Jurnal Teknologi Rekayasa
Published by Politeknik Sukabumi
TERA (Journal of Engineering Technology) is peer-review journal providing original research papers, case studies, and articles review in engineering technology field. The journal can be used as an authoritative source of scientific information for researchers, researcher academia or institution, industrial engineer, and government agencies. Paper topics of JTERA focused on engineering including informatics engineering, computer engineering, electrical engineering, mechanical engineering, industrial engineering, civil engineering, environmental engineering, and other topics related to engineering. JTERA is published by Politeknik Sukabumi and managed to be issued twice in every volume on June and December.
Articles
68
Articles
‚Äč
Generator Pulsa Spike Terprogram untuk Pemicu Transduser Ultrasonik

Hidayat, Darmawan, Ismail, Taofik, Syafei, Nendi Suhendi, Wibawa, Bambang Mukti

JTERA (Jurnal Teknologi Rekayasa) Vol 3, No 2: December 2018
Publisher : Politeknik Sukabumi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Salah satu metode pembangkitan gelombang ultrasonik berbasis piezoelektrik adalah dengan memicu transduser oleh pulsa singkat dan tegangan tinggi. Pulsa ini dapat dibangkitkan dengan pensaklaran (switching) tegangan tinggi searah (DC) oleh pulsa penggerak (drive). Makalah ini menyajikan perancangan dan fabrikasi generator pulsa-singkat tegangan-tinggi repetitif terprogram dengan berbasis mikrokontroler ATMEGA 128. Pulsa dibangkitkan dari mikrokontroler ATMega sehingga interval dan skala repetisi dapat diatur melalui tombol input. Parameter-parameter pulsa tersebut ditampilkan pada peraga LCD (Liquid Crystal Display) untuk mempermudah pengguna dalam operasional generator. Pulsa dari mikrokontroler diubah menjadi lebar pulsa yang lebih singkat melalui sebuah multivibrator monostabil. Pulsa dari multivibrator selanjutnya diubah menjadi sinyal singkat level +15V sebagai input gerbang MOSFET untuk pensaklaran tegangan tinggi DC lalu dikonversi menjadi sinyal spike negatif. Hasil pengujian menunjukkan bahwa pulsa singkat repetitif terprogram dapat dibangkitkan untuk pensaklaran tegangan DC oleh MOSFET. Lebar pulsa sinyal spike negatif dibangkitkan hingga 100 ns. Sinyal ini mampu memicu transduser 1 MHz untuk pembangkitan gelombang ultrasonik. Berdasarkan pengujian, dapat disimpulkan bahwa generator dapat membangkitkan sinyal spike negatif dengan repetisi yang terprogram dan sesuai dengan frekuensi kerja transduser ultrasonik.

Pemetaan Berbasis Komputer sebagai Sarana Penggambaran Potensi Wilayah Kecamatan Waluran Kabupaten Sukabumi

Setiawan, Iwan Rizal, Hartawan, George Pri

JTERA (Jurnal Teknologi Rekayasa) Vol 3, No 2: December 2018
Publisher : Politeknik Sukabumi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Kecamatan Waluran Kabupaten Sukabumi merupakan wilayah yang memiliki banyak potensi. Pada beberapa kesempatan, pihak kecamatan mengalami kesulitan dalam menggambarkan potensi wilayah yang dimiliki. Hal ini disebabkan belum adanya sarana yang representatif untuk menampilkan penggambaran potensi wilayah. Salah satunya, karena kurangnya informasi tentang perangkat lunak yang bisa digunakan untuk hal di atas yang diterima aparat kecamatan itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk membuat peta berbasis komputer sebagai sarana penggambaran potensi wilayah di Kecamatan Waluran Kabupaten Sukabumi. MapInfo digunakan sebagai perangkat lunak perancangan peta berbasis komputer dengan database dari Microsoft Access serta bantuan sarana grafis. Dengan adanya sistem ini, pihak aparat kecamatan ataupun masyarakat yang membutuhkan data akan dapat dengan mudah menterjemahkan potensi untuk diambil tindakan selanjutnya yang dianggap perlu. Adapun hasil akhir dari penelitian ini adalah adanya sebuah peta interaktif, tabel, serta grafik yang dapat menggambarkan kondisi potensi wilayah. Selain itu, sistem ini juga dapat memperlihatkan performa dari wilayah tersebut dan merepresentasikan update data yang dilakukan oleh pihak kecamatan dan instansi terkait, serta menampilkan dan mempublikasikanya dalam bentuk website.

