cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
SUARA GURU
ISSN : 24776351     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) adalah jurnal ilmiah yang berfokus pada pengembangan dan aplikasi teori, pendekatan, sistem, metode, implementasi, and evaluasi penerapan kurikulum dan pembelajaran pada tingkat pendidikan dasar dan menengah. JPSSH menerima artikel hasil penelitian dan pemikiran di bidang pendidikan sosial, Sains, dan Humaniora yang terbit 4 kali dalam satu tahun
Arjuna Subject : -
Articles 17 Documents
Search results for , issue " Vol 3, No 2 (2017): SG vol. 3 No. 2, Juni 2107" : 17 Documents clear
PERPADUAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF KONVENSIONAL (CERAMAH) DENGAN COOPERATIF (MAKE – A MATCH) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN Ibrahim, Ibrahim
SUARA GURU Vol 3, No 2 (2017): SG vol. 3 No. 2, Juni 2107
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (401.729 KB) | DOI: 10.24014/suara guru.v3i2.3597

Abstract

Penerapan model pembelajaran modern baik kontektual maupun kooperatif di sekolah yang berada diwilayah pedesaan tidak semudah jika dibandingkan dengan sekolah yang berada diwilayak kota. Pemahaman dan pengetahuan serta pengalaman belajar sangat jauh berbeda, termasuk faktor lingkungan masyarakat, sekolah serta ketersediaan sarana dan prasarana penunjang pendidikan. Metode konvensional tidak mudah begitu saja ditinggalkan, maka dari itu penelitian ini dilakukan dengan kolaborasi antara model  konvensional dengan model kooperatif. Hail penelitian menujukkan bahwa nilai rata-rata mengalami kenaikan sebesar dari 66,04 menjadi 72,32 atau naik sebesar 9,52% pada siklus pertama. Sedangkan pada siklus kedua yaitu sebesar 66,54 menjadi 75,75 atau naik sebesar 13,85%. Jadi kolaborasi model pembelajaran konvensional-ceramah dengan model kooperatif- Make – A Match mampu meningkatkan hasil belajar siswa.
MENINGKATKAN PEMAHAMAN PERKALIAN ANGKA 1 – 10 DENGAN MENGGUNAKAN METODE 10 JARI PADA SISWA SEKOLAH DASAR Naim, Naim
SUARA GURU Vol 3, No 2 (2017): SG vol. 3 No. 2, Juni 2107
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (399.428 KB) | DOI: 10.24014/suara guru.v3i2.3602

Abstract

Penelitian ini dilakukan dalam rangka memberikan ketrampilan perhitungan perkalian angka 1 – 10 dengan alat bantu alami berupa 10 jari tangan. Konsep yang diberikan dilakukan denga 2 siklus, untuk siklus I perkalian angka 1 dan 10, kemudian angka 2,3 dan 4. Sementara pada siklus II perkalian angka 5 dan 9, kemudian angka 6,7 dan 8. Semua perhitunganya cukup dengan 10 jari tangan. Penelitian ini dilakukan pada kelas III SDN 21 Selat Baru Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis. Hasil penelitian tindakan pada siklus I menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa sebelum tindakan yaitu 64,81 dan setelah tindakan 75,00 yakni ada kenaikan sebesar 15,71%. Kemudian nilai rata-rata sebelum tindakan pada siklus II yakni sebesar 68,86 menjadi 77,27 setelah tindakan atau naik sebesar 12,21%. Artinya bahwa pemberian pemahaman dan ketrampilan perkalian dengan memanfaatkan 10 jari memiliki dampak yang cukup besar terhadap hasil belajar siswa.
PENGGUNAAN ALAT PERAGA LANGSUNG PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MATERI PECAHAN SEDERHANA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA Rusmawati, Rusmawati
SUARA GURU Vol 3, No 2 (2017): SG vol. 3 No. 2, Juni 2107
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (178.778 KB) | DOI: 10.24014/suara guru.v3i2.3607

