cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. jepara,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Dinamika Ekonomi & Bisnis
ISSN : 16938275     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Economy,
Jurnal Dinamika Ekonomi dan Bisnis diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNISNU Jepara menyajikan artikel ilmiah di Bidang Ekonomi dan Bisnis baik umum maupun syariah.
Arjuna Subject : -
Articles 171 Documents
ANALISIS KINERJA KEUANGAN DAN PENGELOLAAN INTERNAL BMT (STUDI KASUS PADA BMT-BMT DI KOTA SEMARANG) Widaryanti, Widaryanti
Jurnal Dinamika Ekonomi & Bisnis Vol 11, No 1 (2014)
Publisher : Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PENENTU PRESTASI PRAKTIK INDUSTRI SISWA SMKN 3 JEPARA ; Mualisin, Mualisin
Jurnal Dinamika Ekonomi & Bisnis Vol 9, No 1 (2012)
Publisher : Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstractSMK Negeri 3 Jepara in the process of learning requires their students to follow industry practice. The research purpose was to test the influence of home distance, learning achievement and motivation toward industry practice achievement. The research population was 393 students who were the XI Grade student of SMKN 3 Jepara during academic year 2009/2010. The sample was 80 students who were taken randomly. The obtained data were documented and then analyzed using multiple linear regressions. The research found that home distance was influence the industry practice achievement negatively on the contrary the learning achievement and the motivation was affect the dependent variable positively. Keywords: home residence, learning achievement, motivation, and industry practice achievement  AbstrakSMK Negeri 3 Jepara dalam proses pembelajaran mewajibkan siswa untuk mengikuti praktik industri. Tujuan penelitian untuk menguji pengaruh jarak, prestasi belajar, dan motivasi terhadap prestasi praktik industri. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas XI SMK Negeri 3 Jepara Tahun Pelajaran 2009/2010 sejumlah 393 siswa. Sampel sebanyak 80 siswa, yang diambil secara random. Data yang diperlukan dikumpulkan dengan dokumentasi, kemudian analisis data dengan regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa jarak tempat tinggal berpengaruh negatif, sedangkan prestasi belajar dan motivasi berpengaruh positif. Kata Kunci: jarak tempat tinggal, prestasi belajar, motivasi, dan prestasi praktik industri
EKONOMI ISLAM DAN NEGARA KESEJAHTERAAN (WELFARE STATE) Fuadi, Ariza; Santosa, Purbayu Budi
Jurnal Dinamika Ekonomi & Bisnis Vol 12, No 1 (2015)
Publisher : Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOUR (OCB) SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KINERJA KARYAWAN Bodroastuti, Tri; Ruliaji, Argi
Jurnal Dinamika Ekonomi & Bisnis Vol 13, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Komitmen Organisasi dan Kepuasan Kerja terhadap Organizational Citizenship Behaviour (OCB) dan dampak pada Kinerja Karyawan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari kuesioner. Jumlah sampel 118 responden yang merupakan keseluruhan populasi dari PT. Ritra Cargo Indonesia cabang Jawa Tengah sehingga digunakan sampel sensus. Teknik analisis yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM) dan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Komitmen Organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Organizational Citizenship Behaviour (OCB). Variabel Kepuasan Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Organizational Citizenship Behaviour (OCB). Variabel Komitmen Organisasi tidak berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan. Variabel Kepuasan Kerja tidak berpengaruh positif terhadap Kinerja Karyawan. Dan variabel Organizational Citizenship Behaviour (OCB) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan Abstract This study aimed to analyze the effect of Organization Commitment and Job Satisfaction on Organizational Citizenship Behaviour (OCB) and the impact on Employee Performance. The data used in this study was primary data obtained from questionnaires. Total samples were 118 respondents who constituted the entirety of the population of Ritra Cargo Indonesia, PT branch of Central Java so it used census samples. The analysis technique used was Structural Equation Modeling (SEM) and hypothesis testing using F test and t test. The result showed that variable Organization Commitment had positive and significant effect on Organizational Citizenship Behaviour (OCB). Variable Job Satisfaction had positive and significant effect on Organizational Citizenship Behaviour (OCB). Variable Organization Commitment had not effect positive on employee performance. Variable Job Satisfaction had not effect positive on Employee Performance. And variable Organizational Citizenship Behaviour (OCB) had positive and significant effect on Employee Performance
ANALISIS MINAT SISWA SLTA TERHADAP SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI NAHDLATUL ULAMA (STIENU) JEPARA Imron, Much
Jurnal Dinamika Ekonomi & Bisnis Vol 1, No 2 (2004)
Publisher : Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakTujuan studi ini adalalz untuk mengetahui perilaku konsumen, yaitu siswa lanjutan tingkat atas dalam mcmilih Perguruan Tinggi. Banyak faktor yang dapat digunakan sebagai baha11 pertimbangan hagi siswa,  dalam  memasuki  perguruan  tinggi,  tetapi pada  siswa  ini  hanya akan membahas pada minm siswa masuk pergurua11 tinggi ditinjau dari biaya perkuliahan, sarana dan fasilitas yang dimiliki, lokasi kampus serta banyakn_va altematif waktu perkuliaha11 yang  di sediakan.Studi ini hanya mengambil populasi dan sampel dari siswa tingkat lanjutan atas di bawah Lembaga  Pendidikan  Ma arif NU  di Jepara, serta analisis yang  digunakan  adalah regresi. Kata kunci: Perilaku Konsumen, Strategi, Pendapatan dan Pendidikan.
