cover
Filter by Year
IT JOURNAL RESEARCH AND DEVELOPMENT
Published by Universitas Islam Riau
Information Technology Journal Research and Development (ITJRD) adalah Jurnal Ilmiah yang dibangun oleh Prodi Teknik Informatika, Universitas Islam Riau untuk memberikan sarana bagi para akademisi dan peneliti untuk mempublikasikan tulisan dan karya ilmiah di Bidang Teknologi Informatika. Adapun ruang lingkup dalam jurnal ini meliputi bidang penelitian di teknik informatika, ilmu komputer, jaringan komputer, sistem informasi, desain grafis, pengelolaan citra dan multimedia.
Articles
42
Articles
‚Äč
Pembangunan Website E-CRM (Electronics Customer Relationship Management) pada House Of Smith Pekanbaru

Agustin, Wirta, Adlan, Radhi, Efendi, Yoyon

IT JOURNAL RESEARCH AND DEVELOPMENT Vol 3 No 2 (2019)
Publisher : UIR Press

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

CRM (Customer Relationship Management) merupakan cara untuk pengelolaan relasi antara sebuah perusahaan didalam konsumsi produk atau jasa yang diproduksi perusahaan tersebut. Berkembangnya teknologi, metode CRM pun mulai dikembangkan menjadi Electronic Customer Relationship Management (E-CRM). Banyaknya varian produk yang ditawarkan oleh House of Smith dapat dimanfaatkan sebagai strategi unggulan dalam menjaga loyalitas pelanggan. Perancangan aplikasi E-CRM pada House of Smith adalah membantu perusahaan mengetahui kebutuhan pelanggan secara personal serta mampu memberikan pelayanan yang sesuai dengan karakter konsumen dan memberikan informasi yang dibutuhkan, sehingga perusahaan dapat mempertahankan pelanggan yang sudah ada dan mendapatkan pelanggan baru. Metode penelitian yang digunakan adalah observasi dan wawancara langsung ke House of Smith. Hasil dari analisa dan perancangan aplikasi E-CRM berbasis web ini adalah membantu House of Smith untuk memenuhi kebutuhan pelanggan guna meningkatkan kepuasan pelanggan sehingga tetap menjadi pelanggan setia. Aplikasi E-CRM ini merupakan alat interaksi yang menciptakan hubungan antara perusahaan dengan pelanggan menjadi lebih baik

Analisa Dan Perancangan Jaringan Wireless Local Area Network Pada SMK Negeri 1 Rengat Barat

Siswanto, Apri, Evizal, Evizal, Kusmeli, Kusmeli

IT JOURNAL RESEARCH AND DEVELOPMENT Vol 3 No 2 (2019)
Publisher : UIR Press

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Jaringan komputer adalah jaringan yang memungkinkan komputer berkomunikasi satu sama lain dengan bertukar data. Dalam hal ini jaringan komputer telah banyak digunakan untuk membantu dunia dalam membantu transmisi data antar komputer satu sama lain untuk bekerja. SMKN 1 Rengat Barat adalah sekolah yang akan mengembangkan jaringan komputer untuk mengakses data dari setiap komputer di SMK N 1 Rengat Barat dengan menggunakan jaringan WLAN dimana penghubung antara komputer dengan satu komputer di SMKN 1 Rengat menggunakan data transmisi udara menggunakan frekuensi radio pengembangan teknologi WLAN SMKN 1 Rengat Barat tidak lagi menggunakan kabel dalam menghubungkan satu komputer ke komputer lainnya. Dalam perkembangan teknologi WLAN dapat memudahkan dalam kegiatan berbagi data antar komputer di SMKN 1 Rengat Barat dan juga aksesibilitas siswa SMKN 1 Rengat Barat dalam proses pembelajaran.

