JURNAL SEKOLAH
ISSN : -     EISSN : -
Articles
163
Articles
PENINGKATAN HASIL PEMBELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN PETA BUTA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DI KELAS V SD

Fajri, Sheila Nurul, Mushafanah, Qoriati, Muhajir, Muhajir

JS (JURNAL SEKOLAH) Vol 3, No 1 (2018): Desember 2018
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (335.228 KB)

Abstract

Abstrak : Peningkatan Hasil Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Media Pembelajaran Peta Buta Berbasis Model Pembelajaran Jigsaw di Kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Miroto 01 Semarang dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas 5 SD Negeri Miroto 01 Semarang. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitaif dan kualitatif. Secara kognitif terlihat nilai rata-rata siswa materi Peta dan Kenampakan alam di Indonesia pada siklus I rata-ratanya 64dengan persentase 46,34 %, pada siklus II rata-ratanya 71,5 dengan persentase 87,80%. Secara afektif siswa terlihat aktif dan tertarik dalam mengikuti pembelajaran, mudah memahami materi, dan siswa lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran IPS. Kata Kunci: Hasil Belajar IPS, Model Pembelajaran Jigsaw, Sekolah Dasar

PENGEMBANGAN MEDIA POP UP PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERINTEGRASI TEMA 7 BENDA, HEWAN, DAN TANAMAN DI SEKITARKU

Utari, Firliani Utari, Reffiane, Fine, Hadi, Husnul

JS (JURNAL SEKOLAH) Vol 3, No 1 (2018): Desember 2018
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (229.125 KB)

Abstract

Abstrak: Pengembangan Media Pop Up pada Pembelajaran Tematik Terintegrasi Tema 7 Benda, Hewan, dan Tanaman Di Sekitarku. Penelitian dan pengembangan ini dilakukan di tiga sekolah dasar yaitu SD Negeri Jatingaleh 01, SD Negeri Jatingaleh 02 dan SD Negeri Karanganyar Gunung 02 pada tanggal 10, 12, 19 April 2018. Penelitian ini menggunakan metodelogi penelitian Research and Development (R&D) dan model pengembangan  Borg and Gall. Rata-rata angket respon siswa sebesar 98,07% dengan kategori “Sangat Baik” dan Rata-rata angket respon guru sebesar 97,43% dengan kategori “Sangat Baik”. Berdasarkan analisis tersebut, menunjukkan bahwa pengembangan media buku pop-up bisa dikatakan valid dan praktis digunakan pada tema 7 benda, hewan, dan tanaman di sekitarku, subtema 3 tanaman di sekitarku kelas 1 Sekolah Dasar. Kata Kunci: Pengembangan, Media Buku Pop-Up

PENERAPAN ALAT PERAGA BENDA KONKRIT DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN MATEMATIKA

Yusmiati, Yusmiati

JS (JURNAL SEKOLAH) Vol 3, No 1 (2018): Desember 2018
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (333.007 KB)

Abstract

Abstrak: Penerapan Alat Peraga Benda Konkrit Dalam Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan Dan Pengurangan Matematika. Tujuan  diadakannya penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengoprasionalkan penjumlahan dan pengurangan pada mata pelajaran Matematika melalui alat peraga media konkrit peserta didik kelas I.B SD Negeri 35 Palembang. Mengingat dalam penelitian tindakan kelas ini peneliti adalah guru kelas I.B SD Negeri 35 Palembang. Maka subyeknya adalah peserta didik yakni peserta didik kelas I.B SD Negeri 35 Palembang semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari 29 peserta didik ditambah seorang kolaborator sebagai observer dalam kegiatan pembelajaran.  Ketuntasan belajar meningkat dari pra siklus,  siklus I  ke siklus II yaitu masing-masing 51,72%, 63,33% dan 86,21%. Pada siklus II ketuntasan belajar peserta didik secara klasikal telah tercapai dan mengalami peningkatan yang sangat baik. Kata Kunci: Matematika, Media Benda Konkrit