PENGARUH DIVERSIFIKASI PERUSAHAAN DAN PRAKTIK MANAJEMEN LABA TERHADAP STRUKTUR MODAL Zahrah, Fatimah; Muid, Dul; Prabowo, Tri Jatmiko Wahyu
Jurnal Dinamika Ekonomi & Bisnis Vol 14, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Capital structure is to balance or compare between external (long term capital) and internal capital. This study aims to provide insight into the relationship between corporate diversification and earnings management practices on capital structure at manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX). The variables include international market diversification, product diversification, asset-based management, project-based revenue management, and income smoothing. Sampling method used is purposive sampling technique. It is chosen 41 manufacturing companies as the sample. This research divides the sample into two sub-samples, i.e. multinational corporation diversification (MND) and domestic company diversification (DCD). The analysis used is multiple regression analysis preceded by the classical assumption test.The results of data analysis show that international market diversification, product diversification, asset based management, project-based revenue management, and income smoothing have a significant effect on capital structure on MND or DCD. Struktur modal adalah menyeimbangkan atau membandingkan antara modal eksternal (jangka panjang) modal dengan modal internal. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan wawasan tentang hubungan antara diversifikasi perusahaan dan praktik manajemen laba terhadap struktur modal pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Variabel yang diteliti antara lain diversifikasi pasar internasional, diversifikasi produk, manajemen berbasis aset, manajemen pendapatan berbasis proyek, dan perataan laba. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling. Sampel yang dipilih dalam penelitian ini sebanyak 41 perusahaan manufaktur. Penelitian ini membagi sampel menjadi dua sub sampel, yaitu diversifikasi perusahaan multinasional (MND) dan diversifikasi perusahaan domestik (DCD). Analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda didahului dengan uji asumsi klasik. Hasil analisis data menunjukkan bahwa diversifikasi pasar internasional, diversifikasi produk, pengelolaan pendapatan berbasis aset, manajemen pendapatan berbasis proyek, dan perataan laba memiliki pengaruh yang signifikan terhadap struktur modal terhadap MND atau DCD.
