cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
SUARA GURU
ISSN : 24776351     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Suara Guru(Print ISSN 2477-6351): Jurnal Pendidikan Sosial, Sains dan Humaniora (SG-JPSSH) adalah jurnal ilmiah yang berfokus pada pengembangan dan aplikasi teori, pendekatan, sistem, metode, implementasi, and evaluasi penerapan kurikulum dan pembelajaran pada tingkat pendidikan dasar dan menengah. JPSSH menerima artikel hasil penelitian dan pemikiran di bidang pendidikan sosial, Sains, dan Humaniora yang terbit 4 kali dalam satu tahun
Arjuna Subject : -
Articles 112 Documents
PERPADUAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF KONVENSIONAL (CERAMAH) DENGAN COOPERATIF (MAKE – A MATCH) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN Ibrahim, Ibrahim
SUARA GURU Vol 3, No 2 (2017): SG vol. 3 No. 2, Juni 2107
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (401.729 KB) | DOI: 10.24014/suara guru.v3i2.3597

Abstract

Penerapan model pembelajaran modern baik kontektual maupun kooperatif di sekolah yang berada diwilayah pedesaan tidak semudah jika dibandingkan dengan sekolah yang berada diwilayak kota. Pemahaman dan pengetahuan serta pengalaman belajar sangat jauh berbeda, termasuk faktor lingkungan masyarakat, sekolah serta ketersediaan sarana dan prasarana penunjang pendidikan. Metode konvensional tidak mudah begitu saja ditinggalkan, maka dari itu penelitian ini dilakukan dengan kolaborasi antara model  konvensional dengan model kooperatif. Hail penelitian menujukkan bahwa nilai rata-rata mengalami kenaikan sebesar dari 66,04 menjadi 72,32 atau naik sebesar 9,52% pada siklus pertama. Sedangkan pada siklus kedua yaitu sebesar 66,54 menjadi 75,75 atau naik sebesar 13,85%. Jadi kolaborasi model pembelajaran konvensional-ceramah dengan model kooperatif- Make – A Match mampu meningkatkan hasil belajar siswa.
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SPIKPU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS PADA SISWA KELAS IX-3 SMP NEGERI 29 PEKANBARU TAHUN PELAJARAN Zulkarnaini, Emilidar
SUARA GURU Vol 1, No 1 (2015): SUARAGURU
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (336.777 KB) | DOI: 10.24014/suara guru.v1i1.2026

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar Bahasa Inggris siswa kelas IX-3 SMPN 29 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2015/2016 melalui penerapan metode pembelajaran SPIKPU. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), dengan menganalisis secara deskriptif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan pada bulan Juli sampai bulan Agustus 2015. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX-3 yang berjumlah 42 orang siswa terdiri dari 21 orang laki-laki dan 21 orang perempuan. Berdasarkan analisis data yang diperoleh peneliti, daya serap peserta didik sebelum PTK yaitu 74,05. Setelah PTK pada siklus I pertemuan 1 hasil belajar siswa adalah 82,6 dan pada pertemuan 2 sebesar 84,8. Pada siklus II pertemuan 3 hasil belajar siswa 88,1 dan pada pertemuan 4 sebesar 89. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran SPIKPU dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris pada siswa kelas IX-3 SMPN 29 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2015/2016.
HUBUNGAN ANTARA LIFE SKILL DENGAN MASALAH YANG DIALAMI SISWA KELAS II SLTP 1 TELUK KUANTAN Herwin, Herwin
SUARA GURU Vol 3, No 4 (2017): Vol. 3 No. 4, Desember 2017
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/suara guru.v3i4.4881

