cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology
ISSN : 25416057     EISSN : 25414674     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
MUST is a journal of mathematics education, science, and technology published by the Faculty of Teacher Training and Education, Muhammadiyah University of Surabaya. This journal focuses on the publication of research results and scientific articles on mathematics education, science, and technology. MUST Journal is published twice in a year, on July and December.
Arjuna Subject : -
Articles 70 Documents
Aplikasi Persamaan Diferensial Biasa Model Eksponensial dan Logistik pada Pertumbuhan Penduduk Kota Surabaya Kurniawan, Arief; Holisin, Iis; Kristanti, Febriana
MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology Vol 2, No 1 (2017): JULY
Publisher : Muhammadiyah University of Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/must.v2i1.529

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aplikasi persamaan diferensial pada model pertumbuhan penduduk Kota Surabaya yaitu model eksponensial dan model logistik dan menentukan model yang terbaik antara model eksponensial dan logistik untuk pendugaan jumlah penduduk Kota Suabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang dilakukan dengan cara melakukan observasi dan menganalisa subjek . Subjek penelitian adalah data jumlah penduduk Kota Surabaya tahun 2011 hingga 2015. Sedangkan untuk mengetahui keakuratan dan keabsahan data penelitian menggunakan triangulasi sumber. Untuk Triangulasi data yang digunakan berasal dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) dan Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Surabaya. Dari hasil penelitian diperoleh model eksponensial IV dengan bentuk persamaan 𝑃(𝑡)=3.024.321 𝑒(−0,00676)𝑡. Sedangkan untuk model pertumbuhan penduduk yang kedua yaitu model logistik dari hasil analisis diperoleh persamaan 𝑃=3.388.807(0,12051)𝑒(0,05682)𝑡+1. Hasil penelitian juga menunjukkan dari kedua model pertumbuhan penduduk yang diperoleh bahwa model yang lebih akurat untuk pendugaan jumlah penduduk Kota Surabaya adalah model logistik. 
Analisis Perbandingan Pengiriman Barang Menggunakan Metode North West Corner dan Least Cost (Studi Kasus : PT. Coca Cola Amatil Indonesia Surabaya) Yusanti, Sheila Maulidyna; Dihardjo, Wudjud Soepeno; shoffa, shoffan
MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology Vol 2, No 1 (2017): JULY
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/must.v2i1.243

Abstract

Pengiriman barang di PT. Coca Cola Amatil Indonesia Surabaya tidak memperhitungkan masalah transportasi yang ditinjau dari jarak dan beban akomoditas pengiriman hasil produksinya ke beberapa tempat tujuan dengan menggunakan metode transportasi, melainkan PT. Coca Cola Amatil Indonesia Surabaya masih menggunakan hitungan berdasarkan arah jalur pengiriman yang dapat ditempuh searah oleh staff pengiriman. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui penyelesaian pengiriman barang menggunakan metode North West Corner dan Least Cost. Penelitian ini dilakukan di PT. Coca Cola Amatil Indonesia, Rungkut-Surabaya dengan subjek hasil produksi dari PT. Coca Cola Amatil Indonesia Surabaya dan objek adalah tempat tujuan distribusi hasil produksi dari PT. Coca Cola Amatil Indonesia Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif karena data hasil penelitian lebih berkenaan dengan interprestasi terhadap data yang ditemukan di lapangan. Teknik pengumpulan data diperoleh dari studi kepustakaan wawancara dan observasi. Kemudian data dianalisis dengan mereduksi, menyajikan, dan menarik kesimpulan. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Dengan adanya pengaplikasiaan metode North West Corner dan Least Cost pada pengiriman barang hasil produksi PT. Coca Cola Amatil Indonesia Surabaya, akan membantu pihak perusahaan khususnya bagian pengiriman barang dalam menentukkan rute pengiriman barang karena dengan menggunakan metode North West Corner dan Least Cost tersebut dapat menghitung biaya transportasi yang paling rendah dari satu gudang penyimpanan (depo) menuju ke tempat tujuan. Selain itu, diantara kedua metode yang digunakan dalam penelitian ini perhitungan dengan menggunakan metode Least Cost akan lebih tepat karena perhitungan pada metode tersebut didasarkan pada biaya terendah dari jumlah beban pada setiap perjalanan dari satu penyimpanan barang (depo) menuju ke tempat tujuan.
Penerapan Strategi Meaningful Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika UM Surabaya pada Mata Kuliah Pengantar Pendidikan Shoffa, Shoffan
MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology Vol 1, No 2 (2016): DECEMBER
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/must.v1i2.233

