JURNAL SEKOLAH
Articles
144
Articles
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PUISI SISWA MELALUI PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA DI KELAS V SD

Halimatussakdiah, Halimatussakdiah, Adawiyyah, Fikri

JURNAL SEKOLAH Vol 2, No 4 (2018): SEPTEMBER 2018
Publisher : JURNAL SEKOLAH

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (255.975 KB)

Abstract

Abstrak : Meningkatkan Kemampuan Membaca Puisi Siswa Melalui Penerapan Metode Tutor Sebaya Di Kelas V SD. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 101776 Sampaliberjumlah 27 siswa dengan 19 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah tes performance membaca puisi serta observasi.Pada siklus II perolehan kemampuan membaca puisi siswa meningkat menjadi 24 siswa dengan persentase 88,89% dan siswa yang belum mampu membaca puisi sebanyak 3 orang dengan persentase 11,11% dengan nilai rata-rata siswa secara klasikal sebesar 68,88. Dapat disimpulkan menggunakan metode Tutor Sebaya dapat meningkatkan kemampuan membaca puisi siswa.Kata Kunci : Membaca puisi, Metode, Tutor Sebaya

KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM SOLVING DENGAN MEDIA PREZI TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD

Retnawati, Yayuk, Rasiman, Rasiman, Handayani, Diana Endah

JURNAL SEKOLAH Vol 2, No 4 (2018): SEPTEMBER 2018
Publisher : JURNAL SEKOLAH

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (191.19 KB)

Abstract

Abstrak : Keefektifan Model Problem Solving dengan Media Prezi Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika Siswa Kelas IV SD. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain Pre-Experimental dengan jenis One Group Pretest-Posstest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Tretep tahun ajaran 2017/2018. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa model Problem Solving dengan media Prezi efektif terhadap kemampuan memecahkan masalah matematika siswa yang dibuktikan dengan thitung = 4,915> ttabel=1,696. Kemampuan memecahkan masalah matematika lebih baik setelah menggunakan model Problem Solving dengan media Prezi yang dibuktikan dengan uji banding thitung= 33,50> ttabel= 1,669 dan meningkat dari kriteria rendah menjadi tinggi dengan presentase kemampuan memecahkan masalah matematika 69,72%.Kata Kunci : Problem Solving, Kemampuan Memecahkan Masalah matematika

PENGEMBANGAN MEDIA KOTAK AJAIB PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI PESAWAT SEDERHANA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Tarwiti, Cicik, Wijayanti, Arfilia

JURNAL SEKOLAH Vol 2, No 4 (2018): SEPTEMBER 2018
Publisher : JURNAL SEKOLAH

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (207.752 KB)

Abstract

Abstrak : Pengembangan Media Kotak Ajaib Pada Mata Pelajaran Ipa Materi Pesawat Sederhana Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteritik pengembangan media kotak ajaib yang layak, kevalidan dan kepraktisan, serta keefektifan produk pengembangan media kotak ajaib pada mata pelajaran IPA materi pesawat sederhana. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (Reseach dan Development) dengan metode deskriptif kuantitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari validasi ahli media pembelajaran sebesar 90,5% sangat layak, validasi ahli materi 91,95% sangat layak, tanggapan guru 98% sangat layak, nilai pretest 42,30% cukup layak posttest 88,46% sangat layak dan tanggapan siswa 92,82% sangat layak. Hasil pengembangan berupa produk media kotak ajaib pada mata pelajaran IPA materi pesawat sederhana siswa kelas V sekolah dasar.Kata Kunci : Pengembangan, Media Kotak Ajaib, Pesawat sederhana

EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN GROUP TO GROUP EXCHANGE TERHADAP KARAKTER PEDULI SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA SD MUHAMMADIYAH DOMBAN 3

Sitepu, Melyani Sari, Sarwono, Ridha

JURNAL SEKOLAH Vol 2, No 4 (2018): SEPTEMBER 2018
Publisher : JURNAL SEKOLAH

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (250.853 KB)