GANGGUANPOLITIKUANGTERHADAPPEMBANGUNAN Santoso, Purbayu Budi
Jurnal Dinamika Ekonomi & Bisnis Vol 3, No 1 (2006)
Publisher : Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstractWhen the election of regional chief hasnt been held yet directly. So money political practice is still easy to do. Recently, by the election of regional chief directly, money political practice assumed that is may be possible to do, by the way to give the materials to the party, which will nominate, even giving money and any helps to public figures who have many followers. With the more costs which given out by the regional chief that is nothing compares than his payment, so the actional fight againts the law can be done, by the public characters is paternalism, so money political practice can have large tripacts, which is in the end breaks the goals of development. Keywords: Money politic, Regional chief, Paternalism
ANALISIS PENGARUH SISTEM BAGIHASIL, PELAYANAN DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN MEMILIH PRODUK BMT AL-HIKMAH BANGSRI Zaenuri, Muhammad; Kristyassari, Bening
Jurnal Dinamika Ekonomi & Bisnis Vol 4, No 1 (2007)
Publisher : Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstractBanking products on the market very immeasurable, each having excellence. This matter will generate competition, to be able to muster fund and also channelling it to society. Purposes of this research is to analyse influence of sharing holder system factor, location and service to decision of client to chosen product BMT Al-Hikmah Bangsri.Independent Variable consist of sharing holder system, location and service, while dependent variable is decision of consumer to chosen product. Data type is primary data and secunder obtained with documentation and kuesioner. Research population is all consumer becoming client of BMT Al-Hikmah Bangsri which its amount unknown surely because is not available of data of research object. Amount ofsampel counted 100 taken client with technique of accidental sampling. Analysis technique the used is doubled linear regresi.Examination of hypothesis indicate that third independent variable (sharing holder system, location and service) having an positive effect and signiftkan to decision chosen product of BMT Al-Hikmah Bangsri by parsial and also simultan. Strongest variabel influence is location then sharing holder system and service. This matter indicate that especial consideration chosen product of BMT Al-Hikmah Bangsri because location. Keywords: sharing holder system, service, location and decision of consumerAbstraksiProduk-produk perbankan dan lembaga-keuangan-lainnya yang ditawarkan kcpada masyarakat sangat beragam, masing-masing mempunyai keunggulan yang bervariasi. Hal ini akan menimbulkan persaingan, untuk dapat menghimpun dana maupun menyalurkannya kembali kepada masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh faktor sistem bagi hasil, pelayanan dan lokasi terhadap keputusan nasabah untuk memilih produk yang ditawarkan BMT Al-Hikmah Bangsri.Variabel independen terdiri dari sistem bagi hasil, pelayanan dan lokasi, sedangkan variabel dependen adalah keputusan konsumen. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sckunder yang diperoleh dengan kuesioner dan dokumentasi. Populasi penelitian adalah seluruh konsumen yang mcnjadi nasabah BMT Al-Hikmah Bangsri yang jumlahnya tidak diketahui secara pasti karena tidak tersedianya data dari objek penelitian. Jumlah sampel sebanyak 100 nasabah yang diambil dengan teknik accidental sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda.Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa ketiga variabel independen (sistem bagi hasil, pelayanan dan lokasi) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan mcmilih produk BMT Al-Hikmah Bangsri baik pengaruh secara parsial maupun simultan. Variabel yang memiliki pengaruh paling kuat adalah lokasi kemudian pelayanan dan sistem bagi hasil. Hal ini menunjukkan bahwa pertimbangan utama, bagi nasabah memilih produk BMT Al-Hikmah Bangsri adalah karena faktor lokasi. Kata kunci: sistem bagi hasil, pelayanan, lokasi dan keputusan konsumen 
PENGARUH MANAJEMEN LABA TERHADAP KINERJA SAHAM PERUSAHAAN YANG MELAKUKAN RIGHT ISSUE Hidayat, Solikhul
Jurnal Dinamika Ekonomi & Bisnis Vol 8, No 1 (2011)
Publisher : Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

WORD-OF-MOUTH MARKETING SEBAGAI BAURAN KOMUNIKASI PEMASARAN Hasan, Hasan
Jurnal Dinamika Ekonomi & Bisnis Vol 6, No 2 (2009)
Publisher : Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstractWord-of-Mouth Marketing (WOMM) becomes more important in todays marketing communication activities. Rapid development of information and communication technology and decrease credibility of conventional promotion make it more effective tool for marketing communication. This article attempts to explore WOMM as a communication marketing mix from some literatures. This article divide in four section. The first, it shows the relevance and importance of WOMM. Second, it discuss the relationship of WOMM with marketing communication. Third, describe recent research in WOMM area. Finally, conclusions.Keywords: word-of-mouth marketing, marketing communicationAbstrakWord-of-Mouth Marketing (WOMM) menjadi semakin penting dalam aktivitas komunikasi pemasaran sekarang ini. Perkembangan informasi dan teknologi informasi yang pesat dan menurunnya kredibilitas promosi konvensional membuat WOMM menjadi alat yang lebih efektif dalam komunikasi pemasaran. Artikel ini akan mengeksplorasi WOMM sebagai bauran komunikasi pemasaran, dengan pembahasan dibagi dalam empat bagian. Pertama, mengenai relevansi dan pentingnya WOMM. Kedua, pembahasan mengenai hubungan WOMM dengan komunikasi pemasaran. Ketiga, mengenai penelitian mutakhir tentang WOMM, terakhir kesimpulan.Kata kunci: pemasaran mulut ke mulut, komunikasi pemasaran

Page 1 of 18 | Total Record : 171