Abstract

Salah satu faktor yang seringkali dijadikan tolak ukur keberhasilan pendidikan adalah dengan melihat keberhasilan proses belajar-mengajar dalam mencapai tujuannya. Faktor lain yang sangat berperan saat ini adalah motivasi seorang peserta didik dalam rangka mempersiapkan dirinya untuk memulai sebuah proses belajar mengajar. Dalam usaha pencapaian tujuan pendidikan yang diinginkan tentunya banyak sekali metode-metode pembelajaran yang diterapkan pada kancah lingkungan pendidikan terutama bagi pendidikan yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi seorang peserta didik Proses pengajaran pengantang pendidikan sering menggunakan metode ceramah, mahasiswa kurang aktif. Hal ini menyebabkan hasil belajar siswa tidak tercapai secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa dengan menerapkan strategi meaningful learning dengan jenis penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Tiap siklus terdiri atas tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan tes, observasi, dan angket. Analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan analisis data penelitian, ketuntasan belajar mahasiswa meningkat, pada siklus I yaitu 60,98% dan siklus II meningkat menjadi 78,05%. Keaktifan dosen 67,97% pada siklus I dan 80,47% pada siklus II. Keaktifan siswa siklus I yaitu 51,22% dan siklus II yaitu 75,61%. Respon mahasiswa 75,61% yang menyatakan setuju dalam angket. Dari hasil tersebut, penelitian ini mencapai indikator keberhasilan dan dapat disimpulkan bahwa strategi meaningful learning dapat dilakukan dan diterima mahasiswa dalam pembelajaran mata kuliah pengantar pendidikan. 
Pengaruh Pembelajaran Matematika Diskrit dengan Blended Learning terhadap Hasil Belajar Aminah, Siti
MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology Vol 3, No 1 (2018): JULY
Publisher : Muhammadiyah University of Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/must.v3i1.1456

Abstract

Matematika Diskrit adalah mata kuliah wajib yang ditempuh oleh mahasiswa Teknik Informatika STIKI pada semester pertama. Namun, pembelajaran Matematika Diskrit yang sudah pernah dilakukan, kurang maksimal dalam penggunaan LMS. Penggunaan model pembelajaran yang tepat pada mata kuliah Matematika Diskrit dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Selain itu, selalu ada mahasiswa yang hadir tidak konsisten di setiap pertemuan. Akibatnya hasil belajar mahasiswa tidak baik. Artinya bahwa nilai akhir mahasiswa banyak yang mendapatkan nilai C atau kurang dari C. Oleh karena itu, dibutuhkan model sistem pembelajaran blended pada mata kuliah Matematika Diskrit yang dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh pembelajaran blended terhadap hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen One-Group Pre-Test Post-Test Design. Setelah dilakukan uji coba terhadap model sistem pembelajaran blended Matematika Diskrit, terjadi perbedaan terhadap hasil belajar setelah dilakukan pembelajaran blended. Dengan kata lain, pembelajaran blended berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar pada tingkat kepercayaan 95%. Model sistem pembelajaran blended matematika diskrit dikatakan valid dengan nilai 3,58. Model sistem pembelajaran blended matematika diskrit dikatakan praktis dengan nilai 3. Model sistem pembelajaran blended matematika diskrit dikatakan hampir efektif bagi mahasiswa dengan nilai rata-rata 2.9 dari seluruh indikator.
Pengetahuan Mahasiswa Calon Guru pada Pembagian Pecahan Pangaribuan, Firman
MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology Vol 1, No 1 (2016): JULY
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/must.v1i1.95

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman mahasiswa calon guru pada pembagian pecahan, dan perubahan pemahamannya pada pembagian pecahan dengan memperkenalkan pemahaman multiplikatif. Subjek penelitian adalah mahasiswa prodi Pendidikan Matematikan FKIP UHN angkatan 2012 sebanyak 40 orang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif disertai eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman mahasiswa pada pembagian pecahan, pengajuan soal cerita yang menyangkut pembagian pecahan, penyelesaian soal cerita yang menyangkut pembagian pecahan sesudah diperkenalkan pemahaman multiplikatif pada pembagian pecahan dengan menggunakan diagram skematik Vergnaud.
Media Game Edukasi Berbasis Budaya untuk Pembelajaran Pengenalan Bilangan pada Anak Usia Dini Panggayudi, Dwi Songgo; Suweleh, Wardah; Ihsan, Pramudana
MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology Vol 2, No 2 (2017): DECEMBER
Publisher : Muhammadiyah University of Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/must.v2i2.883

