cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
SUARA GURU
ISSN : 24776351     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) adalah jurnal ilmiah yang berfokus pada pengembangan dan aplikasi teori, pendekatan, sistem, metode, implementasi, and evaluasi penerapan kurikulum dan pembelajaran pada tingkat pendidikan dasar dan menengah. JPSSH menerima artikel hasil penelitian dan pemikiran di bidang pendidikan sosial, Sains, dan Humaniora yang terbit 4 kali dalam satu tahun
Arjuna Subject : -
Articles 14 Documents
Search results for , issue " Vol 2, No 3 (2016): Vol. 2 No. 3 desember 2016" : 14 Documents clear
MENINGKATKAN PENGUASAAN SISWA TERHADAP MATERI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DAN BAHASA INDONESIA MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERGA rahayu, sri
SUARA GURU Vol 2, No 3 (2016): Vol. 2 No. 3 desember 2016
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (348.322 KB) | DOI: 10.24014/suara guru.v2i3.2655

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak penggunaan media atau alat peraga terhadap hasil pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) di kelas 1 SD Negeri 007 Suka Damai Kecamatan Singingi Hilir Kabupaten Kuantan Singingi. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, yaitu siklus I dan siklus II, yang mana tiap-tiap siklus ini dilakukan beberapa tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dari penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga akan membantu dalam melaksanakan pembelajaran dan dengan model kooperatif dapat meningkatkan gairah siswa untuk belajar dan meningkatkan hasil belajar.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PKn Raflis, Raflis
SUARA GURU Vol 2, No 3 (2016): Vol. 2 No. 3 desember 2016
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (461.642 KB) | DOI: 10.24014/suara guru.v2i3.2660

Abstract

Judul Penelitian Tindakan Kelas ini adalah Penerapan Model Pembelajaan Think Pair Share Dalam Meningktkan Hasil Belajar PKn pada Siswa Kelas IV SD Negeri 004 Batu Sanggan Kecamatan Kampar Kiri Hulu Kabupaten Kampar Tahun 2013. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share diharapkan hasil belajar PKn siswa kelas IV SD Negeri 004 Batu Sangan meningkat. (2) Memotivasi guru dalam mengembangkan metode dan strategi dalam pembelajaran. (3) Meningkatkan kompentensi pedagogik guru dalam menyusun rencana, dan pelaksanaan proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK ini menggunakan metode pembelajaran Think Pair Share yang terdiri dari 3 langkah yaitu: Think (berfikir secara individual), Pair (berpasangan dengan teman sebangku) dan Share (berbagi jawaban dengan pasangan lain). Hasil penelitian menunjukkan: 1). Dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Think Pair Share, hasil belajar siswa setiap siklusnya mengalami perubahan secara signifikan. Hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 73,54 dengan ketuntasan 72,72%, lalu meningkat pada siklus  II menjadi 100,00 dengan ketuntasan 80,38%.  2). Setelah diterapkannya pembelajaran Think Pair Share yang tepat maka aktivitas dan prestasi belajar PKn pada Pokok Bahasan Sistem Pemerintahan pada Siswa Kelas IV SD Negeri 004 Batu Sanggan dapat meningkat. Siswa yang aktif dalam pembelajaran mencapai 96,36%  dan aktivitas pembelajaran kelompok mencapai 100%.
MINAT BELAJAR KOMPUTER SISWA SMP NEGERI 1 KUANTAN MUDIK Juasni, Juasni
SUARA GURU Vol 2, No 3 (2016): Vol. 2 No. 3 desember 2016
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (467.716 KB) | DOI: 10.24014/suara guru.v2i3.2665

Abstract

Dalam proses pendidikan, Guru merupakan faktor yang sangat penting dalam pencapaian tujuan pendidikan itu sendiri. Khususnya di sekolah menengah pertama, keberhasilan guru tidak hanya ditentukan oleh kompetensi guru dalam mengajar, mendidik, akan tetapi juga ditentukan oleh kemampuan guru dalam memanajemen bidang studi yang diajarkan. Oleh sebab itu, tugas guru di sekolah menengah pertama sangat kompleks dan berat, untuk mengemban masa depan anak didik. Penulis melakukan penelitian di SMP Negeri 1 Kecamatan Kuantan Mudik Kabupaten Kuantan Singingi. Subjek penelitian ini adalah guru pendidikan agama islam, sementara objek penelitian ini adalah aktivitas guru pendidikan agama islam di SMP Negeri 1 kecamatan kuantan mudik. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara dan angket. Selanjutnya data yang disajikan secara deskriptif dan di analisis dengan menggunakan persentase. Setelah dilakukan analisis terhadap data yang diperoleh melalui angket serta wawancara, maka diperoleh hasil denga angka persentase 71.66%. angka ini menunjukkan bahwa aktifitas guru komputer di SMP Negeri 1 Kecamatan Kuantan Mudik dikategorikan “sedang”.
HASIL BELAJAR FISIKA MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KEPALA BERNOMOR TERSTRUKTUR PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS israti, israti
SUARA GURU Vol 2, No 3 (2016): Vol. 2 No. 3 desember 2016
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (363.228 KB) | DOI: 10.24014/suara guru.v2i3.2656