Internet of Things: Sistem Kontrol-Monitoring Daya Perangkat Elektronika

Hendrawati, Trisiani Dewi, Wicaksono, Yuki Dwi, Andika, Erick

JTERA (Jurnal Teknologi Rekayasa) Vol 3, No 2: December 2018
Publisher : Politeknik Sukabumi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Saat ini energi listrik telah menjadi salah satu kebutuhan utama manusia karena semua lingkungan kehidupan manusia membutuhkan energi listrik. Setiap tahun konsumsi listrik terus mengalami peningkatan yang pada akhirnya membuat energi listrik menjadi sesuatu yang mahal. Dengan demikian diperlukan kesadaran serta usaha dari manusia untuk melakukan upaya penghematan energi listrik. Pada penelitian ini dirancang suatu sistem yang dapat mengontrol dan memonitoring pemakaian daya listrik, khususnya pada peralatan elektronika, yang memiliki konsumsi daya tinggi dengan memanfaatkan mikrokontroler berbasis konsep Internet of Things (IoT). Sistem dirancang menggunakan sensor arus ACS712 dan mikrokontroler Arduino Mega 2560 yang difungsikan untuk mengolah data parameter arus yang dibutuhkan untuk mendapatkan nilai konsumsi daya listrik. Kemudian nilai tersebut dimasukkan ke database MySql melalui modul Ethernet Shield, serta dapat ditampilkan pada aplikasi Android. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman php sebagai interface utama dan MySql sebagai pengolah datanya yang kemudian dikonversi menjadi aplikasi Android. Pengujian dilakukan satu per satu mulai dari sensor, mikrokontroler, komunikasi data, hingga aplikasi Android. Hasilnya menunjukkan bahwa sistem dapat bekerja dengan baik walaupun masih terdapat error pengukuran parameter.

Proyeksi Perubahan Penggunaan Lahan dan Dampaknya Terhadap Respon Hidrologi DAS Ciliwung Hulu

Robo, Sarif, Pawitan, Hidayat, Tarigan, Suria Darma, Dasanto, Bambang Dwi

JTERA (Jurnal Teknologi Rekayasa) Vol 3, No 2: December 2018
Publisher : Politeknik Sukabumi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penggunaan lahan di DAS Ciliwung Hulu setiap tahunnya mengalami konversi, sehingga berdampak pada aliran permukaan dan debit puncak. Penelitian ini bertujuan untuk memproyeksikan perubahan penggunaan lahan dan dampaknya terhadap respon hidrologi DAS Ciliwung Hulu. Tools yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari tools analisis perubahan penggunaan lahan dan proyeksi yaitu model CLUE-S dan untuk respon hidrologi menggunakan tools HEC-GeoHMS yang dipadukan dengan tools GIS. Proyeksi perubahan penggunaan lahan pada tahun 2030 dengan nilai Kappa akurasi 0,93. Nilai NSE untuk kalibrasi dan validasi model HEC-HMS berkisar antara 0,700 ‚?? 0,621. Hasil simulasi respon hidrologi dari hasil proyeksi penggunaan lahan tahun 2030 terhadap dengan debit puncak 111,3 m3/det dan volume limpasan 6,00 x 106m3.

Optimal Sizing and Placement of Wind-Based Distributed Generation to Minimize Losses Using Flower Pollination Algorithm

Santoso, Dian Budhi, Sarjiya, Sarjiya, Sakti, Fredi Prima

JTERA (Jurnal Teknologi Rekayasa) Vol 3, No 2: December 2018
Publisher : Politeknik Sukabumi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penempatan DG dapat mempengaruhi aliran daya dan tegangan pada bus di sistem distribusi. Oleh karena itu, penempatan DG harus diperhitungkan dan direncanakan secara detail agar dapat bekerja secara optimal. Penempatan DG yang tidak optimal dapat meningkatkan losses pada sistem, sehingga berpengaruh terhadap profil tegangan yang akan menurun. Penempatan dan kapasitas DG yang optimal dapat berpengaruh kepada peningkatan profil tegangan, mengurangi losses, peningkatkan kapasitas distribusi, dan peningkatkan keandalan pada sistem. Beberapa metode optimisasi banyak yang bermunculan mulai dari optimisasi klasikal, pendekatan analitis, sampai yang terbaru yaitu metaheuristik. Salah satu metode optimisasi metaheuristik terbaru adalah Flower Pollination Algorithm (FPA) yang merupakan metode optimisasi yang terinspirasi dari proses penyerbukan bunga. FPA lebih efisien dengan menghasilkan hasil yang lebih baik dan memiliki kecepatan konvergen yang lebih tinggi jika dibandingakan dengan metode metaheuristik lainnya. Pada penelitian ini, FPA digunakan untuk menentukan lokasi dan kapasitas wind-based DG yang optimal dengan single DG dan multi DG untuk meminimalkan rugi-rugi daya pada sistem tes IEEE 33-bus dan meningkatkan profil tegangan. Untuk mengetahui kinerja dari FPA, akan dibandingkan dengan metode optimasi lain. Selain itu, jumlah dan kapasitas wind-based DG yang dipasang pada bus terpilih akan diperhitungkan. Hasil simulasi menunjukkan bahwa metode yang diusulkan telah berhasil dengan baik menentukan lokasi dan kapasitas DG.