Abstract

Matematika merupakan ilmu pengetahuan yang perkembangannya dipengaruhi oleh konteks sosial budaya. Oleh karena itu, sangat mungkin pembelajaran matematika dengan mengintegrasikannyadengan budaya. Pengintegrasian ini berupaya untuk meningkatkan mutu atau kualitas pendidikan dalam rangka menghadapi tantangan global, salah satunya dengan melakukan pembelajaran matematika berbasis budaya dengan memanfaatkan teknologi.Potensi teknologi komputer sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematika tentang  pengenalan bilangan, sehingga perlu adanya pengembangan media pembelajaran game edukasi berbasis budaya dengan menggunakan aplikasi Adobe Flash CS6 Professional. Game edukasi merupakan suatu teknologi yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran inovatif guna menunjang kegiatan belajar mengajar. Sehingga, pemanfaatan game dalam dunia pendidikan merupakan suatu keniscayaan, dimana akan memberikan dampak yang positifdalam proses pembelajaran.Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan media pembelajarangame edukasi berbasis budaya yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran alternatif dalammengatasi kesulitan belajar siswa/i PAUD, serta sebagai cara inovatif untuk mengenalkan budaya Indonesia sejak dini. Jenis penelitian ini tergolong penelitian dan pengembangan. Prosedur penelitian dan pengembangan diadaptasi dari Thiagarajan dengan 4D yaitu Define, Design, Development and Dissemination. Teknik pengambilan data menggunakan wawancara, studi dokumentasi dan angket.Media Pembelajaran game edukasi valid dengan rata-rata persentase 83,50%, praktis dengan persentase 88,60%, dan efektif dengan rata-rata persentase 88,23% serta hasil perhitungan sumbangan keberhasilan penggunaan Media Pembelajaran game edukasi pada uji coba sebesar 90,44% (skala kecil) dan 85,19% (skala besar). Selain itu, untuk mengukur efektivitas media tersebut juga dapat dilihat berdasarkan skor pencapaian hasil belajar siswa yang menunjukkan rata-rata di atas KKM 75 (dalam hal ini 7,5). Secara keseluruhan, rata-ratanya di atas 7, meskipun terdapat 2 siswa pada uji coba skala kecil dan 3 siswa pada uji coba skala besar yang mendapat skor di bawah 7.
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) pada Pokok Bahasan Perbandingan di Kelas VIII C SMP R. Rahmat Balongbendo Sidoarjo Bahrudin, Mohammad Sony
MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology Vol 1, No 2 (2016): DECEMBER
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/must.v1i2.239

Abstract

Salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa adalah model pembelajaran yang diterapkan dalam proses pembelajaran. Banyak model pembelajaran tetapi ada salah satu model pembelajaran yang baik dan tepat untuk diterapkan yakni model pembelajaran yang menekankan aktivitas siswa untuk belajar dan mengarah pada permasalahan kehidupan sehari-hari sehingga dapat dimengerti oleh siswa, model pembelajaran problem based instruction. Jenis penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas VIIIC SMP R. Rahmat Balongbendo Sidoarjo Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian dilaksanakan dua siklus tindakan. Untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan teknik pengumpulan data metode tes, metode observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas VIIIC SMP R. Rahmat Balongbendo Sidoarjo mengalami peningkatan.  Data awal sebelum tindakan nilai UTS Genap 48,57% setelah diterapkannya model pembelajaran pada aspek kognitif siklus I 54,29% tuntas setelah dilakukan siklus II meningkat menjadi 100% tuntas. Peningkatan aktivitas siswa aspek afektif 73,10%  pada siklus I setelah dilakukan siklus II meningkat menjadi 80,65%. Peningkatan aktivitas siswa aspek psikomotor 70,86%  pada siklus I setelah dilakukan siklus II meningkat menjadi 80,76%.
Pemahaman Konsep Mahasiswa Perempuan dalam Menyelesaikan Masalah Grup Rahayuningsih, Suesthi
MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology Vol 3, No 1 (2018): JULY
Publisher : Muhammadiyah University of Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/must.v3i1.1629

