cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
JURNAL SEKOLAH
ISSN : 25488856     EISSN : 2549127X     DOI : -
Core Subject : Education,
JS (Jurnal Sekolah) memuat artikel yang berkaitan dengan hasil penelitian, pendidikan, pembelajaran, ilmu pengetahuan, budaya, teknologi, bahasa, seni, sosial, dan pengabdian masyarakat. Jurnal ini dikelola oleh Prodi PGSD dan terbit empat kali dalam setahun yaitu pada bulan Maret, Juni, September dan Desember. J
Arjuna Subject : -
Articles 163 Documents
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PUISI SISWA MELALUI PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA DI KELAS V SD Halimatussakdiah, Halimatussakdiah; Adawiyyah, Fikri
JURNAL SEKOLAH Vol 2, No 4 (2018): SEPTEMBER 2018
Publisher : JURNAL SEKOLAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (255.975 KB)

Abstract

Abstrak : Meningkatkan Kemampuan Membaca Puisi Siswa Melalui Penerapan Metode Tutor Sebaya Di Kelas V SD. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 101776 Sampaliberjumlah 27 siswa dengan 19 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah tes performance membaca puisi serta observasi.Pada siklus II perolehan kemampuan membaca puisi siswa meningkat menjadi 24 siswa dengan persentase 88,89% dan siswa yang belum mampu membaca puisi sebanyak 3 orang dengan persentase 11,11% dengan nilai rata-rata siswa secara klasikal sebesar 68,88. Dapat disimpulkan menggunakan metode Tutor Sebaya dapat meningkatkan kemampuan membaca puisi siswa.Kata Kunci : Membaca puisi, Metode, Tutor Sebaya
POLA INTERAKSI SISWA TERHADAP TEMAN SEBAYA STUDI KASUS: DAMPAK PEMAKAIAN GADGET DI KELAS IV A SDN PEKUNDEN SEMARANG Tangguhhati, Inggriya; Subekti, Ervina Eka; Kiswoyo, Kiswoyo
JURNAL SEKOLAH Vol 2, No 2 (2018): Maret 2018
Publisher : JURNAL SEKOLAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (184.62 KB)

Abstract

Abstrak : Pola Interaksi Siswa Terhadap Teman Sebaya Studi Kasus: Dampak Pemakaian Gadget Di Kelas IV A SDN Pekunden Semarang. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pola interaksi teman sebaya di kelas IV A SDN Pekunden Semarang akibat pemakaian gadget di sekolah. Pola interaksi siswa di kelas IV A lebih suka melakukan pola interaksi satu arah yakni siswa berkomunikasi antar orang perorangan. Hal ini karena di kelas tersebut tidak terdapat kelompok bermain siswa yang lebih mendominasi dari siswa yang lainnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif (studi kasus). Subjek penelitian siswa kelas IV A SDN Pekunden Semarang yang berjumlah 44 siswa dengan jumlah siswa laki-laki sebanyak 21 siswa dan perempuan berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data dengan metode triangulasi data seperti wawancara, observasi, dan pembagian angket kepada siswa.Kata Kunci : Pola interaksi siswa satu arah
EVALUASI PENERAPAN STANDAR PENILAIAN KURIKULUM 2013 PADA KELAS 4 SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN JAMBU Nugraha, Rifa; Purnamasari, Iin; Baedowi, Sunan
JURNAL SEKOLAH Vol 2, No 1 (2017): Desember 2017
Publisher : JURNAL SEKOLAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (127.847 KB)

Abstract

Abstrak : Evaluasi Penerapan Standar Penilaian Kurikulum 2013 Pada Kelas 4 Sekolah Dasar Di Kecamatan Jambu. Hasil analisis angket menunjukan dengan kriteria kesesuaian dengan Standar penilaian Kurikulum 2013 adalah 100%, guru kelas 4 di kecamatan Jambu kabupaten Semarang hanya melaksanakan 82%. Persentase 82% diperoleh dari hasil rata-rata persentase per informan sebagai berikut: (1) Informan 01 sebesar 86%; (2) Informan 02 sebesar 76%; (3) Informan 3 sebesar 82%; (4) Informan 04 sebesar 88%; dan (5) Informan 05 sebesar 82%. Kesimpulannya adalah pelaksanaan penilaian Kurikulum 2013, guru kelas 4 di sekolah dasar Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang secara umum belum sesuai dengan Standar Penilaian Kurikulum 2013.Kata Kunci : Evaluasi, Implementasi, Standar Penilaian, Kurikulum 2013
HUBUNGAN ANTARA PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR INTERNET DENGAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MAHASISWA SASTRA INGGRIS UISU Nurismilida, Nurismilida
JURNAL SEKOLAH Vol 1, No 2 (2017): Maret 2017
Publisher : JURNAL SEKOLAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (408.781 KB)