Abstract

Abstrak : Efektifitas Model Pembelajaran Group To Group Exchange Terhadap Karakter Peduli Sosial Dalam Pembelajaran IPS Pada Siswa SD Muhammadiyah Domban 3. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran Group to Group Exchange terhadap karakter peduli sosial dalam pembelajaran IPS pada siswa SD Muhammadiyah domban 3. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah non tes berbentuk angket. Analisisi data dilakukan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukan model pembelajaran Group to Group Exchange efektif terhadap karakter peduli sosial pada siswa kelas IV. Efektifitas tersebut dapat dilihat dari nilai angket peduli sosial minimal sebelum pembelajaran di kelas kontrol 19 dan maksimum 36. Sedangkan nilai minimum hasil angket sebelum perlakuan di kelas eksperimen 23 dan nilai maksimum nilai angket peduli sosial setelah perlakuan sebesar 40. Perbedaan antara nilai angket sebelum perlakuan dan setelah perlakuan untuk kelas eksperimen sebesar 1,8.Kata Kunci : Model Pembelajaran GGE, Karakter Peduli Sosial

PENGARUH MEDIA KOLINGTAR (DAKON LINGKARAN PINTAR) PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BAMBOO DANCING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS III SD

Wulandari, Hesti, Siswanto, Joko, Purnamasari, Veryliana

JURNAL SEKOLAH Vol 2, No 4 (2018): SEPTEMBER 2018
Publisher : JURNAL SEKOLAH

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (179.125 KB)

Abstract

Abstrak : Pengaruh Media Kolingtar (Dakon Lingkaran Pintar) pada Pembelajaran Kooperatif Tipe Bamboo Dancing terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas III SD. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media kolingtar (dakon lingkaran pintar) terhadap hasil belajar peserta didik tema permainan tradisional kelas III SDN Dumeling 02 Brebes. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IIIA sebagai kelas kontrol dan kelas IIIB sebagai kelas eksperimen. Data didapat dari rata-rata nilai pretest adalah 68,4 dan rata-rata nilai posttest meningkat menjadi 84,09. Hasil analisis uji-t (dua pihak) diperoleh thitung (1,69) >ttabel (1,679) jadi H0 ditolak dan Ha diterima, artinya media kolingtar (dakon lingkaran pintar) pada pembelajaran kooperatif tipe Bamboo Dancing berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik.Kata Kunci : Model Kooperatif Tipe Bamboo Dancing, Media Kolingtar, Hasil Belajar

KEEFEKTIFAN MODEL TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS II SEMESTER 2 SD NEGERI NGELING 01 JEPARA

Pujiati, Shela Sri, Damayani, Aries Tika, Basyar, M. Aniq Khairul

JURNAL SEKOLAH Vol 2, No 4 (2018): SEPTEMBER 2018
Publisher : JURNAL SEKOLAH

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (399.083 KB)

Abstract

Abstrak : Keefektifan Model Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas Ii Semester 2 SD Negeri Ngeling 01 Jepara. Tujuan penelitian untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Make a Match pada materi perkalian dan pembagian kelas II semester 2 SD Negeri Ngeling 01 Jepara. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian menggunakan Pre-Ekxperimental Design tipe One Group Pretest-Postttes. Hasil penelitan diperoleh rata-rata kelas yang sebelum diberi perlakuan sebesar 68,472, dan setelah diberi perlakuan sebesar 83,056. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t dengan menggunakan α = 0,05 serta dk= 36-1 = 35 di dapatkan nilai ttabel= 2,03. Dengan kriteria Ha diterima jika thitung≥ ttabel, dan H0 ditolak apabila thitung 2,03 maka Ha dapat diterima.Kata Kunci : Make A Match, hasil belajar, Matematika

PENGEMBANGAN MEDIA BLACK BOX PADA MODEL PEMBELAJARAN CTL MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SEKOLAH DASAR

Nafisah, Durrotun, Saputra, Henry Januar, Untari, Mei Fita Asri

JURNAL SEKOLAH Vol 2, No 4 (2018): SEPTEMBER 2018
Publisher : JURNAL SEKOLAH

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (282.96 KB)