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar fisika siswa pada pokok bahasan kinematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe kepala bernomor terstruktur. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA2SMAN 1 Kuantan Mudik tahun pelajaran 2006/2007 yang berjumlah 42 orang siswa. Instrumen pengumpulan data penelitian berupa soal tes hasil belajar. Tes diberikan kepada siswa setelah proses pembelajaran fisika selesai dilakukan. Dalam menganalisis data, digunakan teknik analisis deskriptif yang meliputi daya serap, efektifitas pembelajaran, ketuntasan belajar, ketuntasan deskriptor, penilaian afektif dan penilaian psikomotor. Hasil analisis data menunjukkan daya serap siswa rata-rata adalah 70,34% dengan kategori baik. Efektifitas pembelajaran 70,34% dengan kategori kurang efektif. Ketuntasan belajar siswa 66,67% dan ketuntasan deskriptor 62,5% dengan kategori tidak tuntas. Untuk penilaian afektif dikategorikan cukup baik (61,90 %) dan penilaian psikomotor dapat dilihat pada tabel 17 yang dikategorikan baik sekali (45,23 %).
PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR Ernalita, Ernalita
SUARA GURU Vol 2, No 3 (2016): Vol. 2 No. 3 desember 2016
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (336.993 KB) | DOI: 10.24014/suara guru.v2i3.2661

Abstract

Aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran matematika di kelas IV SDN 002 Muara Lembu Kecamatan Singingi Kabupaten Kuantan Singingi tahun ajaran 2013/2014 masih rendah, sehingga hasil belajarnya belum memenuhi KKM yang telah ditetapkan sekolah, sebab metode yang digunakan selama ini belum dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian Tindakan Kelas perlu dilaksanakan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan matematika realistik dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2010/2011 dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat langkah penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Untuk memperoleh data penelitian digunakan lembar obsevasi yang diisi oleh observer dan tes hasil belajar yang diberikan pada akhir siklus. Data aktivitas belajar siswa dianalisa dengan dengan menentukan jumlah dan persentase siswa yang terlibat pada setiap pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa dan hasil belajar siswa mengalami penigkatan, yang ditandai dengan meningkatnya jumlah siswa yang mencapai ketuntasan pada dua siklus yang dilaksanakan sesuai dengan KKM yang ditetapkan yaitu 65. Sebelum penerapan pendekatan matematika realistik, siswa yang mencapai ketuntasan hanya 12 siswa (37,5%). Setelah penerapan pendekatan matematika realistik melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD siswa yang mencapai ketuntasan mencapai 17 siswa (53%)  dengan nilai rata-rata 67,1 pada siklus I, kemudian terjadi peningkatan 31% pada siklus II, yaitu ada 27 siswa (84%)  yang mencapai ketuntasan dengan nilai rata-rata 85,2.
METODE PENUGASAN PADA PELAJARAN MATEMATIKA DAN DISKUSI PADA PELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA Jumaryati, Jumaryati
SUARA GURU Vol 2, No 3 (2016): Vol. 2 No. 3 desember 2016
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (373.619 KB) | DOI: 10.24014/suara guru.v2i3.2666

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode Penugasan pada pelajaran Matematika dan metode Diskusi pada pelajaran IPS. Penelitian yang di laksanakan oleh si peneliti merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dimana jenis dari penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, yaitu siklus I dan siklus II, yang mana tiap-tiap siklus ini dilakukan beberapa tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dari penelitian yang telah dilakukan dapat di tarik beberapa kesimpulan, antara lain: (1) melibatkan siswa menggunakan alat peraga dalam pembelajaran dapat memancing keaktifan siswa, sekaligus meningkatkan mutu pemahaman terhadap materi pelajaran, (2) penerapan metode dan media atau alat peraga yang tepat merupakan faktor yang menentukan keberhasilan seorang guru dalam menyampaikan materi pelajaran, dan (3) menjelaskan materi pembelajaran dengan memberikan contoh-contoh yang bervariasi dan dekat dengan lingkungan anak maka dapat meningkatkan penguasaan siswa.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK DUA TINGGAL DUA TAMU metriati, metriati
SUARA GURU Vol 2, No 3 (2016): Vol. 2 No. 3 desember 2016
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (353.334 KB) | DOI: 10.24014/suara guru.v2i3.2657