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA PADA MATERI RANGKAIAN ARUS SEARAH (DC) MELALUI STRATEGI PEMECAHAN MASALAH SISTEMATIS

Wakija, Yacobus

JS (JURNAL SEKOLAH) Vol 3, No 1 (2018): Desember 2018
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (208.985 KB)

Abstract

Abstrak: Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Pada Materi Rangkaian Arus Searah (DC) Melalui Strategi Pemecahan Masalah Sistematis. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (classroom action research), karena penelitian dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas XII IPA.4 SMA Negeri 1 Palembang  dengan jumlah 34 peserta didik.Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah meningkatnya pemahaman belajar peserta didik yang ditunjukkan dengan meningkatnya hasil belajar peserta didik dibandingkan dengan tahun sebelumnya yaitu minimal peserta didik memperoleh nilai 80. Sedangkan untuk keberhasilan klasikal jika 85% dari  seluruh  peserta didik  memperoleh  nilai  ≥ 80.  Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa ketuntasan belajar meningkat dari sebelum tindakan dan sesudah tindakan, yaitu; pra siklus (52,94%), siklus I (73,53%), dan siklus II (91,18%). Kata Kunci: Fisika, Hasil Belajar, Strategi Pemecahan Masalah Sistematis

PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK MATERI KENAMPAKAN PERMUKAAN BUMI UNTUK KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI REJOSARI 03 SEMARANG

Nurhikhmah, Desy Ayu, Mudzanatun, Mudzanatun, Royana, Ibnu Fatkhu

JS (JURNAL SEKOLAH) Vol 3, No 1 (2018): Desember 2018
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (237.143 KB)

Abstract

Abstrak: Pengembangan Media Pop Up Book Materi Kenampakan Permukaan Bumi untuk Kelas III Sekolah Dasar Negerirejosari 03 Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D). Respon guru di beberapa sekolah yang ada di UPP Kecamatan Watukumpul sebesar 96,25% dengan kriteria “sangat layak” sedangkan respon guru  SDN Rejosari 03 Semarang sebesar 100% dengan kriteria “sangat layak”. Hal tersebut menunjukkan bahwa media pop upbook telah berhasil dalam pengembangan media dan sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran di Sekolah Dasar.Produk akhir dari penelitian dan pengembangan ini berupa media pop upbook yang dikombinasikan dengan evaluasi tebak gambar untuk mengaktifkan siswa dalam pembelajaran IPA kelas III Sekolah Dasar. Kata Kunci: Pengembangan, Media, Pop Up Book, Kenampakan Permukaan Bumi

IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK UNTUK MENINGKATKAN PENILAIAN KINERJA GURU SMA NEGERI 1 PALEMBANG

Nasrul, Nasrul

JS (JURNAL SEKOLAH) Vol 3, No 1 (2018): Desember 2018
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar |

Abstract

Abstrak: Implementasi Supervisi Akademik Untuk Meningkatkan Penilaian Kinerja  Guru SMA Negeri 1 Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk  meningkatkan penilaian kinerja guru  pada SMA Negeri 1 Palembang melalui supervisi. Yang terlibat dalam kegiatan Supervisi akademik di Negeri 1 Palembang  ini terdiri atas guru-guru  mata pelajaran Pendidikan Agama, Pancasila dan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, dan Matematika SMA Negeri 1 kota Palembang. Subyek penelitian adalah guru mata pelajaran di SMA Negeri 1 Palembang dengan jumlah guru 9  orang, 1 orang guru laki-laki dan 8 orang guru perempuan. Adapun kompetensi pedagogik guru itu meliputi 1) Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual 2) Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik 3) Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu 4) Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik 5) Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran. Kata Kunci: Penilaian Kinerja, Supervisi Akademik

PENGARUH MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTU MEDIA POSTAKU (POSTER CITA-CITAKU) TERHADAP HASIL BELAJAR DI SEKOLAH DASAR

W., Oktarina Putri

JS (JURNAL SEKOLAH) Vol 3, No 1 (2018): Desember 2018
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (293.082 KB)