Abstract

Life skill atau kecakapan hidup adalah kecakapan yang dimiliki oleh seseorang untuk mau dan berani menghadapi problema hidup dan kehidupan secara wajar tanpa merasa tertekan, kemudian secara proaktif dan kreatif mencari serta menemukan solusi sehingga akhirnya mampu mengatasinya. Life skill tercipta sejak anak mulai terintegrasi dengan lingkungan. Semakin dewasanya seseorang seharusnya semakin mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawab kecakapannya. Sdangkan masalah adalah sesuatu yang dapat menghambat, merintangi dan mempersulit dalam usaha mencapai tujuan. Orang yang memiliki kecakapan hidup ditandai dengan 1) Respon yang ditampilkan selalu penuh dengan kesadaran terhadap keberadaan dirinya. 2) Perilaku lebih mengacu pada penalaran. 3) Memiliki kelebihan dalam keterampilan dalam berbicara. 4) Menghargai kecakapan yang dimilikinya. 5)Memiliki kepedulian sosial yang tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran sekaligus mencari hubungan antara Life skill dengan masalah. Populasinya terdiri dari tiga kelas dengan sampel 50%. Metode penelitian menggunakan korelasi. Hasil analisa data menunjukkan gambaran Life skill 80% kategori tinggi dan 20% kategori sedang. Gambaran masalah yang dihadapi siswa 3% dari kategori sedang, dan 97% dalam kategori rendah. Ditinjau dari uji korelasi ternyata Life skill dengan masalah yang dialami siswa diperoleh harga r = -0,77. Hal ini menunjukkan hubungan negatif yang sangat erat, artinya antara Life skill dan masalah yang dialami siswa terdapat hubungan yang negatif. Semakin tinggi Life skill yang dimiliki siswa maka semakin sedikit masalah yang dihadapi.
MENINGKATKAN PEMAHAMAN PERKALIAN ANGKA 1 – 10 DENGAN MENGGUNAKAN METODE 10 JARI PADA SISWA SEKOLAH DASAR Naim, Naim
SUARA GURU Vol 3, No 2 (2017): SG vol. 3 No. 2, Juni 2107
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (399.428 KB) | DOI: 10.24014/suara guru.v3i2.3602

Abstract

Penelitian ini dilakukan dalam rangka memberikan ketrampilan perhitungan perkalian angka 1 – 10 dengan alat bantu alami berupa 10 jari tangan. Konsep yang diberikan dilakukan denga 2 siklus, untuk siklus I perkalian angka 1 dan 10, kemudian angka 2,3 dan 4. Sementara pada siklus II perkalian angka 5 dan 9, kemudian angka 6,7 dan 8. Semua perhitunganya cukup dengan 10 jari tangan. Penelitian ini dilakukan pada kelas III SDN 21 Selat Baru Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis. Hasil penelitian tindakan pada siklus I menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa sebelum tindakan yaitu 64,81 dan setelah tindakan 75,00 yakni ada kenaikan sebesar 15,71%. Kemudian nilai rata-rata sebelum tindakan pada siklus II yakni sebesar 68,86 menjadi 77,27 setelah tindakan atau naik sebesar 12,21%. Artinya bahwa pemberian pemahaman dan ketrampilan perkalian dengan memanfaatkan 10 jari memiliki dampak yang cukup besar terhadap hasil belajar siswa.
tanggapan siswa terhadap pelaksanaan pelayanan penempatan dan penyaluran dalam bimbingan pribadi Faturrohman, Faturrohman
SUARA GURU Vol 2, No 1 (2016): SUARA GURU
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (298.162 KB) | DOI: 10.24014/suara guru.v2i1.2034