E-SKPI Fakultas Teknik Universitas Islam Riau

Suryani, Des, Labellapansa, Ause, Gunawan, Hendra

IT JOURNAL RESEARCH AND DEVELOPMENT Vol 3 No 1 (2018)
Publisher : UIR Press

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (320.34 KB)

Abstract

Penerapan Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) kepada setiap lulusan atau calon sarjana baru merupakan amanat kurikulum berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Hal itu dilakukan agar setiap lulusan perguruan tinggi di samping memiliki ijazah formal juga memiliki SKPI yang terkait dengan keahlian tertentu. Seiring diterapkannya kurikulum baru berbasis KKNI, Universitas Islam Riau perlu terus mensosialisasikan ke berbagai fakultas, khususnya jurusan sebagai ujung tombak pelaksanaan pendidikan. Salah satu hal terpenting dari KKNI tersebut adalah pemberlakuan mengenai kebijakan pemberian SKPI kepada setiap lulusan. Sekarang ini sudah eranya, untuk meningkatkan mutu akademik para lulusan juga mempunyai sertifikat keahlian di luar disiplin ilmunya. Berdasarkan hal tersebut, untuk mempercepat proses pemberian SKPI tersebut kepada para lulusan fakultas Teknik Universitas Islam Riau perlu sebuah sistem secara online yang dapat membantu para lulusan dan program studi. Dengan sistem E-SKPI ini, semua mahasiswa Fakultas Teknik yang sudah menyelesaikan tugas akhirnya dapat menginputkan dan mengupload semua sertifikat yang terkait dengan bidang ilmunya. Program studi dapat melakukan verifikasi dan menghasilkan SKPI ini secara online untuk diberikan kepada para lulusan.  

Audit Aplikasi Inventori Menggunakan Framework Cobit 4.1 Pada Store Nonna

Anderson, Ricky, Kevin, Kevin, Andry, Johanes Fernandes

IT JOURNAL RESEARCH AND DEVELOPMENT Vol 3 No 1 (2018)
Publisher : UIR Press

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Nonna merupakan toko yang menjual berbagai produk kecantikan dan kebutuhan wanita, dalam proses bisnis nya Nonna menggunakan aplikasi inventori untuk mendukung kinerja bisnis nya. Tujuan dari dilakukan nya audit pada toko ini adalah mengidentifikasi apakah aplikasi yang di gunakan sudah efektif dan efisien. Penulis akan menggunakan framework Cobit 4.1 sebagai pedoman audit. Pada proses audit ini penulis akan berfokus pada Deliver and Support dengan subdomain Deliver and Support 5 (Ensure Security System), Deliver and Support 7 (Educate and Train System), Deliver and Support 10 (Manage Problem), Deliver and Support 11 (Manage Data). Untuk teknik pengumpulan data, penulis akan melakukan observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Hasil data yang di terima akan di analisis dengan Maturity level. Dari hasil penelitian, di temukan bahwa Deliver and Support 5 berada pada level 1,3 (Initial Ad/Hoc), lalu pada domain Deliver and Support 10 dan Deliver and Support 11 memiliki nilai 2 (Repeatable but Intuitive). Dengan itu diketahui bahwa tata kelola sistem informasi yang di terapkan oleh Nonna Store kurang dari yang di harapkan, yaitu level 3 Definie. Untuk itu penulis akan memberikan beberapa rekomendasi kepada pihak menejemen untuk mencapai level yang di harapkan.

Perancangan Sistem Informasi Inventaris Barang Pada Sekolah SMA Negeri 4 Pematangsiantar

Siregar, Victor Marudut Mulia

IT JOURNAL RESEARCH AND DEVELOPMENT Vol 3 No 1 (2018)
Publisher : UIR Press

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (731.657 KB)

Abstract

Perancangan Sistem informasi inventaris barang ini dilakukan bertujuan untuk mempermudah pencatatan data barang yang cukup banyak dan rumit serta masih dikelola secara manual pada SMA Negeri 4 kota Pematangsiantar. Sistem informasi yang dirancang  terdiri dari beberapa bagian antara lain: pencatatan data tempat inventaris, pencatatan barang masuk, pencatatan barang keluar, mutasi barang serta pembuatan laporan barang masuk dan laporan barang keluar. Hasil implementasi dari Sistem informasi inventaris ini adalah pencatatan data inventaris serta pembuatan laporan inventaris lebih mudah untuk dilakukan. Dengan adanya sistem informasi inventaris barang ini, pekerjaan pendataan inventaris barang pada SMA Negeri 4 Pematangsiantar sudah dapat dilakukan dengan lebih cepat dan akurat.  

