approach and the type of research conducted is descriptive. Taking the subjects of this study were 33 students of class IX SMP Negeri 16 Bandung academic year 2017/2018. Based on the results of data analysis shows that no students can answer correctly all the questions that have been given. Based on data analysis, it can be concluded that reading error 13.0%, comprehension 3.7%, transformation 12.2%, skill 9.7%, writing final answer 16.3% and carelessness 7.7%, errors done by students include: Newman's procedure is reading errors, comprehension errors, transformation errors, process skills errors, and errors in encoding errors and careless errors. The cause factor is not able to compose the meaning of the word thought into the form of a sentence matamatika, not understand the questions asked, less thorough, less able to capture information problems contained in the problem, forgot, lack of practice working on various story form problems. 
Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Model-Eliciting Activities untuk Memfasilitasi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Meisya, Sahara; Suhandri, Suhandri; Nufus, Hayatun
JURING (Journal for Research in Mathematics Learning) Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (398.394 KB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa SMP. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) matematika berbasis Model-Eliciting Activities (MEAs) yang valid, praktis, dan efektif untuk memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi kubus dan balok. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Penelitian dilakukan di SMPN 1 Rambatan dengan subjek penelitian adalah para ahli materi dan ahli media pembelajaran yang berasal dari dosen dan guru, serta siswa SMPN 1 Rambatan. Sampel penelitian adalah kelas VIII1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII2 sebagai kelas kontrol. Objek penelitian adalah LKS matematika berbasis MEAs. Instrumen pengumpulan data berupa angket dan soal tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan kualitas LKS matematika berbasis MEAs yang dikembangkan tergolong dalam kategori sangat valid (92,92) dan sangat praktis ( untuk kelompok kecil dan  untuk kelompok besar). Sedangkan berdasarkan hasil uji inferensial diperoleh bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan komunikasi matematis antara siswa kelas eksperimen dan siswa kelas kontrol. Hal tersebut menunjukkan bahwa LKS matematika berbasisMEAs ini telah valid, praktis dan efektif.
Pengembangan Lembar Kerja Siswa dengan Model Pembelajaran Koperatif Tipe Kreatif-Produktif untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Negeri 21 Pekanbaru Wahidah, Nazilatul; Hasanuddin, H; Hartono, Hartono
JURING (Journal for Research in Mathematics Learning) Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (558.076 KB)

Abstract

Abstrak. Penelitian ini didasarkan pada permasalahan rendahnya pemahaman konsep matematis siswa dan minimnya penggunaan lembar kerja siswa saat proses pembelajaran. Sebagai alternatif dari permasalahan tersebut dilakukan penelitian dengan mengembangkan Lembar Kerja Siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe kreatif-Produktif dalam pembalajaran Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan LKS matematika model Kreatif-Produktif yang valid dan praktis dalam memfasilitasi kemampuan pemahman konsep matematis siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 21 Pekanbaru. Subjek penelitian adalah 40 siswa kelas VIII.1 dan objek penelitian adalah LKS matematika berbasis Problem Based Instruction. Jenis data yang diambil dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data berupa angket uji validitas, angket  uji praktikalitas, dan tes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. LKS hasil pengembangan telah teruji dengan tingkat kevalidan 82,8% (sangat valid) dan tingkat kepraktisan 89,7% (sangat praktis). LKS model Kreatif-Produktif telah berhasil dalam memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa berada pada kriteria tinggi dengan persentase 92%. Berdasarkan hasil tersebut mengidentifikasikan bahwa LKS model kreatif-produktif yang dikembangkan valid dan praktis dalam memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.