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini adalah salah upaya meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III SDN 034 Tarai Bangun Kecamatan Tambang. Alat peraga akan memberi efek peningkatan terhadap proses pembelajran di kelas. Hal ini tampak dengan betambahnya minat siswa dan keaktifan siswa dalam belajar. Hasil penelitian juga menunjukkan ketika penggunaan alat peraga langsung siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran. Hasil pembelajaran matematika dengan materi pecahan sederhana yang dilakukan dua siklus dapat meningkatkn hasil belajar siswa. Hal ini terlihat berdasarkan nilai rata-rata kelas naik dari 65 sampai 78. Diharapkan kepada guru agar dapat menerapkan metode penggunaan alat peraga langsung dalam poses pembelajaran.
PENGGUNAAN ALAT PERAGA DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DAN SAINS Marnis, Marnis
SUARA GURU Vol 3, No 2 (2017): SG vol. 3 No. 2, Juni 2107
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (152.191 KB) | DOI: 10.24014/suara guru.v3i2.3612

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak penggunaan media atau alat peraga tehadap hasil pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) di kelas IV SD Negeri 022 Rantau Sialang Kecamatan Kuantan Mudik. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II, yang mana tiap-tiap siklus ini dilakukan beberapa tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dari penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga akan meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dan sains.
PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERVARIATIF UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI MENGAJAR GURU DI SDN 113 PEKANBARU Arnis, Arnis
SUARA GURU Vol 3, No 2 (2017): SG vol. 3 No. 2, Juni 2107
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (176.427 KB) | DOI: 10.24014/suara guru.v3i2.3603

Abstract

Hasil observasi penulis di SDN 113 Pekanbaru diketahui bahwa sebagian besar guru-guru di dalam mengajar lebih cenderung menggunakan metode ceramah tanpa menggunakan media pembelajaran. Hal ini menyebabkan siswa menjadi lebih cepat bosan di dalam mengikuti proses pembelajaran. Hanya sebagian kecil guru yang menggunakan media pembelajaran di dalam menunjang proses pembelajaran di kelas. Untuk itu diperlukan suatu usaha untuk meningkatkan kompetensi guru di dalam mengajar salah satunya adalah penggunaan media pembelajaran yang bervariatif. Penggunaan media pembelajaran yang bervariatif ini dapat menciptakan suasana pembelajaran efektif dan disukai oleh siswa juga dapat meningkatkan kompetensi guru. Penelitian ini telah dilakukan di SDN 113 Pekanbaru Tahun Ajaran 2016/2017 bulan September-Oktober 2016. Subjek penelitian tindakan sekolah ini dilakukan pada guru SDN 113 Pekanbaru dengan jumlah sampel 10 orang guru. Penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah dengan penerapan program pembinaan kedisiplinan. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan,pengamatan dan refleksi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran yang bervariatif dapat meningkatkan kompetensi mengajar guru di SDN 113 Pekanbaru tahun pelajaran 2016/2017. Pada siklus I penggunaan media pembelajaran oleh guru mencapai 74%. Pada siklus II penggunaan media pembelajaran oleh guru mencapai 88%.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD SISWA SEKOLAH DASAR Rosdiati, Rosdiati
SUARA GURU Vol 3, No 2 (2017): SG vol. 3 No. 2, Juni 2107
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (167.542 KB) | DOI: 10.24014/suara guru.v3i2.3608