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pemahaman konsep mahasiswa perempuan dalam menyelesaikan masalah grup. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Universitas Islam Majapahit, Mojokerto. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini diambil dari mahasiswa Program Studi pendidikan matematika, yaitu mahasiswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara berbasis tugas. Wawancara tersebut mengungkap pemahaman konsep berdasarkan indikator: Menjelaskan atau menyatakan ulang konsep dan menggunakan konsep grup dalam menyelesaikan masalah grup.  Data dalam penelitian ini berupa hasil wawancara dan tes masalah matematika.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemahaman konsep subjek, pada komponen menjelaskan atau menyatakan ulang konsep oparasi biner , sifat elemen identitas, sifat setiap elemen dan grup  memiliki invers terjadi miskonsepsi, subjek kurang tepat dalam menyatakannya. Pada konsep sifat tertutup dan sifat assosiatif, subjek dapat menjelaskan dengan tepat. Pada komponen memberi contoh dan bukan contoh. subjek belum mampu membedakan mana merupakan operasi biner dan mana bukan demikian juga himpunan yang mempunyai elemen identitas dan  himpunan yang setiap elemennya mempunyai invers. Subjek mampu membedakan mana yang merupakan  operasi biner yang bersifat assosiatif dan mana yang tidak bersifat assosiatif.. Demikian juga dalam memberi contoh grup, tetapi hanya dengan operasi biner penjumlahan dan perkalian serta bukan contoh. Pada komponen menggunakan konsep grup dalam menyelesaikan masalah grup. Subjek menunjukkan G diberikan operasi perkalian adalah grup, dengan menunjukkan sifat tertutup, sifat assosiatif, memiliki elemen identitas dan memiliki invers setiap elemen.
Penerapan Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) untuk Meningkatkan Hasil Belajarn Siswa pada Materi Luas Permukaan Kubus dan Balok Kelas VIII SMP Mardi Putera Surabaya Nuraini, Ovy; Ainy, Chusnal; Suprapti, Endang
MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology Vol 1, No 1 (2016): JULY
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/must.v1i1.100

Abstract

SMP Mardi Putera Surabaya menentukan nilai Standart Kelulusan Minimal (SKM) sebesar 75 untuk mata pelajaran matematika. Saat ini rata-rata nilai matematika pada beberapa siswa masih di bawah Standart Ketuntasan Minimal (SKM) salah satu faktor yang mempengaruhi yaitu pembelajaran masih terpusat pada guru. Sehingga siswa masih belum memahami konsep matematika secara maksimal Penelitian ini bertujuan untuk memngetahui pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada pelajaran matematika di SMP Mardi Putera Surabaya, peningkatan hasil belajar pada khususnya. Penelitian ini termasuk dalam jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) karena dalam penelitian ini dilakukan fase-fase tertentu untuk memperbaiki proses pembelajaran di kelas. Kelas penelitian ini adalah kelas VIII-C. Dari Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII-C SMP Mardi Putera Surabaya. Terlihat dari rata-rata nilai Ulangan Tengah Semester (UTS) siswa ke Siklus I yang memperoleh rata-rata 78,44 atau meningkat sebesar 15,15%. siklus I ke siklus II memperoleh rata-rata 79,25 atau meningkat sebesar 1,03%.
Pengembangan Media Presentasi Visual dengan Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Matematika di SMP Yulianti, Yulianti; Buchori, Achmad; Murtianto, Yanuar Hery
MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology Vol 2, No 2 (2017): DECEMBER
Publisher : Muhammadiyah University of Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/must.v2i2.859

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika. Metode yang digunakan ADDIE. (1) Analyze, analisis kebutuhan siswa menunjukkan siswa membutuhkan media pembelajaran. (2) Design, produk yang dihasilkan pada penelitian ini media presentasi visual powerpoint for android. (3) Development, media yang dikembangkan kemudian divalidasi oleh ahli media persentase 89% dan ahli materi 84% sehingga dikatakan valid. (4) Implementation, tanggapan siswa di kelas VIII C tingkat pencapaian sebesar 88% berada pada kategori praktis. (5) Evaluation, data dalam penelitian ini terdiri dari data awal berupa nilai yang diperoleh melalui nilai ulangan harian. Data akhir berupa nilai yang diperoleh melalui posttest. Hasil dari posttest kedua kelas dilakukan uji kesamaan dua rata-rata (uji-t pihak kanan) didapat diperoleh dan maka kesimpulan H0 ditolak. Jadi disimpulkan bahwa pengembangan media presentasi visual powerpoint for android dengan pendekatan kontekstual valid digunakan dan efektif serta praktis dari pada pendekatan saintifik pada pembelajaran matematika di SMP.