Abstract

Abstrak :Hubungan Antara Pemanfaatan Sumber Belajar Internet Dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Mahasiswa Sastra Inggris UISU. Penelitian menggunakan jenis penelitian deskriptif korelasional dengan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling/boring sampling seluruh mahasiswa berjumlah 56 orang. Analisis data dilakukan dengan rumus Product Moment. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa 𝑟ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔>𝑟𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 yaitu 𝑟ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 = 0,897 dan 𝑟𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 dengan taraf signifikasi 0,05 adalah 0,2609. Hasil perhitungan keberartian korelasi menunjukkan bahwa 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 adalah 14,91 sementara 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 dengan signifikasi 0,05 db/dk = 2,005. Maka 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 >𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙, pengujian menunjukkan Ha diterima. Besarnya kontribusi antara pemanfaatan sumber belajar internet (variaebl x) dengan hasil belajar Bahasa Indonesia mahasiswa (variabel y) adalah sebesar 80,46%.Kata Kunci : Internet, Hasil Belajar
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PSIKOMOTORIK SISWA DENGAN MENERAPKAN METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN PENJASKES DI KELAS V SD Taalim, Taalim
JURNAL SEKOLAH Vol 1, No 3 (2017): Juni 2017
Publisher : JURNAL SEKOLAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (214.679 KB)

Abstract

Abstrak : Meningkatkan Hasil Belajar Psikomotorik Siswa Dengan Menerapkan Metode Demonstrasi Pada Bidang Studi Penjaskes Di Kelas V SD. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam bermain sepak bola siswa kelas V SD Negeri 028 Lumban Dolok. Penelitian tindakan dilaksanakan selama dua siklus dengan dua kali pertemuan setiap siklusnya. Dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas V SD yang berjumlah 21 siswa. Diperoleh data hasil belajar psikomotorik siswa dalam setiap siklus, yaitu Siklus I (40%) mengalami kenaikan hingga tuntas klasikal pada Siklus II (90%). Sedangkan aktivitas belajar siswa pada Siklus I: memperagakan (20%), bertanya sesama teman (20%), bertanya kepada guru (32%) dan yang tidak relevan dengan KBM (28%). Siklus II: memperagakan (38%), bertanya sesama teman (36%), bertanya kepada guru (16%), dan yang tidak relevan dengan KBM (10%).Kata Kunci : Metode Demonstrasi, hasil belajar psikomotorik, belajar siswa
PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING MODEL POLYA TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH PADA MATERI OPERASI HITUNG CAMPURAN KELAS 3 SD Setiyowati, Liana; Wijonarko, Wijonarko; Sulianto, Joko
JURNAL SEKOLAH Vol 2, No 2 (2018): Maret 2018
Publisher : JURNAL SEKOLAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (196.36 KB)

Abstract

Abstrak : Penerapan Metode Problem Solving Model Polya TerhadapKemampuan Memecahkan Masalah Pada Materi Operasi Hitung CampuranKelas 3 SD. Desain Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimenbentuk Pre-Experimental Designs Desain dengan rancangan One- Grup Pretest-Posttest Designs. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDNMangunharjo Semarang yang terdiri dari 19 siswa. Teknik analisis data yangdigunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas data, hasil belajar dalamkemampuan memecahkan masalah, dan uji ketuntasan belajar. Berdasarkan datahasil penelitian diperolehx Pretest 62,316 danx Posttest 73,105, berdasarkan ujit- tes diperoleh hitung t 5,543 > tabel t 2,09. Maka dapat disimpulkan bahwa adaperbedaan yang signifikan antara hasil belajar dalam kemampuan memcahkanmasalah pretest dan posstest, nilai posttest lebih baik dari nilai pretest.Kata Kunci : Problem Solving, Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI KELAS 5 Suharmi, Suharmi; Parimpasa, Ari
JURNAL SEKOLAH Vol 2, No 3 (2018): Juni 2018
Publisher : JURNAL SEKOLAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (199.727 KB)