Abstract

Abstrak: Pengaruh Model Numbered Head Together Berbantu Media Postaku (Poster Cita-Citaku) terhadap Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik pada Tema 6 Sub Tema 1. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV A dan IV B SDN Jatingaleh 01 Semarang tahun pelajaran 2017/2018 yang masing-masing kelas berjumlah 25 siswa. Dengan uji normalitas awal kelas eksperimen diketahui L0

PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA PADA MATERI SIFAT KOLIGATIF LARUTAN

Rismansyah, Eduan

JS (JURNAL SEKOLAH) Vol 3, No 1 (2018): Desember 2018
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (269.561 KB)

Abstract

Abstrak: Penggunaan Metode Demonstrasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Pada Materi Sifat Koligatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode demonstrasi dalam meningkatkan hasil belajar kimia pada materi sifat koligatif larutan pada peserta didik kelas XII IPA.9 SMA Negeri 1 Palembang. Dalam penelitian ini terdapat beberapa siklus. Setiap siklus terdiri atas 4 tahap kegiatan yang saling terkait dan berkesinambungan yaitu: perencanaan tindakan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Subjek yang dimaksud tindakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XII IPA.9 SMA Negeri 1 Palembang yang berjumlah 29 peserta didik. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa ketuntasan belajar meningkat dari sebelum tindakan dan sesudah tindakan, yaitu; pra siklus (52,71%), siklus I (72,41%), dan siklus II (89,66%).Kata Kunci: Kimia, Metode Demonstrasi 

PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP ELEKTRIK BERBANTU MODEL STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS III SEKOLAH DASAR

Kurniawati, Laily Intan, Rustopo, Rustopo, Reffiane, Fine

JS (JURNAL SEKOLAH) Vol 3, No 1 (2018): Desember 2018
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (366.853 KB)

Abstract

Abstrak: Pengembangan Media Pop-Up Elektrik Berbantu Model STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas III Sekolah Dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk  mengetahui apakah media Pop-up Elektrik berbantu model STAD untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD layak digunakan atau tidak. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development dengan model ADDIE (Analysis, Desain, Development, Implementation, Evaluation). Subjek uji coba pada penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Brambang  sebanyak 27 siswa. Validasi media dilakukan oleh 3 dosen ahli media dan materi. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan angket. Hasil penelitian ini adalah kelayakan media pop-up Elektrik memperoleh rata-rata skor untuk media adalah 92.5% dan rata-rata skor untuk materi adalah 94.8% dan memperoleh kategori sangat layak digunakan. Kata Kunci: Pop-up, STAD, Hasil Belajar

KEEFEKTIFAN MODEL TALKING STICK BERBANTU MEDIA PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA TEMA “EKOSISTEM” KELAS V SDN JATINGALEH 01

Anindita, Hanum, Nuroso, Harto, Reffiane, Fine

JS (JURNAL SEKOLAH) Vol 3, No 1 (2018): Desember 2018
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (352.115 KB)

Abstract

Abstrak: Keefektifan Model Talking Stick Berbantu Media Puzzle terhadap Hasil Belajar Ipa Tema “Ekosistem” Kelas V SDN Jatingaleh 01. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Desain Quasi Experimental Design. Sampel penelitian yaitu kelas VB sebagai kelas eksperimen menggunakan model Talking Stick benbantu media Puzzle, kelas VC sebagai kelas kontrol yang tidak menggunakan model maupun media. Berdasarkan uji t diketahui thitung> ttabel(3,857> 2,045) dan pada uji gain mendapatkan hasil 0,4 dengan kriteria sedang. Jadi berdasarkan hasil yang didapat dinyatakan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima berarti model Talking Stick berbantu media Puzzle terhadap hasil belajar IPA tema “Ekosistem” kelas V SDN Jatingaleh 01 dapat meningkatkan hasil belajar siswa.                                                                                               Kata Kunci: Keefektifan, Model Talking Stick, Puzzle