Abstract

Tanggapan Siswa Terhadap Pelaksanaan Pelayanan Penempatan Dan Penyaluran Dalam Bimbingan Pribadi Kelas V Dan VI SDN Se Rayon II Singingi. Tujuan dari penelitian ini adalah agar siswa dapat ditempatkan pada posisi tempat duduk dalam kelas sesuai dengan kondisi fisik/fsikisnya, mendapat tempat pada pilihan keterampilan dan kesenian sesuai dengan kemampuan bakat dan minat, agar siswa ditempatkan pada kegiatan ekstrakurikuler dan kelompok belajar sesuai dengan bakat, minat dan cita-cita. Penelitian ini dilakukan pada 145 orang siswa Sekolah Dasar Kelas V dan VI Rayon II Singingi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pelayanan penempatan dan penyaluran dalam bidang bimbingan pribadi sudah berjalan dengan baik. Namun demikian guru kelas V dan VI khususnya, dan guru yang lain pada umumnya yang berada di Sekolah dasar Lingkungan Rayon II Singingi harus tetap mempertahankan, bahkan meningkatkan layanan penempatan dan penyaluran secara optimal.
PENGGUNAAN ALAT PERAGA LANGSUNG PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MATERI PECAHAN SEDERHANA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA Rusmawati, Rusmawati
SUARA GURU Vol 3, No 2 (2017): SG vol. 3 No. 2, Juni 2107
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (178.778 KB) | DOI: 10.24014/suara guru.v3i2.3607

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini adalah salah upaya meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III SDN 034 Tarai Bangun Kecamatan Tambang. Alat peraga akan memberi efek peningkatan terhadap proses pembelajran di kelas. Hal ini tampak dengan betambahnya minat siswa dan keaktifan siswa dalam belajar. Hasil penelitian juga menunjukkan ketika penggunaan alat peraga langsung siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran. Hasil pembelajaran matematika dengan materi pecahan sederhana yang dilakukan dua siklus dapat meningkatkn hasil belajar siswa. Hal ini terlihat berdasarkan nilai rata-rata kelas naik dari 65 sampai 78. Diharapkan kepada guru agar dapat menerapkan metode penggunaan alat peraga langsung dalam poses pembelajaran.
MASALAH HUBUNGAN SOSIAL YANG DIALAMI OLEH SISWA KELAS II LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN ALFIS, JUWITA
SUARA GURU Vol 2, No 1 (2016): SUARA GURU
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/suara guru.v2i1.2039

Abstract

Rumusan masalah yang dikemukakan pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah gambaran masalah hubungan sosial yang dialami oleh siswa laki-laki; 2) Bagaimanakah gambaran masalah hubungan sosial yang dialami oleh siswi perempuan; Adapun yang menjadi populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas II SMK Negeri 1 Teluk Kuantan, sedangkan yang menjadi sampel untuk siswa laki-laki ditarik secara acak 30% dari jumlah populasi 298 orang, yaitu 91 orang. Dan untuk siswa perempuan diambil sebanyak 100%, yaitu 69 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Data yang diperoleh kemudian diolah secara kuantitatif dan kualitatif. Teknik analisa data yang digunakan adalah dengan membandingkan skor rata-rata actual dengan skor rata-rata hitung ideal. Dari hasil analisis data, maka didapatkan hasil sebagai berikut: secara umum semua siswa Kelas II SMK Negeri 1 Teluk Kuantan baik laki-laki maupun perempuan mengalami masalah sosial. Masalah hubungan sosial yang dialami oleh siswa laki-laki secara umum berada pada kategori rendah, dengan skor rata-rata actual dan persentase skor actual 26.66%. Apabila dilihat per responden, maka diketahui bahwa masalah hubungan sosial yang dialami siswa laki-laki yang berada pada kategori tinggi adalah 3 orang, 26.26%, sedang, 36,26%, dan rendah 55 orang 60,43%. Masalah hubungan sosial yang dialami oleh siswa perempuan secara umum berada pada kategori rendah, yaitu skor rata-rata 4 aktual, dengan persentase skor actual 26.67. Apabila dilihat dari per-responden maka diketahui bahwa masalah hubungan sosial yang dialami oleh siswa perempuan yang berada pada katetori tinggi adalah 2 orang (2.89%), sedang 28 orang (40.57%) dan rendah 39 orang (56.52%). Apabila dilihat dari masalah per item, hubugan sosial yang dialami oleh siswa lai-laki yang terbanyak adalah masalah tidak penting, diremehkan, atau dikucilkan orang lain, yaitu 37 orang (40.60%), dan item yang terendah adalah tidak mempunyai teman akrab, hubungan sosial terbatas, dan terisolir, yaitu sebanyak 9 orang (9.98%). Apabila dilihat per-item masalah hubungan sosial yang dialami oleh siswa perempuan, terbanyak adalah masalah mempunyai kawan yang tidak disenangi orang lain yaitu 45 orang (65.22%), dan terendah kurang peduli terhadap orang lain, yaitu 6 orang (8.68%).
PENGGUNAAN ALAT PERAGA DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DAN SAINS Marnis, Marnis
SUARA GURU Vol 3, No 2 (2017): SG vol. 3 No. 2, Juni 2107
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (152.191 KB) | DOI: 10.24014/suara guru.v3i2.3612