Abstract

Penelitian ini bertujuan  untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas IV SD Negeri 009 Sumber Jaya Tahun pelajaran 2008/2009, pada materi operasi hitung pecahan melalui model pembelajaran kooperatif Teknik Dua Tinggal Dua Tamu. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus mempunyai empat tahapan yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Sedangkan untuk pengumpulan data, data aktifitas siswa dan guru dikumpulkan dengan cara pengamatan langsung di dalam kelas. Dan data hasil belajar siswa di kumpulkan dengan cara memberikan test kepada siswa. Data yang telah dikumpulkan dianalisis secara descriptif.  Berdasarkan analisis diperoleh kesimpulan bahwa data tentang aktifitas siswa dan guru telah sesuai dengan perencanaan. Sedangkan analisis data tentang perkembangan nilai siswa menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar sesudah tindakan. Analisis data pada putaran 1, semua kelompok dikategorikan kelompok super, dan putaran ke 2 semua kelompok dikategorikan kelompok hebat dan baik. Dari analisis data tentang ketercapaian KKM diperoleh fakta bahwa terjadi peningkatan jumlah siswa yang mencapai KKM sesudah tindakan. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran kooperatif teknik dua tinggal dua tamu pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar matematika khususnya pada materi pokok operasi hitung pecahanpada siswa kelas IV SDN 009 Sumber Jaya Tahun Pembelajaran 2008/2009.
MOTIVASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMAHAMI PELAJARAN IPA DAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR Pawati, Yati
SUARA GURU Vol 2, No 3 (2016): Vol. 2 No. 3 desember 2016
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (234.339 KB) | DOI: 10.24014/suara guru.v2i3.2662

Abstract

Motivasi merupakan dorongan untuk memenuhi atau memuaskan kebutuhan agar tetap hidup. Dalam penelitian ini, motivasi yang di maksud adalah motivasi siswa dalam pembelajaran supaya seorang guru dapat melakukan intervensi dalam pengajaran yang tepat dalam proses pembelajaran.  Penelitian yang di laksanakan oleh si peneliti merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dimana jenis dari penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, yaitu siklus I dan siklus II, yang mana tiap-tiap siklus ini dilakukan beberapa tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun hasil dari penelitian yang dilakukan adalah dengan memotivasi dapat membantu siswa didalam menguasai atau memahami pelajaran dengan cepat yang disampaikan oleh guru.
METODE DISKUSI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR Itnawati, Itnawati
SUARA GURU Vol 2, No 3 (2016): Vol. 2 No. 3 desember 2016
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (250.871 KB) | DOI: 10.24014/suara guru.v2i3.2667

Abstract

Penerapan suatu metode dalam proses belajar mengajar sangat diperlukan, karena dengan adanya metode dalam proses tersebut, akan membuat siswa lebih tertarik dan termotivasi mengikuti pelajaran yang sedang berlangsung, salah satunya adalah metode diskusi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari metode diskusi yang dilakukan dengan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika di kelas V SD Negeri 002 Muara Lembu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dimana jenis dari penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, yaitu siklus I dan siklus II, yang mana tiap-tiap siklus ini dilakukan beberapa tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dari penelitian yang telah dilakukan, dapat di tarik kesimpulan bahwa metode diskusi dalam mengajar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas V SD Negeri 002 Muara Lembu, Kecamatan Singingi, Kabupaten Kuantan Singingi dengan ketuntasan hasil belajar sisiwa pada siklus I dan siklus II dari 25 siswa dengan hasil yang tuntas belajarnya sudah tuntas atau 75% sudah memahami materi pelajaran Matematika, jadi setiap siklus.
PEMBELAJARAN KOOPERATIF STRUKTURAL TEKNIK TWO STAY TWO STRAY (TSTS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA Mardiah, Rodiatul
SUARA GURU Vol 2, No 3 (2016): Vol. 2 No. 3 desember 2016
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (388.949 KB) | DOI: 10.24014/suara guru.v2i3.2653

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar matematika siswa Kelas VIII4 SMP Negeri 1 Kuantan Mudik pada meteri pokok prisma dan limas. Permasalahan hasil belajar siswa selalu rendah, hal ini disebabkan karena guru hanya aktif memberikan informasi saja dan kurang memberi kesempatan kepada siswa untuk berinteraksi dengan siswa lain sehingga siswa kurang berpatisipasi dalam bertanya, menjawab pertanyaan dan mengemukakan pendapat, sehingga suasana dalam kelas menjadi tidak hidup. Penulis melakukan satu tindakan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Penelitian dilaksanakan dua siklus dengan 8 kali pertemuan. Untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menghitung luas permukaan dan volume prisma dan limas melalui penerapan model pembelajaran kooperatif struktural teknik TSTS dilakukan tes. Dari data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif struktural teknik TSTS mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada materi prisma dan limas. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas dan hasil belajar siswa setiap siklus. Pada siklus satu rata-rata kelas 62,32. Pada siklus kedua menjadi 67,14. Dan jumlah siswa yang tuntas pada siklus pertama berjumlah 22 oarang atau 78,57% dan pada siklus dua meningkat menjadi 24 orang atau 85,71% dari 28 orang siswa. Dengan demikian penerapan model pembelajaran kooperatif struktural teknik Two Stay Two Stray (TSTS) untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII4 SMP Negeri 1 Kuantan Mudik Kabupaten Kuantan Singingi dapat diterima.

Page 1 of 2 | Total Record : 14