Segmentasi Kunjungan Wisatawan Domestik di Banyuwangi dari Aspek Travel Behavior dengan Metode Klastering

Pratama, Ananta Kusuma Yoga, Ainurrofiq, Ainurrofiq

JTERA (Jurnal Teknologi Rekayasa) Vol 3, No 2: December 2018
Publisher : Politeknik Sukabumi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Wisatawan yang berkunjung di Banyuwangi mempunyai berbagai perbedaan karakteristik, kebutuhan, keinginan dan tujuan dalam berlibur. Semakin bertambahnya mobilitas penduduk sebagai wisatawan di daerah Banyuwangi, maka perhitungan dan analisis segmentasi yang akurat berdasarkan data kuantitatif sangat diperlukan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui informasi profil wisatawan yang berkunjung ke daerah Banyuwangi dan dapat digunakan sebagai dasar perencanaan kebijakan pemasaran pada lokasi wisata yang tepat sasaran. Jumlah data yang ada besar dan bervariasi, maka digunakan suatu teknik segmentasi kuantitatif yaitu klastering k-means berdasarkan variabel  perilaku wisatawan (travel behaviour). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah pengambilan sampel secara sembarang (accidental sampling) dengan sampel responden sebanyak 90 orang yang diambil dari 3 lokasi wisata di Banyuwangi, yaitu Waduk Sidodadi Glenmore, Marina Boom, dan Bangsring Underwater. Dari klastering k-means terbentuk 5 segmen wisatawan yang berkunjung di Banyuwangi.

Implementasi Awal Sistem Manajemen Keamanan Informasi pada UKM Menggunakan Kontrol ISO/IEC 27002

Fauzi, Rokhman

JTERA (Jurnal Teknologi Rekayasa) Vol 3, No 2: December 2018
Publisher : Politeknik Sukabumi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Informasi merupakan aset organisasi yang harus dilindungi keamanannya. Sistem manajemen keamanan informasi diimplementasikan untuk melindungi aset informasi dari berbagai ancaman untuk menjamin kelangsungan usaha, meminimalisasi kerusakan akibat terjadinya ancaman, mempercepat kembalinya investasi, dan peluang usaha. Pada penelitian ini, standar internasional ISO/IEC 27001 dan analisis risiko metode OCTAVE-S digunakan dalam perancangan sistem manajemen keamanan informasi di salah satu perusahaan yang merupakan sebuah Usaha Kecil Menengah (UKM) yang bergerak di bidang engineering services. Sesuai dengan kondisi perusahaan, analisis risiko dilakukan menggunakan metode OCTAVE-S. Implementasi awal sistem manajemen keamanan informasi dilakukan menggunakan kontrol-kontrol pada ISO/IEC 27002. Prioritas utama hasil implementasi adalah penyusunan kebijakan dan prosedur serta peningkatan kesadaran keamanan informasi.

Perancangan Low Noise Amplifier Menggunakan Metode T-Junction pada Frekuensi 3 GHz

Charisma, Atik, Muflihati, Alni

JTERA (Jurnal Teknologi Rekayasa) Vol 3, No 2: December 2018
Publisher : Politeknik Sukabumi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Radar Coastal S-Band adalah sebuah radar maritim buatan dalam negeri yang dibuat untuk dapat diaplikasikan di kapal dan pantai. Pengembangan radar memanfaatkan Frequency Modulated Continuous Wave (FMCW). Berdasarkan kesesuaian dan polarisasi radar, maka penelitian ini akan merancang sebuah radar Coastal S-Band pada receiver dengan merancang sebuah Low Noise Amplifier (LNA) yang akan diaplikasikan pada sebuah permukaan kapal biasa (non-kapal perang). Penelitian dilakukan dengan metode pemodelan sistem melalui pendekatan simulasi. Peneliti memilih mikrostrip dengan metode T-Junction menggunakan transistor ATF-34143. Perancangan dimulai dari mengidentifikasi spesifikasi dari Low Noise Amplifier (LNA) kemudian memilih transistor yang akan dipakai untuk menyimpan data pada rangkaian. Setelah itu membuat rangkaian DC bias yang telah ditentukan selanjutnya menentukan rangkaian penyesuaian impedansi (matching impedance) dan melakukan tahap optimasi hingga memperoleh hasil perancangan yang sesuai spesifikasi.  Berdasarkan hasil simulasi dari perancangan Low Noise Amplifier (LNA) pada frekuensi 3 GHz memperoleh parameter gain (S21) sebesar 14,641 dB, penyesuaian impedansi pada parameter S11 sebesar -11,714 dB dan S22 sebesar -10,756 dB. Selain itu hasil simulasi juga menunjukan faktor kestabilan sebesar 1,117, noise figure sebesar 1,499 serta VSWR kurang dari dua pada masukan dan keluaran.