Abstract

Abstrak : Pengembangan Media Black Box Pada Model Pembelajaran CTL Mata Pelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar. Tujuan peneliti melakukan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media Black Box pada model pembelajaran CTL mata pelajaran matematika kelas V SD. Metode yang digunakan dalam melakukan penelitian ini yaitu metode penelitian RnD (Research & Development) menurut Borg and Gall. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 1 Pandan, seluruh siswa kelas V SDN 2 Pandan, dan seluruh siswa kelas V MIN 2 Rembang. Data hasil analisis tanggapan guru terhadap media black box yaitu 85% yang artinya sangat layak digunakan. Jadi media Black Box layak untuk digunakan dalam pembelajaran Matematika materi bangun ruang pada kelas V sekolah dasar dan dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam kegiatan belajar mengajar.Kata Kunci : Penelitian RnD, Model Pembelajaran CTL, Media Pembelajaran

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER BERBANTU MEDIA AUDIO-VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PELAJARAN IPA SISWA KELAS V

Putri, Cahyati Triana, Huda, Choirul, Budiman, M. Arief

JURNAL SEKOLAH Vol 2, No 4 (2018): SEPTEMBER 2018
Publisher : JURNAL SEKOLAH

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (238.975 KB)

Abstract

Abstrak : Pengaruh Model Pembelajaran Advance Organizer Berbantu Media Audio-Visual terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pelajaran IPA Siswa Kelas V. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran advance organizer berbantu media audio-visual terhadap kemampuan pemecahan masalah mata pelajaran IPA siswa kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif tipe eksperimen. Sampel penelitian yaitu 21 siswa kelas V A untuk kelas kontrol dan 19 siswa kelas V B untuk kelas eksperimen dengan menggunakan sampling jenuh. Analisis menggunakan uji-t dua pihak polled varians. thitung > ttabel yang berarti bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini menunjukkan terdapat pengaruh signifikan dalam penggunaan model advance organizer berbantu media audio-visual terhadap kemampuan pemecahan masalah mata pelajaran IPA.Kata Kunci: Model Pembelajaran, Advance Organizer, Media Audio-Visual dan Kemampuan Pemecahan Masalah

STUDI KOMPARASI MEDIA PUZZLE DAN VIDEO PADA MODEL PEMBELAJARAN STAD DITINJAU DARI HASIL BELAJAR IPS KELAS V SD

Apriantika, Wulan, Ysh, A. Y Soegeng, Purnamasari, Iin

JURNAL SEKOLAH Vol 2, No 4 (2018): SEPTEMBER 2018
Publisher : JURNAL SEKOLAH

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (78.076 KB)

Abstract

Abstrak : Studi Komparasi Media Puzzle Dan Video Pada Model Pembelajaran STAD Ditinjau Dari Hasil Belajar IPS Kelas V SD. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui lebih efektif yang mana antara media puzzle dan video pada model pembelajaran STAD ditinjau dari hasil belajar ips kelas V SDN Jepat Lor. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Jepat Lor tahun 2017/2018. Sampel yang diambil adalah 22 siswa kelas VA dan 22 siswa kelas VB dengan menggunakan teknik sampling simple random sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui dokumentasi, tes, dan wawancara. Hasil rata-rata tes IPS kelas eksperimen 1 dengan media video yaitu 68,8636 sedangkan kelas eksperimen 2 dengan media puzzle yaitu 78,1818.Kata Kunci : Puzzle, Video, STAD, Hasil Belajar

PENGEMBANGAN BUKU POP UP SEJAUNG “SEJARAH UANG” MELALUI MODEL NHT

Sulaksono, Ambang Fajar

JURNAL SEKOLAH Vol 2, No 4 (2018): SEPTEMBER 2018
Publisher : JURNAL SEKOLAH

Show Abstract | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (494.07 KB)

Abstract

Abstrak : Pengembangan Buku Pop Up Sejaung “Sejarah Uang” Melalui Model NHT. Penelitian dilakukan di SD Negeri Satriyan 01 dengan subjek penelitian siswa kelas III sejumlah 25 siswa jumlah keseluruhan dan mengambil 15 siswa pada uji pelaksanaan secara luas. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R&D). Prosedur pengembangan yang digunakan penulis mengacu pada model penelitian dan pengembangan Borg dan Gall. Model ini terdiri dari 3 tahapInstrumen yang digunakan berupa lembar angket untuk validasi media oleh dosen ahli dan lembar angket untuk respon siswa. Langkah yang dilakukan dalam pengembangan media ini yakni studi pendahuluan dan studi pengembangan.Kata Kunci : Media Pop-Up Sejaung “Sejarah Uang”, Model NHT, Kelas III SD