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN 004 Toar Kecamatan Gunung Toar melalui model pembelajaran Kooperatif tipe STAD pada materi pokok pecahan semester II tahun pelajaran 2008/2009. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Untuk pengumpulan data, data aktifitas siswa dan guru dikumpulkan dengan cara pengamatan langsung di dalam kelas. Data hasil belajar siswa dikumpulkan dengan cara memberikan tes atau ulangan harian kepada siswa. Data yang telah dikumpulkan dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan analisis diperoleh bahwa data aktifitas siswa dan guru telah sesuai dengan perencanaan. Sedangkan analisis data tentang perkembangan nilai siswa menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar setelah tindakan. Dari analisis data tentang ketercapaian KKM diperoleh fakta bahwa terjadi peningkatan jumlah siswa yang mencapai KKM setelah adanya tindakan. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar matematika khususnya pada materi pokok pecahan.
PENGGUNAAN ALAT PERAGA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA Arlina, Neli
SUARA GURU Vol 3, No 2 (2017): SG vol. 3 No. 2, Juni 2107
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (88375.283 KB) | DOI: 10.24014/suara guru.v3i2.3613

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak penggunaan media atau alat peraga tehadap hasil pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) di kelas 1 SD Negeri 021 Pulau Komang Sentajo Kecamatan Kuantan Tengah. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II, yang mana tiap-tiap siklus ini dilakukan beberapa tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dari penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga akan meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dan Matematika.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK KANCING GEMERINCING DI SEKOLAH DASAR Erita, Nurmi
SUARA GURU Vol 3, No 2 (2017): SG vol. 3 No. 2, Juni 2107
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (181.818 KB) | DOI: 10.24014/suara guru.v3i2.3599

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 004 Toar melalui model pembelajaran Kooperatif Teknik Kancing Gemerincing pada materi pokok operasi hitung pecahan semester genap tahun pelajaran 2008/2009. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Untuk pengumpulan data, data aktifitas siswa dan guru dikumpulkan dengan cara pengamatan langsung di dalam kelas. Data hasil belajar siswa dikumpulkan dengan cara memberikan tes atau ulangan harian kepada siswa. Data yang telah dikumpulkan dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan analisis diperoleh bahwa data aktifitas siswa dan guru telah sesuai dengan perencanaan. Sedangkan analisis data tentang perkembangan nilai siswa menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar setelah tindakan. Dari analisis data tentang ketercapaian KKM diperoleh fakta bahwa terjadi peningkatan jumlah siswa yang mencapai KKM setelah adanya tindakan. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif teknik kancing gemerincing pada pelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar matematika khususnya pada materi pokok operasi hitung pecahan.
PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR- SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA SEKOLAH DASAR Murni, Murni
SUARA GURU Vol 3, No 2 (2017): SG vol. 3 No. 2, Juni 2107
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (397.684 KB) | DOI: 10.24014/suara guru.v3i2.3604

Abstract

Salah satu tugas seorang guru adalah bagaimana bisa melakukan transfer knowledge dengan baik dan sempurna. Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair-Share merupakan salah satu metode yang mampu memberikan nuansa pembelajaran aktif dan kreatif bagi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum dilakukan tindakan dengan metode ini pada siklus pertama rata-rata 64,44 dan pada siklus kedua 68,89. Sementara setelah dilakukan tindakan siklus pertama rata-rata 72,22 dan pada siklus kedua 83,33. Artinya metode think pair share mampu memberikan perubahan kenaikan nilai sebesar 12,07%  pada siklus pertama dan 20,96% pada siklus kedua.
PENGGUNAAN ALAT PERAGA DALAM PEMAHAMAN KONSEP BILANGAN PECAHAN DAN PENGGUNAAN METODE DISKUSI DALAM MEMBUAT RINGKASAN CERITA Marianis, Marianis
SUARA GURU Vol 3, No 2 (2017): SG vol. 3 No. 2, Juni 2107
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (150.599 KB) | DOI: 10.24014/suara guru.v3i2.3609

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peningkatan aktifitas dan minat belajar siswa kelas IV SDN 001 Teluk Beringin pada mata pelajaran matematika dan bahasa Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, yang mana tiap-tiap siklus dilakukan beberapa tahapan, yaitu: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan refleksi. Dari penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pemahaman konsep bilangan pecahan pada pembelajaran matematika. Penggunaan metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam membuat ringkasan cerita pada pembelajaran bahasa Indonesia.

Page 1 of 2 | Total Record : 17