Abstract

Abstrak : Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Di Kelas 5. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, apakah penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas 5 SDN Kutowinangun 11 Kecamatan Tingkir. Subjek penelitian kelas 5 SDN Kutowinangun 11 berjumlah 22 siswa terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Data diperoleh menggunakan teknik observasi dan tes. Analisis data dilakukan menggunakan analisis deskriptif komparatif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran Berbasis Masalah terbukti mampu meningkatkan hasil belajar siswa dilihat dari nilai siklus I 73%, dan pada siklus II 100% maka hipotesis sebelumnya telah dibuktikan kebenarannya.Kata Kunci : Hasil Belajar, Matematika, Pembelajaran Berbasis Masalah
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TGT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III SD NEGERI 058112 PUJI DADI Elinar, Sumarni
JURNAL SEKOLAH Vol 1, No 1 (2016): Desember 2016
Publisher : JURNAL SEKOLAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (135.118 KB)

Abstract

Abstrak: Implementasi  Model Pembelajaran TGT UntukMeningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SD Negeri 058112 Puji Dadi.Penelitian ini bertujuan untuk melihat aktivitas belajar siswa dalam menguasai materi energi dan gerak benda serta aktivitas siswa  saat bekerja dalam kelompok di kelas serta respon siswa terhadap pembelajaran IPA dengan menerapkan model pemebelajaran Team Game Tournament.Data aktivitas siswa menurut pengamatan pengamat pada siklus I dan siklus II.Pada siklus I ketuntasan sebesar  60,41 % dengan rata-rata 58,3 dan belum tuntas secara klasikal dan pada siklus II sebesar 87,5  % dengan rata-rata 79,1 menunjukkan tuntas secara individu dan kelas. Dengan demikian model pembelajaran TGT dapat meningkatkan prestasi belajar IPA siswa. Kata Kunci: Model Pembelajaran TGT, Hasil Belajar Siswa
KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM SOLVING DENGAN MEDIA PREZI TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD Retnawati, Yayuk; Rasiman, Rasiman; Handayani, Diana Endah
JURNAL SEKOLAH Vol 2, No 4 (2018): SEPTEMBER 2018
Publisher : JURNAL SEKOLAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (191.19 KB)

Abstract

Abstrak : Keefektifan Model Problem Solving dengan Media Prezi Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika Siswa Kelas IV SD. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain Pre-Experimental dengan jenis One Group Pretest-Posstest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Tretep tahun ajaran 2017/2018. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa model Problem Solving dengan media Prezi efektif terhadap kemampuan memecahkan masalah matematika siswa yang dibuktikan dengan thitung = 4,915> ttabel=1,696. Kemampuan memecahkan masalah matematika lebih baik setelah menggunakan model Problem Solving dengan media Prezi yang dibuktikan dengan uji banding thitung= 33,50> ttabel= 1,669 dan meningkat dari kriteria rendah menjadi tinggi dengan presentase kemampuan memecahkan masalah matematika 69,72%.Kata Kunci : Problem Solving, Kemampuan Memecahkan Masalah matematika
UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 339 TAMANG Damanik, Farida Ariani
JURNAL SEKOLAH Vol 1, No 4 (2017): September 2017
Publisher : JURNAL SEKOLAH

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (583.857 KB)

Abstract

Abstrak : Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Dengan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Pada Siswa Kelas VI SD Negeri 339 Tamang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan penerapan model pembelajaran Penemuan Terbimbingdalam upaya meningkatkan prestsi belajar IPA pada materi pokok Hemat Energi di SDN 339 Tahun Pelajaran 2015/2016. Subjek dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VI yang berjumlah 20 siswa. Dalam penelitian, aktivitas belajar siswa diperoleh melalui observasi dalam KBM, hasil belajar diperoleh melalui tes diakhir setiap siklus. Hasil belajar siswa menunjukan peningkatan jumlah siswa tuntas KKM. Pada siklus I data hasil belajar menunjukan rata-rata 74 dengan siswa tuntas KKM 13 siswa (65%) dalam kata lain pembelajaran belum tuntas secara klasikal. Pada siklus II data hasil belajar menunjukan rata-rata 84 dengan siswa tuntas KKM 18 siswa (90%) dalam kategori tuntas secara klasikal.Kata Kunci : Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing, Prestasi Belajar, Aktivitas Belajar

Page 1 of 17 | Total Record : 163