Analisis Dampak Perubahan Penggunaan Lahan Terhadap Hasil Air DAS Cicatih

Yusdinar, Haki, Tarigan, Suria Darma, Murtilaksono, Kukuh

JTERA (Jurnal Teknologi Rekayasa) Vol 3, No 2: December 2018
Publisher : Politeknik Sukabumi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perubahan penggunaan lahan dan hasil air beserta karakteristik hidrologi pada DAS Cicatih yang terjadi tahun 2006-2016. Penggunaan model hidrologi HEC-HMS digunakan untuk simulasi hasil air dan debit puncak terhadap penggunaan lahan berdasarkan pada skenario yang telah disusun. Pengaruh skenario perubahan penggunaan lahan ini dianalisis untuk melihat penggunaan lahan terbaik terhadap hasil air, debit puncak, serta KAT-KRA DAS Cicatih. Penggunaan lahan tahun 2006 diperoleh berdasarkan peta citra Landsat 5 ETM+ melalui metode supervised (maximum likelihood) dengan tingkat akurasi kappa sangat baik. Peta penggunan lahan tahun 2016 diperoleh dengan citra lansat 8 OLI TIRS dengan peta rujukan RBI dan Google Earth Pro serta groundcheck pada lokasi-lokasi tertentu. Penggunaan model HEC-HMS untuk hasil air dan debit puncak diperoleh pada tingkat akurasi Z > 20% dengan RMSE sebesar 13,4 m3/dt serta nilai NSE 0,649 sebagai kalibrasi model pada penggunaan lahan tahun 2006. Konsistensi model diujikan terhadap penggunaan lahan tahun 2016 dengan nilai Z > 20%, RMSE 14,1 m3/dt, serta NSE 0,579. Berdasarkan skenario yang disusun diperoleh penurunan hasil air pada penggunaan lahan skenario penerapan Rencana Tata Ruang dan Wilayah Kabupaten Sukabumi periode 2032 yaitu sebesar 9,03%, debit puncak 22,61% serta KRA dan KAT berturut-turut berkategori sangat rendah dan rendah.

Adsorbsi Warna Metylen Blue Menggunakan Powder dan Granular Activated Carbon Biji Binjai (Mangifera Caesia)

Suryawan, I Wayan Koko, Afifah, Anshah Silmi, Prajati, Gita

JTERA (Jurnal Teknologi Rekayasa) Vol 3, No 2: December 2018
Publisher : Politeknik Sukabumi

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Zat warna metylen blue adalah zat warna yang mudah didapat dan sering digunakan dalam berbagai bidang. Pewarna metylen blue yang digunakan harus diolah agar tidak terjadi pencemaran air, salah satu cara adalah dengan menggunakan adsorbsi. Proses adsorbsi membutuhkan adsorbet untuk media pengolahan. Binjai (Mangafera Caesia) adalah buah yang sering ditemui di daerah Bali dan Kalimantan Selatan. Biji buah Binjai dapat dimanfaatkan sebagai salah satu bahan adsorbet dalam proses adsorbsi. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui proses adsorbsi oleh Powder Activated Carbon (PAC) dan Granular Activated Carbon (GAC) dari bahan biji Binjai. Proses pembuatan arang dilakukan secara fisika pada suhu 660oC. Setelah terbentuk arang ukuran adsorbet dibagi menjadi dua jenis media berdasarkan ukuran yaitu PAC dan GAC.  Langkah selanjutnya adalah pencucian adsorbet kemudian aktivasi pada suhu 105oC dan aktivasi secara kimiawi dengan KMnO4. Penyisihan zat warna metylen blue untuk inisial konsentrasi 1, 5, 10, 20, dan 30 ppm adalah 57,06%, 90,05%, 91,33%, 94,81%, dan 95,21% (PAC) serta 75,30%, 93,78%, 96,13%, 97,23%, dan 96,86% (GAC). Isoterm yang memiliki nilai R2 paling tinggi adalah Temkin yaitu diatas 0,9. Hasil perhitungan isoterm Temkin menunjukkan nilai koefiesien Temkin (kT) adalah 62,87 L/g (PAC) dan 61,968 L/g (GAC).