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak penggunaan media atau alat peraga tehadap hasil pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) di kelas IV SD Negeri 022 Rantau Sialang Kecamatan Kuantan Mudik. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II, yang mana tiap-tiap siklus ini dilakukan beberapa tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dari penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga akan meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dan sains.
HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KUANTAN MUDIK netrialis, netrialis
SUARA GURU Vol 2, No 2 (2016): Suara Guru
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (360.51 KB) | DOI: 10.24014/suara guru.v2i2.2401

Abstract

Penelitian Hubungan Konsep Diri dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kuantan Mudik Tahun Pelajaran 2009/2010 bertujuan untuk mengetahui profil konsep diri siswa, gambaran umum prestasi belajar siswa, dan hubungan signifikan antara konsep diri dengan prestasi belajar siswa. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel bebas (konsep diri siswa) dengan variabel terikat (prestasi belajar). Asumsi penelitian bahwa konsep diri, prestasi belajar setiap siswa bervariasi yang diukur dan diidentifikasi dengan indikatornya menggunakan alat ukur yang dikembangkan oleh Anwar Sutoyo. Hipotesis penelitian adalah terdapat hubungan yang positif yang signifikan antara konsep diri dengan prestasi belajar siswa. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kuantan Mudik yang berjumlah 75 siswa sedangkan sampel penelitian (sampel jenuh). Metode yang digunakan adalah korelasional. Hasil penelitian diperoleh gambaran konsep diri siswa secara umum berada dalam kategori sedang yaitu 77.3 %. Prestasi belajar siswa berada dalam kategori sedang yaitu 85.33 %. Uji korelasi produk momet diperoleh hasil Rxy 0.84, angka korelasi ini menunjukkan korelasi positif yang signifikan.
PERUBAHAN FUNGSI KESENIAN RARAK MAMOTI TOBO DAN BENTUK KOMPOSISINYA DI DESA SEBERANG PANTAI KUANTAN MUDIK SALFINI, SALFINI
SUARA GURU Vol 2, No 2 (2016): Suara Guru
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (210.888 KB) | DOI: 10.24014/suara guru.v2i2.2410

Abstract

Kesenian Rarak Mamoti Tobo merupakan salah satu musik tradisional yang terdapat di daerah Rantau Kuatan Mudik dengan fungsi umumnya untuk berkomunikasi labih lanjut antara sesama anggota dan sebagai sarana upacara sawah bersama-sama secara bergiliran menurut jumlah anggota tobo tersebut. Penelitian Perubahan Fungsi Kesenian Rarak Mamoti Tobo dan Bentuk Komposisinya di Desa Seberang Pantai Kecamatan Kuantan Mudik bertujuan untuk mengetaui faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya perubahan fungsi kesenian dari sarana upacara ritual menjadi sarana hiburan, kemudian mengetahui bagaimana komposisinya. Penelitian ini menggunakan metode diskriptif, yaitu penyajian data dengan teknik observasi, rekaman, wawancara dan kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan perubahan fungsi kesenian terjadi akibat dari faktor sosial budaya, ekonomi, dan agama. Bentuk komposisinya tergolong belum teratur dan berbentuk ensamble.   

Page 1 of 12 | Total Record : 112