Simulasi Implementasi Intrusion Prevention System (IPS) Pada Router Mikrotik

Arta, Yudhi, Syukur, Abdul, Kharisma, Roni

IT JOURNAL RESEARCH AND DEVELOPMENT Vol 3 No 1 (2018)
Publisher : UIR Press

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (541.649 KB)

Abstract

Keamanan jaringan komputer merupakan bagian dari sebuah sistem yang sangat penting untuk menjaga validitas dan integritas data serta menjamin ketersediaan layanan bagi penggunanya. Sistem deteksi penyusup jaringan yang ada saat ini umumnya mampu mendeteksi berbagai serangan tetapi tidak mampu mengambil tindakan lebih lanjut. Namun disatu sisi manusia sudah sangat tergantung dengan sistem informasi. Hal itu yang menyebabkan statistik insiden keamanan jaringan terus meningkat tajam dari tahun ke tahun. Ini disebabkan karena kepedulian masyarakat yang sangat kurang terhadap sistem keamanan jaringan. Maka dari itu dibutuhkan sebuah sistem yang dapat membantu network administrator untuk digunakan sebagai monitor trafik jaringan dengan Intrusion Prevention System (IPS) yang  merupakan kombinasi antara fasilitas blocking capabilities dari Firewall.

Analisis Bukti Digital Facebook Messenger Menggunakan Metode Nist

Yudhana, Anton, Riadi, Imam, Anshori, Ikhwan

IT JOURNAL RESEARCH AND DEVELOPMENT Vol 3 No 1 (2018)
Publisher : UIR Press

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (489.934 KB)

Abstract

Facebook Messenger menjadi media sosial yang populer kedua setelah Whatsapp di tahun 2017. Meningkatnya jumlah pengguna Facebook Messenger tentu membawa dampak positif dan negatif, salah satu efek negatifnya adalah beberapa orang yang menggunakan Facebook Messenger melakukan kejahatan digital. Jika sebuah smartphone android menjadi bukti dalam kasus pidana dan Facebook Messenger terinstall di smartphone tersebut, maka pada aplikasi ini bukti digital dapat diidentifikasi dan dapat diharapkan menjadi pilihan untuk membantu penegakan hukum dalam mengungkap kejahatan digital. Proses identifikasi berdasarkan proses forensic mobile yang berdasarkan metode NIST (National Institute of Standards Technology). NIST memiliki panduan kerja baik itu kebijakan dan standar untuk menjamin setiap examiner mengikuti alur kerja yang sama sehingga pekerjaan mereka terdokumentasikan dan hasilnya dapat di ulang (repeatable) dan dapat dipertahankan (defendable). Penelitian ini menjelaskan gambaran umum bagaimana teknik-teknik yang dapat digunakan untuk mengembalikan bukti digital berupa text,gambar, dan audio pada Facebook Mesenger yang ada di Smartphone Android.

Analisis Kualitas Software Pada Pembangunan Mobile Game RPG Berdasarkan Kebutuhan Kualitas Untuk Mobile Game

Joni, Prakhas Candra

IT JOURNAL RESEARCH AND DEVELOPMENT Vol 3 No 1 (2018)
Publisher : UIR Press

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (417.384 KB)

Abstract

Mobile game merupakan aplikasi game yang terdapat dalam mobile phone. Ada beberapa genre mobile game yang berkembang saat ini, salah satunya yaitu Role Play Game (RPG). Berdasarkan survei yang dilakukan Agate Studio salah satu studio game yang produktif di Indonesia, game yang paling disukai gamer Indonesia sekarang saat ini adalah game bergenre Role Play Game (RPG). Hasil survei menunjukkan bahwa game RPG diperingkat pertama dengan presentase 46%. Namun masih sedikit developer game yang menjadikan game bergenre RPG sebagai game edukasi. Oleh karena itu , perlu dilakukan pengembangan edukasi bergenre RPG. Pada penelitian ini dilakukan analisis kualitas software pada pembangunan mobile game RPG berdasarkan kebutuhan kualitas untuk mobile game. model kualitas yang diusulkan untuk menganalisis kualitas mobile game adalah model kualitas untuk Mobile Game yang dikembangkan oleh Trisnadoli,dkk. Mobile game yang dibangun menggunakan kasus gigi yang bersifat edukasi sebagai pengimplementasian game untuk menganalisis kualitas game yang dihasilkan. Mobile game RPG dibangun dengan menggunakan tools Game Maker. Analisis hasil kualitas yang telah diusulkan membuktikan  kesesuaian dan kecocokan antara konsep mobile game RPG dengan nilai aktual dari masing-masing metrik yang di usulkan, rata-rata memiliki nilai kualitas yang baik dan sudah terpenuhi dari dua pengujian yang telah dilakukan.  

Implementasi Metode K-Means Dalam Pemetaan Kelompok Mahasiswa Melalui Data Aktivitas Kuliah

Rosmini, Rosmini, Fadlil, Abdul, Sunardi, Sunardi

IT JOURNAL RESEARCH AND DEVELOPMENT Vol 3 No 1 (2018)
Publisher : UIR Press

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (407.435 KB)

Abstract

Tingkat kelulusan sangat penting dalam proses akreditasi untuk meningkat kualitas suatu perguruan tinggi. Lulusnya seorang mahasiswa dinyatakan apabila dapat menyelesaikan masa studi pendidikan, dan diukur dari nilai IPK mahasiswa agar dapat memudahkan proses penyelesaian tugas akhir mahasiswa dan memantau hasil belajar dengan melihat aktivitas kuliah mahasiswa, agar mahasiswa tersebut dapat dinyatakan lulus tepat waktu atau tidak. Data Clustering merupakan salah satu metode Data Mining yang bersifat tanpa arahan (unsupervised). Ada dua jenis data clustering yang sering dipergunakan dalam proses pengelompokan data yaitu hierarchical (hirarki) data clustering dan non-hierarchical (non hirarki) data clustering. K-Means merupakan salah satu metode clustering/pengelompokan non hirarki. Teknik pengelompkan datanya sederhana dan cepat, adapun beberapa kriteria yang digunakan dalam pengelompokan yaitu IPK, Presesnsi, Organisasi Kampus, Tanggungan Biaya Kuliah, Pekerjaan dan Status sebagai parameter atau alat ukur untuk memudahkan dalam mengelompokan mahasiswa, hal tersebut bertujuan untuk melihat hasil perkembangan mahasiswa apakah dapat lulus tepat waktu atau tidak. Manfaat penelitian ini memudahkan program studi dalam mengawasi dan mengevaluasi perkembangan studi mahasiswa.

Pendeteksian Anomali Penggunaan Internet di LAN Universitas Islam Riau Indonesia

Rosa, Sri Listia

IT JOURNAL RESEARCH AND DEVELOPMENT Vol 3 No 1 (2018)
Publisher : UIR Press

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (725.392 KB)

Abstract

Meningkatnya lalu lintas jaringan internet di Local Area Network (LAN) akan berdampak pada kinerja akses internet. Sistem pemantauan ketidaknormalan lalu lintas internet sangat penting untuk mendeteksi penggunaan bandwidth internet secara tidak normal. Di Universitas Islam Riau (UIR) salah satu isu terkait penggunaan internet dan metode yan biasa digunakan adalah dengan memeriksa komputer melalui pemantau ke terminal utama LAN atau sumber penyedia internet. Penelitian ini menggunakan metode baru untuk sistem pemantauan yang memberikan informasi detail dengan menggunakan metode pemantauan jaringan dari berbagai perilaku dan riwayat trafik yang terhubung ke internet, sedangkan informasi detail bandwidth internet yang digunakan di pantau untuk di analisa. Lokasi penelitian dilakukan di kawasan LAN yang berada di Universitas Islam Riau, di area LAN kampus. Hasil analisa menunjukkan grafik pemantauan pada siang hari lebih besar karena kegiatan siswa hanya pada waktu itu, berbagai situs web yang di akses dan tautan lainnya oleh mahasiswa dan pegawai di lingkungan kampus dapat dideteksi termasuk durasi yang digunakan serta dengan waktu tertentu. Metode ini memberikan data yang terus menerus dan sangat akurat untuk menangkap penggunaan data yang tidak normal termasuk alamat Internet Protocol (IP) komputer atau perangkat yang terhubung ke internet. Sistem ini membantu operator untuk memberikan laporan terkait penggunaan internet dan pengguna yang terhubung serta data yang digunakan secara otomatis tanpa perlu di lakukan secara manual.